peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Pondok Gede

Bekasi, Indonesia · 3 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Pondok Gede

Backpacker Room near TMII (RR3)

Jalan Raya Jati Makmur No. 2 Rt 6/11 Bekasiu, Bekasi, Indonesia, -

Economic Room with AC near Pondok Gede Plaza (RR1)

Jalan. Jati Makmur No.2 Jatimakmur bekasi, Bekasi, Indonesia, -

Low-cost Room near TMII (RR2)

Jalan. Jati Makmur No.2 Bekasi, Bekasi, Indonesia, -

hotel lainnya

Tentang

Pondok Gede adalah sebuah kecamatan yang berada di Bekasi. Daerah ini memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. Di Bekasi, Pondok Gede dikenal sebagai salah satu tujuan wisata kuliner karena ada banyak restoran yang menawarkan menu makanan lokal, maupun menu Nusantara yang lezat di daerah ini.

Pada awalnya, Kecamatan Pondok Gede termasuk wilayah yang cukup luas, sebelum dibagi dengan kecamatan Jatiasih, Pondok Melati, dan Jatisampurna. Ketiga wilayah tersebut merupakan bagian dari Kecamatan Pondok Gede pada masa lalu. Jatiwaringin, Jatiwarna, Jatimakmur, Jatibening, Pondok Melati, Jatikarya, dan sebagian dari wilayah Jatisampurna, merupakan bagian dari Pondok Gede.

Kecamatan ini adalah wilayah perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta. Ibu kota atau pusat keramaian dari Pondok Gede berada di Jatiwaringin, wilayah yang paling padat penduduknya.

Sejarah Pondek Gede

Arti dari nama “Pondok Gede” adalah “rumah besar.” Nama tersebut tercipta karena kebiasaan masyarakat sekitar yang menyebut “rumah” dengan kata “pondok” dan “gede” yang berarti “besar” pada zaman dahulu.

Dulunya, pernah ada sebuah rumah yang berukuran sangat besar milik seorang bangsawan Belanda bernama Johannes Hooyman pada 1775 di daerah ini. Bangunan tersebut memiliki interior campuran antara Jawa dan Eropa. Oleh karena itu, masyarakat sekitar sering menyebut daerah ini dengan sebutan Pondok Gede.

Kepemilikan atas rumah itu kemudian berpindah tangan ke Lendreert Miero alias Juda Leo Ezekiel. Dahulu, ia adalah seorang prajurit dari Hindia Belanda yang kemudian sukses membangun bisnis dan menjadi juragan emas serta rentenir di Batavia. Dari kesuksesannya, Miero kemudian membeli tanah beserta dengan rumah besar yang ada di Pondok Gede.

Miero meninggal pada usia 79 tahun dan dimakamkan di samping rumahnya di Pondok Gede. Lambat laun, makamnya dibongkar dan dijadikan sebagai rumah penduduk. Pada 1992, bangunan itu dibongkar dan dijadikan sebagai sebuah tempat perbelanjaan yang dikenal dengan Mall Plaza Pondok Gede.

Wilayah Utama Pondok Gede

Pondok Gede berbatasan dengan Kecamatan Jatiasih dan Kecamatan Pondok Melati di sebelah selatan, Kecamatan Bekasi di sebelah timur, serta Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Makasar di sebelah barat juga utara.

Cara ke Pondok Gede

Transportasi Udara

Bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi udara, Anda dapat menaiki pesawat ke bandara terdekat dari Pondok Gede yaitu Bandara Internasional Halim Perdanakusuma. Dari bandara ini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam berkendara untuk mencapai Pondok Gede.

Transportasi Darat

Kendaraan Pribadi

Mengakses Pondok Gede dari Jabodetabek bisa menggunakan mobil atau kendaraan pribadi. Anda bisa melalui jalur Tol Jakarta – Cikampek dan keluar di gerbang Tol Pondok Gede.

Kereta Api

Bagi Anda yang memilih kereta api sebagai moda transportasi darat untuk ke Pondok Gede, Anda dapat turun stasiun kereta api terdekat, yaitu Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Klender, dan Stasiun Duren Kalibata.

Objek Wisata di Pondok Gede

Plaza Pondok Gede

Plaza Pondok Gede adalah sebuah pusat perbelanjaan pertama dan terbesar yang ada di daerah Pondok Gede. Tempat ini berlokasi di Jl. Raya Pondok Gede. 
Selain menyediakan berbagai jenis pakaian, terdapat juga restoran terkenal, seperti A&W, HokBen, Solaria, Bakso Lapangan Tembak, J.Co Donuts, dan masih banyak yang lainnya di Plaza Pondok Gede.

Tidak hanya rumah makan yang harganya ramah di kantung, di Plaza Pondok Gede, juga terdapat toko buku Gramedia, bioskop Cinema 21, Matahari departement store, Hypermart, dan toko-toko yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari lainnya. Plaza Pondok Gede dikenal sebagai salah satu mal dengan fasilitas lengkap. Masyarakat sekitar, terutama para kawula muda, sering menghabiskan waktu untuk menonton, jalan-jalan, atau sekadar berbelanja di Plaza Pondok Gede.

Club Taman Sari Persada Raya Sport Center

Letak objek wisata ini berada di Komplek Taman Sari Persada BI X, Kelurahan Jatibening, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Di dalam objek wisata ini, terdapat fasilitas bermain golf, lapangan tenis, dan kolam renang.

Klub Taman Sari Persada Sport Center adalah salah satu favorit objek wisata warga Pondok Gede karena memiliki fasilitas yang cukup lengkap di sana. 
Di dalam objek wisata ini, terdapat dua buah kolam renang dan empat lapangan untuk bermain tenis, di samping lapangan golf.

Di seberang objek wisata Taman Sari, terdapat sebuah masjid megah, yaitu Masjid Darussalam. Masjid ini selalu ramai oleh para wisatawan yang datang dari Taman Sari.

Tips Berwisata di Pondok Gede

  • Daerah Pondok Gede memiliki banyak objek wisata perbelanjaan dan wisata kuliner, sehingga jangan lupa untuk mencicipi makanan khas daerah ini.
  • Jika Anda berwisata ke daerah Pondok Gede, disarankan agar mengunjungi beberapa objek wisata terkenal yang ada di dekat Pondok Gede.
  • Daerah Pondok Gede dekat dengan pusat kota di Jabodetabek. Apabila ingin berkunjung ke Pondok Gede, disarankan agar Anda menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan karena akan lebih nyaman dan Anda bisa berkeliling tanpa harus berganti kendaraan.
?
Perlu Bantuan?