peringatan

Hotel di Semarang

Jawa Tengah, Indonesia · 273 hotel tersedia

Cari hotel murah & promo dengan cepat dan mudah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Semarang

MG Suites Hotel Semarang

Jalan Petempen No. 294 Gajah Mada, Semarang, Indonesia, 50133

8.4 / 10

Sangat Baik

Whiz Hotel Pemuda Semarang

Jl. Piere Tendean No. 9 Semarang, Semarang, Indonesia, 50132

8.2 / 10

Sangat Baik

Star Hotel Semarang

Jl. MT. Haryono No. 972, Semarang, Indonesia, 50242

8.3 / 10

Sangat Baik

Louis Kienne Hotel Simpang Lima

Jalan Ahmad Yani No. 137, Semarang, Indonesia, 50241

8.4 / 10

Sangat Baik

Oaktree Emerald Resort Semarang

Palm Hill Estate, Jl Palm VI Papandayan, Gajahmungkur Semarang, City Centre, Semarang, Indonesia, 50232

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Horison Simpang Lima Semarang

Jl. KH. Ahmad Dahlan No.2, Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Semarang, Indonesia, 50241

8.4 / 10

Sangat Baik

Ibis Budget Semarang Tendean

Jl. Kapt Piere Tendean No. 21, Semarang, Indonesia, 50132

8.0 / 10

Sangat Baik

Hotel Ciputra Semarang

Jalan Simpang Lima No. 1 PO Box 1288, , , Semarang, Indonesia, 50134

8.5 / 10

Sangat Baik

Hotel Citradream Semarang

Jalan Imam Bonjol No. 187, Semarang, Indonesia, 50131

8.4 / 10

Sangat Baik

Grand Edge Hotel Semarang

Jl.Sultan Agung No.96, Semarang, Indonesia, 50252

8.5 / 10

Sangat Baik

Grand Candi Hotel Semarang

Jl. Sisingamangaraja No.16, Semarang, Indonesia, 50232

8.3 / 10

Sangat Baik

New Metro Hotel

Jl. H. Agus Salim No. 2-4, Semarang, Semarang, Indonesia, 50138

8.5 / 10

Sangat Baik

Noormans Hotel Semarang

Jl. Teuku Umar No.27, Jatingaleh, Semarang, Indonesia, 50234

8.3 / 10

Sangat Baik

Grandhika Hotel Pemuda Semarang

Jalan Pemuda No 80-82, Semarang, Indonesia, 50139

8.8 / 10

Sangat Baik

Horison NJ Hotel Semarang

Jalan MT Haryono No. 32 - 38 , Semarang, Indonesia, 50127

8.4 / 10

Sangat Baik

Hotel Santika Premiere Semarang

Jalan Pandanaran No. 116-120, Semarang, Indonesia, 50134

8.6 / 10

Sangat Baik

Allstay Hotel Semarang Simpang Lima

Jalan Veteran No. 51-53, Semarang, Indonesia, 50231

8.7 / 10

Sangat Baik

Holiday Inn Express Semarang Simpang Lima

No. 145, Jl. Ahmad Yani, Semarang, Indonesia, 50241

8.5 / 10

Sangat Baik

Hotel Semesta Semarang

Jl. KH Wahid Hasyim 125-127, China Town, Semarang, Indonesia, 50138

8.2 / 10

Sangat Baik

Quest Hotel Semarang

Jalan Plampitan 37-39, Semarang, Indonesia, 50138

8.3 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Sebagai pusat pemerintahan provinsi Jawa Tengah, Semarang tak hanya membangun gedung-gedung tinggi, namun juga mempertahankan areal hijaunya. Dengan slogannya sebagai kota ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri, dan Sehat), Semarang berusaha menjadi kota layak huni dan nyaman untuk dijadikan persinggahan. Ketersediaan transportasi umum yang memadai dan lingkungan yang masih asri membuat Semarang nyaman untuk dikunjungi.

Kota Semarang memiliki banyak julukan. Selain dijuluki Kota Lumpia, Semarang juga dikenal dengan beberapa julukan lain, seperti Venetie van Java. Julukan ini diberikan oleh pemerintah kolonial Belanda karena Semarang dilalui oleh banyak sungai layaknya Venice di Italia. Ada pula The Port of Java yang merupakan slogan pariwisata Kota Semarang untuk mengenalkan Semarang sebagai kota pelabuhan di Jawa.

Sejarah Semarang

Asal nama Semarang erat kaitannya dengan penyebaran agama Islam. Dahulu, kerajaan Demak mengutus Pangeran Made Pandan untuk menyebarkan agama Islam di perbukitan Pergota. Di sana Pangeran Made Pandan menemukan banyak pohon Asam, yang oleh orang Jawa disebut ‘asem arang’, sehingga  akhirnya muncul nama Semarang. Berawal dari sebuah perkampungan, ekonomi Semarang semakin lama semakin meningkat, sehingga wilayahnya diperluas dan statusnya dinaikkan sebagai kabupaten dan ibukota provinsi seperti saat ini.

Pada abad 19 dan 20, Kota Semarang dijadikan pusat perdagangan oleh Belanda. Belanda kemudian membangun gereja, gedung perkantoran dan perumahan untuk membuat mereka nyaman tinggal di Semarang. Tak hanya itu, Belanda juga membangun benteng militer. Kawasan yang kental dengan arsitektur Eropa tersebut kemudian lebih dikenal sebagai ‘Little Netherland’ atau Kota Lama.

Cara ke Semarang

Ada beberapa cara ke Semarang yang dapat Anda tempuh dengan berbagai moda transportasi berikut ini:

Transportasi Udara

Perjalanan Anda ke Semarang dengan menggunakan pesawat terbang akan mendarat di Bandara Internasional Achmad Yani (SRG). Dari bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan Trans Semarang koridor IV. Tarif transportasi umum di semarang ini sekitar Rp2.000 untuk pelajar dan Rp3.000 untuk umum. Trans Semarang beroperasi pukul 05.00-21.00 WIB. Selain Trans Semarang, Anda pun dapat mengunakan transportasi lanjutan berupa angkutan kota (angkot) atau taksi untuk menuju ke pusat Kota semarang yang berjarak 5 km dari bandara.

Transportasi Darat

Semarang dapat diakses melalui darat dari berbagai kota di Jawa. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Transportasi umum yang dapat Anda gunakan, antara lain:

Kereta Api

Semarang dapat diakses dengan kereta api melalui tiga kota besar di pulau Jawa, antara lain: Surabaya, Jakarta, dan Bandung. Ada beberapa pilihan kelas kereta api dengan tarif yang berbeda. Terdapat dua stasiun utama di Semarang yang menjadi tempat keberangkatan dan kedatangan sesuai dengan kelas kereta api yang Anda pilih. Jika menggunakan kereta api kelas Eksekutif dan Bisnis, Anda turun di Stasiun Tawang. Sementara itu, Stasiun Poncol beroperasi untuk pemberhentian kereta api kelas Ekonomi.

Bus

Anda bisa ke Semarang menggunakan bus yang dapat diakses dari beberapa kota  di Jawa. Seperti kereta, ada beberapa pilihan kelas yang bisa diambil jika Anda memutuskan menggunakan bus untuk ke Semarang.

Kelas Ekonomi (patas non AC) dengan tarif sekitar Rp 80.000,  Bisnis Rp 130.000, dan  EksekutifRp 265.000.

