peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya
 
Asiana Airlines: Pengantar

Asiana Airlines merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, dan merupakan salah satu maskapai anggota Star Alliance. Didirikan sejak 1988, kini Asiana Airlines melayani penerbangan ke 10 kota di Korea dan 65 kota di 23 negara, dengan rute wilayah Asia yang mencakup kota-kota utama di Republik Rakyat Cinta, Jepang, Asia Tenggara, dan Asia Tengah. Menawarkan enam kelas penerbangan mulai dari Economy Class hingga First Suite Class, Asiana Airlines juga dikenal sebagai salah satu maskapai terbaik menurut Skytrax.


Pemesanan & E-tiket Asiana Airlines

Cari dan pesan tiket pesawat Asiana Airlines Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Asiana Airlines secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Asiana Airlines Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Asiana Airlines Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Asiana Airlines

E-tiket Asiana Airlines dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Asiana Airlines Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Asiana Airlines di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating Asiana Airlines

dari 395 review

Standar layanan: Full Service

Kelas Penerbangan Asiana Airlines

Economy Class

Penumpang Economy Class dapat menikmati beragam fasilitas hiburan selama penerbangan, mulai dari film, serial TV, musik, hingga permainan. Selain itu, setiap kursi di kabin Economy Class dilengkapi dengan stopkontak berdaya 110V yang dapat digunakan penumpang untuk mengisi daya baterai perangkat elektronik mereka. Asiana Airlines juga menyediakan layanan komunikasi di beberapa penerbangan, yang memungkinkan penumpang untuk menggunakan telepon satelit, mengirim SMS, dan mengirim email, dengan biaya sekitar USD 1,33 hingga USD 2.

Makanan di Pesawat

Penumpang akan mendapatkan layanan hidangan yang sudah memenangkan beberapa penghargaan, dengan hidangan khas Korea sebagai menu andalannya. Hidangan segar juga tersedia pada penerbangan dari Cina, Jepang, dan beberapa negara lainnya di Asia.

Economy Smartium Class

Satu tingkat di atas Economy Class, kursi di Economy Smartium Class menawarkan kenyamanan lebih dengan ruang kaki yang lebih luas sebanyak empat inci. Terletak tepat di belakang kabin Business Class, penumpang Economy Smartium Class dapat mencapai tempat duduknya dengan mudah pada saat naik ke pesawat. Penumpang juga akan mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas di atas tempat duduk mereka, yang dapat digunakan untuk menyimpan barang bagasi kabin. Selain itu, setiap kursi juga dilengkapi dengan stopkontak dan porta USB untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Makanan di Pesawat

Salah satu menu yang disajikan di Economy Smartium Class adalah Yeongyang Ssambap, yang terdiri dari sayuran segar, kacang-kacangan, saus, dan sederet bahan khas Korea. Beragam Travel Meal lainnya pun bisa tersedia untuk memuaskan selera setiap penumpang.

Business Class

Asiana Airlines menyediakan layanan premium bagi penumpangnya yang terbang dalam Business Class, bahkan sebelum mereka tiba di bandara. Penumpang Business Class dapat menikmati layanan antar jemput ke bandara dan akses ke dalam ruang tunggu Asiana Airlines di bandara. Sementara di dalam kabin, setiap kursi Business Class dapat disandarkan hingga merata untuk menjadi tempat tidur, memungkinkan penumpang untuk beristirahat secara nyaman selama penerbangan. Selain memiliki ruang kaki yang lebih luas, kursi di kabin Business Class juga dirancang untuk memberikan privasi lebih bagi para penumpang. Tak hanya itu, Asiana Airlines juga menyediakan fasilitas seperti stopkontak, fasilitas hiburan dalam penerbangan, serta layanan berbayar jika penumpang ingin menggunakan telepon, mengirim SMS, atau email.

Makanan di Pesawat

Hidangan yang disajikan dalam kabin Business Class cukup beragam, mulai dari hidangan khas Korea, menu barat, hingga beragam pilihan kopi, teh, dan minuman anggur. Menu masakan barat disajikan langsung oleh La Cucina, salah satu restoran Italia terbaik di Korea.

Business Smartium Class

Dengan tata kursi yang memberikan akses langsung menuju lorong pesawat, penumpang Business Smartium Class memiliki ruang yang lebih leluasa di dalam kabin. Setiap kursi juga bisa diubah menjadi kasur datar, lengkap dengan sistem Audio Video on Demand (AVOD) sebagai fasilitas hiburan selama penerbangan. Penumpang dapat menikmati beragam pilihan film, musik, dan permainan. Tidak hanya itu, setiap kursi juga dilengkapi dengan stopkontak yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai laptop atau alat elektronik lainnya, sehingga penumpang dapat memanfaatkan waktunya dalam penerbangan untuk bekerja tanpa khawatir akan kehabisan baterai.

Makanan di Pesawat

Asiana Airlines menawarkan layanan makanan yang unik, melalui menu khas Korea dan masakan khas barat yang berkualitas. Penumpang akan disajikan sampanye terbaik, serta minuman anggur dari Prancis, Amerika, dan Jerman.

First Class

Kabin First Class dari Asiana Airlines menawarkan kursi selebar 81 inci yang dapat disandarkan hingga rata 180 derajat. Sepanjang penerbangan, penumpang juga dapat menikmati beragam fasilitas seperti stopkontak, fasilitas hiburan, sistem pengaturan kursi otomatis, serta layanan berbayar jika penumpang ingin menggunakan telepon, mengirim SMS, atau email. Penumpang First Class juga akan mendapatkan layanan antar jemput ke bandara, baik sebelum keberangkatan atau saat tiba di tujuan. Tidak hanya itu, penumpang First Class juga mendapatkan akses menuju ruang tunggu Asiana Airlines di bandara.

Makanan di Pesawat

Asiana Airlines bekerjasama dengan salah satu restoran terbaik di Korea Selatan untuk menyediakan Korean Royal Court Cuisine untuk penumpang First Class. Menggunakan bahan-bahan dari delapan provinsi di Korea, penumpang akan dapat menikmati hidangan tradisional Korea dengan kualitas terbaik.

First Suite Class

Setiap kursi di First Suite Class dapat diubah menjadi kasur datar sepanjang 210 cm, lengkap dengan layar pribadi resolusi HD terbesar di dunia, berukuran 32 inci. Privasi penumpang pun terjamin dengan adanya sepasang pintu geser di setiap kursi. Asiana Airlines merupakan maskapai pertama di Korea yang memberikan fasilitas ini. Selain itu, setiap kursi juga dilengkapi dengan mini bar sehingga penumpang dapat menyimpan minuman favorit mereka. Tak ketinggalan adanya LCD Seat Function Control Unit, yang memungkinkan penumpang untuk mengontrol segala fungsi kursi hanya melalui satu layar sentuh.

Makanan di Pesawat

Hidangan yang disajikan di First Suite Class disiapkan langsung oleh tim koki profesional. Setiap menu dipilih berdasarkan pertimbangan rasa dan nutrisi, memberikan pengalaman makan yang berkualitas di atas udara.

Layanan Khusus Asiana Airlines

Asiana Club

Sebagai bentuk penghargaan bagi para penumpang setianya, Asiana Airlines menawarkan sebuah program frequent flyer bernama Asiana Club. Untuk menjadi anggota Asiana Club, penumpang hanya perlu mendaftarkan dirinya melalui situs Asiana Airlines atau dengan mengisi formulir yang tersedia di seluruh kantor cabang Asiana Airlines. Penumpang dapat menghasilkan poin setiap kali mereka melakukan penerbangan bersama Asiana Airlines atau maskapai lainnya yang merupakan anggota Star Alliance. Poin yang terkumpul kemudian dapat ditukarkan dengan berbagai keuntungan, seperti tiket pesawat gratis untuk terbang bersama Asiana Airlines atau maskapai rekanan lainnya.

Asiana Lounge

Asiana Airlines menyediakan ruang tunggu di bandara sehingga penumpangnya dapat bersantai sambil menunggu waktu keberangkatan mereka. Mulai dari fasilitas hiburan hingga kuliner, ruang tunggu ini memastikan setiap penumpang akan memiliki pengalaman terbang yang tidak terlupakan bahkan sebelum mereka naik ke pesawat. Ruang tunggu Asiana Airlines hanya tersedia bagi penumpang Business Class ke atas. Selain itu, penumpang juga bisa mendapatkan akses ke dalam ruang tunggu maskapai Star Alliance lainnya dengan menukarkan poin frequent flyer mereka.

Armada Asiana Airlines

Airbus A380-800
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business
  • First

Tata kursi:

  • 3-4-3 (Economy)
  • 1-2-1 (Business)
  • 1-2-1 (First)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Economy)
  • 74.5 inci (Business)
  • 83 inci (First)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Boeing 747-400
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business
  • First

Tata kursi:

  • 3-4-3 (Economy)
  • 2-3-2 (Business)
  • 1-2-1 (First)

Jarak antar kursi:

  • 33 inci (Economy)
  • 59 inci (Business)
  • 78 inci (First)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Kru Pesawat Asiana Airlines

Seragam Pramugari Asiana Airlines

Seragam pramugari Asiana Airlines cenderung terlihat sederhana, namun tetap elegan. Seragam ini terdiri dari tiga bagian, yaitu blazer berwarna abu-abu, atasan berkerah tinggi, serta rok berwarna coklat. Blazer yang dikenakan dilengkapi dengan logo Asiana Airlines di bagian kanan, tiga kancing, dan dua kantong di bagian bawah. Di balik blazer ini, pramugari mengenakan atasan kerah tinggi berwarna cokelat, dengan aksen warna biru, kuning, merah, dan putih. Sementara itu untuk bawahan, pramugari mengenakan rok dengan warna cokelat yang senada, yang dipasangkan dengan sepatu hak tinggi berwarna hitam. Sebagai aksesoris, pramugari Asiana Airlines juga mengenakan topi berwarna abu-abu yang dilengkapi dengan logo maskapai.


Kebijakan Bagasi Asiana Airlines

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Semua rute

Economy Class

Maks. 10 kg (Dimensi: maks. 115 cm)

Maks. 23 kg (Dimensi: maks. 158 cm)

Business Class

2 buah (maks. 10 kg/buah) (Dimensi: maks. 115 cm)

2 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 158 cm)

First Class

3 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 158 cm)

Semua penerbangan tujuan Amerika

Economy Class

Maks. 10 kg (Dimensi: maks. 115 cm)

Maks. 23 kg (Dimensi: maks. 158 cm)

Business Class

2 buah (maks. 10 kg/buah) (Dimensi: maks. 115 cm)

2 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 158 cm)

First Class

3 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 158 cm)

Kebijakan Penumpang Asiana Airlines

Kebijakan Penumpang Bayi (0–2 Tahun)
  • Wanita yang bepergian sendiri dan membawa bayi akan mendapatkan layanan khusus bernama Happy Mom Service, yang mencakup prioritas saat check-in dan naik ke pesawat. Layanan ini ditujukan untuk memastikan ibu dan bayi bisa melakukan perjalanan dengan nyaman. Selain itu, penumpang juga akan mendapatkan kapasitas bagasi tambahan sebesar 10 kg untuk membawa kereta bayi (stroller).
  • Bayi berusia kurang dari satu minggu tidak disarakan untuk melakukan penerbangan. Penumpang bayi yang harus melakukan perjalanan wajib mendapatkan surat izin medis.
  • Asiana Airlines menyediakan makanan khusus bayi, yang harus dipesan selambat-lambatnya 24 jam sebelum keberangkatan.
Kebijakan Penumpang Anak (2–12 Tahun)
  • Asiana Airlines menyediakan layanan Unaccompanied Minors (UM) bagi penumpang anak yang bepergian tanpa pendamping. Layanan ini tersedia untuk anak berusia 5–11 tahun (penerbangan internasional) atau 5–12 tahun (penerbangan domestik di Korea).
  • Untuk memastikan keamanan Unaccompanied Minors (UM), layanan ini mencakup pendampingan dan bimbingan selama penerbangan, melalui imigrasi, pengambilan bagasi, hingga anak diantarkan ke penjemput di bandara tujuan.
  • Penumpang yang ingin menggunakan layanan Unaccompanied Minors (UM) harus menghubungi Asiana Airlines Reservation Center setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Layanan Unaccompanied Minors (UM) bisa didapatkan secara gratis untuk penerbangan domestik di Korea, namun akan dikenakan biaya tambahan untuk penerbangan internasional.
  • Asiana Airlines juga menyediakan layanan Young Passenger Traveling Alone (YPTA) untuk penumpang berusia 12–17 tahun yang melakukan perjalanan tanpa pendamping, dengan biaya USD 150 per penerbangan.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang dengan usia kehamilan 32 minggu atau kurang diperbolehkan dalam penerbangan. Penumpang harus menyertakan surat kesehatan dari dokter, yang menyatakan penumpang berada dalam keadaan sehat untuk melakukan penerbangan.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 32–36 minggu harus menyertakan sertifikat medis asli beserta dua lembar salinannya. Sertifikat medis harus diterbitkan tidak lebih dari tujuh hari sebelum penerbangan.
  • Penumpang dengan usia kehamilan tunggal lebih dari 36 minggu, atau usia kehamilan kembar 32 minggu, harus menyertakan sertifikat medis asli beserta dua lembar salinannya. Sertifikat medis harus diterbitkan tidak lebih dari tiga hari sebelum penerbangan.
  • Penumpang dengan usia kehamilan tunggal lebih dari 36 minggu, atau usia kehamilan kembar 32 minggu, harus terbang dengan ditemani seorang pendamping.
  • Penumpang dengan perkiraan tanggal persalinan kurang dari 14 hari tidak diperbolehkan dalam penerbangan.
  • Penumpang hamil akan mendapatkan prioritas saat naik ke pesawat dan prioritas bagasi saat tiba di tujuan.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Asiana Airlines menyediakan beragam layanan untuk penumpang yang tidak dapat berpergian sendiri karena kondisi fisik atau kesehatannya. Kondisi ini mencakup gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, atau penumpang yang menggunakan kursi roda.
  • Layanan untuk penumpang dengan disabilitas mencakup pendampingan saat naik ke pesawat, melalui imigrasi, dan hingga penumpang bertemu dengan pihak penjemput di bandara tujuan.
  • Penumpang dengan keterbatasan gerak yang disebabkan karena penyakit, cedera, atau faktor usia akan mendapatkan layanan kursi roda, serta pendampingan saat naik ke pesawat dan persiapan keberangkatan lainnya.
  • Semua pesawat Asiana Airlines sudah dilengkapi dengan kursi roda.
  • Penumpang dengan gangguan penglihatan diperbolehkan untuk membawa anjing pendamping (service dog) tanpa dikenakan biaya tambahan.

Kebijakan Check-in Asiana Airlines

Waktu Check-in Asiana Airlines

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Asiana Airlines dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Asiana Airlines. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

1 jam sebelum keberangkatan

20 menit sebelum keberangkatan

Internasional

2 jam sebelum keberangkatan

1 jam sebelum keberangkatan

Check-in Asiana Airlines Online

Check-in online untuk penerbangan Asiana Airlines dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Asiana Airlines
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Asiana Airlines

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Asiana Airlines untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Asiana Airlines

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Asiana Airlines untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Asiana Airlines.


 

Tentang Asiana Airlines

Asiana Airlines (kode IATA: OZ) merupakan sebuah maskapai yang berbasis di Seoul, Korea Selatan. Maskapai ini juga merupakan salah satu Anggota Star Alliance, aliansi maskapai terbesar di dunia. Asiana Airlines memiliki kantor pusat di Bandara Internasional Incheon , yang juga berfungsi sebagai bandara penghubung utama untuk penerbangan internasionalnya. Selain itu, Asiana Airlines juga menggunakan Bandara Internasional Gimpo sebagai bandara penghubung utama untuk penerbangan domestiknya. Maskapai yang telah mendapatkan penilaian lima bintang dan Best Economy Class Airline oleh Skytrax ini melayani penerbangan ke 11 rute domestik di Korea dan 79 rute internasional, serta 23 rute penerbangan kargo internasional. Rute penerbangan Asiana Airlines mencakup 10 kota di Korea, 65 kota di 23 negara, dan 25 kota di 11 negara untuk layanan pengiriman kargonya. Semua kelas penerbangan Asiana Airlines telah dilengkapi dengan fasilitas hiburan, layanan makanan, stopkontak berdaya 110V, serta layanan berbayar jika penumpang ingin menggunakan telepon satelit, mengirim SMS, atau mengirim email. Dengan enam kelas penerbangan yang ditawarkan—mulai dari Economy Class, Economy Smartium Class, Business Class, Business Smartium Class, First Class, hingga First Suite Class—Asiana Airlines memberikan kebebasan bagi para penumpangnya untuk memilih tingkat kenyamanan sesuai kebutuhan. Penumpang yang menginginkan kenyamanan lebih dalam kabin Economy Class dapat memilih untuk terbang dalam Economy Smartium Class. Demikian pula halnya untuk kabin Business Class dan First Class. Penumpang yang memilih tingkatan kelas yang lebih tinggi daripada masing-masing kelas utama—Economy Class, Business Class, dan First Class—dapat menikmati layanan dan fasilitas yang lebih ekslusif. Layanan dan fasilitas ini mencakup LCD Seat Function Control Unit yang memungkinkan penumpang untuk mengontrol segala fungsi kursi hanya melalui satu layar sentuh di First Suite Class, tata kursi yang memberikan akses langsung menuju lorong pesawat dan sistem AVOD di Business Smartium Class, atau ruang kaki yang lebih luas di Economy Smartium Class. Pemilihan tingkatan kelas penerbangan juga berpengaruh pada kapasitas bagasi yang dapat dibawa penumpang. Penumpang Economy Class dan Economy Smartium Class dapat membawa dua bagasi terdaftar, dengan berat masing-masing tidak lebih dari 23 kg. Penumpang Business Class dan Business Smartium Class juga dapat membawa dua bagasi terdaftar, namun dengan berat maksimal masing-masing 32 kg. Sementara itu, penumpang First Class dan First Suite Class passengers dapat membawa dua bagasi terdaftar, dengan berat masing-masing tidak lebih dari 32 kg. Penumpang bayi juga mendapatkan kapasitas bagasi sebanyak satu bagasi terdaftar, dengan berat maksimal 23 kg, ditambah satu kapasitas untuk membawa kereta bayi (stroller), keranjang bayi, atau kursi khusus bayi (baby car seat). Sebelum naik ke pesawat, penumpang Asiana Airlines harus melakukan check-in dan mendapatkan boarding pass. Penumpang dapat melakukan check-in langsung di bandara, baik di konter check-in Asiana Airlines atau kios check-in mandiri. Penumpang dalam penerbangan domestik Korea harus melakukan check-in setidaknya 20 menit sebelum keberangkatan, sementara penumpang dalam penerbangan internasional harus melakukan check-in setidaknya 60 menit sebelum keberangkatan. Sebagai alternatif, penumpang juga dapat melakukan check-in secara online, mulai dari 48 jam hingga 30 menit sebelum keberangkatan penerbangan domestik, atau sejak 48 jam hingga 60 menit sebelum keberangkatan penerbangan internasional. Selain berbagai layanan dan fasilitas yang telah disebutkan di atas, Asiana Airlines juga menawarkan program frequent flyer bernama Asiana Club sebagai bentuk penghargaan bari para penumpang setianya. Penumpang dapat menghasilkan poin setiap kali mereka melakukan penerbangan bersama Asiana Airlines atau maskapai lainnya yang merupakan anggota Star Alliance. Poin yang terkumpul kemudian dapat ditukarkan dengan berbagai keuntungan, seperti tiket pesawat gratis untuk terbang bersama Asiana Airlines atau maskapai rekanan lainnya. Untuk menjadi anggota Asiana Club, penumpang hanya perlu mendaftarkan dirinya melalui situs Asiana Airlines atau dengan mengisi formulir yang tersedia di seluruh kantor cabang Asiana Airlines. Asiana Club memiliki lima tingkat keanggotaan, yaitu Silver, Gold, Diamond, Diamond Plus, dan Platinum, masing-masing dengan keuntungannya tersendiri.

