peringatan

Hotel di Bukittinggi

Sumatera Barat, Indonesia · 61 hotel tersedia

Cari & booking hotel murah online dengan harga promo di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Bukittinggi

Hotel Grand Royal Denai

Jalan Yos Sudarso, Kayu Kubu, Guguk Panjang, Kayu Kubu, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia, 26136

8.7 / 10

Sangat Baik

Royal Denai View Hotel

Jalan Yos Sudarso No. 7A Benteng, Bukittinggi, Indonesia, 26136

8.0 / 10

Sangat Baik

Royal Denai Hotel

Jalan Dr. A. Rivai No. 26, Bukittinggi, Indonesia, 26121

8.1 / 10

Sangat Baik

Grand Rocky Hotel Bukittinggi

Jl. Yos Sudarso No. 29 Benteng - Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia, 26128

8.6 / 10

Sangat Baik

Grand Gallery Hotel Bukittinggi

Jalan H. Agus Salim No. 25 Benteng pasar Atas, Bukittinggi, Indonesia, 26115

7.8 / 10

Baik

Pusako Hotel Bukittinggi

Jalan Soekarno Hatta No. 7 Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi, Indonesia, 26129

7.0 / 10

Baik

Novotel Bukittinggi

Jalan Laras Datuk Bandaro, Bukittinggi, Indonesia, 26115

8.4 / 10

Sangat Baik

Graha Muslim Bukit Tinggi

Jalan Prof. Dr. Hamka No. 90, Bukittinggi, Indonesia, 26117

7.5 / 10

Baik

Kharisma Hotel

Jalan Sudirman No. 57 , Bukittinggi, Indonesia, 26138

8.5 / 10

Sangat Baik

Campago Resort Hotel

Jl. Cempaka no 1 Inkorba, Bukittinggi, Indonesia, 26100

8.2 / 10

Sangat Baik

Prima Dini Hotel

Jalan Yos Sudarso No. 10 Benteng , Bukittinggi, Indonesia, 26113

7.7 / 10

Baik

Hello Guest House

Jalan Teuku Umar No. 6B , Bukittinggi, Indonesia, 26113

9.2 / 10

Istimewa

Amali Hotel

Jalan Cindua mato No. 98A, Bukittinggi, Indonesia, 26113

8.3 / 10

Sangat Baik

Benteng Hotel Bukit Tinggi

jl. Benteng No 1 Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia, 26113

7.2 / 10

Baik

Bunda Hotel Bukittinggi

Jalan Panorama No. 6, Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia, 26116

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Sakato

Jalan Urip Sumoharjo No. 3 Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia, 26181

7.3 / 10

Baik

Limas Hotel Bukittinggi

Jalan Kesehatan No. 34 Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia, 26113

7.9 / 10

Baik

Orchid Hotel

Jl. Teuku Umar No 11, Bukittinggi, Indonesia, 26113

7.5 / 10

Baik

Hotel Yuriko

Jln. Jendral Sudirman No. 7, Bukittinggi, Indonesia, 26112

6.7 / 10

Lumayan

Hotel Bagindo

Jalan Jendral Sudirman No. 43 - 45, Bukittinggi, Bukittinggi, Indonesia, 26116

8.0 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Bukittinggi merupakan kota terbesar dan destinasi wisata terpopuler keduadi Provinsi Sumatera Barat setelah Padang. Merujuk pada namanya, Bukittinggi merupakan sebuah kota yang berada pada dataran tinggi perbukitan.

Bukittinggi terletak di Provinsi Sumatera Barat bagian utara dan memiliki ketinggian kurang lebih 900 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya yang berada di perbukitan, Bukittinggi memiliki iklim sejuk dengan suhu sekitar 16-23 derajat Celsius.

Kota ini juga dikenal sebagai Kota Pahlawan karena banyaknya pahlawan yang lahir di Bukittinggi. Beberapa di antaranya adalah Muhammad Nasir, Sutan Sjahrir, dan Tan Malaka. Selain itu, bapak pendiri bangsa Indonesia Mohammad Hatta juga berasal dari Bukittinggi.

Untuk menginap di Kota Bukittinggi, Anda bisa memilih hotel dengan spesifikasi fasilitas yang lengkap namun dengan harga yang terjangkau. Sebelum itu, Anda harus mencari informasi tentang hotel-hotel yang ada di kota ini.

Sejarah Bukittinggi

Tercetusnya nama "Bukittinggi" berasal dari sebuah pasar yang sering dibicarakan dengan sebutan "Pakan". Pasar itu mempunyai nama lain “Bukik Kubangan Kabau”. Seiring berjalannya waktu, nama tersebut diubah oleh suku Kurai menjadi “Bukik Nan Tatinggi”, sampai akhirnya tercipta nama "Bukittinggi".

Cara ke Bukittinggi

Ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk mencapai Bukittinggi dengan menggunakan berbagai moda trasportasi seperti berikut ini:

Transportasi Udara

Bukittinggi tidak memiliki bandara, namun Anda dapat melakukan penerbangan dengan tujuan pendaratan di Bandara Internasional Minangkabau, Padang. Dari bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi menggunakan taksi dengan tarif sekitar Rp200.000, bus Damri seharga Rp17.000 dan disambung angkutan travel bertarif Rp15.000 atau ojek sepeda motor yang memasang harga sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000.

Jika ingin lebih nyaman dan fleksibel, Anda dapat menyewa jasa mobil travel, seperti Tranex, AWL, dan masih banyak lagi. Jenis kendaraannya pun beragam mulai dari Avanza, Xenia, ELF, dan lainnya. Biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp16.000 hingga Rp50.000 per orang.

Transportasi Darat

Bus

Bukittinggi bisa dicapai dengan menggunakan bus dari Padang. Perjalanan dimulai dari Terminal Bus Bengkuang yang terletak di Aie Pacah, 12 km dari pusat Kota Padang. Di terminal ini, terdapat bus yang langsung menuju ke Bukittinggi dengan tarif Rp10.000 per orang.

Minivan

Selain bus, terdapat juga trasportasi alternatif lainnya untuk menuju Bukittinggi. Tarif minivan dari Minang Plaza Rp15.000 per orang. Untuk mencapai Minang Plaza, Anda bisa menggunakan jasa angkutan kota (angkot) putih dengan tarif Rp2.000 per orang dari Terminal Bengkuang.

(Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah)

Hotel di Bukittinggi

Berwisata di Kota Bukittinggi banyak dipilih masyarakat yang utamanya tinggal di pulau Sumatra. Kota terbesar nomor dua di Provinsi Sumatra Barat ini memiliki ragam tujuan wisata, baik wisata alam, sejarah, edukasi, dan sebagainya. Hal itu pula yang menjadikan hotel di Bukittinggi banyak diburu oleh pengunjung yang singgah di kota ini.

Jenis akomodasi yang tersedia cukup beragam, mulai dari hotel bintang 1 hingga 4 yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, tujuan, dan dana. Berikut ini adalah daftar hotel di Bukittinggi yang memberikan fasilitas terbaik untuk liburan Anda:

Hotel Bintang 1 di Bukittinggi

Menawarkan harga penginapan yang murah dengan fasilitas yang cukup mumpuni, hotel bintang 1 di Bukittinggi ini menjadi incaran para wisatawan atau backpacker dengan bujet terbatas:

Prima Dini Hotel

Kebanyakan para backpacker memilih hotel Prima Dini dengan alasan harga yang murah. Tak hanya itu, hotel bintang 1 ini juga populer karena lokasinya dekat dengan tempat wisata murah, seperti Jam Gadang dan Lobang Jepang.  Di sekitar hotel, Anda akan menemukan beragam sarana umum, seperti toko serbaguna, salon kecantikan, serta penatu.

Hotel di Bukittinggi ini menawarkan berbagai tipe kamar dengan fasilitas berupa tidur empuk, furnitur sederhana, kamar mandi pribadi dengan pancuran, dan TV. Layanan kamar 24 jam juga tersedia untuk membantu Anda selama tinggal di hotel, sekaligus menjaga kebersihan kamar. 

Wisatawan yang datang dari luar kota atau luar pulau juga bisa menggunakan layanan antar-jemput bandara dengan biaya ekstra. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp265.000 hingga Rp350.000. Anda dapat menemukan hotel Prima Dini di l. Yos Sudarso No. 10, Benteng, Bukittinggi.

Hotel Bagindo

Lebih dari 80% pengunjung yang pernah menginap di hotel ini mengaku puas dengan pelayanan staf yang ramah, fasilitas yang lengkap, serta kebersihan hotel. Hotel yang berada di Jl. Jendral Sudirman No. 43-45, Bukittinggi ini memasang tarif mulai dari Rp400.000 per malam untuk kamar tipe Deluxe.

Hotel dengan konsep bangunan menyerupai rumah Gadang ini memiliki lokasi yang dekat dengan banyak tujuan wisata murah populer, seperti jam Gadang, Ngarai Sianok, dan Lobang Jepang. Setelah puas mengelilingi objek wisata, Anda bisa beristirahat dengan nyaman di kamar yang dilengkapi dengan kasur pegas, pendingin ruangan, kamar mandi pribadi, dan TV.

Amali Hotel

Bagi wisatawan yang datang ke Bukittinggi dan ingin mencari akomodasi murah, hotel Amali adalah pilihan yang tepat. Selain cocok untuk backpacker, hotel bujet bintang 1 ini juga kerap menjadi pilihan keluarga. Selain harga yang terjangkau, terdapat berbagai fasilitas kenyamanan yang siap ditawarkan untuk pengunjung.

Lokasinya yang dekat dengan wisata sejarah Benteng Fort de Kock membuat perjalanan bersama si kecil akan terasa menyenangkan dan sarat ilmu. Usai berkeliling, Anda bisa tidur di kamar pilihan yang dilengkapi dengan kasur empuk, kamar mandi pribadi, serta furnitur sederhana. 

Pemandangan di depan hotel juga cukup menyejukkan mata, yakni tebing yang dikelilingi tanaman hijau, dengan jalan setapak yang biasa digunakan untuk berjalan-jalan menghirup udara pagi. Dengan tarif mulai dari Rp385.000 hingga Rp650.000 per malam, hotel yang beralamat di Jl. Cindua Mato No.98A, Bukittinggi ini siap melayani kebutuhan Anda saat menginap. 

Hotel Bintang 2 di Bukittinggi

Hampir mirip dengan hotel bintang 1, beberapa penginapan bintang 2 di Bukittinggi ini bisa menjadi tempat bermalam dengan bujet ekonomis:

Royal Denai View Hotel

Pengunjung yang ingin berlibur ke Bukittinggi bisa menginap di Royal Denai View Hotel. Hotel bintang 2 ini memiliki desain modern yang terletak di dekat tempat wisata Benteng Fort de Kock. Dari objek wisata sejarah tersebut, Anda cukup berjalan kaki selama kurang dari 5 menit untuk menuju hotel di Bukittinggi ini.

Selain kawasannya yang ideal sebagai tujuan istirahat para backpacker, hotel Royal Denai View juga memiliki fasilitas kenyamanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan. Anda bisa memilih kamar tipe Deluxe, Superior, atau Suite yang masing-masing sudah dilengkapi fasilitas berupa kasur empuk, kamar mandi pribadi, TV layar datar, serta lemari pakaian.

Soal hiburan, Anda tak perlu khawatir karena hotel ini dekat dengan berbagai fasilitas publik seperti restoran, toko serbaguna, dan sebagainya. Hotel yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 7A, Benteng, Bukittinggi ini memasang tarif kamar mulai dari Rp323.000 hingga Rp532.000 per malam.

Grand Gallery Hotel Bukittinggi

Hotel bujet ini berada di Jl. H. Agus Salim No. 25, Benteng pasar Atas, Bukittinggi. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota menjadikan Grand Gallery Hotel Bukittinggi sebagai incaran wisatawan. Dengan mengutamakan keramahan staf dan pelayanan yang supel, banyak pengunjung yang betah menginap di sini.

Hotel di Bukittinggi ini mengusung desain modern minimalis di setiap kamarnya. Anda bisa memilih kamar tipe Standard, Deluxe, Superior, atau Gallery Suite yang memiliki fasilitas berbeda-beda. Tarif menginap di hotel bintang 2 ini mulai dari Rp275.000 hingga Rp795.000 per malam.

Selain fasilitas kamar standar seperti kasur empuk, kamar mandi pribadi, TV layar datar, dan perabot sederhana, ada juga sarana umum yang bisa Anda nikmati. Sebut saja restoran, kafe, ruang keluarga, dan area bermain anak yang bisa membuat suasana liburan Anda semakin menyenangkan.

Limas Hotel Bukittinggi

Satu lagi hotel bujet bintang 2 di Bukittinggi untuk liburan murah dan menyenangkan. Hotel yang terletak di Jalan Kesehatan No. 34 Bukittinggi ini menyediakan kamar bersih, staf yang ramah, serta layanan resepsionis 24 jam akan siap membantu Anda selama menginap. Kamar tipe Standard, Superior, dan Deluxe bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp320.000 hingga Rp520.000 per malam.

Limas Hotel Bukittinggi memiliki kamar-kamar yang dilengkapi dengan kasur yang empuk, pendingin ruangan, kamar mandi pribadi dengan pancuran, perabot sederhana, serta TV layar datar. Pengunjung yang berencana menginap dalam waktu yang cukup lama tak perlu membawa banyak baju karena tersedia penatu di hotel bujet ini.

Hotel Bintang 3 di Bukittinggi

Hotel kelas menengah di Bukittinggi termasuk akomodasi menginap dengan fasilitas yang sudah lengkap. Berikut ini adalah daftar hotel bintang 3 di Bukittinggi yang dapat Anda pertimbangkan:

Royal Denai Hotel

Jika Anda ingin menginap di hotel murah dengan fasilitas kenyamanan yang mumpuni, bermalam di hotel Royal Denai sangat cocok bagi para backpacker, keluarga, atau pelancong bisnis. Tarif yang dipasang oleh hotel di Bukittinggi ini mulai dari Rp430.000 hingga Rp535.000 per malam.

Hotel kelas menengah ini memiliki fasilitas unggulan seperti kamar nyaman dengan atau tanpa pendingin ruangan, kasur yang empuk, kamar mandi pribadi, TV layar datar, serta Wi-Fi gratis. Selain itu, dengan memesan kamar di hotel ini, pengunjung juga sudah mendapat sarapan gratis.

Kamar-kamarnya cukup luas, bersih, dan nyaman, bisa dijadikan alternatif akomodasi utama selama Anda berada di Bukittinggi. Para tamu juga bisa memperoleh akses menuju sarana rekreasi, seperti kolam renang luar ruangan dan kafe. Anda dapat menemukan hotel ini di Jalan Dr. A. Rivai No. 26, Bukittinggi.

Campago Resort Hotel

Penginapan yang satu ini banyak dicari wisatawan, terutama yang datang bersama rombongan. Terdapat tipe Superior, Family, atau Bungalow yang bisa mengakomodasi dua sampai empat orang sekaligus. Suasana di sekitar hotel juga cukup sepi karena jauh dari keramaian. Suasana seperti ini pas bagi Anda yang menginginkan liburan tenang untuk mengusir stres.

Kamar-kamar hotel di Bukittinggi ini memiliki desain modern dan  minimalis dengan jendela berukuran besar agar Anda bisa menikmati udara sejuk di pagi hari. Pengunjung akan dimanjakan di kamar yang dilengkapi dengan kasur empuk, pendingin ruangan, kamar mandi pribadi, koneksi Wi-Fi gratis, serta perabot sederhana. Tarif menginap di hotel ini mulai dari Rp550.000 hingga Rp2.000.000 per malam.

Tak hanya menjamin tidur malam yang nyaman, Anda juga bisa mengakses beragam fasilitas rekreasi yang tersedia. Sebut saja kolam renang luar ruangan untuk dewasa dan anak-anak, area bermain anak, olahraga tenis meja, dan layanan pijat yang bisa diakses dengan tambahan biaya. Anda dapat menemukan hotel ini di Jl. Cempaka No.1, Inkorba, Bukittinggi.

Hotel Bintang 4 di Bukittinggi

Bagi Anda yang ingin menginap dengan segala kemewahan dan fasilitas lengkap, hotel bintang 4 di Bukittinggi ini bisa menjadi pertimbangan:

Hotel Grand Royal Denai

Sebagai salah satu hotel yang baru dibangun di kawasan Bukittinggi, Grand Royal Denai banyak dicari masyarakat karena kebersihan dan kenyamanannya. Desain modern dan fasilitas yang lengkap juga menjadi salah satu daya tarik banyaknya wisatawan yang menginap di hotel mewah ini.

Setiap kamarnya dilengkapi dengan kasur pegas yang empuk, kamar mandi pribadi, area duduk, pendingin ruangan, TV layar datar, serta koneksi Wi-Fi  gratis. Pengunjung yang datang juga memiliki akses menuju sarana rekreasi, seperti kolam renang luar ruangan untuk dewasa dan anak-anak, serta restoran.

Bermalam di hotel Grand Royal Denai akan memberikan istirahat nyaman usai berwisata di Bukittinggi. Tarif kamar yang ditawarkan mulai dari Rp632.000 hingga Rp690.000 per malam. Untuk menemukan hotel di Bukittinggi ini, Anda bisa pergi ke Jalan Yos Sudarso, Kayu Kubu.

Grand Rocky Hotel Bukittinggi

Wisatawan yang mengunjungi Kota Bukittinggi dan bermalam di Grand Rocky Hotel akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas kenyamanan yang tersedia. Fasilitas kamar standar ditujukan untuk menjamin istirahat Anda, seperti kamar mandi pribadi dengan pancuran, TV kabel layar datar, pengering rambut, brankas, dan kulkas mini.

Selain itu, hotel yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso No. 29, Benteng, Bukittinggi menyediakan fasilitas penunjang berupa kolam renang luar ruangan, bar kolam renang, dan layanan pijat dengan biaya ekstra. Tarif bermalam yang ditawarkan hotel di Bukittinggi ini mulai dari Rp725.000 hingga Rp4.500.000.

Pusako Hotel Bukittinggi

Berbeda dengan kedua hotel bintang 4 sebelumnya, hotel Pusako Bukittinggi memiliki desain interior yang lebih tradisional, tapi tetap dipadukan dengan nuansa modern. Hotel yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No. 7, Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi ini memasang tarif mulai dari Rp518.072 hingga Rp729.233 per malam.

Di hotel ini, para tamu akan dimanjakan dengan kamar-kamar yang bisa dipilih, seperti tipe Standard atau Deluxe yang dilengkapi dengan kamar mandi pribadi, TV kabel, serta perabot sederhana. Ada juga teras yang digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan hotel.

Selain kamar-kamar yang nyaman, terdapat juga sarana rekreasi yang dapat dinikmati oleh semua tamu. Anda bisa melakukan olahraga tenis, biliar, berenang di kolam renang outdoor, atau menikmati makanan lezat di kafe hotel. Apapun pilihan Anda, bermalam di hotel Pusako Bukittinggi tak akan mengecewakan.

 

Objek Wisata di Bukittinggi

Berikut ini adalah beberapa tujuan wisata menarik yang dapat Anda kunjungi selama berada di Bukittinggi: 

Jam Gadang

Jika London memiliki jam Big Ben sebagai landmark kotanya, Bukittinggi memiliki jam Gadang yang tidak kalah megahnya. Jam Gadang terletak di pusat Kota Bukittinggi, sehingga mudah dicapai dari manapun.

Jam yang dibangun pada 1926 ini merupakan ikon Bukittinggi dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Jam besar ini sangatlah unik. Jika Anda perhatikan secara teliti, tidak ada angka 4 Romawi seperti jam pada umumnya. Penggambaran waktu yang menunjukkan pukul 4 dituliskan dengan “IIII".

  • Harga: Gratis
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

 

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok terletak di perbatasan Bukittinggi dan Kabupaten Agam. Ngarai Sianok merupakan jurang yang memiliki kedalaman sekitar 100 m dan membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m.

Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Ngarai ini adalah di Taman Panorama Ngarai Sianok. Lokasi taman panorama hanya berjarak kurang dari 1 km dari jam Gadang.

  • Harga: Rp4.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.30-18.30 WIB

 

Lubang Jepang

Lubang Jepang terletak satu kawasan dengan Taman Panorama Ngarai Sianok. Lubang Jepang merupakan bekas bunker pertahanan yang berbentuk terowongan panjang milik tentara Jepang pada masa kependudukannya di Sumatra Barat. Lubang Jepang memiliki diameter 2 meter dan panjang kira-kira 1.400 meter.

Di sini, terdapat ruang-ruang khusus yang berfungsi sebagai ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, dan gudang senjata. Selain itu, Lubang Jepang memiliki banyak lorong di kedua sisinya. Jika tidak mau tersesat, sebaiknya menelusuri lubang dengan pemandu wisata setempat.

  • Harga: Rp5.000 per orang dan Rp20.000 untuk jasa pemandu wisata
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.30-18.30 WIB

 

Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada 1825. Pada masanya, benteng ini digunakan oleh tentara Belanda sebagai kubu pertahanan dari gempuran rakyat Minangkabau.

Lokasi benteng ini tidak jauh dari jam Gadang, Bukittinggi. Anda dapat mencapai lokasi ini dengan berjalan kaki. Di sini, Anda dapat melihat daerah Bukittinggi dari sudut 360 derajat.

  • Harga: Rp8.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-17.30 WIB

 

Janjang Koto Gadang

Janjang Koto Gadang atau Janjang Saribu merupakan jembatan sepanjang 1,7 km. Lokasi wisata ini cukup unik karena bentuknya mirip dengan Tembok Besar Cina. Walaupun tidak sebesar dan sepanjang Tembok Besar Cina, tempat wisata ini menyajikan pemandangan Ngarai Sianok yang dapat Anda nikmati ketika melewatinya.

  • Harga: Gratis
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

 

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Bagi Anda yang ingin mengenal sosok Mohammad Hatta lebih dekat, sempatkan diri untuk mengunjungi museum ini di Jalan Soekarno-Hatta No. 37, Bukittinggi.

Dulunya, museum ini merupakan rumah tempat kelahiran Mohammad Hatta, Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama. Di sini, Anda dapat mengamati foto-foto masa kecil dan kegiatan Mohammad Hatta semasa hidupnya.

  • Harga: Gratis
  • Jam buka: 08.00-16.00 WIB (Senin-Jumat) dan 09.00-14.00 WIB (Sabtu-Minggu)

 

Museum Rumah Adat Baanjuang

Bukittinggi memiliki bangunan adat bersejarah yang dinamakan Museum Rumah Adat Baanjuang. Museum ini didirikan pada 1 juli 1935, saat Belanda masih menjajah Indonesia. Di dalamnya, terdapat banyak koleksi barang-barang pada masa lampau. Museum ini berada di kawasan Taman Wisata Panorama.

  • Harga: Rp2.000 per orang dan Rp20.000 untuk mengenakan pakaian adat Sumatera Barat
  • Jam buka: -

 

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Kebun binatang di Bukittinggi bernama Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Namanya berganti-ganti seiring perjalanan waktu, mulai dari Kebun Bungo hingga Taman Puti Bungsu. Sampai akhirnya, diputuskan bahwa tempat wisata ini bernama Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.

Bukan hanya bisa melihat satwa, Anda juga dapat mengunjungi objek wisata Benteng Fort de Kock melalui Jembatan Limpapeh. Jika dari arah Padang, Anda hanya perlu menaiki angkutan umum dengan mengeluarkan uang sekitar Rp15.000.

  • Harga: Rp8.000 per orang (dewasa) dan Rp5.000 per orang (anak-anak)
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-18.00 WIB

 

Pasar Atas

Jika Anda berkunjung ke jam Gadang, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Atas yang berada di dekatnya. Jika Anda ingin mencari songket dan buah tangan, pasar inilah tempat yang tepat. Songket khas Bukittinggi dengan sulaman kerancang asli buatan penduduk setempat tidak diragukan lagi keindahan dan kualitasnya. Harga yang ditawarkan untuk sebuah songket bermacam-macam, tergantung bahan dan jumlah sulaman.Harganya berkisar antara Rp250.000 hingga Rp700.000 per kain. Songket yang dibuat dengan benang satu dijual dengan harga termahal, yakni sekitar Rp2.000.000 per kain.

Selain songket, terdapat kaus-kaus yang biasa dijual di setiap tempat wisata. Dengan mengeluarkan uang sekitar Rp20.000 hingga Rp100.000, Anda bisa memilih kaus dengan berbagai tulisan menarik.

Bukan hanya buah tangan yang disajikan, macam-macam kuliner khas Bukittinggi juga bisa ditemukan di tempat ini, seperti nasi Kapau dan teh talua atau teh telur.

Pasar Lereng

Pasar lereng terletak di tengah-tengah Pasar Atas dan Pasar Bawah. Pasar ini tidak selengkap Pasar Atas. Pasar ini sangat terkenal dengan kulinernya yaitu nasi Kapau. Gulai Kapau membuat nasi ini begitu lezat karena terbuat dari bumbu-bumbu rempah khas Sumatera Barat.

Air Terjun Lembah Anai

Air terjun yang mengalir dari Gunung Singgalang ini berada di antara Kota Bukittinggi dan Kota Padang. Dari Kota Padang, Anda hanya perlu menaiki angkot dengan tarif Rp15.000 hingga Rp20.000 saja.

Plaza Bukittinggi

Bukittinggi juga memiliki mal yang menjual segala kebutuhan pokok mulai dari perlengkapan anak-anak, baju ibu-ibu, hingga perabotan rumah tangga. Untuk para wanita yang suka berbelanja, Anda wajib mengunjungi mal yang berada dekat jam Gadang ini.

Tips Wisata di Bukittinggi

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat berguna bagi Anda ketika berkunjung ke Bukittinggi:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Ngarai Sianok adalah pada pagi atau sore hari. Langit biru yang berpadu dengan warna kemerahan dari sinar matahari membuat pemandangan tampak lebih memukau.
  • Bagi pencinta kuliner, sempatkan mampir ke Rumah Makan Simpang Raya. Selain makanan khas Minang, Anda dapat mencicipi dadiah, susu kerbau fermentasi yang nikmat dan dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol.
  • Belilah oleh-oleh khas Bukittinggi di Pasar Atas dan Pasar Lereng yang terletak tidak jauh dari kawasan Jam Gadang Bukittinggi.

Hotel di Bukittinggi Lainnya