peringatan

Hotel di Jakarta Selatan

Jakarta, Indonesia · 376 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Jakarta Selatan

Hotel Kaisar Jakarta

Jalan PLN No. 1 Duren Tiga, Jakarta Selatan, Indonesia, 12780

8.1 / 10

Sangat Baik

Park 5 Simatupang

Jalan Intan RSPP No.C5 Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Indonesia, 12430

8.8 / 10

Sangat Baik

Hotel Maharani Jakarta

Jalan Mampang Prapatan No. 8, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia, 12790

8.0 / 10

Sangat Baik

POP! Hotel Tebet

Jl. Prof. Dr. Soepomo SH No. 29 , Jakarta Selatan, Indonesia, 12810

8.0 / 10

Sangat Baik

Favehotel Kemang

Jl. Kemang I No.6 Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia, 12730

8.1 / 10

Sangat Baik

Diradja Hotel

JL. Kapt Tendean No.38, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia, 12710

8.5 / 10

Sangat Baik

Maharadja Hotel

Jl. Kapt Piere Tendean No.1, Mampang, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia, 12790

8.0 / 10

Sangat Baik

POP! Hotel Kemang

Jalan Kemang Raya NO. 3, Jakarta Selatan, Indonesia, 12730

8.2 / 10

Sangat Baik

Grand Whiz Poins Square Simatupang

POINS SQUARE Mall & Apartment, Jl. RA Kartini no. 1 - Lebak Bulus Simatupang, Jakarta Selatan, Indonesia, 12440

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel 88 Tendean Jakarta

Jalan Kapten Tendean No.10, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Indonesia, 12710

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel 88 ITC Fatmawati Panglima Polim

JL. RS Fatmawati No.4 Gandaria Utara Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia, 12420

8.7 / 10

Sangat Baik

The Park Lane Jakarta

Jl. Casablanca Kav. 18, Jakarta Selatan, Indonesia, 12870

8.8 / 10

Sangat Baik

Everyday Smart Hotel Mayestik

Jalan Gandaria Tengah I, No. 24, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia, 12130

8.4 / 10

Sangat Baik

Manhattan Hotel

Jl. Prof Dr. Satrio Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia, 12950

8.2 / 10

Sangat Baik

V Hotel Jakarta

Jl. Prof. Dr. Soepomo 100, Jakarta Selatan, Indonesia, 12810

8.5 / 10

Sangat Baik

Pomelotel

Jl. Dukuh Patra Raya No. 28, Kuningan Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia, 12870

8.4 / 10

Sangat Baik

Swiss-Belinn Simatupang Jakarta

Jalan R.A Kartini 32, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Indonesia, 12440

8.6 / 10

Sangat Baik

Yello Hotel Manggarai

Jalan Minangkabau Timur No. 9, Jakarta Selatan, Indonesia, 12970

8.9 / 10

Sangat Baik

The Bellevue Suite

Jl. Haji Nawi No. 1, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Indonesia, 12420

8.5 / 10

Sangat Baik

Hotel GranDhika Iskandarsyah

Jalan Iskandarsyah Raya No. 65, Jakarta Selatan, Indonesia, 12160

8.8 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Jakarta Selatan merupakan salah satu kota yang terletak di bagian selatan Provinsi DKI Jakarta. Saat ini, Jakarta Selatan dikenal sebagai wilayah pemukiman pilihan warga Jakarta kelas atas, di antaranya adalah Pondok Indah, Permata Hijau, dan Kebayoran Baru. Selain dipadati pemukiman warga, hotel di Jakarta Selatan pun tak kalah banyaknya. Terdapat banyak penginapan mulai dari hotel murah, hingga hotel mewah di Jakarta Selatan.

Hadirnya pemukiman-pemukiman tersebut juga memberi efek positif pada sektor pendidikan dan perekonomian. Lembaga pendidikan bertaraf nasional dan internasional bermunculan, seperti Perguruan Al-Azhar dan Jakarta International School (JIS). Sektor perekonomian ikut bertumbuh dengan hadirnya beberapa pusat perbelanjaan, seperti ITC Fatmawati, Pondok Indah Mall, dan Gandaria City.

Di Jakarta Selatan, terdapat banyak hotel-hotel yang berkelas. Namun, tak semua hotel yang ditawarkan dengan harga yang mahal. Anda bisa memilih hotel yang memang mempunyai banyak fasilitas lengkap, namun mempunyai harga yang relatif terjangkau dengan kantong Anda.

Cara ke Jakarta Selatan

Berikut adalah beberapa moda transportasi yang dapat mengantar Anda ke Jakarta Selatan:

Transportasi Udara

Anda dapat menaiki pesawat terbang dengan tujuan pendaratan di Bandara Soekarno-Hatta. Dari bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke berbagai destinasi di Jakarta Selatan dengan taksi, bus Damri, atau mobil sewa. Tarif bus Damri sekitar Rp35.000 hingga Rp115.000 per orang, tergantung tujuan Anda. Sementara itu, tarif taksi berdasarkan argometer dan tarif mobil sewa berdasarkan ketentuan perusahaan.

Traasportasi Laut

Jika menggunakan kapal laut, Anda bisa menuju Pelabuhan Merak terlebih dahulu. Jika dari Pelabuhan Bakauheni, Anda dapat menaiki kapal feri menuju Pelabuhan Merak dengan biaya-biaya berikut ini:

  • Pejalan kaki: Rp12.000
  • Membawa Sepeda : Rp24.500
  • Membawa Sepeda Motor: Rp49.000
  • Membawa Mobil Sedan : Rp347.000

 

Dari Pelabuhan Merak ke Jakarta Selatan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki bus atau kereta.

Transportasi Darat

Beberapa kendaraan yang dapat Anda gunakan untuk mengakses Jakarta Selatan via darat adalah:

Angkutan Kota

Ada banyak angkot yang melintasi Kota Jakarta Selatan, seperti Kopaja dan Metromini. Anda bisa menaikinya dari Terminal Blok M. Tarif kedua kendaraan ini sekitar Rp4.000 sekali jalan.

Commuter Line

Anda bisa menuju wilayah yang ada di Kota Jakarta Selatan menggunakan kereta Commuter Line. Jika berada di Kota Depok, Anda bisa menaiki Commuter Line dari Stasiun Depok dan turun di Stasiun Pasar Minggu. Tarif Commuter Line adalah Rp3.000 untuk 25 km, sedangkan lebih dari 25 kilometer akan dikenakan tambahan biaya Rp1.000.

TransJakarta

Anda akan menemukan transportasi yang cukup aman di Jakarta. Transportasi berupa bus ini memiliki jalur tersendiri yang disebut TransJakarta. Tarif TransJakarta pukul 05.00-07.00 WIB sebesarp Rp2.000, sedangakan pukul 07.00-23.00 WIB sebesar Rp3.500 sekali jalan.

(Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu)

Hotel di Jakarta Selatan

Jakarta Selatan merupakan area yang sibuk. Ribuan orang berlalu lalang di kawasan ini, baik yang berasal dari Jakarta, luar Jakarta, atau bahkan mancanegara. Sebagai sarana penunjang, tersedia pula beragam pilihan hotel di Jakarta Selatan yang bisa digunakan untuk para pelancong dari luar kota serta mancanegara.

Para backpacker bisa menjumpai hotel murah meriah di kawasan ini. Sementara itu, di waktu yang sama, wisatawan bisnis yang ingin mencari tempat menginap nyaman dan mewah dapat pula menemukannya dengan mudah di Jakarta Selatan. Berikut adalah daftarnya: 

Hotel Bintang 1 di Jakarta Selatan

Untuk pilihan akomodasi bintang 1 dengan tarif murah dan fasilitas memadai, Anda bisa mempertimbangkan beberapa penginapan berikut ini:

LeGreen Suite Setiabudi

Penginapan ini memang murah, namun pelayanan dan lokasi yang dimilikinya tidak kalah dengan akomodasi yang memiliki tarif lebih mahal. Dengan biaya berkisar Rp275.000 per malam, Anda sudah bisa memperoleh tempat menginap yang berada di salah satu kawasan bisnis terkemuka di Jakarta. 

Airy Kuningan Karet Pedurenan 41 Jakarta

Hotel murah berkualitas berikutnya juga bisa Anda peroleh ketika memilih bermalam di Airy Kuningan Karet Pedurenan 41 Jakarta. Penginapan dengan tarif sekitar Rp230.000 per malam ini menyediakan sarana akomodasi yang nyaman dan pelayanan ramah. 

Terletak di kawasan Tebet, lokasinya memudahkan para tamu untuk menjangkau berbagai tempat di Jakarta. Apalagi, hotel di Jakarta Selatan ini tidak terlalu jauh dari Stasiun KRL Cawang dan Terminal Kampung Melayu.

Sabda Guest House

Anda bisa pula menemukan penginapan yang ekonomis di Sabda Guest House. Hotel ini berada di kawasan Tebet dengan tarif mulai dari Rp210.000 hingga Rp450.000 per malam.  Anda pun bisa menjangkau berbagai tempat dengan mudah. Termasuk di antaranya adalah Pasar Jatinegara yang berjarak sekitar 1,13 km dan Stasiun KRL Tebet yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 500 meter. 

Hotel Bintang 2 di Jakarta Selatan

Kalau tengah mencari akomodasi menginap berbintang 2 yang murah dan nyaman di Jakarta Selatan, penginapan di bawah ini layak untuk Anda coba: 

Favehotel Melawai

Lokasi hotel yang berdekatan dengan Blok M menjadi hal utama yang ditawarkan oleh Favehotel Melawai. Anda hanya butuh menempuh jarak sejauh 200 meter untuk sampai ke Blok M. Namun, untuk menginap di hotel bintang 2 ini, Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak, sekitar Rp500.000 hingga Rp700.000 per malam.

POP! Hotel Tebet

POP! Hotel Tebet tidak sekadar menyediakan fasilitas menginap dengan lokasi strategis dan tarif murah. Hotel di Jakarta Selatan ini juga merupakan salah satu penginapan yang menerapkan konsep ramah lingkungan. Mulai dari penggunaan sistem card less saat registrasi, panel surya sebagai sumber tenaga listrik, hingga berbagai stiker yang memberikan edukasi untuk para tamu tersedia di POP! Hotel Tebet. 

Tarif menginap di akomodasi ini pun cukup ekonomis. Anda bisa menjumpai kamar dengan biaya sewa sekitar Rp400.000 per malam. Bonusnya, akses transportasi ke berbagai tempat cukup mudah, salah satunya adalah Mall Kota Kasablanka yang berjarak hanya sekitar 1 km.

Sare Suite

Sare Suite bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tengah mencari penginapan tidak hanya strategis dan murah. Namun, hotel bintang 2 ini juga memberikan suasana menginap dengan desain yang klasik. Akses transportasi ke berbagai tempat pun mudah. Apalagi, hotel  yang terletak di kawasan Cilandak ini cukup dekat dengan Pasar Minggu yang menjadi salah satu pusat kesibukan di Jakarta Selatan.

Hotel Bintang 3 di Jakarta Selatan

Berikut ini pilihan akomodasi bintang 3 di Jakarta Selatan yang patut Anda pertimbangkan: 

Hotel Maharani Jakarta

Lokasi yang strategis menjadi keunggulan utama dari penginapan bintang 3 ini. Beralamat di Jalan Mampang Prapatan No. 8, Anda bisa dengan mudah menjalajahi Kota Jakarta. Tersedia berbagai jenis akses transportasi di area sekitar hotel, salah satunya adalah halte TransJakarta yang berjarak sekitar 500 meter. 

Selain itu, hotel di Jakarta Selatan ini juga dekat dengan beberapa kantor perwakilan negara lain, seperti Kantor Kedutaan Besar Belanda, Kantor Kedutaan Korea Selatan, serta Kantor Kedutaan India. Penginapan kelas menengah ini juga berada tidak terlalu jauh dari kawasan Kuningan yang dikenal sebagai area bisnis di Jakarta Selatan. 

Anda juga tidak butuh biaya yang terlalu mahal untuk bermalam di sini. Bahkan, Anda bisa menempati kamar di hotel bintang 3 ini dengan biaya mulai dari Rp370.000 hingga Rp720.000 per malam. 

Hotel Kaisar Jakarta

Terletak di kawasan Pancoran, Hotel Kaisar memberikan sarana menginap yang strategis. Penginapan ini memberikan kemudahan ke berbagai tempat-tempat penting di Jakarta. Hotel di Jakarta Selatan ini berada cukup dekat dengan Pasar Minggu, yakni berjarak sekitar 1,57 km. Anda bisa pula menuju ke kawasan Kuningan dalam waktu singkat dari penginapan ini. 

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai biaya mahal saat menginap di hotel bintang 3 ini. Tarif yang dikenakan oleh pihak hotel tidak terlalu memberatkan. Dengan biaya mulai dari Rp400.000 hingga Rp870.000 per malam, Anda sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang disiapkan oleh pihak hotel. 

Sunrise House

Sarana menginap murah dengan lokasi strategis bisa Anda jumpai ketika datang ke Sunrise House yang beralamat di Jalan Setiabudi VI No. 45-47, Kuningan. Meski berada di kawasan yang terkenal sebagai pusat bisnis di Jakarta, Sunrise House mematok tarif ringan, sekitar Rp300.000 per malam.

Sebagai bonusnya, hotel di Jakarta Selatan ini juga memberikan fasilitas yang lengkap. Tersedia area kolam renang yang bisa secara bebas digunakan oleh para tamu hotel. Setiap kamar yang ada di hotel ini juga telah dilengkapi dengan sarana pendingin AC. Dengan fasilitas tersebut, Anda pun akan bisa beristirahat dengan nyaman di dalam hotel.

Hotel Bintang 4 di Jakarta Selatan

Untuk kenyamanan selama berkunjung ke Jakarta Selatan, beberapa akomodasi bintang 4 ini dapat Anda pertimbangkan: 

Century Park Hotel

Penginapan bintang 4 ini menawarkan lokasi yang strategis di kawasan bisnis Jakarta Selatan. Beralamat di Jalan Pintu Satu, Anda bisa menemukan beberapa fasilitas publik di sekitar hote. Stadion Gelora Bung Karno (GBK) berjarak hanya selemparan batu dari hotel ini. Tidak heran kalau Century Park Hotel kerap menjadi pilihan menginap para atlet. 

Selain itu, beberapa bangunan penting lain juga dapat dijangkau dengan gampang dari hotel ini, seperti Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta Convention Center (JCC), Gedung Kementerian Pendidikan, dan beberapa bangunan pusat perkantoran. Akses transportasi menuju ke hotel juga mudah.  Anda bisa menggunakan taksi, bus TransJakarta, ataupun angkutan umum lainnya. 

Royal Kuningan Hotel

Hotel Royal Kuningan menjadi pilihan berikutnya kalau ingin memperoleh kamar mewah yang berada di area bisnis Jakarta Selatan. Akomodasi menginap yang beralamat di Jalan Kuningan Persada, Kav 2, Setiabudi ini merupakan area yang kerap disebut sebagai salah satu lokasi segitiga emas Jakarta.

Anda akan menemukan berbagai pusat perkantoran tidak begitu jauh dari lokasi hotel. Tidak heran kalau penginapan ini pun menjadi pilihan yang pas bagi para wisatawan yang tengah melakukan perjalanan bisnis ke Jakarta Selatan. Hotel di Jakarta Selatan ini juga hanya berjarak selemparan batu dengan kawasan Rasuna Said. Anda juga tidak sulit ketika ingin menjangkau rekan bisnis yang berkantor di kawasan Sudirman. 

Fasilitas yang disediakan oleh pihak hotel juga memberikan jaminan kenyamanan para tamu. Tersedia enam pilihan kamar mewah yang bisa ditempati, mulai dari kamar Deluxe, Grand Deluxe, hingga kamar paling mewah adalah Royal Heritage. Anda harus menyiapkan bujet mulai dari Rp1 juta hingga Rp2,6 juta per malam untuk menginap di hotel mewah ini.

Hotel Bintang 5 di Jakarta Selatan

Jika Anda ingin menginap di hotel berkelas yang ada di Jakarta Selatan, beberapa akomodasi bintang 5 ini dapat dipertimbangkan:

Aryaduta Semanggi

Hotel Aryaduta Semanggi menawarkan sebanyak 275 kamar mewah dengan lokasi di pusat bisnis Jakarta Selatan. Kemewahan yang disediakan oleh pihak hotel pun memberikan jaminan suasana bermalam yang nyaman dan tidak terlupakan. Apalagi, dari dalam kamar, Anda bisa secara langsung menyaksikan pemandangan mengagumkan Jembatan Semanggi yang selalu dipadati kendaraan bermotor.

Hotel di Jakarta Selatan ini pun memiliki lokasi yang berdekatan dengan berbagai tempat, baik yang berhubungan dengan aktivitas hiburan atau bisnis. Untuk sarana hiburan, Anda bisa secara langsung menuju ke Plaza Semanggi yang lokasinya bersebelahan dengan hotel. Selain itu, akses transportasi menuju ke kawasan Kuningan atau Sudirman yang menjadi bagian dari segitiga emas Jakarta  pun bisa dilakukan dengan mudah.

Namun, segala fasilitas mewah dan lokasi yang strategis tersebut harus dibayar dengan harga mahal yang setimpal. Untuk menginap di sini, Anda harus menyiapkan uang mulai dari Rp1 juta hingga Rp1,7 juta per malam. Anda bisa memilih kamar Suite yang berkapasitas untuk dua orang tamu atau bisa pula menempati kamar Suite dengan daya tampung empat orang tamu.

The Sultan Hotel Jakarta

Sesuai dengan namanya, Hotel Sultan Jakarta siap memberikan fasilitas mewah bak seorang raja kepada  para tamu. Penginapan bintang 5 yang satu ini menyuguhkan desain bangunan bergaya klasik dengan lokasi yang strategis di pusat kota. Para staf hotel pun bakal memberikan senyum kepada setiap tamu yang masuk. 

Anda juga tidak perlu khawatir dengan kelengkapan fasilitas Hotel Sultan Jakarta. Dengan tarif menginap mulai dari Rp1,4 juta hingga Rp3,5 juta rupiah per malam, fasilitas yang komplet bisa Anda manfaatkan sesuka hati. Anda bisa memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di area kolam renang yang luas dan mengajak si kecil untuk bermain di area permainan. 

Secara khusus, para pebisnis juga bakal dimanjakan oleh Hotel Sultan Jakarta. Tidak hanya memperoleh fasilitas berupa Business Center, lokasinya yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto juga memberikan akses yang mudah ke berbagai tempat. Termasuk di antaranya adalah akses menuju ke kawasan Sudirman dan Kuningan, dua pusat bisnis terpadu di Jakarta Selatan. 

 

Objek Wisata di Jakarta Selatan

Jakarta Selatan memiliki beberapa tempat menarik yang banyak dikunjungi para wisatawan, di antaranya:

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan terletak di Jl. RM Harsono No. 1 Ragunan, Jakarta Selatan. Kebun binatang yang menempati lahan seluas 147 hektar ini memiliki koleksi 2.000 satwa dan lebih dari 50.000 pohon.

Pengunjung bisa mengelilingi area kebun binatang sambil melihat-lihat aneka satwa, bersepeda, atau menyaksikan berbagai pertunjukan satwa yang disediakan pengelola kebun binatang. Kebun Binatang Ragunan menyediakan Children’s Zoo yang merupakan kebun binatang khusus anak-anak. Di tempat ini, anak-anak bisa berinteraksi dengan berbagai hewan jinak seperti kelinci, ayam, dan kambing.

Objek wisata ini bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi, salah satu rute perjalanan yang dapat ditempuh adalah Cawang–Pancoran–Mampang Prapatan–Warung Jati Barat–Taman Margsatwa. Jika memilih naik angkutan umum, Anda bisa menggunakan KWK S15A rute TMII–Ragunan dengan biaya Rp3.000 per orang atau TransJakarta koridor 6 rute Dukuh Atas 2–Ragunan dengan tarif Rp3.500 per orang.

  • Harga: Rp4.500 (dewasa) dan Rp3.500 (anak-anak)
  • Jam buka: Selasa-Minggu, pukul 07.00-16.00 WIB

 

Setu Babakan

Setu Babakan adalah pusat perkampungan budaya Betawi yang terletak di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Setu Babakan yang artinya Danau Babakan adalah danau buatan dengan luas 32 hektar yang airnya berasal dari Sungai Ciliwung.

Setu Babakan adalah kawasan objek wisata budaya yang menawarkan suasana pedesaan dan budaya Betawi asli. Di tempat ini, Anda bisa melihat rumah, kuliner, dan kesenian khas Betawi. Mayoritas penduduk di tempat ini adalah suku Betawi dan sisanya adalah para pendatang dari Jawa, Kalimantan, dan wilayah lain di Indonesia.

Untuk mencapai objek wisata ini, Anda bisa menaiki Kopaja 616 rute Blok M–Cipedak dari Terminal Pasar Minggu. Transportasi umum ini akan melintas di Setu Babakan dengan tarif sebesar Rp3.000.

  • Harga: Rp2.000 (motor) dan Rp5.000 (mobil)
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-17.30 WIB

 

Kemang Food Festival

Kemang Food Festival adalah objek wisata kuliner yang terletak di Jl. Kemang Raya No. 19, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Tempat ini menampilkan gerai-gerai yang menyajikan beraneka ragam makanan dari dalam dan luar negeri, seperti roti bakar, lumpia, dan sushi.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati makanan yang tersedia sambil berbincang-bincang dengan teman. Selain itu, live music juga siap menghibur selama kunjungan Anda. Akses menuju Kemang Food Festival dari Terminal Blok M adalah dengan menaiki Kopaja 605A, lalu turun tepat di kawasan Kemang Food Festival.

  • Harga: Sekitar Rp10.000 untuk motor atau mobil
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 17.00-02.00 WIB

 

Jika Anda ingin menginap di sekitar Kemang Food Festival, terdapat hotel murah bernama FaveHotel yang berada di Melawai. Waktu tempuh dari Melawai ke Kemang Food Festival hanya sekitar 18 menit dengan berkendara.

Taman Anggrek Ragunan

Taman ini berada dalam satu lingkup wilayah Kebun Binatang Ragunan. Tidak jauh dari Pintu Utama Ragunan, Anda akan segera menemukan Taman Anggrek Ragunan. Anggrek dengan berbagai jenis di taman ini bisa Anda beli dengan kisaran harga Rp17.500 hingga Rp75.000 per tanaman. Anda dapat menuju Taman Anggrek Ragunan menggunakan transportasi TransJakarta, lalu turun di Halte Ragunan. Tarifnya hanya Rp3.500 per orang.

  • Harga: Rp1.000
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

 

Museum Satriamandala

Museum ini merupakan museum bersejarah yang berhubungan dengan TNI (Tentara Nasional Indonesia). Terdapat banyak senjata yang telah dipakai TNI sejak tahun 1945. Museum ini berada di Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 14. Museum ini buka pada Selasa-Jumat, pukul 09.00-14.30 WIB. Harga tiket masuknya terbilang murah, yakni Rp2.500 per orang.

