peringatan

Hotel di Madiun

Jawa Timur, Indonesia · 19 hotel tersedia

Cari & booking hotel murah online dengan harga promo di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Madiun

Amaris Hotel Madiun

Jl. Kalimantan No 30, Kartoharjo, Madiun, Madiun, Indonesia, 63117

8.5 / 10

Sangat Baik

The Sun Hotel Madiun

Kawasan Bisnis dan Rekreasi Suncity Festival Jl. Let.Jen.S. Parman No.8, Madiun, Indonesia, 63111

8.4 / 10

Sangat Baik

Aston Madiun Hotel & Conference Center

Jalan Mayjend Sungkono 41, Madiun, Indonesia, 63128

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Setya Syariah

Jalan Nori No 27, Madiun, Indonesia, 63129

8.7 / 10

Sangat Baik

Hotel Kharisma 1 Madiun

Jl. Dr. Soetomo No. 35, Madiun, Indonesia, 63117

7.7 / 10

Baik

Hotel Merdeka Madiun

Jalan Pahlawan No.42, Madiun, Indonesia, 63121

8.2 / 10

Sangat Baik

Kali Catur Resort and Hotel

Jalan Madiun Ponorogo Km.3, Desa Kertobanyon, Kecamatan Geger, Madiun, Indonesia, 63171

8.2 / 10

Sangat Baik

Hotel Mataram Baru

Jalan Dr. Sutomo No 2, Madiun, Indonesia, 63116

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Raya Kusuma

Jalan Yos Sudarso No. 12-14, Patihan, Madiun, Indonesia, 63122

7.3 / 10

Baik

Tristar Homestay

Jalan Urip Sumorhajo , Madiun, Indonesia, 63129

7.6 / 10

Baik

Hotel Tedjo

Jalan Dr. Soetomo No.61, Madiun, Indonesia

6.8 / 10

Lumayan

Hotel Kharisma 2 Madiun

Jalan Diponegoro 58, Madiun, Indonesia, 63132

7.1 / 10

Baik

Hotel Setia Budi

Jalan Mangga No. 4, Madiun, Indonesia, 63132

8.0 / 10

Sangat Baik

Hotel Sentosa

Jalan Setiabudi No 54, Madiun, Indonesia, 63118

7.1 / 10

Baik

Airy Kejuron Mangga 4 Madiun

Jalan Mangga No. 4, Kel. Kejuron, Madiun, Indonesia, 63132

Hotel Abdul Rahman

Jalan Tidar No. 5, Madiun Lor, Kecamatan Madiun, Madiun, Indonesia, 63122

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Kartika Abadi

Jalan Pahlawan No.54, Madiun, Indonesia, 63121

8.4 / 10

Sangat Baik

LG Hotel

Jalan Setia Budi No.65, Madiun, Indonesia

7.7 / 10

Baik

hotel lainnya

Tentang

Kota Madiun berada di ujung barat Provinsi Jawa Timur. Letaknya yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah di bagian timur menjadikan Kota Madiun memiliki lokasi strategis. Hal ini menjadikan Madiun sebagai kota pesanggrahan bagi masyarakat dalam sektor bisnis dan wisata.

Di Kota Madiun, terdapat pusat industri kereta api (INKA) yang berada 111 km di sebelah timur Kota Surakarta atau 160 km di sebelah barat Surabaya. Kota ini memiliki beberapa julukan, seperti Kota Gadis (Kota Perdagangan dan Perindustrian), Kota Sepur, Kota Budaya, Kota Sastra, Kota Pelajar, Kota Industri, Kota Brem, dan Kota Pecel. Saat ini, Madiun memiliki potensi yang cukup terkenal di bidang perkebunan, seperti kakao, mangga, rambutan, durian, dan kopi. Selain itu, terdapat juga bidang pertanian berupa palawija, kedelai, dan padi. Kayu jati pun menjadi aset besar yang membawa kemajuan untuk perekonomian Madiun.

Kota Madiun terkenal dengan masyarakatnya yang konsumtif. Buktinya, Anda akan mudah menemukan pusat perbelanjaan besar, beragam hotel, dan tempat makan yang buka dari sore hingga dini hari. 

Sejarah Madiun

Daerah Madiun sendiri asal mulanya dirintis oleh Ki Panembahan Ronggo Jumeno atau yang dikenal dengan sebutan Ki Ageng Ronggo. Mulanya, daerah tersebut bernama Wonoasri, namun, saat Ki Ageng Ronggo melakukan pembukaan daerah tersebut, masih banyak hantu yang berkeliaran. Oleh karena itu, Ronggo Jumeno memberi nama daerah tersebut Madiun yang berasal dari kata 'medi' yang berarti hantu, dan 'ayun-ayun' yang berarti berayunan.

Budaya di Madiun

Secara geografis, Madiun merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur namun secara budaya, masyarakat Madiun lebih terpengaruh unsur budaya Jawa asli seperti Solo dan Yogyakarta.

Madiun terkenal dengan tarian Dongkrek yang berasal dari dua alat musik yang yang dominan digunakan untuk tarian tersebut. Kedua alat musik tersebut mengeluarkan bunyi “dhung” dan “krek” yang dalam pertunjukan akhirnya berbunyi “dhung krek, dhung krek”.

Selain itu, Kota Madiun juga merupakan tempat pelestarian budaya tradisional nusantara, yaitu pencak silat. Salah satu organisasi pencak silat terbesar asli Madiun adalah Setia Hati Terate yang ikut andil dalam IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Cara ke Madiun

Beberapa moda transportasi yang dapat Anda gunakan untuk menuju ke Madiun adalah:

Bus

Jika ingin menggunakan bus, Anda dapat turun Terminal Bus Purboyo di Jalan Basuki Rahmat, Madiun. Dari terminal, Anda bisa melanjutkan dengan angkutan umum (angkot) yang menuju ke pusat kota. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bus kota dengan waktu sekitar 15 menit.

Kereta Api

Hampir semua kereta api, baik dari jalur selatan maupun dari jalur utara akan melewati dan singgah di Stasiun Besar KA Madiun. Dari stasiun, Anda hanya perlu melanjutkan perjalan sekitar 7 menit ke pusat Kota Madiun.

Kendaraan Pribadi

Bila ingin menempuh perjalanan dengan lebih nyaman dan fleksibel, maka Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda dari Yogyakarta atau Surabaya, perjalanan ke Madiun dapat ditempuh dalam waktu sekitar 4-5 jam.

Transportasi di Madiun

Untuk transportasi di dalam kota, Anda bisa menggunakan taksi argo bila ingin alternatif transportasi yang nyaman. Namun, bila Anda ingin yang lebih murah, maka angkot dan ojek bisa menjadi pilihan yang dapat ditemukan di semua penjuru Kota Madiun. Sementara itu, bagi Anda yang menyukai transportasi tradisional, becak bisa menjadi opsi yang tepat untuk menempuh destinasi dengan jarak yang tak terlalu jauh.

Hotel di Madiun

Daerah Madiun terkenal dengan pecel dan brem sebagai makanan khasnya. Selain kuliner, Madiun juga dikenal sebagai tempat berdirinya pusat industri kereta api atau INKA. Berkembangnya sektor pariwisata di Madiun, membuat akomodasi yang ada semakin meningkat. Berikut beberapa hotel di Madiun yang sudah terkenal di kalangan wisatawan:

Hotel Bintang 1 di Madiun

Hotel bintang 1 masih menjadi favorit di Madiun. Di samping harganya yang sangat terjangkau, jumlahnya juga banyak dan mudah ditemukan. Berikut di antaranya:

Hotel Setia Budi

Hotel Setia Budi terletak di Jl. Mangga No. 4, Madiun. Hotel strategis ini berlokasi di pusat Kota Madiun dan berjarak 0,72 km saja dari Alun-alun Madiun. Harga sewanya yang cukup murah, mulai dari Rp 259.000 per malam, membuat hotel di Madiun ini menjadi pilihan menginap para wisatawan dengan bujet terbatas, terutama backpacker.

Hotel di Madiun ini menyediakan fasilitas berupa Wi-Fi, AC, TV, pembuat kopi atau teh, dan kamar mandi di setiap kamarnya. Bukan hanya nyaman untuk menginap, hotel ini juga memiliki fasilitas ruang rapat yang dapat digunakan untuk kepentingan bisnis.

LG Hotel

Hotel di Madiun yang ramah dengan kantong para pengunjung berikutnya terletak di Jl. Setia Budi No. 65. LG Hotel memasang tarif bermalam mulai dari Rp77.000.