Transportasi Laut

Sebagai kota pelabuhan, Semarang juga bisa diakses melalui laut. Beberapa kapal dari beberapa kota di Indonesia berangkat menuju Semarang. Pelabuhan Tanjung Mas yang merupakan pelabuhan kebanggaan warga Semarang ini tak hanya dilalui oleh kapal dari pulau lain di Indonesia, namun juga disinggahi beberapa kapal pesiar luar negeri. Tarif menggunakan transportasi ini sekitar Rp200.000.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi di Semarang

Selama berkeliling di Semarang, beberapa transportasi yang dapat Anda gunakan adalah:

Trans Semarang

Tak berbeda dengan Trans Jakarta yang menjadi pilihan transportasi sebagian warga Jakarta karena tarifnya yang terjangkau, warga Semarang juga melakukan hal yang sama. Saat ini terdapat tiga koridor yang melayani penumpang.

Bus Damri

Cara lain berkeliling Semarang adalah dengan menggunakan bus Damri. Seperti Trans Semarang, bus Damri juga memiliki beberapa rute untuk setiap nomor busnya. Selain itu, tarif yang dikenakan pun bervariasi menurut nomor bus, mulai dari Rp4.500 hingga Rp6.000.

Taksi

Di Semarang, terdapat lima perusahaan taksi yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling Semarang. Tarif yang dikenakan bervariasi sesuai dengan lokasi tujuan Anda.

Becak

Becak menjadi salah satu transportasi pilihan wisatawan untuk berkeliling Semarang. Di Semarang, Anda bisa menemukan banyak becak di sepanjang jalan. Menariknya, ada sebuah hotel di Semarang, Hotel Horison mempekerjakan beberapa tukang becak yang kemudian dibina agar bisa mengantar wisatawan berkeliling Semarang. Dengan nama Becak Wisata, mereka akan mengantar tamu hotel yang ingin berkeliling. Tarif yang dikenakan sudah ditetapkan oleh pihak hotel, bervariasi sesuai lokasi tujuan wisatawan. Tarif berkisar mulai dari Rp20.000.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Hotel di Semarang

Kota Semarang di Jawa Tengah merupakan kota yang unik. Tidak hanya dikenal sebagai ibu kota provinsi, tapi juga merupakan kota dengan akulturasi antara budaya Jawa dan Tionghoa yang menarik. Kondisi tersebut pun membuat banyak wisatawan datang ke kota ini, baik untuk aktivitas bisnis atau wisata.

Hal ini juga ditunjang dengan keberadaan fasilitas pendukung berupa sarana akomodasi. Anda bisa menemukan beragam hotel di Semarang dengan berbagai kualitas. Berikut daftarnya:

Hotel Bintang 1 di Semarang

Untuk hotel bintang 1, ada beberapa pilihan penginapan yang dapat Anda pertimbangkan, yakni: 

Sunrise Hotel Semarang

Hotel murah dengan tarif menginap sekitar Rp200.000 per malam bisa Anda jumpai di Sunrise Hotel Semarang. Hotel ini berada di Jalan Soekarno Hatta No. 97, di depan Universitas Semarang.

Fasilitas yang terdapat di setiap kamar sudah meliputi AC, Wi-Fi, dan kamar mandi beserta kelengkapannya. Sementara itu, fasilitas umum yang tersedia adalah restoran, area parkir, dan layanan resepsionis 24 jam
Beberapa tempat wisata dapat Anda sambangi dari hotel di Semarang ini. Anda dapat mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah dengan jarak tempuh 700 meter, serta kawasan wisata lain, seperti Simpang Lima dan Museum Nyonya Meneer.

Bintang Tiga Guest House

Penginapan murah ini memang berada cukup jauh dari pusat Kota Semarang, tepatnya di Jalan Prof Sudharto 11 atau Jl. Ngesrep Timur V No. 11, Tembalang. Meski begitu, lokasinya memberikan kemudahan untuk menjangkau beberapa tempat wisata menarik, seperti Brown Canyon dan Pagoda Avalokitesvara.

Fasilitas di setiap kamar hotel di Semarang ini sudah dilengkapi Wi-Fi, TV, AC, kamar mandi, dan sarapan gratis. Anda pun dapat memiliki fasilitas pendukung, seperti restoran, area parkir, dan layanan resepsionis 24 jam. Semua fasilitas tersebut dapat Anda nikmati hanya dengan tarif bermalam sekitar Rp200.000.

