peringatan

Hotel di Bandungan

Semarang, Indonesia · 16 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Bandungan

Amanda Hills Bandungan

Jl. Nusa Indah , Bandungan , Semarang, Indonesia, 50651

8.2 / 10

Sangat Baik

The Kusma Hotel

Jl. Raya Bandungan Sumowono, Semarang, Indonesia, 50665

8.4 / 10

Sangat Baik

Grand Panorama Hotel

Jln. Mayor Soeyoto KM 6 Desa Pakopen , Semarang, Indonesia, 50665

7.7 / 10

Baik

The Bandungan Hotel & Convention

Desa Duren, Bandungan-Kab Semarang, Semarang, Indonesia

7.6 / 10

Baik

Hotel Nugraha Wisata

Jalan Raya Bandungan - Sumowono KM 1, Semarang, Indonesia, 50614

8.2 / 10

Sangat Baik

Susan Spa & Resort

Dusun Piyoto, Bandungan, Semarang, Indonesia, 50614

8.3 / 10

Sangat Baik

Kusma Madya

Jalan Raya Bandungan Sumowono, Bandungan, Semarang, Indonesia, 50665

8.4 / 10

Sangat Baik

Hotel Kencana

Jln. Gintungan Utara No. 9 , Semarang, Indonesia, 50651

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Matahari

Jln. Lemah Abang KM 3, Semarang, Indonesia, 50552

7.6 / 10

Baik

Hotel Abimanyu

Jalan Lemah Abang Bandungan KM 4, Pakopen, Semarang, Indonesia

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Arjuna Sari

Jl. Raya Lemahbang, Bandungan Km2, Semarang, Indonesia, 50552

7.3 / 10

Baik

Hotel Kartika Bandungan

Jl. Bandungan - Lemah Abang KM. 3, Sidomukti, Bandungan, Semarang, Indonesia, 50661

Hotel Tri Kusuma

Jln. Letnan Mayjen Suyoto / Kendali Sodo No. 22 Bandungan , Semarang, Indonesia

8.0 / 10

Sangat Baik

Hotel Merah Delima

Jalan Kendalisodo No.1 Bandungan, Semarang, Indonesia, 50552

KJ Villa Bandungan

Jalan Gintungan utara, Jetis, Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah, Semarang, Indonesia, 50614

hotel lainnya

Tentang

Sebagai ibu kota sekaligus kota besar, nama Kota Semarang tentu tidak lagi asing di telinga para wisatawan. Pusat pemerintahan Provinsi Jawa Tengah ini pun rupanya menduduki peringkat kelima sebagai kota metropolitan setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Selayaknya kota metropolitan, pembangunan pun terus dilakukan. Tingkat pembangunan yang cukup tinggi beberapa tahun belakangan membuat Semarang mulai menjelma sebagai kota yang kian sibuk. Gedung perkantoran, pusat bisnis, dan hunian, seakan-akan berlomba mencakar langit Semarang. 

Semarang juga memiliki daya tarik yang mengundang pelancong untuk menyambanginya. Biasanya, wisata akan berpusat pada objek wisata tertentu, seperti Lawang Sewu, Tugu Muda, Kota Lama, Klenteng Sam Po Kong, Gereja Blenduk,  Pagoda Avalokitesvara, dan sebagainya. Hal ini sebenarnya cukup disayangkan sebab Semarang memiliki banyak keindahan lainnya yang bisa dijelajahi. Termasuk salah satu kawasan baru bernama Bandungan.

Bandungan merupakan kecamatan baru sebagai hasil pemekaran sebagian Kecamatan Ambarawa dan Kecamatan Jambu. Tidak seperti Semarang yang cenderung panas, Bandungan terletak di kawasan yang lebih tinggi, sehingga menjadikan udaranya sejuk. Lebih tepatnya, wilayah ini ada di kaki Gunung Ungaran, bagian selatan Semarang. Banyak masyarakat kawasan pusat kota yang merasa gerah dengan terik matahari dan polusi yang memanfaatkan waktu luang untuk bergeser ke Bandungan demi sepoi angin dan segarnya pemandangan hijau.

Cara ke Bandungan

Akses menuju Bendungan dapat ditempuh dengan beberapa moda transportasi berikut ini:

Transportasi Udara

Jika Anda berada jauh dari Semarang, Anda dapat melakukan penerbangan dengan pesawat tujuan Bandara Achmad Yani. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Bandungan dengan bus Damri, Trans Semarang, taksi, atau mobil sewa dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Transportasi Darat

Kereta Api

Anda dapat menggunakan kereta api dengan tujuan pemberhentian Stasiun Ambarawa. Namun, tak masalah jika Anda ingin turun di Stasiun Tawang atau Poncol dengan alasan ingin menjelajahi Kota Semarang terlebih dahulu.

Motor

Jika Anda berada di Semarang, lebih baik menggunakan motor untuk ke Bandungan. Anda akan merasakan sejuknya hawa Bandungan dengan melewati jalan berkelok. Moda transportasi ini lebih fleksibel dibanding bus.

Hotel di Bandungan

Jika Anda ingin berwisata ke daerah ini, tak perlu khawatir soal akomodasi. Jumlah hotel di Bandungan dan sekitarnya yang tersedia tidak lebih sedikit dari jumlah kamar yang Anda perlukan. Pilihan hotel di Bandungan pun sangat bervariasi, tergantung dari kelas atau bintang, lokasi, harga, dan masih banyak lainnya. Berikut daftarnya:

Hotel Bintang 1 di Bandungan

Jika Anda ingin menginap di hotel dengan biaya terbatas, penginapan bintang 1 di Bandungan berikut ini bisa menjadi pilihan:

Hotel Tri Kusuma

Bandungan adalah destinasi yang sangat bersahabat dengan para backpacker. Selain alam dan sekitarnya yang sangat cocok untuk dijelajahi, wilayah ini juga menyediakan cukup banyak pilihan penginapan dengan bujet minimalis.

Hotel bintang 1 di Bandungan yang pertama adalah Hotel Tri Kusuma. Lokasinya berada di Jalan Letnan Mayjen Suyoto/Kendali Sodo No. 22, Bandungan, Semarang. Meski bukan hotel bujet dengan konsep modern minimalis seperti yang kini banyak bermunculan, Hotel Tri Kusuma memberikan fasilitas dan layanan yang sangat memuaskan. Setiap kamarnya dilengkapi oleh sebuah ranjang besar (king size), televisi, sofa atau kursi, dan kamar mandi dalam. Jendela kamar terhubung langsung ke ruang terbuka, sehingga sirkulasi udaranya pun lebih baik.

Mulai dari harga Rp150.000 per malam, Anda bisa mendapatkan sebuah kamar dengan kapasitas dua orang. Dengan tarif semurah itu pun, Anda telah mendapatkan koneksi Wi-Fi gratis. Resepsionis hotel di Bandungan ini hanya melayani tamu sampai pukul 18.00 WIB, maka Anda harus check-in sebelum waktu tersebut.

Kusma Madya

Hotel Kusma Madya boleh dikatakan hanya berbintang 1, tetapi fasilitas yang diberikan kepada tamu cukup mengesankan. Hotel yang terletak di Jalan Raya Bandungan Sumowono, Bandungan, Semarang ini memiliki lapangan tenis di salah satu sisinya. Anda yang ingin menyegarkan badan dengan berolahraga bisa memanfaatkan lapangan ini, baik untuk bermain tenis, berlari mengelilingi lapangan, atau jenis latihan atau olahraga lainnya yang memungkinkan.

Hotel di Bandungan ini terbilang cukup luas dengan lahan parkir kendaraan yang berada langsung di depan masing-masing kamar. Teras kecil di bagian depan kamar dilengkapi dengan sepasang kursi kayu berpelitur cokelat biji salak. Meski tidak dikelilingi hutan lebat, sepanjang jalan sejak pintu masuk sisi hotel ditanami oleh berbagai jenis tanaman yang cantik. 

Harga sewa per kamar ini untuk setiap malamnya dimulai dari Rp168.000. Dengan harga yang sangat ramah di kantong itu, Anda sudah bisa mendapatkan sebuah kamar yang nyaman untuk dua orang. Setiap kamar telah dilengkapi dengan televisi, sofa, tempat tidur, kamar mandi dalam, akses internet nirkabel, dan sarapan.

Hotel Kencana

 Hotel di Bandungan yang satu ini lokasi persisnya berada di Jalan Gintungan Utara, terpisah sejauh sekitar 16 km dari Pagoda Avalokitesvara di Semarang yang termasyhur itu. Meski bangunan dengan warna kuning agak oranye ini memiliki kesan yang agak kuno, fasilitas di dalamnya tidak akan mengecewakan Anda. Hotel dengan area yang sangat luas ini menjadi pilihan favorit pelancong dengan konsep backpacking maupun yang datang bersama keluarga.

Salah satu keuntungan dari hotel ini adalah bangunannya yang didesain untuk terhubung langsung dengan ruang terbuka. Kamar-kamar di hotel bertingkat dua ini memiliki akses langsung dengan ruang terbuka, sehingga sirkulasi udara dan pencahayaannya bagus. Selain itu, tanaman-tanaman yang ditanam di kawasan hotel sangat rindang dan teduh. Tamannya pun ditata cantik dan dirawat dengan baik.

Bicara soal fasilitas, hotel ini memiliki fasilitas yang melebihi standar kelasnya. Walaupun berbintang 1, hotel ini menyediakan fasilitas kolam renang yang bersih terawat di sisi belakang hotel. Ditambah lagi, jika Anda sedang suntuk, fasilitas biliar di meja hotel bisa menjadi alternatif untuk kembali mengembalikan semangat. Seakan tidak cukup, hotel yang menawarkan sensasi bermalam seperti di rumah sendiri ini juga melengkapi pelayanannya dengan akses Wi-Fi.

Hotel Abimanyu

Sesuai namanya, jangan heran jika Anda menemukan gambar salah satu tokoh pewayangan kisah Mahabarata bernama Abimanyu pada salah satu dinding hotel bujet di Bandungan ini. Tokoh Abimanyu digambarkan seperti siluet pada permukaan dinding putih hotel yang terletak di Jalan Lemah Abang, Bandungan, Semarang ini. 

Kesan tradisional Hotel Abimanyu cukup terasa. Kendati demikian, tidak lantas hal tersebut menurunkan kenyamanan hotel. Setiap kamar yang ditawarkan mulai harga sekitar Rp120.000 per malam ini dilengkapi dengan tempat tidur, televisi, kipas angin, dan kamar mandi dalam. Lahan parkir yang tersedia pun cukup luas, sehingga Anda yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu bingung untuk parkir.

Hotel Matahari

Jangan terkecoh lantaran label bintang 1 yang dimiliki hotel ini. Kenyataannya, fasilitas Hotel Matahari terlalu mewah untuk dikategorikan sebagai hotel bintang 1. Dibanding beberapa hotel bintang 1 lainnya, hotel yang beralamat di Jalan Lemah Abang Km. 3 ini menampilkan kesan modern pada kamarnya.

Kamar ini memiliki luas ruangan yang lebih luas dari kebanyakan ukuran hotel di kelasnya. Mobilitas Anda dalam ruangan pun tidak akan terasa sempit. Bahkan, saking luasnya, kamar di hotel ini dilengkapi meja, televisi, kamar mandi, sofa, dan kabinet kecil.

Dengan tarif mulai Rp532.000 per malam, Anda bisa bermalam di Hotel Matahari. Tarif tersebut juga sudah termasuk layanan sarapan dan akses internet. Selain kamar dengan tipe Standard, Hotel Matahari juga menyediakan kamar dengan tipe VIP dan VVIP.

Hotel Arjuna Sari

Masih  di Jalan Lemah Abang, sebuah hotel murah di Bandungan lainnya didirikan di sini. Hotel Arjuna Sari cukup menarik perhatian dari luar karena cat warna kuningnya yang mencolok. Seperti Hotel Abimanyu, Hotel Arjuna Sari juga menyisipkan unsur pewayangan selain dari namanya. Di bagian depan pagar, berdiri sebuah patung Arjuna yang tengah memanah dan menghadap ke arah hotel.

Hotel Arjuna Sari bisa Anda jadikan pilihan untuk bermalam saat berwisata ke Bandungan. Kamarnya terbilang cukup luas dengan televisi, meja, kursi, dan kamar mandi di dalam. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, yakni mulai dari Rp106.000 per malam. Jika Anda datang bersama seorang kawan dan berbagi kamar, pengeluaran tentu akan semakin hemat.

Grand Panorama Hotel

Kawasan Bandungan sendiri memang sudah cukup asri dan sejuk. Jika Anda juga menginginkan suasana yang serupa saat beristirahat, maka hotel yang satu ini patut Anda pilih. Grand Panorama Hotel yang beralamat di Jalan Mayor Soeyoto Km. 6 ini berada di kawasan yang agak tinggi dan menawarkan pemandangan sekitar yang serba hijau dan segar.

Untuk pemandangan terbaik, Anda bisa memilih kamar di lantai paling atas hotel yang terdiri dari dua lantai ini. Dari sini, Anda bisa menikmati indahnya suasana sekitar dari dalam kamar yang nyaman dan bersih dengan jendela yang besar. Sembari menonton televisi, Anda bisa sesekali menengok ke luar.

Grand Panorama Hotel memang tidak memiliki fasilitas pusat kebugaran, tetapi Anda bisa menggunakan treadmill yang berada di lantai bawah jika ingin berolahraga. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fasilitas Wi-Fi hotel untuk terhubung ke dunia digital. Dengan biaya sewa mulai dari Rp168.000 per kamar untuk setiap malam, kenyamanan beristirahat di Grand Panorama Hotel bisa Anda dapatkan.

Hotel Bintang 2 di Bandungan

Selain penginapan bintang 1, terdapat pula hotel bintang 2 di Bandungan yang menawarkan fasilitas lengkap dengan harga murah. Berikut daftarnya:

The Kusma Hotel

Hotel bintang 2 ini berada di Jalan Raya Bandungan Sumowono, Semarang. Dari luar, desain bangunan yang serba kaca menampilkan kesan modern minimalis. Selain itu, hijaunya tanaman yang ditanam tertata di kawasan hotel membuat suasana menjadi sejuk dan terlihat asri.

The Kusma Hotel hanya menyediakan kamar tipe Deluxe dengan tarif sekitar Rp253.000 per malam. Ukuran kamar yang disediakan cukup luas, yakni sekitar 32 m persegi. Masing-masing kamar didesain modern minimalis dengan sentuhan furnitur kayu dan head bed kayu. Selain itu, kertas dinding yang dipasang pada satu sisi dinding saja di tiap kamar berbeda warna satu sama lainnya. Di sini, selain fasilitas yang nyaman dan memuaskan, Anda juga mendapatkan pemandangan lingkungan yang hijau menyegarkan di sekitar hotel melalui kaca jendela.

The Bandungan Hotel & Convention

Hotel luas di Desa Duren, Bandungan ini terkesan klasik dan homey. Suasana ala pedesaan yang tenang dan tanah hijau yang luas di sekitar hotel memberikan kesan damai yang menyenangkan. Anda yang menginginkan penginapan dengan suasana sejuk dan tenang setelah rutinitas yang padat dan bising di perkotaan, menginap sejenak di The Bandungan Hotel & Convention saat berlibur ke Bandungan adalah pilihan yang tepat.

Dengan estimasi bujet mulai Rp189.800 per malam, Anda bisa mendapatkan sebuah kamar yang cukup luas tipe Standard dengan fasilitas tempat tidur, televisi, lemari, kamar mandi dalam beserta perlengkapan mandi, dan dua buah kursi di dalam kamar. Selain tipe ini, The Bandungan Hotel &Conference juga memiliki kamar tipe Superior, Family Suite, dan President Suite. Menariknya lagi, meski bintang 2, hotel di Bandungan ini juga menyediakan fasilitas kolam renang dan lapangan tenis. 

Hotel Bintang 3 di Bandungan

Penginapan kelas menengah juga menjadi incaran para wisatawan yang ingin menginap di Bandungan. Berikut di antaranya:

Susan Spa & Resort

Jika kedatangan Anda ke Bandungan adalah untuk memanjakan diri di penginapan yang mewah dengan bujet rendah, Susan Spa & Resort bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, hotel bintang 3 di Dusun Piyoto, Bandungan, Semarang ini memiliki fasilitas yang sangat mewah, bahkan ruangan untuk melangsungkan pernikahan. Susan Spa & Resort memiliki lahan yang luas dengan konsep interior yang memadukan modern dan klasik, sehingga terkesan elegan.

Mulai harga Rp643.104 per malam, Anda bisa mendapatkan pengalaman kenyamanan yang dibalut kemewahan di kelas Superior Twin  Susan Spa & Resort. Di ruangan seluas 20 m persegi ini, Anda dapat beristirahat dengan santai sembari menikmati siaran televisi atau akses Wi-Fi. Tarif yang Anda bayar pun juga sudah termasuk dengan layanan sarapan. Selain Superior Twin, Anda juga bisa mencoba pengalaman bermalam di tipe Deluxe Double atau Family Suite.

Hotel Nugraha Wisata

Di Jalan Raya Bandungan, Anda juga bisa menemukan hotel bintang 3. Dari luar, eksterior Hotel Nugraha Wisata yang berdinding warna krem tidak terlihat terlalu mencolok atau sekadar menampilkan kesan glamor. 
Jangan salah menilai, sebab begitu Anda memasuki lobi, Anda akan disambut dengan gemerlap interior yang sangat mengesankan.

Hotel Nugraha Wijaya dilengkapi dengan halaman hijau yang sangat luas dengan sebuah gerbang bunga berbentuk melengkung yang cantik. Fasilitas tiap kamarnya pun tidak kurang dari standar bintang 3, bahkan memberi akses balkon yang menyambungkan kamar dengan ruang luar yang sejuk. Anda bisa memilih Nugraha Suite Room yang berkapasitas empat orang,  Junior Suite yang berkapasitas dua orang, atau Deluxe Superior yang berkapasitas tiga orang mulai dari harga Rp760.960 per malam.

Amanda Hills Bandungan

Hotel bintang 3 di Bandungan lainnya yang bisa menjadi referensi Anda menginap ketika berada di wilayah Semarang ini adalah Amanda Hills Bandungan. Berada di kawasan perbukitan di Jalan Nusa Indah, Bandungan ini, Amanda Hiils Bandungan memiliki lahan yang sangat luas. Tidak hanya luas, sesuai dengan kesan nama yang diberikan, hotel ini memang memberikan atmosfer perbukitan yang sejuk, hijau, dan tenang. Berbagai perhelatan pun cukup sering dilakukan di hotel ini, termasuk pernikahan berkonsep outdoor.

Pemandangan di sekitar hotel terlalu sayang untuk Anda lewatkan hanya dengan berada di dalam kamar. Selagi langit belum berganti menjadi gelap, keindahan perpaduan warna-warni tanaman dan langit biru beserta putihnya awan dapat Anda lihat dengan jelas. Sementara ketika waktu berganti malam, Anda bisa menikmati cahaya kota dari ketinggian.

Amanda Hills cocok bagi Anda yang menginginkan privasi maupun datang bersama keluarga. Selain tipe Standard yang ditawarkan mulai harga Rp245.000 per malam, Anda bisa memilih kamar tipe Superior untuk dua orang dengan bonus pemandangan danau atau Deluxe. Jika datang bersama anggota keluarga lainnya dengan jumlah yang cukup banyak, Anda bisa memilih Family Room dengan pilihan kapasitas untuk empat atau enam orang.

Tempat Wisata di Bandungan

Beberapa tempat wisata di Bandungan yang ramai dikunjungi wisatawan adalah:

Pasar Bandungan

Pasar Badungan memang bukan pasar seni layaknya Pasar Sukawati, Bali. Pasa Bandungan hanyalah pasar tradisional biasa. Meski begitu, Pasar Bandungan kerap menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan yang datang ke kecamatan ini.

Selayaknya pasar tradisional biasa, Pasar Bandungan menjadi kegiatan transaksi kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, ikan, dan sebagainya. Beberapa hal yang menjadi daya tarik pasar tradisional ini adalah adanya kegiatan jual-beli beraneka macam bunga yang terjadi sejak dini hari. 

  • Alamat: Jl. Ngasem, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 
  • Harga: Gratis
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

 

Umbul Sidomukti

Kawasan Umbul Sidomukti merupakan kawasan wisata alam yang sangat populer di Bandungan. Para wisatawan rasanya belum sah mengunjungi Bandungan jika belum singgah ke tempat wisata ini. Tempat wisata yang satu ini cocok untuk dikunjungi bersama rekan atau kerabat.

Di sini, ada empat buah kolam yang disusun bertingkat seperti terasiring. Dari ketinggian, Anda bisa berenang sembari menyaksikan kota. Boleh dibilang, kolam ini adalah kolam tertinggi di Semarang. Selain itu, Anda yang menyukai aktivitas memacu adrenalin bisa melakukan berbagai kegiatan outdoor seperti flying fox dengan ketinggian 110 atau 70 meter.

  • Alamat: Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 
  • Harga: Rp5.000 per orang (Senin-Jumat) dan Rp10.000 per orang (Sabtu-Minggu)
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-22.00 WIB

 

Candi Gedong Songo

Selain wisata alam dan budaya lokalnya yang menarik, Bandungan juga memiliki sebuah peninggalan situs bersejarah. Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi. Secara total, ada sembilan buah candi di kawasan Candi Gedong Songo yang ditemukan oleh Sir Thomas Stamfrod Raffles pada 1804.

Candi ini disebut sebagai peninggalan Wangsa Syailendra dari sekitar abad kesembilan. Jika dilihat dari bentuknya, Candi Gedong Songo memiliki kemiripan arsitektur dengan candi-candi yang ada di Dieng dan Wonosobo. Adapun beberapa kemiripan tersebut antara lain  setiap candi dibangun dari bawah mengitari kawah sumber air panas dan dibuat berundak-undak. 

  • Alamat:  Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Harga: Rp6.000 hingga Rp7.500 (wisatawan lokal) dan Rp35.000 (wisatawan mancanegara)
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 06.00-17.00 WIB

 

New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk dikunjungi jika Anda datang bersama keluarga, terutama bersama anak-anak. Selain penginapan, New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort memiliki fasilitas taman bermain air (waterpark), pemancingan, taman, penangkaran kupu-kupu, dan masih banyak lainnya.

  • Alamat: Jl. Veteran No. 3, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
  • Harga: Rp5.000 hingga Rp20.000 per orang, tergantung wahana yang dipilih
  • Jam buka: Setiap hari

Oleh-oleh Khas Bandungan

Setiap tempat tentu memiliki keunikan masing-masing, baik dari objek wisata, budaya masyarakat, sampai wisata kulinernya. Selain objek wisata menarik yang sudah disebutkan sebelumnya, ada oleh-oleh khas Bandungan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat. Oleh-oleh khas Bandungan ini berupa makanan dan cukup unik bernama torakur.

Nama makanan unik ini merupakan singkatan dari ‘tomat rasa kurma’. Kudapan manis ini berbahan dasar tomat dan gula tanpa bahan pengawet. Unsur kata kurma sendiri diambil lantaran bentuk dan warnanya yang menyerupai kurma.

Tips Wisata di Bandungan

Bandungan memang seakan-akan menjadi penyejuk panasnya Kota Semarang. Di tempat ini, Anda bisa kembali menemukan suasana sejuk dan damai yang mungkin agak susah Anda dapatkan di wilayah perkotaan. Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi Bandungan ala bacpacker, berikut adalah beberapa tipsnya:

Anda yang berdomisili di luar kota bisa datang ke Semarang menggunakan bus, kereta api, atau pesawat. Di Semarang, Anda bisa menyewa motor untuk dibawa berkeliling menjelajah Bandungan. Hal ini dikarenakan beberapa kawasan apik seperti Umbul Sidomukti tidak dapat dilalui kendaraan besar. Dari Semarang ke Bandungan, Anda membutuhkan waktu kira-kira satu jam.

  • Sebagaimana backpacker pada umumnya, kemewahan penginapan bukanlah prioritas utama. Anda bisa menemukan banyak hotel murah di Bandungan yang tetap memprioritaskan kenyamanan.
  • Bawalah barang-barang yang memang Anda perlukan saja. Jangan memenuhi ransel dengan barang-barang yang tidak terlalu penting bagi perjalanan Anda. Cukupkan pakaian yang akan dibawa sehingga menjadi lebih efisien.
  • Selain itu, siapkan uang tunai secukupnya. Jika Anda terbiasa untuk melakukan pembayaran secara digital, ambil sebagian uang dan selipkan di dompet. Barangkali Anda membutuhkan sesuatu di perbukitan, Anda tidak mungkin memaksa penjual untuk memiliki layanan EDC.
  • Meski menjadi bagian dari Kota Semarang, Bandungan memiliki cuaca yang berbeda dari Semarang. Berada di lereng gunung membuat kawasan ini memiliki suhu udara yang lebih rendah dibanding ibu kota. Untuk itu, jangan lupa untuk membawa pakaian yang hangat sebagai pelindung saat berada di Bandungan.
  • Bandungan memang tidak seramai atau semodern Semarang, akan tetapi kecantikan pesona alaminya membuat Anda akan ketagihan untuk kembali. Selamat bereksplorasi.

 

evtbvsrwfq