peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Accommodation > Villa Ciater
Villa

Villa di Ciater

Tersedia banyak villa terbaik di Ciater hanya untuk Anda

Merasakan Khasiat Air Panas Alami Dengan Menginap di Villa di Ciater

Ciater adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sebenarnya, orang lebih akrab dengan Ciater sebagai salah satu tujuan ketika berkunjung ke Bandung. Ini dikarenakan kecamatan Ciater bersebelahan langsung dengan wilayah Bandung Utara yang memiliki banyak sekali objek wisata. Maka dari itu, Ciater kadang dianggap sebagai salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke Bandung.

Ciater terletak persis di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Gunung ini adalah gunung sratovolkano yang masih aktif. Ini menyebabkan kawasan Ciater dialiri oleh air panas alami yang kaya akan sulfur. Air panas alami ini memiliki banyak khasiat dari mulai untuk pengobatan sampai dengan menyuburkan tanah.

Kontrasnya udara dingin pegunungan dengan sumber air panas inilah yang membuat Ciater sekarang berkembang menjadi daerah pariwisata yang ramai dikunjungi. Di Ciater kini terdapat sederet penginapan yang bisa disewa untuk keperluan liburan keluarga ataupun rombongan lainnya.

Daerah ini juga menjadi tujuan populer bagi rombongan karya wisata sekolah untuk menginap dan menikmati sumber air panas alami. Biasanya, rombongan akan menyewa Villa di Ciater dengan lokasi yang dekat dengan pemandian air panas.

Karena semakin banyak orang mengincar Ciater sebagai tujuan wisata, sekarang banyak bermunculan Villa murah di Ciater yang bisa menjadi pilihan menginap. Dengan fasilitas yang beragam, Anda bisa menyewa Villa di Ciater dengan harga yang bervariasi.

Ciater, Daerah Sejuk yang Ramai Pengunjung

Daya tarik utama dari Ciater adalah sumber pemandian air panas. Air panas alami yang ada di Ciater bersumber langsung dari perut gunung berapi – Gunung Tangkuban Perahu. Air ini mengalir di sungai sepanjang 2.000 meter yang sebagian diarahkan ke pemandian air panas dan lahan persawahan.

Air panas alami yang diarahkan ke pemandian air panas dikelola menjadi pemandian air panas yang disertai dengan fasilitas penginapan terutama Villa. Rata-rata, Villa di Ciater memiliki aliran air panas yang berasal dari sumber alami tersebut. Ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki Villa di daerah ini.

Pengunjung yang datang untuk menginap di Villa murah di Ciater sangatlah beragam. Ada rombongan yang datang untuk berlibur, dan ada pula yang sengaja datang untuk mendapatkan khasiat dari air panas alami Ciater.

Keluarga besar yang datang biasanya menghabiskan satu atau dua malam di Villa untuk berlibur menikmati kesejukan alam Ciater. Sedangkan, rombongan yang biasanya hanya menginap satu malam adalah mereka yang datang dalam rangka acara kantor atau karya wisata sekolah. Oleh karena itu, di daerah ini sering sekali terlihat bus-bus pariwisata yang mengantar para rombongan pengunjung.

Tips Memilih Villa di Ciater

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Ciater?

Selain berendam di air panas alami, Ciater juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Jika Anda berangkat pada saat hari masih terang, Anda bisa melihat dengan jelas hamparan perkebunan teh yang berjajar rapi di kanan dan kiri jalan. Udara yang sejuk menambah kesegaran di sepanjang perjalanan.

Sebagian area kebun teh boleh dikunjungi oleh umum. Anda bisa berjalan kaki sejenak di antara perkebunan untuk melihat tanaman teh dari dekat atau sekadar mengambil foto di sana. Bahkan, ada perkebunan teh yang menawarkan tur singkat untuk melihat proses pembuatan teh. Tetapi, tur semacam hanya bisa didapatkan untuk rombongan yang cukup besar dengan membuat janji terlebih dahulu dengan pihak pengelola perkebunan.

Nah, untuk menambah daftar kunjungan pada saat berlibur nanti, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di kawasan Ciater dan sekitar.

  • Naik ke Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Dari Ciater, hanya butuh beberapa menit lagi ke arah atas untuk menuju ke kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu. Kawasan kawah gunung dikelola dengan baik sehingga layak Anda kunjungi. Di sana, terdapat warung-warung yang bisa menjadi tempat minum kopi atau teh hangat sambil menikmati pemandangan kawah.

Sebelum masuk ke kawasan gunung, ada sebuah pos yang menyediakan informasi mengenai objek wisata yang ada di sekitar Gunung Tangkuban Perahu. Anda bisa mengunjungi pos ini untuk bertanya tempat mana saja yang bisa Anda kunjungi sebagai turis domestik.

  • Mencicip Sop dan Sate Kelinci

Di sepanjang jalan menuju kawasan Ciater, akan ada jajaran warung sate dan sop kelinci. Jangan khawatir, kelinci yang digunakan adalah kelinci pedaging yang memang diternakkan untuk dijadikan bahan makanan.

Dengan harga yang cukup murah, Anda sudah bisa mencicipi variasi kuliner yang mungkin sulit ditemukan di daerah lain.

  • Berburu Oleh-Oleh di Kawasan Gunung Tangkuban Perahu

Di kawasan Gunung Tangkuban Perahu, Anda juga bisa membeli beberapa oleh-oleh seperti kerajinan tangan khas daerah setempat dan tanaman kaktus kecil untuk dijadikan sebagai hiasan di rumah.

Selain itu, Anda juga bisa membeli buah nanas yang banyak dijual di pinggir jalan sepanjang jalur Ciater – Gunung Tangkuban Perahu. Buah nanas dari daerah ini memang memiliki keistimewaan tersendiri karena dikenal manis dan memiliki kandungan air yang banyak.

Berkunjung dan menginap di Villa di Ciater akan melengkapi perjalanan Anda terutama jika Anda senang menjelajahi Kota Bandung dan sekitar. Salah satu kelebihannya adalah jalan menuju Ciater memang sudah satu jalur dengan daerah wisata Lembang dan memiliki akses yang cukup baik. Jadi, perjalanan yang menanjak akan terasa mudah karena kondisi jalan yang mulus.

Villa di Ciater sudah terbiasa dalam mengakomodasi tamu dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, kawasan wisata ini adalah tujuan yang cocok jika Anda ingin membawa keluarga besar atau rombongan berlibur. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh, Ciater sangat tepat untuk dijadikan tempat berlibur dan bersantai bagi Anda, keluarga, dan rekan-rekan.

Review villa di Ciater

Memesan, Membayar, dan Menginap di Villa di Ciater

Ciater memiliki beberapa Villa yang dikelola oleh penginapan yang berbeda-beda. Yang paling terkenal di antaranya adalah Sari Ater Hot Spring Resort. Resort ini adalah yang terbesar di kawasannya karena memiliki banyak kolam pemandian air panas.

Air panas yang mengalir sengaja ditampung ke beberapa kolam yang mengalir dengan kedalaman yang berbeda-beda. Pengunjung bisa memilih apakah ingin sekedar merendam kaki atau merendam seluruh tubuh.

Kolam pun dibuat dengan bentuk yang beragam. Ada kolam yang dibuat menyerupai kolam alam dengan bebatuan alami, ada pula yang berbentuk kolam renang modern. Anda bisa memilih kolam sesuai dengan kenyamanan Anda.

Sari Ater memiliki fasilitas penginapan yang tergolong lengkap. Tempat ini menyediakan kamar-kamar hotel dan Villa dengan jumlah kamar yang beragam. Di dalam lokasinya, Sari Ater juga menyediakan fasilitas spa dan karaoke untuk menghibur para pengunjung. Ini menjadikan Sari Ater menjadi tempat favorit untuk menginap.

Berdekatan dengan Sari Ater Hot Spring Resort, ada juga beberapa Villa di Ciater yang disewakan dengan harga yang terjangkau. Beberapa Villa murah di Ciater ini menyediakan kolam renang air panas di dalam Villa. Ini cocok bagi Anda yang mau lebih bebas berendam di air panas alami.

Atau, Anda bisa sedikit berkendara ke arah atas dan menemukan Ciater Highland Resort yang merupakan perumahan dengan Villa-Villa yang disewakan. Memang, lokasi ini sedikit jauh dari pusat pemandian air panas. Tetapi, Villa di kawasan ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari kolam renang, hingga aktivitas seperti berkuda dan trek ATV –kendaraan off-road roda empat yang dikendarai seperti motor.

Harga Umum Villa di Ciater

Harga sewa Villa di Ciater biasanya dimulai dari harga Rp900.000,00 per malam. Villa yang berada di belakang kawasan pemandian air panas biasanya memiliki harga yang lebih murah di kisaran Rp500.000,00 hingga Rp750.000,00. Tetapi, lokasinya tidak terletak di pinggir jalan raya sehingga Anda harus masuk sedikit melalui jalur perumahan penduduk.

Untuk Villa dengan kamar yang lebih banyak, harganya bisa di atas Rp1.000.000,00. Anda bisa mendapatkan harga murah dengan memesan kamar terlebih dahulu secara online atau menelepon langsung ke kantor pengelola Villa.

Kawasan Ciater ini biasanya sangat penuh dengan pengunjung pada hari libur. Jadi, sebaiknya Anda memesan Villa beberapa minggu sebelum tanggal keberangkatan untuk memastikan ketersediaan Villa.

Sedangkan, harga tiket masuk ke pemandian air panas tergolong murah. Anda cukup membayar sekitar Rp30.000,000 per orang. Jadi, walaupun tidak menginap di kawasan pemandian, Anda masih bisa masuk dan menikmati khasiat dari berendam di sumber air panas alami di Ciater.

Daerah Ciater yang Penuh Legenda

Walaupun letaknya berada di Kabupaten Subang, Ciater seringkali dikaitkan dengan wisata Bandung. Memang, salah satu akses terdekat untuk menuju Ciater adalah melalui jalur Lembang dari arah Utara Kota Bandung. Jadi, banyak orang melanjutkan perjalanannya dari Bandung menuju Ciater untuk menikmati pemandian air panasnya.

Letaknya di Gunung Tangkuban Perahu yang penuh legenda membuat Ciater memiliki kisahnya sendiri. Gunung Tangkuban Perahu sendiri dikisahkan memiliki asal berupa perahu yang dijungkirbalikkan oleh Sangkuriang karena merasa ditipu oleh Dayang Sumbi. Dari sinilah asal nama dari Gunung Tangkuban Perahu. Jika diperhatikan dari kejauhan, bentuk gunung ini memang menyerupai sebuah perahu besar yang terbalik.

Sedangkan, Ciater dikisahkan berasal dari pohon yang bernama pohon ater. Pohon ater ini memancarkan air panas ketika seseorang berusaha menebangnya. Maka mengalirlah air panas alami yang ada hingga sekarang.

Air panas alami di Ciater memiliki suhu awal sekitar 43 – 46 derajat celcius. Sedangkan, air yang sampai di pemandian air panas sudah turun menjadi 37 – 42 derajat celcius. Ini adalah suhu yang pas untuk berendam dan merelaksasikan tubuh.

Banyak orang ingin berendam di pemandian air panas Ciater karena konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit terutama yang berkaitan dengan kulit dan tulang. Kandungan mineral dan belerang yang tinggi membuat air di Ciater memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti gatal-gatal dan jerawat. Selain itu, air panas juga bisa melancarkan peredaran darah sehingga bisa menyehatkan tubuh.

Karena airnya yang panas, pengunjung tidak terbatas hanya sampai sore hari saja. Pada tengah malam pun, masih banyak pengunjung yang berendam di pemandian air panas Ciater. Umumnya mereka mengincar sensasi berendam di air panas pada udara yang sangat dingin di malam hari.

?
Perlu Bantuan?