peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya
 
Lufthansa: Pengantar

Lufthansa merupakan salah satu maskapai asal jerman dan salah satu pendiri aliansi penerbangan Star Alliance. Jika dilihat berdasarkan jumlah penumpang, Lufthansa merupakan maskapai terbesar ke lima di Eropa. Saat ini, Lufthansa mlayani penerbangan ke 18 tujuan domestik dan 193 tujuan internasional yang mencakup 81 negara di Afrika, Amerika, Asia, dan Eropa. Lufthansa menawarkan empat kelas penerbangan, yaitu Economy Class, Premium Economy Class, Business Class, dan First Class.


Pemesanan & E-tiket Lufthansa

Cari dan pesan tiket pesawat Lufthansa Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Lufthansa secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Lufthansa Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Lufthansa Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Lufthansa

E-tiket Lufthansa dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Lufthansa Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Lufthansa di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating Lufthansa

dari 1047 review

Standar layanan: Full Service

Kelas Penerbangan Lufthansa

Economy Class

Fasilitas yang ditawarkan dalam penerbangan Economy Class bervariasi tergantung pada jarak penerbangan. Penumpang dalam penerbangan jarak dekat akan merasakan kenyamanan melalui kursi dengan ruang kaki yang lega, sementara penumpang dalam penerbangan jarak jauh dapat bersantai dengan kursi selebar 40 cm yang dilengkapi dengan sandaran kepala yang dapat disesuaikan. Tidak hanya itu, penumpang dalam penerbangan jarak jauh juga dapat menikmati fasilitas hiburan yang menawarkan beragam pilihan film terbaru, saluran radio internasional, serta program TV spesial.

Makanan di Pesawat

Tergantung pada jarak penerbangan, hidangan yang ditawarkan pada Economy Class bervariasi mulai dari makanan ringan, sandwich, hingga hidangan utama. Lufthansa juga menyediakan menu khusus untuk anak-anak dan penumpang yang menginginkan kandungan nutrisi lebih.

Premium Economy Class

Kabin Premium Economy Class menawarkan tempat duduk yang lebih nyaman dan lebih luas, melalui ruang kaki yang lega, kursi yang dilengkapi sandaran kaki, serta ruang penyimpanan barang pribadi. Dirancang secara eksklusif untuk kabin Premium Economy Class Lufthansa, kursi ini memiliki ruang yang 50% lebih luas di segala sisi. Selama berada dalam penerbangan, penumpang juga dapat menikmati fasilitas hiburan melalui layar sebesar 11 atau 12 inci yang tersedia di setiap kursi, lengkap dengan remote kontrol nirkabel dan stopkontak. Tidak hanya itu, Lufthansa juga menyediakan kelengkapan penerbangan di setiap kursi sehingga penumpang dapat tiba di tempat tujuan dengan perasaan segar.

Makanan di Pesawat

Saat naik ke pesawat, penumpang akan disambut dengan minuman segar dengan rasa buah-buahan. Sementara saat penerbangan, penumpang dapat memilih untuk menikmati beragam hidangan mulai dari makanan khas Eropa Tengah hingga Asia Timur.

Business Class

Baik bepergian untuk keperluan bisnis atau liburan, penerbangan Business Class menawarkan suasana yang sempurna dalam penerbangan. Kabin Business Class memberikan tingkat privasi yang cukup tinggi bagi para penumpang dan ruang yang luas, baik untuk bekerja atau bersantai. Pada penerbangan jarak pendek hingga menengah, kursi tengah selalu dibiarkan kosong untuk memberikan ruang tambahan. Sementara pada penerbangan jarak jauh, kursi dalam kabin Business Class dapat diubah menjadi kasur datar sepanjang hampir dua meter, yang sangat nyaman dipakai untuk bersantai selama penerbangan. Penumpang Business Class juga dapat menikmati beragam program hiburan melalui layar pribadinya, mulai dari acara olahraga, serial TV, atau musik. Tidak hanya itu, penumpang Business Class juga akan mendapatkan layanan prioritas pada saat check-in dan naik ke pesawat, serta akses ke dalam ruang tunggu Lufthansa di bandara.

Makanan di Pesawat

Penumpang Business Class dapat menikmati hidangan berkualitas restoran selama berada dalam penerbangan. Selain disajikan menggunakan peralatan makan yang mewah, hidangan yang ditawarkan juga segar yang berkualitas, lengkap dengan beragam pilihan wine.

First Class

Layanan penerbangan First Class dari Lufthansa dirancang dengan detail, untuk memberikan pengalaman terbang terbaik bagi para penumpang. Dari layanan parkir valet, asisten pribadi saat di bandara, layanan limusin, serta akses ke ruang tunggu First Class di bandara, layanan First Class ini memastikan setiap kebutuhan penumpang akan terpenuhi. Sementara itu, kabin First Class menawarkan kursi yang dirancang secara ergonomis untuk memberikan kenyamanan yang maksimal. Kursi ini dapat diubah menjadi kasur datar sepanjang dua meter, lengkap dengan matras yang empuk dan selimut. Selain itu, tersedia pula beragam layanan hiburan, mulai dari film, serial TV, saluran televisi, musik, buku audio, hingga podcast dari seluruh dunia. Agar penumpang dapat menikmati layanan hiburan ini secara maksimal, Lufthansa pun menyediakan fasilitas headphone Bose yang kedap suara dan koneksi internet dengan kecepatan tinggi.

Makanan di Pesawat

Penumpang First Class dapat menikmati beragam hidangan kelas dunia, yang disajikan menggunakan peralatan makan mewah. Lufthansa juga menawarkan beragam pilihan wine terbaik dari daerah-daerah penghasil minuman anggur terbaik di seluruh dunia.

Layanan Khusus Lufthansa

Miles & More

Lufthansa menawarkan sebuah program frequent flyer bernama Miles & More. Ketika pertama bergabung, penumpang akan mendapatkan status sebagai anggota Miles & More reguler. Seiring dengan bertambahnya jumlah poin mil, penumpang dapat memperoleh status keanggotaan yang lebih tinggi, yaitu dari Frequent Traveler, Senator, hingga HON Circle Member. Penumpang bisa mendapatkan poin mil setiap kali mereka melakukan penerbangan bersama Lufthansa atau 40 maskapai rekanan lainnya. Tidak hanya itu, poin mil juga bisa didapatkan ketika penumpang menginap di hotel, menyewa mobil, berbelanja, atau menggunakan kartu kredit yang bekerjasama dengan Lufthansa. Untuk setiap euro yang dibelanjakan, penumpang bisa mendapatkan setidaknya satu poin mil. Poin mil yang terkumpul kemudian dapat ditukarkan untuk memperoleh berbagai hadiah, seperti menyewa mobil atau menginap di hotel secara gratis, voucher berbelanja, hingga tiket pesawat.

Ruang Tunggu Bandara

Lufthansa memiliki empat tipe ruang tunggu bandara, yaitu Lufthansa First Class Lounge, Lufthansa Senator Lounge, Lufthansa Business Lounge, dan Lufthansa Welcome Lounge. Setiap tipe ruang tunggu hanya dapat diakses oleh penumpang tertentu, yang ditentukan berdasarkan kelas penerbangan atau status frequent flyer penumpang. Penumpang First Class dapat mengakses keempat ruang tunggu ini, smenetara penumpang Business Class dan Premium Economy Class hanya mendapatkan akses ke dalam Lufthansa Business Lounge dan Lufthansa Welcome Lounge. Meskipun demikian, keempat ruang tunggu ini dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi para penumpang Lufthansa, dengan menyediakan beragam fasilitas mulai dari area makan, kursi yang nyaman, ruang yang tenang, ruang merokok, ruang untuk bekerja, toilet, serta kamar mandi.

