peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel Murah di Pontianak, Indonesia

Grand Hotel Grand Hotel

Grand Hotel

Pontianak Selatan

8.0/10

Sangat Baik

FUNCTIONAL_HALL Hotel Kapuas Dharma Pontianak

7.9/10

Baik

LOBBY Hotel 95

Hotel 95

Pontianak Tenggara

8.3/10

Sangat Baik

BEDROOM Airy Eco Pontianak Tenggara Reformasi Gang Teknik 2

8.3/10

Sangat Baik

LOBBY Green Leaf Inn

Green Leaf Inn

Pontianak Selatan

8.3/10

Sangat Baik

8.0/10

Sangat Baik

BEDROOM Merpati Hotel

Merpati Hotel

Pontianak Tenggara

8.1/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Grand Kartika Hotel

Grand Kartika Hotel

Pontianak Kota

8.0/10

Sangat Baik

BEDROOM Airy Pontianak Selatan Imam Bonjol 89

8.2/10

Sangat Baik

BEDROOM Airy Eco Pontianak Selatan Gajahmada 65

8.4/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Hotel Queen Pontianak

Hotel Queen Pontianak

Pontianak Selatan

7.2/10

Baik

BEDROOM Sky Residence Reformasi Pontianak

8.1/10

Sangat Baik

BEDROOM Airy Pontianak Selatan WR Supratman 33

7.8/10

Baik

BEDROOM Airy Pontianak Tenggara Adi Sucipto 208

8.6/10

Sangat Baik

BEDROOM Airy Pontianak Selatan Imam Bonjol 111

8.1/10

Sangat Baik

7.5/10

Baik

BEDROOM Airy Pontianak Selatan Gajahmada 71

8.1/10

Sangat Baik

BEDROOM Airy Pontianak Selatan Imam Bonjol 95

8.5/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Ateng Transit Hotel

Ateng Transit Hotel

Pontianak Selatan

7.4/10

Baik

BEDROOM Cempaka Guest House

Cempaka Guest House

Pontianak Tenggara

null My Home Hotel

My Home Hotel

Pontianak Selatan

null Garuda Hotel Pontianak

Garuda Hotel Pontianak

Pontianak Selatan

null G Hotel

G Hotel

Pontianak Kota

null Hotel Surya

Hotel Surya

Pontianak Kota

null Wisma Tanjung Ria

Wisma Tanjung Ria

Pontianak Kota

null Ateng Guest House

Ateng Guest House

Pontianak Selatan

Tentang

Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Kota ini merupakan kota terunik di Indonesia karena dilalui oleh garis khatulistiwa. Maka tidak heran di sisi utara kota ini tepatnya di Siantan, didirikan Tugu Khatulistiwa. Pontianak juga dilalui oleh dua sungai besar di Kalimantan, yakni Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Sedangkan luas wilayahnya mencapai sekitar 107.82 kilometer persegi dengan jumlah penduduk total berdasarkan sensus tahun 2017 lalu mencapai 655.857 jiwa.

Berdasarkan sejarahnya, nama Pontianak memiliki kisah yang unik dan berasal dari Bahasa Melayu. Konon, kisahnya dikaitkan dengan Syarif Abdurrahman yang sering diganggu oleh hantu kuntilanak saat menyusuri Sungai Kapuas. Syarif Abdurrahman pun melepaskan tembakan meriam untuk mengusir hantu tersebut. Hal ini juga sekaligus menandakan dimana peluru meriam itu jatuh, maka disanalah wilayah kesultanannya akan didirikan. Kini, lokasi jatuhnya peluru tersebut dikenal dengan kawasan Kampung Beting yang berada di persimpangan Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

Sebagai ibu kota provinsi, Pontianak dikenal sebagai kota dagang dan pusat pemerintahan. Selain itu, juga terdapat beberapa lokasi menarik untuk kamu kunjungi. Termasuk beberapa hotel murah yang bisa kamu jadikan pilihan saat berlibur ke kota Pontianak. Kali ini Traveloka akan merangkum rekomendasi hotel murah di Pontianak tersebut.

Hotel-hotel dengan tarif terjangkau di Pontianak

Agar liburan makin mengesankan di Pontianak, kamu bisa menginap di hotel dengan tarif terjangkau untuk menghemat anggaran. Berikut beberapa hotel dengan tarif terjangkau yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

Hotel bintang 3 di Pontianak

Orchardz Hotel Gajahmada Pontianak

Hotel bintang tiga ini berada di Jalan Gajah Mada No.89 Pontianak Selatan, Pontianak, Kalimantan Barat. Terdapat beberapa tipe kamar di hotel ini mulai dari kelas Superior, Deluxe, hingga Eksekutif yang dapat kamu pilih. Tarif sewa kamar per malamnya mulai dari Rp380.000 dengan fasilitas kamar berupa AC, TV Kabel, minibar, lemari es, AC serta kamar mandi dengan shower serta peralatan mandi.

