peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya
 
Virgin Australia: Pengantar

Virgin Australia, atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Virgin Blue Airlines, merupakan maskapai bertarif rendah terbesar kedua di Australia. Virgin Australia melayani penerbangan ke 58 tujuan domestik dan internasional, yang tersebar di wilayah Asia-Pasifik, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika. Penerbangan Virgin Australia ditawarkan dalam tiga kelas layanan, mulai dari Economy Class, Premium Economy Class, hingga Business Class.


Pemesanan & E-tiket Virgin Australia

Cari dan pesan tiket pesawat Virgin Australia Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Virgin Australia secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Virgin Australia Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Virgin Australia Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Virgin Australia

E-tiket Virgin Australia dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Virgin Australia Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Virgin Australia di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarScootMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating Virgin Australia

dari 525 review

Standar layanan: Full Service

Kelas Penerbangan Virgin Australia

Economy Class

Dalam kabin Economy Class, tempat duduk yang ditawarkan memiliki ruang yang cukup luas, dengan jarak antara kursi adalah 75 cm dan lebar kursi 43 cm. Tidak hanya itu, kursi Economy Class juga dilapisi dengan bahan kulit yang mewah. Sementara itu, penumpang dalam penerbagan jarak jauh juga dapat menikmati ruang kaki yang lebih lega, yaitu hingga 81 cm, dengan tata kursi 3-3-3. Selama penerbangan. penumpang Economy Class dapat menikmati layanan hiburan melalui monitor layar sentuh LCD, yang menawarkan beragam pilihan film, acara TV, dan musik. Selain itu, fasilitas hiburan nirkabel untuk perangkat mobile juga tersedia, sehingga penerbangan terasa semakin menyenangkan.

Makanan di Pesawat

Layanan makanan hanya tersedia dalam penerbangan jarak jauh. Sementara itu, penumpang dalam penerbangan internasional jarak dekat akan mendapat sajian teh, kopi, atau air mineral. Namun, penumpang juga tetap dapat membeli makanan langsung di pesawat.

Premium Economy Class

Penerbangan Premium Economy Class dari Virgin Australia menawarkan ruang kaki yang lebih luas dibandingkan maskapai asal Australia lainnya. Area tempat duduk dibuat lebih nyaman dengan jarak antara kursi sebesar 41 inci dan kursi yang bisa disandarkan hingga 9 inci. Penumpang juga dapat menikmati fasilitas hiburan berupa layar berukuran 10,6 inci, lengkap dengan headphone kedap suara. Agar penumpang tetap dapat menggunakan perangkat elektroniknya, Virgin Australia juga menyediakan fasilitas stopkontak dan porta USB di setiap kursi. Tidak hanya itu, penumpang Premium Economy Class juga mendapatkan akses khusus untuk menggunakan fasilitas check-in yang eksklusif.

Makanan di Pesawat

Penumpang akan mendapat sajian berupa champagne cocktail dan canape bahkan sebelum pesawat lepas landas. Makanan juga akan dihidangkan di atas peralatan makan yang mewah, lengkap dengan pilihan wine, minuman beralkohol, kopi Nespresso, serta teh Madame Flavour yang menyegarkan.

Business Class

Penumpang Business Class dalam penerbangan Virgin Australia akan mendapatkan prioritas saat check-in dan naik ke pesawat, serta akses khusus ke dalam ruang tunggu bandara. Sementara itu, di dalam kabin Business Class, kursi penumpang dapat disandarkan menjadi kasur datar sepanjang 203 cm. Setiap kursi juga dilengkapi dengan fasilitas layar LCD berukuran 16 inci, stopkontak, dan porta USB. Khusus untuk penumpang dalam penerbangan jarak jauh, mereka dapat menikmati kursi dan layar LCD dengan ukuran yang lebih besar. Tidak hanya itu, Virgin Australia juga akan menyediakan bantal dan selimut, serta perlengkapan penerbangan berupa produk perawatan wajah dan kosmetik, untuk penumpangnya dalam penerbangan yang berdurasi lebih dari tiga jam.

Makanan di Pesawat

Virgin Australia menyediakan layanan makanan yang menawarkan beragam pilihan makanan gourmet dan wine. Penumpang dalam penerbangan jarak dekat juga akan mendapat pilihan sajian makanan utama, salada, makanan penutup, serta beragam pilihan minuman yang menyegarkan.

Layanan Khusus Virgin Australia

Velocity Frequent Flyer

Sebagai bentuk apresiasi terhadap penumpang setianya, Virgin Australia menawarkan program frequent flyer bernama Velocity Frequent Flyer. Program ini memiliki tiga tingkat keanggotaan, mulai dari Silver, Gold, hingga Platinum. Setiap tingkatan memiliki keuntungannya tersendiri, seperti akses ke dalam ruang tunggu bandara, serta prioritas saat pemesanan tiket dan check-in. Anggota Velocity Frequent Flyer bisa mendapatkan dengan melakukan penerbangan bersama Virgin Australia atau maskapai rekanan lainnya. Selain itu, poin juga bisa didapatkan dengan menginap di hotel atau menggunakan kartu kredit yang bekerjasama dengan Virgin Australia. Poin yang terkumpul kemudian dapat ditukarkan dengan paket liburan gratis, voucher menginap di hotel, merchandise, atau hadiah menarik lainnya. Setiap penumpang Virgin Australia dapat dengan mudah mendaftarkan dirinya menjadi anggota Velocity Frequent Flyer melalui situs resmi Virgin Australia.

Ruang Tunggu Bandara

Ruanggu tunggu Virgin Australia di bandara menawarkan beragam fasilitas berkualitas, yang dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhan penumpang. Penumpang dapat terus memantau jadwal keberangkatan mereka melalui layar yang tersedia di dalam ruang tunggu ini. Sementara itu, sambil menunggu waktu keberangkatan, penumpang dapat bersantai sambil menikmati secangkir kopi, atau menikmati makan siang prasmanan. Penumpang juga dapat melanjutkan pekerjaan dengan memanfaatkan koneksi WiFi yang tersedia, atau mengadakan pertemuan di ruang tertutup dengan kapasitas hingga tujuh orang. Tak hanya itu, tersedia juga beragam majalah dan koran sehingga penumpang dapat mengetahui berita-berita terbaru dunia. Fasilitas kamar mandi juga tersedia, masing-masing lengkap dengan handuk dan perlengkapan lainnya seperti produk perawatan kulit dan kosmetik.

Armada Virgin Australia

Airbus A330-200
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business

Tata kursi:

  • 2-4-2 (Economy)
  • 1-2-1 (Business)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Economy)
  • 80 inci (Business)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Boeing B737-700
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business

Tata kursi:

  • 3-3 (Economy)
  • 2-2 (Business)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Economy)
  • 37 inci (Business)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tidak Tersedia

Boeing B777
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Premium Economy
  • Business

Tata kursi:

  • 3-3-3 (Economy)
  • 2-4-2 (Premium Economy)
  • 1-2-1 (Business)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Economy)
  • 41 inci (Premium Economy)
  • 80 inci (Business)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Kru Pesawat Virgin Australia

Seragam Pramugari Virgin Australia

Seragam pramugari Virgin Australia didominasi oleh warna merah, yang terdiri dari terusan selutut yang pas dengan badan, serta syal berwarna ungu dan ikat pinggang berwarna hitam untuk melengkapi penampilan. Sementara itu, para pramugara mengenakan setelan jas yang terdiri dari luaran berupa jas atau vest, serta kemeja putih sebagai dalaman. Setelan jas ini dipadukan oleh dasi dengan warna yang senada dengan syal pramugari. Seragam ini dirancang untuk menciptakan kesan yang elegan dan profesional, tanpa mengurangi mobilitas pramugari dan pramugara dalam memberikan layanan terbaik bagi para penumpang.


Kebijakan Bagasi Virgin Australia

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Domestik

Economy Class

Maks. 7 kg (1 tas tangan + 1 barang pribadi)

Maks. 23 kg (Dimensi: maks. 140 cm)

Business Class

Maks. 32 kg (Dimensi: maks. 140 cm)

Semua penerbangan tujuan Asia Tenggara

Economy Class

Maks. 23 kg (Dimensi: maks. 140 cm)

Premium Economy Class

2 buah (maks. 23 kg/buah) (Dimensi: maks. 140 cm)

Business Class

2 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 140 cm)

Semua penerbangan tujuan Eropa

Economy Class

2 buah (maks. 23 kg/buah) (Dimensi: maks. 140 cm)

Premium Economy Class

2 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 140 cm)

Business Class

Kebijakan Penumpang Virgin Australia

Kebijakan Penumpang Bayi
  • Penumpang bayi harus didampingi oleh orangtua berusia setidaknya 13 tahun, atau penumpang dewasa berusia setidaknya 15 tahun.
  • Setiap penumpang dewasa hanya diperbolehkan membawa satu bayi.
  • Penumpang bayi dalam penerbangan domestik tidak akan dipungut tarif selama tidak menempati kursi sendiri. Namun, penumpang dapat membeli kursi untuk bayi tersebut agar merasa lebih nyaman.
  • Penumpang bayi yang menempati kursi sendiri harus menggunakan kursi pengaman khusus bayi.
  • Penumpang bayi dalam penerbangan internasional akan dikenakan tarif 10% dari harga tiket dewasa, meskipun tidak menempati kursi sendiri. Namun, penumpang dapat membeli kursi untuk bayi dengan tarif 75% dari harga tiket dewasa.
  • Virgin Australia menyediakan keranjang bayi untuk bayi dengan berat di bawah 18 kg. Fasilitas ini tersedia di semua penerbangan jarak jauh dan penerbangan domestik yang menggunakan pesawat A330.
  • Keranjang bayi tersedia dalam jumlah yang terbatas. Karena itu, penumpang harus memesan fasilitas ini ketika melakukan pemesanan tiket.
  • Penumpang haru memiliki kelengkapan dokumen perjalanan yang sama dengan penumpang dewasa, seperti paspor dan visa.
  • Penumpang yang membawa bayi harus melakukan check-in setidaknya 60 menit sebelum keberangkatan penerbangan domestik, atau dua jam sebelum keberangkatan penerbangan internasional.
  • Penumpang diperbolehkan membawa kelengkapan bayi sebagai bagasi terdaftar, tanpa biaya tambahan. Kelengkapan bayi ini mencakup kereta bayi, keranjang bayi, atau kursi pengaman khusus bayi.
  • Penumpang yang membawa bayi mendapatkan kapasitas bagasi tambahan sebesar 7 kg, tanpa biaya tambahan, yang dapat digunakan membawa perlengkapan khusus bayi.
Kebijakan Penumpang Anak
  • Penumpang bayi harus didampingi oleh orangtua berusia setidaknya 13 tahun, atau penumpang dewasa berusia setidaknya 15 tahun.
  • Setiap penumpang dewasa hanya diperbolehkan membawa satu bayi.
  • Penumpang bayi dalam penerbangan domestik tidak akan dipungut tarif selama tidak menempati kursi sendiri. Namun, penumpang dapat membeli kursi untuk bayi tersebut agar merasa lebih nyaman.
  • Penumpang bayi yang menempati kursi sendiri harus menggunakan kursi pengaman khusus bayi.
  • Penumpang bayi dalam penerbangan internasional akan dikenakan tarif 10% dari harga tiket dewasa, meskipun tidak menempati kursi sendiri. Namun, penumpang dapat membeli kursi untuk bayi dengan tarif 75% dari harga tiket dewasa.
  • Virgin Australia menyediakan keranjang bayi untuk bayi dengan berat di bawah 18 kg. Fasilitas ini tersedia di semua penerbangan jarak jauh dan penerbangan domestik yang menggunakan pesawat A330.
  • Keranjang bayi tersedia dalam jumlah yang terbatas. Karena itu, penumpang harus memesan fasilitas ini ketika melakukan pemesanan tiket.
  • Penumpang haru memiliki kelengkapan dokumen perjalanan yang sama dengan penumpang dewasa, seperti paspor dan visa.
  • Penumpang yang membawa bayi harus melakukan check-in setidaknya 60 menit sebelum keberangkatan penerbangan domestik, atau dua jam sebelum keberangkatan penerbangan internasional.
  • Penumpang diperbolehkan membawa kelengkapan bayi sebagai bagasi terdaftar, tanpa biaya tambahan. Kelengkapan bayi ini mencakup kereta bayi, keranjang bayi, atau kursi pengaman khusus bayi.
  • Penumpang yang membawa bayi mendapatkan kapasitas bagasi tambahan sebesar 7 kg, tanpa biaya tambahan, yang dapat digunakan membawa perlengkapan khusus bayi.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang dengan usia kehamilan 28 minggu atau lebih harus membawa surat keterangan dari dokter atau bidan. Surat tersebut tidak boleh diterbitkan lebih dari 10 hari sebelum keberangkatan, dan harus menyatakan perkiraan tanggal kelahiran, kehamilan tunggal atau kembar, tidak adanya komplikasi, serta bahwa penumpang berada dalam keadaan sehat untuk berada dalam penerbangan.
  • Penumpang hamil dengan sejarah komplikasi harus mendapatkan izin khusus.
  • Penumpang dengan kehamilan tunggal berusia lebih dari 36 minggu, atau kehamilan kembar berusia lebih dari 32 minggu, tidak diperbolehkan dalam penerbangan berdurasi lebih dari empat jam.
  • Penumpang dengan kehamilan tunggal berusia lebih dari 40 minggu, kehamilan kembar berusia lebih dari 36 minggu, atau baru saja melahirkan kurang dari 48 jam sebelumnya, tidak diperbolehkan berada dalam penerbangan.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Penumpang dengan disabilitas harus melakukan pemesanan tiket selambat-lambatnya 24 jam sebelum keberangkatan dan harus mengisi formulir Layanan Khusus.
  • Penumpang dengan disabilitas mencakup penumpang yang membutuhkan kursi roda atau layanan pendampingan khusus lainnya.
  • Penumpang dalam penerbangan dengan keberangkatan kurang dari 24 jam harus melakukan pembelian tiket melalui contact center Virgin Australia.
  • Pihak maskapai berhak menolak mengangkut penumpang yang tidak menginformasikan kondisinya sebelum keberangkatan.
  • Penumpang dengan disabilitas harus melakukan check-in selambat-lambatnya 60 menit sebelum keberangkatan penerbangan domestik, atau dua jam sebelum keberangkatan penerbangan internasional.
  • Penumpang dengan disabilitas harus melakukan check-in langsung di konter check-in bandara.

