peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Belitung

Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia · 101 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Belitung

Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

Jalan Pantai Dusun Ulu, Sijuk . Kp.Bangka Belitung , Belitung, Indonesia, 33414

9.0 / 10

Istimewa

BW Suite Belitung

Jl. Pattimura, Tanjung Pandan, Belitung , Belitung, Indonesia, 33414

8.5 / 10

Sangat Baik

Grand Hatika Hotel Belitung

Jalan Kemuning A.16 Tanjung Pandan, Belitung, Indonesia, 33414

8.3 / 10

Sangat Baik

Grand Orion Hotel

Jl. Patimura , Belitung, Indonesia, 33411

8.3 / 10

Sangat Baik

MaxOneHotels at Belstar Belitung

Jalan Sriwijaya Tanjung Pandan Belitung , Belitung, Indonesia, 33411

8.6 / 10

Sangat Baik

Golden Tulip Essential Belitung

Jalan Seroja A88-A90 Tanjung Pendam, Belitung, Indonesia, 33411

8.7 / 10

Sangat Baik

Hotel Hanggar 21

Jalan Sudirman KM.11.8 Buluh Tumbang, Belitung, Indonesia

9.0 / 10

Istimewa

Arnava Mutiara Belitung

Jalan Depati Endek No. 23, Belitung, Indonesia, 33411

8.9 / 10

Sangat Baik

Demuon Hotel

Jl. Jend. Sudirman No. 30 Tanjung Pandang, Belitung, Indonesia, 33416

8.5 / 10

Sangat Baik

Bahamas Hotel & Resort

Jl. Patimura Air Saga No. 1 , Belitung, Indonesia, 33415

8.2 / 10

Sangat Baik

Hotel Pondok Impian

Jl. Pattimura, No. 08, Belitung, Indonesia, 33415

7.5 / 10

Baik

Lux Melati Hotel

Jalan Melati No.72, Tanjung Pandan Belitung, Belitung, Indonesia, 33411

8.6 / 10

Sangat Baik

Billiton Hotel & Klub

JL. Depati Gegedek No.50,Tanjungpandan, Belitung, Indonesia, 33411

9.1 / 10

Istimewa

Hotel Harlika Jaya

Jl. Melati No.A 43 , Belitung, Indonesia, 33415

8.0 / 10

Sangat Baik

Penginapan Sriwijaya

Jl. Sriwijaya No. 1 , Belitung, Indonesia, 33411

8.6 / 10

Sangat Baik

Meigah Hotel

Jl. Gatot Subroto No. 118, Belitung, Indonesia, 33411

8.8 / 10

Sangat Baik

Airy Tanjung Pandan Depati Rahat 21 Belitung

Jl. Depati Rahat no. 21, Belitung, Indonesia, 33416

8.7 / 10

Sangat Baik

Guest Hotel Manggar

Jl. Eks Bioskop Mega Lipat Kajang || Manggar Belitung Timur, Belitung, Indonesia, 33472

8.4 / 10

Sangat Baik

Airy Tanjung Pandan Gatot Subroto 118 Belitung

Jl. Gatot Subroto No. 118, Paal Satu, Belitung, Indonesia, 33411

8.8 / 10

Sangat Baik

Green Tropical Village Hotel and Resort

Jl. Ahmad Yani, Belitung, Indonesia, 33415

8.6 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

tentang belitung

Pulau Belitung adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Indonesia. Pesonanya mulai banyak dilirik orang setelah meledaknya buku yang diadaptasi menjadi film layar lebar “Laskar Pelangi” dan “Sang Pemimpi”. Film berlatar belakang di Pulau Belitung ini memang banyak menampilkan keindahan alamnya, dan sudah diterjemahkan ke berbagai macam bahasa di dunia.

Pasir putih halus bersanding dengan birunya laut serta bebatuan besar di bibir pantai membuat Pulau Belitung jadi idola di kalangan turis pecinta pantai. Sebagai wilayah kepulauan, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung memang memiliki banyak pulau yang bahkan di antaranya belum tersentuh oleh tangan manusia.

Kota utama di Pulau ini adalah Kota Tanjung Pandan. Kota ini sudah menjadi pusat aktivitas sejak zaman penjajahan. Pada zaman itu, Pulau Belitung dan sekitarnya dikenal sebagai lokasi tambang timah yang produktif. Kehadirannya di dunia pariwisata Indonesia masih baru dan masih banyak tempat yang sedang dikembangkan untuk menjamu para turis domestik dan internasional.

Salah satu pulau besarnya, Belitung, menjadi pusat perhatian beserta beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Lebong dan Pulau Lengkuas. Daerah lain yang memiliki pantai indah adalah Burung Mandi, Tanjung Kelayang, dan Tanjung Tinggi. Beberapa pulau kecil memiliki letak strategis yang menjadikannya tidak bersentuhan langsung dengan samudra, yang berarti pulau tersebut memiliki ombak yang lebih tenang serta air yang lebih jernih.

Sama seperti wilayah Indonesia Barat lainnya, Pulau Belitung memiliki iklim tropis dengan musim basah selama tujuh bulan dan musim kering selama lima bulan. Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah di antara bulan Oktober dan April. Bulan Juni dan Juli juga menjadi waktu favorit para turis untuk datang ke Pulau Belitung. 

Cara ke Belitung

Beberapa moda transportasi yang dapat mengantar Anda ke Pulau Belitung adalah:

Transportasi Udara

Pulau Belitung memiliki bandara sendiri yaitu Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin yang terletak di daerah Tanjung Pandan. Penerbangan menuju Tanjung Pandan tersedia setiap hari dari Jakarta. Anda bisa dengan mudah menuju Belitung dengan memesan pesawat menuju ke bandara ini.

Namun, jika Anda ingin mengunjungi Pulau Bangka terlebih dahulu, penerbangan yang sebaiknya diambil adalah menuju ke Pangkal Pinang. Setelah berkeliling di Pulau Bangka, Anda bisa menyeberang ke Pulau Belitung menggunakan pesawat kecil ataupun kapal cepat.

Transportasi Laut

Transportasi alternatif untuk menuju Pulau Belitung adalah dengan naik kapal feri. Kota seperti Jakarta, Cirebon, dan Pontianak menyediakan keberangkatan kapal feri menuju Pelabuhan Tanjung Pandan, Dendang Belitung atau Tanjung Batu

Transportasi di Belitung

Pulau Belitung belum memiliki sistem transportasi umum sebaik di kota besar lainnya. Angkutan umum yang tersedia adalah bemo dan bus antar kabupaten. Jadi, sebaiknya Anda berpikir untuk menyewa mobil atau motor selama di Belitung. Lebih aman lagi jika Anda menyewa mobil atau motor yang disediakan oleh hotel tempat Anda menginap.

Ojek dan taksi sebenarnya mudah untuk ditemukan di pulau ini. Keuntungan dari naik ojek dan taksi adalah Anda tidak perlu khawatir akan tersesat. Tetapi, sebaiknya tanyakan dulu pada pihak bandara atau hotel untuk tarif normal yang biasanya berlaku. Jangan sampai, Anda mendapatkan harga sewa yang lebih mahal dari harga normal.

Hotel di Belitung

Belitung memiliki pilihan hotel yang lengkap mulai dari penginapan bujet bintang 1 hingga yang mewah berbintang 5. Berikut daftarnya:

Hotel Bintang 1 di Belitung

Bagi yang ingin bermalam di penginapan murah, namun fasilitas memadai, Anda dapat memilih hotel bintang 1 di Belitung berikut ini:

Hotel Mustika Belitung

Hotel Mustika Belitung berada di dekat pusat kota yaitu di Jalan Jendral Sudirman. Dengan harga sekitar Rp200.000, hotel ini bisa menjadi pilihan bagi para backpacker. Dengan harga yang murah, tentu Anda tidak akan ragu untuk tinggal selama beberapa hari di hotel ini. Selan itu, lokasinya juga strategis dan memudahkan Anda untuk berkeliling pulau selama berlibur.

Hotel Hanggar 21

Hanggar 21 adalah hotel yang memiliki fasilitas yang mengesankan untuk sekelas hotel bintang 1. Berjarak kurang dari 3 kilometer dari bandara Tanjung Pandan, hotel ini adalah salah satu hotel murah terbaik di Belitung.

Walaupun tidak memiliki fasilitas kolam renang, Hotel Hanggar 21 memiliki taman yang luas serta beberapa kegiatan di area hotel seperti tenis, bersepeda, dan memancing. Tarif menginap di hotel ini berkisar antara Rp400.000 hingga Rp800.000 per malam. Hotel di Belitung ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang membawa anak-anak namun dengan anggaran terbatas. 

Hotel Bintang 2 di Belitung

Berikut adalah daftar hotel bintang 2 yang ada di Belitung:

Guest Hotel Manggar

Hotel ini terletak di bagian Timur Pulau Belitung, tepatnya di Jalan Eks Bioskop Mega Lipat Kajang. Daerah wisata terkenal yang ada di dekat hotel ini adalah Pantai Burung Mandi. 

Hotel ini memiliki kamar yang cukup bersih dengan pelayanan yang ramah. Lokasinya juga cocok untuk Anda yang ingin mencari penginapan di daerah Manggar. Secara keseluruhan, hotel ini tepat untuk dijadikan tempat istirahat setelah seharian berkeliling Pulau Belitung. 

Untuk menginap di sini, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp500.000 untuk tipe kamar Superior. Tentu saja, untuk tipe kamar yang lebih tinggi, harganya akan lebih mahal.

Belitong Inn

Hotel bintang 2 ini terletak tidak jauh dari bandar udara Tanjung Pandan yaitu di Jalan Jendral Sudirman nomor 16. Lokasinya yang dekat dengan pusat aktivitas kota menjadikan hotel ini pilihan yang tepat. Hotel ini adalah hotel yang cocok apabila Anda ingin mencari hotel yang murah dengan pelayanan mengesankan.

Pantai terdekat dengan hotel ini adalah pantai Tanjung Tinggi yang terletak di arah Barat Laut Pulau Belitung. Ini adalah hotel yang cocok untuk perjalanan bisnis dan keluarga. Harga yang ditawarkan oleh Belitong Inn juga relatif terjangkau yaitu sekitar Rp460.000 untuk semalam.

Bukit Berahu Cottages

Penginapan yang berada di Desa Tanjung Binga, Sijuk, ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas hiburan dalam hotel seperti kolam renang dewasa, kolam renang anak dan snorkeling bisa Anda nikmati bersama keluarga. Selain itu, hotel ini juga memiliki pantai pribadi sendiri. Jadi, dapat dipastikan pengunjung pantai hanyalah pengunjung yang menginap di Bukit Berahu Cottages.

Hamparan pasir putih akan menyambut Anda selama perjalanan menuju Bukit Berahu Cottages. Pemandangan yang indah juga akan memanjakan Anda tepat di depan pintu cottage. Semua itu bisa Anda dapat dengan membayar sekitar Rp550.000 per malam. Untuk tipe kamar yang bisa menampung tamu lebih banyak, sebaiknya pilih tipe Villa dengan harga mulai Rp2.300.000 per malam. 

Demuon Hotel

Masih terletak di daerah Tanjung Pandan, Demuon Hotel hanya berjarak sekitar 11 kilometer dari Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin. Ini adalah hotel yang cocok untuk liburan singkat atau untuk perjalanan bisnis. Demuon Hotel adalah pilihan yang tepat jika Anda menginginkan hotel terjangkau dengan fasilitas yang memuaskan.

Yang paling terkenal dari hotel ini adalah makanannya yang spesial karena Demuon Hotel memiliki restoran dan kafe untuk mendapatkan hidangan yang berbeda. Hotel dengan bangunan baru ini juga termasuk bersih serta nyaman. Anda bisa menikmati fasilitas Demuon Hotel hanya dengan sekitar Rp400.000 per malam. Utuk tipe kamarnya sendiri, hanya tersedia dua tipe kamar yaitu Standard dan Deluxe.