Fasilitas publik yang ada di hotel antara lain adalah area parkir, restoran, coffee shop, dan area bermain untuk anak-anak. Terdapat pula layanan pijat, spa dan sauna untuk tamu dan pengunjung hotel. Lokasi hotel juga sangat dekat dengan pusat perbelanjaan Pontianak yakni Gajah Mada Shopping Complex yang bisa kamu tuju dengan berjalan kaki karena lokasinya yang sangat dekat dengan hotel ini.

Maestro Hotel Kota Baru

Maestro Hotel Kota Baru adalah hotel bintang tiga yang berada di Jalan Sultan Abdurrahman No. 72-74, Pontianak Selatan, Pontianak, Kalimantan Barat. Tarif sewa kamar per malam di sini mulai dari Rp426.000 dengan fasilitas kamar berupa AC, TV kabel, hairdryer, minibar serta kamar mandi dengan shower dan peralatan mandi. Sedangkan untuk fasilitas publik hotel antara lain bar, area parkir, restoran, dan akses WiFi gratis di sekitar area hotel.

Kamu juga bisa menikmati kolam renang dan layanan pijat dan spa di hotel ini. Lokasinya juga tidak jauh dari beberapa tempat dengan atraksi menarik dan pusat perbelanjaan. Beberapa contohnya adalah Masjid Raya Mujahidin, Alun-alun Kapuas, Museum Negeri Pontianak dan Tugu Khatulistiwa. Sedangkan pusat perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi adalah Mall Ayani Mega.

Borneo Hotel

Hotel bintang tiga selanjutnya adalah Borneo Hotel. Lokasinya berada di Jalan Merdeka Barat No.428, Pontianak Kota, Pontianak, Kalimantan Barat. Terdapat tiga tipe kamar yang bisa kamu pilih seperti Deluxe Twin Room, Superior Double dan Executive Room. Tarif sewa per kamarnya mulai dari Rp 350.000-an dengan fasilitas per kamarnya berupa AC, TV, hairdryer, lemari es, minibar dan kamar mandi dilengkapi dengan shower. Akses WiFi bisa kamu nikmati di sekitar area hotel.

Untuk fasilitas publik hotel antara lain restoran, coffee shop, area parkir dan elevator. Sementara untuk keperluan bisnis, hotel ini menyediakan meeting facilitites berupa proyektor hingga ruang auditorium. Jika kamu ingin berblanja, hotel ini dekat dengan Matahari Mall Pontianak yang hanya 900 meter saja dan bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki. Selain itu juga dekat dengan alun-alun Kapuas.

Hotel bintang 2 di Pontianak

Grand Kartika Hotel

Grand Kartika Hotel merupakan hotel bintang dua yang ada di Jalan Rhadi Usman No.2 Pontianak Kota, Pontianak, Kalimantan Barat. Lokasinya sangat strategis di dekat Pelabuhan Pontianak. Jadi, kamu bisa melihat indahnya pemandangan sekitar pelabuhan terutama saat malam hari dengan gemerlap lampu. Selain itu, untuk menuju Alun-Alun Kapuas dari hotel ini juga tidak begitu jauh dan jaraknya kurang dari 1 kilometer.

Tarif sewa kamar per malamnya mulai dari Rp341.000 dengan fasilitas per kamarnya berupa AC, TV, lemari es, minibar dan kamar mandi dengan shower dan bathtub. Sedangkan untuk fasilitas publiknya antara lain ada coffee shop, restotran dan layanan front desk dan kemanan selama 24 jam untuk kenyamanan tamu dan pengunjung hotel.

Hotel 95

Berada di Jalan Imam Bonjol No.95 Pontianak Tenggara, Pontianak, Kalimantan Barat Hotel 95 bisa kamu pilih untuk liburan murah di Pontianak. Lokasinya juga berada di kawasan strategis dan dekat dengan pusat atraksi wisata dan pusat perbelanjaan. Beberapa di antaranya adalah Museum Kalimantan Barat, Gajah Mada Shopping Complex dan Ayani Mega Mall. Selain itu juga dekat dengan Tugu Khatulistiwa dan Alun-Alun Kapuas.

