peringatan
 
Jetstar: Pengantar

Jetstar adalah maskapai penerbangan bertarif rendah asal Australia. Berpusat di kota Melbourne, Jetstar adalah salah satu anak perusahaan maskapai penerbangan premium Qantas. Menggunakan armada pesawat Boeing 787 Dreamliner, Airbus A320, Airbus A321, dan Bombardier Q300, setiap minggunya Jetstar melakukan 4.000 penerbangan ke lebih dari 75 destinasi di kawasan Australia, Selandia Baru, dan Asia Pasifik. Selama tiga tahun berturut-turut pada 2011, 2012, dan 2013, Jetstar Airways berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Low-Cost Airline dari SkyTrax.


Pemesanan & E-tiket Jetstar

Cari dan pesan tiket pesawat Jetstar Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Jetstar secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Jetstar Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Jetstar Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Jetstar

E-tiket Jetstar dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Jetstar Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Jetstar di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating Jetstar

dari 560 review

Standar layanan: LCC-Hybrid: LCC

Kelas Penerbangan Jetstar

Kelas Ekonomi

Agar penerbangan bisa dinikmati oleh sebanyak mungkin orang, Jetstar menawarkan tarif penerbangan yang sangat terjangkau. Pada kelas ekonomi mereka, Jetstar menyediakan fasilitas bagasi kabin sebanyak 7 kg untuk setiap penumpang. Namun, bagi penumpang kelas ekonomi yang menginginkan kenyaman lebih, Jetstar menawarkan paket Starter Plus dan Starter Max. Paket Starter Plus menawarkan kapasitas bagasi tambahan sebanyak 20 kg, sementara paket Starer Max menawarkan 30 kg. Kedua paket ini juga memberikan layanan makanan dalam penerbangan, tetapi dengan menu berbeda. Penumpang kelas ekonomi yang ingin merasakan kenyamanan maksimal selama penerbangan juga dapat membeli fasilitas hiburan atau memesan makanan pada saat membeli tiket.

Makanan di Pesawat

Jetstar tidak menyediakan makanan gratis kepada para penumpang kelas ekonomi. Namun, penumpang dapat melakukan pemesanan makanan pada saat membeli tiket atau membeli makanan langsung di pesawat. Setiap penerbangan menawarkan makanan yang berbeda. Jetstar menyediakan menu makanan dan minuman yang cukup beragam, mulai dari nasi, pasta, camilan, makanan pencuci mulut, hingga menu khusus anak.

Kelas Bisnis

Layanan kelas bisnis dari Jetstar hanya tersedia pada beberapa rute penerbangan. Dengan fasilitas bagasi kabin 2 x 7 kg, kursi yang lebih lebar, serta layanan dan kabin khusus, terbang di kelas bisnis menjadikan perjalanan terasa mewah. Selain bagasi kabin, fasilitas kelas bisnis lainnya adalah bagasi terdaftar dengan kapasitas maksimum 30 kg, hiburan di pesawat, selimut, serta bantal. Jetstar juga menawarkan paket khusus bernama Business Max Bundle untuk penumpang kelas bisnis yang ingin merasakan kenyamanan maksimal selama penerbangan.

Makanan di Pesawat

Penumpang kelas bisnis akan mendapatkan makanan utama pada siang dan malam hari, camilan, serta sarapan. Setiap penerbangan menawarkan menu yang berbeda, mulai dari menu Barat, Asia, hingga menu khusus vegetarian. Semua makanan diolah menggunakan bahan-bahan lokal yang segar. Jetstar juga menawarkan berbagai minuman, termasuk anggur pemenang penghargaan internasional Cellars in the Sky.

Layanan Khusus Jetstar

Frequent Flyer Program

Jetstar bekerjasama dengan beberapa maskapai penerbangan lain untuk menawarkan program loyalitas bagi para penumpangnya. Melalui program ini, penumpang akan mendapat poin atau miles setiap kali melakukan penerbangan dengan paket Plus, Max, atau Business Max dari Jetstar. Setidaknya ada empat maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan program frequent flyer Jetstar, yaitu Qantas Frequent Flyer, Emirates Skywards, JAL Mileage Bank, dan Lotusmiles. Jika penumpang merupakan anggota dari salah satu program frequent flyer tersebut, maka mereka bisa mendapatkan poin atau miles setiap terbang dengan Jetstar. Akumulasi poin atau miles bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah, salah satunya adalah tiket penerbangan Jetstar gratis.

Airport Lounge

Jetstar bekerja sama dengan Qantas Club untuk menyediakan fasilitas ruang tunggu bandara bagi para penumpangnya. Ruang tunggu bandara Jetstar dapat diakses oleh penumpang Economy Starter Max yang melakukan perjalanan internasional dengan kode penerbangan JQ, 3K, GK, BL, atau QF, serta penumpang Business Max yang melakukan perjalanan internasional dengan kode penerbangan JQ, 3K, atau QF. Ruang tunggu bandara dapat diakses sejak check-in dimulai hingga waktu keberangkatan, tapi tidak tersedia pada saat kedatangan di bandara tujuan. Di ruang tunggu bandara, penumpang dapat beristirahat atau melanjutkan kerja sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Selain menawarkan beragam menu makanan dan minuman, ruang tunggu bandara Jetstar juga menyediakan layanan bar dan koneksi internet.

Armada Jetstar

Boeing 787-8
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 3-3-3 (Ekonomi)
  • 2-3-2 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 30 inci (Kelas Ekonomi)
  • 38 inci (Kelas Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/port USB:

Tersedia

Airbus A320
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 3-3 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 29 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/port SB:

Tidak Tersedia

Airbus A321
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 3-3 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 28 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/port USB:

Tidak Tersedia

Kru Pesawat Jetstar

Seragam Pramugari Jetstar

Seragam yang dikenakan pramugari Jetstar merepresentasikan perkembangan jaringan Jetstar di Asia Pasifik. Dengan dominasi warna oranye khas Jetstar, seragam ini dirancang dari hasil kolaborasi seluruh anggota tim di Jetstar Group. Tidak hanya tentang desain, para karyawan Jetstar juga memberi masukan tentang fungsionalitas seragam yang akan dibuat. Hasilnya, kini pramugari Jetstar mengenakan blazer berwarna oranye berkancing depan dengan model kerah yang terinspirasi dari gaya khas Asia. Blazer tersebut dipadukan dengan bawahan warna berupa celana hitam panjang atau rok dengan potongan A-line.


Kebijakan Bagasi Jetstar

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Semua rute

Kelas Ekonomi

Maks. 7 kg

Bagasi berbayar: 15 kg / 20 kg / 25 kg / 30 kg / 35 kg / 40 kg

Kelas Bisnis

2 buah (maks. 7 kg/buah)

Maks. 30 kg

Kebijakan Penumpang Jetstar

Kebijakan Penumpang Bayi (0 – 2 Tahun)
  • Penumpang bayi yang dipangku oleh penumpang dewasa dan tidak memerlukan kursi sendiri tidak akan dikenakan biaya untuk penerbangan domestik di Australia, Jepang, dan Selandia Baru, serta penerbangan internasional antara Australia dan Selandia Baru.
  • Bagi penumpang bayi yang dipangku oleh orang tuanya sepanjang penerbangan, Jetstar akan menyediakan sabuk pengaman khusus yang terhubung dengan sabuk pengaman pemangku.
  • Penumpang bayi boleh duduk terpisah dari orang tuanya asalkan sudah bisa duduk tegak tanpa bantuan.
  • Penumpang bayi yang tidak duduk di kursi terpisah tidak mendapatkan fasilitas bagasi kabin maupun bagasi terdaftar.
  • Penumpang dewasa diperbolehkan membawa dua bayi. Hanya satu bayi yang boleh duduk di pangkuan, sementara bayi kedua harus duduk di kursi terpisah. Bayi kedua ini harus bisa duduk tegak tanpa bantuan atau duduk di kursi mobil khusus anak.
  • Bayi berusia di atas 3 bulan harus ditemani oleh penumpang berusia setidaknya 15 tahun yang dapat menjaganya, baik di bandara maupun selama penerbangan.
  • Bayi berusia kurang dari 48 jam tidak diizinkan untuk melakukan penerbangan dengan Jetstar.
Kebijakan Penumpang Anak (2 – 15 Tahun)
  • Anak-anak berusia 2 tahun ke atas harus duduk di kursi terpisah dari orang tuanya dan tidak boleh dipangku. Karena itu, penumpang anak harus membeli tiket.
  • Saat ini, Jetstar belum memiliki layanan untuk mendampingi penumpang yang melakukan perjalanan tanpa ditemani orang dewasa.
  • Pada penerbangan dari, ke, atau di dalam wilayah Australia dan Selandia Baru, anak-anak usia sekolah menengah (SMP atau SMA) diperbolehkan melakukan perjalanan sendiri tanpa ditemani orang dewasa.
  • Pada penerbangan di dalam kawasan Asia yang dioperasikan oleh Jetstar Asia, penumpang berusia di bawah 12 tahun harus ditemani oleh penumpang yang berusia setidaknya 15 tahun.
  • Untuk penerbangan domestik dan internasional menggunakan Jetstar Pacific, anak berusia 12 tahun tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan udara tanpa ditemani pendamping dewasa.
  • Orang tua atau wali dari penumpang usia 12 – 14 tahun harus menandatangani surat pernyataan khusus di konter check-in sebelum anak mereka melakukan penerbangan sendirian.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang yang memasuki trimester ketiga kehamilan (28 minggu atau lebih) diwajibkan membawa surat medis dari dokter yang menyatakan bahwa kondisinya memungkinkan untuk melakukan penerbangan. Surat tersebut harus dikeluarkan tidak lebih dari 10 hari sebelum keberangkatan dan menyatakan perkiraan tanggal persalinan, kondisi kehamilan tunggal atau kembar, serta menyatakan kehamilan bebas dari komplikasi.
  • Jika kehamilan penumpang tidak mengalami komplikasi dan usia kehamilan tidak lebih dari 28 minggu, penumpang tidak diharuskan untuk membawa dokumen terkait kondisi medis kehamilan.
  • Jika penumpang mengalami komplikasi atau hamil dengan anak kembar, penumpang harus melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum terbang.
  • Penumpang dengan kehamilan tunggal berusia di atas 40 minggu, atau penumpang dengan kehamilan ganda berusia di atas 36 minggu, hanya diperbolehkan pada penerbangan yang kurang dari 4 jam.
  • Penumpang dengan kehamilan tunggal berusia di atas 36 minggu, atau penumpang dengan kehamilan ganda berusia di atas 32 minggu, diperbolehkan pada penerbangan yang lebih dari 4 jam.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Penumpang dengan gangguan penglihatan atau pendengaran harus menginformasikan maskapai mengenai kondisinya.
  • Pihak maskapai akan membantu mendampingi penumpang dari konter check-in ke pintu keberangkatan.
  • Jika penumpang melakukan penerbangan bersama pendamping, pihak maskapai akan menemui mereka di pintu keberangkatan.

Kebijakan Check-in Jetstar

Waktu Check-in Jetstar

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Jetstar dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Jetstar. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

1 jam sebelum keberangkatan

30 menit sebelum keberangkatan

Internasional

2 jam sebelum keberangkatan

60 menit sebelum keberangkatan

Check-in Jetstar Online

Check-in online untuk penerbangan Jetstar dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Jetstar
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Jetstar

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Jetstar untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Jetstar

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Jetstar untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Jetstar.


 

Tentang Jetstar

Jetstar (Kode IATA: JQ)dikenal sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah dengan kantor pusat di Melbourne, Australia. Qantas, maskapai penerbangan premium internasional, adalah perusahaan induk dari Jetstar. Karena itu, dapat dikatakan bahwa Jetstar merupakan maskapai penerbangan versi lebih terjangkau dari Qantas. Jetstar mengoperasikan penerbangan domestik, regional, dan internasional di kawasan Australia, Selandia Baru, dan Asia Pasifik. Jetstar memiliki empat maskapai penerbangan, yaitu:
  • Jetstar Airways in Australia dan Selandia Baru, yang sepenuhnya dimiliki oleh Qantas Group;
  • Jetstar Asia Airways, dengan kantor pusat di Singapura dan dikelola oleh Newstar Holdings;
  • Jetstar Pacific Airlines, yang berbasis di Vietnam, dengan mayoritas saham (70%) dipegang oleh Vietnam Airlines dan 30% sisanya milik Qantas Group; dan
  • Jetstar Japan, yang merupakan hasil kerjasama antara Qantas Group, Japan Airlines, Mitsubishi Corporation, dan Tokyo Century Corporation.
Ada empat jenis armada yang digunakan Jetstar, yaitu Boeing 787 Dreamliner, Airbus A320, Airbus A321, dan Bombardier Q300. Seluruh penerbangan internasional jarak jauh yang dilakukan Jetstar menggunakan pesawat Boeing 787 Dreamliner, dengan 314 kursi Kelas Ekonomi dan 21 kursi Kelas Bisnis. Sementara itu, penerbangan di kawasan Australia, Selandia Baru dan Asia menggunakan armada Airbus A320 yang dapat mengangkut 180 penumpang. Airbus A320 terbukti menjadi armada pesawat dengan biaya operasi yang relatif rendah, sehingga harga kursi yang ditawarkan kepada pelanggan pun menjadi sangat terjangkau. Sementara itu, Airbus A321 merupakan versi lebih besar dari armada A320, yang mampu mengangkut 220 hingga 230 penumpang. Jetstar juga memiliki armada Bombardier Q300 yang digunakan untuk penerbangan regional Selandia Baru dan hanya mampu mengangkut 50 penumpang. Berdiri pertama kali pada 2004 di Australia, kini Jetstar telah mengangkut lebih dari 200 juta penumpang. Setiap minggunya, Jetstar mengoperasikan sekitar 4.000 penerbangan ke lebih dari 75 destinasi yang tersebar di kawasan Australia, Selandia Baru, dan Asia Pasifik. Kerja keras Jetstar telah dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang didapatkannya. Selama tiga tahun berturut-turut, yaitu pada 2011, 2012, dan 2013, Jetstar Airways berhasil meraih penghargaan sebagai Best Low-cost Airline di kawasan Australia/Pasifik dari Skytrax. Pada 2011, ajang Readers’ Choice Awards juga menganugerahi Jetstar dengan penghargaan Best International Budget Airline. Pada 2012, Changi Airline Awards memberikan dua penghargaan kepada Jetstar, yaitu sebagai Partner of the Year 2012 dan Top 5 Airlines by Absolute Growth in Cargo Carriage 2012. Maskapai penerbangan Jetstar lainnya juga tidak mau kalah mengumpulkan penghargaan bergengsi. Antara 2007 – 2015, Jetstar Asia selalu masuk daftar Top 10 Airlines by Passenger Carriage dari Changi Airline Awards. Pada 2013 – 2015, Jetstar Asia juga mendapakan penghargaan sebagai Best Budget Airline dari AsiaOne People’s Choice Award. Sementara itu, Jetstar Japan dinobatkan sebagai Best Perceived Value dalam kategori Domestic Transportation oleh Japanese Customer Satisfaction Index (JCSI) Survey pada 2013 dan 2014. Selama tiga tahun berturut-turut pada 2008, 2009, dan 2010, Jetstar Pacific juga mendapatkan predikat sebagai Vietnam’s Most Popular E-commerce Website. Jetstar menawarkan dua tipe kelas penerbangan, yaitu kelas ekonomi dan kelas bisnis. Karena dikenal sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah, penerbangan kelas ekonomi inilah yang paling banyak dicari. Setiap penumpang kelas ekonomi mendapatkan fasilitas bagasi kabin sebanyak 7 kg. Namun, Jetstar juga menawarkan paket untuk penumpang kelas ekonomi yang ingin meningkatkan kenyamanan penerbangan mereka, yaitu paket Starter Plus dan Starter Max. Setiap paket menawarkan jatah bagasi tambahan, yaitu 20 kg untuk Starter Plus dan 30 kg untuk Starter Max. Keduanya juga sama-sama memberikan layanan makanan dalam penerbangan, tetapi dengan menu berbeda. Untuk merasakan kenyamanan maksimal dalam penerbangan kelas ekonomi, penumpang juga bisa membeli tambahan fasilitas hiburan atau makanan dalam penerbangan saat membeli tiket. Di sisi lain, layanan kelas bisnis Jetstar hanya tersedia untuk beberapa rute penerbangan saja. Dengan area kursi yang lebih luas dibandingkan kelas ekonomi, penerbangan kelas bisnis dapat memberikan pengalaman penerbangan yang terasa mewah. Selain fasilitas bagasi kabin sebanyak 2 x 7 kg, penumpang kelas bisnis juga mendapat kapasitas bagasi terdaftar sebanyak 30 kg, hiburan di pesawat, selimut, dan bantal. Penumpang kelas bisnis juga mendapatkan akses untuk melakukan check-in di area khusus dan prioritas saat naik ke pesawat. Sama seperti pada kelas ekonomi, Jetstar juga menawarkan paket khusus yang disebut Business Max Bundle untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang Kelas Bisnis. Dengan membeli paket ini, penumpang tidak akan dikenakan biaya tambahan apabila melakukan perubahan penerbangan, termasuk perubahan rute. Penumpang juga akan mendapatkan akses gratis ke ruang tunggu bandara di Qantas Club di bandara yang disinggahi. Jetstar juga bekerja sama dengan beberapa maskapai ternama untuk menawarkan lebih banyak program layanan untuk para penumpang setianya. Penumpang yang terbang dengan paket Plus, Max, atau Business Max dari Jetstar akan mendapatkan poin atau miles. Sudah ada setidaknya empat maskapai yang berpartisipasi dalam program frequent flyer Jetstar ini, yaitu Qantas Frequent Flyer, Emirates Skywards, JAL Mileage, Bank, dan Lotusmiles. Apabila penumpang merupakan anggota salah satu program frequent flyer tersebut, maka penumpang akan mendapatkan poin atau miles setiap kali melakukan penerbangan dengan Jetstar. Poin yang terkumpul kemudian akan dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah, termasuk tiket pesawat Jetstar gratis.

Sejarah Jetstar

Berdiri pada 2004, Jetstar dikenal sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah yang berbasis di Melbourne, Australia. Jetstar didirikan oleh Qantas agar dapat bersaing dengan maskapai penerbangan bertarif rendah lainnya. Dapat dikatakan bahwa Jetstar merupakan bagian dari strategi Qantas untuk menyediakan alternatif maskapai dengan tarif yang lebih rendah. Pada awalnya, kantor pusat Jetstar terletak di Bandara Avalon dekat Melbourne — Jetstar bahkan mulai melakukan penerbangan dari lokasi ini pada pertengahan 2004 — tapi akhirnya Jetstar memutuskan untuk pindah ke kawasan kota Melbourne. Sebelum Jetstar diluncurkan oleh Qantas pada 2004, Qantas lebih dulu mengakuisisi Impulse Airlines pada 2001 dan mengoperasikannya di bawah nama QantasLink. Namun, karena memutuskan untuk mendirikan maskapai penerbangan bertarif rendah, Qantas akhirnya meluncurkan ulang maskapai penerbangan tersebut, kali ini dengan nama Jetstar. Layanan penerbangan domestik mulai dilakukan pada 2004, sedangkan penerbangan internasional pertama kali dioperasikan pada 2005 dengan tujuan Christchurch, Selandia Baru. Meskipun merupakan maskapai penerbangan milik Qantas, manajemen Jetstar dioperasikan secara mandiri oleh para karyawan yang dulunya bekerja di Impulse Airlines. Salah satu maskapai milik Jetstar, yaitu Jetstar Asia Airways, melakukan penerbangan pertamanya pada 2004 dari Singapura menuju Hong Kong. Hal ini menandai langkah awal Qantas dalam memasuki pasar maskapai penerbangan bertarif rendah di Asia. Setahun berikutnya, tepatnya pada akhir 2005, diumumkan bahwa Jetstar bertekad menjadi maskapai penerbangan bertarif rendah pertama di dunia yang menjangkau standar global. Tidak lama kemudian, Jetstar pun membuka rute penerbangan baru ke Perth dari Bandara Avalon. Pada 2006, Jetstar menjadi maskapai penerbangan pertama di Australia yang memungkinkan pelanggannya untuk memilih kursi penerbangan pada saat pemesanan tiket. Memasuki pertengahan 2007, Qantas mengakuisisi 18% saham Pacific Airlines milik Vietnam, yang setahun kemudian akhirnya diluncurkan ulang dengan nama Jetstar Pacific. Sejak 2010, jumlah saham Qantas di Jetstar Pacific meningkat jadi 30%. Pada 2009, Jetstar resmi membuka layanan penerbangan langsung dari Auckland ke Gold Coast dan Sydney. Masih dalam tahun yang sama, Jetstar juga membuka penerbangan domestik Selandia Baru, menghubungkan Auckland, Wellington, Christchurch, dan Queenstown menggunakan Airbus A320. Pada 2011, Qantas mengumumkan akan mendirikan maskapai penerbangan baru yang diberi nama Jetstar Japan, yang merupakan hasil kerjasama antara Jetstar, Japan Airlines, dan Mitsubishi. Awalnya, Jetstar Japan direncanakan untuk mulai beroperasi secara resmi pada Desember 2012, tetapi ternyata jadwal tersebut mengalami kemajuan sehingga Jetstar Japan mulai beroperasi pada Juli 2012. Jetstar juga pernah berencana meluncurkan maskapai penerbangan baru di Asia, yaitu Jetstar Hong Kong, yang merupakan hasil kerja sama antara Qantas dan China Eastern Airlines. Jetstar Hong Kong sudah dijadwalkan akan mulai beroperasi pada 2013, tetapi sayangnya hal tersebut batal terjadi karena adanya masalah perizinan. Pada 2014, Jetstar menandatangani sebuah persetujuan codeshare dengan Emirates Airlines sebagai kelanjutan perjanjian antara Emirates dan Qantas. Tidak hanya Emirates dan Qantas, Jetstar ternyata juga memiliki perjanjian codeshare dengan American Airlines, Japan Airlines, dan LATAM Chile. Satu tahun kemudian, Jetstar mengumumkan bahwa pihaknya akan memulai layanan penerbangan regional khusus Selandia Baru yang rencananya dimulai pada Desember 2015. Layanan ini akan melakukan penerbangan menggunakan armada Bombardier Dash 8 dan dioperasikan oleh Eastern Australian Airlines, salah satu anak perusahaan maskapai penerbangan Qantas yang lain dan masih termasuk dalam grup Jetstar. Destinasi baru yang akan segera dioperasikan saat itu terdiri dari Hamilton, Rotorua, New Plymouth, Napier, Palmerston North, Nelson, dan Invercargill. Akhirnya, pada Agustus 2015, Jetstar pun mengumumkan empat kota pertama yang akan menjadi destinasi baru mereka yang akan mulai beroperasi pada Desember tahun itu, yaitu Napier, Nelson, New Plymouth, dan Palmerston North.

Kontak Jetstar

+61 3 9347 0091

Alamat Jetstar

Jetstar
PO Box 4713, Melbourne, VIC 3001, Australia

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top
evtbvsrwfq