Hotel Bintang 3 di Belitung

Jika Anda mencari hotel kelas menengah, terdapat pula penginapan bintang 3 di Belitung yang menawarkan tarif terjangkau dengan fasilitas lengkap. Berikut di antaranya:

MaxOneHotels at Belstar Belitung

Terletak di Jalan Sriwijaya Tanjung Pandan, Belitung, MaxOneHotels at Belstar Belitung adalah hotel yang cocok karena lokasinya yang sangat dekat dengan airport. Memang, MaxOneHotels sudah terkenal di kota-kota di Indonesia sebagai hotel bintang 3 dengan harga terjangkau.

Hotel ini juga berdekatan dengan museum Tanjung Pandan yang menyimpan keramik sisa dari kapal tenggelam dan juga benteng tua peninggalan zaman Belanda. Hotel berinterior modern ini menawarkan satu tipe kamar dengan harga sekitar Rp600.000. Harga tersebut dapat berubah sesuai dengan tanggal menginap, karena biasanya pada masa berlibur harga hotel akan sedikit lebih mahal.

Golden Tulip Essential Belitung

Hotel ini adalah salah satu hotel bintang 3 yang memiliki lokasi yang dekat dengan pantai, yaitu pantai Tanjung Pendam. Dengan alamat di Jalan Seroja A88, Golden Tulip Essential Belitung berdekatan juga dengan museum Tanjung Pandan dan kebun binatang. Ini menjadikan hotel ini cocok untuk penginapan keluarga terutama yang membawa anak-anak.

Anda bisa memesan kamar di hotel ini dengan harga sekitar Rp600.000 – Rp700.000 saja. Salah satu kelebihan dari Golden Tulip Essential Belitung ini adalah memiliki kamar khusus dengan empat kasur tidur untuk mengakomodasi keluarga dengan jumlah lebih dari 3 orang. Tipe kamar ini disebut juga dengan Family Room Quadruple dan disewakan dengan kisaran harga Rp1.000.000 per malam.

Pelangi Lake Resort

Penginapan bernuansa alam ini terletak di pantai Tanjung Tinggi. Masih di sekitar Tanjung Pandan, hotel ini juga tidak jauh dari bandara. Konsepnya yang menggunakan rumah kayu serta lingkungan sekitar yang masih terdiri dari hutan alami dan pantai membuat hotel ini sejuk dan asri untuk ditempati.

Bukan hanya kamar hotel, penginapan bintang 3 ini juga memiliki tipe cottage yang bisa menampung Anda dan keluarga yang berjumlah banyak. Untuk kisaran harga di Pelangi Lake Resort, Anda bisa menikmati alaminya pantai serta cottage yang terbuat dari kayu hanya dengan Rp475.000 saja per malam. 

Sementara itu, untuk tipe vila terbesarnya disewakan dengan harga mulai Rp1.950.000. Harga tersebut dapat dikatakan terjangkau apabila dibandingkan dengan pemandangan dan suasana yang akan Anda dapatkan di Pelangi Lake Resort.

Billiton Hotel & Klub

Billiton Hotel & Klub berada di Jalan Depati Gadegek nomor 50, Tanjung Pandan. Lokasinya hanya 5 kilometer dari museum Tanjung Pandan dan sekitar 10 kilometer dari bandara Tanjung Pandan. Hotel memiliki kolam renang dewasa dan anak sebagai fasilitas hiburan. Selain itu, hotel juga menyediakan penyewaan mobil sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai transportasi.

Hotel ini memiliki kualitas pelayanan yang baik. Ini menjadikan Billiton Hotel & Klub cocok sebagai pilihan menginap keluarga dan juga perjalanan bisnis Anda. Harga untuk menginap satu malam di hotel ini adalah mulai Rp807.500 untuk tipe kamar terendah.

Hotel Bintang 4 di Belitung

Berikut adalah pilihan hotel bintang 4 yang menyediakan fasilitas bermalam yang lengkap dengan harga ramah kantong:

BW Suite Belitung

Hotel ini terletak di Jalan Pattimura, Tanjung Pandan. Sebagai hotel bintang 4, BW Suite Belitung memiliki fasilitas yang lengkap. Ini membuat hotel ini cocok untuk berbagai keperluan dari mulai liburan keluarga, pasangan hingga keperluan bisnis. Apalagi, lokasinya masih di Tanjung Pandan yang merupakan pusat aktivitas dan bisnis di Pulau Belitung.

