peringatan
PromoPesanan Saya
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Libur Nasional > Maulid Nabi
Libur Nasional

Libur Maulid Nabi 2019

Rencanakan liburan mulai saat ini, planning tepat, harga bersahabat dengan Traveloka!

Liburan Maulid Nabi 2019

Dalam bahasa Arab, Maulid berarti hari lahir. Artinya, Maulid Nabi adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Menurut penanggalan kalender Hijriah, Maulid Nabi jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal. Dalam kalender Islam, Rabiul Awal adalah bulan ketiga yang terdiri dari tiga puluh hari. Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Muzhaffaruddin Al-Kaukabri pada awal abad 7 M. Muzhaffaruddin Al-Kaukabri adalah Raja Irbil, kawasan yang kini disebut Irak.

Peringatan Maulid Nabi di Indonesia sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak masa kemerdekaan. Umumnya, Maulid Nabi akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik oleh umat muslim di seluruh nusantara. Masing-masing daerah bahkan punya tradisi yang berbeda saat memperingati Maulid Nabi. Tak heran ritual-ritual yang dilakukan pun sukses mencuri perhatian wisatawan domestik dan mancanegara.

TahunTanggalHariHari Libur
201910 NovemberMingguLibur Maulid Nabi
202029 OktoberKamisLibur Maulid Nabi

Destinasi Terpopuler

Jakarta Public Holiday

Destinasi Populer

Jakarta ke:

mulai dari:

Singapore

706rb

Lombok

970rb

Bali

871rb

Bangkok

1.3jt

Destinasi Populer

Surabaya ke:

mulai dari:

Bangkok

1.4jt

Bali

498rb

Singapore

865rb

Destinasi Populer

Medan ke:

mulai dari:

Yogyakarta

1.050jt

Bandung

1.018jt

Hong Kong

2.845M

Tanggal perkiraan hari libur nasional Maulid Nabi 2019 jatuh pada Minggu, 10 November. Mengingat Minggu adalah hari libur di Indonesia, maka tidak ada libur tambahan bagi Anda. Namun, Anda tetap bisa memperingati Maulid Nabi bersama umat muslim di sekitar tempat tinggal. Jika berencana untuk bepergian, Anda dapat memilih destinasi wisata yang ada di dalam kota.

Di tahun 2020, Maulid Nabi diperkirakan akan diperingati pada Kamis, 29 Oktober. Jika Anda bekerja pada instansi yang memberlakukan lima hari kerja, maka ada satu hari terjepit. Belum diketahui secara pasti apakah Jumat, 30 Oktober akan jadi cuti bersama atau tidak. Meskipun demikian, Anda tetap bisa merencanakan untuk bepergian jarak jauh pada long weekend tersebut.

Tradisi peringatan Maulid Nabi di Indonesia

Meski peradaban semakin maju, peringatan Maulid Nabi di Indonesia masih kental dengan nuansa tradisional. Dari wilayah barat hingga timur Indonesia, masing-masing daerah punya tradisi Maulid Nabi tersendiri. Misalnya, di Aceh ada tradisi memasak lemang yang diwariskan oleh Suku Alas. Lemang merupakan makanan yang dibuat dari campuran ketan dan air santan. Kegiatan memasak lemang tersebut umumnya membutuhkan proses selama empat jam.

Di Banten, peringatan Maulid Nabi juga dilangsungkan dengan meriah. Dinamakan dengan istilah Panjang Mulud, tradisi ini hanya bisa disaksikan satu tahun sekali. Panjang Mulud identik dengan tradisi membagi sembako pada masyarakat. Uniknya, sembako tersebut diletakkan pada rangka kayu yang dihias dan dibentuk menyerupai perahu. Arak-arakan Panjang Mulud dipastikan mencuri perhatian warga setempat dan wisatawan yang datang ke Banten.

Peringatan Maulid Nabi di Kudus, Jawa Tengah, tak kalah kreatif dari masyarakat Banten. Masyarakat sekitar Kudus akan menggelar tradisi Ampyang Maulid di hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tandu yang diarak berisi nasi bungkus serta hasil bumi, kemudian dibagikan kepada warga setempat. Tradisi Ampyang Maulid diyakini dapat membawa berkah bagi masyarakat Kudus.

Jajanan khas perayaan Maulid Nabi

Perayaan Maulid Nabi di Indonesia tak lengkap rasanya tanpa kehadiran beragam kuliner nusantara. Di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur terdapat KueKoya yang hanya ada saat Maulid Nabi. Jajanan manis yang satu ini berbahan dasar tepung beras sehingga memiliki tekstur sangat lembut. Masih di Pulau Jawa, masyarakat Jawa Tengah punya hidangan Maulid Nabi yang sama lezatnya. Hidangan gurih ini dinamakan Sumpil, yang umumnya disajikan bersama sambal kelapa.

Jajanan yang tak kalah menarik untuk dicoba saat perayaan Maulid Nabi adalah Kue Walima. Kue ini umumnya dikemas dalam daun kelapa muda dan dibuat oleh wanita-wanita dewasa di Gorontalo. Uniknya, hanya warga muslim yang berdzikir di masjid saja yang akan mendapatkan jajanan ini. Halaman utama Masjid Baiturahim Kota Gorontalo menjadi lokasi pusat pembagian Kue Walima ini.

Hidangan utama untuk peringatan Maulid Nabi

Masyarakat Bugis yang tinggal di sekitar kota Makassar justru membuat olahan beras ketan. Hidangan khas perayaan Maulid Nabi di Sulawesi Selatan ini disebut Male. Male terbuat dari beras ketan hitam yang dihias dengan telur warna-warni. Lomba menghias Male juga sering diadakan di berbagai instansi untuk memeriahkan Maulid Nabi. Sepintas, hidangan tradisional ini mirip dengan Tumpeng yang ada di Jawa.

Di Pacitan, Jawa Timur, terdapat hidangan utama peringatan Maulid Nabi yang begitu unik. Namanya Nasi Suci Ulam Sari, terdiri dari nasi uduk dan satu ekor ayam kampung. Menurut tradisi, setiap kepala keluarga wajib menyumbangkan satu paket nasi uduk dan ayam kampung. Hidangan tersebut kemudian dibawa ke rumah tetua masyarakat atau masjid besar di kampung tersebut.

Libur nasional Maulid Nabi memang diprediksi hanya berlangsung satu hari di tahun 2019. Namun, Anda tetap bisa memanfaatkan waktu libur tersebut untuk berkumpul bersama keluarga. Memasak beberapa hidangan khas Maulid Nabi bersama juga akan membuat liburan jadi lebih menyenangkan. Jika hendak bepergian, pilih destinasi wisata yang tidak terlalu jauh jaraknya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kelelahan selama perjalanan.

Sebaliknya, Maulid Nabi di tahun 2020 diperkirakan memberi Anda libur akhir pekan yang cukup panjang. Apabila berencana untuk bepergian jarak jauh, sebaiknya buat persiapan sejak jauh hari. Pasalnya, jelang long weekend harga tiket perjalanan dan penginapan akan melonjak. Mengatur akomodasi perjalanan kini dapat lebih mudah dan cepat dengan aplikasi Traveloka. Mau liburan? Serahkan seluruh kebutuhan Anda pada Traveloka. Happy holiday!

Perlu Bantuan?