peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Citeureup

Bogor, Indonesia · 1 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Citeureup

LOBBY Hotel Grand Orri

Hotel Grand Orri

Jalan Mayor Oking No. 1 Citeureup Bogor , Citeureup, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

7.9 / 10

Baik

hotel lainnya

Tentang

Citeureup adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Terkenal sebagai kecamatan industri di Bogor, Citeureup memiliki banyak pabrik, baik itu skala kecil atau pun besar. Umumnya, pabrik-pabrik tersebut berdiri sejak puluhan tahun yang lalu dan akan ada terus sampai izin usahanya selesai.

Secara administrasi, Kecamatan Citeureup sendiri membawahi sekitar 14 desa, meliputi Desa Citeureup, Gunung Sari, Hambalang, Karangasem Barat, Karangasem Timur, Leuwinutug, Pasir Mukti, Puspanegara, Puspa Sari, Sanja, Sukahati, Tanjul, Tarikolot, dan Tangkil. Karena beberapa lokasi di Citeureup memiliki udara sejuk, maka banyak ditemui beberapa vila yang bisa disewakan di daerah ini.

Di samping vila, Anda juga bisa menemui hotel dengan berbagai kelas yang berbeda. Mulai dari hotel melati, menengah, hingga hotel berbintang bisa Anda temui di daerah Citeureup dan sekitarnya. 

Sejarah Citeureup

Nama Citeureup sendiri diambil dari bahasa Sunda, meliputi kata “ci” dan “teureup”. Dalam bahasa Sunda, “ci” sendiri merupakan turunan dari kata “cai” yang berarti air atau sungai, sedangkan “teureup” diartikan sebagai nama pohon.

Pada zaman dahulu, Citeureup memiliki banyak pohon teureup yang tumbuh di jalur sungai, sehingga daerah ini dinamakan Citeureup.

Budaya Citeureup 

Citeureup sendiri adalah daerah yang multi etnis. Walau demikian, sebagai salah satu daerah yang terletak di daerah Sunda, mayoritas warga Citeureup adalah orang Sunda yang menjunjung tinggi kesopanan dan perilaku bermasyarakat.

Mengenai bentuk budaya, Citeureup sendiri beberapa kesenian khas, seperti:

  • Angklung
  • Calung
  • Barongsay
  • Degung
  • Tanjidor.

 

Bahasa Daerah di Citeureup

Bahasa yang digunakan di Citeureup adalah bahasa daerah yang meliputi bahasa Sunda, Jawa, Betawi, dan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Wilayah Utama Citeureup

Berdasarkan letaknya, Citeureup adalah kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Gunung Putri di sebelah utara, Kecamatan Babakan Madang di sebelah barat, Kecamatan Cibinong di sebelah selatan, dan Kecamatan Suka Makmur di sebelah timur.

Iklim di Citeureup

Beberapa daerah Citeureup memiliki udara yang sejuk dengan rata-rata suhu 30 derajat celsius, sedangkan sisanya adalah daerah yang cukup panas dengan suhu rata-rata 35 hingga 38 derajat celsius.

Cara ke Citeureup

Transportasi Udara

Jika menggunakan transportasi udara, Anda bisa gunakan beberapa bandara terdekat, seperti Bandara Halim Perdanakusuma atau Bandara Soekarno-Hatta. Setelah itu, Anda bisa gunakan angkutan umum, taksi, kendaraan sewaan, atau bus Damri sebagai kendaraan lanjutan untuk sampai di Citeureup. Tarif kendaraan lanjutan dimulai dari Rp4.000 hingga Rp 50.000, tergantung dari jenis dan jarak yang ditempuh.

Transportasi Darat

Untuk transportasi darat, Anda bisa gunakan beberapa angkutan umum dan premium, sebagai berikut:

Taksi

Taksi adalah angkutan premium yang kerap digunakan kalangan menengah ke atas. Walau tergolong mahal, beberapa pengguna tak pernah mempermasalahkan tarif yang digunakan. Tarif taksi sekitar Rp7.000 untuk sekali buka pintu dan Rp4.000 untuk tiap kilometer yang ditempuh.

Angkutan Kota

Tak hanya taksi, Citeureup juga dilalui oleh banyak angkutan kota (angkot) dengan beragam trayek. Oleh sebab itu, di samping taksi, Anda juga bisa menggunakan angkot sebagai transportasi darat untuk sampai ke Citeureup. Dibanding taksi, angkot sendiri dinilai lebih murah karena tarif yang digunakan hanya sekitar Rp4.000 untuk satu kali perjalanan.

APTB

Di samping memiliki taksi dan angkutan kota, Citeureup juga bisa ditempuh menggunakan APTB. Namun, karena halte yang digunakan tak terletak di Citeureup, maka untuk melanjutkan perjalanan ke sana, Anda membutuhkan angkot atau ojek sebagai angkutan lanjutan. APTB adalah angkutan umum dengan rute Jakarta – Bogor. Bertarifkan Rp3.000 sampai Rp 4.000 per penumpang, kendaraan ini bisa menjadi kendaraan alternatif untuk menuju ke Citeureup.

Kereta/Commuter Line 

Selain ketiga moda transportasi di atas, Anda juga bisa gunakan kereta atau Commuter Line sebagai kendaraan alternatif. Dengan efektivitas dan waktu tempuh yang lebih cepat, Commuter Line atau kereta adalah moda transportasi yang paling dianjurkan. Commuter Line sendiri menggunakan Stasiun Bogor sebagai tempat pemberhentian. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan angkot atau ojek sebagai sarana transportasi lanjutan ke Citeureup. Tarif Commuter Linei berkisar antara Rp3.000 hingga Rp5.000 per orang.

Bus

Di samping kereta, Anda juga bisa gunakan bus sebagai sarana transportasi untuk sampai ke Bogor. Sementara itu, untuk sampai ke Citeureup, Anda memerlukan angkot atau ojek sebagai angkutan lanjutan.

(Tarif sewaktu-waktu bisa berubah)

Transportasi di Citeureup

Citeureup adalah daerah yang cukup maju dengan ditunjang transportasi yang cukup memadai. Beberapa bentuk ransportasi yang bisa digunakan di Kecamatan Citeureup, yaitu:

  •  Angkutan kota/desa
  •  Ojek
  •  Taksi
  •  Kendaraan sewaan (mobil atau sepeda motor)
  •  Bus kota.

 

Objek Wisata di Citeureup

Kebun Pasir Mukti 

Kebun Pasir Mukti adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Citeureup, Bogor. Tempat ini terkenal akan kesejukan dan keindahannya. Kebun Pasir Mukti adalah tempat wisata yang pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tak hanya itu, Kebun Pasir Mukti juga memiliki kolam pemancingan, hamparan sawah, perkebunan, dan wahana wisata yang bisa dinikmati oleh pengunjung.
Fasilitas di Pasir Mukti juga terbilang lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet yang bersih, tempat makan yang variatif, hingga fasilitas penyandang disabilitas pun ada di sana.

Tiket masuk Kebun Wisata Pasir Mukti hanya sekitar Rp10.000 hingga Rp 20.000, tergantung waktu dan tanggal kunjungan. 

JungleLand Adventure Theme Park

Terletak di Kawasan Sentul Nirwana, Bogor, JungleLand adalah salah satu wisata keluarga yang ramai dikunjungi pada hari libur dan akhir pekan. Wahana dan fasilitas yang lengkap, membuat taman wisata ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Hujan. 

Sentul Paradise Park 

Sentul Paradise Park adalah tempat wisata alam yang didesain dengan nuansa modern nan alami. Di sana, Anda bisa menemui air terjun dengan ketinggian lebih dari 50 meter, batu besar, jembatan, kolam, serta fasilitas dan wahana permainan. Tarif masuk Sentul Paradise Park sekitar Rp20.000 per pengunjung.

Kebun Raya Bogor
Kebun cantik yang terletak di Jl. Haji Djuanda No. 13, Kota Bogor ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Selain memiliki pemandangan alam yang indah, tempat ini juga menawarkan aneka tumbuhan, sehingga dapat mengedukasi siapa pun yang datang berkunjung.

Istana Bogor

Tak jauh dari Kebun Raya Bogor, Anda bisa menikmati indahnya salah satu istana negara yang terletak di Bogor. Istana Bogor sendiri terkenal memiliki rusa khas yang bebas berkeliaran di sekitarnya. Beberapa pengunjung kerap memberi makan rusa-rusa tersebut dari luar pagar. Makanan yang diberikan pada rusa sendiri cukup beragam, mulai dari wortel, sayur hijau, hingga buah segar.

Istana Bogor sendiri tak dibuka setiap hari. Pengurus hanya membuka istana ini untuk keperluan negara dan kunjungan. Walau demikian, dengan hanya melihatnya dari luar, Anda sudah bisa menikmati indahnya bangunan dan tata letak yang ada di sana.

(Tarif sewaktu-waktu bisa berubah) 

Tips Beriwisata ke Citeureup

  • Penggunaan kendaraan pribadi saat berjalan-jalan di Citeureup sangat dianjurkan. Di samping irit, hal ini juga bertujuan untuk menghindari kebingungan Anda atas banyaknya angkot yang harus digunakan.
  • Beberapa jalan di Citeureup memiliki sistem dan marka jalan yang unik, sehingga perlu pemahaman khusus dalam mengartikannya.
  • Citeureup sendiri minim tempat perbelanjaan dan kuliner. Untuk menghemat pengeluaran dan waktu, Anda dianjurkan untuk menyiapkan persediaan untuk rentang waktu tertentu.

Hotel di Citeureup Lainnya

?
Perlu Bantuan?