peringatan

Hotel di Cirebon

Jawa Barat, Indonesia · 71 hotel tersedia

Cari hotel murah & promo dengan cepat dan mudah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Cirebon

The Luxton Cirebon Hotel and Convention

Jalan RA. Kartini No.60, Cirebon, Indonesia, 45122

8.9 / 10

Sangat Baik

Hotel Citradream Cirebon

Jl. Cipto Mangunkusumo No. 6, Cirebon, Indonesia, 45131

8.3 / 10

Sangat Baik

Aston Cirebon Hotel & Convention Center

Jalan Brigjen Dharsono No. 12C (Bypass) , Cirebon, Indonesia, 45135

8.7 / 10

Sangat Baik

Swiss-Belhotel Cirebon

Jalan Cipto Mangunkusumo No. 26, Cirebon, Indonesia, 45131

8.4 / 10

Sangat Baik

BATIQA Hotel Cirebon

Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Sunyaragi, Kesambi, Cirebon, Indonesia, 45132

8.6 / 10

Sangat Baik

NEO Samadikun Cirebon Hotel

Jl. Kapten Samadikun No. 60, Cirebon, Indonesia, 45121

8.7 / 10

Sangat Baik

Cordela Hotel Cirebon

Jalan Dokter Cipto Mangunkusumo 111, Cirebon, Indonesia, 45133

8.7 / 10

Sangat Baik

Metland Hotel By Horison Cirebon

Jalan Siliwangi No. 61 , Cirebon, Indonesia, 45121

8.7 / 10

Sangat Baik

Apita Express Hotel

Jln. Cipto Mangun Kusumo Komplek CSB Green Vile 2-5, Cirebon, Indonesia, 45131

8.2 / 10

Sangat Baik

Verse Hotel Cirebon

Jalan Tuparev No.168, Cirebon, Indonesia, 45171

8.5 / 10

Sangat Baik

Bentani Hotel & Residence

Jalan Siliwangi No. 69, Cirebon, Indonesia, 45121

8.8 / 10

Sangat Baik

Amaris Hotel Cirebon

Jalan Siliwangi No. 70, Cirebon, Indonesia, 45121

8.2 / 10

Sangat Baik

Hotel Grand tryas

Jalan Tentara Pelajar No 103 - 107 , Cirebon, Indonesia

8.6 / 10

Sangat Baik

Vinotel Cirebon

Jalan Pemuda No.17, Sunyaragi, Kesambi, Cirebon, Indonesia, 45143

8.6 / 10

Sangat Baik

Grage Hotel Cirebon

Jl. R.A. Kartini No. 77, Cirebon, Indonesia, 45123

8.7 / 10

Sangat Baik

Hotel Dewanti

Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 45, Cirebon, Indonesia, 45122

8.7 / 10

Sangat Baik

Cirebon Plaza Hotel

Jalan R. A. Kartini No. 64 Cirebon, Cirebon, Indonesia

8.2 / 10

Sangat Baik

Hotel Lotus Cirebon

Jala Sasana Budaya No. 185, Cirebon, Indonesia, 45131

8.5 / 10

Sangat Baik

Hotel Aurora Lama

Jalan Kartini No. 27, Cirebon, Indonesia, 45123

8.5 / 10

Sangat Baik

Hotel Tryas

Jalan RA Kartini No 86 , Cirebon, Indonesia, 45122

8.5 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Kota Cirebon terletak di jalur pantura (pantai utara). Jalur ini biasanya sering dijadikan tempat persinggahan oleh para pemudik Lebaran atau sekedar ingin jalan-jalan menuju ke arah Jawa Tengah dan Timur.

Selain sebagai tempat persinggahan, kota Cirebon menyimpan pesona tersendiri melalui berbagai tempat wisata yang menarik. Tempat ini menawarkan sejumlah daya tarik mulai dari wisata ziarah keraton, sejarah, seni budaya seperti Tari Topeng, kerajinan batik dan juga kelezatan aneka kulinernya yang cukup menarik.

Kota yang berada di perbatasan Jawa Barat dan Tengah ini memiliki aneka makanan khas yang memiliki cita rasa otentik. Hal ini dikarenakan adanya perpaduan dari Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Cirebon memiliki luas wilayah sekitar 37,35 km2 (3.735,8 hektar) dan dikelilingi oleh banyak sungai serta laut. Di bagian utara, kota Cirebon berbatasan dengan Sungai Kedung Pane, selatan dengan Sungai Kalijaga, barat dengan Sungai Banjir Kanal, dan di bagian Timur dengan Laut Jawa.

