peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Toba Samosir

Sumatera Utara, Indonesia · 1 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel di Wilayah Populer

Hotel di Laguboti

Daftar Hotel di Toba Samosir

Hotel Sere Nauli

Jalan Sisingamangaraja No. 1 Laguboti, Toba Samosir, Indonesia, 33281

8.5 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Toba Samosir merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten yang beribukotakan Balige ini memiliki luas 2.328 km persegi dan dibagi menjadi 16 kecamatan. Beberapa kecamatan utamanya antara lain Ajibata, Balige, Laguboti dan Porsea.

Suku Batak Toba merupakan suku asli yang mendiami Kabupaten Toba Samosir, namun terdapat banyak pendatang yang berasal dari beberapa suku lain seperti Minangkabau, Melayu dan Jawa. Sebagian masyarakat masih menganut kepercayaan leluhur yaitu agama Malim. Parmalim atau penganut agama Malim banyak ditemui di Desa Huta Tinggi, Kecamatan Laguboti.

Untuk mata pencaharian utama, sebagian besar penduduk Kabupaten Toba Samosir bekerja di sektor pertanian dan perkebunan.

 

Objek wisata di Toba Samosir

Berikut beberapa objek wisata yang terdapat di Toba Samosir:

 

Pantai Ajibata

Pantai Ajibata merupakan pantai unik yang terletak di Toba Samosir. Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, pantai ini memiliki air tawar dan bukan asin seperti kebanyakan pantai lainnya. Selain itu, udara di sekitar objek wisata ini pun relatif sejuk.

Meskipun hanya memiliki garis pantai sepanjang 300 meter, namun fasilitas yang ditawarkan objek wisata ini cukup lengkap. Tersedia gazebo, restoran, dan penginapan di sekitar Pantai Ajibata.

 

Museum TB Silalahi

Museum TB Silalahi merupakan sebuah museum Batak bertaraf internasional yang didirikan oleh Tiopan Benhard Silalahi. Museum ini berisi koleksi benda-benda yang berhubungan dengan kebudayaan suku Batak seperti kain ulos, baju adat, miniatur rumah adat dan juga koleksi pribadi dari TB Silalahi.

 

Harga tiket masuk

  • Dewasa: Rp 10.000
  • Anak-anak: Rp 5.000

 

Jam buka

  • Senin – Kamis: 08:00 – 16:00
  • Jumat – Minggu: 08:00 – 15:30
  • Hari libur nasional: tutup

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Jangga Dolok

Jangga Dolok merupakan sebuah perkampungan adat Batak yang masih menjaga tradisi leluhurnya. Bangunan di perkampungan kebanyakan telah berusia ratusan tahun berbentuk rumah panggung kayu tanpa paku dengan atap yang terbuat dari ijuk. Selain itu, dinding rumah dipenuhi ukiran khas Batak atau yang biasa disebut dengan ‘gorga’.

 

Tips wisata di Toba Samosir

  • Cicipi naniura yang merupakan kuliner khas Batak. Makanan ini terbuat dari ikan mas segar yang dibumbui tanpa dimasak atau dipanaskan dengan api. Setelah dibumbui, ikan hanya perlu didiamkan selama beberapa jam sebelum siap disantap. Naniura bisa Anda temui di daerah Ajibata dan sekitarnya.
  • Kunjungi Pasar Balige yang merupakan salah satu pasar tradisional populer di Toba Samosir. Di sini, Anda bisa menemukan beragam kerajinan tangan dan kain ulos.

Hotel di Toba Samosir Lainnya

?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq