peringatan
PromoPesanan Saya
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Bukittinggi

Sumatera Barat, Indonesia · 95 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Bukittinggi

Royal Denai View Hotel

Jalan Yos Sudarso No. 7A Benteng, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26136

8.4 / 10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Grand Rocky Hotel Bukittinggi

Grand Rocky Hotel Bukittinggi

Jl. Yos Sudarso No. 29 Benteng - Bukittinggi, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26128

8.7 / 10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi

Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi

Jalan Yos Sudarso, Kayu Kubu, Guguk Panjang, Kayu Kubu, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26136

8.8 / 10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Royal Denai Hotel

Royal Denai Hotel

Jalan Dr. A. Rivai No. 26, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26121

8.5 / 10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Pusako Hotel Bukittinggi

Pusako Hotel Bukittinggi

Jalan Soekarno Hatta No. 7 Mandiangin Koto Selayan, Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26129

7.5 / 10

Baik

VIEW_ATTRACTIONS Campago Resort Hotel

Campago Resort Hotel

Jl. Cempaka no 1 Inkorba, Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26100

8.3 / 10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Limas Hotel Bukittinggi

Limas Hotel Bukittinggi

Jalan Kesehatan No. 34 Bukittinggi, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26113

8.0 / 10

Sangat Baik

LOBBY Grand Gallery Hotel Bukittinggi

Grand Gallery Hotel Bukittinggi

Jalan H. Agus Salim No. 25 Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26115

8.2 / 10

Sangat Baik

LOBBY Graha Muslim Bukit Tinggi

Graha Muslim Bukit Tinggi

Jalan Prof. Dr. Hamka No. 90, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26117

7.6 / 10

Baik

EXTERIOR_BUILDING Prima Dini Hotel

Prima Dini Hotel

Jalan Yos Sudarso No. 10 Benteng , Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26113

8.0 / 10

Sangat Baik

Others Ambun Suri Hotel

Ambun Suri Hotel

Jl. Panorama No. 2, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26112

8.5 / 10

Sangat Baik

null Novotel Bukittinggi

Novotel Bukittinggi

Jalan Laras Datuk Bandaro, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26115

8.6 / 10

Sangat Baik

LOBBY Hello Guest House

Hello Guest House

Jalan Teuku Umar No. 6B , Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26113

9.2 / 10

Istimewa

EXTERIOR_BUILDING Benteng Hotel Bukittinggi

Benteng Hotel Bukittinggi

jl. Benteng No 1 Bukittinggi, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26113

7.5 / 10

Baik

LOBBY Hotel Yuriko

Hotel Yuriko

Jln. Jendral Sudirman No. 7, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26112

7.4 / 10

Baik

EXTERIOR_BUILDING Kharisma Hotel

Kharisma Hotel

Jalan Sudirman No. 57 , Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26138

8.5 / 10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Hotel Agung

Hotel Agung

Jalan Batang Agam 1 No. 6 Kel. Belakang Balok, Kec. Aur Birugo Tigo Baleh, Aur Birugo Tigo Baleh, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26136

8.2 / 10

Sangat Baik

LOBBY Grand Malindo Hotel

Grand Malindo Hotel

Jl. Panorama, No. 30 Provinsi Sumatera Barat 26115, Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26115

8.3 / 10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Starli Hotel

Starli Hotel

Jalan Teuku Umar No 13B, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 26113

8.4 / 10

Sangat Baik

LOBBY SHAFA HOUSE

SHAFA HOUSE

, Aur Birugo Tigo Baleh, Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia

7.8 / 10

Baik

hotel lainnya

Tentang

tentang bukittinggi

Bukittinggi merupakan kota terbesar dan destinasi wisata terpopuler keduadi Provinsi Sumatera Barat setelah Padang. Merujuk pada namanya, Bukittinggi merupakan sebuah kota yang berada pada dataran tinggi perbukitan.

Bukittinggi terletak di Provinsi Sumatera Barat bagian utara dan memiliki ketinggian kurang lebih 900 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya yang berada di perbukitan, Bukittinggi memiliki iklim sejuk dengan suhu sekitar 16-23 derajat Celsius.

Kota ini juga dikenal sebagai Kota Pahlawan karena banyaknya pahlawan yang lahir di Bukittinggi. Beberapa di antaranya adalah Muhammad Nasir, Sutan Sjahrir, dan Tan Malaka. Selain itu, bapak pendiri bangsa Indonesia Mohammad Hatta juga berasal dari Bukittinggi.

Untuk menginap di Kota Bukittinggi, Anda bisa memilih hotel dengan spesifikasi fasilitas yang lengkap namun dengan harga yang terjangkau. Sebelum itu, Anda harus mencari informasi tentang hotel-hotel yang ada di kota ini.

Sejarah Bukittinggi

Tercetusnya nama "Bukittinggi" berasal dari sebuah pasar yang sering dibicarakan dengan sebutan "Pakan". Pasar itu mempunyai nama lain “Bukik Kubangan Kabau”. Seiring berjalannya waktu, nama tersebut diubah oleh suku Kurai menjadi “Bukik Nan Tatinggi”, sampai akhirnya tercipta nama "Bukittinggi".

Cara ke Bukittinggi

Ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk mencapai Bukittinggi dengan menggunakan berbagai moda trasportasi seperti berikut ini:

Transportasi Udara

Bukittinggi tidak memiliki bandara, namun Anda dapat melakukan penerbangan dengan tujuan pendaratan di Bandara Internasional Minangkabau, Padang. Dari bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi menggunakan taksi dengan tarif sekitar Rp200.000, bus Damri seharga Rp17.000 dan disambung angkutan travel bertarif Rp15.000 atau ojek sepeda motor yang memasang harga sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000.

Jika ingin lebih nyaman dan fleksibel, Anda dapat menyewa jasa mobil travel, seperti Tranex, AWL, dan masih banyak lagi. Jenis kendaraannya pun beragam mulai dari Avanza, Xenia, ELF, dan lainnya. Biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp16.000 hingga Rp50.000 per orang.

Transportasi Darat

Bus

Bukittinggi bisa dicapai dengan menggunakan bus dari Padang. Perjalanan dimulai dari Terminal Bus Bengkuang yang terletak di Aie Pacah, 12 km dari pusat Kota Padang. Di terminal ini, terdapat bus yang langsung menuju ke Bukittinggi dengan tarif Rp10.000 per orang.

Minivan

Selain bus, terdapat juga trasportasi alternatif lainnya untuk menuju Bukittinggi. Tarif minivan dari Minang Plaza Rp15.000 per orang. Untuk mencapai Minang Plaza, Anda bisa menggunakan jasa angkutan kota (angkot) putih dengan tarif Rp2.000 per orang dari Terminal Bengkuang.

(Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah)

Hotel di Bukittinggi

Berwisata di Kota Bukittinggi banyak dipilih masyarakat yang utamanya tinggal di pulau Sumatra. Kota terbesar nomor dua di Provinsi Sumatra Barat ini memiliki ragam tujuan wisata, baik wisata alam, sejarah, edukasi, dan sebagainya. Hal itu pula yang menjadikan hotel di Bukittinggi banyak diburu oleh pengunjung yang singgah di kota ini.

Jenis akomodasi yang tersedia cukup beragam, mulai dari hotel bintang 1 hingga 4 yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, tujuan, dan dana. Berikut ini adalah daftar hotel di Bukittinggi yang memberikan fasilitas terbaik untuk liburan Anda:

Hotel Bintang 1 di Bukittinggi

Menawarkan harga penginapan yang murah dengan fasilitas yang cukup mumpuni, hotel bintang 1 di Bukittinggi ini menjadi incaran para wisatawan atau backpacker dengan bujet terbatas:

Prima Dini Hotel

Kebanyakan para backpacker memilih hotel Prima Dini dengan alasan harga yang murah. Tak hanya itu, hotel bintang 1 ini juga populer karena lokasinya dekat dengan tempat wisata murah, seperti Jam Gadang dan Lobang Jepang. Di sekitar hotel, Anda akan menemukan beragam sarana umum, seperti toko serbaguna, salon kecantikan, serta penatu.

Hotel di Bukittinggi ini menawarkan berbagai tipe kamar dengan fasilitas berupa tidur empuk, furnitur sederhana, kamar mandi pribadi dengan pancuran, dan TV. Layanan kamar 24 jam juga tersedia untuk membantu Anda selama tinggal di hotel, sekaligus menjaga kebersihan kamar.

Wisatawan yang datang dari luar kota atau luar pulau juga bisa menggunakan layanan antar-jemput bandara dengan biaya ekstra. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp265.000 hingga Rp350.000. Anda dapat menemukan hotel Prima Dini di l. Yos Sudarso No. 10, Benteng, Bukittinggi.

Hotel Bagindo

Lebih dari 80% pengunjung yang pernah menginap di hotel ini mengaku puas dengan pelayanan staf yang ramah, fasilitas yang lengkap, serta kebersihan hotel. Hotel yang berada di Jl. Jendral Sudirman No. 43-45, Bukittinggi ini memasang tarif mulai dari Rp400.000 per malam untuk kamar tipe Deluxe.

Hotel dengan konsep bangunan menyerupai rumah Gadang ini memiliki lokasi yang dekat dengan banyak tujuan wisata murah populer, seperti jam Gadang, Ngarai Sianok, dan Lobang Jepang. Setelah puas mengelilingi objek wisata, Anda bisa beristirahat dengan nyaman di kamar yang dilengkapi dengan kasur pegas, pendingin ruangan, kamar mandi pribadi, dan TV.

Amali Hotel

Bagi wisatawan yang datang ke Bukittinggi dan ingin mencari akomodasi murah, hotel Amali adalah pilihan yang tepat. Selain cocok untuk backpacker, hotel bujet bintang 1 ini juga kerap menjadi pilihan keluarga. Selain harga yang terjangkau, terdapat berbagai fasilitas kenyamanan yang siap ditawarkan untuk pengunjung.

Lokasinya yang dekat dengan wisata sejarah Benteng Fort de Kock membuat perjalanan bersama si kecil akan terasa menyenangkan dan sarat ilmu. Usai berkeliling, Anda bisa tidur di kamar pilihan yang dilengkapi dengan kasur empuk, kamar mandi pribadi, serta furnitur sederhana.

Pemandangan di depan hotel juga cukup menyejukkan mata, yakni tebing yang dikelilingi tanaman hijau, dengan jalan setapak yang biasa digunakan untuk berjalan-jalan menghirup udara pagi. Dengan tarif mulai dari Rp385.000 hingga Rp650.000 per malam, hotel yang beralamat di Jl. Cindua Mato No.98A, Bukittinggi ini siap melayani kebutuhan Anda saat menginap.

Hotel Bintang 2 di Bukittinggi

Hampir mirip dengan hotel bintang 1, beberapa penginapan bintang 2 di Bukittinggi ini bisa menjadi tempat bermalam dengan bujet ekonomis:

Royal Denai View Hotel

Pengunjung yang ingin berlibur ke Bukittinggi bisa menginap di Royal Denai View Hotel. Hotel bintang 2 ini memiliki desain modern yang terletak di dekat tempat wisata Benteng Fort de Kock. Dari objek wisata sejarah tersebut, Anda cukup berjalan kaki selama kurang dari 5 menit untuk menuju hotel di Bukittinggi ini.