Sejarah Asiana Airlines

Asiana Airlines didirikan oleh Kumho Asiana Group pada 17 Februari 1988. Maskapai ini mulai beroperasi pada Desember 1988 menggunakan armada pesawat Boeing 737 Classic, dengan rute penerbangan ke Busan dan Gwangju. Pada 1989, Asiana Airlines mulai membuka layanan penerbangan regular ke Jeju, Gwangju dan Daegu. Selanjutnya, Asiana Airlines juga mulai membuka layanan penerbangan internasional sewaan di tahun yang sama, dengan rute menuju Sendai di Jepang. Pada tahun 1990-an, Asiana Airlines mulai mengoperasikan penerbangan internasionalnya ke Tokyo, Nagoya, Sendai, dan Fukuoka. Pada masa itu, Asiana Airlines telah memilih sembilan armada pesawat tipe Boeing 747-700, 10 armada Boeing 767-300, dan delapan armada Boeing 737-400. Pada 1991, Asiana Airlines kembali melebarkan sayap rute penerbangan internasionalnya ke Bangkok, Singapura, Hong Kong, dan Taipei. Tidak hanya itu, Asiana Airlines juga membuka penerbangan transpasifiknya ke Los Angeles, yang mulai beroperasi pada Desember 1991 menggunakan armada pesawat Boeing 747-400 Combi. Pada 1993, Asiana Airlines memulai layanan penerbangannya ke Ho Chi Minh City di Vietnam. Maskapai ini terus melebarkan rutenya ke Wina, Brussels, dan Honolulu, yang mulai beroperasi pada pertengahan 1990-an. Asiana Airlines juga mulai berfokus untuk menjadi sebuah perusahaan yang ramah lingkungan sejak pertengahan 1990-an. Salah satu usaha yang dilakukan maskapai ini adalah dengan melarang kegiatan merorok dan penjualan rokok di dalam penerbangan pada 1995. Asiana Airlines bahkan berhasil dikenal sebagai perusahaan ramah lingkungan pertama dalam industri pelayanan oleh Kementrian Lingkungan negara Korea. Usaha Asiana Airlines lainnya dalam hal keramahan lingkungan adalah dengan menyusun sistem pengukuran dan pengurangan emisi, mengurangi polusi dari fasilitasnya di darat, dan bekerjasama dengan Rainforest Alliance untuk menyajikan kopi yang bijinya berasal dari pertanian yang mematuhi standar ramah lingkungan. Sejak tahun 2000-an, Asiana Airlines juga berfokus untuk mengembangkan layanan penerbangan jarak jauh dan pembaruan armadanya. Pada 2004, Asiana Airlines menambahkan pesawat Airbus tipe A330 and Boeing 777-200ER ke dalam armadanya dan memperluas rutenya ke dataran Cina. Hingga Juli 2017, armada Asiana Airlines mencapai jumlah 82 pesawat. Pada 28 Januari 2003, Asiana Airlines secara resmi menjadi anggota Star Alliance, aliansi maskapai terbesar di dunia. Hal ini memungkinkan Asiana Airlines untuk memperluas jaringannya dengan menambahkan rute penerbangan internasional. Saat ini, Asiana Airlines melayani 79 rute penerbangan internasional, yang mencakup 65 kota di 23 negara di wilayan Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Oceania. Hingga Desember 2013, maskapai ini mengoperasikan 90 penerbangan transpasifik setiap minggunya.

Kontak Asiana Airlines

62-21-572-1381

Alamat Asiana Airlines

Asiana Airlines
30th floor, Wisma-46 Kota Bni, Jl. Jend. Sudirman Kav. 1, Jakarta 10220

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top