peringatan

Hotel di Samarinda

Kalimantan Timur, Indonesia · 44 hotel tersedia

Cari hotel murah & promo dengan cepat dan mudah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel populer di Samarinda

Mesra Business & Resort Hotel

Jl. Pahlawan No. 1 , Samarinda, Indonesia, 75123

7.7 / 10

Baik

Harris Hotel Samarinda

Jalan Untung Suropati No.35 Sungai Kujang, Samarinda, Indonesia, 75126

8.7 / 10

Sangat Baik

Swiss-Belhotel Borneo Samarinda

Jalan Mulawarman No 6 , Samarinda, Indonesia, 75112

8.0 / 10

Sangat Baik

Aston Samarinda

Pangeran Hidayatullah, Samarinda, Indonesia, 75122

8.4 / 10

Sangat Baik

The Hotel

Jalan S. Parman No.20, Samarinda, Indonesia

7.7 / 10

Baik

Grand Sawit Hotel Syariah Samarinda

Jalan Basuki Rahmat 34 A, Samarinda, Indonesia, 75121

8.5 / 10

Sangat Baik

Royal Park Hotel

Jalan Sentosa No 1 Samarinda, Samarinda, Indonesia, 75117

8.0 / 10

Sangat Baik

Horison Samarinda

Jl. Imam Bonjol No. 9, Samarinda City Center, Samarinda, Indonesia, 75011

8.7 / 10

Sangat Baik

Amaris Hotel Samarinda

Jalan Dr. Sutomo No. 75, Samarinda, Indonesia, 75123

8.1 / 10

Sangat Baik

Selyca Mulia Hotel Convention & Shopping Center

Jalan Bhayangkara No 58, Samarinda, Indonesia, 75242

8.6 / 10

Sangat Baik

JB Hotel

Jalan KH. Agus Salim No.16 RT.17 , Samarinda, Indonesia, 76411

7.5 / 10

Baik

Diamond Hotel Samarinda

Jalan Lambung Mangkurat 56, Samarinda, Indonesia, 75117

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Bumi Senyiur

Jalan Pangeran Diponegoro, No 17-19, Samarinda, Indonesia, 75111

8.3 / 10

Sangat Baik

Cozy Hotel

Jalan Danau Semayang No.29 Samarinda , Samarinda, Indonesia, 75117

7.4 / 10

Baik

Hotel MJ Samarinda

Jalan KH Khalid No.1, Samarinda, Indonesia, 75117

7.6 / 10

Baik

Hotel Grand Victoria Samarinda

Jalan Letjen S Parman No.11, Samarinda, Indonesia, 75123

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Andhika Samarinda

Jalan Agus Salim No.37, Samarinda, Indonesia, 75117

8.0 / 10

Sangat Baik

Airy Pasar Pagi KH Kholid 35 Samarinda

Jalan Khalid No. 35, Samarinda, Indonesia, 75111

Grand Jamrud 1 Hotel

Jalan Jamrud No 34, Samarinda, Indonesia, 75242

7.6 / 10

Baik

Guest House Remaja Syariah

Jalan Untung Suropati Komplek Karpotek Blok HHH no 6, Samarinda, Indonesia, 75126

8.1 / 10

Sangat Baik

lainnya

Tentang

Samarinda merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Timur dan memiliki jumlah penduduk terbesar di Kalimantan. Jika Pontianak dialiri oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak, Samarinda dialiri oleh Sungai Mahakam yang membelah tengah kota.

Wilayah Samarinda merupakan dataran dan perbukitan dengan ketinggian 10 - 200 meter di atas permukaan laut. Kota ini beriklim tropis basah sehingga terjadi hujan sepanjang tahun. Suhu udara berkisar antara 20 – 32 derajat Celcius.

Samarinda dinobatkan sebagai “Kota Sehat” karena merupakan salah satu kota dengan fasilitas kesehatan terbaik di Indonesia pada tahun 2007, 2009 dan 2011 oleh Kementerian Kesehatan. Prestasi ini didukung dengan penataan kota dan juga beberapa program unggul seperti Desa Siaga dan Sekolah Sehat.

 

Sejarah Samarinda

Pada tahun 1668, Pua Ado bersama pengikutnya datang dari Sulawesi untuk meminta suaka atau perlindungan kepada Sultan Kutai karena sedang terjadi peperangan di daerahnya. Sultan Kutai kemudian setuju untuk memberikan suaka pada rombongan tersebut dan mengizinkan mereka tinggal di perkampungan Tanah Rendah.

Di Tanah Rendah, para pendatang tersebut membuat rumah rakit yang mengapung di atas air. Tinggi rumah-rumah tersebut harus sama agar tidak ada perbedaan kasta atau kelas di masyarakat. Hal ini lah yang membuat masyarakat menyebut nama perkampungan mereka ‘sama rendah’. Penyebutan ‘sama rendah’ ini yang menjadi asal mula nama Samarinda.

 

Cara ke Samarinda

Melalui udara

Perjalanan ke Samarinda dengan menggunakan pesawat terbang akan transit di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan (BPN), selanjutnya melanjutkan perjalanan ke pusat kota Samarinda. Berikut beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan :

  • Pesawat lokal

Dari Bandara Internasional Sepinggan Anda bisa menggunakan pesawat lokal seperti Kal Star Aviation untuk ke Bandara Temindung, Samarinda.

  • Bus

Untuk naik bus dari Bandara Balikpapan ke Samarinda, Anda harus ke terminal Batu Ampar terlebih dahulu, bisa menggunakan taksi dengan tarif kisaran Rp50 ribu. Dari terminal Batu Ampar naik bus ke arah Samarinda dengan tarif  Rp23 ribu untuk bus non AC dan Rp30 ribu untuk bus AC.

  • Taksi

Anda bisa menggunakan taksi dari bandara Balikpapan ke Samarinda dengan tarif sekitar Rp250 ribu.

  • Sewa mobil

Selain taksi dan bus, Anda bisa menyewa mobil untuk ke Samarinda. Tarif yang dikenakan berkisar antara  Rp250 – Rp400 ribu.

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Melalui laut

Perjalanan melalui laut ke Samarinda hanya bisa dilakukan dari pelabuhan di Pare-pare, Sulawesi Selatan.

 

Melalui darat

Perjalanan darat ke Samarinda dengan bus bisa dilakukan dari beberapa kota di Kalimantan seperti : Balikpapan, Banjarmasin, Sangatta, Berau dan Bontang. Tarif yang dikenakan pun bervariasi mulai dari Rp20 ribu sampai Rp150 ribu tergantung jarak.

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Transportasi di Samarinda

  • Angkutan kota (angkot)

Anda bisa berkeliling Kota Samarinda dengan menggunakan angkot. Rute angkot dapat dibedakan dari nomor dan warna kendaraan. Tarif yang dikenakan berkisar mulai dari Rp3.600,00 sampai Rp6.600,00 per orang sekali jalan.

  • Bus air

Bus air merupakan jenis transportasi air semacam kapal kecil yang digunakan warga untuk menuju daerah pedalaman seperti Muara Lawa, Samarinda. Tarif berkisar Rp100 ribu per orang. Lama perjalanan yang ditempuh mencapai 17-20 jam.

  • Speedboat

Speedboat sering digunakan untuk urusan yang mendesak, karena jauh lebih cepat dari bus air. Speed boat ini disewakan dengan tarif Rp1.200.000,00 per enam jam.

  • Ces

Ces disebut juga kapal motor tempel. Ces berbentuk seperti rakit, beberapa papan kayu yang disatukan, yang kemudian dipasang mesin motor. Ces menjadi transportasi warga untuk ke ladang dan biasa digunakan untuk mengangkut hasil perkebunan.

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Objek wisata di Samarinda

Desa Budaya Pampang

Salah satu objek wisata andalan kota Samarinda yang wajib Anda kunjungi adalah Desa Budaya Pampang.  Desa Pampang terletak di Sungai Siring dan tidak jauh dari pusat kota. Di desa ini Anda bisa menyaksikan berbagai budaya suku Dayak Kenyah yang diwariskan turun temurun sampai sekarang. Salah satu yang populer adalah tarian Kancet Papatai, tarian khas suku Dayak Kenyah tentang peperangan, yang dipentaskan setiap hari Minggu pukul 14.00 – 15.00 dengan biaya masuk Rp5.000,00 per orang.

Desa Budaya Pampang merupakan wilayah yang sangat diminati wisatawan untuk mempelajari budaya setempat. Setiap minggu terdapat pertunjukkan seni di lamin. Lamin adalah gedung pertemuan desa, gedung tersebut dihiasi ukiran khas suku adat Dayak yang unik. Hal yang membuat lebih menarik lagi, disetiap pertunjukkan seluruh warga desa menggunakan pakaian adat.

 

Air terjun Tanah Merah

Wisata alam ini terletak 14 km dari pusat kota, tepatnya di Purwosari, Samarinda Utara dengan jarak 14 km dari Kota Samarinda. Air terjun Tanah Merah memiliki ketinggian 15 meter dengan air yang mengalir bersih dan jernih. Hal yang tergolong unik, air tersebut akan berubah keruh dan kemerahan jika Anda berada di dalamnya. Fasilitas di tempat ini sudah dilengkapi sarana pendopo, tempat makan dan juga tempat pemandian. Air terjun ini ramai dikunjungi wisatawan di hari libur. Disini juga terdapat area khusus anak – anak. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan angkot dengan rute pasar Segiri – Sungai Siring.

 

Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda (MICS) ini merupakan masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid megah ini memiliki tujuh menara dengan ketinggian menara utama mencapai 99 meter. Kemegahan masjid ini semakin terlihat dengan adanya sebuah kubah besar bundar berpola mirip dengan Hagia Sophia di Turki. Pada malam hari, pemandangan masjid terlihat indah dengan lampu-lampu yang menyala ditambah latar belakangnya Sungai Mahakam.

 

Kebun Raya Unmul

Kebun Raya Universitas Mulawarman ini bisa ditempuh dalam waktu 15 menit dari pusat kota Samarinda. Di dalamnya terdapat kebun binatang mini dengan beberapa koleksi binatang, salah satunya adalah binatang khas Kalimantan yaitu Orangutan. Kebun raya ini juga memiliki Museum Kayu yang di dalamnya berisi informasi mengenai jenis-jenis kayu yang ada di Kalimantan Timur. Selain itu ada pula danau yang bisa Anda kelilingi dengan menggunakan sepeda air.  Dari pusat kota Anda bisa menggunakan angkot dengan rute pasar Segiri – Sungai Siring.

Jam Operasional :

  • Sabtu – Kamis 09.00 – 16.00
  • Jum’at tutup

Harga tiket masuk : Rp5.000,00

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Pulau Kumala

Pulau Kumala berada di tengah Sungai Mahakam. Pulau ini terbentuk dari pengendapan lumpur sungai dan bentuknya seperti perahu yang terbalik. Objek wisata ini hampir sama seperti Taman Mini Indonesia Indah, karena di Pulau Kumala menggambarkan kebudayaan Kalimantan mulai dari candi, bangunan adat dan juga terdapat patung lembu.

 

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah terletak sekitar 3 jam dari Samarinda. Walau pun wilayahnya sangat jauh dari Samarinda Anda akan tetap bisa menikmati keindahan alamnya yang sangat mempesona. Pulau Beras Basah memiliki mercusuar yang tinggi dan memiliki wisata bawah laut. Disini Anda juga akan menemukan penginapan yang berupa hotel atau wisma.

 

Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu terdapat di Sempaja Utara, Samarinda Utara. Lokasi ini memiliki bentuk yang khas berupa undakan bagaikan anak tangga yang bisa dinaiki. Disini juga terdapat danau buatan yang bisa Anda nikmati dengan menaiki sepeda air. Selain itu, Anda juga bisa menyewa sepeda air dengan harga sewa Rp15.000,00 untuk mengelilingi danau, memancing di kolam sepuasnya dengan membayar Rp10.000,00 dan terdapat gazebo yang bisa untuk bersantai untuk sambil menikmati makan. Tiket masuk Air Terjun Pinang Seribu adalah Rp5.000,00 per orang. Disini juga tersedia villa jika Anda ingin menginap di kawasan ini.

 

Telaga Permai Batu Besaung

Telaga Permai Batu Besaung sering digunakan sebagai tempat berkemah karena memiliki kawasan yang hijau dan pemandangan yang indah. Keadaan tanahnya memiliki ketinggian yang berbeda – beda sehingga sungai yang melewatinya seperti menyerupai air terjun pendek.

 

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Lokasi Taman Rekreasi Lembah Hijau berada tidak jauh dari Kebun Raya Unmul Samarinda. Di taman rekreasi ini terdapat flying fox, kolam renang, camping ground, outbound, gazebo, arena bermain anak, kolam pancing, kafetaria dan replika hutan.

Tiket masuk ke lokasi ini adalah Rp5.000,- per orang.

Jika ingin outbound dikenakan Rp180.000,- per orang.

 

Kampung Tenun Samarinda

Ciri khas dari Samarinda adalah kain tenunnya yang memiliki motif kotak – kotak cantik. Pusat kerajinan kain tenun terdapat di dua kampung yaitu Kampung Masjid dan Kampung Baqa. Disini Anda bisa melihat pembuatannya karena proses pembuatan kain ini masih sangat sederhana karena tidak menggunakan mesin.

 

Tjiu’s Palace Samarinda

Tjiu’s Palace Samarinda berlokasi di Jalan Sultan Sulaiman, wisata ini memiliki hiburan fasilitas seperti lapangan futsal, sepeda air, pemancingan ikan, kolam khusus anak – anak dan kereta api untuk berkeliling. Jika Anda menyukai memancing, lokasi ini sangat cocok.

 

Penangkaran Buaya

Lokasi penangkaran buaya terletak 17 km dari pusat Samarinda. Luas wilayah wisata ini sebesar 7 hektar dan memiliki 3 jenis buaya yaitu buaya muara, buaya sepit dan buaya siam.

 

Pusat perbelanjaan di Samarinda

Pusat perbelanjaan di Samarinda yaitu Mall Mesra Indah, Pasar Pagi, Citra Niaga, Mall Lembuswana, Pasar Kendondong, Pasar Harapan Baru. Selain itu juga terdapat Komplek Pertokoan Citra Niaga. Jika Anda ingin menginap, di sekitar pusat pembelanjaan juga terdapat hotel yang bisa Anda sewa untuk beristirahat.


Tips wisata di Samarinda

  • Jika Anda ingin melihat pertunjukan budaya suku Dayak Kenyah di Desa Budaya Pampang, pergilah pada hari Minggu. Pertunjukan berlangsung dari jam 14.00 sampai 15.00.
  • Bawalah bekal sendiri saat berkunjung ke Desa Budaya Pampang, karena tidak ada penjual makanan di sana.
  • Untuk berkeliling Kebun Raya Unmul, sebaiknya menyewa kendaraan seperti motor atau sepeda dari luar karena areanya sangat luas. Di kawasan kebun raya tidak tersedia sewa kendaraan.
  • Jika Anda berada di Samarinda, jangan lupa mengunjungi Rumah Makan Pondok Selera untuk mencicipi makanan khas Kutai seperti rojak singkil dan puyuh bakar. RM ini berada di Jalan Kadrie Oening.