Selain kawasannya yang ideal sebagai tujuan istirahat para backpacker, hotel Royal Denai View juga memiliki fasilitas kenyamanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan. Anda bisa memilih kamar tipe Deluxe, Superior, atau Suite yang masing-masing sudah dilengkapi fasilitas berupa kasur empuk, kamar mandi pribadi, TV layar datar, serta lemari pakaian.

Soal hiburan, Anda tak perlu khawatir karena hotel ini dekat dengan berbagai fasilitas publik seperti restoran, toko serbaguna, dan sebagainya. Hotel yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 7A, Benteng, Bukittinggi ini memasang tarif kamar mulai dari Rp323.000 hingga Rp532.000 per malam.

Grand Gallery Hotel Bukittinggi

Hotel bujet ini berada di Jl. H. Agus Salim No. 25, Benteng pasar Atas, Bukittinggi. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota menjadikan Grand Gallery Hotel Bukittinggi sebagai incaran wisatawan. Dengan mengutamakan keramahan staf dan pelayanan yang supel, banyak pengunjung yang betah menginap di sini.

Hotel di Bukittinggi ini mengusung desain modern minimalis di setiap kamarnya. Anda bisa memilih kamar tipe Standard, Deluxe, Superior, atau Gallery Suite yang memiliki fasilitas berbeda-beda. Tarif menginap di hotel bintang 2 ini mulai dari Rp275.000 hingga Rp795.000 per malam.

Selain fasilitas kamar standar seperti kasur empuk, kamar mandi pribadi, TV layar datar, dan perabot sederhana, ada juga sarana umum yang bisa Anda nikmati. Sebut saja restoran, kafe, ruang keluarga, dan area bermain anak yang bisa membuat suasana liburan Anda semakin menyenangkan. Lokasi hotel ini sangat dekat dengan beberapa destinasi menarik kota Bukittinggi dan usat perbelanjaan. Adapun destinasi menarik tersebut antara lain Kebun Binatang Bukittinggi, Ngarai Sianok, Taman Panorama, Great Wall dan Bukik Tukuruang. Untuk berbelanja kamu bisa mengunjungi Pasar Atas dan Plaza Bukittinggi.

Limas Hotel Bukittinggi

Satu lagi hotel bujet bintang 2 di Bukittinggi untuk liburan murah dan menyenangkan. Hotel yang terletak di Jalan Kesehatan No. 34 Bukittinggi ini menyediakan kamar bersih, staf yang ramah, serta layanan resepsionis 24 jam akan siap membantu Anda selama menginap. Kamar tipe Standard, Superior, dan Deluxe bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp320.000 hingga Rp520.000 per malam.

Limas Hotel Bukittinggi memiliki kamar-kamar yang dilengkapi dengan kasur yang empuk, pendingin ruangan, kamar mandi pribadi dengan pancuran, perabot sederhana, serta TV layar datar. Pengunjung yang berencana menginap dalam waktu yang cukup lama tak perlu membawa banyak baju karena tersedia penatu di hotel bujet ini.

Hotel Bintang 3 di Bukittinggi

Hotel kelas menengah di Bukittinggi termasuk akomodasi menginap dengan fasilitas yang sudah lengkap. Berikut ini adalah daftar hotel bintang 3 di Bukittinggi yang dapat Anda pertimbangkan:

Royal Denai Hotel

Jika Anda ingin menginap di hotel murah dengan fasilitas kenyamanan yang mumpuni, bermalam di hotel Royal Denai sangat cocok bagi para backpacker, keluarga, atau pelancong bisnis. Tarif yang dipasang oleh hotel di Bukittinggi ini mulai dari Rp430.000 hingga Rp535.000 per malam.

Hotel kelas menengah ini memiliki fasilitas unggulan seperti kamar nyaman dengan atau tanpa pendingin ruangan, kasur yang empuk, kamar mandi pribadi, TV layar datar, serta Wi-Fi gratis. Selain itu, dengan memesan kamar di hotel ini, pengunjung juga sudah mendapat sarapan gratis.

Kamar-kamarnya cukup luas, bersih, dan nyaman, bisa dijadikan alternatif akomodasi utama selama Anda berada di Bukittinggi. Para tamu juga bisa memperoleh akses menuju sarana rekreasi, seperti kolam renang luar ruangan dan kafe. Anda dapat menemukan hotel ini di Jalan Dr. A. Rivai No. 26, Bukittinggi.

Campago Resort Hotel

Penginapan yang satu ini banyak dicari wisatawan, terutama yang datang bersama rombongan. Terdapat tipe Superior, Family, atau Bungalow yang bisa mengakomodasi dua sampai empat orang sekaligus. Suasana di sekitar hotel juga cukup sepi karena jauh dari keramaian. Suasana seperti ini pas bagi Anda yang menginginkan liburan tenang untuk mengusir stres.

Kamar-kamar hotel di Bukittinggi ini memiliki desain modern dan minimalis dengan jendela berukuran besar agar Anda bisa menikmati udara sejuk di pagi hari. Pengunjung akan dimanjakan di kamar yang dilengkapi dengan kasur empuk, pendingin ruangan, kamar mandi pribadi, koneksi Wi-Fi gratis, serta perabot sederhana. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp550.000 hingga Rp2.000.000 per malam.

Tak hanya menjamin tidur malam yang nyaman, Anda juga bisa mengakses beragam fasilitas rekreasi yang tersedia. Sebut saja kolam renang luar ruangan untuk dewasa dan anak-anak, area bermain anak, olahraga tenis meja, dan layanan pijat yang bisa diakses dengan tambahan biaya. Anda dapat menemukan hotel ini di Jl. Cempaka No.1, Inkorba, Bukittinggi.

Hotel Bintang 4 di Bukittinggi

Bagi Anda yang ingin menginap dengan segala kemewahan dan fasilitas lengkap, hotel bintang 4 di Bukittinggi ini bisa menjadi pertimbangan:

Hotel Grand Royal Denai

Sebagai salah satu hotel yang baru dibangun di kawasan Bukittinggi, Grand Royal Denai banyak dicari masyarakat karena kebersihan dan kenyamanannya. Desain modern dan fasilitas yang lengkap juga menjadi salah satu daya tarik banyaknya wisatawan yang menginap di hotel mewah ini.

Setiap kamarnya dilengkapi dengan kasur pegas yang empuk, kamar mandi pribadi, area duduk, pendingin ruangan, TV layar datar, serta koneksi Wi-Fi gratis. Pengunjung yang datang juga memiliki akses menuju sarana rekreasi, seperti kolam renang luar ruangan untuk dewasa dan anak-anak, serta restoran.

Bermalam di hotel Grand Royal Denai akan memberikan istirahat nyaman usai berwisata di Bukittinggi. Tarif kamar yang ditawarkan mulai dari Rp632.000 hingga Rp690.000 per malam. Untuk menemukan hotel di Bukittinggi ini, Anda bisa pergi ke Jalan Yos Sudarso, Kayu Kubu.

Grand Rocky Hotel Bukittinggi

Wisatawan yang mengunjungi Kota Bukittinggi dan bermalam di Grand Rocky Hotel akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas kenyamanan yang tersedia. Fasilitas kamar standar ditujukan untuk menjamin istirahat Anda, seperti kamar mandi pribadi dengan pancuran, TV kabel layar datar, pengering rambut, brankas, dan kulkas mini.

Selain itu, hotel yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso No. 29, Benteng, Bukittinggi menyediakan fasilitas penunjang berupa kolam renang luar ruangan, bar kolam renang, dan layanan pijat dengan biaya ekstra. Tarif bermalam yang ditawarkan hotel di Bukittinggi ini mulai dari Rp725.000 hingga Rp4.500.000.

Pusako Hotel Bukittinggi

Berbeda dengan kedua hotel bintang 4 sebelumnya, hotel Pusako Bukittinggi memiliki desain interior yang lebih tradisional, tapi tetap dipadukan dengan nuansa modern. Hotel yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No. 7, Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi ini memasang tarif mulai dari Rp518.072 hingga Rp729.233 per malam.

Di hotel ini, para tamu akan dimanjakan dengan kamar-kamar yang bisa dipilih, seperti tipe Standard atau Deluxe yang dilengkapi dengan kamar mandi pribadi, TV kabel, serta perabot sederhana. Ada juga teras yang digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan hotel.

Selain kamar-kamar yang nyaman, terdapat juga sarana rekreasi yang dapat dinikmati oleh semua tamu. Anda bisa melakukan olahraga tenis, biliar, berenang di kolam renang outdoor, atau menikmati makanan lezat di kafe hotel. Apapun pilihan Anda, bermalam di hotel Pusako Bukittinggi tak akan mengecewakan.

Hotel di Bawah Rp 500 Ribu di Bukittinggi

Ada banyak pilihan hotel yang menjadi pilihan saat kamu berkunjung atau berlibur di Bukittinggi. Hotel tersebut mulai bertarif di bawah Rp 500.000 dan berikut beberapa rekomendasi hotel murah untuk kamu pertimbangkan.

Royal Denai View Bukittinggi

Hotel bintang dua Royal Denai View Bukittinggi berada di Jalan Yos Sudarso, Guguk Pajang, Bukittinggi, Sumatera Barat. Tarif sewa kamar hotel ini per malamnya mulai dari harga Rp 420.000-an. Harga ini sudah termasuk fasilitas di dalam kamar seperti AC, TV, kamar mandi bersih dan nyaman yang dilengkapi dengan shower dan peralatan mandi. Fasilitas lainnya di hotel ini adalah area parkir, restoran dan akses WiFi di area sekitar hotel. Untuk kenyamanan pengunjung dan tamu hotel terdapat pula layanan front desk selama 24 jam. Untuk keperluan bisnis terdapat ruang pertemuan dengan fasilitas penunjang.

Dari Terminal Pasar Banto menuju lokasi hotel dapat ditempuh sekitar kurang lebih tujuh menit saja dengan menggunakan taksi. Hotel ini juga dekat dengan atraksi wisata menarik di Bukittinggi. Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi antara lain Benteng Fort de Kock dan Jam Gadang yang bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki saja. Sedangkan untuk pusat perbelanjaan modern sekitar hotel yakni Plaza Bukittinggi yang juga dekat dengan kedua lokasi wisata tersebut.

Bunda Hotel Bukittinggi

Hotel berikutnya yang bisa menjadi pertimbangan adalah Bunda Hotel Bukittinggi. Lokasinya beralamat di Jalan Panorama No. 6, Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, Sumatera Barat. Hotel ini berada di kawasan strategis dan hanya membutuhkan waktu lima menit saja dari Terminal Pasar Banto, Bukittinggi. Banyak destinasi menarik yang tak jauh dari hotel untuk kamu kunjungi untuk berjalan-jalan. Contohnya seperti Ngarai Sianok dan Goa Jepang yang bisa kamu tempuh selamakurang lebih 15 menit.

Tarif sewa kamar di hotel ini per malamnya mulai dari Rp 469.000-an. Fasilitas yang kamu dapatkan di tiap kamarnya berupa AC, TV, coffee/tea maker, setrika dan kamar mandi yang dilengkapi shower serta peralatan mandi. Fasilitas lainnya adalah area parkir, restoran dan akses WiFi di area hotel. Demi kenyamanan terdapat layanan front desk selama 24 jam dengan respsionis yang ramah.

Hotel Maison Bukittinggi

Hotel Maison Bukittinggi adalah hotel bintang satu yang beralamat di Jalan Ahmad Karim No. 12 Bukittinggi, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat. Tarif sewa kamar per malamnya di hotel ini mulai dari Rp 400.000-an. Harga ini sudah termasuk fasilitas dalam kamar berupa AC, TV, sarapan, meja dan kamar mandi yang dilengkapi shower serta peralatan mandi. Fasilitas lain di hotel adalah area parkir, restoran, WiFi di area hotel. Untuk kenyamanan tamu dan pengunjung hotel tersedia layanan front desk dan keamanan selama 24 jam.

Lokasi hotel sendiri tidak jauh dari Terminal Pasar Banto yang hanya sekitar enam menit saja ditempuh dengan berkendara. Terdapat beberapa destinasi menarik khas Bukittinggi yang bisa kamu kunjungi di dekat hotel. Beberapa di antaranya adalah Goa Jepang atau masyarakat sekitar menyebutnya Lobang Jepang, Ngarai Sianok, Jam Gadang dan pusat perbelanjaan modern Plaza Bukittinggi.

Hotel di Bawah Rp 400 Ribu di Bukittinggi

Tidak hanya hotel di atas saja, di Bukittinggi juga terdapat hotel murah dengan harga di bawah Rp 400.000-an. Berikut rekomendasinya untuk kamu pertimbangkan saat liburan ke kota Bukittinggi bersama teman atau keluarga tercinta.

Limas Hotel Bukittinggi

Berada di Jalan Kesehatan No.34, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat ini menawarkan tiga tipe kamar berbeda mulai dari Standard, Superior dan Deluxe. Untuk kamar tipe Standard bisa kamu nikmati dengan tarif sewa mulai Rp 350.000-an per malam. Fasilitas di dalam kamar yang bisa kamu dapatkan adalah AC, TV, kamar mandi bersih dan nyaman dilengkapi dengan shower dan peralatan mandi. Termasuk pula sarapan dan akses Wi-Fi di area hotel. Fasilitas lainnya adalah area parkir, restoran dan layanan front desk serta keamanan selama 24 jam penuh.

Karena lokasinya sangat strategis, kamu bisa mengunjungi beberapa lokasi wisata menarik di sekitar hotel dengan berjalan kaki. Mengingat jaraknya yang kurang dari satu kilometer saja. Beberapa tempat tersebut di antaranya adalah Jam Gadang, Benteng Fort de Kock, dan pusat perbelanjaan modern Plaza Bukittinggi.

Nikita Palace Hotel

Nikita Palace Hotel beralamat di Jalan Soekarno Hatta, Gageh, Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, Sumatera Barat. Terdapat dua tipe kamar di hotel bintang dua ini yakni tipe Standard dan Deluxe. Tarif sewa kamar untuk tipe Standard mulai dari Rp 388.000-an dengan fasilitas di dalamnya berupa AC, TV, kamar mandi bersih dan nyaman yang dilengkapi dengan shower. Fasilitas lainnya adalah area parkir, restoran, dan Wi-Fi di area hotel serta ruang pertemuan untuk keperluan bisnis.

Jika kamu berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau dapat meneruskan perjalanan ke hotel ini kurang lebih sekitar dua jam dengan berkendara. Beberapa destinasi menarik dan bersejarah di sekitar hotel antara lain adalah Istana Bung Hatta, Jam Gadang, Plaza Bukittinggi dan Stasiun Kereta Api Padang Panjang.

Objek Wisata di Bukittinggi

Bukittinggi adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Kota ini dikenal karena suasana pegunungannya yang sejuk dan menenangkan. Tidak hanya itu, Bukittinggi juga dikenal sebagai kota kelahiran para pahlawan dan tokoh nasional. Beberapa di antaranya adalah Sutan Syahrir, K.H Agus Salim hingga Bung Hatta sang proklamator kemerdekaan Indonesia.

Bukittinggi juga memiliki destinasi menarik yang hampir sebagian besar memiliki nilai sejarah. Apa saja destinasi menarik di kota Bukittinggi? Kuliner apa saja yang bisa kamu nikmati dan hotel mana sajakah yang bisa dijadikan pilihan saat berlibur? Traveloka telah merangkumnya di bawah ini untuk kamu simak.

Berikut ini adalah beberapa tujuan wisata menarik yang dapat Anda kunjungi selama berada di Bukittinggi:

Jam Gadang

jam gadang di bukittinggi

Jam Gadang adalah salah satu monumen paling ikonik di Bukittinggi. Bahkan banyak orang bilang belum ke Bukittinggi rasanya jika belum berkunjung ke Jam Gadang. Konon, Jam Gadang merupakan kembaran dari Big Ben di London, Inggris. Jam ini adalah hadiah dari Ratu Belanda saat itu dan dirancang oleh seorang putra daerah bernama Sutan Gigi Ameh. Jika Anda perhatikan secara teliti, tidak ada angka 4 Romawi seperti jam pada umumnya. Penggambaran waktu yang menunjukkan pukul 4 dituliskan dengan “IIII".

Untuk mengunjunginya, kamu tidak dipungut tiket masuk. Selain menikmati keindahan Jam Gadang, kamu juga bisa berkeliling di sekitar lokasi wisata menggunakan kereta kuda. Di sini kamu pun dapat menikmati kuliner khas Minangkabau. Banyak hotel murah yang juga dekat dengan destinasi ini. Di antaranya adalah Royal Denai View Bukittinggi.

  • Harga: Gratis
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok terletak di perbatasan Bukittinggi dan Kabupaten Agam. Ngarai Sianok merupakan jurang yang memiliki kedalaman sekitar 100 m dan membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m dan dibelah oleh aliran Sungai Batang Sianok. Sungai tersebut kini banyak digunakan untuk keperluan masyarakat dan sarana latihan bermain kano dan arung jeram. Di sekitar ngarai juga terdapat lembah dengan suasana hijau yang menyegarkan mata.

Di sepanjang tepi sungai, suasana alamnya masih asri dan terjaga. Di sini terdapat bunga raflesia yang tumbuh subur dan beragam tanaman obat-obatan. Beberapa hewan liar jika kamu beruntung bisa kamu temui, seperti siamang, monyet ekor panjang dan rusa. Tiket masuk ke Ngarai Sianok pun sangat murah yakni Rp 4.000 saja per orang. Terdapat beberapa hotel yang berlokasi dekat dengan destinasi ini, salah satunya adalah Hotel Maison Bukittinggi.

Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Ngarai ini adalah di Taman Panorama Ngarai Sianok. Lokasi taman panorama hanya berjarak kurang dari 1 km dari jam Gadang.

  • Harga: Rp4.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.30-18.30 WIB

Lubang Jepang

Lubang Jepang terletak satu kawasan dengan Taman Panorama Ngarai Sianok. Lubang Jepang merupakan bekas bunker pertahanan yang berbentuk terowongan panjang milik tentara Jepang pada masa kependudukannya di Sumatra Barat. Lubang Jepang memiliki diameter 2 meter dan panjang kira-kira 1.400 meter.

Di sini, terdapat ruang-ruang khusus yang berfungsi sebagai ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, dan gudang senjata. Selain itu, Lubang Jepang memiliki banyak lorong di kedua sisinya. Jika tidak mau tersesat, sebaiknya menelusuri lubang dengan pemandu wisata setempat.

  • Harga: Rp5.000 per orang dan Rp20.000 untuk jasa pemandu wisata
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.30-18.30 WIB

Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada 1825. Pada masanya, benteng ini digunakan oleh tentara Belanda sebagai kubu pertahanan dari gempuran rakyat Minangkabau.

Lokasi benteng ini tidak jauh dari jam Gadang, Bukittinggi.

Benteng Fort de Kock

Benteng ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di kota Bukittinggi. Benteng ini dibangun sebagai basis pertahanan oleh Belanda terhadap pemberontakan kaum paderi di tahun 1821 hingga 1837. Demi kenyamanan, benteng ini kemudian direnovasi pada tahun 2002. Benteng ini juga berada satu lokasi dengan Kebun Binatang Kinantan yang dihubungkan dengan Jembatan Limpapeh.

Dari pusat kota Minangkabau lokasinya hanyalah satu kilometer saja. Tiket masuknya hanya Rp 5.000 saja per orang. Adapun beberapa hotel yang dekat dengan destinasi wisata ini antara lain adalah Limas Hotel Bukittinggi dan Royal Denai View Bukittinggi. Anda dapat mencapai lokasi ini dengan berjalan kaki. Di sini, Anda dapat melihat daerah Bukittinggi dari sudut 360 derajat.

  • Harga: Rp8.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-17.30 WIB

Janjang Koto Gadang

Janjang Koto Gadang atau Janjang Saribu merupakan jembatan sepanjang 1,7 km. Lokasi wisata ini cukup unik karena bentuknya mirip dengan Tembok Besar Cina. Walaupun tidak sebesar dan sepanjang Tembok Besar Cina, tempat wisata ini menyajikan pemandangan Ngarai Sianok yang dapat Anda nikmati ketika melewatinya.

  • Harga: Gratis
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Bagi Anda yang ingin mengenal sosok Mohammad Hatta lebih dekat, sempatkan diri untuk mengunjungi museum ini di Jalan Soekarno-Hatta No. 37, Bukittinggi.

Dulunya, museum ini merupakan rumah tempat kelahiran Mohammad Hatta, Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama. Di sini, Anda dapat mengamati foto-foto masa kecil dan kegiatan Mohammad Hatta semasa hidupnya.

  • Harga: Gratis
  • Jam buka: 08.00-16.00 WIB (Senin-Jumat) dan 09.00-14.00 WIB (Sabtu-Minggu)

Museum Rumah Adat Baanjuang

Bukittinggi memiliki bangunan adat bersejarah yang dinamakan Museum Rumah Adat Baanjuang. Museum ini didirikan pada 1 juli 1935, saat Belanda masih menjajah Indonesia. Di dalamnya, terdapat banyak koleksi barang-barang pada masa lampau. Museum ini berada di kawasan Taman Wisata Panorama.

  • Harga: Rp2.000 per orang dan Rp20.000 untuk mengenakan pakaian adat Sumatera Barat
  • Jam buka: -

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Kebun binatang di Bukittinggi bernama Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Namanya berganti-ganti seiring perjalanan waktu, mulai dari Kebun Bungo hingga Taman Puti Bungsu. Sampai akhirnya, diputuskan bahwa tempat wisata ini bernama Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.

Bukan hanya bisa melihat satwa, Anda juga dapat mengunjungi objek wisata Benteng Fort de Kock melalui Jembatan Limpapeh. Jika dari arah Padang, Anda hanya perlu menaiki angkutan umum dengan mengeluarkan uang sekitar Rp15.000.

  • Harga: Rp8.000 per orang (dewasa) dan Rp5.000 per orang (anak-anak)
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-18.00 WIB

Pasar Atas

Jika Anda berkunjung ke jam Gadang, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Atas yang berada di dekatnya. Jika Anda ingin mencari songket dan buah tangan, pasar inilah tempat yang tepat. Songket khas Bukittinggi dengan sulaman kerancang asli buatan penduduk setempat tidak diragukan lagi keindahan dan kualitasnya. Harga yang ditawarkan untuk sebuah songket bermacam-macam, tergantung bahan dan jumlah sulaman.Harganya berkisar antara Rp250.000 hingga Rp700.000 per kain. Songket yang dibuat dengan benang satu dijual dengan harga termahal, yakni sekitar Rp2.000.000 per kain.

Selain songket, terdapat kaus-kaus yang biasa dijual di setiap tempat wisata. Dengan mengeluarkan uang sekitar Rp20.000 hingga Rp100.000, Anda bisa memilih kaus dengan berbagai tulisan menarik.

Bukan hanya buah tangan yang disajikan, macam-macam kuliner khas Bukittinggi juga bisa ditemukan di tempat ini, seperti nasi Kapau dan teh talua atau teh telur.

Pasar Lereng

Pasar lereng terletak di tengah-tengah Pasar Atas dan Pasar Bawah. Pasar ini tidak selengkap Pasar Atas. Pasar ini sangat terkenal dengan kulinernya yaitu nasi Kapau. Gulai Kapau membuat nasi ini begitu lezat karena terbuat dari bumbu-bumbu rempah khas Sumatera Barat.

Air Terjun Lembah Anai

wisata di bukittinggi

Air terjun yang mengalir dari Gunung Singgalang ini berada di antara Kota Bukittinggi dan Kota Padang. Dari Kota Padang, Anda hanya perlu menaiki angkot dengan tarif Rp15.000 hingga Rp20.000 saja.

Plaza Bukittinggi

Bukittinggi juga memiliki mal yang menjual segala kebutuhan pokok mulai dari perlengkapan anak-anak, baju ibu-ibu, hingga perabotan rumah tangga. Untuk para wanita yang suka berbelanja, Anda wajib mengunjungi mal yang berada dekat jam Gadang ini.

Wisata Paling Hits Tahun 2019 di Bukittinggi

Bukittinggi memiliki destinasi menarik untuk dikunjungi saat liburan. Wisata di Bukittinggi pada umumnya berupa wisata alam pegunungan yang sejuk dan menenangkan serta hemat di kantong. Berikut rekomendasi destinasi wisata menarik dan hits di Bukittinggi yang bisa kamu kunjungi.

Great Wall of Koto Gadang

Tidak hanya Cina saja yang memiliki tembok besar, di Bukittinggi juga terdapat tembok besar layaknya di negeri tirai bambu tersebut. Namanya adalah Tembok Besar Koto Gadang yang dibuka untuk umum sejak tahun 2013 lalu. Tembok ini terbentang dari Sianok hingga berakhir di Koto Gadang. Konsepnya sendiri memang menyerupai dengan tembok besar di Cina.

Untuk melewati tembok ini kamu harus menyiapkan tenaga ekstra karena harus melalui anak tangga berkelok-kelok. Kamu tidak akan dipungut tiket masuk, namun hanya perlu membayar biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi menuju tempat ini. Masyarakat Bukittinggi menyebut tembok ini dengan Janjang Saribu atau tangga seribu, mengingat banyaknya anak tangga yang harus dilalui saat melewatinya.

Lobang Jepang

Lobang Jepang atau Goa Jepang ini memiliki panjang sekitar 1.400 meter dan dulu tempat ini digunakan sebagai basis pertahanan tentara Jepang. Terowongan ini sendiri dibangun pada tahun 1942 dan memiliki jalan bercabang dan ruangan di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, hingga tempat untuk menyimpan senjata.

Goa atau Lobang Jepang ini sekarang memiliki kenyamanan dan tidak seseram yang dibayangkan. Pemerintah setempat serta pengelola memasang lampu di sepanjang jalur terowongan untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan. Harga tiket masuknya sangat murah yakni mulai dari Rp 5.000 saja. Beberapa hotel yang tidak jauh dari lokasi Lobang Jepang antara lain adalah Hotel Maison Bukittinggi dan Bunda Hotel Bukittinggi.

Istana Bung Hatta

Kota Bukittinggi merupakan kota kelahiran dari salah satu Bapak Proklamator Bung Hatta. Kamu bisa mengunjungi Istana Bung Hatta yang tepat berada di seberang taman Jam Gadang. Rumah yang kini menjadi gedung dan museum peninggalan barang-barang peninggalan Bung Hatta ini memiliki beragam koleksi.

Tidak hanya itu saja, lokasi sekitar istana juga sejuk dengan aneka ragam pohon cemara yang ditanam. Sehingga kamu tidak akan membuatmu bosan menikmati kemegahan peninggalan jejak sang proklamator di sini. Salah satu hotel yang dekat dengan destinasi wisata Istana Bung Hatta adalah Nikita Palace Hotel.

Wisata Keluarga dan Anak

Selain tempat wisata di atas, kota Bukittinggi juga memiliki destinasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Tentu, tempat wisata ini ramah di kantong dan juga aman bagi anak-anak. Berikut beberapa rekomendasinya yang bisa kamu tuju.

Kebun Binatang Kinantan

Kebun Binatang Kinantan atau kerap disebut Kebun Binatang Bukittinggi ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Kebun binatang ini dibangun pada tahun 1900-an oleh seorang controller Belanda di Fort de Kock saat itu. Awalnya, kebun binatang ini dibangun sebagai taman bunga. Namun, sejak tahun 1929 dikembangkan sebagai kebun binatang hingga kini.

Kebun Binatang ini tidak hanya sebagai rumah bagi ratusan spesies hewan tetapi juga sebagai museum Rumah Adat Gadang di Bukittinggi. Tiket masuk kebun binatang sangatlah murah mulai dari Rp 10.000 saja. Salah satu hotel yang dekat dengan kebun binatang ini adalah Grand Gallery Hotel Bukittinggi.

Rumah Pohon Inyiak

Destinasi wisata Rumah Pohon Inyiak adalah salah satu wisata favorit keluarga yang dibangun pada tahun 2017dan dibuka awal 2018 lalu. Sebenarnya tempat ini adalah penginapan layaknya sebuah hotel yang didesain dengan unik. Ruangannya berukuran 7x10 dan atapnya terbuat dari rerumputan hijau. Lokasi Rumah Pohon Inyiak berada di area kawasan wisata Ngarai Sianok, tepatnya di Kayu Kubu.

Di sini kamu bisa berfoto dengan latar rumah mungil dan Ngarai Sianok bersama keluarga. Tiket masuk ke destinasi ini bisa dibilang sangat murah. Para pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 saja per orang. Untuk parkir di sini jika membawa kendaraan pribadi tidak dikenai biaya alias gratis.

Rumah Kurcaci Tirta Sari

Selain Rumah Pohon Inyiak, destinasi wisata keluarga rumah unik lainnya adalah Rumah Kurcaci Tirtasari. Sebenarnya wisata ini sudah ada sejak dulu, namun tidak terawat dengan baik. Barulah pada tahun 2016 kembali dipugar dan dibuka kembali dengan konsep yang baru. Salah satu daya tariknya adalah rumah hobbit yang beratapkan rumput, ijuk dan rumbia. Di sini kamu bisa berfoto bersama keluarga.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah di hari libur akhir pekan atau hari libur nasional. Dari pusat kota Bukittinggi lokasi wisata ini hanya berjarak sekitar 11 kilometer saja. Di sini pengunjung tidak dipungut biaya, hanya membayar sumbangan seikhlasnya saja secara sukarela.

Taman Panorama

Lokasi lainnya yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga adalah Taman Panorama. Taman ini berada tidak jauh dari Jam Gadang. Dari sini kamu bisa melihat keindahan alam Ngarai Sianok dan Goa Lobang Jepang. Di sini kamu bisa menikmati suasana sejuk dan asri khas pegunungan. Di beberapa titik tersedia gazebo untuk istirahat pengunjung.

Di sekitar lokasi Taman Panorama ini juga terdapat para penjual oleh-oleh dan souvenir khas Bukittinggi seperti kaos, lukisan dan sebagainya. Tepatnya di arah belakang taman. Untuk tiket masuknya cukup murah, kamu perlu membayar hanya Rp 15.000 saja untuk orang dewasa.

Wisata Kuliner

Kamu juga wajib mencicipi kuliner khas dari kota Bukittinggi saat berlibur ke kota ini. Karena di sini banyak hidangan lezat dan menggugah selera dengan harga yang sangat terjangkau di kantong. Berikut beberapa di antaranya yang bisa kamu coba.

Pical Sikai

Jika di Jawa dikenal dengan pecel, maka di Bukittinggi disebut pical. Bedanya dengan pecel di daerah Jawa, pical di sini disajikan menggunakan jantung hati pisang dan juga rebung. Pical sikai ini juga memiliki lambang Tapai. Yakni makanan yang terbuat dari ketan putih yang dibakar. Setelah itu disajikan bersama ketan hitam.

Biasanya pical sikai banyak dijual oleh pedagang di sekitar kawasan wisata Lobang Jepang. Salah satunya adalah penjual yang berada di Jalan Panorama 19C, Bukittinggi. Kamu bisa menikmati hidangan ini bersama keluarga tercinta.

Ayam Pop

Kalau kamu pecinta kuliner yang berbahan dasar ayam, ayam pop khas Bukittinggi bisa kamu coba. Ayam pop sangat populer karena warna dagingnya yang putih pucat karena dimasak menggunakan bumbu racikan sempurna. Sehingga rasanya tetap nikmati karena direbus menggunakan santan.

Penjual ayam pop yang ada di kota Bukittinggi ini adalah Rumah Makan Famili Benteng. Rumah makan ini beralamat di Jalan Benteng Indah, Bukittinggi. Ayam Pop ini semakin nikmat saat disajikan bersama nasi putih yang masih panas.

Gulai Itiak Lado

Selain ayam, kuliner Minangkabau di kota Bukittinggi juga ada yang terbuat dari itik atau bebek. Namanya adalah Gulai Itiak yang dibuat dengan menggunakan bahan itik dan rempah pilihan. Agar semakin menambah cita rasanya masakan ini memiliki cita rasa pedas untuk menghangatkan badan di kota yang memiliki suhu sejuk ini.

Salah satu penjual gulai itiak paling banyak dikunjungi adalah Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai. Alamatnya berada di Jalan Ngarai Binuang No.41, Bukittinggi, Sumatera Barat. Kuliner ini sangat cocok bagi kamu pecinta masakan pedas.

Nasi Kapau

Masakan khas Minangkabau lain yang perlu kamu coba selanjutnya adalah nasi kapau. Semakin lengkap pula jika kamu menyantapnya bersama gulai tambusu yang terbuat dari usus kerbau atau ususu sapi yang diisi dengan kocokan telur yang direbus dan dimasak dalam kuah gulai.

Penjual kuliner ini yang terkenal adalah Nasi Kapau Uni Lies yang beralamat di Los Lambuang, Pasar Ateh, Bukittinggi. Harga untuk satu porsinya pun sangat terjangkau sehingga tidak akan membebani kantongmu.

Tips Wisata di Bukittinggi

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat berguna bagi Anda ketika berkunjung ke Bukittinggi:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Ngarai Sianok adalah pada pagi atau sore hari. Langit biru yang berpadu dengan warna kemerahan dari sinar matahari membuat pemandangan tampak lebih memukau.
  • Bagi pencinta kuliner, sempatkan mampir ke Rumah Makan Simpang Raya. Selain makanan khas Minang, Anda dapat mencicipi dadiah, susu kerbau fermentasi yang nikmat dan dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.
  • Belilah oleh-oleh khas Bukittinggi di Pasar Atas dan Pasar Lereng yang terletak tidak jauh dari kawasan Jam Gadang Bukittinggi.
Perlu Bantuan?