Tarif sewa kamar per malamnya adalah mulai Rp. 295.000. Adapun fasilitas di tiap kamarnya yang bisa kamu dapatkan antara lain adalah TV kabel, AC, heater, kamar mandi bersih dengan shower. Sedangkan fasilitas publik hotel antara lain area parkir, restoran dan akses WiFi di area sekitar hotel. Untuk keperluan bisnis, hotel juga terdapat ruang pertemuan, proyektor dan auditorium.

Grand Hotel

Hotel murah dengan nuansa mewah di Pontianak bisa kamu rasakan saat menginap di Grand Hotel. Lokasinya berada di Jalan Gajah Mada No. 71-73 Pontianak Selatan, Pontianak, Kalimantan Barat. Tarif sewa kamarnya mulai dari Rp299.000 dengan fasilitas di tiap kamar berupa AC, TV Kabel, kamar mandi bersih dengan shower dan peralatan mandi.  Selain itu kamu bisa menikmati layanan pijat yang disediakan pihak hotel.

Fasilitas publik di hotel ini antara lain adalah area parkir, coffee shop, restoran dan akses WiFi di area sekitar hotel. Lokasinya dari Bandara Supadio pun tidak terlalu jauh dan hanya sekitar 14 kilometer. Kamu bisa menuju ke hotel dengan menggunakan taksi yang ada di bandara.

Hotel bintang 1 di Pontianak

Airy Eco Syariah Pontianak Tenggara

Hotel bintang satu ini memadukan konsep syariah dalam pelayanannya. Lokasinya berada di Jalan Imam Bonjol Gang Pandu No.3A, Pontianak Selatan, Pontianak, Kalimantan Barat. Tarif sewa kamar di hotel ini mulai dari Rp146.000-an. Sedangkan fasilitas yang bisa kamu nikmati adalah LCD TV, AC dan akses WiFi.

Jika kamu ingin berjalan-jalan ke destinasi menarik sekitar hotel, tempat yang bisa dikunjungi antara lain adalah Museum Kalimantan Barat. Sedangkan untuk pusat perbelanjaan terdekat antara lain adalah Gajah Mada Shopping Complex, dan Ayani Mega Mall. Dari Bandara Supadio dengan lokasi hotel hanya berjarak sekitar 13 kilometer saja.

Hotel Queen

Hotel bintang satu hemat kantong di Pontianak lainnya adalah Hotel Queen Pontianak. Hotel ini berada di Jalan Gajah Mada No.141-143 Pontianak Selatan, Pontianak, Kalimantan Barat. Tarif sewa kamar per malamnya mulai dari Rp232.000. Fasilitas dalam kamar yang bisa kamu dapatkan antara lain adalah adalah LCD TV, AC dan kamar mandi yang dilengkapi dengan shower.

Sementara untuk fasilitas publik di Hotel Queen antara lain area parkir, coffee shop dan layanan front desk 24 jam untuk kenyamanan bagi para tamu dan pengunjung hotel. Selain dekat dengan pusat perbelanjaan Gajah Mada Shopping Complex, lokasinya dekat dengan Stadion Sultan Syarif Abdurrahman yang hanya berjarak sekitar satu kilometer saja.

Hotel Surya Pontianak

Lokasinya berada di Jalan Sidas No.11A Pontianak Kota, Pontianak, Kalimantan Barat. Hotel ini berada dekat dengan Pelabuhan Pontianak dan Matahari Mall. Tarif sewa kamar per malamanya mulai dari Rp170.00 dengan fasilitas kamar berupa AC, TV kabel, kamar mandi bersih yang dilengkapi dengan shower.

Fasilitas publik hotel ini antara lain adalah coffee shop, restoran, dan area parkir. Untuk kenyamanan pengunjung dan tamu hotel juga terdapat layanan front desk 24 jam. Jika ingin jalan-jalan sekitar hotel bisa mengunjungi Alun-Alun Kapuas dengan berjalan kaki karena jaraknya hanya sekitar 300 meter saja.

Wisata di tahun 2019 yang hemat kantong saat di Pontianak

Berlibur ke Pontianak kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata yang hemat kantong. Berikut beberapa rekomendasinya yang dapat kamu kunjungi.

Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas berada persis di depan kantor Walikota. Daya tarik alun-alun ini adalah air mancurnya yang berwarna-wrni saa malam hari. Untuk tiket masuk alun-alun Kapuas tidak dipungut biaya alias gratis. Selain itu kawasan ini buka selama 24 jam penuh. Kamu bisa menikmati keindahan kota Pontianak di malam hari dengan menikmati kulinernya.