Kebijakan Check-in Virgin Australia

Waktu Check-in Virgin Australia

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Virgin Australia dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Virgin Australia. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

45 menit sebelum keberangkatan

30 menit sebelum keberangkatan

Internasional

1 jam sebelum keberangkatan

45 menit sebelum keberangkatan

Check-in Virgin Australia Online

Check-in online untuk penerbangan Virgin Australia dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Virgin Australia
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Virgin Australia

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Virgin Australia untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Virgin Australia

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Virgin Australia untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Virgin Australia.


 

Tentang Virgin Australia

Virgin Australia (kode IATA: VA) adalah maskapai penerbangan yang didirikan pada 2000 sebagai salah satu anak perusahaan Virgin Australia Holdings, yang dulunya dikenal dengan nama Virgin Blue Airlines. Virgin Australia kini dikenal sebagai maskapai terbesar kedua di Australia karena tarifnya yang terjangkau dan layanannya yang berkualitas. Dengan kantor pusat di Bowen Hills, Brisbane, Queensland, Virgin Australia mengoperasikan penerbangannya dari lima bandara penghubung utama, yaitu Brisbane Airport, Melbourne Airport, Sydney Airport, Auckland Airport, dan Christchurch Airport. Mengusung slogan “Now You’re Flying”, Virgin Australia telah berhasil meraih beragam penghargaan, baik pada tingkat lokal maupun internasional. Sejak dinamakan sebagai Best Low-cost Airline in the Asia/Pacific Region oleh Skytrax pada 2002, Virgin Australia juga dianggap sebagai maskapai terbaik dalam berbagai kategori. Maskapai ini beserta kru dan pegawainya berhasil memenangkan lima Service Excellence Awards pada 2009, yang diberikan oleh Customer Service Institute of Australia. Program frequent flyer Virgin Australia, yang dikenal dengan nama Velocity Frequent Flyer, juga berhasil memenangkan lima penghargaan pada ajang Freddie Awards 2009, yang merupakan penghargaan paling bergengsi dalam industri wisata. Kelima penghargaan ini adalah Best Frequent Flyer Program, Best Award Redemption, Best Affinity Credit Card, Best Member Communications, dan Best Website. Tidak hanya itu, menurut survei yang dilakukan Randstad pada 2015, Virgin Australia merupakaan perusahaan yang paling diminati oleh para pencari kerja. Dalam usahanya memberikan pelayanan yang terbaik bagi penumpangnya, Virgin Australia menawarkan tiga kelas penerbangan, mulai dari Economy Class, Premium Economy Class, hingga Business Class. Setiap penumpang dapat menikmati fasilitas hiburan nirkabel untuk membuat penerbangan terasa lebih menyenangkan. Penumpang dalam penerbangan jarak jauh juga dapat memanfaatkan fasilitas stopkontak dan porta USB yang tersedia di setiap kursi. Virgin Australia juga memberikan kapasitas bagasi kabin sebesar 7 kg untuk semua penumpangnya. Tidak hanya itu, penumpang dalam penerbangan jarak jauh juga dapat membawa dua bagasi terdaftar, dengan berat maksimum 23 kg per bagasi (Economy Class), atau 32 kg per bagasi (Premium Economy dan Business Class). Penumpang dengan tujuan penerbangan domestik harus melakukan check-in di konter bandara selambat-lambatnya 30 menit sebelum keberangkatan. Sementara itu, penumpang dengan tujuan penerbangan internasional harus melakukan check-in selambat-lambatnya 60 menit sebelum keberangkatan. Sebagai alternatif, penumpang juga dapat melakukan check-in melalui kios check-in mandiri di bandara, atau layanan check-in online melalui situs resmi Virgin Australia. Check-in secara online untuk penerbangan domestik dapat dilakukan dari 48 jam hingga 45 menit sebelum keberangkatan, atau dari 24 jam hingga 90 menit sebelum keberangkatan untuk penerbangan internasional. Sebagai bentuk penghargaan atas penumpang setianya, Virgin Australia juga menawarkan program frequent flyer bernama Velocity Frequent Flyer. Setiap penumpang Virgin Australia dapat dengan mudah mendaftarkan dirinya menjadi anggota Velocity Frequent Flyer melalui situs resmi Virgin Australia. Program ini memiliki tiga tingkat keanggotaan, mulai dari Silver, Gold, hingga Platinum. Anggota Velocity Frequent Flyer bisa mendapatkan dengan melakukan penerbangan bersama Virgin Australia atau maskapai rekanan lainnya. Selain itu, poin juga bisa didapatkan dengan menginap di hotel atau menggunakan kartu kredit yang bekerjasama dengan Virgin Australia. Poin yang terkumpul kemudian dapat ditukarkan dengan paket liburan gratis, voucher menginap di hotel, merchandise, atau hadiah menarik lainnya.