Royal Phoenix Hotel

Pilihan berikutnya adalah Royal Phoenix Hotel yang terletak di Jalan Sriwijaya Raya No. 30, Semarang. Hotel dengan tarif sekitar Rp200.000 hingga Rp300.000 per malam ini cukup dekat dengan berbagai fasilitas umum di Semarang. 

Hotel di Semarang ini menawarkan tiga tipe kamar, yaitu Superior, Deluxe, dan Executive. Fasilitas yang tersedia di setiap kamar sudah Wi-Fi, AC, TV, dan kamar mandi. Anda pun dapat menikmati hidangan di restoran, memarkirkan kendaraan di area parkir luas, dan memanfaatkan layanan resepsionis 24 jam.

Hotel Bintang 2 di Semarang

Untuk pilihan hotel bintang 2, Anda dapat mempertimbangkan beberapa pilihan hotel berikut ini:

Whiz Hotel Pemuda Semarang

Hotel bujet ini menjadi solusi yang tepat jika Anda mencari penginapan yang dekat dengan Stasiun Semarang Poncol. Jarak keduanya hanya sekitar 500 meter. Selain itu, hotel bertarif mulai dari Rp270.000 hingga Rp370.000 per malam ini memiliki akses yang mudah ke Masjid Agung Kauman dan Pasaraya Sri Ratu. 

Setiap kamar hotel di Semarang ini sudah dilengkapi Wi-Fi, AC, TV, pembuat kopi atau teh, dan kamar mandi dengan pancuran. Fasilitas umum yang dapat Anda manfaatkan adalah area parkir, lift, restoran, dan layanan resepsionis 24 jam.

Amaris Hotel Pemuda Semarang

Anda dapt memilih Amaris sebagai solusi menginap murah di pusat Kota Semarang. Hotel dengan tarif sekitar Rp300.000 per malam ini memiliki lokasi strategi yang dekat dengan berbagai tempat wisata. Anda bisa menjangkau Lawang Sewu ataupun Museum Perjuangan Mandala Bhakti dalam waktu kurang dari 10 menit. 

Hotel yang berlokasi di Jalan Pemuda No. 138, Semarang ini menyediakan fasilitas lengkap di setiap kamarnya, seperti Wi-Fi, AC, TV, brankas, dan kamar mandi beserta alat-alatnya. Hotel di Semarang ini juga memiliki fasilitas pendukung berupa restoran, area parkir, lift, dan layanan 24 jam.

Hotel Citradream Semarang

Jika ingin menjejahi Lawang Sewu yang misterius, Anda dapat menginap di hotel ini. Penginapan yang memiliki tarif sekitar  Rp270.000 per malam ini hanya berjarak sekitar 400 meter dari Lawang Sewu. Selain itu, DP Mall dan Mall Paragon juga bisa Anda jangkau dengan mudah dari hotel di Semarang ini.

Dengan tarif menginap yang terbilang murah, Anda telah mendapatkan fasilitas lengkap di dalam kamar, seperti Wi-Fi, AC, TV, brankas, dan kamar mandi dengan pancuran. Fasilitas pendukung yang dapat Anda gunakan adalah restoran, area pakir, lift, dan layanan resepsionis 24 jam.

Hotel Bintang 3 di Semarang

Beberapa hotel kelas menengah di Semarang yang dapat Anda pilih adalah:

New Metro Hotel

Kombinasi hotel murah dengan lokasi strategis dapat Anda temukan pada New Metro Hotel. Di sini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya bermalam mulai dari Rp275.000 hingga Rp480.000 per malam. Posisi hotel pun berdekatan dengan Stasiun Semarang Poncol dan Tawang. Anda juga bisa dengan mudah menjangkau landmark Kota Semarang, seperti Kota Lama Semarang, Masjid Agung Kauman, dan Masjid Agung Jawa Tengah. 

Hotel yang berlokasi di Jl. H. Agus Salim No. 2-4, Semarang ini memiliki fasilitas lengkap di setiap kamarnya. AC, Wi-Fi, TV, brankas, pembuat kopi atau teh, dan kamar mandi yang dilengkapi shower, bathtub, serta alat-alatnya dapat memberikan kenyamanan untuk Anda selama menginap. Fasilitas penunjang yang dapat Anda gunakan adalah restoran, area parkir luas, layanan pijat, dan layanan resepsionis 24 jam.

Allstay Hotel Semarang Simpang Lima

Lokasi hotel yang selemparan batu dari Simpang Lima menjadi keuntungan utama dari Allstay Hotel Semarang. Akses ke Lawang Sewu pun mudah,bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit perjalanan. Apalagi, untuk menginap di hotel bintang 3 ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp350 ribu hingga Rp630 ribu per malam. 

Pesonna Hotel Semarang

Bagi para pencinta kuliner khas semarang, Pesonna Hotel bisa menjadi pilihan menginap yang tepat. Hotel murah dengan tarif menginap mulai dari Rp350.000 hingga Rp400.000 per malam ini berjarak sekitar 1,5 km dari Gang Lombok yang terkenal sebagai pusat jajanan khas Semarang. 

Ada keuntungan lain yang bisa diperoleh ketika bermalam di sini. Meski berlabel hotel murah, Pesonna Hotel Semarang ini memiliki fasilitas cukup lengkap. Bahkan, sebuah kolam renang yang berukuran cukup luas bisa dijumpai pada hotel yang berada di Jalan Depok No. 33, Kembangsari, Semarang Tengah, Semarang ini.

Hotel Bintang 4 di Semarang

Untuk merasakan kenyamanan selama pelesir ke Semarang, hotel bintang 4 berikut ini bisa menjadi pertimbangan: 

MG Suites Hotel Semarang

Kalau ingin menginap di hotel bintang 4 dengan tarif murah, pilihannya adalah MG Suites Hotel Semarang. Hotel  di Semarang ini menyediakan sarana akomodasi di pusat kota dengan tarif murah meriah, mulai dari Rp390.000 hingga Rp1.400.000 rupiah per malam. 

Fasilitas yang dimiliki oleh MG Suites pun tidak kalah dengan hotel bintang 4 lainnya. Anda akan memperoleh akses ke berbagai fasilitas yang disediakan, mulai dari kolam renang, pusat kebugaraan, ruang rapat, ballroom, hingga pusat kebugaran. 

Tidak hanya itu, hotel ini juga memiliki lokasi strategis. Beralamat di Jalan Petempen No. 294, Anda bisa menuju ke kawasan Simpang Lima dengan berkendara tidak lebih dari 5 menit. Selain itu, Anda juga memiliki akses yang mudah ke beberapa mal besar di Semarang, seperti DP Mall, Mall Paragon, dan Sri Ratu Pasaraya. 

Louis Kienne Hotel Simpang Lima

Hotel bintang 4 yang dikelola oleh Ariva ini menawarkan lokasi strategis di pusat Kota Semarang. Anda hanya butuh waktu singkat menuju ke berbagai tempat penting di ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini. Bandara Internasional Ahmad Yani hanya berjarak 6,5 km. Sementara itu, Stasiun Semarang Tawang berada sejauh 3,8 km dari hotel. 

Fasilitas lengkap juga dimiliki oleh Louis Kienne Hotel Simpang Lima. Berbagai aktivitas di dalam hotel pun bisa dilakukan dengan pemandangan menakjubkan Kota Semarang dari ketinggian. Anda bisa mencoba untuk berolahraga di pusat kebugaran, berenang di kolam renang rooftop, atau sekadar bersantai di area Sky Lounge. 

Hotel ini menyediakan sebanyak 150 kamar dengan desain interior kontemporer yang mewah. Setiap kamar mampu menampung dua orang dewasa dan dua anak kecil. Untuk menginap di sini, biaya yang perlu Anda keluarkan tidak terlalu besar, sekitar Rp550.000 per malam. 

Grand Edge Hotel Semarang

Pilihan hotel bintang 4 murah berikutnya bisa dijumpai di Grand Edge Hotel Semarang. Hotel ini menyediakan kamar dengan tarif murah mulai dari Rp378.000 hingga Rp800.000 per malam. Dengan tarif tersebut, Anda pun bisa memperoleh akses ke berbagai fasilitas mewah yang disediakan. 

Salah satu fasilitas menarik yang bisa dijumpai di hotel ini adalah kolam renang luar ruangan yang terletak di area rooftop. Di sini, Anda bisa bersantai sembari menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Suasana hotel di Semarang ini kian romantis kalau Anda datang ke sini bersama dengan pasangan. 

Hotel Bintang 5 di Semarang

Untuk pilihan hotel bintang 5 terbaik, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hotel mewah berikut ini:

Gumaya Tower Hotel Semarang

Hotel bintang 5 di Semarang ini menyediakan sarana menginap yang eksklusif. Hotel ini berada di gedung tertinggi di ibu kota Jawa Tengah tersebut. Dari dalam kamar, Anda pun bisa secara langsung menyaksikan pemandangan kota dari ketinggian. Tidak heran kalau banyak wisatawan yang menyebut Gumaya sebagai hotel mewah terbaik di Semarang. 

Hotel yang beralamat di Jalan Gajah Mada No. 59-61 ini juga memiliki lokasi strategis. Dari hotel, Anda bisa menjangkau ke berbagai tempat menarik di Kota Semarang. Stasiun Semarang Poncol  bisa dijangkau dalam jarak tidak lebih dari 800 meter. Anda pun bisa mencoba berkunjung ke Kelenteng Sam Poo Kong dengan waktu tempuh kurang dari 20 menit. 

Menginap di hotel bintang 5 ini tidaklah murah. Hotel ini menyediakan berbagai pilihan kamar. Mulai dari kamar New Deluxe, Grand Deluxe, Tower Club, Royal Suite, hingga yang paling mewah adalah kamar Presidential Suite. Untuk merasakan kemewahan di hotel ini, setidaknya Anda harus mengeluarkan bujet sebesar Rp1.400.000 per malam.

Hotel Ciputra Semarang

Hotel Ciputra Semarang memiliki posisi yang tidak kalah strategis. Hotel yang terletak di Jalan Simpang Lima P.O. Box 1288 ini memudahkan para tamu untuk mengakses berbagai tempat di Kota Semarang. Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah, Kelenteng Sam Poo Kong, atau Undip Peleburan bisa dijangkau dengan mudah. 

Hotel di Semarang ini juga menawarkan fasilitas lengkap. Untuk Anda yang mengaku sebagai pencinta belanja, hotel ini berada satu kompleks dengan Mall Ciputra. Anda pun tidak perlu berjalan jauh kalau ingin membeli berbagai jenis barang. 

Hotel yang dikelola oleh Swiss-Belhotel ini pun menyediakan sebanyak 200 kamar yang bisa ditempati oleh para tamu. Mengenai tarif menginap, Anda bisa menyiapkan uang sekitar Rp650.000 per malam. 

Crowne Plaza Semarang

Hotel bintang 5 di Semarang yang satu ini juga tidak kalah menariknya. Beralamat di Jalan Pemuda 118, Crowne Plaza Semarang memberikan akses yang mudah ke Paragon Mall–mal terbesar di Kota Semarang. Selain itu, hotel ini juga berdekatan dengan Stasiun Semarang Poncol, berjarak hanya 600 meter. 

Hotel ini juga memiliki kolam renang luar ruangan dengan pemandangan Kota Semarang dari ketinggian. Anda pun bisa mengajak si kecil untuk bermain-main di sini. Untuk suasana yang romantis, dapat pula menghabiskan waktu sore hari bersama pasangan. Menikmati pemandangan matahari terbenam dengan ditemani sajian makanan dan minuman. 

Terdapat sebanyak 270 kamar dengan desain interior mewah yang tersedia di Crowne Plaza Semarang ini. Masing-masing kamar pun memiliki fasilitas komplet mulai dari TV LED 40 inci, kotak pengaman, AC, layanan hiburan audio video, hingga akses internet cepat. Tarifnya, mulai dari Rp920.000 hingga Rp2.900.000 per malam. 

Objek Wisata di Semarang

Semarang terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak objek wisata bersejarah. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Semarang yang wajib Anda kunjungi:

Kota Lama

Ke Semarang belum lengkap jika belum ke Kota Lama. Kota Lama atau yang biasa disebut Little Netherland adalah kawasan bekas pemerintah kolonial Belanda. Di sini, Anda bisa melihat berbagai bangunan yang kental dengan arsitektur Eropa. Sebagian wisatawan memilih berkeliling Kota Lama dengan menggunakan becak, namun jika Anda ingin lebih lama menikmati Kota Lama, Anda bisa berjalan kaki.

Simpang Lima

Simpang Lima ini merupakan alun-alun Kota Semarang. Setiap harinya Simpang Lima didatangi warga sekitar juga wisatawan untuk berekreasi. Pada setiap malam harinya, Anda bisa melakukan wisata kuliner bersama teman atau keluarga di sini. Berada di pusat Kota Semarang, Simpang Lima mudah untuk diakses dari mana saja.

Lawang Sewu

Bangunan lama peninggalan jaman Belanda ini sebenarnya jumlah pintunya tak sampai seribu, namun karena banyak, warga sekitar menyebutnya Lawang Sewu, ‘Pintu Seribu’. Lawang Sewu menjadi objek wisata bukan hanya karena arsitekturnya yang bergaya Eropa kuno, namun juga karena terkenal mistis. Terletak di Jalan Pemuda yang merupakan pusat kota Semarang, Lawang Sewu mudah untuk diakses. Lawang sewu buka setiap hari pada pukul 07.00-21.00 WIB. Anda yang berkunjung ke tempat wisata ini akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp10.000 untuk dewasa, pelajar Rp5.000, dan anak-anak juga Rp5.000.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Wisata Kuliner di Semarang

Bagi pencinta makanan khas daerah, Anda wajib mencicipi sajian lezat asli Semarang berikut ini:

Lumpia Gang Lombok

Belum ke Semarang jika belum menikmati lumpianya. Ada satu kios lumpia terkenal di Gang Lombok, yang merupakan daerah pecinan. Lumpia di sini masih memakai resep asli dari pasangan Tjoa Thay Yoe dan Wasih, pembuat lumpia pertama di Indonesia. Saat ini, kios lumpia di Gang Lombok ini dikelola oleh generasi ketiga, Siem Swie Kiem. Uniknya, kemasan yang digunakan untuk membungkus lumpia ini adalah besek, sebuah kotak yang terbuat dari bambu dan bisa menampung 10 potong lumpia.

Lumpia Gang Lombok buka setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB. Harga per potong lumpia ini sekitar Rp10.000. Meski terbilang mahal, rasa lumpia yang terkenal di Semarang ini tak akan mengecewakan Anda. Jenis lumpia yang dapat dipilih adalah lumpi basah dan goreng.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Tips Wisata di Semarang

  • Cuaca di Semarang tergolong panas, apalagi saat musim kemarau. Gunakanlah pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat.

  • Untuk penggemar fotografi, jangan lewatkan kawasan Kota Lama yang banyak dijadikan lokasi foto pra-wedding.

  • Jika ingin membeli lumpia di Gang Lombok, sebaiknya datang lebih awal karena makanan ini seringkali habis sebelum jam dua siang.

Hotel di Semarang Lainnya