peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Prambanan

Sleman, Indonesia · 3 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Prambanan

EXTERIOR_BUILDING Maqmil Homestay

Maqmil Homestay

Klurak Baru RT 04 RW 01 Bokoharjo Prambanan, Belakang Toko Rahayu Prambanan, Prambanan, Sleman, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55572

8.5 / 10

Sangat Baik

Others Star Homestay Yogyakarta

Star Homestay Yogyakarta

Klurak Baru RT 01/04 Bokoharjo Prambanan, Prambanan, Sleman, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55572

Others 2 Bedroom at Henny Homestay

2 Bedroom at Henny Homestay

klurak baru blok H2 rt06/rw32, Bokoharjo, prambanan, Prambanan, Sleman, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55572

hotel lainnya

Tentang

Prambanan adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kecamatan ini dibangun pada 1916 dengan luas wilayah sekitar 4.135 hektar. Kecamatan Prambanan mampu menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara karena berbagai hal. Di kecamatan ini terdapat berbagai objek wisata yang tentunya menarik dan sayang jika Anda lewatkan. 

Pemandangan yang ditawarkan oleh Kecamatan Prambanan sangatlah indah. Hampir 60 persen wilayah ini adalah pegunungan dan sisanya adalah sawah dan daerah datar, sehingga udara di sana terasa sejuk. Wilayah yang dekat dengan berbagai macam objek wisata yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur ini akan ramai pengunjung setiap harinya. Di daerah ini terdapat objek wisata sejarah, wisata alam, dan wisata budaya.

Sejarah Prambanan

Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman sangat terkenal dengan peninggalan sejarah yang dapat Anda lihat pada candi-candi peninggalan nenek moyang. Salah satu candi yang terkenal ialah Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang yang menceritakan kisah kecantikan Nyi Roro Jonggrang. Candi ini dibangun oleh Wangsa Sanjaya sekitar 850 masehi silam. Candi ini termasuk salah satu cagar budaya dunia yang ditetapkan UNESCO pada 1991, sehingga wajib untuk dijaga kelestariannya. Candi ini dibangun dengan tinggi sekitar 47 meter, lebih tinggi 5 meter dari Candi Borobudur. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar se-Asia Tenggara.

Asal mula terbentuknya Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang telah melegenda di kawasan Sleman. Menurut masyarakat sekitar, pada zaman dahulu, ada seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso yang jatuh cinta kepada seorang putri cantik nan jelita bernama Roro Jonggrang. Roro Jonggrang tak kuasa untuk menolak cinta Pangeran Bandung Bondowoso. Oleh karena itu, ia pun membuat sebuah permintaan. Sang putri meminta pangeran untuk membuat sebuah candi dengan 1000 arca dan dalam waktu satu malam. Pangeran Bandung Bondowoso akhirnya menerima permintaan sang putri dan hampir menyelesaikannya.

Saat Roro Jonggrang mengetahui bahwa sang pangeran akan menyelesaikan permintaannya, ia segera meminta tolong kepada warga desa untuk segera menumbuk padi dan memancing agar ayam-ayam jantan segera berkokok. Sayangnya, pangeran tahu bahwa ia telah ditipu dan saat pembangunan candi tersebut telah mencapai 999 arca, Bandung Bondowoso kemudian mengutuk sang putri untuk dijadikan sebagai arca ke-1000.

Budaya di Prambanan

Kebudayaan yang sangat kental di daerah Kecamatan Sleman ini adalah bentuk sejarah yang telah ditinggalkan oleh para leluhur. Di Kecamatan Prambanan, Sleman, kita dapat melihat berbagai macam situs budaya sejarah nasional yang masih dijaga dan dirawat oleh masyarakat.

Bahasa Daerah di Prambanan

Bahasa yang digunakan oleh masyarakat sekitar adalah bahasa daerah, yaitu bahasa Jawa. Namun seiring perkembangan zaman, banyak juga masyarakat yang menggunakan bahasa Indonesia.

Wilayah Utama Prambanan

Kecamatan Prambanan memiliki luas sekitar 4.135 hektar, dan memiliki 6 Desa, dan meliputi dusun serta 162 RW (Rukun Warga) dan 382 RT (Rukun Tetangga). Kecamatan Kalasan dan Berbah adalah batas wilayah Kecamatan Prambanan bagian barat, sedangkan Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul adalah batas wilayah bagian selatan dari kecamatan Prambanan, dan batas wilayah bagian utara dan timur adalah Kabupaten Klaten di sebelah utara.                              

Cara ke Prambanan

Jika Anda ingin berwisata ke Kecamatan Prambanan, Sleman, dari Jakarta Anda bisa melalui jalur udara, yakni menaiki pesawat dari Bandar Udara Internasional Adisutjipto yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari bandara, Anda bisa menggunakan bus pariwisata menuju Sleman, kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan wisata menggunakan Trans Wisata Sleman. Bus tersebut akan melewati beberapa titik yang ada di Kabupaten Sleman.

Objek Wisata di Prambanan

Desa Teletubbies

Sesuai dengan namanya, Desa Teletubbies adalah sebuah desa dengan bangunan yang berbentuk kubah seperti dalam film Teletubbies, bangunan ini dibangun setelah terjadi bencana gempa di Yogyakarta pada 2006 lalu. Desa Teletubbies atau disebut juga komplek rumah Dome yang berada di Dusun Nglepen, Kecamatan Prambanan, Sleman, dekat dengan Istana Ratu Boko. Selain bentuk rumahnya yang menarik, pada hari Minggu dan hari libur juga hadir keempat boneka Teletubbies. Desa ini sangat cocok dikunjungi oleh keluarga yang membawa anak-anak kecil untuk bermain bersama tokoh-tokoh boneka yang ada di film Teletubbies.

Candi Boko

Candi ini berada di antara dua dukuh, yakni Dukuh Sumberwatu Desa Bokoharjo dan Dukuh Dawung, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Lokasi Candi Boko sangat dekat dengan Candi Prambanan, menurut warga sekitar Candi Boko adalah peninggalan dari Kerajaan Ratu Boko, di mana beliau adalah ayahanda dari Putri Roro Jonggrang.

Candi Kalasan

Tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Candi Kalasan. Meski candi ini tidak begitu ramai dan terkenal, namun Candi Kalasan merupakan candi tertua yang ada di DIY Yogyakarta dan menjadi peninggalan dari agama Buddha. Candi Kalasan terletak di Jalan Raya Yogya, Solo Km. 14, Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman. Candi ini berdekatan dengan Candi Prambanan dan Candi Boko.

Sendratari Ramayana

Pertunjukan yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional ini menjadi salah satu andalan wisata Kabupaten Sleman. Sendratari Ramayana merupakan pertunjukan seni tari dan drama yang mengisahkan tentang Ramayana.

Museum Gunung Merapi

Museum ini dibangun sebagai sarana pendidikan dari aspek vulkanologi hingga masalah budaya dan sosial gunung Merapi. Gunung Merapi merupakan gunung yang masih aktif sampai saat ini, bahkan dampak yang ditimbulkan begitu besar. Museum Gunung Merapi ini terletak di Jl. Boyong Dusun Banteng, Kecamatan Pakem, Sleman.

Museum Dapur Tradisional

Museum ini berisi koleksi dari berbagai macam peralatan dapur dari tradisional hingga modern. Museum Dapur Tradisional terletak di Desa Kembangarum, Turi, Sleman.

Wisata Kuliner di Prambanan

Salah satu makanan khas dari Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman dan sekitarnya adalah jadah tempe, salak pondoh, sate kelinci Kaliurang, sate jaran Godean, pepes belut Godean, ayam goreng kremes Kalasan. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi berbagai macam jajanan pasar tradisional yang dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Tips Berwisata ke Prambanan

  • Bagi Anda yang ingin berwisata rombongan ke Kabupaten Sleman, disarankan agar Anda mengatur daftar perjalanan, tempat tinggal, serta tempat makan terlebih dahulu. Jika memungkinkan, bawalah perbekalan dari rumah agar lebih menghemat budget karena biaya untuk makan di daerah wisata akan naik menjadi dua kali lipat dari tempat lain.
  • Berwisata tidak lengkap rasanya tanpa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh, disarankan agar membeli oleh-oleh di pasar tradisional. Selain harganya lebih murah, barang yang ditawarkan pun cukup berkualitas.
  • Cuaca di Sleman sangatlah panas pada musim kemarau, Jadi, Anda disarankan untuk membawa topi atau payung.
?
Perlu Bantuan?