Penginapan murah ini menawarkan tiga tipe kamar, yaitu Standard A, Standard B, dan Standard C. Kamar tipe Standar A hanya memiliki fasilitas kipas angin dan kamar mandi, sedangkan Standar B memiliki fasilitas kipas angin, TV, dan kamar mandi. Sementara itu, kamar tipe Standar C memiliki fasilitas AC, TV, dan kamar mandi. Dari hotel ini, Anda dapat mengunjungi Madiun Royal Square, Sri Ratu, Madiun Stadion, dan Plaza Madiun yang jaraknya tak begitu jauh.

Hotel Raya Kusuma

Hotel bintang 1 lainnya yang biasa dijadikan tempat transit ketika sedang berada di Madiun adalah Hotel Raya Kusuma. Penginapan bujet ini berada Jalan Yos Sudarso No. 12-14, Patihan, Madiun dan dekat dengan Terminal Purboyo.

Seperti hotel bintang 1 lainnya, hotel Madiun ini memiliki fasilitas standar yang bisa didapatkan oleh para tamu, seperti AC, layanan kamar, dan TV. Biaya sewa yang ditawarkan sangatlah terjangkau, mulai dari Rp166.972 saja per malam.

Hotel Mataram Baru

Bagi Anda yang tidak mau repot dengan urusan pencarian tempat bermalam Kota Pecel, Hotel Mataram Baru yang berlokasi di Jl. Dr. Sutomo No. 2, Madiun atau persisi di depan Stasiun Madiun ini bisa menjadi pilihan tepat. Penginapan murah ini memasang tarif menginap mulai dari Rp250.000 per malam.

Dengan harga yang rasional, Anda akan mendapatkan fasilitas memadai berupa AC, pembuat kopi atau teh, kamar mandi, dan sarapan gratis di setiap kamar. Selain itu, suasana asri dan nyaman, kafe, serta layanan kamar dan resepsionis yang tersedia selama 24 jam akan memberikan kemudahan bagi para tamu hotel. 

Tristar Homestay

Bagi pengunjung yang lebih suka bermalam di penginapan dengan konsep rumah, Anda dapat memilih Tristar Homestay. Penginapan ini berlokasi di Jl.  Urip Sumoharjo, Madiun.

Terdapat tiga jenis kamar yang dapat Anda pilih dengan tarif mulai dari Rp175.000 per malam. Anda pun dapat menikmati fasilitas standar penginapan yang disediakan, seperti jasa cuci, sarapan, dan internet. Tristar Homestay juga menyediakan fasilitas bisnis berupa ruang rapat.

Hotel Bintang 2 di Madiun

Hotel di Madiun tidak hanya terdiri dari hotel bintang 1 saja. Ada pula hotel bintang 2 di Madiun dengan kualitas dan harga sewa yang sedikit lebih tinggi. Berikut daftarnya:

Amaris Hotel Madiun

Berada di bawah jaringan Santika Hotel yang sudah terkenal di Indonesia, Amaris Hotel Madiun tentunya menjanjikan kualitas pelayanan terbaik. Hoel bintang 2 ini berlokasi di Jl. Kalimantan No. 30, Kartoharjo, Madiun. Hotel yang berada di pusat kota ini dapat memudahkan para tamu untuk mengakses semua destinasi di Madiun.

Fasilitas yang disediakan hotel di Madiun ini juga terbilang lengkap. Di tiap kamar, Anda bisa menikmati layanan TV kabel, brankas, kamar mandi dengan pancuran, Wi-Fi gratis, hingga area bebas rokok. Amaris Hotel Madiun juga menyediakan fasilitas bisnis yang dapat digunakan para tamu untuk rapat bersama para kolega.

Kali Catur Resort and Hotel

Kali Catur Resort and Hotel berada di Jl. Madiun Ponorogo Km 3, Desa Kertobanyon, Kecamatan Geger, Madiun. Hotel ini cocok bagi Anda yang ingin menginap dengan suasana tradisional yang kental. Dinding kamar dari anyaman bambu dan interior hotel berbahan kayu memang sengaja digunakan untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan beristirahat para pengunjung hotel.

Setiap kamar yang ada sudah dilengkapi dengan TV dan Wi-Fi. Selain itu, tersedia pula layanan kamar dan resepsionis 24 jam yang siap membantu kebutuhan Anda selama menginap. Biaya sewa yang ditawarkan oleh Kali Catur Resort and Hotel juga sangat terjangkau, mulai dari Rp350.000 saja untu satu malam.