Beberapa fasilitas di dalam hotel adalah kolam renang, spa, karaoke, pusat kebugaran dan layanan pijat. Hotel yang memiliki 4 tipe kamar ini memberikan pilihan luas kamar dari mulai 25 – 66 meter persegi. Harga yang harus Anda bayarkan untuk menginap di BW Suite Belitung adalah antara Rp800.000 untuk tipe kamar Superior sampai dengan Rp2.500.000 untuk tipe Governor Suite. Harga hotel akan sangat tergantung tipe kamar yang Anda pilih serta tanggal menginap.

Green Tropical Village Hotel and Resort

Masih terletak di daerah Tanjung Pandan, Green Tropical Village Hotel and Resort menawarkan fasilitas hotel berbintang 3 dengan harga yang terjangkau. Dengan 3 kolam renang, hotel ini memiliki kesan seakan Anda memiliki kolam pribadi. Lokasi yang dekat dengan pusat kota juga memberikan daya tarik tersendiri bagi hotel ini.

Green Tropical Village Hotel and Resort juga menawarkan harga yang cukup murah untuk sekelas hotel bintang 4. Harga untuk satu malam di tipe kamar terendahnya adalah sekitar Rp530.000 dan akan sedikit lebih mahal untuk tipe kamar yang lebih tinggi.

Lebong Island Resort

Pulau Lebong adalah sebuah pulau yang sedang terus dikembangkan untuk menjadi sebuah pusat pariwisata di daerah Belitung. Terletak di sebelah Barat Pulau Belitung, Pulau Lebong memiliki konsep penginapan yang alami dengan bangunan yang terbuat dari kayu.

Hampir semua tipe penginapan di Lebong Island Resort berbentukvila yang bisa menampung 3 sampai 8 orang. Satu vila dengan kapasitas 3 orang disewakan dengan kisaran harga Rp4.800.000. Tipe vila yang dimiliki penginapan ini adalah Tree House, Villa Central, dan Tata Villa. 

Salah satu tipe vilanya, Tree House, memiliki kapasitas 3 orang dengan konsep rumah pohon yang unik. Tipe ini sangat cocok bagi keluarga kecil dengan satu atau dua orang anak. Sementara itu, untuk tipe kamar yang terbesar adalah Tata Villa dengan kapasitas menginap sampai 8 orang.

Harga untuk menginap di Lebong Island Resort memang cukup mahal, tetapi semua itu terbayar dengan pemandanganyang indah serta air yang biru kehijauan dengan pasir putih halus. Di sini, Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti snorkeling, dayung kano, memancing, dan bersepeda di bibir pantai.

Grand Hatika Hotel Belitung

Hotel ini beralamat di Jalan Kemuning, Tanjung Pandan. Lokasinya sangat dekat dengan pantai di bagian Barat Pulau Belitung. Untuk menuju ke hotel, Anda hanya perlu berkendara sekita 14 kilometer dari bandara. Grand Hatika Hotel Belitung adalah salah satu hotel yang memiliki fasilitas pertemuan yang lengkap. Fasilitasnya yang diberi nama Baginda Ballroom ini bisa mengakomodasi keperluan pertemuan bisnis maupun acara seminar. 

Selain itu, hotel juga memiliki kolam renang. Jadi, Anda dapat menikmati bermain air tanpa perlu keluar ke pantai apalagi jika Anda membawa anak-anak yang biasanya sangat senang bermain air.Untuk menginap di Grand Hatika Hotel Belitung ini, Anda bisa memesan kamar dengan harga mulai Rp740.000 per malam untuk tipe kamar yang paling rendah. Tipe kamar yang paling sering dipilih oleh pengunjung adalah Deluxe, Superior, Grand Superior, dan Family Room.

Hotel Bintang 5 di Belitung

Anda yang mendambakan penginapan mewah dengan segala fasilitas terbaiknya, pilihan hotel bintang 5 di Belitung ini dapat menjadi pertimbangan:

Arumdalu Private Village

Karena sektor pariwisatanya yang masih terus berkembang, Pulau Belitung belum memiliki banyak penginapan berbintang 5. Salah satu dari sedikit pilihan hotel bintang 5 di pulau ini adalah Arumdalu Private Village yang terletak di arah Barat Daya Pulau Belitung, tepatnya di Jalan Desa Batu Lubang. Salah satu kelebihan dari penginapan ini adalah memiliki pantai pribadi. Ini membuat Arumdalu Private Village sangat cocok untuk pasangan yang sedang bulan madu. 

Kisaran harga untuk satu buah vila di penginapan ini adalah sekitar Rp7.500.000 sampai Rp12.500.000 per malam. Harga yang cukup fantastis ini tentunya akan sebanding dengan fasilitas dan pelayanan yang disediakan oleh Arumdalu Private Village. Lokasinya yang indah juga sering dimanfaatkan pasangan untuk melangsungkan janji pernikahan di sini.

Kini semakin mudah untuk menjelajah Belitung, Anda bisa melakukan pemesanan paket tiket pesawat dan hotel pilihan Anda untuk liburan. Harga lebih murah, hemat waktu dan perjalanan Anda ke Belitung lebih terencana dengan paket wisata Belitung di Traveloka.

 

Tempat Wisata di Belitung

Sebagai sebuah tujuan wisata yang sedang berkembang, Pulau Belitung banyak menyimpan pesona alam dan sejarah. Selain bermain air dan pasir di pinggir pantai, masih banyak kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan. Berikut di tempat wisata di Belitung yang wajib Anda kunjungi:

Islands Hopping

Islands hopping sering disebut untuk aktivitas menjelajahi pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pulau besar, seperti halnya Pulau Belitung. Ada banyak pulau-pulau kecil yang memiliki pemandangan indah di sekitar Pulau Belitung. Kapal nelayan kecil pada umumnya mau disewa untuk menjelajah pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Belitung. Pulau-pulau yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Lengkuas, Pulau Basir, Pulau Burong, dan Pulau Batu Belayar.

Masing-masing pulau tersebut memiliki pemandangan yang unik. Contohnya, Pulau Lengkuas memiliki mercusuar tua peninggalan zaman penjajahan Inggris dan Belanda. Selain itu, Pulau Burong memiliki batu besar yang berbentuk burung. Pengemudi kapal akan membawa Anda berkeliling dari satu pulau ke pulau lain sesuai kesepakatan. Makanan akan disediakan, tetapi disarankan untuk membawa makanan atau kudapan sendiri.

pantai di belitung
  • Alamat: Islands hopping dimulai dari Dermaga di Tanjung Kelayang
  • Harga: Sekitar Rp500.000 hingga Rp650.000 per kapal dan Rp5.000 untuk masuk ke mercusuar
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

 

Museum Tanjung Pandan

Museum Tanjung Pandan sangat terkenal karena memiliki koleksi yang lengkap dari mulai peninggalan sejarah sampai dengan hewan khas Pulau Belitung. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam koleksi dari mulai pakaian bangsa Cina kuno sampai sisa-sisa kapal karam. Selain itu, terdapat juga kebun binatang kecil yang memelihara hewan khas Belitung di belakang museum.

  • Alamat:Jalan Melati No. 4, Tanjung Pandan
  • Harga: Rp2.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

 

Museum Kata Andrea Hirata

wisata di belitung

Andrea Hirata, lewat novelnya yang berjudul Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi telah menaikkan nama Pulau Belitung di mata dunia sehingga banyak orang mulai mengenalnya. Di belakang museum,terdapat replika SD Muhammadiyah Gantong yang terkenal dari film Laskar Pelangi. Melihat koleksi buku-buku karya Andrea Hirata serta foto-foto kehidupannya di Belitung.

