peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel dekat Gunung Bromo

Probolinggo, Indonesia · 66 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel-hotel Populer Dekat Gunung Bromo

Dua Putra Homestay Bromo

Cemaralawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Probolinggo, Indonesia, 67254

Bromo Permai 1

Jl. Cemorolawang, Ngadisari, Bromo, Probolinggo, Indonesia, 67254

7.8 / 10

Baik

Yog Homestay

Jl Penanjakan 2 Desa Cemorolawang, Probolinggo, Indonesia, 67254

7.8 / 10

Baik

View Bromo Guest House

Jl. Raya Bromo Cemorolawang, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Probolinggo, Indonesia, 67254

7.0 / 10

Baik

Cemara Indah Hotel

Jl. Cemara Lawang, Ngadisari, Bromo, , Probolinggo, Indonesia, 67254

7.8 / 10

Baik

Losmen Adas

Jl. Raya Bromo, Cemoro Lawang, Ngadisari, Sukapura, Bromo, Probolinggo, Indonesia, 67254

7.0 / 10

Baik

Homestay View Bromo

Cemoro Lawang, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Indonesia, 67254

7.6 / 10

Baik

Losmen Setia Kawan II

Jalan Raya Bromo, Cemoro Lawang, Ngadisari, Sukapura, Bromo, Probolinggo, Indonesia, 67254

Bromo Homestay Rudi

Jl.Raya Bromo Cemoro Lawang Ngadisari Sukapura , Probolinggo, Indonesia, 67254

Tengger Indah Hotel

Cemara Lawang, Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Probolinggo, Indonesia, 67254

6.9 / 10

Lumayan

Pondok Wisata Adas

Jl. Raya Bromo Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kec. Sukapura, Probolinggo, Probolinggo, Indonesia, 67254

6.9 / 10

Lumayan

Penginapan Anggun 3 Gunung Bromo

Jl. Ringgit Desa Wonokerto / Grenting Kec. Sukapura Kab. Probolinggo (3 KM sebelum Pintu Masuk Gunung Bromo), Probolinggo, Indonesia

Utjik Tengger Bromo

l. Raya Bromo No. 1 Desa Wonotoro, Kec. Sukapura., Probolinggo, Indonesia

Homestay Raga Bromo - Three Bedroom

Jalan Raya Bromo, Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Indonesia, 67254

Sumber Mulia Bromo Villa

Jl. Raya Bromo, Cemoro Lawang, Sukapura, Bromo, Probolinggo, Indonesia, 67254

Gangga Homestay Bromo

Jl. Raya Bromo No 72 RT 6 RW 2 Gang 11, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura , Probolinggo, Indonesia, 67254

Purnama Homestay Tengger

Dusun Wanasari No 10, Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Probolinggo, Indonesia, 67254

9.0 / 10

Istimewa

Jiwa Jawa Resort

Jl. Raya Bromo , Wonotoro, Sukapura, Probolinggo, Indonesia, 67254

Pagupon Bromo Budget Lodge for Student

Jalan Raya Bromo, Wonotoro, Sukapura, Probolinggo, Indonesia, 67254

7.8 / 10

Baik

Homestay Tengger Asri 5 Gunung Bromo

Jalan Raya Ringgit Dusun Krajan Desa Wonokerto, Kec. Sukapura, Probolinggo, Indonesia

Tentang

tentang bromo

Gunung Bromo yang terkenal di kawasan nusantara hingga ke mancanegara ini memiliki panorama menakjubkan yang selalu menarik perhatian wisatawan. Gunung Bromo juga dikenal dengan nuansa mistis yang cukup kental seperti halnya beberapa ritual dan prosesi tertentu yang masih dilakukan dan dijaga kelestariannya hingga saat ini. Hal ini tentu menimbulkan kesan unik dari sisi lain keindahan alam Gunung Bromo, sehingga Gunung Bromo dikenal memiliki atmosfir berbeda dengan gunung-gunung yang lain.

Akses menuju Gunung Bromo dapat ditempuh melalui beberapa jalur, mengingat lokasi Gunung Bromo berada di kawasan atau perbatasan di antara empat wilayah kabupaten sekaligus. Jarak tempuh di beberapa jalur tersebut cukup jauh dengan kondisi jalan yang beragam berupa tanah berpasir, jalan setapak, dan jalan yang telah beraspal.

Saat melalui perjalanan tersebut hingga berada di Gunung Bromo, Anda juga akan menemui beberapa hotel atau penginapan yang dapat memenuhi kebutuhan menginap atau beristirahat sejenak. Di dekat Gunung Bromo, tersedia beberapa hotel dan penginapan dengan pilihan yang cukup variatif. Anda bisa memilih hotel atau penginapan tersebut sesuai kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

Gunung Bromo yang masih berstatus sebagai gunung aktif ini telah mengalami beberapa peristiwa alam berupa letusan gunung hingga beberapa kali. Aktivitas Gunung Bromo pada peristiwa-peristiwa tersebut meliputi:

  • Letusan pada 2004: Menyebabkan kematian bagi dua orang yang ternyata disebabkan oleh batu yang terlempar dari letusan dan menyebabkan kematian mereka.
  • Letusan pada 2010: Melakukan tindakan antisipatif dengan melarang wisatawan dan masyarakat setempat untuk melakukan kegiatan di sekitar Gunung Bromo.
  • Letusan pada 2011: Menimbulkan abu tipis yang memberi dampak hujan abu vulkanik di beberapa daerah yang meliputi Desa Sukapura, Wonokerto, dan Ngadirejo.

 

Masyarakat yang mendiami daerah di Gunung Bromo berasal dari suku Tengger. Asal mula nama "Tengger" menurut masyarakat yang ada di sekitar Gunung Bromo adalah berasal dari legenda Roro Anteng dan Joko Seger. Kedua nama tersebut jika digabung dan disingkat akan menjadi kata "Tengger".

Budaya Dekat Gunung Bromo

Sebagai daerah yang sarat akan magis, terdapat beberapa budaya yang masih berlaku dekat Gunung Bromo. Berikut di antaranya:

Gunung Suci

Gunung Bromo dipercaya secara turun-temurun sebagai gunung suci oleh masyarakat Hindu, sehingga hal ini membuat mereka menyebutnya dengan nama Gunung Brahma. Namun, pada perkembangannya, terjadi perubahan penyebutan nama tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh faktor kebiasaan masyarakatnya. Gunung Bromo berada di pulau Jawa, maka oleh masyarakat Jawa atau penduduk sekitar gunung ini menyebut Gunung Brahma menjadi Gunung Bromo. Dialek orang Jawa cenderung menyebut segala hal dengan huruf “O”, sehingga kata "Brahma" berubah menjadi "Bromo".

Penduduk di sekitar Gunung Bromo mengadakan upacara keagamaan di sebuah pura yang letaknya tepat berada di kaki Gunung Bromo. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan tentang predikat gunung suci pada Gunung Bromo tersebut. Setelah upacara tradisi tersebut selesai, penduduk sekitar akan melanjutkan kegiatan dengan berjalan menuju ke puncak Gunung Bromo. Upacara ini dilaksanakan tepat tengah malam dan berlangsung hingga dini hari saat bulan Purnama terlihat sempurna.

Upacara Yadnya Kasada atau Kasodo

Penduduk atau masyarakat Tengger yang tinggal di sekitar Gunung Bromo selalu melaksanakan tradisi berupa upacara adat yang disebut Upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Saat melaksanakan upacara ini, masyarakat Tengger yang tinggal di sekitar Gunung Bromo berkumpul dengan membawa sesajian masing-masing. Isi sesajian dapat berupa buah-buahan, sayuran, beras atau aneka bunga sebagai persembahan. Sebagian penduduk lainnya membawa ternak yang dipersiapkan untuk dipersembahkan kepada Dewa Gunung. Kemudian, penduduk tersebut akan mendaki Gunung Bromo untuk meletakkan sesaji yang telah dipersiapkan ke dalam kawah Gunung Berapi.

Iklim di Gunung Bromo

Pada saat siang hari, udara di kawasan Gunung Bromo terasa dingin dan juga menyegarkan. Namun, udara pada malam hari akan menjadi semakin dingin, bahkan sangat dingin hingga mencapai 0 derajat Celsius, terutama pada musim kering atau kemarau. Apabila memasuki musim penghujan, suhu udara dapat berada pada posisi di atas 5 derajat Celsius.

Wilayah Utama Dekat Gunung Bromo

Jika diukur dari segi geografis, terdapat empat kabupaten atau wilayah utama yang mengelilingi Gunung Bromo. Empat kabupaten tersebut meliputi Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Malang, dan Probolinggo.

Cara ke Gunung Bromo

Berikut adalah pilihan moda transportasi yang dapat Anda ggunakan untuk menuju ke Gunung Bromo:

Transportasi Udara

Gunung Bromo berada di dekat Bandara Juanda, Surabaya. Jika Anda ingin menaiki pesawat terbang, maka bandara yang tuju berada di Surabaya. Dari bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan bus Duamri ke Terminal Bungurasih, Surabaya.

Dari terminal, Anda harus menaiki bus jurusan Jember atau Banyuwangi dan turun di Probolinggo. Setibanya di Prubalinggo, Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan angkutan desa berupa mobil Colt menuju Kecamatan Ngadisari yang termasuk salah satu kawasan Gunung Bromo. Untuk menuju Gunung Bromo, Anda dapat menyewa Jeep atau Hartop.

Transportasi Darat

Kereta Api

Apabila Anda mengawali perjalanan dengan menggunakan kereta api, maka ada banyak pilihan untuk moda transportasi ini. Tersedia kereta api mulai dari kelas Eksekutif seperti Agro Anggrek hingga Ekonomi seperti Gaya Baru dengan tujuan ke Surabaya.

Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan bus umum atau kereta api Mutiara Timur dengan jalur Surabaya menuju Banyuwangi dan berangkat setiap hari, pukul 09.00 WIB. Namun, kereta api ini berhenti hanya sampai di Stasiun Probolinggo, sehingga Anda harus melanjutkan dengan angkutan kota menuju ke Terminal Probolinggo. Dari Terminal Probolinggo, perjalanan dilanjutkan kembali dengan meggunakan Elf menuju Kecamatan Ngadisari.

Transportasi di Gunung Bromo

Di dekat Gunung Bromo, para wisatawan dapat menyewa Jeep untuk digunakan dalam rute normal dengan jadwal keberangkatan pukul 03.30-08.00 WIB. Tarif yang akan dikenakan untuk sewa Jeep selama perjalanan tersebut akan bervariasi, yaitu sekitar Rp275.000 hingga Rp350.000 per mobil.

Setiap mobil memiliki kapasitas penumpang antara 5–6 orang. Wisatawan dapat saling berbaur dalam satu mobil dengan wisatawan lainnya yang hendak menuju puncak Gunung Bromo, kecuali bila Anda datang bersama keluarga yang telah berjumlah 5-6 orang.

Sebagai informasi tambahan, bila dalam perjalanan ingin pergi ke suatu tempat untuk melihat panorama di kawasan Gunung Bromo di sisi yang lain, Anda dapat menawar biaya tambahan perjalanan kepada sopir. Misalnya, Anda ingin meneruskan perjalanan hingga ke area savana atau yang sering disebut dengan Bukit Teletubbies, maka biaya akan bertambah sekitar Rp150.000.

(Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah)

Hotel Dekat Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi utama yang dituju para backpacker. Terkenal akan keindahan pemandangan matahari terbitnya, wisatawan yang berkunjung ke Bromo biasanya tiba saat dini hari sampai menjelang fajar. 

Kebanyakan para wisatawan datang sebelum malam hari. Pada siang hingga sore hari, biasanya para wisatawan menghabiskan waktu dengan berkeliling di sekitar Bromo sembari menunggu momen menyaksikan semburat sinar jingga yang muncul dari timur.

Ramainya wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini, membuat sejumlah hotel dekat Gunung Bromo bermunculan mulai dari bintang 1 hingga 4. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Bromo, berikut adalah beberapa pilihan hotel untuk disinggahi:

Hotel Bintang 1 Dekat Gunung Bromo

Akomodasi tipe ini adalah favorit para backpacker yang bertualang dengan dana terbatas. Selain itu, wisatawan yang datang bersama rombongan juga kerap memilih hotel bintang 1 dengan alasan menghemat bujet, terlebih karena harus memesan kamar dalam jumlah banyak. Sebagai pertimbangan, di bawah ini adalah pilihan hotel bintang 1 di Bromo untuk Anda:

Yog Homestay

Hotel bintang 1 dekat Bromo ini terletak di Jl. Penanjakan 2, Desa Cemorolawang, Probolinggo. Sesuai alamatnya, pengunjung yang menginap di sini akan memperoleh akses cukup mudah menuju Penanjakan 2, sekaligus bisa melihat view Gunung Bromo dari jendela kamar.

Anda bisa mengharapkan pelayanan yang ramah untuk hotel sekelasnya. Proses check-in dimulai sejak pukul 14.00 WiB dan check-out tamu dilakukan pada pukul 12.00 WIB, sehingga Anda yang datang siang hari bisa segera beristirahat. 

Selain layanan staf yang ramah, pilihan tipe kamar juga beragam, mulai dari tipe Economy, Standard, hingga Family.

Biasanya, para backpacker cenderung memilih kamar tipe Economy dengan tarif sekitar Rp265.000 per malam. Namun, bagi Anda yang datang bersama rombongan atau keluarga, kamar tipe Standard Triple atau Family adalah pilihan yang tepat.  

Dengan tarif sekitar Rp699.999 hingga Rp1.199.999 per malam, fasilitas kamar yang nyaman siap menyambut Anda di tengah dinginnya udara pegunungan.

Homestay View Bromo

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman menginap yang nyaman dan murah, Homestay View Bromo adalah pilihannya. Berlokasi di kawasan Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, hotel dekat Gunung Bromo ini memiliki berbagai pilihan tipe kamar yang disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung.

Kamar tipe Savana dan Teletubies adalah tipe standar yang bisa menampung dua orang tamu. Namun, jika Anda berwisata bersama rekan-rekan, kamar tipe Golden Sunrise bisa mengakomodasi hingga empat orang. Selain bisa menjaga kebersamaan, memesan satu kamar untuk empat orang juga jauh lebih murah.

Dengan tarif sekitar Rp175.000 hingga Rp275.000 per malam, pengunjung akan memiliki akses ke kamar-kamar yang nyaman dengan koneksi Wi-Fi gratis serta kamar mandi pribadi dengan pancuran. 

Penginapan Anggun 3 Gunung Bromo

Jika ingin bermalam di tempat selayaknya rumah nyaman di kawasan Bromo, penginapan Anggun 3 adalah jawabannya. Akomodasi ini memiliki konsep seperti vila di tengah pegunungan dengan fasilitas seperti di rumah sendiri. Dengan layanan jasa tur, Anda tak perlu repot menyewa pemandu untuk menuju Gunung Bromo.

Hotel bintang 1 ini sangat cocok untuk wisatawan yang datang bersama rombongan. Sebut saja tipe Homestay 4 Bedroom yang bisa digunakan sampai 15 orang dalam satu atap. Dengan layanan kamar, dapur kecil, ruang TV, ruang keluarga, serta koneksi Wi-Fi gratis, pengalaman menginap bersama keluarga akan semakin menyenangkan. Untuk mendapatkan kamar dengan fasilitas tersebut, Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp959.080 per malam.

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota atau luar pulau, pihak hotel dekat Gunung Bromo ini juga menyediakan layanan antar-jemput bandara dengan tambahan biaya. Jika Anda ingin berkeliling kawasan Bromo secara privat, ada juga jasa penyewaan mobil yang bisa digunakan.

Purnama Homestay Tengger

Mengambil nama dari suku asli setempat, Tengger, akomodasi bintang 1 di Bromo ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan harga terjangkau. Cukup dengan menempuh perjalanan selama 10 menit, Anda sudah bisa sampai ke Gunung Bromo yang hanya berjarak sekitar 4,5 km dari hotel.

Hampir 90% dari pengunjung yang pernah bermalam di sini mengatakan puas akan pelayanan dan keramahan yang diberikan oleh staf hotel. Soal makanan, tak perlu pusing mencari karena lokasi Purnama Homestay Tengger berada di dekat warung makanan dan kios pedagang lokal.

Berlokasi di Dusun Wanasari, Anda bisa merasakan ketenangan bermalam yang jauh dari hiruk pikuk khas tempat wisata. Jika Anda ingin menuju Gunung Bromo dan butuh untuk menyewa mobil Jeep, pemilik pun dengan ramah bersedia membantu. Harga yang dipatok sesuai dengan kantong para penjelajah hemat, yakni hanya sekitar Rp180.732 per malam.

Homestay Anggun 2 Gunung Bromo

Sama seperti Homestay Anggun 3, penginapan Anggun 2 Gunung Bromo juga menyediakan jenis akomodasi layaknya rumah pribadi yang terletak di Jl. Ringgit, Desa Wonokerto. Namun, berbeda dengan “saudaranya”, Homestay Anggun 2 hanya memiliki tipe rumah dengan dua kamar tidur yang bisa digunakan untuk empat orang per kamar.

Ruangan kamarnya cukup luas dan telah dilengkapi dengan kasur pegas yang empuk, serta kamar mandi yang terjaga kebersihannya. Ada ruang keluarga dan area parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Untuk menginap di hotel bujet ini, Anda cukup membayar sekitar Rp959.080 per malam.

Hotel Bintang 2 Dekat Gunung Bromo

Tak berbeda jauh dari penginapan bintang 1, hotel bintang 2 di Bromo ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari penginapan murah dengan fasilitas memadai:

Tengger Indah Hotel

Tengger Indah Hotel adalah salah satu hotel bujet yang banyak dipilih oleh para backpacker. Selain karena harganya yang terjangkau, hotel bintang 1 ini juga memiliki lokasi premium, yakni hanya sekitar 2,7 km dari Gunung Bromo dan kurang dari 9 km dari wisata Air Terjun Madakaripura.

Model akomodasi yang satu ini menyerupai asrama dengan kamar-kamar berderet yang memiliki pemandangan alam menakjubkan di depan mata. Berlokasi di Cemara Lawang, Ngadisari, hotel dekat Gunung Bromo ini mematok harga sekitar Rp350.000 per malam. Dengan tarif kamar tersebut, Anda sudah mendapati kamar mandi pribadi di dalamnya.

Uciek Tengger Hotel

Bagi Anda yang ingin menginap di hotel dekat Gunung Bromo dengan harga murah, Uciek Tengger Hotel adalah pilihannya. Layanan resepsionis 24 jam akan membantu Anda untuk check-in atau check-out sesuai jadwal yang diinginkan. Tak hanya itu, layanan kamar yang disediakan juga tersedia untuk membantu keperluan Anda.

Berlokasi di Jl. Raya Bromo, hotel bujet bintang 1 ini memiliki fasilitas publik, seperti restoran dan taman. Untuk kamar standar, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rp450.000 per malam.

Hotel Bintang 3 Dekat Gunung Bromo

Mencari hotel kelas menengah di Bromo pun tak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan harga terjangkau dan fasilitas lengkap, Anda dapat puas bermalam di hotel bintang 3 berikut ini:

Bromo Permai 1

Jika Anda ingin menginap di Bromo dengan fasilitas kamar yang lengkap, mungkin bisa menjajal akomodasi yang satu ini. Hotel Bromo 1 berlokasi di Jl. Cemorolawang, dan sangat dekat dengan lokasi penanjakan menuju Gunung Bromo.

Selain kawasannya yang cukup strategis, fasilitas yang disediakan pun tergolong nyaman untuk hotel bujet bintang 3 di area Bromo. Ada dua tipe kamar yang bisa dipilih,  yakni tipe Standard untuk dua orang atau Standard Triple untuk tiga orang.

Meski berbeda soal kuantitas, kedua tipe kamar hotel dekat Gunung Bromo ini telah memiliki fasilitas memadai. Kasur yang empuk, kamar mandi pribadi, TV, serta perabot sederhana untuk meletakkan barang-barang sudah tersedia di setiap kamar.

Layanan kamar 24 jam, area restoran, dan taman turut membuat pengalaman menginap Anda semakin menyenangkan. Bagi pengunjung yang ingin menginap, Anda cukup mengeluarkan dana sekitar Rp585.000 hingga Rp785.000 per malam.

Cemara Indah Hotel

Cemara Indah Hotel adalah hotel bujet bintang 2 di Bromo yang memiliki pemandangan kamar spektakuler. Berlokasi di Cemara Lawang, Ngadisari, Cemara Indah Hotel berdiri di atas bukit dengan view Gunung Bromo yang megah di depan mata.

Hotel dekat Gunung Bromo yang satu ini memiliki desain layaknya pondokan yang terbuat dari kayu, dan memiliki konsep alami. Tiga tipe kamar, yakni Standard, Deluxe, dan Superior bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Dengan tarif beragam mulai dari Rp455.000 hingga Rp855.000 per malam, Anda bisa menghemat dana untuk menikmati fasilitas hotel yang cukup mumpuni ini.

Di area umum, terdapat taman untuk bersantai dan kafe yang sering digunakan pengunjung untuk makan malam. Fasilitas ruang rapat dan layanan tur juga tersedia dengan biaya tambahan.

Pondok Wisata Adas

Terletak di Jl. Raya Bromo Cemoro Lawang, Pondok Wisata Adas menjadi favorit para backpacker yang berwisata ke Bromo atau pelancong yang menginginkan suasana pegunungan yang asri. Anda yang membawa kendaraan pribadi menuju hotel dekat Bromo ini harus berhati-hati karena lokasinya berada di atas bukit. 

Dengan mengusung konsep tradisional khas Jawa, hotel bintang 3 ini memiliki desain yang didominasi warna cokelat. Meski demikian, perabot yang digunakan sudah modern untuk menjamin kenyamanan istirahat Anda. 

Pengunjung memiliki akses ke kamar tidur yang nyaman dengan kamar mandi pribadi, TV, dan ruang tamu mungil. Untuk menginap di sini, Anda cukup membayar sekitar Rp495.000 per malam.

Hotel Bintang 4 Dekat Gunung Bromo

Memiliki suasana dan fasilitas yang sedikit mewah, hotel bintang 4 di Bromo ini bisa Anda pertimbangkan demi mendapatkan kenyamanan lebih saat bermalam:

Jiwa Jawa Resort

Di sekitar Bromo, hanya ada satu hotel bintang 4 yang berdiri. Tentu saja berbeda dengan akomodasi kelas di bawahnya, Jiwa Jawa Resort mengutamakan pelayanan maksimal dan fasilitas kenyamanan nomor satu bagi para pengunjung. 

Hotel yang berlokasi di Jl. Raya Bromo ini memiliki kafe dan restoran luar ruangan, di mana Anda bisa menikmati sajian lezat sekaligus menghirup sejuknya udara pegunungan.

Dikelilingi oleh tanaman hijau yang asri, hotel dekat Gunung Bromo ini menyuguhkan kenyamanan dan pengalaman tak terlupakan. Kamar-kamarnya telah dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur yang empuk, kamar mandi pribadi, TV layar datar, serta teras untuk bersantai. 

Bagi Anda yang ingin menginap di hotel ini, tarif yang dipatok adalah sekitar Rp1.690.000 per malam. Jiwa Jawa Resort juga menyediakan layanan tur yang bisa dipesan dengan tambahan biaya.

Tempat Wisata di Gunung Bromo

Beberapa tempat wisata di Gunung Bromo yang wajib Anda kunjungi:

Kawah Gunung Bromo

Kawah ini memiliki garis tengah kurang dari 800 meter apabila diukur dari arah utara menuju ke selatan. Sementara itu, diameternya sekitar 600 meter jika diukur dari timur menuju ke arah barat. Kawah ini dipercaya sebagai kawah bentukan dari letusan Gunung Tengger. 

Bukit Teletubies

wisata di bromo

Gunung Bromo memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan pesona alam yang lengkap. Sebuah padang savana yang dikelilingi deretan perbukitan menambah keindahan alam di kawasan Gunung Bromo. Padang rumput berupa savana ini sering disebut dengan Bukit Teletubis atau Savana Hill Gunung Bromo.

Pasir Berbisik Gunung Bromo

Di area kaldera Gunung Bromo yang terletak di bagian timur wisata Gunung Bromo, terdapat hamparan padang pasir hitam yang terhampar begitu luas, sehingga terlihat seperti lautan.

Penanjakan Gunung Bromo

Penanjakkan ini seringkali dilalui untuk dapat menikmati matahari terbit. Waktu penanjakkan harus dilakukan mulai pukul 03.00 WIB. Kawasan ini merupakan lokasi untuk menyaksikan keindahan matahari terbit terbaik di Indonesia.

Angin di sepanjang perjalanan ini cukup kencang dengan udara yang cukup dingin, sehingga Anda diharuskan membawa syal, sarung tangan, jaket, dan penutup telinga. Matahari akan secara perlahan muncul sekitar pukul 04.45 WIB dan para waktu itulah keindahan matahari terbit akan berlangsung selama 30 menit.

Pura Luhur Poten

Padang pasir yang berada di kawasan Gunung Bromo ini memiliki arti penting bagi masyarakat Tengger. Di sana, berdiri sebuah candi Hindu bernama Pura Luhur Poten yang menjadi tempat pemunjaan masyarakat Tengger.

Kebun Stroberi di Gunung Bromo

Bila berada di Gunung Bromo, maka sempatkan mencoba manisnya stoberi dari lereng Gunung Bromo yang memiliki rasa khas manis dan legit dengan warna merah menyolok. Keindahan kawasan kebun stroberi dan Gunung Bromo semakin menarik dengan adanya kuda-kuda yang menunggu untuk disewa oleh para wisatawan. Saat menyaksikan matahari terbit dan sudah bersinar lebih terang, maka akan terlihat lebih jelas bahwa Gunung Bromo berdampingan dengan Gunung Batok.

Tips Wisata di Gunung Bromo

Menikmati keindahan Gunung Bromo dengan panorama yang spektakuler dan keindahan yang menakjubkan, membutuhkan persiapan yang matang. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan agar perjalanan ke Gunung Bromo menjadi lebih menyenangkan:

Pemilihan Waktu

sunrise di bromo

Hal utama yang dicari banyak wisatawan saat mengunjungi Gunung Bromo adalah ingin melihat langsung matahari terbit yang sangat menakjubkan. Namun, ada dua kondisi keadaan alam yang akan membedakan kondisi panorama saat matahari terbit.

Bila datang berwisata saat kemarau, Anda dapat menikmati matahari terbit dengan jelas, namun kondisi padang savana saat kemarau terlihat kurang mendukung karena rumput-rumput yang terlihat kering. Sementara itu, jika Anda berwisata saat musim hujan, maka padang savana akan kelihatan hijau dan begitu indah, namun pemandangan sunrise tidak selalu dapat terlihat karena tertutup kabut tebal dan cuaca yang mendung.

Kesehatan Fisik

Cuaca Gunung Bromo yang teramat dingin dapat membuat kondisi tubuh Anda menjadi sedikit melemah . Oleh karena itu, Anda harus lebih memperhatikan kesehatan dan ketahanan fisik tubuh agar perjalanan wisata ke Gunung Bromo tidak menjadi hal yang mengecewakan saat menikmati pesona Gunung Bromo. Untuk berjaga-jaga, bawalah obat-obatan atau minyak hangat untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap fit saat di Gunung Bromo.

Perlengkapan Pribadi

Persiapan sebelum berangkat ke Gunung Bromo menjadi hal penting dan utama. Persiapan mencakup barang-barang pribadi yang harus dibawa, jaket, kaos kaki, kaus tangan, tutup telinga, tutup kepala, masker, dan sebagainya. Namun, bila ternyata ada hal yang terlewatkan, Anda dapat membeli segala keperluan tersebut di Gunung Bromo.

evtbvsrwfq