peringatan
 
Thai Lion Air: Pengantar

Thai Lion Air adalah maskapai penerbangan tarif rendah asal Thailand, yang dibentuk melalui kerja sama dengan salah satu perusahaan penerbangan di Indonesia, Lion Air. Berpusat di Bandara Internasional Don Muang, Bangkok, Thai Lion Air melayani lebih dari 20 rute penerbangan domestik maupun internasional ke tujuh negara di Asia. Thai Lion Air mempunyai visi untuk membuat penerbangan kelas ekonomi yang dapat dinikmati oleh para penumpangnya.


Pemesanan & E-tiket Thai Lion Air

Cari dan pesan tiket pesawat Thai Lion Air Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Thai Lion Air secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Thai Lion Air Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Thai Lion Air Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Thai Lion Air

E-tiket Thai Lion Air dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Thai Lion Air Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Thai Lion Air di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating Thai Lion Air

dari 24 review

Standar layanan: Full Service

Kelas Penerbangan Thai Lion Air

Kelas Ekonomi

Thai Lion Air secara ekslusif menawarkan penerbangan kelas ekonomi. Kenyamanan selama penerbangan terjamin dengan kursi penumpang berlapis kulit dengan ruang kaki yang luas, serta dapat disandarkan hingga 74 cm — atau 29 inci — pada pesawat Boeing 737-900ER, dan 79 cm — atau 31 inci — pada pesawat Boeing 737-800. Pengalaman terbang yang nyaman dan menyenangkan dapat dirasakan oleh penumpang domestik maupun internasional dengan harga yang terjangkau.

Makanan di Pesawat

Sebagai maskapai penerbangan yang memusatkan pelayanannya di wilayah Asia, Thai Lion Air menyediakan beragam pilihan menu masakan khas Thailand dan cita rasa kuliner Asia. Dengan nasi sebagai menu utama, beberapa menu masakan yang ditawarkan adalah ayam teriyaki, ayam bumbu lada dan bawang putih, udang saus asam, dan ayam kari hijau. Semua makanan dapat dipesan hingga 48 jam sebelum keberangkatan.

Layanan Khusus Thai Lion Air

Lion Fast

Lion Fast menyediakan pelayanan tambahan bagi penumpang Thai Lion Air yang ingin menghemat waktu dan merasakan pengalaman terbang yang lebih nyaman. Dengan Lion Fast, penumpang dapat memilih kursi favorit antara baris keenam hingga kesembilan, menggunakan konter check-in khusus, mendapat prioritas saat naik pesawat, serta mendapat prioritas pengambilan bagasi saat tiba di tujuan. Selain itu, penumpang juga dapat menggunakan layanan VIP untuk pergi ke bandara.

Boarding Pass Privilege

Thai Lion Air bekerja sama dengan beberapa merek ternama untuk memberikan keuntungan lebih kepada para penumpangnya — baik mereka yang sedang dalam perjalanan bisnis maupun wisata. Hanya dengan menunjukkan boarding pass, penumpang berhak mendapat baik potongan harga maupun pelayanan spesial dari sejumlah hotel, restoran, tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan layanan lain dari mitra Thai Lion Air. Beberapa keuntungan yang dapat dimanfaatkan penumpang adalah potongan 30% di Centre Point Serviced Apartment Thong Lo, potongan 60 baht untuk menikmati prasmanan hidangan laut di restoran Laemgate Infinite, diskon 15% untuk layanan di I Spa Wellness Club, serta harga spesial untuk pelayanan kesehatan di rumah sakit Vibhavadi.

Ruang Tunggu Bandara

Semua penumpang Thai Lion Air dapat merasakan kenyamanan beristirahat, bersantap maupun memanfaatkan fasilitas lain di Coral Executive Lounge di Bandara Internasional Don Muang, Bangkok. Layanan di salah satu bandara terbesar di Thailand ini dilengkapi oleh koneksi WiFi dan jajaran kafe yang buka 24 jam. Coral Executive Lounge di Terminal 2 dikhususkan untuk penumpang penerbangan domestik, sementara Coral Executive Lounge di Terminal 1 dikhususkan untuk penumpang penerbangan internasional.

Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan Thai Lion Air dirancang secara ekslusif untuk menjamin kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan. Asuransi ini meliputi perlindungan dari kehilangan bagasi dan berkas perjalanan, keterlambatan check-in, keterlambatan penerbangan, serta ketinggalan penerbangan sambungan. Selain itu, asuransi juga memberi tanggungan untuk penanganan medis gawat darurat, evakuasi medis, serta perlindungan bayi dan anak-anak selama perjalanan.

Armada Thai Lion Air

Boeing 737-800NG
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 3-3 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak:

Tidak Tersedia

Boeing 737-900ER
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 3-3 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 29 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak:

Tidak Tersedia

Kru Pesawat Thai Lion Air

Seragam Pramugari Thai Lion Air

Pramugari dan pramugara Thai Lion Air menggunakan seragam yang senada dengan awak kabin dalam Lion Group. Busana yang dikenakan didominasi dengan warna merah marun berpadu dengan warna ungu. Corak busana terinspirasi dari motif batik, busana tradisional Indonesia. Khusus untuk pramugari, seragam yang dikenakan berupa blus berlengan sepanjang siku yang dipadukan dengan rok panjang mencapai mata kaki dan memiliki belahan samping hingga di atas lutut untuk memudahkan mobilitas para pramugari di dalam pesawat.


Kebijakan Bagasi Thai Lion Air

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Domestik

Kelas Ekonomi

Maks. 7 kg (Dimensi: 40 x 30 x 20 cm)

Maks. 15 kg

Internasional

Max. 20 kg

Kebijakan Penumpang Thai Lion Air

Kebijakan Penumpang Bayi
  • Bayi berusia kurang dari 8 hari tidak diperbolehkan dalam penerbangan.
  • Penumpang bayi disarankan untuk membawa akta kelahiran sebagai tanda pengenal.
  • Bayi berusia 8 hari hingga 24 bulan akan dikenakan tarif khusus.
  • Penumpang bayi diperbolehkan untuk duduk di pangkuan orang dewasa.
  • Kereta bayi dan tempat duduk khusus bayi tidak diperbolehkan untuk dibawa ke dalam kabin, melainkan harus didaftarkan sebagai bagasi.
Kebijakan Penumpang Anak
  • Penumpang anak harus membawa akta kelahiran sebagai tanda pengenal.
  • Anak berusia di bawah 8 tahun tidak diperbolehkan terbang sendiri, melainkan harus didampingi oleh penumpang dewasa berusia setidaknya 18 tahun.
  • Penumpang anak berusia 8 – 12 tahun diperbolehkan terbang sendiri, tapi harus didampingi oleh kru maskapai.
  • Penumpang anak berusia 12 – 16 tahun diperbolehkan terbang sendiri tanpa didampingi kru maskapai.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang hamil harus menginformasikan usia kehamilannya kepada pihak maskapai dengan menunjukkan dokumen pemeriksaan kehamilan, baik saat memesan tiket maupun saat check-in di bandara.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 28 minggu atau kurang diperbolehkan terbang tanpa sertifikat kesehatan dari dokter. Namun, penumpang harus menandatangani berkas Pembebasan dan Penggantian Kerugian (Release and Indemnity).
  • Penumpang dengan usia kehamilan 28 – 35 minggu harus menandatangani berkas Pembebasan dan Penggantian Kerugian (Release and Indemnity), serta menyertakan sertifikat kesehatan dari dokter yang menyatakan bahwa penumpang berada dalam keadaan sehat dan mampu terbang. Sertifikat kesehatan yang harus diterbitkan tidak lebih dari tujuh hari sebelum keberangkatan.
  • Penumpang dengan usia kehamilan lebih dari 35 minggu tidak diperbolehkan dalam penerbangan.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Penumpang dengan disabilitas harus menunjukkan sertifikat medis yang diterbitkan tidak lebih dari tujuh hari sebelum keberangkatan, menyatakan bahwa penumpang berada dalam keadaan sehat dan mampu berada dalam penerbangan.
  • Penumpang dengan disabilitas harus menunjukkan sertifikat medis yang diterbitkan tidak lebih dari tujuh hari sebelum keberangkatan, menyatakan bahwa penumpang berada dalam keadaan sehat dan mampu berada dalam penerbangan.
  • Penumpang dengan disabilitas harus menginformasikan pihak maskapai mengenai kondisinya pada saat pemesanan tiket dan saat check-in di konter bandara untuk mendapatkan pelayanan khusus saat penerbangan.
  • Demi keselamatan penumpang lain, Thai Lion Air berhak menolak penumpang dengan penyakit menular dan berbahaya.
  • Penumpang yang membutuhkan pelayanan khusus dan harus mengonsumsi obat-obatan atau diberi suntikan selama perjalanan perlu didampingi oleh asisten kesehatan. Penumpang harus menginformasikan hal ini kepada pihak maskapai selambat-lambatnya 48 jam sebelum keberangkatan.
  • Penumpang dengan disabilitas harus memiliki pendamping selama penerbangan jika penumpang tidak mampu mengevakuasi dirinya sendiri pada keadaan darurat, atau mengalami kesulitan dalam memahami instruksi keselamatan.
  • Thai Lion Air berhak menolak atau menurunkan penumpang jika kondisi mental dan fisiknya tidak memungkinkan untuk melakukan penerbangan tanpa pendampingan. Jika ditemani pendamping, penumpang tidak perlu mendapatkan pelayanan khusus dari kru maskapai.
  • Thai Lion Air berhak menolak penumpang yang melakukan perjalanan dengan menggunakan tandu.
  • Penumpang dengan disabilitas diperbolehkan untuk membawa peralatan medis seperti kursi roda atau peralatan lainnya jika peralatan tersebut memenuhi syarat keamanan.
  • Peralatan medis yang diperlukan oleh penumpang dengan disabilitas akan mendapat prioritas bagasi.

Kebijakan Check-in Thai Lion Air

Waktu Check-in Thai Lion Air

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Thai Lion Air dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Thai Lion Air. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Semua Rute

1 jam sebelum keberangkatan

45 menit sebelum keberangkatan

Check-in Thai Lion Air Online

Check-in online untuk penerbangan Thai Lion Air dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Thai Lion Air
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Thai Lion Air

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Thai Lion Air untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Thai Lion Air

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan RescheduleThai Lion Air untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Thai Lion Air.


 

Destinasi Thai Lion Air

Australia
Hong Kong
Myanmar
Singapore
Taiwan
Arab Saudi
Bangladesh
Nepal
Sri Lanka

Tentang Thai Lion Air

Thai Lion Air (kode IATA: SL) adalah maskapai penerbangan yang berpusat di Thailand yang merupakan hasil kerja sama maskapai penerbangan Indonesia, Lion Air, dengan rekan usahanya di Thailand. Mulai beroperasi pada 4 Desember 2013, maskapai tarif rendah ini melayani lebih dari 20 rute dari dan ke 10 bandara di Asia. Kantor pusat Thai Lion terletak di Jalan Vibhavadi Rangsit, wilayah Sanam Bin, distrik Don Muang, Bangkok, Thailand. Oleh karena itu, Thai Lion Air menggunakan Bandara Internasional Don Muang sebagai pusat operasinya. Dalam usianya yang belum genap 4 tahun, Thai Lion Air sudah diakui sebagai maskapai yang berkembang cukup pesat. Maskapai ini juga telah terdaftar dalam IOSA (IATA Operational Safety Audit/Audit Keselamatan Operasional), yang merupakan standar keselamatan bagi maskapai penerbangan internasional. Performa menjanjikan yang diraih oleh Thai Lion Air dalam jangka waktu operasi yang masih tergolong muda tersebut tidak dapat dipisahkan dari kesuksesan maskapai induknya, Lion Air. Mengusung slogan “Freedom to Fly”, Thai Lion Air menawarkan kebebasan untuk terbang ke berbagai destinasi dengan harga yang terjangkau. Meskipun terbang dalam kelas ekonomi maspakai tarif rendah, penumpang tetap akan mendapatkan pelayanan yang berkualitas dan merasakan kenyamanan dalam penerbangan. Meskipun pihak maskapai tidak menyediakan hiburan selama penerbangan, penumpang dapat membeli suvenir dan cendera mata yang tersedia di dalam pesawat. Suvenir yang ditawarkan berupa topi, boneka khas Lion Air, bantal leher, serta selimut yang bisa membuat penumpang lebih nyaman selama penerbangan. Thai Lion Air juga menawarkan beragam program spesial untuk menambah kepuasan dan kenyamanan penumpangnya. Program tersebut di antaranya adalah Lion Fast dan Boarding Pass Privilege. Lion Fast adalah program istimewa bagi penumpang yang ingin mendapatkan keutamaan dalam pemilihan tempat duduk di kabin, serta prioritas dalam hal bagasi dan saat check-in di bandara. Sementara itu, Boarding Pass Privilege merupakan sebuah hasil kerja sama antara Thai Lion Air dengan beberapa fasilitas hotel dan penginapan, restoran, tempat wisata dan rumah sakit ternama di Thailand. Program ini memungkinkan penumpang untuk mendapatkan potongan harga maupun pelayanan ekstra di berbagai hotel, restoran, pusat wisata dan perbelanjaan, bahkan rumah sakit, hanya dengan menunjukkan boarding pass Thai Lion Air. Thai Lion Air memberikan fasilitas bagasi kabin sebanyak satu buah, dengan berat maksimum 7 kg dan ukuran maksimum 40 cm x 30 cm x 20 cm. Penumpang dengan tujuan penerbangan domestik akan mendapatkan fasilitas bagasi sebesar 15 kg, sementara penumpang dengan tujuan penerbangan internasional akan mendapatkan fasilitas bagasi sebesar 20 kg. Serupa dengan peraturan penerbangan pada umumnya, penumpang Thai Lion Air diharapkan hadir tepat waktu untuk check-in dan memasuki gerbang keberangkatan sesuai dengan jadwal keberangkatannya. Keterlambatan check-in tidak akan ditoleransi oleh pihak maskapai dan penumpang tidak akan mendapat refund. Setelah check-in, penumpang harus sudah memasuki gerbang keberangkatan selambat-lambatnya 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Penumpang yang terlambat tiba di gerbang keberangkatan tidak akan diperbolehkan untuk naik ke pesawat.

Sejarah Thai Lion Air

Thai Lion Air merupakan maskapai penerbangan Thailand yang merupakan anak perusahaan Lion Air, maskapai penerbangan yang berasal dari Indonesia. Di negara asalnya, Indonesia, Lion Air dianggap sebagai maskapai penerbangan swasta terbesar dalam hal rute dan jumlah penumpang. Di bawah nama Lion Mentari Group Ltd., Lion Air juga merupakan maskapai bertarif rendah terbesar kedua di Asia Tenggara setelah AirAsia, serta diakui sebagai maskapai penerbangan terbesar kedua di Indonesia setelah Garuda Indonesia. Pada 2004, hanya beberapa tahun setelah maskapai penerbangan ini berdiri, Lion Air meraih penghargaan Best Brand Award dari majalah pemasaran di Indonesia, SWA. Penghargaan diberikan berdasarkan hasil survei terhadap 6.000 responden dari lima kota besar di Indonesia yang dilakukan oleh lembaga survei MARS. Hasil survei menunjukkan bahwa Lion Air mendapatkan suara sebanyak 33,6% dalam hal kepuasan pelanggan. Angka ini merupakan yang tertinggi di antara maskapai lainnya. Perolehan tersebut mendorong Lion Air untuk melebarkan sayapnya dengan melayani lebih banyak penumpang dengan daerah jangkauan yang lebih luas. Lion Air mulai mempertimbangkan kemungkinan untuk membentuk anak perusahaan di negara selain Indonesia. Enam bulan kemudian, Lion Air dan mitra usahanya di Thailand mendirikan Thai Lion Air. Thai Lion Air diresmikan tidak lama setelah Malindo Air, anak perusahaan Lion Air di Malaysia, mulai beroperasi pada Maret 2013. Penerbangan perdana Thai Lion Air dilakukan pada 4 Desember 2013, dengan rute penerbangan domestik dari Bandara Internasional Don Muang di Bangkok menuju Bandara Chiang Mai. Pada hari berikutnya, Thai Lion Air membuka rute penerbangan domestiknya di Thailand. Kurang dari seminggu kemudian, tepatnya pada 10 Desember 2013, Thai Lion Air menandatangani perjanjian kerja sama dengan Malindo Air untuk melayani penerbangan dari Bangkok ke Kuala Lumpur dan sebaliknya, serta penerbangan internasional lainnya dari Bangkok dan Kuala Lumpur. Pada awalnya, Thai Lion Air hanya melayani satu penerbangan domestik dan dua penerbangan internasional setiap harinya. Rute internasional adalah dari Bangkok ke Kuala Lumpur, Malaysia dan Jakarta, Indonesia. Sementara itu, rute domestik adalah dari Bandara Don Muang menuju Chiang Mai, bandara kedua terbesar di Thailand yang juga melayani penerbangan domestik dan internasional. Thai Lion kemudian menambah bandara operasinya, yaitu Bandara Internasional Hat Yai. Sebagai hasilnya, Thai Lion Air berhasil melayani lima rute penerbangan domestik dengan Bandara Don Muang sebagai pusat operasinya, Bandara Hat Yai sebagai bandara penghubung, serta Bandara Internasional Chiang Mai, Bandara Hua Hin, dan Bandara Surat Thani sebagai bandara tujuannya. Sementara untuk rute internasional, Thai Lion Air melayani lima rute penerbangan ke dua negara. Tiga rute di antaranya adalah menuju Indonesia, tepatnya ke Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Bandara Internasional Kuala Namu, Medan, dan Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Dua rute penerbangan lainnya dilakukan ke Kuala Lumpur, Malaysia melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur dan Bandara Sultan Abdul Aziz. Sepanjang 2015, Thai Lion Air menambahkan armadanya untuk menjangkau wilayah-wilayah lain di dunia. Diawali dengan hanya 10 rute, saat ini Thai Lion Air melayani 22 rute penerbangan domestik ke bandara lain di Thailand dan rute penerbangan internasional ke berbagai negara di wilayah Asia dan Asia Tenggara. Untuk penerbangan domestik yang berangkat dari Bandara Internasional Don Muang, Thai Lion Air melayani penerbangan menuju bandara di kota-kota lain di Thailand, yakni Udon Thani, Ubon Ratchathani, Surat Thani, Krabi, Hat Yai, Phuket, KhonKaen, Phitsanulok, Chiang Mai, Chiang Rai, Nakhon Si Thammarat, dan Trang. Tiga rute penerbangan lainnya dilakukan dari Bandara Hat Yai menuju Udon Thani dan dari Chiang Mai menuju Surat Thani dan Hat Yai. Sementara itu untuk rute perjalanan internasional, Thai Lion Air melayani