Armada Lufthansa

Airbus A350-900
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Premium Economy
  • Business

Tata kursi:

  • 3-3-3 (Economy)
  • 2-3-2 (Premium Economy)
  • 2-2-2 (Business)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Economy)
  • 38 inci (Premium Economy)
  • 64 inci (Business)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Airbus A380-800
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Premium Economy
  • Business
  • First

Tata kursi:

  • 3-4-3 (Economy)
  • 2-4-2 (Premium Economy)
  • 2-2-2 (Business)
  • 1-2-1 (First)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Economy)
  • 38 inci (Premium Economy)
  • 64 inci (Business)
  • 81 inci (First)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Boeing B747-8
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Premium Economy
  • Business
  • First

Tata kursi:

  • 3-4-3 (Economy)
  • 2-4-2 (Premium Economy)
  • 2-2-2 (Business)
  • 1-2-1 (First)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Economy)
  • 38 inci (Premium Economy)
  • 64 inci (Business)
  • 81 inci (First)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Kru Pesawat Lufthansa

Seragam Pramugari American Airlines

Didominasi oleh warna biru tua, seragam pramugari Lufthansa menimbulkan kesan yang profesional. Seragam ini terdiri dari tiga bagian, yaitu rok, kemeja, dan blazer. Rok dan kemeja yang digunakan memiliki warna biru tua, sementara kemeja yang digunakan sebagai dalaman berwarna putih. Blazer para pramugari ini juga memiliki aksen berwarna kuning di bagian lengan, senada yang syal yang digunakan sebagai aksesoris. Untuk semakin melengkapi seragam ini, para pramugari juga mengenakan topi dalam warna biru tua yang senada. Namun pada bulan oktober, para pramugari umumnya tidak mengenakan seragam ini, melainkan menggunakan baju tradisional Jerman dalam warna kuning dan biru, yang merupakan warna perusahaan Lufthansa. Hal ini dilakukan dalam rangka perayaan Oktoberfest, festival bir tahunan terbesar di dunia yang diadakan di Munich, Bavaria, Jerman.


Kebijakan Bagasi Lufthansa

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Internasional

Economy Class

Maks. 8 kg (Dimensi: 55 x 40 x 23 cm)

Maks. 23 kg (Dimensi: maks. 158 cm)

Premium Economy Class

2 buah (maks. 23 kg/buah) (Dimensi: maks. 158 cm)

Business Class

2 buah (maks. 8 kg/buah) (Dimensi: 55 x 40 x 23 cm)

2 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 158 cm)

First Class

3 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 158 cm)

Semua penerbangan tujuan Eropa

Economy Class

Maks. 8 kg (Dimensi: 55 x 40 x 23 cm)

Maks. 23 kg (Dimensi: max. 158 cm)

Business Class

2 buah (maks. 8 kg/buah) (Dimensi: 55 x 40 x 23 cm)

2 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 158 cm)

Kebijakan Penumpang Lufthansa

Kebijakan Penumpang Bayi
  • Penumpang bayi diperbolehkan duduk di pangkuan tanpa harus membeli tiket.
  • Penumpang yang membawa bayi akan diberikan sabuk pengaman khusus untuk memastikan keselamatan bayi.
  • Setiap penumpang dewasa hanya diperbolehkan membawa satu bayi. Jika penumpang membawa lebih dari satu bayi, maka salah satu bayi tersebut harus menempati kursi sendiri dengan kursi pengaman khusus bayi.
  • Lufthansa tidak menyediakan kursi pengaman khusus anak, sehingga penumpang harus membawanya sendiri.
  • Pada penerbangan jarak jauh, Lufthansa menyediakan fasilitas keranjang bayi yang dapat digunakan oleh bayi dengan berat tidak lebih dari 14 kg. Penumpang harus memesan fasilitas ini setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan.
Kebijakan Penumpang Anak
  • Anak-anak berusia antara 5–11 tahun harus didampingi oleh penumpang lain berusia setidaknya 12 tahun.
  • Anak-anak berusia antara 5–11 tahun yang bepergian sendiri akan dikategorikan sebagai unaccompanied child dan harus menggunakan layanan khusus.
  • Anak-anak berusia antara 12–17 tahun diperbolehkan bepergian sendiri tanpa menggunakan layanan khusus. Namun, penumpang tetap bisa mendapatkan layanan ini jika diminta oleh orangtua atau walinya.
  • Biaya layanan khusus untuk penumpang anak yang bepergian sendiri bervariasi tergantung pada rute penerbangan. Untuk penerbangan di wilayah Jerman dan Eropa, biaya layanan ini adalah EUR 60, atau EUR 100 untuk penerbangan internasional.
  • Orangtua atau wali dari penumpang anak yang bepergian sendiri harus menyediakan semua informasi dan dokumen yang dibutuhkan.
  • Penumpang anak yang bepergian sendiri harus membawa tas kecil berwarna kuning yang disediakan oleh Lufthansa. Tas ini berisi kartu identitas, paspor yang masih berlaku, sertifikat asuransi perjalanan, visa, info medis terkait alergi, surat pernyataan orang tua, dan formulir kelengkapan lainnya.
  • Penumpang anak yang bepergian sendiri mendapatkan kapasitas bagasi yang sama dengan penumpang dewasa.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang dengan usia kehamilan kurang dari 36 minggu, atau hingga empat minggu sebelum tanggal persalinan, serta tidak mengalami komplikasi diperbolehkan berada dalam penerbangan tanpa menyertakan surat kesehatan dari dokter kandungan.
  • Penumpang dengan usia kehamilan lebih dari 28 minggu disarankan untuk membawa surat kesehatan dari dokter kandungan, yang menyatakan bahwa kehamilan tidak mengalami komplikasi, perkiraan tanggal persalinan, serta bahwa penumpang berada dalam kondisi sehat untuk melakukan penerbangan.
  • Penumpang dengan usia kehamilan lebih dari 36 minggu harus menyertakan surat kesehatan, yang harus dikonfirmasi oleh personil medis Lufthansa (Lufthansa’s Medical Operation Centre).
  • Penumpang dengan kehamilan kembar berusia lebih dari 28 minggu, atau yang mengalami komplikasi, harus mendapatkan surat izin medis dari pihak maskapai (Lufthansa’s Medical Operation Centre) sebelum melakukan perjalanan.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Lufthansa menyediakan layanan khusus untuk penumpang dengan disabilitas. Untuk mendapatkan layanan ini, penumpang harus menginformasikan kondisinya kepada pihak maskapai selambat-lambatnya 48 jam sebelum keberangkatan, dengan menghubungi customer service Lufthansa atau agen penjualan tiket yang digunakan penumpang.
  • Penumpang yang membawa kursi roda atau tongkat jalan tidak akan dikenakan biaya tambahan.
  • Penumpang dengan disabilitas dapat memilih preferensi tempat duduknya demi kenyamanan selama penerbangan.

Kebijakan Check-in Lufthansa

Waktu Check-in Lufthansa

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Lufthansa dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Lufthansa. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

1 jam sebelum keberangkatan

30 menit sebelum keberangkatan

Internasional

1 jam 30 menit sebelum keberangkatan

45 menit sebelum keberangkatan

Check-in Lufthansa Online

Check-in online untuk penerbangan Lufthansa dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Lufthansa
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Lufthansa

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Lufthansa untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Lufthansa

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Lufthansa untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Lufthansa.


 

Tentang Lufthansa

Lufthansa (kode IATA: LH) merupakan maskapai nasional Jerman, salah satu maskapai terbesar di Eropa, dan merupakan salah satu pendiri aliansi maskapai global, Star Alliance. Dengan kantor pusat di Cologne, Lufthansa mengoperasikan penerbangannya dari dua bandara penghubung utama yang berlokasi di Frankfurt International Airport dan Munich Airport, menggunakan armadanya yang berjumlah 273 pesawat. Mengusung slogan “Nontstop You”, Lufthansa saat ini melayani penerbangan ke 18 tujuan domestik dan 193 tujuan internasional yang mencakup 81 negara di Afrika, Amerika, Asia, dan Eropa. Kerja sama dengan Lufthansa CityLine, Eurowings, Germanwings, dan berbagai maskapai lainnya, juga memungkinkan Lufthansa untuk semakin memperluas jaringannya. Sejak pertama kali didirikan, Lufthansa telah berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi. Pada 2001, maskapai ini dinamakan sebagai ’Europe’s Best Business Class’. Fasilitas yang disediakan pada ruang tunggu Lufthansa di bandara juga membantu maskapai ini memperoleh penghargaan ’Europe’s Leading Airport Lounge’ pada 2015. Pada 2016, Lufthansa juga dinamakan sebagai ‘Best Airline Transatlantic’ dan ‘Best Airline in Western Europe’ dalam ajang Skytrax World Airline Awards 2016. Selanjutnya pada 2017, Lufthansa juga berhasil meraih penghargaan di tiga kategori dalam ajang Skytrax World Airline Awards, yaitu ‘Best Airline in Europe’, ‘Best Airline in Western Europe’, dan ‘Best First Class Lounge Dining’. Untuk memberikan tambahan layanan khusus bagi para penumpangnya, Lufthansa juga menawarkan program frequent flyer bernama Miles & More. Penumpang bisa mendapatkan poin mil setiap kali mereka melakukan penerbangan bersama Lufthansa atau 40 maskapai rekanan lainnya. Tidak hanya itu, poin mil juga bisa didapatkan ketika penumpang menginap di hotel, menyewa mobil, berbelanja, atau menggunakan kartu kredit yang bekerjasama dengan Lufthansa. Untuk setiap euro yang dibelanjakan, penumpang bisa mendapatkan setidaknya satu poin mil. Poin mil yang terkumpul kemudian dapat ditukarkan untuk memperoleh berbagai hadiah, seperti menyewa mobil atau menginap di hotel secara gratis, voucher berbelanja, hingga tiket pesawat. Sementara itu, dalam operasinya sehari-hari, Lufthansa menawarkan penerbangan dalam empat kelas layanan, yaitu Economy Class, Premium Economy Class, Business Class, dan First Class. Penumpang Economy Class dan Premium Economy Class dapat membawa satu bagasi kabin dengan berat tidak lebih dari 8 kg. Sebagai tambahan, penumpang Economy Class juga dapat membawa satu bagasi terdaftar, atau dua bagasi untuk penumpang Premium Economy Class, dengan berat maksimum 23 kg per bagasi. Sementara itu, penumpang Business Class dan First Class dapat membawa dua bagasi kabin dengan berat maksimum 8 kg per bagasi. Penumpang Business Class juga mendapatkan kapasitas bagasi terdaftar sebanyak dua buah, atau tiga buah untuk penumpang First Class, dengan berat maksimum 32 kg per bagasi. Selama dalam penerbangan, penumpang juga dapat menikmati fasilitas hiburan yang ditawarkan Lufthansa melalui layar LCD yang tersedia di setiap kursi. Fasilitas hiburan ini menawarkan ratusan pilihan film, acara TV, musik, buku audio, serta podcast dari seluruh dunia. Untuk naik ke pesawat, penumpang harus melakukan check-in melalui salah satu dari empat metode yang tersedia, yaitu melalui konter check-in di bandara, mesin check-in di bandara, melalui situs resmi maskapai, atau melalui aplikasi handphone Lufthansa. Check-in secara online atau menggunakan aplikasi dapat dilakukan sejak 24 jam sebelum keberangkatan, sementara batas waktu check-in melalui konter bandara bervariasi tergantung destinasi dan kelas penerbangan. Informasi lebih detail mengenai batas waktu check-in dapat melihatnya di situs resmi Lufthansa.

Sejarah Lufthansa

Lufthansa pertama kali didirikan pada 1926, dengan nama Deutsche Luft Hansa A.G. (DLH). Maskapai ini merupakan maskapai nasional Jerman hingga 1945, ketika semua penerbangan dihentikan sementara seiring dengan kekalahan Nazi di Perang Dunia II. Untuk membangun maskapai nasional baru, perusahaan bernama Aktiengesellschaft für Luftverkehrsbedarf (Luftag) pun didirikan pada 6 Januari 1953, dengan kru yang sebelumnya bekerja untuk DLH. Pada 1 April 1955, Lufthansa mendapatkan izin untuk mulai mengoperasikan penerbangan domestik yang menghubungkan Hamburg, Düsseldorf, Frankfurt, Cologne, dan Munich. Sementara itu, maskapai ini mulai mengoperasikan penerbangan internasional pada 15 Mei 1955, dengan tujuan London, Paris, dan Madrid. Penerbangan menuju New York mulai dioperasikan pada 1 Juni di tahun yang sama, sementara penerbangan melintasi Samudra Atlantik dibuka pada Agustus 1956. Pada 1958, Lufthansa memesan empat pesawat Boeing 707 dan mulai melayani penerbangan dari Frankfurt ke New York pada Maret 1960. Lufthansa kemudian memperluas cakupannya melampaui Bangkok, Thailand, ke Hong Kong dan Tokyo pada 1961. Penerbangan menuju negara-negara di Afrika seperti Nigeria, Lagos, dan Johannesburg di Afrika Selatan juga mulai diperkenalkan pada 1962. Selanjutnya pada 1964, Lufthansa memperkenalkan armada Boeing 727-nya dan memulai penerbangan dari Frankfurt ke Tokyo melalui Anchorage pada Mei di tahun yang sama. Pada Februari 1965, maskapai ini juga memesan 21 pesawat Boeing 737 yang mulai beroperasi pada 1968. Lufthansa kemudian mulai mengoperasikan pesawat berbadan lebar dengan armada Boeing 747-nya pada 26 April 1970, DC-10-30 pada 12 November 1973, dan pesawat Airbus A300 pada 1976. Pada 1979, Lufthansa memesan 25 unit pesawat Airbus A310 dan menjadi satu dari dua maskapai pertama yang mengoperasikan pesawat tipe ini. Lufthansa kemudian mulai melakukan modernisasi terhadap armadanya pada 29 Juni 1985, dengan memesan 15 pesawat Airbus A320 dan tujuh pesawat Airbus A300-600, serta 10 pesawat Boeing 737-300 beberapa hari berikutnya. Tidak hanya itu, Lufthansa juga menambahkan pesawat tipe Airbus A321, Airbus A340, dan Boeing 747-400 ke dalam armadanya. Seiring dengan pembaruan armada ini, Lufthansa juga mulai menggunakan citra perusahaan yang baru pada 1988. Armadanya mulai menggunakan livery baru, sementara kabin, kantor, serta ruang tunggu bandara pun mengalami perancangan ulang. Pada 18 Mei 1997, Lufthansa, Air Canada, Scandinavian Airlines, Thai Airways International, dan United Airlines mendirikan Star Alliance, aliansi maskapai global pertama di dunia. Aliansi ini mencakup hubungan kerjasama dalam hal integrasi program, pengembangan teknologi informatika, serta koordinasi dalam jadwal penerbangan. Pada 6 Desember 2006, Lufthansa memesan 20 pesawat Boeing 747-8 dan menjadi maskapai pertama yang mengoperasikan pesawat tipe ini pada 2012. Maskapai ini juga menjadi maskapai kedua di Eropa yang mengoperasikan pesawat Airbus tipe A380, setelah diantarkan pada 19 Mei 2010. Pada 2013, Lufthansa melakukan pembelian untuk 100 pesawat berbadan ramping, dilanjutkan dengan pembelian untuk 59 pesawat berbadan lebar seharga lebih dari EUR 14 milyar pada September di tahun yang sama. Pembelian ini merupakan pembelian terbesar yang pernah dilakukan sepanjang sejarah Lufthansa Group. Saat ini, Lufthansa beroperasi menggunakan armada berukuran 273 pesawat, dengan 158 pesawat lainnya dalam pesanan.

Kontak Lufthansa

(021) 5702005

Alamat Lufthansa

Lufthansa
Jl. Jend. Sudirman Kav No.1 RT.1/RW.3 Gelora Tanah Abang DKI Jakarta 10270

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top