Hotel Merdeka Madiun

Meskipun berupa bangunan lama, hotel di Madiun ini tetap mengutamakan kualitas pelayanan terbaik. Lokasinya sangat strategis karena berdekatan dengan alun-alun dan berbagai pusat perbelanjaan terkenal yang ada di Madiun, tepatnya di Jl. Pahlawan No. 42.

Untuk kelas hotel bintang 2, Hotel Merdeka Madiun memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Selain fasilitas standar yang biasa ditemukan di hotel-hotel bintang 2 lainnya, penginapan ini juga memiliki fasilitas kolam renang anak, fasilitas bisnis, hingga fasilitas komputer dan Wi-Fi gratis.

Pengunjung hotel dapat memilih jenis kamar yang diinginkan yang terdiri dari Superior, Deluxe, dan Deluxe Executive. Harga sewa yang ditawarkan mulai dari Rp313.176 per malam.

Hotel Kharisma Madiun

Terdapat dua hotel Kharisma di Madiun, yaitu Kharisma 1 Madiun yang ada di Jl. Dr. Soetomo No. 35, Madiun dan Kharisma 2 Madiun yang terletak di Jl. Diponegoro 58, Madiun.

Hotel Kharisma 1 memiliki harga sewa kamar yang lebih murah karena tidak memiliki terlalu banyak fasilitas. Hanya fasilitas standar saja yang disediakan di sini. Hotel di Madiun yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati kenyamanan menginap dengan bujet rendah. Biaya sewa yang ditawarkan mulai dari Rp198.265 per malam.

Sementara itu, hotel Kharisma 2 yang bertajuk Business Center ini memiliki harga sewa yang lebih tinggi, yaitu mulai dari Rp399.398 per malam. Kedua hotel tersebut berada di pusat kota dan aksesnya sangat mudah dijangkau.

Hotel Kartika Abadi

Masih merupakan hotel yang berada di pusat kota, Kartika Abadi juga berlokasi di dekat berbagai pusat perbelanjaan favorit di Madiun, tepatnya di Jl. Pahlawan No. 54. Tersedia 3 tipe kamar yang dapat dipilih oleh para tamu, seperti Standard King, Standard Twin, dan VIP. Tarif bermalam di kamar tipe Standard King mulai dari Rp320.000.

Pelayanan hotel yang diberikan antara lain adalah proses check in cepat, jasa cuci, surat kabar, porter, resepsionis, dan keamanan yang berjaga selama 24 jam. Kamar yang ada juga sudah dilengkapi dengan AC, TV kabel, Wi-Fi gratis, dan teras. Terdapat pula restoran yang menyajikan beragam menu khas dan lezat, serta  fasilitas bisnis yang bisa digunakan oleh para pengunjung hotel. 

Hotel Bintang 3 di Madiun

Jika hotel bintang 2 masih belum cukup memberikan kenyamanan, Anda patut mencoba fasilitas dari hotel bintang 3 yang tentu saja memiliki keunggulan lebih dibanding dengan hotel bintang 2. Berikut adalah hotelnya:

The Sun Hotel Madiun

Hotel ini berada di bawah naungan PT. Indarco Surabaya. The Sun Hotel Madiun juga masih satu grup dengan The Sun Hotel Sidoarjo. Jaringan hotel The Sun memang dikenal memiliki fasilitas lengkap yang dapat memuaskan kebutuhan akan rekreasi, belanja, kuliner, sampai kegiatan bisnis.

The Sun Hotel Madiun berada di kawasan bisnis dan rekreasi Suncity Festival atau lebih tepatnya di Jl. Letjen S. Parman No. 8. Lokasi ini terdiri dari banyak ruko, wahana permainan anak dan permainan air, serta mal mewah yang menjadi destinasi wisata baru di Madiun.

Untuk para wisatawan yang datang bersama anak-anak, menginap di kawasan ini merupakan pilihan tepat. Hotel di Madiun yang sudah terintegrasi dengan berbagai wahana permainan dan pusat perbelanjaan ini akan membuat anak-anak menjadi lebih bersemangat liburan karena bisa bebas bermain di tempat yang tidak jauh dari penginapan.

Bukan hanya cocok ditempati bersama anggota keluarga, The Sun Hotel Madiun ini juga sangat nyaman digunakan sebagai tempat pertemuan bisnis. Fasilitas bisnis yang ada sangat memadai, mulai dari ruang rapat lengkap dengan proyektor, komputer dan internet, hingga mesin fotokopi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Bagi para penyandang disabilitas, pihak pengelola hotel juga telah menyediakan tempat parkir khusus yang dapat dengan mudah diakses. Ada juga fasilitas ruang keluarga yang bisa digunakan untuk mengakrabkan Anda dan anggota keluarga lainnya.

Untuk pasangan yang masih bingung mencari tempat pesta pernikahan yang menyediakan paket lengkap, The Sun Hotel Madiun ini juga dapat menjadi pilihan alternatif. Di sini, fasilitas pernikahan juga tersedia dengan pilihan paket yang lengkap dan memuaskan.

Hotel Bintang 4 di Madiun

Kenyamanan hotel dengan fasilitas premium juga dapat dinikmati di hotel bintang 4 di Madiun. Meskipun belum banyak terdapat di Madiun, hotel bintang 4 yang ada telah memiliki kualitas dengan standar internasional. Berikut hotel bintang 4 di Madiun:

Aston Madiun Hotel & Conference

Aston Madiun Hotel & Conference merupakan hotel bintang 4 yang beralamatkan di Jl. Mayjend Sungkono 41. Meski menyandang kelas yang cukup mewah, tarif bermalam di hotel ini masih terjangkau. Dengan biaya sewa kamar mulai dari Rp602.580 per malam, Anda sudah dapat menikmati kamar dengan fasilitas berstandar internasional.

Hotel yang juga berada di bawah jaringan Aston International ini memiliki beberapa tipe kamar yang dapat Anda pilih, yakni Superior room, Deluxe, Premier, dan Junior Suite. Lokasinya yang strategis dan akses ke fasilitas publik yang mudah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang memilih hotel ini sebagai tempat menginap.

Bagi Anda yang membawa anak-anak, terdapat pula kolam renang anak yang dapat digunakan sebagai tempat bermain. Sementara itu, Anda dapat menikmati fasilitas spa dan sauna. Ada juga pusat kebugaran untuk menunjang aktivitas olahraga para tamu.

Fasilitas kamar yang dimiliki oleh hotel di Madiun ini berupa TV kabel, brankas kamar, pengering rambut, dan Wi-Fi. Layanan kamar dan resepsionis selama 24 jam juga menambah kemudahan bagi Anda yang menginap di sini.

Tempat Wisata di Madiun

Saat sedang di Madiun, beberapa tempat wisata berikut ini wajib untuk Anda kunjungi:

Wana wisata Grape

Wana Wisata Grape berada kurang lebih 15 km dari Kota Madiun, di pinggir hutan jati, tepatnya berada di kaki Gunung Wilis dengan luas mencapai 1,5 hektar. Tempat wisata ini merupakan objek wisata yang bernuansa sejuk dan alami, di mana terdapat sungai jernih yang mengalir yang berasal dari mata air Pegunungan Dungus. Selain itu, Anda juga dapat melakukan aktivitas olahraga gunung, seperti panjat tebing, bersepeda, hiking, dan  berkemah. Untuk masyk ke objek wisata ini, Anda hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp1.000 per kendaraan.

Monumen Kresek

Monumen Kresek dibangun sebagai saksi sejarah atas kekejaman pemberontakan PKI pada 1948. Monumen yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini terletak kurang lebih 8 km dari arah timur Kota Madiun.

Kincir Raksasa Taman Wisata Umbul

Taman rekreasi ini terletak 20 km dari Kota Madiun ke arah selatan, tepatnya berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo. Taman wisata ini merupakan taman peninggalan Belanda. Banyak fasilitas yang ada di tempat wisata ini, seperti pesanggrahan, rumah makan, kebun binatang mini, kolam renang, sumber air belerang, dan tempat bermain anak. Jika Anda ingin bermalam di tempat wisata ini, tersedia juga penginapan yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sekitar Rp5.000 hingga Rp7.000 per orang.

Suncity Theme & Water Park

Harga tiket masuk ke Suncity Theme & Water Park Madiun sekitar Rp.25.000 per orang. Anda dan keluarga bisa menikmati waterbom dan taman bermain air sepuasnya. Namun, untuk menikmati berbagai macam wahana lain seperti bianglala, Anda harus membeli tiket lagi per wahana.

Air Terjun Krecekan Denu

Tempat wisata ini berdekatan dengan Wana Wisata Grape atau sekitar 4 km, tepatnya di Desa Kepel. Cukup membayar tiket masuk sekitar Rp.1.000 per orang, Anda sudah bisa mengunjungi wisata alam ini. Air terjun ini masih alami karena baru ditemukan oleh warga sekitar. Untuk mencapai Air Terjun Krecekan Denu, Anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit dari tempat parkir kendaraan.

Air Terjun Serondo

Air terjun ini memiliki beberapa nama seperti Seweru, Selampir  atau Kedung Dalem. Sumber mata air yang muncul berasal dari atas pohon rindang di Desa Kare yang merupakan satu wilayah perkebunan kopi di Kabupaten Madiun. Air Terjun Serondo berada di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian sekitar 400 mdpl dengan luas kurang lebih 6 hektar. Untuk mengakses ke air terjun ini, Anda cukup membayar Rp.2.000 per orang.

Dumilah Waterpark

Dumilah Waterpark berada di pusat Kota Madiun. Beragam fasilitas yang ada di tempat wisata air ini, antara lain adalah garden zone, water zone, dan game zone. Selain itu, tersedia juga tempat pemancingan bagi Anda yang hobi memancing.rta disediakan pemancingan bagi yang suka memancing. Untuk meningkatkan kepuasan pengunjung, pihak pengelola menambah wahana di kawasan ini dengan outbound yang menarik dan lengkap. Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp.15.000 hingga Rp.20.000 per orang.

Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus berada di sebelah utara Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, dan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bojonegoro. Saat masuk ke area waduk, Anda langsung bisa menikmati khasnya pemandangan hutan jati sepanjang 4 km. Selain berfungsi sebagai waduk, tempat ini banyak dimanfaatkan sebagai kolam pemancing. Selain itu, pihak pegelola juga menyediakan ikan bakar maupun ikan goreng yang langsung diambil dari keramba di waduk ini.

Waduk ini menjadi salah satu tempat wisata bagi masyarakat sekitar Kota Madiun karena area ini sudah dikelola secara profesional sebagai objek wisata dengan memperbaiki sarana transportasi. Akses jalan menuju lokasi ini sangat mudah, sehingga Anda dapat mencapainya dengan berbagai moda transportasi di Madiun.

Nglambangan

Pada bulan Suro, Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu selalu melakukan upacara ritual tahunan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa peninggalan sejarah dari zaman Majapahit seperti Pura Lambang sari, petirtaan, Punden, Lumbung, Sumur Kuno di desa tersebut. Tempat penyimpanan pusaka ini dinamakan Watu Dakon. Nglambangan telah ditetapkan sebagai situs purbakala dengan ditemukannya banyak peninggalan bersejarah di daerah yang hanya berjarak 8 km dari pusat Kota Madiun ini.

Wisata Kuliner di Madiun

Bagi pencinta kuliner, Anda tak boleh melewatkan makanan khas Madiun berikut ini:

Nasi Pecel

Tidak sah rasanya jika Anda berkunjung ke Kota Madiun tanpa mencicipi makanan yang sudah tersohor di Indonesia, yaitu nasi pecel. Nasi dengan sayuran segar dan disiram dengan kuah kacang lengkap dengan peyek ini menjadi salah satu tujuan kuliner wisatawan. Nasi pecell dapat Anda santap dengan harga sekitar Rp5.000 hingga Rp15.000 per porsi.

Brem

Makanan yang terbuat dari sari ketan ini sangat unik karena sensasinya ketika dimasukkan ke dalam mulut akan terasa mencair dan meninggalkan rasa dingin. Brem kini tidak hanya diproduksi dalam bentuk penganan kecil saja, namun juga tersedia dalam bentuk minuman yang berasal dari Pulau Bali dan Nusa Tenggara. Untuk mendapatkan brem ini anda hanya perlu membayar sekitar Rp.5.000 per bungkus mini.

Tips Wisata di Madiun

  • Jika berkunjung  ke Kota Madiun, jangan lewatkan wisata kuliner malam yang banyak terdapat di jalan protokol dan stasiun Madiun. Dengan budaya Cangkruk atau nongkrongnya, Anda akan menemukan banyaknya tempat makan di malam hari.
  • Jangan lewatkan festival tahunan di Kota Madiun, yaitu Madiun Carnaval sebagai perayaan ulang tahun kota yang diselenggarakan setiap 23 Juni. Anda akan melihat ragam kesenian khas Madiun dan peragaan warna-warni busana unik yang menambah semarak acara ini. 

 

Hotel di Madiun Lainnya

evtbvsrwfq