peringatan

Partner Airline Domestik & International

Lihat partner lainnya

Partner Pembayaran Resmi (Indonesia)

Lihat partner di negara lain

Bagasi
(jet)
Bagasi
(propeller)
Bagasi
kabin
Batas
check-in
rating maskapai:
4.5 5 berdasarkan 177 review

Service Standard: Medium Service

Promo Quick Finder

Lihat harga termurah dari hasil pencarian selama 48 jam terakhir di sini. Klik tanggal untuk memesan.

Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Mgg Sen Sel Rab Kam Jum Sab

Profil Trigana Air

Trigana Air Service (IL/TGN) atau yang biasa disebut Trigana Air adalah maskapai penerbangan Indonesia milik swasta yang melayani segmen medium-service. Trigana Air berdiri pada tahun 1991 dan berbasis di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Saat ini, Trigana Air melayani lebih dari 20 destinasi di seluruh Indonesia terutama Papua dan Kalimantan.

Trigana Air memiliki kelebihan dalam hal rute. Selain melayani destinasi-destinasi yang cukup umum seperti Surabaya, Solo, Jakarta, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak dll., Trigana Air berfokus kepada rute-rute di Papua dengan harga murah dan program promo. Beberapa destinasi di antaranya adalah: Agimuga (AGI), Bilogai (BIL), Ewer (EWE), Sinak (SNK), Illaga (ILA), Dekai (DKI) dan masih banyak lagi.

Dengan slogan perusahaan “We serve you here, there, and everywhere”, Trigana Air melayani tidak hanya penerbangan komersial berjadwal. Sejak tahun 2001, Trigana Air juga melayani penerbangan charter. Jauh sebelum itu, Trigana Air merupakan perusahaan penerbangan yang melayani berbagai bidang: evakuasi medis AEA (Asean Emergency Assistance), fotografi udara untuk pemetaan hutan dan kepulauan Indonesia, serta penerbangan cargo dan penumpang beberapa perusahaan di Papua.

Penumpang Trigana Air memperoleh hak bagasi gratis hingga 20 kg dan bawaan kabin hingga 7 kg untuk pesawat jet Boeing 737. Untuk pesawat jenis Propeller (ATR 72 dan ATR 42), penumpang memperoleh hak bagasi gratis hingga 10 kg dan bawaan kabin hingga 7 kg. Khusus rute-rute Jayapura-Wamena, Wamena-Dekai, Jayapura-Dekai dengan pesawat Propeller, penumpang diperbolehkan membawa bagasi gratis hingga 15 kg. Makanan ringan dan air mineral juga disediakan secara cuma-cuma untuk penerbangan di atas satu jam.

Armada Pesawat Trigana

$airlineData.getName() De Havilland DHC-6 Twin OtterDe Havilland DHC-6 Twin Otter
2 pesawat
$airlineData.getName() Boeing 737-400Boeing 737-400
2 pesawat
$airlineData.getName() Boeing 737-200Boeing 737-200
3 pesawat
$airlineData.getName() ATR 72-300ATR 72-300
3 pesawat
$airlineData.getName() ATR 72-300ATR 72-300
6 pesawat
$airlineData.getName() ATR 42-300ATR 42-300
3 pesawat

Kota Tujuan Trigana Air

Perubahan/Pembatalan/Refund Trigana Air

Prosedur Refund

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan baca halaman FAQ ketentuan dan prosedur refund.

Koreksi Nama

  • Hanya dapat dilakukan melalui Call Center Trigana Air 021-8661-3208

Reroute

  • Tidak bisa

Reschedule

  • Melalui Traveloka Easy Reschedule
    • Reschedule dilakukan maks. 30 jam sebelum waktu keberangkatan
    • Biaya Reschedule Rp15.000 per penumpang per segmen
    • Airline Fees tergantung kebijakan maskapai
    • Tertarik mencoba? Temukan petunjuk lengkap Easy Reschedule di sini
  • Melalui Trigana Air
    • Harus dilakukan melalui Call Center Trigana Air 021-8661-3208
    • Lebih dari 48 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya admin Rp50.000. Jika kelas yang sama tidak tersedia, akan dikenakan biaya up-grade dan biaya admin Rp50.000.
    • Antara 48 – 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar dan biaya admin Rp50.000 per penumpang per tiket. Jika kelas yang sama tidak tersedia, akan dikenakan biaya upgrade dan biaya admin Rp50.000.
    • Antara 24 – 3 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 75% dari tarif dasar dan biaya admin Rp50.000 per penumpang/per tiket
    • 3 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar dan biaya admin Rp50.000 per penumpang per tiket
    • Tiket bayi dapat di-reschedule
    • Tiket yang sudah check-in tidak dapat di-reschedule
    • Jika harga tiket baru lebih rendah, selisih harga tidak akan dikembalikan

Lainnya

Pihak Trigana Air berhak melakukan pengubahan jadwal penerbangan atau membatalkan penerbangan jika dianggap perlu demi alasan keselamatan, komersial dan teknis. Pihak Trigana Air akan mengusahakan secepat mungkin untuk menyediakan peralihan dan armada pengganti. Hal ini akan diumumkan kepada para penumpang melalui pengumuman di bandara ataupun via telepon dan dilakukan oleh pihak Trigana Air secara langsung

Sejarah Trigana Air

Trigana Air Service mulai beroperasi pada awal tahun 1991 dengan menggunakan dua Beechcraft Super King Air 200 dan dua NBell 412SP buatan IPTN Bandung.