Jika kamu berkunjung ke Pontianak jelang Tahun Baru Imlek dapat menyaksikan Festival Yuan Shiau Ciek atau yang lebih populer dengan nama Festival Lentera di sini. Festival lainnya yang selalu ramai adalah festival barongsai, kesenian, serta hiburan yang diselenggarakan di alun-alun ini.

Tugu Khatulistiwa

Tugu ini merupakan Ikon dari kota Pontianak. Keunikannya adalah pada siang hari, sekitar pukul 11.30 – 12.30 WIB, kamu sama sekali tidak akan menemukan bayangan di area Tugu Khatulistiwa. Untuk berkunjung ke Tugu ini kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup membayar Rp2.000 saja untuk sekali kunjungan.

Jika beruntung kamu juga bisa menyaksikan Festival Kulminasi di sini. Di Festival ini kamu bisa menyaksikan benda tanpa bayangan, serta meletakkan telur dalam posisi berdiri secara sempurna. Hal ini disebabkan karena magnet gravitasi yang cukup kuat di area Tugu Khatulistiwa setinggi 4,4 meter tersebut. Kulminasi ini hanya dapat disaksikan di lima negara dunia, lho! Antara lain, Indonesia, Equador, Peru, Colombia dan Brazil. Menarik bukan?

Rumah Betang

Wisata hemat kantong berikutnya di Pontianak adalah Rumah Betang. Lokasinya merupakan bangunan replika rumah adat suku Dayak di Kalimantan Barat. Tak tanggung-tanggung, rumah Betang Radakng ini memiliki panjang 138 meter bahkan meraih rekor MURI sebagai rumah adat terpanjang yang ada di Indonesia. Bangunan ini juga dapat menampung hingga 600 orang sekaligus.

Meski berbentuk rumah adat, namun strukturnya terbuat dari beton dan dipenuhi pahatan di dindingnya. Ciri khas kearifan lokal dari bangunan Rumah Betang Radakng dapat dilihat dari ukiran-ukiran motif dengan relief yang beraneka ragam. Motif-motif tersebut terdapat pada pintu-pintu di Rumah Radakng, pada tiang penyangga, dan di dekat atap bagian atas. Motif tersebut dominan berwarna merah yang merupakan warna khas Suku Dayak dan sekaligus sebagai simbol keberanian.

Hotel di bawah Rp300.000 di Pontianak

Agar liburan kamu semakin berkesan dan hemat kantong, bisa memilih hotel murah dengan harga di bawah Rp300.000. Di Pontianak kamu tidak akan kesulitan menemukannya dan berikut adalah beberapa rekomendasinya.

Hotel Aroma Inn Pontianak

Hotel Aroma Inn Pontianak berada di Jalan Dr Setia Budi No.93 Pontianak Selatan, Pontianak, Kalimantan Barat. Tarif sewa kamar per malam di hotel ini mulai dari Rp. 263.000-an dengan fasilitas kamar berupa AC, TV, kamar mandi yang dilengkapi dengan shower serta akses WiFi. Fasilitas publik hotel ini antara lain adalah coffe shop dan layanan front desk selama 24 jam dengan resepsionis yang ramah.

Jika kamu berangkat dari Bandara Supadio Pontianak hanya berjarak sekitar 15 kilometer saja dan dapat ditempuh selama 25-30 menit menuju hotel dengan berkendara. Sementara jika kamu ingin berbelanja bisa mengunjungi Matahari Mall yang hanya berjarak satu kilometer dari lokasi hotel.

Wisma Tanjung Ria 2

Wisma Tanjung Ria berada di pusat kota Pontianak tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Pontianak Kota, Kalimantan Barat. Tarif per kamar di wisma ini mulai dari Rp250.000-an dan fasilitas dalam kamar yang bisa kamu nikmati antara lain adalah AC, TV kabel, kamar mandi bersih dengan shower.

Untuk melepas penat, kamu bisa berjalan-jalan di lokasi sekitar hotel seperti di Pelabuhan Pontianak, Alun-alun Kapuas, dan Matahari Mall. Dari Bandara Supadio Pontianak, lokasi hotel membutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan berkendara. Kammu bisa menggunakan taksi yang ada di bandara untuk menuju ke wisma ini.