  • Alamat: Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur 
  • Harga: Sekitar Rp2.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00-17.00 WIB

 

Konservasi Alam Batu Mentas

Batu mentas merupakan rumah penangkaran bagi beberapa spesies langka monyet tarsius atau Tarsius Bancanus Saltator dan rusa Belitung. Di sana, Anda akan mengenal spesies unik tarsius, primata bermata besar serta menikmati jernihnya air hulu sungai dari Gunung Tajam, serta melakukan aktivitas menyusuri sungai menggunakan ban.

  • Alamat: Desa Kelekak Datuk, Badau, Belitung Barat. Tempat ini berjarak hanya 30 menit dari Kota Tanjung Pandan serta 55 menit dari Kota Manggar. 
  • Harga: Sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari

 

Manggar, Kota 1001 Kopi

Kota manggar terkenal dengan banyaknya kedai kopi yang pada sejarahnya menjadi tempat beristirahat bagi para pekerja tambang timah. Di sepanjang jalan di kota ini, terdapat berbagai macam kedai kopi yang sudah buka dari 30, bahkan 40 tahun silam.

  • Alamat: Kota Manggar, Pulau Belitung bagian Barat.
  • Harga: Sekitar Rp4.000 hingga Rp8.000 untuk satu gelas kopi
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 15.00-tutup

 

Oleh-oleh Khas Belitung

Kurang lengkap rasanya jika berwisata ke Belitung tanpa membeli oleh-oleh khasnya. Berikut oleh-oleh khas Belitung yang dapat Anda bawa pulang untuk orang terkasih dan keluarga:

Kerupuk Belitong

Terbuat dari ikan, kerupuk ini adalah oleh-oleh khas Belitung yang paling mudah ditemukan. Berbentuk bulat-bulat dan berwarna putih, Anda bisa membeli kerupuk belitong ini di deretan toko yang ada di kota seperti Tanjung Pandan dan Manggar.

Sambal Lingkong

Sambal lingkong sering juga disebut dengan abon ikan. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri, kelapa, dan cabai. Rasanya yang pedas gurih membuat makanan ini enak untuk disantap bersama nasi hangat. Selain itu, karena berbentuk olahan kering, sambal lingkong ini awet untuk dibawa pulang untuk kerabat di rumah.

Sirup Jeruk Kunci

Sirup yang terbuat dari buah jeruk kunci ini bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan dengan hanya mencampurkannya ke air dingin. Ini adalah oleh-oleh yang unik karena tumbuhan jeruk kunci memang hanya bisa ditemukan di Pulau Belitung. Anda bisa menemukannya di toko oleh-oleh yang berada di kota-kota di Belitung.

Tips Wisata di Belitung

Apabila ini pertama kali Anda pergi ke Pulau Belitung, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti berikut:

  • Untuk mendapatkan penginapan dengan harga sesuai dengan anggaran, Anda harus memesan dari jauh hari.
  • Pilih waktu di antara bulan Oktober sampai April untuk keberangkatan. Pada saat tersebut, Pulau Belitung memiliki cuaca yang paling cocok untuk berlibur di pantai dan tidak terlalu padat oleh turis.
  • Dalam memilih mobil sewaan, sebaiknya pilih mobil resmi dari hotel tempat Anda menginap. Sebagian besar hotel menyediakan layanan sewa mobil. Terkadang, mobil yang disewa dari perorangan tidak memiliki asuransi perjalanan yang memadai.
  • Untuk mencari hotel yang ramah anak-anak, sebaiknya pilih hotel dengan bintang 3 ke atas. Biasanya, fasilitas yang diberikan lebih lengkap serta memiliki fasilitas hiburan seperti kolam renang anak.
  • Bagi Anda yang berkunjung ke Pulau Belitung dalam rangka perjalanan bisnis, sebaiknya pilih hotel yang dekat dengan pusat kota. Beberapa kota besar di Belitung adalah Kota Tanjung Pandan dan Manggar.
  • Kecuali Anda menginap di salah satu penginapan di Pulau Lebong, Anda perlu memesan tur terlebih dahulu jika ingin berkunjung. Pulau Lebong adalah pulau yang sudah dikelola secara pribadi sehingga perlu dampingan pemandu resmi untu masuk ke pulau tersebut.
?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq