peringatan
Vietnam Airlines Banner

Cari tiket Vietnam Airlines murah dan promo di sini!

    • Tujuan Penerbangan
    • Waktu Penerbangan
Vietnam Airlines Promo

Alamat Vietnam Airlines

City Office Vietnam Airlines

Wisma Tamara Lt.8 # 868

Jl. Jend. Surdiman Kav. 24

Jakarta 12920

Indonesia

Informasi penerbangan Vietnam Airlines

  • rating maskapai:
    berdasarkan 865 review
  • bagasi
  • kabin
  • waktu check-in
  • promo tersedia
  • Service Standard: Full Service

Profil Vietnam Airlines

Vietnam Airlines adalah maskapai nasional Vietnam yang berkantor pusat di Longi Bien District, Hanoi. Berawal dari hanya melayani penerbangan domestik dengan lima armada di tahun 1956, Vietnam Airlines kemudian menjadi maskapai nasional Vietnam pada tahun 1993.

Maskapai kecil ini kemudian berkembang setelah pemerintah mengakuisisi 20 perusahaan lain untuk membentuk Vietnam Airlines Corporation. Sebagai maskapai nasional, Vietnam Airlines juga harus mendukung ekonomi negara.

Logonya, teratai emas, merepresentasikan makna khusus baik secara budaya maupun filosofis bagi orang-orang Vietnam. Logo ini dirancang oleh seniman Jepang, Victor Kobo, dan melambangkan elemen pencerahan dalam filosofi Buddha yang meliputi kesempurnaan, kemuliaan, dan kebanggaan nasional.

Vietnam Airlines memiliki lebih dari 15 anak perusahaan, beberapa di antaranya adalah Vietnam Air Service Company, Vietnam Airlines Caterers, Vietnam Airlines Engineering Company dan Jetstar Pacific Airlines.

Maskapai ini juga memiliki jaringan rute yang luas, meliputi Asia Tenggara, Asia Timur, Afrika, Eropa, Oceania, dan Amerika Utara, dengan total 21 rute domestik dan 28 rute internasional. Sebagian rute domestik Vietnam Airlines dioperasikan oleh anak perusahaannya, Vietnam Air Service Company (VASCO).

Pada tahun 2010, Vietnam Airlines menjadi maskapai pertama di Asia Tenggara yang bergabung dengan SkyTeam. Sebagai anggota SkyTeam, maskapai ini memiliki codeshare dengan hampir seluruh maskapai anggota SkyTeam lainnya seperti Air France, KLM, Garuda Indonesia, Japan Airlines, Qantas, Philippine Airlines, dll.

Vietnam Airlines menawarkan tiga kelas penerbangan: Business Class, Deluxe Economy Class dan Economy Class. Economy Class yang menawarkan tiket murah, memiliki jarak kursi 31-32 inci. Tersedia pula dua jenis layar untuk in-flight entertainment: in-seat screen dan overhead screen yang menampilkan film-film blockbuster maupun game.

Armada Pesawat Vietnam Airlines

$airlineData.getName() ATR 72ATR-72
16 units
$airlineData.getName() Airbus A321Airbus-A321
52 units
$airlineData.getName() Airbus A330-200Airbus A330-200
9 units
$airlineData.getName() Boeing 777-200Boeing 777-200
9 units
$airlineData.getName() Fokker F70Fokker F70
2 units

Cara Pemesanan Tiket Vietnam Airlines

Anda dapat melakukan reservasi dengan langkah-langkah berikut:
  1. Cari rute Vietnam Airlines yang diinginkan di search box di atas (lihat Cara Pakai untuk bantuan)
  2. Lakukan booking dengan cara mengisi data penumpang.
  3. Pilih cara pembayaran.
  4. Bayar dan tiket Vietnam akan dikirimkan ke alamat email Anda.

E-tiket Vietnam Airlines

E-tiket Vietnam Airlines dapat digunakan sebagai bukti untuk terbang dengan menggunakan Vietnam Airlines. Jika Anda telah mendapatkan e-tiket melalui email, e-tiket tersebut dapat di-print untuk dibawa pada saat check-in.

Perubahan/Pembatalan/Refund Vietnam Airlines

Prosedur Refund

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan baca halaman FAQ ketentuan dan prosedur refund.

Pengubahan Detail Penerbangan

Pengubahan detail penerbangan Vietnam Airlines hanya dapat dilakukan melalui Traveloka. Untuk mengetahui estimasi biaya perubahan jadwal penerbangan atau pembatalan tiket, silakan menghubungi Customer Service kami melalui email cs@traveloka.com atau menelepon ke nomor berikut:

  • Indonesia: 0804-1500-308
  • Singapura: +65-3157-1471
  • Malaysia: +60-15-4840-9469
  • Thailand: +66-2-118-5400
  • Vietnam: 1900-6978

Lainnya

Pihak Vietnam Airlines berhak melakukan pengubahan jadwal penerbangan atau membatalkan penerbangan jika dianggap perlu demi alasan keselamatan, komersil, maupun teknis.

Pihak Vietnam Airlines akan mengusahakan secepat mungkin untuk menyediakan peralihan dan armada pengganti. Hal ini akan diumumkan kepada para penumpang melalui pengumuman di bandara ataupun via telepon dan dilakukan oleh pihak Vietnam Airlines secara langsung.

Maskapai dapat mengubah ketentuan kapan pun tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sejarah Vietnam Airlines

Maskapai nasional Vietnam ini berdiri pada tahun 1956 sebagai maskapai yang pertama kali didirikan pemerintah Vietnam Utara dengan nama Vietnam Civil Aviation. Pada masa itu, maskapai ini digunakan untuk keperluan militer dengan dua pesawat Lisunov Li-2 (Douglas DC-3 clone) buatan Uni Soviet.

Bersamaan dengan meningkatnya permintaan layanan transportasi udara, maskapai ini menambah armadanya dengan Ilyushin II-14 buatan Uni Soviet dan Aero Ae-45 buatan Czechoslovakia. Selama perang Vietnam, maskapai ini terpaksa menurunkan operasinya dan fokus melayani North Vietnamese Air Force akibat adanya embargo dari Amerika Serikat.

Setelah penyatuan kembali Vietnam di bawah pemerintahan komunis, Vietnam Civil Aviation yang berubah nama menjadi General Department of Civil Aviation of Vietnam, memperkenalkan rute internasional. Rute awalnya adalah Beijing dan Vientiane, disusul dengan rute-rute ke negara ASEAN lainnya pada dekade berikutnya.

Pada tahun 1990, pemerintah akhirnya mengubah nama maskapai ini menjadi Vietnam Airlines. Maskapai ini pun mulai melayani rute antara ASEAN dan Australia menggunakan pesawat buatan Uni Soviet, seperti Tupolev 134, Yakolev Yak-42, dan Antonov An-42.

Di tahun 1995, pemerintah merestrukturisasi Vietnam Airlines setelah dua tahun sebelumnya dijadikan maskapai nasional. Vietnam Airlines pun kemudian berubah menjadi perusahaan negara.

Logo baru maskapai ini, yaitu teratai emas, diperkenalkan pertama kali pada tahun 2002 bersamaan dengan perkenalan identitas baru Vietnam Airlines. Rebranding ini juga diikuti dengan hadirnya Boeing 777-200ER di tahun 2003 sebagai langkah peremajaan armada Vietnam Airlines. Seluruh pesawat lama buatan Uni Soviet kemudian diganti dengan pesawat yang lebih baru seperti seri Airbus A320.

Pada tahun 2006, Vietnam Airlines resmi bergabung dengan IATA (International Air Transport Association). Sebagai syarat untuk pengakuan standar internasional ini, Vietnam Airlines harus lebih dulu mendapatkan sertifikat dari IATA Operational Safety Audit (IOSA).

Empat tahun setelahnya, maskapai ini bergabung menjadi anggota SkyTeam, aliansi maskapai terbesar kedua di dunia. Sebagai bagian dari SkyTeam, Vietnam Airlines memiliki codeshare dengan sebagian besar anggota lainnya, seperti Garuda, Qantas, KLM, dll.

Seragam Pramugari Vietnam Airlines

gambar pramugari Vietnam Airlines Pramugari Vietnam Airlines memakai kostum nasional Vietnam, ao dai (ao = atasan, dai = panjang), berwarna merah bermodel tunik sutra ketat dan dipadukan dengan celana panjang.

Makanan di pesawat Vietnam Airlines

In-flight meal Vietnam AirlinesMakanan di pesawat Vietnam Airlines

Penumpang Vietnam Airlines dapat memilih berbagai menu yang disesuaikan dengan rute dan waktu penerbangannya. Makanan ringan seperti mie instan juga tersedia di antara waktu makan. Selain itu, penumpang juga dapat mencicipi pilihan wine terbaik dan berbagai minuman panas atau dingin.

Kebijakan penumpang anak-anak dan bayi Vietnam Airlines

  • Hanya bayi berusia lebih dari 14 hari yang diperbolehkan untuk terbang, sedangkan bayi di bawah usia 14 hari, prematur, atau tidak sehat, tidak diperbolehkan untuk terbang.
  • Satu (1) penumpang dewasa hanya diizinkan membawa maks. satu (1) bayi di pangkuan dan bayi tersebut akan dikenakan biaya tambahan termasuk pajak tergantung rute penerbangan.
  • Satu penumpang diperbolehkan untuk terbang dengan dua (2) anak-anak usia 2-6 tahun; satu (1) bayi dan dua (2) anak-anak di bawah usia 6 tahun akan dikenakan biaya tambahan untuk pendampingan salah satu dari dua anak tersebut; dua (2) bayi dan satu (1) anak akan dikenakan biaya tambahan untuk pendampingan salah satu dari dua bayi tersebut; dua (2) bayi dan dua (2) anak akan dikenakan biaya tambahan untuk dua (2) cabin crew yang mendampingi masing-masing satu (1) anak dan satu (1) bayi.
  • Ibu hamil yang diperkirakan akan melahirkan dalam waktu tujuh (7) hari atau baru melahirkan dalam waktu tujuh (7) hari, tidak diperbolehkan untuk terbang.
  • Ibu hamil dengan kondisi: usia kehamilan lebih dari 32 minggu, usia kehamilan yang tidak pasti, mengandung anak kembar/triplet, diperkirakan akan menghadapi kesulitan saat melahirkan, atau kehamilan dengan inseminasi buatan, harus memiliki izin medis sebelum penerbangan (penumpang MEDA).

Traveloka does not posses or claim to have ownership of any of the airline pictures or other copyrighted materials on this site. They belong to their respected owners.