peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel dekat Danau Toba

Sumatera Utara, Indonesia · 74 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel-hotel Populer Dekat Danau Toba

King's Guest House

Desa Martoba Kec.Simanindo Samosir, Danau Toba, Danau Toba, Indonesia, 22395

Parbaba Beach Hotel

Jalan Raya Lintas Pangururan - Simanindo KM.10, Danau Toba, Indonesia, 22392

7.6 / 10

Baik

Prima Hotel

Desa Siopat Sosor, Parbaba, Danau Toba, Indonesia, 22395

Taman Simalem Resort

Jalan Raya Merek Sidikalang Km.9, Danau Toba, Indonesia, 20152

8.7 / 10

Sangat Baik

JTS

Desa Siopat Sosor, Parbaba, Danau Toba, Indonesia, 22395

8.1 / 10

Sangat Baik

Tentang

Danau Toba merupakan salah satu objek wisata andalan  Provinsi Sumatra Utara, pesonanya yang sangat mengagumkan, dapat memikat hati para wisatawan domestik maupun mancanegara. H ijaunya pohon pinus yang mengelilinginya dan birunya air danau menambah ketenangan dan keajaiban tempat ini.

Danau Toba memiliki panjang 100 km, lebar 30 km dan  kedalaman sekitar 450 m. Luasnya mencapai 1.145 kilometer persegi. Di tengah hamparan luasnya, terdapat pulau indah yang disebut dengan Pulau Samosir yang dihuni oleh suku Batak Samosir, dengan penduduk mencapai 580.428 jiwa. Luas Pulau Samosir hampir sama dengan luas Negara Singapura dan pulau ini juga memiliki dua danau yang indah, biasa dikenal dengan Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni.

 

Transportasi

  1. Pesawat

Menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Kuala Namu, Medan. Dari Bandara Kuala Namu memakan waktu 1,5 jam  ke Bandara Silangit yang berada di Borong-borong, Tapanuli Utara. Dari Bandara Silangit, menggunakan bus selama kurang lebih 1 jam menuju Danau Toba.

 

Maskapai penerbangan nasional juga telah mempunyai rute langsung dari Jakarta- Silangit setiap 3 kali seminggu. Dengan adanya rute penerbangan ini memudahkan wisatawan yang berasal dari Kota Jakarta, sehingga perjalanannya lebih cepat dan nyaman.

 

  1. Bus/taksi/travel

Jarak dari Medan – Parapat  kurang lebih 177 km dan membutuhkan waktu tempuh mencapai 5 – 7 jam karena adanya pasar di sepanjang jalur tersebut. Jika Anda menggunakan pesawat tujuan Bandara Kuala Namu , Medan dari bandara dapat menggunakan :

  • Bus DAMRI rute Bandara Kuala Namu – Terminal Amplas, Medan dan turun di Simpang Kayu Besar.  Dari Simpang Kayu Besar melanjutkan perjalanan dengan bus tujuan Parapat tarif Rp40.000,-.  Selanjutnya dari Parapat, menyeberang menggunakan ferry tujuan Tuk Tuk Siodang di Pulau Samosir. Lokasi ini merupakan tempat yang strategis untuk menikmati keindahan Danau Toba.
  • Travel/taksi dari Bandara Kuala Namu – Parapat dengan tarif Rp75.000,- yang akan membawa anda ke Pelabuhan Tiga Raja untuk menyeberang danau ke Pulau Samosir.

 

  1. Kereta api

Menggunakan kereta api dari bandara Kuala Namu ke Stasiun Medan dengan jarak tempuh kurang lebih 30 -45 menit. Dari Stasiun Medan melanjutkan kereta dengan jurusan Pematang Siantar. Dari Pematang Siantar perjalanan masih harus dilanjutkan dengan menggunakan bus/taksi selama kurang lebih 1 jam untuk mencapai Pelabuhan Tiga Raja, selanjutnya menyeberangi danau ke Pulau Samosir.

 

Objek wisata

Danau Toba

Danau Toba adalah danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika dan merupakan danau  terluas di Asia Tenggara. Danau ini membentang di tujuh kabupaten, yaitu Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Simalungun. Di tengah danau  ini, terdapat sebuah  pulau vulkanik, ikon pariwisata Provinsi Sumatera Utara, yaitu Pulau Samosir. Anda dapat menikmati pemandangan danau dengan menyewa sepeda untuk berkeliling di sepanjang pinggiran danau. Di pinggir danau juga terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona.

Hal yang unik, danau iniPopularitas wisata Danau Toba telah dikenal hingga ke dunia Internasional dan memberi kontribusi yang positif terhadap perkembangan daerah serta kehidupan masyarakat di sekitarnya. Setiap

 

Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan ikon kepariwisataan Sumatera Utara, terletak persis di tengah Danau Toba. Pulau Samosir memiliki keindahan alam yang masih natural dan  merupakan salah satu tempat terbaik untuk mempelajari sejarah suku Batak. Di sini banyak tersedia aksesoris, baju, hingga kain tradisional khas Batak yang dijual untuk umum.

Jika Anda ingin berkunjung ke pulau  ini, melalui Praparat menyebrangi Danau Toba dengan kapal feri  ke tujuan Tuk Tuk Siodang di pulau Samosir. Tuktuk adalah sebuah daearah yang menjadi konsentrasi wisatawan. Di Tuktuk, tersedia banyak penginapan mulai dari hotel, cottage hingga guesthouse.  Menikmati wisata di Pulau Samosir dapat dilakukan dengan berkeliling menyusuri kawasan perbukitan hijau sembari menyaksikan panorama danau yang jernih dan berwarna kebiruan.

 

Parapat 

Parapat, kelurahan di Kecamatan Girsang Sipangan BolonKabupaten SimalungunSumatera Utara. Kelurahan ini merupakan salah satu akses menuju ke Danau Toba. Di Praparat Anda dapat menikmati kebersamaan dengan monyet-monyet yang dibiarkan bebas berkeliaran. Di sepanjang perjalanan dari Danau Toba ke parapat, Anda juga bisa menikmati keindahan alamnya.

 

Pulau Sibandang

Pulau yang berada di kecamatan Muara Tapanuli Utara ini dikelilingi oleh Danau Toba. Dari pulau ini kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba dari segala penjuru.Untuk menuju pulau ini kamu bisa menyewa kapal yang banyak disewakan oleh penduduk sekitar pulau.

 

Tongging

Bila kamu ingin menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian, maka kamu wajib untuk datang ke desa Tongging bagian utara Danau Toba. Dari desa ini kamu bisa melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian 900 mdpl.Pemandangan Danau Toba dari tempat ini sangat menakjubkan, didukung dengan  suasana alam yang indah serta tiupan angin yang tenang akan membuat kamu rileks. Satu lagi objek wisata yang bisa kamu jumpai di tempat ini yakni Airterjun Sipiso-piso yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

 

Bakara

Bakara merupakan salah satu wilayah yang berada di pinggiran Danau Toba yang terkenal dengan keindahan alamnnya. Dari tempat ini kamu bisa melihat keindahan Danau Toba dari sudut yang berbeda. Tebing-tebing pegunungan yang menjulang tinggi sangat indah terlihat. Bagi yang gemar memancing, tempat ini juga menyediakan beberapa tempat cocok untuk memancing ikan.

 

Pantai Lumban Silintong Balige

Lumban Silitong merupakan sebuah desa yang menjadi tempat wisata di Balige Toba, Samosir. Kawasan wisata ini menyajikan panorama tepian Danau Toba yang sangat indah jika di waktu senja.  Selain itu,di  tepian danau juga lengkap dengan deretan kafe dan  rumah makan. Di tempat ini Anda bisa menikmati sejuknya air danau sambil berenang dan  menyaksikan kelihaian anak-anak desa dalam  menyelam untuk berebut mendapatkan koin yang dilempar oleh pengunjung.

 

Batu Gantung

Sesuai dengan namanya, di sebuah tebing batu terdapat batu yang menggantung. Ditempat ini Anda juga di hibur oleh anak-anak kecil yang berenang menangkap uang yang dilempar penumpang kapal. Tidak jauh dari Batu Gantung terlihat burung-burung yang bertengger di pepohonan dan di bebatuan pinggir danau.

 

Desa Tomok

Sepanjang jalan menuju desa Tomok terdapat beberapa pedagang yang menjual aneka ragam barang, mulai dari baju, souvenir serta makanan. Desa Tomok terkenal dengan benda-benda peninggalan zaman megalitik dan purba seperti Makam Raja Sidabutar, Patung Sigale-gale, Batukursi Tomok dan Patung Gajah. Makam Raja Sidabutar terbuat dari batu  utuh tanpa persambungan yang dipahat untuk tempat peristirahatan penguasa kawasan Tomok pada masa itu. Rumah adat dan museum batak juga menjadi daya tarik tersendiri dari desa yang lokasinya paling dekat dengan pelabuhan.

 

Desa Wisata Ambarita

Salah satu wisata Pulau Samosir adalah kisah batu persidangan di Ambarita. Ambarita merupakan sebuah desa kuno masyarakat Batak. Batu persidangan yang terdapat di desa tersebut adalah batu yang disusun seperti meja pertemuan. Sebelum masuknya agama, pada masa pemerintahan Raja Siallagan batu tersebut digunakan untuk tempat mengadili dan mengeksekusi pelanggar hukum adat seperti penjahat atau musuh politik.

 

Air Terjun Sigura-gura

Air terjun tertinggi di Indonesia yang berada di bentang alam dekat dengan Danau Toba ini berketinggian 250 meter. Sumber airnya dari Sungai Asahan yang aliran airnya juga bermula dari Danau Toba. Aliran sungai dari Air Terjun Sigura-gura sangat deras dan berkontur bebatuan sehingga sering menjadi tempat kompetisi rafting di Indonesia dan dunia. Beberapa wisatawan dapat berenang di sungai dekat air terjun dan dapat berkemah di sekitar area air terjun tersebut.

 

Tips wisata

  • Kain ulos adalah oleh-oleh khas tanah Batak yang sebaiknya Anda beli.

Jika ingin ke kamar kecil di sekitar area wisata, tanyakan tarifnya terlebih dahulu untuk menghindari pemalakan.