peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Ciputat

Tangerang Selatan, Indonesia · 20 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Ciputat

Kost CMC Syariah

Jalan Dewi Sartika Ciputat , Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

7.6 / 10

Baik

Angelynn Room @ Apartemen Green Lake View

Jalan Dewi Sartika No. 28, Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

8.1 / 10

Sangat Baik

Farida Property

Jalan Dewi Sartika No. 28 Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

8.0 / 10

Sangat Baik

Hotel Bermartabat Syariah

Jalan WR. Supratman - Ruko Harvest No. 05 Kampung Utan Kelurahan cempaka putih, tangerang selatan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15412

7.7 / 10

Baik

Furnished Room/MY ROOMS at Green Lake View (817)

Jalan Dewi Sartika No.28, Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

8.4 / 10

Sangat Baik

Greenlake View Apartment By Celeb

Jalan Dewi Sartika No.28 Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15412

6.5 / 10

Lumayan

Comfy Room/MY ROOMS at Green Lake View (1235)

Jalan Dewi Sartika No.28, Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

7.8 / 10

Baik

Lovely Room/MY ROOMS at Apartment Green Lake View (8A9)

Jalan Dewi Sartika No.28, Cipayung, Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

8.0 / 10

Sangat Baik

Studio Room/MY ROOMS at Apartment Green Lake View (910)

Jalan Dewi Sartika No.28, Cipayung, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

7.9 / 10

Baik

Beautiful Room/MY RO0OMS at Apartment Green Lake View (838)

Jalan Dewi Sartika No.28, Cipayung, Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

7.7 / 10

Baik

Cozy Room at Apartment Green Lake View (AD)

Jalan Dewisartika, Ciputat, Tangerang Selatan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

7.3 / 10

Baik

Studio Room at Apartemen Green Lakeview (AD)

Jalan Dewisartika, Ciputat, Tangerang Selatan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

7.7 / 10

Baik

Arjuna @ Green Lake View (AD)

Jalan Dewi Sartika, Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

Countrywoods Residences

Jalan WR Supratman , Rengas, Ciputat Timur Rt 03/11 Tangerang Selatan 15412, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15412

Rizky Apartemen Green Lake View Ciputat

Jl. Dewi Sartika No.28, Cipayung, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

Celebrity Room Green Lake View - Bahri

Jalan Dewi Sartika No.28 Cipayung Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15412

7.2 / 10

Baik

Radiant Wisma

Jalan Pahlawan No. 37A, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15412

7.7 / 10

Baik

Green Room Jakarta

Jalan Jambu No.68 Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15412

Modern Room/MY ROOMS at Apartment Green Lake View (1233)

Jalan Dewi Sartika No.28, Ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

Green lake view apartement - ciputat

Jl Dewi Sartika No.28 Ciputat Cipayung Tangerang Selatan , Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia, 15411

hotel lainnya

Tentang

Ciputat adalah sebuah kecamatan yang terletak di tengah Kota Tangerang Selatan. Ciputat dahulunya merupakan kecamatan dari Kabupaten Tangerang, namun setelah Tangerang Selatan menjadi daerah otonom, Ciputat menjadi salah satu kecamatan di Tangerang Selatan selain kecamatan Sawah Baru, Jombang, Cipayung, Serua, Sawah lama, dan Serua Indah.

Ciputat memiliki wilayah seluas 3.636 hektar yang ditempati 260.777 penduduk. Kawasan ini terkenal sebagai daerah yang melahirkan para cendikiawan Muslim karena terdapat salah kampus Islam negeri terbesar di Indonesia, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah di Ciputat. 

Sejarah Ciputat

Pada zaman penjajahan kolonial Belanda, Ciputat merupakan kawasan hutan belantara yang menjadi produsen rempah-rempah untuk penjajah Belanda. Namun, perekonomian pada masa itu dikuasai oleh etnis Tionghoa. Setelah masa penjajah usai, etnis Arab menguasai sebagian besar lahan di Ciputat dan mendirikan Masjid Al-Jihad untuk masyarakat Ciputat.

Nama Ciputat terdiri dua suku kata. ‘Ci’ bermakna air dalam bahasa Sunda dan ‘Putat’ yang merupakan sejenis tanaman yang biasa dijadikan lalapan oleh masyarakat saat itu.

Budaya di Ciputat

Masyarakat Ciputat mayoritas berasal dari suku Betawi, Arab, dan Tionghoa. Di sini, kebudayaan Betawi masih dilestarikan oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Hal ini dibuktikan dengan adanya Festival Penganten Betawi yang digelar oleh pemerintah Kota Tangerang Selatan pada acara hari jadi Kota Tangerang Selatan yang kelima.

Wilayah Utama Ciputat

Ciputat berbatasan langsung dengan Kecamatan Pondok Aren di sebelah timur, Kecamatan Pamulang dan Serpong di sebelah barat, Propinsi DKI Jakarta di sebelah utara, serta Kecamatan Pamulang di sebelah selatan.

Cara ke Ciputat

Transportasi Udara

Anda bisa menaiki pesawat terbang dengan tujuan pendaratan di Bandara Soekarno-Hatta. Dari bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Ciputat menggunakan Damri dengan jurusan Terminal Lebak Bulus. Tarif Damri tujuan Terminal Lebak Bulus adalah Rp40.000.

