peringatan
 
Malaysia Airlines: Pengantar

Malaysia Airlines merupakan maskapai penerbangan nasional Malaysia. Sebagai salah satu anggota aliansi oneworld®, Malaysia Airlines dan seluruh partner maskapainya menawarkan layanan perjalanan udara terbaik ke lebih dari 1.000 destinasi yang tersebar di sekitar 150 negara, dengan tiga kelas penerbangan mulai dari Economy Class, Business Class, hingga First Class. Malaysia Airlines juga menawarkan program frequent flyer yang memberikan akses kepada anggotanya untuk menikmati lebih dari 650 ruang tunggu bandara di seluruh dunia.


Pemesanan & E-tiket Malaysia Airlines

Cari dan pesan tiket pesawat Malaysia Airlines Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Malaysia Airlines secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Malaysia Airlines Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Malaysia Airlines Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Malaysia Airlines

E-tiket Malaysia Airlines dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Malaysia Airlines Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Malaysia Airlines di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating Malaysia Airlines

dari 795 review

Standar layanan: Full Service

Kelas Penerbangan Malaysia Airlines

Economy Class

Malaysia Airlines memiliki layanan bernama Favourite Spot, yang memungkinkan penumpang Economy Class yang memesan tiketnya secara online untuk memilih lokasi kursi favoritnya sebelum penerbangan. Namun, penumpang juga bisa memilih kursi secara gratis 48 jam sebelum keberangkatan melalui fitur web check-in Malaysia Airlines. Kursi Economy Class Malaysia Airlines terbagi menjadi dua tipe, yaitu Premium dan Standar. Kursi Premium terletak di beberapa barisan depan pesawat dan di deretan pintu darurat, sedangkan kursi-kursi selain itu termasuk dalam tipe Standar. Penumpang Economy Class akan mendapatkan pengalaman penerbangan yang maksimal berkat ruang kaki yang luas, kapasitas bagasi hingga 30 kg, dan fasilitas hiburan di setiap kursi.

Makanan di Pesawat

Penerbangan Economy Class Malaysia Airlines menawarkan 20 variasi menu untuk memenuhi setiap kebutuhan penumpang. Penumpang harus melakukan pemesanan dan konfirmasi terhadap menu yang ingin dipesan selambat-lambatnya 24 jam sebelum keberangkatan melalui fasilitas pemesanan online, dengan menghubungi Call Center Malaysia Airlines, kantor pemesanan tiket, atau agen perjalanan.

Business Class

Dengan kursi yang dapat disandarkan hingga 180 derajat, penumpang Business Class Malaysia Airlines dapat merasakan pengalaman terbang dengan kenyamanan maksimal. Selain fasilitas hiburan yang kontennya beragam mulai dari film, serial televisi, radio, permainan, hingga konten edukatif, penumpang Business Class Malaysia Airlines juga mendapatkan prioritas check-in sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu mengantri. Setiap penumpang Business Class diperbolehkan untuk membawa dua bagasi terdaftar, dengan berat total maksimum 40 kg. Sambil menunggu jadwal keberangkatan, penumpang Business Class juga mendapat akses gratis ke Golden Lounge milik Malaysia Airlines, di mana mereka dapat menikmati berbagai sajian kuliner, koneksi WiFi, hingga fasilitas kamar mandi untuk menyegarkan diri sebelum melanjutkan perjalanan.

Makanan di Pesawat

Malaysia Airlines bekerja sama dengan beberapa koki profesional untuk menyajikan 25 menu yang dapat dipesan oleh penumpang Business Class. Menu tersebut dibagi menjadi empat kategori, yaitu Malaysian Favourites, Chef’s Recommendation, Light Choice, dan Healthy Choice. Terdapat berbagai variasi dari keempat kategori menu ini, yang disajikan tergantung rute penerbangan.

First Class

Penumpang First Class Malaysia Airlines yang berangkat dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA) akan dapat merasakan fasilitas check-in eksklusif dengan layanan personal dan ruang tunggu bandara yang nyaman. Sama seperti penumpang Business Class, penumpang First Class juga dapat menunggu jadwal penerbangan di Golden Lounge Malaysia Airlines. Begitu masuk pesawat, penumpang dapat segera menempati kursi dengan area yang luas dan bisa diubah pengaturannya menjadi tempat tidur datar. Selain itu, tersedia pula fasilitas hiburan lengkap dengan headphone, sehingga penumpang dapat menikmati berbagai film, serial televisi, permainan, musik, hingga konten edukatif.

Makanan di Pesawat

Malaysia Airlines bekerja sama dengan beberapa koki profesional untuk menyajikan menu kuliner terbaik untuk para penumpang penerbangan First Class. Malaysia Airlines menyediakan layanan Chef-on-call yang memungkinkan penumpang untuk memesan menu khusus lebih awal. Layanan ini hanya tersedia pada penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur, London, Sydney, Perth, Melbourne, Adelaide, Auckland, Incheon, Beijing, Shanghai, Narita, dan Kansai.

Layanan Khusus Malaysia Airlines

Enrich Miles

Program frequent flyer Malaysia Airlines tergabung dengan aliansi oneworld®, sehingga penumpang tidak hanya bisa mengumpulkan miles dari Malaysia Airlines, tetapi juga dari maskapai penerbangan lain yang terdaftar sebagai anggota oneworld®. Setidaknya ada tiga jenis tingkatan keanggotaan yang ditawarkan oleh program frequent flyer Malaysia Airlines, yaitu Malaysia Enrich Silver (oneworld® Ruby), Malaysia Enrich Gold (oneworld® Sapphire), dan Malaysia Enrich Platinum (oneworld® Emerald). Ada cukup banyak keuntungan yang ditawarkan oleh program frequent flyer Malaysia Airlines. Beberapa di antaranya adalah prioritas pada saat check-in dan boarding, akses ruang tunggu bandara, kapasitas bagasi ekstra, prioritas penanganan bagasi, hingga percepatan saat melakukan pemeriksaaan keamanan. Penumpang juga dapat menukarkan miles yang sudah terkumpul dengan penerbangan gratis atau voucher untuk promo tertentu. Untuk bergabung dengan program frequent flyer ini, penumpang bisa langsung melakukan mendaftar di situs resmi Malaysia Airlines.

Airport Lounge

Apabila penumpang merupakan anggota oneworld® Emerald atau Sapphire, atau sedang melakukan penerbangan kelas bisnis atau kelas satu dengan maskapai anggota oneworld®, mereka berhak mendapatkan akses gratis ke lebih dari 600 ruang tunggu bandara yang tersebar di seluruh dunia. Artinya, penumpang bisa beristirahat sejenak sambil menikmati fasilitas eksklusif seperti perawatan spa sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Untuk mendapatkan akses ke ruang tunggu bandara, penumpang cukup menunjukkan boarding pass dan bukti keanggotaan oneworld® dengan tingkatan Emerald atau Sapphire.

Armada Malaysia Airlines

Airbus 330-300
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business

Tata kursi:

  • 2-4-2 (Economy)
  • 1-2-1 (Business)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Economy)
  • 60 inci (Business)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/port USB:

Tersedia

Airbus 380-800
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business
  • First

Tata kursi:

  • 3-4-3 (Economy)
  • 2-2-2 (Business)
  • 1-2-1 (First)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Economy)
  • 72 inci (Business)
  • 87 inci (First)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/port USB:

Tersedia

Boeing 737-800
Kelas penerbangan:

  • Economy
  • Business

Tata kursi:

  • 3-3 (Economy)
  • 2-2 (Business)

Jarak antar kursi:

  • 30 inci (Economy)
  • 42 inci (Business)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/port USB:

Tersedia

Kru Pesawat Malaysia Airlines

Seragam Pramugari Malaysia Airlines

Seragam pramugari Malaysia Airlines identik dengan model kebaya dan corak batik. Batik yang digunakan memiliki motif kelarai, yakni pola bambu. Motif tersebut dipadukan dengan gambar tanaman khas Malaysia, seperti cempaka, melati, dan daun kembang sepatu. Malaysia Airlines pertama kali memperkenalkan motif batik tersebut pada 1986, yang merupakan hasil rancangan School of Fashion di Mara Institute of Technology (sekarang menjadi Mara University of Technology). Meskipun kini seragam pramugari Malaysia Airlines hadir dalam berbagai warna dasar yang cerah dan segar seperti merah, hijau, biru, dan ungu, seragam tersebut tetap menggunakan corak batik yang sama.


Kebijakan Bagasi Malaysia Airlines

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Semua rute

Economy Class

Maks. 7 kg (Dimensi: maks.115 cm)

2 buah (maks. 30 kg) (Dimensi: maks. 158 cm)

Business Class

2 buah (maks. 7 kg/buah) (Dimensi: maks. 115 cm)

2 buah (maks. 40 kg) (Dimensi: maks. 158 cm)

First Class

2 buah (maks. 50 kg) (Dimensi: maks.158 cm)

Kebijakan Penumpang Malaysia Airlines

Kebijakan Penumpang Bayi
  • Bayi berusia kurang dari 7 hari tidak diperbolehkan dalam penerbangan.
  • Satu penumpang dewasa hanya diperbolehkan membawa satu penumpang bayi.
  • Malaysia Airlines memberikan kapasitas bagasi tambahan sebesar 10 kg kepada setiap penumpang bayi untuk membawa keperluan bayi.
  • Penumpang bayi diizinkan untuk duduk di kursi sendiri menggunakan keranjang bayi atau kursi mobil khusus untuk anak. Namun, penumpang tidak boleh membawa keranjang bayi pribadi. Penumpang bisa menghubungi Malaysia Airlines pada saat pemesanan tiket untuk mendapatkan fasilitas tersebut.
  • Karena ruang penyimpanan di dalam kabin pesawat cukup terbatas, maka tidak semua kereta dorong bisa dibawa ke atas pesawat.
  • Malaysia Airlines menyediakan beberapa kebutuhan bayi selama penerbangan, seperti susu, botol susu, dan makanan khusus. Di beberapa penerbangan, Malaysia Airlines juga menyediakan fasilitas untuk menghangatkan makanan bayi dan sterilisasi botol bayi.
  • Untuk kondisi tertentu, beberapa penerbangan Malaysia Airlines mengizinkan adanya inkubator dari rumah sakit untuk bayi yang mengalami masalah jantung atau pernapasan. Namun, hanya satu inkubator yang diizinkan untuk setiap penerbangan.
  • Di beberapa bandara, Malaysia Airlines menyediakan ruangan khusus untuk menyusui dan mengganti popok bayi, lengkap dengan kursi tinggi, meja untuk mengganti popok, dan perlengkapan dasar seperti bedak, sabun, dan kain lap.
Kebijakan Penumpang Anak
  • Malaysia Airlines menyediakan layanan untuk penumpang anak berusia antara 5 – 15 tahun yang bepergian sendiri. Layanan tersebut mencakup hal-hal berikut ini.
    • Kru Malaysia Airlines akan menjaga dan mendampingi anak yang bepergian sendiri.
    • Jika harus menunggu lama untuk naik pesawat, kru Malaysia Airlines akan membawa penumpang anak untuk beristirahat di Malaysia Airlines Special Assistance Lounge.
    • Pada saat naik pesawat, penumpang anak akan didampingi menuju pintu keberangkatan hingga diserahkan kepada kru kabin, yang akan memastikan bahwa penumpang bisa duduk di kursinya dengan nyaman.
    • Di bandara tujuan, kru Malaysia Airlines akan mendampingi penumpang anak melalui proses imigrasi, pengambilan bagasi, hingga bertemu dengan penjemputnya di pintu kedatangan.
    • Layanan pendampingan ini harus dipesan pada saat pemesanan tiket.
  • Penerbangan Malaysia Airlines dilengkapi dengan fasilitas hiburan berupa sistem Audio Video on Demand (AVOD) yang menawarkan beragam pilihan film, kartun, dan permainan sehingga anak tidak akan merasa bosan selama penerbangan.
  • Apabila penerbangan yang dilakukan memiliki layanan makanan, Malaysia Airlines menyediakan menu khusus anak yang nutrisinya telah disesuaikan untuk kebutuhan anak berusia 2 – 12 tahun.
  • Malaysia Airlines provides a Child’s Play Room at selected airports that are equipped with toys, coloring books, comics, televisions, DVD players, and kid-sized writing tables and chairs.Malaysia Airlines menyediakan ruang bermain anak di beberapa bandara, lengkap dengan mainan, buku mewarnai, komik, televisi, alat pemutar DVD, serta meja dan kursi untuk anak.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang yang sedang hamil diharuskan untuk menunjukkan surat dari dokter yang menyatakan usia dan kesehatan kehamilannya.
  • Malaysia Airlines tidak mengizinkan penumpang hamil dengan kondisi sebagai berikut:
    • Kehamilan anak kembar berusia di atas 32 minggu.
    • Untuk penerbangan internasional, kehamilan berusia di atas 35 minggu.
    • Untuk penerbangan domestik, kehamilan berusia di atas 36 minggu.
    • Kurang dari tujuh hari setelah persalinan.
  • Penumpang yang bukan berkebangsaan Malaysia dan kehamilannya berusia di atas 6 bulan tidak diperbolehkan untuk melakukan penerbangan ke Malaysia.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Penumpang dengan disabilitas bisa mendapatkan potongan harga untuk penerbangan domestik Malaysia, dengan menunjukkan kartu identifikasi Orang Kurang Upaya (OKU) pada pihak Malaysia Airlines. Hal ini harus dilakukan sebelum tiket diterbitkan.
  • Malaysia Airlines dapat memberikan akomodasi khusus bagi penumpang yang harus diangkut menggunakan tandu, tergantung dari jenis pesawat dan kondisi penumpang. Penggunaan tandu harus selalu didampingi oleh anggota medis kecuali jika sudah mendapat izin dari dokter maskapai.
  • Penumpang yang menderita diabetes diharuskan untuk selalu menyediakan obat, insulin, atau jarum suntik di dalam tas kabinnya. Untuk itu, penumpang akan diminta untuk menunjukkan surat dokter yang menyatakan bahwa ia memang membutuhkan insulin.
  • Penumpang dengan diabetes juga harus menginformasikan kondisinya pada pihak maskapai selambat-lambatnya satu hari sebelum keberangkatan agar maskapai dapat menyediakan menu makanan yang disesuaikan dengan batasan-batasan penderita diabetes.
  • Tidak semua penumpang dengan keterbatasan gerak diharuskan untuk melakukan pemeriksaan medis sebelum melakukan penerbangan. Pemeriksaan medis diwajibkan untuk penumpang dengan kondisi-kondisi sebagai berikut:
    • Penumpang dengan penyakit menular;
    • Penumpang dengan kondisi atau perilaku fisik yang tidak biasa, karena efek dari penyakit atau disabilitas yang dideritanya, sehingga berisiko membuat penumpang lain merasa tidak nyaman;
    • Penumpang yang dianggap bisa menimbulkan risiko keselamatan atau berpengaruh pada ketepatan waktu penerbangan;
    • Penumpang yang membutuhkan layanan atau peralatan medis khusus selama penerbangan;
    • Penumpang yang kondisi medisnya bisa bertambah parah karena melakukan penerbangan.
  • Pemeriksaan kesehatan harus dilakukan sebelum keberangkatan dan surat medis harus diberikan kepada Malaysia Airlines melalui kantor penjualan tiket atau agen perjalanan, setidaknya lima hari kerja sebelum keberangkatan.

Kebijakan Check-in Malaysia Airlines

Waktu Check-in Malaysia Airlines

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Malaysia Airlines dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Malaysia Airlines. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

1 jam sebelum keberangkatan

45 menit sebelum keberangkatan

Internasional

2 jam sebelum keberangkatan

60 menit sebelum keberangkatan

Check-in Malaysia Airlines Online

Check-in online untuk penerbangan Malaysia Airlines dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Malaysia Airlines
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Malaysia Airlines

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Malaysia Airlines untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Malaysia Airlines

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Malaysia Airlines untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Malaysia Airlines.


 

Tentang Malaysia Airlines

Malaysia Airlines (Kode IATA : MH) atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Malaysia Airline System Berhad, merupakan maskapai penerbangan asal Malaysia dengan pusat operasi utama di Kuala Lumpur International Airport. Sementara itu, pusat operasi keduanya berada di Kota Kinabalu dan Kuching untuk penerbangan dengan destinasi di kawasan Asia, Oceania, dan Eropa. Setiap harinya, Malaysia Airlines mengangkut sebanyak kurang lebih 40.000 penumpang. Sebagai salah satu anggota dari aliansi maskapai oneworld®, Malaysia Airlines dan berbagai partner maskapainya menawarkan pengalaman perjalanan udara ke lebih dari 1.000 destinasi di 150 negara. Sejak awal 2016 lalu, Malaysia Airlines juga bekerja sama dengan Emirates untuk melayani penerbangan ke kawasan Asia, Afrika, Amerika, dan Timur Tengah. Salah satu pencapaian terbesar yang pernah diraih oleh Malaysia Airlines adalah penghargaan The World’s 5-Star Airline dari Skytrax pada 2009, 2012, dan 2013. Malaysia Airlines juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai Asia’s Leading Airline pada 2010, 2011, dan 2013 dari World Travel Awards. Demi kenyamanan para penumpangnya, Malaysia Airlines menyediakan tiga jenis kelas penerbangan, yaitu Economy Class, Business Class, dan First Class. Setiap penumpang di ketiga kelas tersebut mendapatkan fasilitas bagasi, hiburan dalam penerbangan, serta layanan makanan. Namun, fasilitas-fasilitas tersebut hadir dalam tingkatan yang berbeda. Luas area kursi di Business Class dan First Class tentu lebih luas apabila dibandingkan dengan kursi di Economy Class. Penumpang di Business Class dan First Class juga bisa mengubah pengaturan kursi menjadi tempat tidur datar. Meski begitu, Malaysia Airlines memberikan layanan khusus bernama Favourite Spot untuk penumpang Economy Class, di mana mereka bisa memilih lokasi kursi favoritnya sebelum penerbangan. Pemilihan Favourite Spot hanya berlaku untuk pemesanan tiket yang dilakukan secara online. Selain itu, penumpang juga bisa memilih kursi secara gratis apabila melakukan web check-in setidaknya dua jam sebelum keberangkatan. Selain model kursi, fasilitas lain yang hanya tersedia di penerbangan Business Class dan First Class adalah akses gratis menuju Golden Lounge, ruang tunggu bandara milik Malaysia Airlines yang terletak di Bandara Internasional Kuala Lumpur dan Bandara Internasional London Heathrow. Setidaknya ada empat jenis Golden Lounge di Bandara Internasional Kuala Lumpur, yaitu KLIA Satellite Platinum, KLIA Satellite Business, KLIA Regional, dan KLIA Domestic. Namun, Golden Lounge bukan satu-satunya ruang tunggu bandara yang bisa diakses secara gratis oleh penumpang Business Class dan First Class. Sebagai anggota dari aliansi global oneworld®, Malaysia Airlines memungkinkan penumpang Business Class dan First Class untuk mendapatkan akses ke lebih dari 650 ruang tunggu bandara yang tersebar di seluruh dunia. Terkait dengan fasilitas bagasi, masing-masing penumpang Malaysia Airlines diperbolehkan untuk membawa dua bagasi terdaftar, masing-masing berukuran maksimum 158 cm. Namun, kapasitas berat totalnya berbeda untuk setiap kelas penerbangan. Penumpang Economy Class diperbolehkan membawa bagasi dengan berat total maksimum 30 kg. Sementara itu, penumpang Business Class mendapatkan kapasitas bagasi sebesar 40 kg dan penumpang First Class mendapatkan kapasitas bagasi sebesar 50 kg. Penumpang yang membawa bayi diperbolehkan membawa tambahan satu tas bagasi kabin dengan ukuran maksimum 115 cm untuk menyimpan perlengkapan bayi dan satu kereta dorong. Kedua barang ini beratnya tidak boleh melebihi 10 kg dan berlaku untuk seluruh kelas penerbangan Malaysia Airlines. Penumpang bisa mendaftarkan bagasinya saat check-in di bandara. Di bandara yang berlokasi di Malaysia, konter check-in ditutup 45 menit sebelum waktu keberangkatan penerbangan domestik dan 60 menit sebelum waktu keberangkatan penerbangan internasional, sementara di bandara internasional, baik untuk penerbangan domestik dan internasional, konter check-in Malaysia Airlines ditutup 60 menit sebelum waktu keberangkatan. Gerbang keberangkatan akan ditutup 20 menit sebelum penerbangan, baik di bandara domestik maupun internasional. Meski begitu, penumpang tetap diminta untuk tiba di bandara setidaknya dua jam sebelum waktu keberangkatan agar bisa mengurus bagasi, menjalani pemeriksaan keamanan, dan melakukan boarding tanpa tergesa-gesa.

Sejarah Malaysia Airlines

Sebelum dikenal sebagai Malaysia Airlines seperti sekarang, maskapai penerbangan ini dulunya bernama Malayan Airways Limited. Penerbangan komersial pertamanya dilakukan pada 1947, dengan pusat operasi di Singapura. Pada 1966, Malayan Airways Limited mengubah namanya menjadi Malaysia Singapore Airlines (MSA), sebelum akhirnya dipisah menjadi Singapore Airlines dan Malaysian Airline System (MAS) pada 1972. Saat itu, mayoritas penerbangan internasional dioperasikan dari Singapura sehingga rute-rute internasional akhirnya secara otomatis diambil alih oleh Singapore Airlines. Sementara itu, MAS mengambil alih seluruh rute domestik di kawasan Malaysia dan rute internasional yang berangkat dari sana. Periode 1997 – 2005 dapat dikatakan sebagai salah satu periode paling menentukan dalam perjalanan Malaysia Airlines. Krisis finansial di Asia pada 1997 menyebabkan Malaysia Airlines mengalami kerugian hingga RM260 juta setelah berhasil memecahkan rekor keuntungan sebanyak RM333 juta pada periode 1996/1997. Hal ini terus berlangsung pada periode 2000/2001 dengan kerugian sebesar RM417 juta dan periode 2001/2002 sebesar RM836 juta. Malaysia Airlines akhirnya memutuskan untuk menutup layanan penerbangan ke beberapa rute yang dianggap kurang menguntungkan, seperti Brussels, Darwin, Madrid, Munich, dan Vancouver. Langkah ini mulai menunjukkan hasil positif pada periode berikutnya, dengan meraup keuntungan sebanyak RM461 juta. Memasuki 2006, MAS pun mulai melakukan beberapa perubahan. Di bawah kepemimpinan Idris Jala, MAS meluncurkan Business Turnaround Plan. Ditambah dengan beberapa langkah inisiatif dari manajemen Idris Jala, MAS berhasil meraup keuntungan sebesar RM853 juta pada 2007 saat Business Turnaround Plan selesai diterapkan. Hal ini tidak terlepas dari keputusan MAS untuk memotong rutenya dari 114 rute menjadi 23 rute, dengan menutup beberapa rute internasional yang dianggap kurang membawa keuntungan, dan mengubah jadwal penerbangan. Ada enam area yang menjadi fokus strategi tersebut, yaitu penentuan harga, pengelolaan keuntungan, penjadwalan jaringan, opening storefronts, strategi low season, dan pengelolaan distribusi. Pada 2009, posisi CEO digantikan oleh Azmil Zahruddin karena Idris Jala bergabung dengan kabinet pemerintahan Malaysia. Pada Mei 2015, muncul pengumuman bahwa MAS akan melakukan rebranding dan berubah nama menjadi Malaysia Airlines Berhad mulai 1 September 2015. Sejak inilah Malaysia Airlines sepenuhnya dioperasikan oleh Malaysia Airlines Berhad. Di bawah kepemimpinan CEO barunya, Christoph Mueller, Malaysia Airlines memutuskan untuk melakukan penyesuaian terhadap rute penerbangan dengan fokus kawasan Asia. Mueller ternyata tidak lama menduduki posisi CEO karena pada April 2016, ia memutuskan untuk turun dari jabatan tersebut. Namun, ia tetap mengambil peran sebagai salah satu direktur non-eksekutif di Malaysia Airlines untuk membantu masa transisi CEO baru, yang akhirnya ditempati oleh Peter Bellew. Setiap harinya, Malaysia Airlines mengangkut sekitar 40.000 penumpang ke 57 destinasi yang tersebar di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan dan Utara, Timur Tengah, Australia, dan Eropa. Layanan penerbangan yang diberikan merupakan perwujudan dari kekayaan tradisi dan budaya khas Malaysia. Berkat dedikasinya terhadap penumpang dan dunia penerbangan, Malaysia Airlines berhasil mendapat penghargaan The World’s 5-Star Airline dari Skytrax pada 2009, 2012, dan 2013, serta penghargaan sebagai Asia’s Leading Airline untuk 2010, 2011, dan 2013 dari World Travel Awards. Hal ini membuktikan bahwa Malaysia Airlines telah menjadi salah satu maskapai penerbangan paling terkemuka di kawasan Asia Tenggara.

Kontak Malaysia Airlines

+6285574670390

Alamat Malaysia Airlines

Malaysia Airlines
Setiabudi Atrium Building 2nd Floor Suite 207A JL HR Rasuna Said Kav.62, Kuningan, Jakarta 12920

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top