 

Sejarah

Putra Prabu Siliwangi, yaitu Pangeran Walangsungsang yang bergelar Cakrabumi dipilih menjadi Adipati Cirebon yang kemudian mendirikan kerajaan Cirebon. Akan tetapi, Adipati Cirebon tidak memberikan upeti untuk Raja Galuh yang ketika itu menjadi penguasa pelabuhan (Syahbanar Ki Gendeng Tapa). Hal ini mengakibatkan Raja Galuh menyerang Cirebon agar Adipati Cirebon tunduk. Namun tidak disangka Raja Galuh mendapatkan kekalahan, dan Adipati Cirebon otomatis sebagai pemenangnya. Tahun 1681 Pemerintahan Cirebon menyetujui suatu perjanjian dengan VOC pada tanggal 7 Januari, sehingga ekonomi dan politik berada di bawah pengawasan VOC.

Tahun 1858 beberapa perusahaan dagang dan toko eceran dibangun di Cirebon dan perkembangannya pun sangatlah pesat. Hingga 10 tahun kemudian tercatat bahwa 200.000 kuintal gula telah berhasil diekspor. Pada tahun 1868, cabang perusahaan Batavia juga dibangun di Cirebon. Hal ini membuat Cirebon menjadi Kota yang sukses dan menghasilkan sebuah pabrik es dan air minum.

 

Bahasa

Bahasa Cirebon atau Basa Cerbon yang biasa disebutkan oleh orang-orang Cirebon, merupakan budaya bahasa yang awalnya di gunakan oleh warga Pantura (Pesisir Utara), Jawa Barat. Selain penduduk Cirebon, yang menggunakan bahasa ini adalah masyarakat Indramayu, sebagian masyarakat Karawang, perbatasan Cirebon – Majalengka, Serang (banten), Losari, dan subang. Namun, setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing dalam dialeknya.

 

Iklim

Kota Cirebon memiliki iklim tropis. Kurang lebih 22,3 oC untuk suhu udara minimum dan 33,0 OC untuk udara maksimum. Kota Cirebon memiliki banyak curah hujan sekitar 1.351 mm/tahun (86 hari).

Pada bulan Desember hingga Maret terjadi angin musim barat. April hingga November adanya angin pancaroba. Sedangkan Mei hingga Oktober adanya angin musim timur.

 

Wilayah Utama

Harjamukti

Harjamukti adalah salah satu kecamatan yang paling luas di Kota Cirebon. Di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Kesambi, Lemahwungkuk, dan Cirebon. Sedangkan di sebelah timurnya memiliki area perbatasan dengan Mundu, Cirebon, dan Kabupaten Cirebon. Dan kecamatan Talun yang merupakan bagian dari Kabupaten Cirebonmasuk dalam wilayah perbatasan sebelah selatan dan barat.

Kejaksan

Kejaksan merupakan salah satu kecamatan di Cirebon, Jawa Barat. Kecamatan ini memiliki empat kelurahan, yaitu kelurahan Kebonbaru, Kejaksan, Kesenden dan Sukapura.

Kesambi

Kesambi merupakan salah satu kecamatan di Cirebon, Jawa Barat.

Lemahwungkuk

Lemahwungkuk juga merupakan salah satu kecamatan di Cirebon yang sering dikunjungi. Di kawasan Kecamatan Lemahwungkuk inilah keraton kasepuhan & kanoman berada.

Pekalipan

Pekalipan merupakan salah satu kecamatan di Cirebon, Jawa Barat. Di kecamatan ini, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat, antara lain Keraton Kecirebonan, Stasiun Prujaksan, Toserba Yogya Grand Center Cirebon, Asia Plaza Cirebon, HBC Cirebon, Puskesmas Jagasatru, dan lain sebagainya.

 

Cara ke Cirebon

Melalui udara

Kota Cirebon tidak memiliki bandara. Namun pengunjung yang datang dari luar Pulau Jawa dapat naik pesawat menuju Jakarta atau Bandung. Dari Bandung atau Jakarta, perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan kereta api, bus maupun jasa mobil travel.

Melalui darat

Kereta api
Dari Stasiun Gambir atau Stasiun Jatinegara, Jakarta, Anda dapat pergi ke Cirebon dengan menggunakan kereta api Cirebon Ekspress dan Argo Jati dengan lama perjalanan sekitar 3 jam.
Cirebon Ekspress menyediakan Kelas Bisnis dan Kelas Eksekutif
Tarif kereta api Cirebon Ekspress dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Tegal:
Kelas Bisnis: Rp100.000,00 – Rp130.000,00
Kelas Eksekutif: Rp140.000,00 – Rp180.000,00
Tarif kereta api Argo Jati dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cirebon mulai dari Rp220.000,00
Bus
Dengan menggunakan bus, perjalanan dari Jakarta ke Cirebon dapat menghabiskan waktu sekitar 5 jam. Pilihan bus-nya bervariasi, mulai dari yang Ekonomi hingga Eksekutif. Anda dapat naik bus dari Terminal Kampung Rambutan atau Pulo Gadung. Selain itu, tersedia juga pilihan bus seperti Luragung Group yang berangkat dari pangkalannya di Mangga Besar, Lebak Bulus (Bus AC Batara), Ciledug dan Galur-Kemayoran.
Tarif bus ke Cirebon cukup bervariasi dan tergantung kelasnya, yaitu mulai dari Rp30.000,00 hingga Rp120.000,00.

Mobil travel
Untuk mencapai Cirebon, Anda juga dapat menggunakan jasa mobil travel. Ada banyak perusahaan mobil travel yang berangkat dari berbagai kota, misalnya Jakarta, Karawang, Bekasi, Cikarang, Depok, Bogor, Semarang, Bandung, dll.
Tarif mobil travel dari kota-kota itu ke Cirebon mulai Rp135.000,00, tergantung dari perusahaan travel masing-masing.
(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Transportasi di Cirebon

Angkutan kota 
Angkutan kota atau angkot banyak terdapat di Cirebon. Tarifnya berkisar dari Rp3.000,00 - 5.000,00. Bagi pengunjung yang datang ke Cirebon untuk pertama kali, trayek angkot di Cirebon bisa saja membingungkan, karena rute pergi yang dilalui satu jenis angkot belum tentu sama dengan rute pulangnya. Sebaiknya hafalkan nomor dan rute tiap angkot atau jangan sungkan bertanya kepada warga Cirebon.
Becak
Becak mudah sekali ditemui di Cirebon, transportasi ini tersedia di hampir di seluruh pelosok kota. Tarif naik becak bervariasi, tergantung jarak dan kemampuan Anda menawar, biasanya mulai dari Rp10.000,00.
Ojek
Bagi yang ingin berkeliling-keliling Kota Cirebon tetapi belum mengenal kota ini, maka Anda dapat menyewa ojek untuk seharian. Tarif ojek di Cirebon untuk seharian dapat berkisar antara Rp50.000,00 hingga Rp100.000,00, tergantung kesepakatan.
Taksi
Di Cirebon, taksi tidak terlalu umum dan biasanya taksi tidak menggunakan argometer, melainkan dengan tarif borongan atau per jam.
(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Objek Wisata di Cirebon

Cirebon memiliki beragam wisata mulai dari wisata ziarah, alam, budaya, hingga kuliner. Selain objek wisata, kota ini juga memiliki fasilitas yang disediakan oleh pemerintah kota dan pihak swasta, contohnya tempat penginapan dan hotel dengan berbagai fasilitasnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih detail tentang objek-objek wisata di Cirebon, maka di bawah ini ada beberapa objek wisata menarik yang dapat dikunjungi:

Keraton Kasepuhan
Cirebon terkenal dengan wisata religi dan sejarahnya. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk wisata tersebut adalah Keraton Kasepuhan yang merupakan keraton termegah di Kota Udang. Di keraton ini, Anda dapat mengenal sejarah masuknya agama Islam. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Museum Benda Kuno untuk melihat benda-benda bersejarah peninggalan Sultan dan Sunan Gunung Jati yang meruapakan salah seorang dari wali songo.

Lokasi                 : Jl. Jagasatru, Cirebon, Jawa Barat

Tiket Masuk       : Rp8.000,00/orang

Makam Sunan Gunung Jati
Lokasi Makam Sunan Gunung Jati ada di desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, yaitu 6 km arah utara dari Cirebon. Jika ingin menggunakan transportasi umum, naiklah bus dari Terminal Cirebon dengan jurusan Cirebon-Indramayu. Perjalanan yang ditempuh tidak terlalu jauh dari kota Cirebon, yaitu sekitar 15-20 menit.

Objek Wisata Cibulan, Kuningan
Objek Wisata Cibulan terletak kira-kira 10 km dari kota Kuningan dan 20 km dari Cirebon. Lokasinya berada di Jalan Raya Kuningan-Cirebon, Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana. Objek wisata ini memiliki kolam pemandian di antara pepohonan rindang dan 7 mata air bernama Sumur Tujuh. Selain itu, objek wisata ini juga memiliki kolam-kolam ikan yang konon katanya dihuni oleh ikan dewa keramat. Tempat ini memiliki suhu yang sejuk dan cukup dingin di malam hari, sehingga cocok bagi Anda untuk menginap di tempat penginapan atau pun hotel terdekat sambil menikmati sajian hangat ala Kuningan.
Tiket masuk Objek Wisata Cibulan:
Dewasa: Rp8.000,00
Anak-anak: Rp5.000,00

Situ Sedong
Situ Sedong berlokasi di Kecamatan Sedong. Objek wisata ini merupakan tempat yang tepat untuk wisata keluarga, terutama jika Anda senang memancing sambil disuguhi pemandangan alam yang indah. Selain itu, anak-anak juga dapat menikmatinya dengan memilih beberapa permainan air. Namun, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Situ Sedong, ada baiknya datang pada sore hari karena suhunya sudah tidak terlalu panas, selain itu Anda juga dapat menikmati keindahan sunset dari tempat ini.