penerbangan menuju Singapura, Jakarta, Yangon, Guangzhou, Ho Chi Minh City, Kuala Lumpur, Chengdu, Chongqing, Nanchang, Nanjing, dan Hanoi. Seluruh penerbangan ini berangkat dari Bandara Internasional Don Muang. Thai Lion merupakan maskapai baru hasil aliansi maskapai penerbangan yang cukup diperhitungkan di wilayah Asia Tenggara. Maskapai penerbangan ini bersaing dengan dua maskapai lainnya di Thailand, yaitu Thai AirAsia (anak perusahaan AirAsia) dan Nok Air (maskapai bertarif rendah Thai Airways). Maskapai penerbangan ini sama-sama berpusat di Bandara Internasional Don Muang. Melihat pesaing-pesaing kuat yang sudah terlebih dahulu beroperasi di Thailand, Thai Lion Air tidak patah semangat. Thai Lion diperkirakan dapat menyumbang hingga 49% pendapatan untuk maskapai induknya, Lion Air. Perkiraan ini tidak semata-mata dibuat tanpa perhitungan. Optimisme pihak maskapai Thai Lion Air didasari oleh fakta yang menunjukkan bahwa aliansi lain yang lebih dahulu beroperasi di wilayah Asia Tenggara, yaitu Malindo Air, telah mencapai persentase saham sebesar 51% ketika usianya baru mencapai 6 bulan. Dibandingkan dengan Malindo Air, Thai Lion Air lebih dimanfaatkan oleh maskapai induk Lion Air untuk melayani penerbangan dari Bangkok ke Kuala Lumpur dan sebaliknya. Hal ini dilakukan karena Malindo Air tidak melayani penerbangan menuju Thailand mengingat maskapai tersebut sedang berkonsentrasi untuk menggencarkan pelayanan penerbangan internasional ke seluruh wilayah di Asia Tenggara serta beberapa wilayah di bagian Asia Timur. Keadaan tersebut semakin menguntungkan pihak Thai Lion Air, di mana Thai Lion Air dapat memfokuskan layanannya untuk penumpang dalam rute Thailand – Malaysia dan Malaysia – Thailand, tanpa perlu bersaing dengan sesama anak perusahaan Lion Air. Pada Januari 2017, Thai Lion Air memutuskan untuk menghentikan pemberian makanan dan minuman ringan gratis bagi penumpang selama penerbangan karena beberapa pertimbangan. Namun, pemberhentian layanan ini tidak berarti Thai Lion Air mengurangi pelayanannya di bidang lain. Sebagai contoh, Thai Lion Air tetap memberikan fasilitas bagasi gratis untuk para penumpangnya. Hal ini merupakan sesuatu yang tidak umum ditemukan pada maskapai tarif rendah lainnya. Hal ini memungkinkan penumpang Thai Lion Air untuk menikmati perjalanannya dengan harga yang terjangkau, tanpa harus khawatir membawa banyak barang dan membayar biaya bagasi tambahan. Selain itu, Thai Lion Air juga menyediakan fasilitas web check-in bagi penumpang yang ingin menghemat waktunya. Tak hanya berfokus pada kenyamanan penumpangnya, keamanan juga menjadi prioritas Thai Lion Air. Pada September 2015, Thai Lion Air berhasil lulus dan melengkapi persyaratan uji sertifikasi IOSA (IATA Operational Safety Audit), yang menguji manajemen operasional dan sistem kontrol suatu maskapai penerbangan. Uji sertifikasi ini mengacu pada lebih dari 900 standar keselamatan penerbangan internasional dan anjuran praktik penerbangan yang dibagi ke dalam delapan subjek penilaian yang dinilai secara konsisten selama 24 bulan. Pada awal peluncurannya, Thai Lion Air mengoperasikan satu pesawat jenis ATR 42/72 untuk melayani rute perjalanan jarak pendek dengan jumlah penumpang yang terbatas. Saat ini pesawat ATR 42/72 tersebut sudah digantikan dengan dua jenis pesawat terbaru, yaitu Boeing 737-800 dan Boeing 737-900ER, untuk melayani penerbangan Thai Lion Air. Hingga Februari 2017, Thai Lion Air mengoperasikan 25 pesawat yang terdiri dari delapan pesawat Boeing 737-800 dan 17 pesawat Boeing 737-900ER. Untuk wilayah operasi Thailand dan sekitarnya, jumlah pesawat direncanakan dapat mencapai 70 hingga 80 pesawat untuk melayani rute perjalanan domestik dan internasional. Setiap pesawat direncanakan untuk melakukan minimum dua kali penerbangan setiap harinya.

Kontak Thai Lion Air

(+662)-529-9999

Alamat Thai Lion Air

Thai Lion Air
89/46 Vibhavadi Rangsit Road Sanambin Sub-District Don Mueang District Bangkok 10210, Thailand

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top