Dari Terminal Lebak Bulus, Anda kembali melanjutkan dengan angkutan umum (angkot)  jurusan Lebak Bulus‒Ciputat. Untuk penginapan, Anda bisa booking hotel di sekitar Lebak Bulus karena daerah ini berdekatan dengan Ciputat.

Selain Damri, Anda juga dapat menggunakan taksi bandara untuk mengantar ke Ciputat. Perjalanan akan ditempuh dalam waktu 40 menit jika keadaan jalan tidak macet.

Transportasi Darat

TransJakarta

Anda dapat menggunakan TransJakarta jalur koridor 1 yang akan melewati Lebak Bulus, Pondok Indah, dan Blok M. Anda akan turun di Lebak Bulus untuk melanjutkan perjalanan ke Ciputat.

Ada dua jenis TransJakarta yang beroperasi dari Terminal Ciputat, yakni APTB dan TransJabodetabek. Untuk TransJabodetabek, jalur yang dipilih selain koridor 1 adalah koridor 8 dengan rute Lebak Bulus‒Blok M.

Commuter Line

Anda bisa menggunakan Commuter Line dari stasiun terdekat menuju Stasiun Sudimara. Perjalanan dari Stasiun Sudimara ke Ciputat hanya sekitar 6 menit menggunakan angkutan umum.

Kendaraan Pribadi

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa ke Ciputat melalui Blok M, Lebak Bulus, Pondok Indah, Serpong, atau Bintaro. Kendaraan pribadi dapat mengantar Anda ke berbagai tujuan di Ciputat dengan lebih fleksibel.

Objek Wisata di Ciputat

Situ Gintung

Objek wisata yang terkenal di Ciputat, salah satunya adalah Situ Gintung. Situ Gintung merupakan sebuah danau buatan yang digunakan untuk penampungan air hujan. Kini, sudah terdapat banyak fasilitas wisata fun and adventure, seperti camping, outbuond, gathering, dan paintball di Situ Gintung. Setelah lelah bermain, Anda bisa singgah di restoran-restoran yang ada di sekitar Situ Gintung.

Situ Gintung menjadi salah satu objek wisata favorit di Ciputat karena letaknya strategis, yaitu dekat kampus UIN Syarif Hidayatullah dan Terminal Lebak Bulus. Selain itu, Anda juga bisa menemukan hotel-hotel untuk tempat menginap selama berada di sekitar tempat wisata ini.

Masjid Al-Jihad

Masjid Al-Jihad adalah salah satu tempat wisata religi yang terdapat di Ciputat. Masjid Al-jihad merupakan masjid yang menjadi pusat keagamaan Islam di zaman dahulu. Masjid ini dibangun oleh salah satu juragan tanah dari etnis Arab, yaitu Tuan Salim. Masjid ini memiliki nilai sejarah yang kuat bagi masyarakat Muslim Betawi yang berada di Ciputat.

Masjid Al-Jihad berada di seberang UIN Syarif Hidayatullah. Masjid ini selalu ramai dikunjungi jamaah mulai dari pagi hingga malam hari.

Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo

Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo adalah salah satu objek wisata budaya yang dimiliki oleh Ciputat. Objek wisata ini berada di Kampung Sawah, Ciputat. Awalnya, rumah budaya ini merupakan sebuah paguyuban yang didirikan pada 6 Agustus 2003 oleh H. Luluk Sumiarso.

Latar belakang pendirian Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo adalah untuk menunjukkan bentuk rasa cinta H. Luluk Sumiarso kepada kebudayaan nusantara dan melihat kecintaan masyarakat Indonesia terhadap budayanya sendiri di tengah arus globalisasi. 

Kandang Jurank Doank

Kandang Jurank Doank adalah salah satu objek wisata anak dan keluarga yang terdapat di Ciputat, Tangerang Selatan. Di tempat wisata ini, anak-anak diajarkan bagaimana mencintai alam dan meningkatkan kreativitas. Kandang Jurank Doank didirikan oleh seorang presenter televisi dan seniman, Dik Doank. 

Selain wahana edukasi anak, tersedia juga wahana permainan outbound, salah satunya flying fox. Kandang Jurank Doank tertelak di kompleks Alvita Q14, Ciputat, Tangerang Selatan.

Tanah Tingal

Tanah Tingal adalah objek wisata alam yang terdapat di Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan. Tanah Tingal menawarkan pemandangan alam yang cukup indah yang dikelilingi galeri dan ornamen khas Jawa. Pengelola juga menawarkan kelas membuat keramik untuk para pengung yang tertarik.

Di tempat wisata ini, terdapat wahana permainan, seperti fying fox, wall climbing, dan wahana pemacu adrenalin lainnya. Selain itu, Anda bisa jogging dam aktivitas lainnya bersama keluarga di area luas yang sediakan di Tanah Tingal.

Tips Berwisata di Ciputat

  • Jika Anda seorang backpacker yang ingin mencari penginapan murah, sebaiknya carilah hotel di kawasan UIN Syarif Hidayatullah.
  • Waktu paling tempat mengunjungi Ciputat adalah pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional karena aksesnya tidak terlalu macet seperti hari kerja.
?
Perlu Bantuan?