Keraton Kanoman

Keraton Kanman merupakan pusat Kesultanan Cirebon pada masa itu. Namun karena pesatnya perkembangan, Kesultanan Cirebon dibagi menjadi beberapa keraton, yaitu Keraton Kanoman, Keraton Kesepuhan, Keraton Keprabon, dan Keraton Kecirebonan.

Lokasi            : Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat

Tiket Masuk  : Rp5.000,00/orang

Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma Suryani yang dahulunya bernama Taman Traffic Garden Cirebon merupakan salah satu tempat yang cocok untuk wisata keluarga. Di dalamnya terdapat berbagai permainan seperti, wisata pantai dan juga kebun binatang.

Lokasi            : Jl. Yos Sudarso, Cirebon, Jawa Barat

Taman Sari Gua Sunyaragi

Tempat ini memiliki berbagai peninggalan sejarah, yaitu adanya perpaduan antara budaya Indonesia dan juga Cina.

Lokasi            : Jl. Brigjen Darsono, Sunyaragi, Cirebon, Jawa Barat.

Tiket Mauk    : Rp10.000,00/orang

Waterboom Siwalk

Objek wisata yang satu ini memiliki banyak wahana permainan. Lokasinya juga sangat strategis, karena dikelilingi oleh pemandangan yang indah dan tentnya dapat memanjakan mata para pengunjungnya.

Lokasi            : Desa Setu Patok, Mundu, Cirebon

Tiket Masuk  : Rp3.000,00/orang

Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan merupakan pemandian air panas yang kandungan airnya mengandung belerang dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Lokasi                        : Di dalam lokasi Pabrik Semen PT. Indocement Tunggal Prakarsa

Tiket Masuk              : Rp4.500,00/orang

Tiket berendam        : Rp6.000,00/orang

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Wisata Kuliner di Cirebon

Jika Anda ke Cirebon, maka wajib mencicipi kuliner asli yang tersedia di Kota Udang ini. Ada beberapa makanan khas yang dapat di temui di sekitar Cirebon, antara lain:

Nasi Jamblang
Nasi jamblang adalah nasi putih yang disajikan menggunakan daun jati, dengan berbagai jenis lauk yang disediakan dan dapat dipilih sesuai keinginan. Uniknya, lauk yang disediakan jumlahnya sampai 29 jenis. Kuliner ini dapat ditemukan di Jalan Siliwangi Cirebon atau di berbagai lokasi lainnya di Cirebon.

Docang
Docang terdiri dari berbagai jenis sayuran, seperti tauge dan daun singkong dan disuguhi bersamaan dengan lontong serta kerupuk putih yang direndam dalam kuah panas berbumbu khas. Makanan ini umumnya banyak ditemukan di Jalan Siliwangi.

Empal gentong
Empal gentong merupakan kuliner yang terbuat dari daging, baik daging kambing atau pun sapi. Sesuai namanya, empal gentong dimasak dalam sebuah gentong dan rasanya seperti gulai, namun kuliner ini disajikan bersamaan dengan cabai bubuk yang sudah dibungkus dalam kertas.

Tahu gejrot
Siapa yang tak kenal dengan makanan ringan ini? Tahu gejrot khas Cirebon ini terbuat dari tahu pong yang direndam dalam kuah. Bahan kuah tahu gejrot ini terbuat dari campuran air gula, cuka, cabe rawit dan juga bawang merah. Umumnya, tahu gejrot disajikan di piring kecil khusus yang terbuat dari gerabah dan dimakan menggunakan tusuk lidi.

 

Tips Wisata di Cirebon

Cirebon merupakan salah satu daerah yang kental akan adat jawanya. Jangan heran jika terdapat ritual-rituat tidak biasa yang menjadi kegiatan rutin warga Cirebon.

Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Cirebon, Anda dapat membeli Brownies Tape Labilla di Jalan Moh. Toha Al-Hidayah No 282, Cirebon yang menjadi oleh-oleh populer bagi wisatawan.

Bagi Anda yang berkunjung dari luar kota, maka dapat menginap di penginapan atau hotel yang berada di kota Cirebon. Pastikan Anda memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan dan dekat dengan tujuan wisata Anda.

Hotel di Cirebon Lainnya