peringatan

Hotel di Surabaya

Jawa Timur, Jawa Timur . 253 hotel tersedia

Cari hotel murah & promo dengan cepat dan mudah di sini!

Daftar hotel populer di Surabaya

Red Planet Surabaya

Jl. Arjuna 64 - 66, Surabaya, Surabaya, Indonesia, 60251

8.1 / 10

Sangat Baik

POP! Hotel Diponegoro Surabaya

Jalan Diponegoro No. 33 Darmo, Wonokromo, Surabaya, Indonesia, 60241

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Gunawangsa MERR, DHM Associates

Jalan Kedung Baruk No.96, Surabaya, Indonesia, 60298

8.5 / 10

Sangat Baik

Zest Hotel Jemursari

Jalan Raya Prapen 266, Surabaya, Indonesia, 60299

8.4 / 10

Sangat Baik

Swiss-Belinn Tunjungan Surabaya

Jalan Tunjungan 101, Surabaya, Indonesia, 60271

8.7 / 10

Sangat Baik

MaxOneHotels at Tidar Surabaya

Jl. Tidar 5 Surabaya, Surabaya, Indonesia,

8.6 / 10

Sangat Baik

Midtown Hotel

Jalan Basuki Rahmat No. 76, Surabaya, Indonesia, 60262

8.4 / 10

Sangat Baik

Gunawangsa Manyar Hotel Surabaya

Jln. Menur Pumpungan no.62, Surabaya, Indonesia, 60118

8.2 / 10

Sangat Baik

G Suites Hotel

Jl. Raya Gubeng 43 Surabaya, Surabaya, Indonesia, 60281

8.0 / 10

Sangat Baik

Crown Prince Hotel

Jl. Basuki Rahmat 123 - 127 , Surabaya, Indonesia, 60271

8.3 / 10

Sangat Baik

The Life Hotels

Jalan Kusuma Bangsa No. 41, Surabaya, Indonesia, 60262

7.8 / 10

Baik

POP! Hotel Gubeng

Jl.Bangka 8-18, Surabaya, Indonesia, 60281

8.3 / 10

Sangat Baik

Cleo Hotel Jemursari Surabaya

Jalan Raya Jemursari No.157, Surabaya, Indonesia

8.4 / 10

Sangat Baik

Hotel 88 Embong Kenongo

Jalan Embong Kenongo No. 11 - 17, Surabaya, Indonesia, 60271

8.4 / 10

Sangat Baik

WIN Hotel

Jalan Embong Tanjung 46-48, Surabaya, Indonesia, 60271

8.6 / 10

Sangat Baik

favehotel Rungkut Surabaya

Jalan Raya Kalirungkut No. 23 - 25 , Surabaya, Indonesia, 60293

8.6 / 10

Sangat Baik

Everbright Hotel Surabaya

Jl. Manyar Kertoarjo No. 44 Surabaya, Surabaya, Indonesia, 60116

7.9 / 10

Baik

Horison Suites Surabaya

Plaza Boulevard, Jl. Pemuda 31-37, Surabaya, Indonesia, 60271

8.5 / 10

Sangat Baik

The Square Surabaya

Jl. Siwalankerto 146-148, Surabaya, Indonesia, 60236

8.0 / 10

Sangat Baik

Whiz Prime Hotel Darmo Harapan Surabaya

Jalan Darmo Harapan I West Surabaya , Surabaya, Indonesia

8.1 / 10

Sangat Baik

Tentang

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini mendapat penghargaan sebagai kota metropolitan dengan kualitas udara terbaik dari Kementerian Lingkungan Hidup 2013.

 

Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memiliki banyak monumen dan patung yang dibangun untuk mengenang perjuangan warga Surabaya melawan penjajah. Sebut saja monumen Tugu Pahlawan dan beberapa patung pahlawan nasional. Sayangnya ada beberapa patung yang dibongkar untuk kepentingan pembangunan kota.

 

Di Surabaya terdapat beberapa universitas besar sehingga kota ini juga menjadi tujuan banyak mahasiswa dari luar daerah. Anda bisa menemukan banyak fasilitas pendukung pendidikan di sini, seperti museum dan lembaga kursus bahasa asing. Ada pula c2o, perpustakaan swasta yang seringkali digunakan komunitas-komunitas anak muda di Surabaya untuk melakukan kegiatannya.

 

Menjadi tujuan utama maupun persinggahan banyak orang, Surabaya menawarkan wisata kuliner menarik. Surabaya terkenal dengan pecel semanggi, rujak cingur. Sebagai kota besar, Surabaya juga banyak menyajikan makanan khas negara lain seperti makanan khas Jepang dan Korea.

 

Wilayah utama di Surabaya

Untuk lebih mengenal kota Surabaya, berikut pembagian wilayah utama beserta hal menarik yang ada di sana:

Surabaya Timur

Di Surabaya Timur banyak terdapat beberapa universitas besar, di antaranya: Universitas Airlangga (Kampus C) Di Mulyorejo dan Universitas Surabaya di Rungkut. Selain itu, terdapat stasiun kereta api terbesar di Surabaya, Stasiun Gubeng.

 

Surabaya Barat

Di Surabaya Barat terdapat kecamatan Tandes, yang merupakan kawasan industri di Surabaya.

 

Surabaya Pusat

Salah satu kecamatan yang populer adalah Bubutan, di mana lokasi Monumen Tugu Pahlawan berada.

 

Surabaya Selatan

Kecamatan yang cukup populer di Surabaya Selatan adalah Wonokromo. Di Wonokromo dibangun DTC (Darmo Trade Center) yang merupakan salah satu pusat grosir di Surabaya.

 

Surabaya Utara

Surabaya Utara populer dengan Pantai Kenjeran yang berada di kecamatan Kenjeran. Pantai Kenjeran menjadi pantai yang ramai dikunjungi saat akhir pekan dan masa liburan.

 

Sejarah Surabaya

Nama Surabaya berasal dari kata ‘suro’ dan ‘boyo’, yang berarti ‘ikan hiu’ dan ‘buaya’. Ada banyak cerita rakyat yang dipercaya sebagai asal nama Surabaya, salah satunya adalah peristiwa datangnya pasukan dari Mongolia. Dahulu pasukan Mongolia datang untuk menjajah Surabaya, oleh warga, pasukan penjajah ini disebut ‘suro’, ikan hiu yang berani datang menjajah. Sedangkan warga Surabaya menyebut dirinya sebagai ‘boyo’, buaya yang berbahaya. Selanjutnya ‘suro’ dan ‘boyo’ ini dijadikan ikon kota yang juga dibangun patungnya di beberapa lokasi di Surabaya.

 

Raden Rakhmat atau yang dikenal sebagai Sunan Ampel adalah utusan Kerajaan Demak untuk menyebarkan agama Islam pertama di Surabaya. Sunan Ampel mendirikan masjid dan juga pesantren yang sampai saat ini menjadi objek wisata religi di Surabaya dan ramai dikunjungi khususnya pada bulan Ramadhan.

 

Pada akhir  masa penjajahan Belanda, Surabaya menjadi salah satu benteng pertahanan Indonesia. Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November merupakan peringatan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah di Surabaya. Meskipun tak sedikit rakyat Indonesia yang menjadi korban pertempuran tersebut, pada akhirnya kemerdekaan bisa dipertahankan.

 

Cara ke Surabaya

Melalui udara

Perjalanan melalui udara ke Surabaya menggunakan pesawat terbang akan mendarat di Bandara Internasional Juanda (SUB), Sidoarjo.

 

Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax

  • Penerbangan domestik: Rp 75.000
  • Penerbangan internasional: Rp 200.000

 

(efektif per 1 April 2014)

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Transportasi dari dan ke bandara

Bandara Internasional Juanda terletak di Sedati, Sidoarjo, berjarak 20 km dari pusat kota Surabaya. Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju pusat kota Surabaya, antara lain:

 

Bus DAMRI

Halte bus DAMRI berada tepat di depan terminal kedatangan domestik. Bus ini akan membawa Anda ke terminal Purabaya, atau biasa disebut Bungurasih, dengan tarif Rp 20.000. Anda bisa menggunakan transportasi lain setelah sampai di terminal untuk menuju ke pusat kota. Umumnya terdapat angkutan kota, bus dalam kota, ojek atau taksi. Tarif bervariasi sesuai lokasi tujuan Anda.

 

Taksi

Anda juga bisa menggunakan taksi dari bandara untuk menuju ke pusat kota Surabaya. Tersedia taksi argo dengan tarif ke pusat kota berkisar Rp 100.000 dan bisa lebih sesuai lokasi tujuan Anda.

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Melalui laut

Pelabuhan Tanjung Perak yang dimiliki Surabaya menjadi pelabuhan keberangkatan dan kedatangan penumpang juga barang dari beberapa pulau di Indonesia juga luar negeri. Untuk keluar dari pelabuhan ke pusat kota, Anda bisa menggunakan bus P1 yang akan berhenti di Tunjungan Plaza, pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya.

Tarif Pelni: berkisar mulai dari Rp 200.000

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Melalui darat

Surabaya bisa diakses melalui darat dari kota atau daerah lain di pulau jawa, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

 

Bus

Anda bisa menuju Surabaya dengan bus antar kota atau antar provinsi. Tersedia beberapa kelas dan juga harga. Bus akan berhenti di terminal Purabaya atau Bungurasih.

Tarif

Dalam provinsi: berkisar mulai dari Rp 15.000

Antar provinsi: berkisar mulai dari Rp 150.000

 

Kereta Api

Terdapat dua stasiun besar di Surabaya, stasiun Gubeng dan stasiun Pasar Turi, yang disesuaikan lokasi kedatangan – keberangkatan dan juga kelas kereta. Surabaya dapat diakses menggunakan kereta dari beberapa kota besar dan kecil di pulau Jawa.

Tarif

Kelas Ekonomi: berkisar mulai dari Rp 50.000

Kelas Bisnis: berkisar mulai dari Rp 185.000

Kelas Eksekutif: berkisar mulai dari Rp 340.000

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Transportasi di Surabaya

Bus dalam kota dan DAMRI

Anda bisa menggunakan bus dalam kota dan juga bus DAMRI untuk berkeliling Surabaya. Tarif awal yang dikenakan Rp 4.000 per orang sekali jalan.

 

Angkutan kota

Bus tak bisa menjangkau seluruh sudut kota Surabaya, Anda bisa menggunakan angkutan kota atau yang biasa disebut bemo di Surabaya. Terdapat beberapa nomor dan warna bemo sesuai dengan rute perjalanannya. Tarif awal yang dikenakan Rp 4.000 per orang sekali jalan.

 

Taksi

Sedikitnya ada enam perusahaan taksi yang beroperasi di Surabaya dan menggunakan argo meter. Tarif bervariasi sesuai lokasi tujuan Anda, namun umumnya tarif awal yang dikenakan  saat Anda naik adalah Rp 5.000.

 

Becak

Anda bisa menemukan banyak becak di jalanan Surabaya. Tarif yang dikenakan berkisar mulai dari Rp 5.000.

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Iklim di Surabaya

Surabaya tergolong sebagai dataran rendah, dengan ketinggian sebagian wilayahnya hanya 3 - 6 di atas permukaan laut, suhu udara di Surabaya berkisar antara 25 – 36 derajat Celcius. Musim kemarau berlangsung dari bulan Mei sampai Oktober, sedangkan musim hujan dari bulan November sampai dengan April. Hujan lebat biasa terjadi pada bulan Desember dan Januari.

 

Bahasa daerah di Surabaya

Bahasa daerah yang digunakan di Surabaya adalah ‘Boso Suroboyoan’. Di antara bermacam dialek dan logat bahasa Jawa yang digunakan, ‘Boso Suroboyoan’ ini dikenal sebagai bahasa Jawa yang paling kasar. Meskipun ada pula yang masih menggunakan tingkatan bahasa untuk menghormati lawan bicara yang lebih tua.

 

Surabaya juga memiliki sapaan khas yang digunakan saat bertemu temannya, ‘Cuk’. Di beberapa daerah lain kata ‘Cuk’ ini dianggap kasar. Namun di Surabaya, sapaan ini seringkali terdengar di tengah percakapan anak muda.

 

Istilah lokal populer

‘Yoopo kabare, Rek’ yang artinya, ‘Apa kabar?’

Kata sapaan ‘Rek’ biasa diganti menjadi ‘Cuk’ saat digunakan untuk bertanya pada teman seumuran.

 

Wisata di Surabaya

Surabaya memiliki banyak objek wisata yang bisa dikunjungi, seperti:

Mal

Surabaya memiliki julukan tak resmi, yaitu Kota Seribu Mal. Hal ini dikarenakan banyaknya pusat perbelanjaan yang ada di kota Surabaya. Salah satu yang paling dikenal dan banyak dikunjungi adalah Tunjungan Plaza atau yang biasa disebut TP. Selain TP, masih banyak mal lain di Surabaya, seperti: Delta Plaza, Royal Plaza, Grand City Mal, Galaxy Mal, dan lain-lain.

 

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan disebut juga sebagai Monas-nya Surabaya. Monumen yang berbentuk paku terbalik ini dibangun untuk memperingati peristiwa 10 November 1945. Di dalamnya terdapat museum bawah tanah sedalam 7 meter yang berisi berbagai patung dan foto untuk mengenang jasa pahlawan. Terletak di Jalan Pemuda, Bubutan, Surabaya, monumen ini berada di dekat kantor Gubernur Jawa Timur.

Buka

Selasa – Jumat: 08.00 – 14.30

Sabtu – Minggu: 08.00 – 13.00

(hari Senin tutup)

Tiket masuk: Rp 2.000

 

Taman Bungkul

Taman Bungkul merupakan taman terbuka kebanggan warga Surabaya. Terletak di Jalan Raya Darmo, taman seluas 900 meter persegi ini selalu ramai saat akhir pekan. Di Taman Bungkul terdapat arena bermain untuk anak, jogging track juga free wifi. Di belakang taman, ada beberapa warung makan yang menyajikan makanan khas Surabaya, seperti Rujak Cingur, Rawon, Soto, dan lain-lain.

 

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya atau yang biasa disingkat KBS ini berada tak jauh dari Taman Bungkul. Dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda, KBS pernah disebut sebagai kebun binatang terbesar dan terlengkap se-Asia Tenggara. Lokasinya yang dekat dengan terminal Joyoboyo membuat KBS mudah diakses dari manapun.

Buka

Setiap hari, 07.00 – 17.00

Tiket masuk: Rp 15.000

 

Ciputra Waterpark

Arena air terbesar di Surabaya ini terletak di Waterpark Boulevard Citraraya The Singapore of Surabaya. Ciputra Waterpark menjadi tujuan wisata air yang sayang jika dilewatkan bersama keluarga. Terdapat beberapa kolam atau arena yang menawarkan keunikan masing-masing, seperti: Sirens River, Chimera Pool, Marina Lagoon, dan masih banyak lagi.

Buka

  • Selasa – Jumat: 14.00 – 19.00
  • Sabtu, Minggu dan hari libur: 08.00 – 20.00

Tiket masuk

  • Selasa – Jumat: Rp 105.000
  • Sabtu, Minggu dan hari libur: Rp 130.000

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Wisata Budaya di Surabaya

Sunan Ampel

Kawasan Sunan Ampel merupakan kawasan masjid dan pesantren yang dibangun oleh Raden Rahmatullah atau yang biasa disebut Sunan Ampel, penyebar agama Islam di Surabaya. Saat memasuki kawasan Sunan Ampel, Anda dapat menemukan banyak penjual parfum, tasbih dan berbagai atribut keagamaan. Kawasan Sunan Ampel ramai dikunjungi pada saat Ramadhan.

 

Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo memiliki arsitektur yang unik, perpaduan antara arsitektur Cina, Jawa dan banyak kaligrafi Islam. Masjid ini dibangun oleh komunitas muslim Tionghoa untuk mengenang Laksamana Cheng Hoo yang menjadi mualaf saat masuk ke kerajaan Majapahit.

 

Patung Buddha Empat wajah

Patung Buddha Empat Wajah berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran, Surabaya. Empat wajah yang dimiliki patung Budha ini masing-masing mewakili sifat Budha yang pengasih, murah hati, adil dan meditasi.

 

Hiburan malam (night-life) di Surabaya

Terdapat beberapa hiburan malam di Surabaya, di antaranya:

G-Walk

G-Walk merupakan food court berkonsep outdoor yang ramai dikunjungi pada malam Minggu. G-Walk terletak di kawasan Citraland, Surabaya.

 

Taman skate dan BMX

Setiap Sabtu sore sampai malam, tempat ini dijadikan arena bermain skateboard dan BMX. Tak harus ikut bermain, Anda bisa menikmati malam sambil menonton permainan mereka.

 

Elbow Café

Bar dengan harga terjangkau yang menyuguhkan permainan music tiap malamnya. Bar ini menjadi favorit banyak anak muda di Surabaya.

 

Tempat makan rekomendasi di Surabaya

Berikut ini beberapa tempat makan yang sayang dilewatkan saat di Surabaya:

 

Bakso Anda, jl. Gayungan PTT no. 35A, Surabaya Telp. 031 – 8294012

Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Jl. Kranggan, Surabaya Telp. 031-83774464, 91722607

Nasi Udang Bu Rudy, Jl. Dharma Husada 140, Telp: 031 70265928

Rujak Cingur Ahmad Jais, Jl. Ahmad Jais 40, Surabaya Telp. 031-5328443

Sate Klopo Ondomohen, Jl. Walikota Mustajab 36, Surabaya Telp. 031-5474575

Sego Sambel Yeye, Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12, Surabaya

 

Tips wisata di Surabaya

  • Jangan lupa mampir ke Nasi Udang Bu Rudy. Banyak orang yang menjadikan sambel Bu Rudy sebagai oleh-oleh karena rasanya yang khas dan super pedas.

  • Pastikan hafal rute angkot karena beberapa angkutan kota di Surabaya memiliki warna yang hampir sama meski berbeda nomor dan rute.

  • Bahasa Surabaya atau ‘Boso Suroboyoan’ termasuk bahasa yang kasar dan pengucapannya yang keras dan lantang, jadi jangan kaget saat mendengar percakapan warga lokal yang terkesan marah-marah.

  • Waktu yang tepat untuk datang ke Tugu Pahlawan adalah hari Minggu. Setiap hari Minggu pagi, sekitar jam 05.00 – 10.00, di sepanjang jalan sisi kiri Tugu Pahlawan terdapat pasar kaget yang ramai dikunjungi warga karena menawarkan barang-barang dengan harga yang terjangkau.


Hotel di Surabaya Lainnya