0

Xperience Team

30 Jun 2022 - 3 min read

Vitamin Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi Sesuai Trimester Kehamilan

Ada beberapa vitamin ibu hamil yang wajib dipenuhi sesuai trimester kehamilan. Hal ini guna mendukung kesehatan sang ibu maupun membantu pertumbuhan janin saat masih berada di dalam kandungan. Sebenarnya, kebutuhan gizi harian ibu hamil tak jauh berbeda. Ibu jail tetap harus memenuhi kebutuhan karbohdirat, protein, lemak, dan serat. Namuna da beberapa zat gizi tambahan yang memang dibutuhkan. Berikut vitamin untuk ibu hamil serta nutrisi yang wajib dikonsumsi sesuai trimester kehamilan.

Vitamin Ibu Hamil & Zat yang Dibutuhkan di Trimester 1

Trimester pertama yang merupakan masa kehamilan dalam periode minggu ke-1 hingga ke-13 merupakan masa pembentukan organ janin. Maka ibu hamil wajib memenuhi nutrisi dan vitamin berikut:

1. Vitamin B9/Asam Folat

Vitamin ibu hamil untuk trimester pertama yang wajib dikonsumsi adalah asam folat. Jika kekurangan asupan asam folat, ada kemungkinan bayi mengalami cacat lahir karena vitamin B9 ini memiliki manfaat untuk mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi serta mencegah keguguran hingga menurunkan risiko preeklamsia.

Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi hingga 40%. Anda bisa mendapatkan asam folat dari hati ayam, kuning telur, jeruk, pepaya, alpukat, bayam, dan brokoli. Sementaraasam folat yang disarankan adalah 400 -800 mikrogram per hari.

2. Vitamin B6

Jika ibu hamil merasa mual, vitamin B6 penting untuk dikonsumsi karena bisa mengurangi rasa mual atau morning sickness pada trimester pertama. Adapun sumber makanan yang mengandung vitamin B6 di antaranya ikan salmon dan pisang. Jika ingin mengonsumsi vitamin berbentuk suplemen, konsumsilah vitamin B6 maksimal 100 miligram per hari.

3. Zat Besi

Tak menutup kemungkinan, ibu hamil akan sering merasakan anemia selama trimester pertama. Faktanya, anemia bisa memicu berbagai masalah bagi janin, salah satunya kelahiran prematur. Pasalnya, anemia membuat sel darah merah atau hemoglobin menurun sehingga bisa menyebabkan peningkatan volume plasma dan mengakibatkan kontraksi pada rahim.

Maka dari itu, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi yang juga bermanfaat untuk menurunkan risiko bayi berat lahir rendah. Anda bisa mendapatkan kandungan zat besi dari daging merah tanpa lemak, bayam, brokoli, dan kacang-kacangan.

Vitamin Ibu Hamil & Zat yang Dibutuhkan di Trimester 2

Selama trimester kedua atau dalam periode minggu ke-14 sampai minggu ke-17, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat, zat besi, serta vitamin dan nutrisi berikut:

1. Vitamin D & Kalsium

Saat trimester 2, vitamin ibu hamil yang harus dipenuhi adalah 4.000 IUD vitamin D dan 1.000 miligram kalsium. Kalsium memiliki manfaat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin. Sementara vitamin D bermanfaat untuk membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tubuh.

Adapun makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D yaitu susu, keju, yogurt, telur, sayuran hijau, dan kentang. Namun perlu diingat, pastikan ibu hamil memilih susu pasterurisasi agar terhindar dari bakteri berbahaya.

2. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat untuk mendukung perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan janin, terutama saat masa trimester 2. Anda bisa mengonsumsi ikan salmon, tuna, telur, dan minyak kanola untuk mendapatkan kandungan asam lemak omega-3 alami.

Vitamin Ibu Hamil & Zat yang Dibutuhkan di Trimester 3

Pada trimester ketiga yaitu minggu ke-28 kehamilan sampai minggu ke-41, ibu hamil diharuskan mengonsumsi asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang cukup agar memiliki energi saat proses persalinan. Ada vitamin untuk hamil di trimester 3 serta nutrisi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah kalsium, zat besi, dan zinc. Berikut vitamin ibu hamil trimester 3 lainnya yang bisa dikonsumsi:

1. Vitamin K

Vitamin K memiliki manfaat membantu mempercepat proses pembekuan darah setelah melahirkan. Anda bisa mengonsumsi kacang hijau, melon, dan roti gandum untuk mendapatkan kandungan vitamin K alami.

Itulah vitamin ibu hamil yang wajib dikonsumsi pada tiap trimester kehamilan. Jika hendak mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter karena setiap kondisi ibu hamil berbeda. Sehingga perlu diperiksa lebih lanjut apakah vitamin tersebut dibutuhkan serta berapa dosis tepatnya.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan gizi dari menu dan porsi makan harian. Ibu hamil juga diwajibkan rutin berolahraga dengan menyesuaikan kondisi kehamilan, istirahat cukup, dan mengelola stress dengan baik serta melakukan pemeriksaan secara berkala agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Jaga kesehatan dengan memastikan nutrisi dan vitamin ibu hamil telah terpenuhi ya, semoga sehat selalu!

Referensi:

NHS. 2020. Vitamins, supplements and nutrition in pregnancy. https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition/

Healthline. 2020. Supplements During Pregnancy: What’s Safeand What’s Not. https://www.healthline.com/nutrition/supplements-during-pregnancy

Tags:
obat-vitamin
obat-dan-vitamin
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan