peringatan

Hotel di Kuningan

Jawa Barat, Indonesia · 9 hotel tersedia

Cari hotel murah & promo dengan cepat dan mudah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Kuningan

De Jehan's Hotel

Jalan Raya Sangkan Hurip No. 142, Kuningan, Indonesia, 50267

7.7 / 10

Baik

Horison Tirta Sanita Hotel Kuningan

Jalan Raya Panauan No.98 Sangkanurip Kuningan, Kuningan, Indonesia, 45555

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Purnama Mulia

Jalan Raya Cigugur KM 1,5, Cigugur, Kuningan, Indonesia, 45552

8.0 / 10

Sangat Baik

Grand Purnama Hotel

Jalan Siliwangi No. 91 Kec. Kuningan, Kuningan, Indonesia, 45511

8.5 / 10

Sangat Baik

Grage Sangkan Hotel Spa

Jl. Raya Sangkanhurip No. 1 Kuningan , Kuningan, Indonesia, 45556

8.6 / 10

Sangat Baik

Resort Prima Sangkanhurip

Jalan Panawuan no 121 Sangkanhurip Kuningan, Kuningan, Indonesia, 45556

7.4 / 10

Baik

Hotel Caracas Indah

JL Caracas, Caracas No. 4 Cilimus Kuningan Jawa Barat, Kuningan, Indonesia

Villa Sutan Raja

Jalan Panawuan No. 123 Sangkanhurip Kec.Cigandamekar , Kuningan, Indonesia

Sangkan Resort Aqua Park

Jl. Bandorasa KM 12, Kuningan, Indonesia, 45556

7.8 / 10

Baik

hotel lainnya

Tentang

Kuningan berada di bagian timur wilayah Jawa Barat. Wilayah Kuningan didominasi oleh pegunungan dengan gunung tertinggi yaitu Gunung Ceremai. Kuningan berada di jalur regional, yang melintasi Kota Cirebon dengan Priangan Timur. Kuningan pun merupakan jalan alternatif yang menghubungkan Kota Bandung dengan Majalengka dan Jawa Tengah.

Kabupaten Kuningan berbatasan dengan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah di sebelah timur, Kabupaten Majalengka di sebelah barat, Kabupaten Cirebon di bagian sebelah utara, dan berbatasan dengan Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Ciamis di bagian selatan.

 

Sejarah

Kuningan diambil dari nama sejenis logam yang terbentuk dari campuran bahan timah, perunggu dan perak. Kuningan jika diberi warna kuning maka akan terlihat seperti emas dan terlihat indah dan bagus. Sejarahnya berawal dari seorang raja yang tidak menyukai seorang pendeta. Pendeta yang bernama Ajar Sukaresi ingin dikelabui oleh Sang Raja. Sang Raja menaruh bokor kuningan di perut istrinya agar istrinya seperti hamil dan raja akan menuduh sang pendeta agar di penjara.

Tetapi ternyata istrinya memang benar hamil, marahlah Sang Raja dan dia menendang bokor kuningan. Bokor kuningan tersebut jatuh di suatu daerah, hingga saat ini daerah tersebut diberi nama Kuningan. Dengan cerita rakyat tersebut maka jenis logam yang digunakan sebagai pembuat bokor menjadi lambang daerah Kabupaten Kuningan. Sebelumnya kota ini bernama Kajene. Kajene memiliki makna warna kuning, filosofi warna kuning bermakna keagungan.

 

Transportasi

  1. Angkot Dalam Kota

Disini Anda akan banyak menemui angkotan yang bisa Anda gunakan. Perbedaan jurusan bisa Anda lihat dari nomer angkotnya.

 

  1. Bus Antar Kota

Bus antar kota yang bisa Anda pergunakan untuk menuju ke Kuningan adalah bus Luragung Jaya jurusan Kuningan-Jakarta, Sahabat untuk jurusan Kuningan – Jakarta, Putra Luragung untuk jurusan Kuningan – Jakarta, DAMRI untuk jurusan Kuningan – Bandung, Aman Sejahterah untuk jurusan Kuningan – Bandung, Setia Negara untuk jurusan Kuningan – Jakarta, Putri Luragung untuk jurusan Kuningan – Jakarta, Power real Asia Luragung untuk jurusan Kuningan – Jakarta.

 

Objek Wisata di Kuningan

  1. Telaga Remis

Telaga Remis adalah danau yang berlokasi di Gunung Ceremai. Jarak dari Kota Kuningan ke objek wisata ini 37 km. Di telaga ini terdapat banyak binatang remis. Remis adalah binatang seperti kerang air tawar yang memiliki warna kuning dan memiliki protein yang sangat tinggi. Telaga Remis memiliki luas wilayah 13 hektar dengan luas danau 3,25 hektar.

Di Telaga Remis Anda akan merasakan kesejukkan udara yang masih alami dengan pesona pemandangan pepohonan pinus yang indah kehijauan serta kejernihan air telaga. Anda bisa menikmati keindahan danau dan lainnya dengan berjalan kaki, menaiki sepeda air atau  perahu. Di Telaga Remis juga terdapat beberapa rumah makan dengan menu yang paling utama ialah ikan, seperti ikan mas, ikan nila, ikan gurame, dan lain-lain.

 

  1. Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati berada di Desa Linggarjati. Taman ini mempunyai keindahan panorama yang mempesona dan udara yang sejuk. Dari taman ini, Anda bisa menikmati Gunung Ciremai. Fasilitas taman wisata juga sangat lengkap, yaitu sepeda air, kolam renang, sarana outbound dan arena bermain khusus anak.

Di Taman Wisata Alam Linggarjati terdapat sebuah bangunan gedung yang sangat bersejarah karena pernah digunakan sebagai tempat perundingan antara Pemerintahan Hindia Belanda dengan Indonesia. Saat ini kita kenal dengan sebutan perjanjian Linggarjati,. Di dalam bangunan gedung tersebut terdapat miniature patung para perunding perjanjian Linggarjati dengan furniture yang dibuat mirip dengan aslinya. Bagunan ini merupakan salah satu saksi sejarah awal kemerdekaan pemerintahan Indonesia

 

  1. Waduk Darma

Lokasi Waduk Darma dikelilingi oleh banyak bukit sehingga udara disana sangat sejuk dengan keindahan pemandangan yang akan membuat Anda bisa berlama disana. Jarak tempuh untuk menuju ke Waduk Darma dari Kota Kuningan sebesar 12 km. Waduk Darma bukan hanya berfungsi sebagai penampung air untuk mengairi tetapi juga terdapat wahana untuk rekreasi keluarga Anda. Di Waduk Darma terdapat banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati berupa wisata air, areal camping, cottage, kolam renang dan di dekatnya terdapat gedung meeting atau tempat pertemuan yang menampung 100 orang.

 

  1. Sangkanhurip

Sangkanhurip adalah objek wisata pemandian air panas yang berada di kaki Gunung Ceremai di Desa Sangkanhurip. Nama Sangkanhurip karena berada di Desa Sangkanhurip. Untuk sampai ke lokasinya Anda harus menempuh jarak 14 km dari kota Kuningan.

Di Sangkanhurip terdapat kolam renang dan kamar khusus untuk Anda berendam menikmati air panas. Selain menikmati berendam di air panas, Anda juga bisa menikmati keindahan panorama Desa Sangkanhurip dengan menaiki kuda atau delman. Di dekat objek wisata Sangkanhurip juga terdapat penginapan berupa hotel yang bisa Anda gunakan untuk tempat beristirahat.

 

  1. Curug Sidomba

Objek wisata ini memiliki nama yang unik karena dahulu lokasi ini merupakan bekas tempat untuk mengembala domba. Sehingga tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Taman Rekreasi Curug Sidomba. Lokasi dari objek wisata ini berada di desa Peusing, Jalaksana.

Curug Sidomba yang memiliki ketinggian hampir 3 meter ini adalah air terjun yang sengaja dibuat dari aliran sungai yang melewati daerah sekitar.

Keindahan panorama Curug Sidomba dapat membuat Anda nyaman dan betah berlama-lama. Ditambah terdapat fasilitas seperti camping ground, restaurant, masjid yang sangat megah dengan hanya satu menara dan wahana khusus permainan anak. Jika Anda akan menikmati menara masjid Anda harus melewati 99 anak tangga. Di atas menara Anda bisa menikmati pesona alam kaki Gunung Ciremai.

 

  1. Cibulan

Objek wisata Cibulan adalah kolam pemandian yang tertua di daerah Kuningan. Objek wisata ini memiliki keunikkan yaitu Anda bisa berenang sambil memegang ikan atau sambil memberi makan ikan. Hanya saja ikan-ikan ini tidak diperbolehkan untuk dimakan atau dibawa pulang karena merupakan ikan dewa. Dinamakan ikan dewa karena cerita bahwa ikan tersebut adalah para prajurit yang tidak setia dengan Prabu Siliwangi dan dikutuk menjadi ikan.

Hal yang unik adalah para ikan ini dari dahulu hingga saat ini jumlahnya tidak pernah berkurang atau bertambah, lalu jika kolam sedang dikuras, para ikan dewa itu tidak ada entah kemana dan jika sudah terisi kembali airnya maka ikan dewa ini akan ada lagi di kolam dengan jumlah yang sama. Ikan dewa tersebut dikramatkan oleh masyarakat sekitar.

Selain ikan, tujuh mata air yang ada di lokasi Cibulan juga dikeramatkan, dengan nama Tujuh Sumur.

Ketujuh sumur itu memiliki namanya sendiri-sendiri, diantaranya adalah Sumur Kemulyaan, Sumur Kemudahan, Sumur Cirancana, Sumur Kejayaan, Sumur Pengabulan, Sumur Keselamatan dan Sumur Cisadane. Keunikkan dari ketujuh sumber mata air ini mengelilingi sebuah petilasan. Menurut masyarakat sekitar itu adalah petilasannya Prabu Siliwangi. Petilasan itu memiliki susunan batu seperti menhir dengan lambang Raja Agung Pajajaran simbol dua harimau yang loreng.

 

  1. Curug Putri

Curug Putri berada di wilayah Bumi Perkemahan Palutungan yang memiliki jarak 10 km dari Kota Kuningan. Curug ini memiliki ketinggian hingga 20 meter dan berada di dalam Taman Nasional Gunung Ciremai, sehingga mata air curug ini berasal dari pegunungan Ciremai. Curug Putri memberikan pemandangan yang sangat indah. Jika akan memasuki wilayah Curug Putri, Anda dapat menempuh perjalanan selama 10 menit dengan menyusuri  anak tangga.

 

Pusat Perbelanjaan

  1. Yogja Cijoho Kuningan berada di Jalan R.E Martadinata nomer 93.
  2. Indah Grosir berada di Jalan Raya Jalaksana Nomer 205.

 

Oleh-oleh Khas Kuningan

  1. Peuyeum Ketan yang terkenal adalah peuyeum ketan Cibeureum dengan merk Kharisma dan Barokah. Biasanya disimpan di dalam ember dan berisi 100 peuyeum.
  2. Opak Bakar Spesial yang sangat terkenal adalah OBS Dewi Merauke.     
  3. Jeniper adalah Jeruk Nipis Peras, nama yang unik. Jeniper merupakan minuman yang banyak mengandung Vitamin C dan bisa menjadi obat jika Anda sakit tenggorokan atau akan flu hingga masuk angina. Pusat penghasil Jeniper berada di Desa Ciawigebang.
  4. Raginang/Rengginang adalah makanan seperti keripik. Rengginang dari Kuningan memiliki aneka macam rasa.

 

Tips Berwisata di Kuningan

Kuningan hampir sama dengan wilayah lain di Jawa Barat. Mempunyai suhu udara yang lebih dingin, sehingga sebaiknya Anda mempersiapkan baju atau jaket yang lebih tebal agar menjaga kondiri suhu Anda untuk tetap hangat.

Disaat akhir pekan di Kuningan setiap hari minggu terdapat Car Free Day yang dimulai dari jam 6 hingga 10 pagi di jalur Jalan Siliwangi. Anda bisa berolah raga dengan bersepeda dan menikmati kuliner untuk sarapan.

Hotel di Kuningan Lainnya