peringatan
 
Citilink: Pengantar

Citilink (PT Citilink Indonesia) merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia. Maskapai ini berdiri pada 2001, sebagai Unit Bisnis Strategis (SBU) Garuda Indonesia untuk menyediakan alternatif layanan penerbangan bertarif rendah di Indonesia. Namun, sejak 30 Juli 2012 Citilink resmi beroperasi sebagai entitas bisnis yang terpisah dari Garuda Indonesia. Kini, Citilink dikenal sebagai salah satu maskapai penerbangan bertarif rendah terbaik di Indonesia.


Pemesanan & E-tiket Citilink

Cari dan pesan tiket pesawat Citilink Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Citilink secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Citilink Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Citilink Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Citilink

E-tiket Citilink dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Citilink Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Citilink di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating Citilink

dari 17 review

Standar Layanan: Full LCC

Kelas Penerbangan Citilink

Kelas Ekonomi

Citilink hanya menyediakan penerbangan dalam kelas ekonomi, namun dengan tipe kursi: Green Seat dan Regular Seat. Green Seat adalah kursi yang berada di baris 1–5, yang ditandai dengan pembungkus sandaran kepala berwarna hijau. Jika dibandingkan dengan Regular Seat, tempat duduk Green Seat memiliki ruang kaki yang lebih luas sehingga memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang. Setiap penumpang Kelas Ekonomi mendapatkan fasilitas bagasi gratis dengan berat maksimal 20 kilogram. Penumpang dapat melakukan check-in mulai dari dua jam hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan.

Makanan di Pesawat

Citilink tidak memberikan fasilitas makanan gratis selama penerbangan. Namun, penumpang dapat memesan makanan sebelum keberangkatan atau membelinya langsung di atas pesawat. Menu makanan yang ditawarkan Citilink cukup beragam, mulai dari ayam saus béchamel dan kentang, mi goreng ayam panggang dan sayuran, nasi goreng ayam panggang, nasi uduk ayam panggang, nasi ulam dengan empal, hingga spageti saus bolognaise.

Layanan Khusus Citilink

Citicyclink Community

Citicyclink Community merupakan sebuah komunitas penggemar olahraga sepeda yang dibentuk khusus untuk penumpang Citilink. Setiap penumpang Citilink bisa mendaftar menjadi anggota melalui situs resmi Citilink dan membayar keanggotaan sebesar Rp250.000. Keanggotaan berlaku selama setahun, di mana anggota akan mendapatkan berbagai keuntungan khusus, di antaranya adalah:

  • Tambahan kapasitas bagasi sebesar 20 kg untuk membawa sepeda;
  • Kartu anggota Citicyclink;
  • Diskon 10% untuk Citilink Cars dengan menggunakan kode promo khusus untuk anggota Citicyclink;
  • Diskon 10% untuk setiap pembelian di Citilink Store di PT Citilink Indonesia, lantai 14, Jl. S. Parman Kavling 72, Slipi, Jakarta Barat.

Armada Citilink

Airbus A320
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 3-3 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 29 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak:

Tidak Tersedia

Kru Pesawat Citilink

Seragam Pramugari Citilink

Saat pertama kali resmi beroperasi di Indonesia, pramugari Citilink mengenakan seragam yang cenderung bernuansa kasual dengan atasan kaus berkerah dan celana pendek. Namun pada 2011, Citilink mengadakan Kontes Desain Seragam Awak Kabin sebagai salah satu bagian dari strategi pembaruan citra Citilink. Desain yang menang pun digunakan sebagai seragam pramugari Citilink hingga saat ini. Dengan mempertahankan warna logo Citilink, seragam pramugari pun didominasi warna hijau gelap dengan aksen warna putih di beberapa bagian. Sementara itu, pramugara Citilink mengenakan seragam dalam bentuk kemeja motif garis-garis berwarna hijau.


Kebijakan Bagasi Citilink

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Semua rute

Kelas Ekonomi

Maks. 7 kg (Dimensi: 56 x 36 x 23 cm)

Maks. 20 kg

Kebijakan Penumpang Citilink

Kebijakan Penumpang Bayi
  • Bayi berusia kurang dari 3 minggu tidak diizinkan dalam penerbangan, kecuali jika ada surat tertulis resmi dari dokter dan setelah orang tua bayi tersebut menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas.
  • Bayi prematur akan digolongkan sebagai medical cases (MEDA) yang memerlukan penanganan atau pendampingan khusus.
  • Tarif penumpang bayi adalah sekitar 20% dari tarif penumpang dewasa dan tidak mendapatkan fasilitas bagasi.
  • Penumpang bayi harus didampingi oleh orang dewasa dalam pesawat, kelas penerbangan, dan rute penerbangan yang sama. Pendamping harus dapat bertanggung jawab penuh terhadap bayi tersebut.
  • Satu penumpang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.
  • Untuk alasan keselamatan, jumlah bayi tidak boleh melebihi 10% dari jumlah penumpang.
Kebijakan Penumpang Anak
  • Tarif penumpang anak sama dengan tarif penumpang dewasa.
  • Penumpang anak boleh melakukan penerbangan sendirian, dan akan dicatat sebagai unaccompanied minor.
  • Orang tua anak yang melakukan penerbangan sendirian harus menandatangani surat pernyataan di kantor Citilink atau bandara terdekat.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang yang sedang hamil diwajibkan melapor ke konter check-in, harus memiliki surat rekomendasi terbang dari dokter, dan mengisi surat pernyataan.
  • Penumpang yang sedang hamil harus mendandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban Terbatas Citilink pada saat check-in untuk membebaskan Citilink dari segala bentuk pertanggungjawaban.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 28 – 34 minggu harus menyerahkan surat keterangan dokter yang menyatakan usia kehamilan dan bahwa penumpang berada dalam kondisi sehat untuk terbang. Surat keterangan ini harus diterbitkan maksimum 30 hari sebelum keberangkatan, terhitung baik dari penerbangan pergi maupun pulang.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 35 minggu atau lebih tidak diizinkan dalam penerbangan.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Citilink hanya dapat mengangkut maksimal empat orang penumpang yang memiliki quadriplegia (tunadaksa) atau paraplegia (lumpuh pada bagian bawah tubuh) untuk setiap penerbangan, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Citilink tidak dapat mengangkut lebih dari dua penumpang dengan quadriplegia untuk setiap penerbangan.
    • Dalam keadaan tertentu, Citilink dapat mewajibkan penumpang untuk bepergian dengan pendamping atau paramedis.
  • Penumpang dengan penyakit atau kondisi medis tertentu harus menyerahkan surat keterangan medis di konter check-in untuk memastikan bahwa penumpang berada dalam keadaan sehat untuk terbang.
  • Demi keselamatan para penumpang lainnya, Citilink berhak untuk menolak penumpang yang menderita infeksi, penyakit menular, atau penyakit kronis dalam penerbangan. Citilink berhak menolak untuk mengangkut penumpang apabila maskapai tidak sepenuhnya yakin bahwa kondisi penumpang cukup aman untuk melakukan penerbangan.
  • Penumpang dengan penyakit atau kondisi kesehatan lainnya yang dapat membahayakan dirinya sendiri atau penumpang lainnya dalam penerbangan harus menginformasikan kondisinya pada pihak Citilink sebelum melakukan pemesanan tiket.
  • Penumpang dengan kebutuhan khusus yang memerlukan bantuan tertentu, penumpang dengan kelumpuhan, dan penumpang dengan penyakit — termasuk mereka yang mungkin membawa dan menggunakan obat-obatan/jarum suntik dalam penerbangan — harus menginformasikan hal ini pada Citilink selambat-lambatnya 48 jam sebelum keberangkatan. Jika tidak, hal tersebut dapat berakibat pada ketidaktersediaan layanan saat kedatangan penumpang di bandara dan maskapai dapat menolak penumpang untuk berada dalam penerbangan.
  • Penumpang dengan kebutuhan khusus harus melakukan check-in langsung di bandara.

Kebijakan Check-in Citilink

Waktu Check-in Citilink

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Citilink dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Citilink. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Semua Rute

1 jam sebelum keberangkatan

30 menit sebelum keberangkatan

Check-in Citilink Online

Check-in online untuk penerbangan Citilink dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Citilink
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Citilink

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Citilink untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Citilink

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Citilink untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Citilink.


 

Tentang Citilink

Citilink (kode IATA: QG) merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia, maskapai penerbangan pembawa bendera Indonesia. Sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah, dapat dikatakan bahwa Citilink adalah Garuda Indonesia dengan harga tiket yang lebih terjangkau. Berdiri pada 2001, Citilink lebih dahulu hadir sebagai Unit Bisnis Strategis (SBU) dan difungsikan sebagai salah satu alternatif penerbangan bertarif rendah di Indonesia. Namun pada Juli 2012, Citilink menerima Air Operation Certificate (AOC) dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sebagai perusahaan maskapai penerbangan yang resmi beroperasi di Indonesia secara independen. Penerimaan sertifikat ini menandai era baru dalam manajemen Citilink yang sebelumnya berada di bawah manajemen PT Garuda Indonesia, Tbk. Kini, Citilink mengoperasikan 34 buah pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 kursi. Citilink melayani 42 rute penerbangan domestik yang tersebar di 23 kota di Indonesia, dengan frekuensi 184 penerbangan setiap harinya. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen Citilink yang menempatkan kepuasan pelanggan di atas segalanya, yang juga telah dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang berhasil diraih. Beberapa penghargaan tersebut antara lain adalah Leading Low Cost Airline 2011/2012 dari Indonesia Travel and Tourism Foundation, Best Overall Marketing Campaign di The Budgies and Travel Awards 2012, dan penghargaan Service to Care Award selama dua tahun berturut-turut (2012 dan 2013) untuk kategori Airlines dari Markplus Insight. Sebagai maskapai bertarif rendah, Citilink hadir hanya dalam kelas ekonomi. Setiap kursinya dilapisi dengan bahan kulit yang dapat memberi kenyamanan maksimal pada penumpang selama penerbangan. Citilink tidak memberikan layanan makanan gratis selama penerbangan, tapi penumpang yang ingin menikmati makanan dapat membelinya langsung di pesawat. Penumpang juga dapat melakukan pemesanan makanan melalui situs resmi Citilink dengan harga diskon 10% selambat-lambatnya dua jam sebelum keberangkatan. Menu yang ditawarkan oleh Citilink cukup beragam mulai dari ayam saus béchamel dan kentang, mi goreng ayam panggang dan sayuran, nasi goreng ayam panggang, nasi uduk ayam panggang, nasi ulam dengan empal, dan spageti saus bolognaise. Menu makanan ini termasuk dalam salah satu produk Citilink yang dinamakan Citilink Café. Salah satu keistimewaan yang ditawarkan oleh Citilink adalah Citicyclink Community, sebuah komunitas bersepeda untuk para penumpangnya. Penumpang dapat mendaftarkan diri di situs resmi Citilink dan membayar keanggotaan sebesar Rp250.000 yang berlaku selama setahun. Dengan bergabung bersama Citicyclink, penumpang bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti kapasitas bagasi tambahan sebesar 20 kg untuk membawa sepeda, mendapat newsletter tentang acara-acara yang diadakan oleh Citicyclink, kartu anggota Citicyclink, mendapat diskon 10% untuk dengan menggunakan kode promo khusus, serta diskon 10% untuk setiap pembelian di Citilink Store, PT Citilink Indonesia lantai 14, Jalan. S. Parman Kavling 72, Slipi, Jakarta Barat. Setiap penumpang Citilink juga mendapat fasilitas bagasi gratis hingga 20 kilogram. Di bandara, staf bandara Citilink akan membantu penumpang untuk mendaftarkan bagasinya saat check-in di bandara. Proses check-in untuk penerbangan Citilink dapat dilakukan mulai dari dua jam hingga 30 menit sebelum keberangkatan. Sebagai tambahan, penumpang juga diizinkan untuk membawa dua buah bagasi bagasi kabin, dengan berat total maksimum 7 kg dan ukuran salah satu barang maksimum 56 cm x 36 cm x 23 cm, sehingga bisa dimasukkan ke kompartemen di atas kursi penumpang. Sementara untuk bagasi kabin lainnya, ukuran maksimum adalah 115 cm dan harus bisa disimpan di bawah kursi satu baris di depan penumpang. Citilink juga memiliki produk lain untuk semakin melengkapi layanannya kepada para penumpang. Citilink Shield misalnya, merupakan sebuah asuransi perjalanan yang menawarkan premi minimum dengan keamanan yang terjamin. Citilink Shield ditawarkan dengan harga mulai dari Rp25.000 untuk penerbangan domestik dan Rp27.000 untuk penerbangan internasional. Asuransi inilah yang akan memberi perlindungan terhadap peristiwa yang tidak terduga selama perjalanan, misalnya seperti pembatalan penerbangan, hilangnya bagasi, atau ketidaknyamanan lainnya. Produk Citilink Shield berlaku untuk penumpang berusia 2 hingga 75 tahun. Penumpang bayi berusia 9 hari hingga 2 tahun yang melakukan perjalanan bersama tiket orang dewasa akan menikmati asuransi gratis berbatas. Citilink juga menawarkan produk Citilink Merchant, yang merupakan bentuk kerjasama Citilink dengan berbagai penyedia barang dan jasa di banyak kota di Indonesia. Di Bali, misalnya, Citilink bekerja sama dengan Lorin New Kuta Hotel. Hanya dengan menunjukkan boarding pass paling lambat tujuh hari setelah keberangkatan, penumpang bisa mendapatkan diskon spesial 60% di hotel tersebut. Sementara di Surabaya, penumpang bisa mendapatkan diskon 20% untuk masuk ke Suroboyo Carnival Park apabila menunjukkan boarding pass paling lambat 7 hari setelah jadwal keberangkatan. Tak hanya itu, Citilink juga menjalin kerja sama dengan berbagai tempat wisata, serta penyedia jasa salon dan spa.

Sejarah Citilink

Berpusat di Sidoarjo, Jawa Timur, PT Citilink Indonesia merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia. Saat pertama kali didirikan, 67% saham CItilink berada dalam kepemilikan PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk, sementara 33% sisanya dipegang oleh PT Aerowisata. Pada awalnya, Citilink merupakan maskapai penerbangan yang dikelola oleh Unit Bisnis Strategis (SBU) Citilink milik Garuda Indonesia dan beroperasi dengan Air Operation Certificate (AOC) Garuda, sehingga menggunakan nomor penerbangan Garuda. Namun pada 2012, terjadi pergeseran dalam kepemilikan saham Citilink. Sejak saat itu, 94,3% saham CItilink berada dalam kepemilikan PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk dan PT Aerowisata hanya memegang 5,7 % sisanya. Hingga Juli 2012, Citilink sudah melayani penerbangan ke sembilan tujuan domestik yang menghubungkan Jakarta ke Surabaya, Denpasar, Medan, Banjarmasin, Balikpapan, dan Batam. Tak hanya itu, Citilink juga mengoperasikan penerbangan dari Surabaya ke Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, dan Makassar. Jumlah rute penerbangannya memang terbatas karena pada saat itu fokus masih terletak pada pengembangan merek Garuda Indonesia sebagai maskapai premium. Namun, setelah mengalami perubahan signifikan pada 2011/2012, pengembangan dan ekspansi Citilink turut menjadi fokus utama dari Garuda Group. Sejak September 2012, Citilink pun resmi membuka rute Surabaya – Lombok. Dua tahun kemudian, tepatnya pada Januari 2014, Citilink membuka rute menuju Malang, Palembang, Semarang, dan Yogyakarta melalui Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Sepanjang 2012, Citilink melakukan proses rebranding secara menyeluruh. Hampir semua aspek yang melekat pada Citilink diperbarui, mulai dari pengenalan warna perusahaan, kantor pusat, logo, interior pesawat, kantor penjualan, hingga seragam pramugari. Warna hijau yang menjadi identitas Citilink diambil dari salah satu warna perusahaan Garuda, yang terdiri dari warna biru, hijau, oranye, dan silver. Warna hijau dipilih karena dianggap memiliki arti dinamis, muda, dan terus berkembang. Pada November 2012, Citilink meluncurkan situs dengan desain baru, meluncurkan lagu tema perdana berjudul “Terbang Tinggi untuk Indonesia” yang dinyanyikan oleh Nidji, meluncurkan asuransi perjalanan Citilink Shield, serta meluncurkan produk Citilink Hotels, yaitu layanan pemesanan hotel melalui situs Citilink yang bekerjasama dengan Agoda.com. Tidak berhenti di situ saja, pada tahun berikutnya Citilink terus memperluas jaringan penjualannya. Untuk mendukung strategi tersebut, Citilink menjalin kerja sama dengan Telkomsel dan berbagai toko swalayan dalam hal penjualan tiket pesawat. Citilink ingin agar masyarakat dapat membeli tiket pesawat dengan lebih mudah. Saat itu, kontribusi penjualan tiket pesawat Citilink memang didominasi oleh agen perjalanan, yaitu sebanyak 40% – 50%, sedangkan 28% – 30% dijual secara online, dan 20% sisanya dibagi antara call center, kantor penjualan Citilink dan Citilink Kiosk. Dalam rangka perluasan jaringan penjualannya tersebut, Citilink juga memperkuat layanan 31 rute domestik yang menjangkau 22 kota tujuan dengan frekuensi 140 penerbangan setiap harinya. Bahkan pada 2013 ini jugalah Citilink untuk pertama kalinya mengoperasikan pesawat baling-baling atau turboprop untuk rute perintis ke kota-kota kecil. Pada 2015, Citilink melakukan penawaran umum perdana (IPO), di mana untuk pertama kalinya Citilink menawarkan saham mereka kepada masyarakat umum. Strategi ini dilakukan seiring dengan tujuan Citilink yang ingin menjadi perusahaan yang profesional dan transparan, sekaligus untuk mendapatkan pendanaan tambahan. Strategi ini sudah pernah dilakukan oleh Garuda Indonesia sebelumnya, dan terbukti berhasil. Setelah melakukan IPO, Garuda Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang meningkat — inilah yang diharapkan dapat terjadi pula untuk Citilink. Pada 23 Januari 2017, Citilink secara resmi membuka rute penerbangan baru ke Jayapura. Satu minggu sebelum penerbangan perdana rute ini, Citilink telah berhasil menjual 70% kapasitas kursinya. Rute ini menjadi rute Citilink satu-satunya ke Papua, dan merupakan rute penerbangan terpanjang yang dimiliki Citilink sampai saat ini. Rute baru ke Jayapura ini merupakan langkah penting bagi upaya perluasan jangkauan Citilink ke wilayah Indonesia Timur. Maskapai ini berharap bahwa suatu hari nanti, Citilink dapat menghubungkan semua daerah di Indonesia dengan penerbangannya, mulai dari Aceh hingga Papua.

Kontak Citilink

0804 1 080808

Alamat Citilink

Citilink Indonesia
Jl. Gunung Sahari Raya No.52 Jakarta Pusat 10720 Jakarta, Indonesia

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top
evtbvsrwfq