Akses untuk sampai di Museum Satriamandala:

  • Dari Pasar Minggu: Naik metromini 604 jurusan Pasar Minggu–Tanah Abang dengan tarif Rp4.000 sekali jalan.
  • Dari Manggarai: Naik kopaja S 66 jurusan Manggarai–Blok M dengan tarif Rp4.000 sekali jalan.
  • Jika Anda ingin menaiki kendaraan yang nyaman seperti Transjakarta, Anda harus turun di Halte Gatot Subroto Jamsostek.

 

Jika ingin merasakan momen menginap dengan cara mewah, Anda dapat menemukan hotel bintang 5 dekat Museum Satriamandala bernama The Sultan Hotel Jakarta. Waktu tempuh dari museum ke akomodasi mewah ini hanya sekitar 15 menit dengan berkendara.

Museum Reksa Artha

Tempat bersejarah ini merupakan tempat menyimpan barang-barang yang terkait dengan percetakan uang, mulai dari uang lama, Oeang Republik Indonesia (ORI), hingga alat-alat untuk mencetak uang. Museum ini buka pukul 09.00-15.00 WIB. Namun, karena hampir tidak ada pengunjung yang datang, museum ini menjadi sepi. Bahkan, terdapat informasi bahwa siapa yang ingin mengunjungi museum ini diharapkan untuk membuat perjanjian agar tidak sia-sia datang ke sana. Untuk menuju Museum Reksa Artha, Anda bisa menaiki TransJakarta sampai halte Lebak Bulus dengan tarif Rp3.500 sekali jalan.

Museum Layang-layang

Museum layang-layang ini berada di Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu. Museum ini dibagi menjadi empat bangunan. Bangunan pertama adalah loket untuk membeli tiket masuk seharga Rp10.000 per orang. Setelah masuk, Anda dipersilakan untuk menonton sebuah video tentang sejarah layang-layang terlebih dahulu.

Selanjutnya, Anda akan memasuki bangunan kedua dalam museum. Di bangunan ini, Anda akan diajarkan membuat sebuah keramik dan melukis batik.Jika tidak punya keahlian untuk membatik, Anda tidak usah khawatir karena akan disediakan pengajar untuk bidang membatik dan membuat keramik. Berikut daftar harganya:

  • Harga membuat keramik: Rp50.000
  • Harga membuat batik: Rp45.000
  • Harga melukis keramik: Rp40.000

 

Bangunan ketiga merupakan ruang koleksi berbagai macam layang-layang. Sementara itu, bangunan keempat berada di atas panggung dan Anda dapat berfoto-foto di sana. Jika Anda ingin ke Museum Layang-layang, ada beberapa transporatasi yang bisa digunakan, yaitu:

Akses menuju museum layang-layang:

  • Dari di Blok M: Naik Metromini S610 dan turun langsung di H. Kamang dengan tarif Rp4.000 per orang
  • Dari Pasar Minggu: Naik Metromini S11 jurusan Pasar Minggu–Lebak Bulus, kemudia naik Metromini S610 dengan tarif Rp8.000 per orang

 

Kawasan Blok M

Di daerah Blok M terdapat dua mal yang bisa Anda kunjungi, yaitu Plaza Blok M dan Blok M Square. Jarak antara kedua mal ini saling berdekatan. Kedua mal ini bisa dijadikan sebagai tempat belanja untuk Anda saat berada di Jakarta Selatan.

Di Blok M Square lantai 5, terdapat foodcourt dengan menyajikan berbagai macam makanan. Di lantai 7, Anda akan menemukan masjid megah nan indah. Masjid ini memiliki miniatur Mekkah yang bisa dijadikan sebagai tempat manasik haji.

Akses menuju Blok M square dan Plaza Blok M:

  • Menggunakan Metromini 75 dan Kopaja 57 sampai Terminal Blok M: Rp4.000
  • Menggunakan TransJakarta sampai Terminal Blok M: Rp4.000

 

Hotel di Jakarta Selatan Lainnya