peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
 
TransNusa Aviation: Pengantar

TransNusa Aviation, atau yang biasa dikenal dengan nama TransNusa, merupakan maskapai asal Indonesia yang melayani rute domestik, khususnya untuk penerbangan di wilayah Indonesia Timur, yaitu Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan. Saat ini, TransNusa melayani penerbangan ke 20 destinasi di Indonesia, serta dua penerbangan internasional ke Dili di Timor Leste dan Darwin di Australia. TransNusa menawarkan penerbangan hanya dalam satu kelas, yaitu Kelas Ekonomi.


Pemesanan & E-tiket TransNusa Aviation

Cari dan pesan tiket pesawat TransNusa Aviation Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket TransNusa Aviation secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket TransNusa Aviation Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket TransNusa Aviation Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket TransNusa Aviation

E-tiket TransNusa Aviation dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan TransNusa Aviation Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket TransNusa Aviation di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarScootMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Kelas Penerbangan TransNusa Aviation

Kelas Ekonomi

Sebagian besar penerbangan yang dilakukan oleh TransNusa merupakan penerbangan jarak pendek ke wilayah Indonesia Timur. Karena itu, TransNusa hanya menawarkan penerbangan dalam Kelas Ekonomi, yang kemudian dibagi ke dalam 10 subkelas. Keputusan ini juga didukung oleh pemahaman TransNusa akan kebutuhan penumpangnya, yang lebih mengutamakan faktor fungsional ketika bepergian. Hal ini juga memungkinkan TransNusa untuk menawarkan penerbangan dengan harga rendah dan terjangkau untuk semua orang. Meskipun demikian, TransNusa tetap menjaga komitmennya untuk menyediakan penerbangan yang nyaman bagi penumpangnya, dengan menjadikan keamanan dan keselamatan sebagai prioritas.

Makanan di Pesawat

Penumpang akan mendapatkan layanan makanan di pesawat berupa sajian air mineral dan roti. Layanan ini tersedia di semua rute penerbangan, agar penumpang dapat berasa semakin nyaman selama berada dalam penerbangan.

Layanan Khusus TransNusa Aviation

VIP

Sebagai bentuk penghargaan terhadap penumpang setianya, TransNusa menawarkan program frequent flyer bernama VIP. Dengan menjadi anggota VIP, penumpang bisa menikmati beragam fasilitas ekslusif yang tidak dapat dinikmati penumpang biasa lainnya. Fasilitas ini mencakup kapasitas bagasi tambahan sebesar 10 kg, serta akses ke dalam ruang tunggu TransNusa di El Tari International Airport di Kupang. Selain itu, anggota VIP juga akan mendapatkan prioritas dalam pemesanan tiket, yang akan sangat bermanfaat pada masa-masa liburan. Penumpang yang telah melakukan penerbangan bersama TransNusa sebanyak 10 kali akan secara otomatis terdaftar sebagai anggota VIP.

Ruang Tunggu Bandara

Meskipun hanya melayani rute penerbangan jarak dekat, tidak berarti TransNusa tidak bisa memanjakan penumpangnya. TransNusa menyediakan fasilitas ruang tunggu di bandara penghubung utamanya, yaitu El Tari International Airport di Kupang. Ruang tunggu ini dirancang khusus untuk memberikan rasa nyaman yang maksimal bagi penumpang TransNusa, sehingga mereka dapat bersantai sambil menunggu waktu keberangkatan. Dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti televisi, sofa yang nyaman, serta beragam pilihan makanan, ruang tunggu ini dapat menampung hingga 100 orang dan tersedia ekslusif bagi anggota VIP.

Armada TransNusa Aviation

ATR 72-600
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 2-2 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 28 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tidak Tersedia

Kru Pesawat TransNusa Aviation

Seragam Pramugari TransNusa Aviation

Seragam pramugari TransNusa didominasi oleh warna merah cerah. Pramugari TransNusa mengenakan terusan selutut berwarna merah, dengan motif berwarna kuning di bagian kerah dan lengannya. Perpaduan warna merah dan kuning ini menciptakan kesan yang segar dan enak dipandang mata. Namun, hal yang terpenting adalah seragam ini memungkinkan pramugari TransNusa untuk melayani penumpangnya dengan lebih sigap dan cekatan. Untuk melengkapi penampilan, setiap pramugari juga mengenakan pin nama yang disematkan di bagian dada sehingga penumpang dapat dengan mudah mengenali mereka.


Kebijakan Bagasi TransNusa Aviation

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Semua rute

Kelas Ekonomi

Maks. 5 kg

Maks. 20 kg

Kebijakan Penumpang TransNusa Aviation

Kebijakan Penumpang Bayi (0–2 Tahun)
  • Penumpang bayi tidak akan dikenakan tarif penuh.
  • Satu penumpang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.
  • Penumpang dewasa yang membawa bayi harus menandatangani surat pernyataan sebelum keberangkatan, yang membebaskan pihak maskapai dari tanggung jawab apabila terjadi sesuatu dan lain hal pada penumpang bayi selama dalam penerbangan.
  • TransNusa tidak menyediakan makanan khusus bayi, sehingga penumpang disarankan untuk membawa makanan bayi sendiri.
  • Penumpang bayi tidak mendapatkan kapasitas bagasi gratis.
  • Tiket untuk bayi tidak dapat di-refund.
Kebijakan Penumpang Anak
  • Anak berusia di bawah 6 tahun tidak diperbolehkan bepergian sendiri dan harus didampingi oleh penumpang dewasa berusia setidaknya 18 tahun.
  • TransNusa menyediakan layanan khusus untuk anak yang bepergian sendiri (Unaccompanied Minor). Layanan ini mencakup pendampingan saat sebelum keberangkatan dan ketika dalam penerbangan.
  • Orangtua atau wali dari Unaccompanied Minor harus menandatangani surat persetujuan.
  • Unaccompanied Minor akan diberikan tanda pengenal khusus.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang dengan usia kehamilan kurang dari 28 minggu diperbolehkan dalam penerbangan.
  • Penumpang dengan usia kehamilan lebih dari 28 minggu tidak disarankan untuk melakukan penerbangan.
  • Penumpang hamil harus menyertakan sertifikat medis dari dokter.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Penumpang dengan disabilitas mencakup penumpang dengan keterbatasan fisik, mental, atau sensoris, yang menyebabkan kesulitan berinteraksi dengan sekitar.
  • Penumpang dengan disabilitas akan mendapatkan prioritas saat check-in.
  • Penumpang dengan disabilitas harus menghubungi TransNusa atau menginformasikan kondisinya pada saat pemesanan.
  • Penumpang yang menggunakan tabung oksigen dan/atau tandu harus disertai pendamping dan membawa sertifikat medis dari dokter.

Kebijakan Check-in TransNusa Aviation

Waktu Check-in TransNusa Aviation

Informasi waktu check-in untuk penerbangan TransNusa Aviation dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner TransNusa. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Semua rute

1 jam 30 menit sebelum keberangkatan

45 menit sebelum keberangkatan

Kebijakan Refund TransNusa Aviation

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund TransNusa Aviation untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule TransNusa Aviation

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule TransNusa Aviation untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi TransNusa Aviation.


 

Tentang TransNusa Aviation

TransNusa Aviation (kode IATA: 8B) merupakan maskapai yang beroperasi di bawah perusahaan PT TransNusa Air Services. Meskipun beroperasi dengan nama TransNusa Aviation Mandiri, maskapai ini lebih dikenal dengan nama TransNusa. Didirikan sejak 12 tahun lalu, maskapai ini melakukan penerbangan perdananya pada tahun yang sama, tepatnya pada Agustus 2005. Dengan kantor pusat di Jalan Palapa 7, Oebobo, Kupang, Nusa Tenggara Timur, TransNusa mengoperasikan penerbangannya dari dua bandara penghubung utama, yaitu El Tari International Airport di Kupang dan Ngurah Rai International Airport di Bali. TransNusa umumnya melayani penerbangan domestik, dengan fokus utama di bagian timur Indonesia, yaitu di wilayah Nusa Tenggara dan selatan Sulawesi. Hal ini disampaikan melalui slogan yang diusung TransNusa, yaitu “Beyond Airline in Nusa Tenggara”. Untuk menciptakan pengalaman terbang yang lebih nyaman dan memperluas cakupannya di Indonesia, TransNusa melakukan kerjasama operasional dengan beberapa maskapai seperti Aviastar Mandiri, Indonesia Air Transport, Nusantara Air Charter, Sriwijaya Air, dan Trigana Air Service. TransNusa juga menjalin kerjasama strategis dengan Aviastar, Indonesia Air Transport, Sriwijaya Air, dan Riau Airlines untuk menghubungkan Bali dan wilayah Nusa Tenggara. Selain melayani penerbangan komersil, TransNusa juga menawarkan jasa penerbangan sewaan dan penerbangan khusus untuk evakuasi medis. Jasa penerbangan sewaan biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia Timur untuk mengangkut produksi minyak dan tambang. Sebagian besar penerbangan yang dilakukan oleh TransNusa merupakan penerbangan jarak pendek ke wilayah Indonesia Timur. Karena itu, armada TransNusa terdiri dari tujuh pesawat berukuran kecil, seperti British Aerospace 146-100, Fokker 50, Fokker 70, dan ATR 72-600. Hal ini jugalah yang menyebabkan TransNusa hanya menawarkan penerbangan dalam Kelas Ekonomi, yang kemudian dibagi menjadi 10 subkelas. Meskipun demikian, maskapai ini senantiasa berusaha memberikan layanan terbaik bagi para penumpangnya, dengan menjadikan keselamatan dan kenyamanan sebagai prioritas. Semua penumpang TransNusa dapat membawa bagasi kabin dengan berat maksimum 5 kg. Tidak hanya itu, penumpang juga mendapatkan kapasitas bagasi terdaftar sebesar 15 kg. Khusus untuk penerbangan menuju Makassar, penumpang mendapatkan kapasitas bagasi terdaftar sebesar 20 kg. Sementara itu, pada penerbangan menuju Larantuka, Rote, Lewoleba, Sabu, Atambua, dan Ruteng, kapasitas maksimum bagasi terdaftar adalah 10 kg per penumpang. Bagasi harus didaftarkan di konter check-in bandara, yang tersedia mulai dari dua jam hingga 45 menit sebelum keberangkatan. Sebagai alternatif, penumpang juga dapat melakukan check-in secara online melalui situs TransNusa, hingga empat jam sebelum keberangkatan. Selain itu, penumpang harus tiba di gerbang keberangkatan selambat-lambatnya 30 menit sebelum keberangkatan. Sementara itu, selama dalam penerbangan, penumpang dapat menikmati hiburan berupa majalah terbitan maskapai. Majalah ini memuat beragam informasi, mulai dari jadwal penerbangan, berita seputar perusahaan dan aktivitas sosial perusahaan, serta berita wisata lainnya. Penumpang juga akan mendapatkan layanan makanan berupa air mineral dan roti. Layanan ini tersedia di semua rute penerbangan, agar penumpang dapat merasa semakin nyaman selama berada dalam penerbangan. Sebagai bentuk penghargaan terhadap penumpang setianya, TransNusa juga menawarkan program frequent flyer bernama VIP. Penumpang yang telah melakukan penerbangan bersama TransNusa sebanyak 10 kali akan secara otomatis terdaftar sebagai anggota VIP. Sebagai anggota VIP, penumpang bisa menikmati beragam fasilitas ekslusif yang tidak dapat dinikmati penumpang lainnya. Fasilitas ini mencakup kapasitas bagasi tambahan sebesar 10 kg, serta akses ke dalam ruang tunggu TransNusa di El Tari International Airport di Kupang. Ruang tunggu ini dirancang khusus untuk memberikan rasa nyaman yang maksimal bagi penumpang TransNusa, dengan tersedianya beragam fasilitas seperti televisi, sofa yang nyaman, serta beragam pilihan makanan. Selain itu, anggota VIP juga akan mendapatkan prioritas dalam pemesanan tiket, yang akan sangat bermanfaat pada masa-masa liburan.

Sejarah TransNusa Aviation

Ketika pertama kali beroperasi pada Agustus 2005, TransNusa bekerjasama dengan Trigana Air Service untuk melayani penerbangan ke tiga wilayah di Indonesia Timur menggunakan pesawat ATR 42-300. Ketiga wilayah ini adalah Waingapu, Tambolaka, dan Lewoleba. Di tahun yang sama, maskapai ini juga membuka rute penerbangan baru ke Alor, Ende, Maumere, dan Ruteng. Dalam perjalanannya, TransNusa juga bekerjasama dengan beberapa maskapai lainnya, seperti Riau Airlines, Mandala Airlines, dan Pelita Air. Kerjasama dengan Riau Airlines mencakup pengalokasian pesawat Fokker 50 untuk mengoperasikan penerbangan ke wilayah Nusa Tenggara. TransNusa juga meminjam pesawat Boeing dari Trigana Air untuk meluncurkan rute penerbangan baru dari Kupang ke Surabaya melalui Denpasar, serta dari Kupang ke Makassar. Pesawat Boeing ini kemudian digantikan oleh pesawat Fokker F28-4000. Selain menawarkan layanan penerbangan komersil, TransNusa juga menawarkan layanan penerbangan sewaan dan paket liburan. Maskapai ini juga memiliki pengalaman kerjasama dengan berbagai perusahaan wisata di Indonesia, terutama yang berada di wilayah Indonesia bagian timur. TransNusa pernah membantu Wakatobi Dive Resort dalam menyediakan layanan penerbangan dengan mengoperasikan dua pesawat ATR42 untuk membawa turis asing dari Denpasar ke Wakatobi. TransNusa juga pernah bekerjasama dengan Nihiwatu Resort di Sumba untuk membawa tamu hotel dari Denpasar ke Tambolaka. 2007 juga menjadi tahun yang penting bagi TransNusa. Pada masa ini, TransNusa bekerjasama dengan Mandala Airlines dengan menjadi penyedia tiket Mandala Airlines, serta menjadi maskapai pengumpan untuk salah satu armada Mandala Airlines, yaitu pesawat Airbus A320. Kerjasama ini telah berhasil menghubungkan Nusa Tenggara Timur dengan rute Mandala Airlines melalui Jakarta dan Surabaya. Pada tahun yang sama, TransNusa juga bekerjasama dengan pemerintah Nusa Tenggara Barat dan memperkenalkan rute penerbangan baru dari Mataram ke Sumbawa dan Mataram ke Bima. TransNusa dan pemerintah lokal Ngada pun bekerjasama dalam menyediakan rute penerbangan baru dari Kupang ke Bajawa dan sebaliknya. Tidak hanya itu, ruang tunggu TransNusa di El Tari International Airport di Kupang juga dibangun pada 2007. Bersama Abacus, TransNusa juga memperkenalkan sistem pemesanan tiket online pertama di Nusa Tenggara Timur. Inovasi ini memungkinkan penumpang TransNusa untuk memesan tiket pesawat dengan lebih mudah. TransNusa juga memperkenalkan majalah terbitannya pada 2007. Diterbitkan satu kali setiap tiga bulan, majalah ini memuat beragam informasi, mulai dari jadwal penerbangan, berita seputar perusahaan dan aktivitas sosial perusahaan, serta berita wisata lainnya. TransNusa sangat bersemangat untuk berkontribusi dalam pariwisata di wilayah Nusa Tenggara. Hal ini ditunjukkan dengan diluncurkannya NTT Corner, sebuah pusat informasi di mana masyarakat dapat mempelajari berbagai potensi wisata di Nusa Tenggara Timur. Selain itu, TransNusa juga menawarkan sebuah program khusus bernama NTT Fun Trip, sebagai hadiah untuk siswa-siswa berprestasi di Kupang. Pada 2011, enam tahun setelah maskapai ini didirikan, TransNusa berhasil mendapatkan Air Operator Certificate. Sertifikat ini diterbitkan oleh sebuah institusi atau lembaga penerbangan nasional, yang menyatakan bahwa sebuah maskapai dapat menggunakan armadanya untuk melakukan penerbangan komersil. Pada tahun yang sama, TransNusa juga menambah tiga pesawat Fokker 50 untuk semakin meningkatkan kualitas layanannya. Sepanjang 2013 dan 2014, TransNusa mengoperasikan beberapa penerbangan sewaan untuk perusahaan-perusahaan seperti Pearl Mubadala untuk kegiatan pertambangan di tepi pantai Natuna, Lundin BV, Chevron Indonesia, Premier Oil Tuna, serta Star Energy. Pada 2014, TransNusa menambahkan pesawat ATR 600 ke dalam armadanya, serta membeli pesawat Fokker 70 pertamanya. Kini, armada TransNusa terdiri dari tujuh pesawat, yang terdiri dari Fokker 50, Fokker 70, ATR 42-600, dan BAe 146-100.

Kontak TransNusa Aviation

(021) 6327546

Alamat TransNusa Aviation

TransNusa Aviation
Palapa 7, Oebobo – Kupang

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top
Perlu Bantuan?