Pada Maret 1991, Trigana Air Service melaksanakan proyek pertamanya untuk PT Mapindo Parama, yaitu melakukan pemetaan foto kehutanan di semua pulau Indonesia menggunakan Super King Air. Ini adalah fotografi udara pertama dengan presisi tinggi dan terbaik yang dilakukan di dalam negeri. Keberhasilan proyek ini membantu penambahan tiga pesawat lain untuk layanan yang sama.

Pada November 1991, operasi lain dikembangkan dengan pengenalan helikopter NBell 412SP. Pesawat ini dioperasikan atas nama Maxus Oil di Pabelokan, lepas pantai Kepulauan Seribu. Setahun kemudian, Trigana Air menambahkan satu buah helikopter Bell 412. Helikopter ini digunakan untuk penerbangan kru perusahaan dan logistik, dengan standar keamanan operasional dan pemeliharaan yang tinggi.

Keberhasilan fotografi pemetaan akhirnya memampukan klien untuk membeli pesawat sendiri. Karenanya, manajemen Trigana Air kemudian memutuskan untuk mengoperasikan jenis pesawat berbeda yaitu empat armada Fokker F27-600, menggantikan Super King Air.

Sejak 1993 hingga awal abad 21, Trigana Air juga menggunakan armada Twin-Otter DHC-6, Fokker F27 dan Pilatus PC-6 untuk mengangkut logistik di 24 kecamatan di Papua. Fokker F27 dipensiunkan pada akhir 2006 dan digantikan oleh armada kargo logistik yang telah teruji, De Havilland DHC-4 Caribou

Di awal abad 21, seiring deregulasi maskapai, Trigana mulai membuka penerbangan berjadwal untuk penumpang menuju ke kota-kota perintis dengan berbagai armada baru. Armada turboprop pertama, ATR42 didatangkan tahun 2001 dan mulai melayani penerbangan ke kota-kota di Indonesia Timur.

Seiring perkembangan dunia penerbangan Indonesia dan bertambahnya permintaan menuju ke kota-kota perintis ini, Trigana menambah armada ATR72-300 berkapasitas 80 orang dan mulai melayani kota-kota di Nusa Tenggara dan Kalimantan.

Penerbangan berjadwal Trigana Air semakin diminati oleh masyarakat dan pada tahun 2010, armada jet pertama Trigana Air, sebuah Boeing 737-200 memulai pelayanan penerbangan dari kota besar seperti Jakarta dan Surabaya ke kota-kota di Kalimantan, seperti Pangkalan Bun dan Balikpapan. Armada 737 ini juga bertambah seiring bertambahnya permintaan hingga mencapai 5 pesawat.

Kebijakan penumpang bayi, anak-anak dan penumpang hamil Trigana Air

  • Kategori usia bayi: 3 bulan - 23 bulan.
  • Trigana Air berhak untuk tidak mengangkut bayi berusia kurang dari 2 (dua) hari.
  • Bayi berusia antara 3 (tiga) dan 7 (tujuh) hari harus disertai dengan Sertifikat Kesehatan yang menyatakan bayi cukup sehat untuk turut serta dalam perjalanan udara.
  • Satu orang dewasa hanya mendampingi maksimum satu bayi, dan bayi tidak mendapat bagasi maupun tempat duduk terpisah sendiri.
  • Masa berlaku tiket bayi mengikuti aturan tiket dewasa/orang tua bayi.
  • Kategori usia anak-anak: 24 bulan - 12 tahun.
  • Penumpang hamil diperbolehkan dalam penerbangan dengan syarat batas maksimum usia kandungan 28 minggu. Pada saat check-in, penumpang wajib menunjukkan Sertifikat Kesehatan yang menyatakan bahwa penumpang cukup sehat untuk melakukan perjalanan udara.

Seragam Pramugari Trigana Air

Seragam Pramugari Trigana

Seragam pramugari Trigana Air berbentuk blouse yang anggun dengan sentuhan tradisional, sekilas mirip dengan baju tradisional Vietnam. Dengan lengan sepanjang siku, seragam berwarna putih tersebut dipermanis dengan motif campuran antara batik dan floral.

Makanan di pesawat Trigana Air

Makanan Trigana

Sebagai maskapai medium-service, Trigana Air menyediakan snack dan air mineral untuk penerbangan di atas 1 jam. Untuk penerbangan kurang dari 1 jam, disediakan minuman berupa Teh Kotak. .

Info Promo terbaik dari Traveloka Daftarkan email Anda untuk info tiket Trigana Air PROMO dan semua diskon special Traveloka.com!

Alamat Trigana Air

Komplek Puri Sentra Niaga
Jl. Wiraloka Blok D 68-69-70
Kalimalang, Jakarta 13620

Cara Pemesanan Tiket Trigana Air

Anda dapat melakukan reservasi dengan langkah-langkah berikut:
  1. Cari rute Trigana Air yang diinginkan di search box di atas (lihat Cara Pakai untuk bantuan)
  2. Lakukan booking dengan cara mengisi data penumpang.
  3. Pilih cara pembayaran.
  4. Bayar dan tiket Trigana akan dikirimkan ke alamat email Anda.

E-tiket Trigana Air

E-tiket Trigana Air dapat digunakan sebagai bukti untuk terbang dengan menggunakan Trigana Air. Jika Anda telah mendapatkan e-tiket melalui email, e-tiket tersebut dapat di-print untuk dibawa pada saat check-in. Jika Anda telah melakukan pemesanan, tetapi belum mendapatkan tiket, Anda dapat melakukan Retrieve Booking melalui link ini.