peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Accommodation > Villa Lembang
Villa

Villa di Lembang, Jawa Barat

Tersedia banyak villa terbaik di Lembang hanya untuk Anda

Mendengar nama Lembang, pasti yang teringat adalah udara sejuk, jagung bakar, bajigur, sekaligus arena untuk outbond. Bila selama ini lebih sering menginap di tengah kota Bandung, sekarang saatnya mencoba Lembang. Jangan khawatir, banyak pilihan villa di Lembang.

Sekilas Tentang Lembang

Lembang adalah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Letaknya di ketinggian 1312  hingga 2084 meter dari permukaan laut. Jangan heran dengan udaranya yang lebih banyak sejuk dan dingin saat malam. Mengapa demikian?

Gunung Tangkuban Perahu merupakan titik tertinggi Lembang. Suhu udara kira-kira sekitar 17 hingga 27 derajat Celcius.

Mayoritas penduduk Lembang berprofesi sebagai petani, pedagang, supir, pengemudi, dan pekerja sektor informal lainnya. Selain itu, potensi alamnya membuat Lembang ideal untuk pusat pendidikan dan penelitian untuk pertanian dan peternakan. Beberapa kelompok peneliti yang ada adalah: Balitsa, BIB Lembang, BBTP-SP, dan lain-lain.

Beberapa lembaga pendidikan yang terkenal di Lembang adalah: SESPIM-POLRI (Sekolah Staf dan Pimpinan POLRI), Pusdikajen (Pusat Pendidikan Ajudan Jenderal), dan Pusdik Kowad (Pusat Pendidikan Korps Wanita TNI AD).

Lembang telah menjadi tujuan wisata favorit, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena itulah, mincul banyak tempat penginapan, mulai dari hotel berbintang, resor, hingga villa murah yang bisa dijangkau kalangan menengah.

kehadiran villa-villa ini sangat pas untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan. Lalu bagaimana cara memilih villa yang cocok untuk menginap di Lembang?

Tips Memilih Villa di Lembang

Memang, sekarang sudah banyak tempat penginapan di Lembang. Tidak heran, wisatawan semakin betah dan selalu datang kembali. Namun, memilih villa yang sesuai juga tidak bisa sembarangan. 7 tips memilih villa di Lembang di bawah ini, mungkin  dapat melancarkan liburan Anda:

  • Pilihlah sesuai kebutuhan

Anda liburan sendiri, bersama pasangan, keluarga, atau teman-teman? Ukuran kamar harus jadi pertimbangan. Selain itu, apakah rencananya Anda akan lebih banyak jalan-jalan di luar? Jika ya, pilihlah kamar dengan fasilitas seperlunya. Misalnya: tidak ada televisi juga tidak apa-apa.

  • Pertimbangkan saran dari kerabat dan teman yang sudah pernah menginap di Lembang

Tidak hanya melihat-lihat referensi online, pertimbangkan juga saran dari kerabat dan teman. Mungkin pengalaman Anda akan berbeda di tempat yang sama. Namun, tidak ada salahnya menjadikan pengalaman mereka sebagai tolok ukur sebelum memilih villa.

  • Pilihlah dengan fasilitas standar yang memadai

Menekan biaya pengeluaran selama liburan tidak berarti asal memilih villa. Meskipun rencananya lebih banyak jalan-jalan, bukan berarti Anda harus menginap di kamar yang tidak terawat dan fasilitasnya tidak memadai.

  • Cek kondisi villa sebelum sepakat untuk menyewa.

Jangan sampai tertipu iklan. Bisa saja kenyataan di lapangan berbeda. Jadi, meskipun tertarik, Anda berhak melakukan inspeksi langsung. Bila memang sesuai iklan dan ucapan pengelola, Anda boleh sepakat untuk menyewa. Bila tidak, Anda berhak menolak dan mencari villa lainnya.

  • Siapkan pilihan cadangan.

Ini berkaitan dengan tips nomor tiga. Jangan hanya terpaku pada satu villa. Bila yang satu ternyata tidak sesuai harapan, Anda belum kehabisan pilihan.

  • Pilihlah yang sesuai dengan budget yang ada.

Ini juga erat berkaitan dengan keempat tips sebelumnya. Bila villa yang ditawarkan murah tapi nyaman, kenapa tidak pilih saja? Mahal belum tentu sesuai dengan harganya. Lagipula, lebih baik Anda mengalokasikan dana tersebut untuk jalan-jalan, makan, dan membeli oleh-oleh.

  • Faktor keamanan sangat penting.

