peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel Murah di Bandungan, Semarang

LOBBY Grand Panorama Hotel

8.2/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Hotel Kencana

8.4/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Hotel Matahari

8.3/10

Sangat Baik

LOBBY Hotel Bromo Indah

7.4/10

Baik

LOBBY Hotel Kusma Madya

8.4/10

Sangat Baik

8.4/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Hotel Arjuna Sari

7.3/10

Baik

EXTERIOR_BUILDING Hotel Tri Kusuma

8.2/10

Sangat Baik

Tentang

Nama daerah Bandungan memang sedikit asing di telinga Anda, ini wajar karena Bandungan merupakan daerah baru yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Semarang. Kecamatan Bandungan baru saja diresmikan pada tahun 2007 setelah terdapat pemekaran dari wilayah Kecamatan Ambarawa dan Kecamatan Jambu. Letaknya yang sangat strategis, yaitu berada di lereng Gunung Ungaran, membuat Bandungan menjadi destinasi wisata baru yang ada di Semarang maupun Jawa Tengah.

Terdapat dua jalur utama untuk mencapai Bandungan, pertama lewat Ungaran dan kedua lewat Ambarawa. Letak Bandungan ini sangat strategis, dari Semarang jika Anda ingin menuju ke Magelang atau Yogyakarta pasti lewat Bandungan. Tidak hanya itu, dari Solo untuk menuju ke Semarang pun Anda pasti melewati Bandungan.

Selain itu dibandingkan dengan kecamatan lain di Kabupaten Semarang, Bandungan ini memiliki tempat wisata yang sangat indah dan baru. Jadi sangat wajar banyak orang dari luar kota yang sengaja datang ke Bandungan untuk menikmati tempat wisata alam dan juga baru di sana. Jika Anda dalam waktu dekat ingin menuju ke Bandungan, Anda bisa melihat apa saja hotel yang ada di sana, tempat wisata, dan bagaimana tips untuk Anda yang pertama kali ke Bandungan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Hotel-hotel tarif terjangkau di Bandungan

Hotel bintang 3

Amanda Hills Bandungan

Hotel tarif terjangkau pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Amanda Hills Bandungan yang berada di Jalan Nusa Indah. Harga dari Amanda Hills Bandungan ini sekitar 300 ribu rupiah per malamnya, dengan beberapa pilihan kamar seperti Standard Room, Superior Room, Deluxe Room, dan Family 2 Rooms. Fasilitas hotel di Amanda Hills Bandungan ini antara lain adalah Laundry, jasa tur, porter, bar di kolam renang, restoran, kolam renang untuk anak, area piknik, kolam renang indoor, dan beberapa aktivitas indoor.

Terra Cassa Hotel

Selanjutnya ada Terra Cassa di Jalan Raya Bandungan Sumowono. Letaknya yang sangat strategis membuat hotel ini sering menjadi pilihan bagi para wisatawan. Beberapa fasilitas di dalam hotel antara lain adalah area parkir yang sangat luas, restoran, room service 24 jam, penjaga pintu, dan beberapa fasilitas ruang rapat yang bisa Anda gunakan. Harga yang ditawarkan oleh Terra Cassa Hotel ini mulai dari 360 ribu rupiah.

Susan Spa & Resort

Hotel selanjutnya ada Susan Spa & Resort yang ada di Dusun Piyoto, Bandungan, Semarang. Hotel yang berada di lereng Gunung Ungaran ini sering dipakai oleh para pemilik perusahaan ataupun komunitas untuk dijadikan tempat outbound. Mempunyai lapangan yang luas, fasilitas yang ada di dalam hotel antara lain klub anak, pusat kebugaran, Jacuzzi, spa, kolam renang, spa, layanan kamar 24 am, dan fasilitas untuk rapat.

Hotel Nugraha Wisata

Hotel berbintang tiga selanjutnya yang akan dibahas adalah Hotel Nugraha Wisata. Hotel yang berada di jalan utama Raya Bandungan ini dapat disebut sebagai hotel terbaik yang ada di Bandungan, Semarang. Harga yang ditawarkan ini mulai dari 550 ribu sedangkan untuk akhir pekan atau hari libur bisa mencapai 1 juta rupiah. Tetapi Anda tidak bisa meragukan fasilitasnya, mulai dari area parkir, restoran, layanan kamar, TV, resepsionis 24 jam, kolam renang, sampai area untuk bermain anak.

Beberapa pilihan kamar yang ada di Hotel Nugraha Wisata ini ada Junior Suite dan Nugraha Suite Room, dengan beberapa fasilitas lengkap. Di dalam kamar sudah tersedia TV, AC, shower,water heater, dan pilihan kamar smoking serta non-smoking.

Green Valley Resort Bandungan

Hotel bintang 3 terakhir yang bisa Anda pilih adalah Green Valley Resort Bandungan. Berada di tengah kota, hotel ini berada di wilayah yang sangat strategis untuk Anda yang ingin mengunjungi beberapa tempat wisata di Badungan. Anda hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari Gunung Ungaran, kemudian beberapa tempat wisata seperti Umbul Sidomukti, Gedong Songo, dan Eling Bening bisa Anda jangkau dengan jarak 30 sampai 45 menit menggunakan kendaraan.

Selanjutnya untuk fasilitas di dalam hotel, Anda bisa menikmati area parkir yang luas, restoran, layanan kamar, Wi-Fi di seluruh area hotel, resepsionis 24 jam, aula, ruang keluarga, serta beberapa pilihan olahraga seperti panahan, basket, bilyar, dan juga tenis meja. Kemudian untuk fasilitas di dalam kamar hotel terdapat AC, shower, water heater, TV LED dengan tv kabel, dan internet. Untuk Anda yang ingin menuju bandara, Anda bisa menggunakan fasilitas berbayar yang disediakan oleh hotel.

Hotel bintang 2

The Bandungan Hotel & Convention

Hotel berbintang 2 yang akan dibahas adalah The Bandungan Hotel & Convention yang ada Desa Duren, Bandungan. Salah satu keunggulan dari hotel ini adalah tempat permainannya yang sangat luas dan lengkap. Beberapa wisatawan dari luar kota sengaja menginap di tempat ini untuk menghabiskan akhir pekan atau sekadar outbound. Beberapa fasilitas hotel antara lain adalah aula, perapian di lobby, area parkir 24 jam, restoran, fasilitas ruangan rapat, lapangan tenis outdoor, area mainan anak, dan juga kolam renang outdoor.

Dengan harga yang cukup murah, yaitu mulai 260 ribu per kamar, Anda sudah mendapatkan fasilitas yang sangat lengkap di atas. Kelebihan lain dari The Bandungan Hotel & Convention adalah hampir semua akses di dalam hotel ini sudah aman bagi penyandang disabilitas. Mulai dari peralatan, toilet, parkir, sampai pancuran pun sudah didesain agar mudah digunakan untuk penyandang disabilitas.

Hotel bintang 1

Hotel Kencana

Untuk hotel berbintang 1 pertama ada Hotel Kencana yang berada di Jalan Gintungan Utara No. 9. Harga yang ditawarkan oleh Hotel Kencana ini mulai dari 300 ribu rupiah per malamnya. Dengan lokasi yang cukup strategis, Hotel Kencan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang singgah di Bandungan sekitar 1-2 hari. Kelebihan lain dari Hotel Kencana adalah walaupun hotel ini berbintang 1, tetapi terdapat fasilitas kolam renang lho.

Selain fasilitas tersebut, Anda juga bisa menggunakan fasilitas seperti ruang meeting room, taman, restoran, area parkir yang cukup luas, dan juga internet yang tersebar di seluruh area hotel. Untuk Anda yang ingin berlibur di sekitar Bandungan, Anda bisa memilih hotel ini karena di dalam hotel juga terdapat fasilitas liburan yang cukup lengkap.

Hotel Arjuna Sari

Berada di jalan Raya Lemahbang, Bandungan, hotel ini sedikit agak jauh dari pusat Bandungan. Walaupun begitu Hotel Arjun Sari ini masih dijadikan pilihan beberapa orang karena harganya yang cukup murah, yaitu sekitar 100 ribu rupiah. menariknya, Anda tidak akan melihat fasilitas AC di sini. Tetapi bukan berarti hotel ini buruk, karena Hotel Arjuna Sari ini udaranya sangat sejuk karena cukup dekat dengan lereng Gunung Ungaran.

Hotel Tri Kusuma

Hotel berbintang 1 selanjutnya adalah Hotel Tri Kusuma yang berada di Jalan Letnan Mayjen Suyoto, Bandungan. Harga yang ditawarkan oleh Hotel Tri Kusuma per malamnya adalah 212 ribu, dengan beberapa pilihan kamar seperti Standar 1, Standar 2, dan Standar 3. Beberapa kelebihan dari Hotel Tri Kusuma adalah pelayanan yang diberikan oleh setiap pegawai ini akan membuat semua pengunjungnya ini nyaman. Banyak yang memberikan review bahwa menginap di hotel ini serasa tidur di rumah sendiri.

Hotel Matahari

Selanjutnya ada Hotel Matahari yang ada di Jalan Lemah Abang KM3. Berada di jalanan utama kota Bandungan, membuat Hotel Matahari ini sering digunakan untuk persinggahan beberapa wisatawan. Harga yang ditawarkan oleh Hotel Matahari per malamnya ini mulai dari 330 ribu sampai 600 ribu rupiah, tergantung hari. Di dalam kamar sudah tersedia AC, TV, water heater, dan juga meja untuk bekerja. Bahkan di beberapa pilihan kamar, Anda akan mendapatkan fasilitas ruangan yang cukup luas ditambah dengan sofa untuk menerima tamu atau sekadar bersantai.

Hotel Abimanyu

Hotel berbintang 1 terakhir yang bisa Anda coba adalah Hotel Abimayu. Hotel ini juga berada di Jalan Lemah Abang, yaitu Jalan Lemah Abang KM4. Hotel ini berbentuk seperti pondok, jadi sangat mudah dijangkau untuk Anda yang tidak ingin naik terlalu jauh. Harga yang ditawarkan per malam ini mulai dari 110 ribu rupiah. Beberapa fasilitas hotel antara lain adalah restoran dengan harga yang terjangkau, internet di seluruh area hotel, dan taman untuk bersantai.

Wisata di tahun 2019 yang hemat kantong saat di Bandungan

Jika Anda tertarik mengunjungi Bandungan dalam waktu dekat, simak beberapa tempat wisata di tahun 2019 yang hemat di kantong berikut ini.

Gunung Ungaran

Bagi yang pernah pergi ke Semarang, pasti mengetahui bahwa Gunung Ungaran adalah tempat yang tepat untuk berteduh di tengah panasnya kota Semarang. Nah Gunung Ungaran sendiri letaknya dekat dengan Kecamatan Bandungan. Untuk mencapai puncak Gunung Ungaran, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam, tidak terlalu lama untuk ukuran naik ke puncak gunung. Jadi untuk Anda yang ingin mencoba naik gunung untuk pertama kalinya, Gunung Ungaran ini adalah tempat yang sangat cocok.

Selain itu di lereng Gunung Ungaran Anda bisa mendirikan tenda, berenang, dan juga melihat perkebunan teh yang sangat indah yaitu Perkebunan Teh Medini. Sesampainya di atas puncak gunung, rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan di sana.

Taman Bunga Setiya Aji

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Bunga Setiya Aji yang berada di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Bandungan. Di sini Anda bisa melihat ribuan bunga yang sangat indah dan bermekaran secara bersamaan. Menariknya lagi pengelola sudah membuat bunga-bunga tertata sangat rapi, sehingga ketika dilihat dari atas bentuknya sangat indah. Untuk mendapatkan spot foto yang menarik, Anda bisa datang di hari biasa dan pagi hari, ketika cahaya matahari bakal jadi penerangan yang sempurna.

Tetapi jika Anda datang ke Taman Bunga Setiya Aji saat akhir pekan atau libur panjang, Anda bisa bergantian untuk foto, karena tempat ini dijamin sangat ramai. Jadi Anda harap berhati-hati dengan barang bawaan Anda dan mencari spot foto lain yang lebih menarik di taman tersebut.

Susan Spa

Untuk Anda yang penasaran sebenarnya dengan gambar tempat spa di atas gunung yang ada di Instagram, itu adalah Susan Spa. Dengan konsep yang sangat unik, wajar bila ada beberapa wisatawan yang rela pergi ke Susan Spa untuk sekadar melihat pemandangan atau berfoto. Untuk masuk ke dalam Susan Spa Anda membayar tiket 25 ribu dan menikmati fasilitas seperti restoran dan juga pusat oleh-oleh.

Candi Gedong Songo

Saat jenderal Raffles mengadakan penelitian budaya yang ada di Indonesia, dirinya menemukan beberapa candi, salah satunya adalah Candi Gedong Songo di tahun 1804. Diyakini Candi Gedung Songo ini merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Syailendera sekitar tahun 927 masehi. Di beberapa bentuk dan desain candi, Candi Gedong Songo ini memiliki kesamaa dengan Candi Dieng. Dengan lokasi yang berada di lereng Gunung Ungaran, Anda bisa belajar sejarah, berfoto, sambil menikmati keindahan Kabupaten Semarang dari atas.

Untuk pergi ke Candi Gedong Songo, Anda bisa menuju ke wilayah Gunung Ungaran dari pusat kota Bandungan. Dengan kemiringan ketinggian mencapai 40 derajat, Anda akan melihat pemandangan yang sangat indah di balik candi tersebut.

Hotel dibawah 300 ribu di Bandungan

Hotel Kartika Bandungan

Hotel dengan harga dibawah 300 ribu pertama di Bandungan adalah Hotel Kartika Bandungan. Hotel yang berada di Jalan Bandungan Lemah Abang KM5 ini memiliki beberapa jenis pilihan kamar yaitu Executive Room, Family Room, dan Family Room. Harga yang ditawarkan di hotel ini mulai dari 250 ribu rupiah sampai paling mahal adalah 600 ribu rupiah. Harga tersebut tergantung hari, jenis kamar, dan fasilitas sarapan.

Beberapa fasilitas di dalam hotel antara lain parkir yang luas, restoran, room service, internet yang ada di semua fasilitas hotel, conference room, meeting, dan ruangan smoking area. Selanjutnya di kamar hotel, ada fasilitas seperti AC, TV LED dengan channel cable, ada shower, dan air panas. Untuk Anda yang ingin pergi ke Umbul Sidomukti ataupun Candi Gedong Songo, Anda hanya berjarak sekitar 30 menit dari hotel.

Wisma Theresia Bandungan

Hotel dibawah 300 ribu selanjutnya adalah Wisma Theresia Bandungan. Ini adalah hotel yang sangat indah karena berada di lereng Gunung Ungaran dan memiliki pemandangan sangat indah. Tidak seperti hotel pada umumnya, Wisma Theresia Bandungan ini berbentuk pondok-pondok, jadi lebih mirip seperti vila. Harga yang ditawarkan ini mulai dari 250 ribu rupiah dan pondok paling besar dapat menampung 15 orang dipatok dengan harga 1,2 juta rupiah. Jadi tempat ini sangat cocok untuk dijadikan outbound perusahaan atau komunitas.

Selanjutnya untuk fasilitas di dalam hotel antara lain Wi-Fi di seluruh area hotel, smoking area, restoran, area meeting, dan hotel juga menerima early check-in serta late check-out. Jadi hotel ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu yang cukup lama di Bandungan.

Hotel dibawah 200 ribu di Bandungan

Grand Panorama Hotel

Hotel pertama dibawah 200 ribu adalah Grand Panorama Hotel. Dengan harga per malamnya hanya 155 ribu rupiah per malam, Grand Panorama Hotel ini bisa jadi solusi yang pas untuk Anda yang ingin backpacker ke Bandungan. Beberapa jenis kamar yang ditawarkan antara lain Standard 1, Standard 2, dan Premium, perbedaannya antara lain besarnya kamar dan juga jumlah kamar tidur. Selain itu di Grand Panorama Hotel Anda bisa memilih antara kamar smoking room dan non-smoking room.

Untuk fasilitas hotel, Anda bisa menikmati area parkir yang luar, coffee shop, restoran, fitness center, ruangan meeting, dan juga ada fasilitas antar jemput ke Bandara Ahmad Yani Semarang. Kemudian fasilitas di dalam kamar sudah tersedia AC, TV LED dengan cable channel, meja untuk bekerja, dan water heater.

Hotel Bromo Indah

Hotel berbintang 1 terakhir yang bisa Anda kunjungi di Bandungan adalah Hotel Bromo Indah. Berada di Jalan Mayor Soeyoto KM 7, Hotel Bromo Indah ini tepat berada di lereng Gunung Ungaran. Jadi untuk Anda yang ingin menikmati tempat wisata yang ada di sekitaran Gunung Ungaran, Anda bisa menjadikan Hotel Bromo Indah sebagai salah satu alternatif yang tepat.

Harga yang ditawarkan oleh Hotel Bromo Indah ini mulai dari 120 ribu rupiah. Dengan fasilitas seperti resepsionis 24 jam, TV, meja dan kursi untuk bersantai, dan fasilitas kipas angin bakal cocok untuk Anda yang ingin beristirahat sebelum atau setelah ke Gunung Ungaran.

Tips saat bepergian ke Bandungan

Untuk Anda yang pertama kali ke Bandungan, simak tips saat bepergian ke wilayah Bandungan berikut ini.

Tempat wisata di Bandungan hampir kebanyakan berada di lereng gunung

Jadi bawalah peralatan untuk bepergian ke tempat yang berhawa dingin, pertama Anda wajib membawa jaket tebal, kaos kaki, dan juga sepatu. Jika Anda mempunyai alergi terhadap cuaca dingin, Anda bisa memakai sarung tangan dan topi untuk melindungi dari dinginnya cuaca di Bandungan

Bawalah peralatan lengkap saat mendaki gunung

Hal penting saat Anda mendaki Gunung Ungaran adalah bawalah peralatan mendaki lengkap. Mulai dari tas carrier, sepatu mendaki, tenda, dan peralatan kemah lainnya. Walaupun Gunung Ungaran ini tidak terlalu tinggi, jika Anda tidak mempunyai peralatan yang cukup, Anda akan kesulitan untuk mendaki gunung ini.

Hormatilah warga sekitar Bandungan

Selanjutnya adalah hampir semua tempat wisata di Bandungan ini berdekatan dengan rumah penduduk. Jadi usahakan Anda juga menghormati semua warga sekitar Bandungan. Selain itu, jika Anda bisa berinteraksi dengan warga sekitar Bandungan, Anda bisa mendapatkan kemudahan seperti penunjuk jalan ataupun tempat wisata terdekat.

Bawalah peralatan dokumentasi

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan di Bandungan adalah Anda bisa membawa peralatan dokumentasi ketika berada di Bandungan. Banyaknya pemandangan yang indah bisa jadi tempat yang pas untuk Anda mendokumentasikan semua kegiatan saat ke Bandungan. Selain itu tidak semua daerah di Bandungan ini terdapat sinyal telepon, jadi lebih baik Anda hanya memanfaatkan smartphone untuk mengambil dokumentasi.

Perlu Bantuan?