Sejarah Virgin Australia

Virgin Australia memulai operasinya tidak lama setelah didirikan pada Agustus 2000. Penerbangan pertamanya dilakukan pada 13 Agustus 2000, dengan rute dari Brisbane menuju Sydney. Pada masa itu, Virgin Australia hanya memiliki 200 kru dan dua pesawat, yang digunakan untuk melayani satu rute penerbangan sebanyak tujuh kali setiap harinya. Pada 2001, maskapai asal Australia bernama Ansett Australia dibubarkan. Hal ini memungkinkan Virgin Australia untuk tumbuh secara pesat menjadi salah satu maskapai domestik terbaik di Australia. Hanya dibutuhkan waktu satu tahun untuk Virgin Australia mencapai angka satu juta penumpang. Maskapai ini juga memperkenalkan 14 rute penerbangan baru pada tahun yang sama. Virgin Airlines terus memperluas jangkauannya pada 2002, ketika maskapai memperkenalkan sembilan rute penerbangan baru. Penambahan rute ini membuat Virgin Australia menambah jumlah armadanya. Virgin Australia akhirnya memutuskan untuk mengganti armada Boeing 737-400 dengan pesawat tipe Boeing 737-300 dan 737-800 yang lebih baru, dengan efisiensi bahan bakal yang lebih tinggi. Pada 2004, Virgin Australia memperkenalkan maskapai Pacific Blue yang menawarkan penerbangan tarif rendah yang menghubungkan Australia dan New Zealand. Dengan kantor pusat di New Zealan, Pacific Blue ingin memposisikan dirinya untuk bersaing dengan Air New Zealand dan Qantas. Satu tahun kemudian, Pacific Blue juga mulai mengoperasikan penerbangan untuk Polynesian Blue, sebagai bentuk kerja sama dengan pemerintah Samoa. Penerbangan perdana Polynesian Blue dilakukan pada 30 Oktober 2005, dengan rute dari Auckland menuju Apia. Masih pada 2005, Virgin Australia mengoperasikan armadanya yang ke-50, meluncurkan program frequent flyer bernama Velocity Rewards, serta menjadi maskapai asal Australia pertama yang memiliki layanan check-in online. Pada 2007, diumumkan bahwa Virgin Australia akan mendirikan maskapai untuk melayani penerbangan internasional jarak jauh, dengan nama V Australia. Maskapai ini direncanakan untuk mengoperasikan hingga tujuh penerbangan setiap minggunya ke Amerika Serikat melalui Los Angeles International Airport atau San Francisco International Airport. Pada masa itu, hanya Qantas dan United Airlines yang melayani penerbangan dengan rute Australia–Amerika Serikat. V Australia akhirnya meluncurkan rute penerbangan Sydney–Los Angeles pada 2009, dan selanjutnya dari Melbourne dan Brisbane. Pada 2010, Skytrax, perusahaan asal Inggris yang secara rutin melakukan survei dalam industri penerbangan, memberikan penghargaan Best Low-cost Airline in Asia-Pacific pada Virgin Australia. Pada tahun yang sama, Virgin Australia juga bekerjasama dengan Etihad Airways untuk membuka rute penerbangan baru dari Sydney ke Abu Dhabi. Pada 2012, maskapai ini mendirikan ruang tunggu bandaranya dan meluncurkan layanan Business Class. Sementara itu, layanan Premium Economy Class mulai diperkenalkan pada 2014. Kini, Virgin Australia menawarkan tiga tipe kelas penerbangan pada semua armadanya, yang berjumlah 115 pesawat. Hingga Juli 2017, Virgin Australia melayani penerbangan ke 52 destinasi, yang terdiri dari 33 tujuan domestik di Australia dan 19 tujuan internasional di 14 negara.

Kontak Virgin Australia

+61 7 3295 2296

Alamat Virgin Australia

Virgin Australia
56 Edmondstone Road Bowen Hills Qld 4006 Australia

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top
?
Perlu Bantuan?