Meskipun villa yang ditawarkan murah, jangan lupakan faktor keamanan. Anda berhak bertanya kepada pihak pengelola, baik dari segi fasilitas hingga akses. Jangan sampai saat bepergian, kamar Anda mudah dimasuki tanpa sepengetahuan Anda. (Tentu saja, lebih baik bawa barang-barang berharga saat meninggalkan kamar.)

Review villa di Lembang

Aktivitas Wisata di Pulau Seribu

Selama berada di Pulau Seribu, tentu Anda tidak ingin berdiam diri di dalam penginapan, bukan? Ada beragam aktivitas wisata yang dapat dilakukan saat berada di tempat ini, di antaranya adalah:

  • Diving dan snorkeling

Aktivitas utama yang dilakukan oleh para backpacker di Pulau Seribu adalah menyelami keindahan alam bawah lautnya. Anda pun bisa memilih untuk melakukan aktivitas snorkeling ataupun diving. Tidak perlu khawatir dengan peralatan snorkeling atau diving, Anda bisa menemukan tempat penyewaannya di sana.

Beberapa lokasi snorkeling dan diving yang kerap disambangi oleh para wisatawan di Pulau Seribu antara lain adalah, Pulau Pelangi, Pulau Sepa, Pulau Tidung, Pulau Pantara, Pulau Pari, serta Pulau Semak Daun.

  • Memancing

Aktivitas menarik berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah mencoba untuk memancing. Perairan di sekitar Pulau Pelangi dan Pulau Sepa kerap menjadi pilihan lokasi memancing para wisatawan. Suasana memancing pun akan terasa lebih menyenangkan kalau Anda melakukannya bersama dengan pasangan. Anda pun bisa memilih lokasi memancing secara bebas.

Hanya saja, Anda harus memperhatikan kondisi cuaca pada saat ingin memancing di perairan Pulau Seribu. Kondisi cuaca yang buruk bakal bisa membahayakan diri sendiri.

Di Pulau Tidung, area sekitar Jembatan Cinta kerap menjadi pilihan lokasi memancing. Selain itu, area di dekat lapangan sepak bola juga bisa menjadi opsi lain. Alternatif lainnya, bisa pula menyewa perahu nelayan dan memancing di tengah laut. Tarifnya tidak terlalu mahal. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp100.000,00 per perahu.

  • Akuarium bawah laut

Selain snorkeling dan diving, Anda juga bisa menemukan cara lain dalam menikmati keindahan alam bawah laut perairan Pulau Seribu. Caranya adalah dengan menuju ke akuarium bawah laut yang terletak di Pulau Putri Resort. Di tempat ini, ada sebuah akuarium bawah laut yang disebut dengan nama Glass Bottom Boat.

Akuarium ini menjadi bagian dari sebuah resor yang ada di pulau tersebut. Para wisatawan yang menginap di resor tersebut bisa memperoleh akses ke akuarium ini secara gratis. Para backpacker pun dapat berkunjung ke tempat ini, caranya dengan mengikuti paket One Day Trip yang diselenggarakan oleh pihak resor.

  • Berburu pemandangan matahari terbit dan terbenam

Berada di kawasan pulau yang masih alami, Anda tentu tidak boleh melewatkan aktivitas yang satu ini. Kalau ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit yang cantik, pulau yang dapat dituju adalah Pulau Pari. Sementara itu, Pulau Tidung kerap menjadi pilihan bagi para backpacker yang ingin berburu pemandangan matahari terbenam paling cantik di Pulau Seribu.

Aktivitas ini menjadi pilihan kegiatan yang cukup banyak dilakukan oleh para backpacker. Alasannya, karena aktivitas ini bisa dilakukan secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Ditambah lagi, Anda juga bisa memperoleh deretan foto yang cantik dan instagramable dengan latar belakang pemandangan matahari terbit dan terbenam.

  • Wisata sejarah

Saat berkunjung ke Pulau Seribu, Anda dapat pula menjadikan momen tersebut sebagai kesempatan untuk belajar sejarah. Pulau yang menjadi tujuan untuk wisata sejarah di Pulau Seribu adalah Pulau Onrust.

Di pulau ini, Anda akan mendapati berbagai bangunan peninggalan dari penjajah Belanda. Mulai dari keberadaan benteng tua, rumah-rumah dengan gaya Eropa, hingga keberadaan makam yang misterius.

Berlibur ke Pulau Seribu dijamin bakal menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Ditemani dengan pemandangan yang masih alami dan beragam aktivitas yang seru, Anda tidak akan bosan datang ke tempat ini. Terlebih, tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk ke sini. Penasaran dengan Pulau Seribu, kan?


?
Perlu Bantuan?