Hotel Harmony Inn

Hotel Harmony Inn berada di Jalan Sungai Raya Dalam No.79, Pontianak Tenggara, Pontianak, Kalimantan Barat. Tarif sewa kamar per malamnya mulai dari Rp290.000 dengan fasilitas yang bisa kamu nikmati antara lain AC, TV kabel, kamar mandi bersih dengan shower. Selain itu juga terdapat lemari es dan minibar. Fasilitas publik yangg bisa dinikmati antara lain restoran, coffee shop dan ruang karaoke.

Dari Bandara Supadio Pontianak ke lokasi hotel hanya berjarak sembilan kilometer dan dapat ditempuh sekitar 20 menit dengan berkendara. Atraksi menarik di dekat hotel adalah Paradise Q Waterpark yang berjarak kurang dari tiga kilometer. Sementara untuk berbelanja kamu bisa mengunjungi Matahari Mall yang hanya berjarak empat kilometer saja.

Hotel di bawah Rp 200.000 di Pontianak

Selain hotel di atas, di Pontianak juga terdapat hotel dengan tarif di bawah Rp200.000 yang bisa kamu pilih agar semakin hemat anggaran. Berikut beberapa rekomendasi hotelnya.

Sentosa Guest House

Sentosa Guest House adalah alternatif penginapan murah yang bisa kamu pilih saat berlibur ke Pontianak. Lokasinya berada di Jalan Haji Abas No.93 Pontianak Selatan, Pontianak, Kalimantan Barat. Tarif sewa kamar per malamnya mulai dari Rp150.000 dengan fasilitas AC, heater, TV Kabel, TV, dan kamar mandi bersih. Akses WiFi bisa kamu nikmati di area sekitar penginapan.

Untuk fasilitas publik terdapat area parkir dan restoran untuk memanjakan perut. Cocok untuk para backpacker penginapan ini berjarak sekitar 15 kilometer dari Bandara Supadio Pontianak. Kamu bisa menggunakan taksi dari bandara untuk menuju langsung ke hotel ini.

Permana Khatulistiwa

Rekomendasi penginapan murah berikutnya untuk para backpacker adalah Permana Khatulistiwa. Lokasinya berada di Jalan Arteri Supadio, Kubu Raya, Pontianak. Lokasinya dari Bandara Supadio Pontianak sangat dekat hanya tiga kilometer dan bisa ditempuh sekitar 15-20 menit dengan berkendara. Untuk mencapai lokasi hotel kamu bisa menggunakan taksi yang ada di bandara.

Tarif sewa kamar mulai dari Rp140.000 dengan fasilitas kamar berupa AC, meja, dan kamar mandi bersih dan nyaman. Fasilitas publik sekitar penginapan antara lain adalah coffee shop, restoran dan akses WiFi. Atraksi menarik sekitar hotel yang perlu kamu kunjungi adalah paradise Q Waterpark dan Museum Kalimantan Barat.

Tips berpergian style budget ke Pontianak

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum berlibur ke Pontianak agar makin hemat kantong dan berkesan antara lain sebagai berikut.

Selalu cek promo harga tiket dan hotel

Agar liburanmu semakin murah di kantong, tidak ada salahnya untuk selalu mengecek harga tiket dan akomodasi di situs penyedia jasa layanan tiket dan hotel. Kamu bisa memanfaatkan promo-promo menarik di sana dan mendapatkan penginapan dengan harga terbaik. Terlebih pada saat-saat tertentu seperti saat musim liburan.

Jaga kondisi kesehatan

Ini adalah hal penting dan utama untuk kamu perhatikan sebelum memulai petualanganmu berlibur di Pontianak. Jika kamu bepergian saat musim penghujan sebaiknya sediakan pula baju tebal dan obat-obatan ringan. Mengingat suhu di Pontianak cukup dingin. Agar tetap fit sebaiknya lakukan olahraga kecil seperti peregangan di hotel.

Menjaga etika dan norma masyarakat

Beda daerah beda pula adat istiadatnya. Sebaiknya hal ini juga perlu kamu perhatikan saat berada di Pontianak. Ketika berada di lokasi wisata yang notabene adalah cagar alam, taman nasional atau tempat ibadah tetap jaga kesopanan dan hindari merusak objek wisata tersebut dan buanglah sampah pada tempatnya.

Pilih transportasi alternatif

Agar makin hemat kantong, saat liburan ke Pontianak kamu bisa memilih transportasi murah dan terjangkau. Beberapa di antaranya adalah Bus Damri, Ojek dan Becak. Sementara untuk menyusuri sungai-sungai indah di Pontianak bisa menggunakan sampan dengan tarif sekitar Rp5.000 saja.


Perlu Bantuan?