0

Erika Silviana

11 Oct 2019 - 8 min read

14 Tempat Nongkrong di Semarang Paling Instagramable

Saat berlibur, wisatawan tentu tak hanya fokus pada destinasi utama. Destinasi pendukung, seperti wisata kuliner atau tempat makan dengan suasana nyaman juga kerap dicari setelah puas berwisata. Tak heran, kini banyak tempat makan berkonsep menarik yang bisa kamu jadikan tempat nongkrong, begitu pula di Kota Semarang.

Jika berencana liburan ke Semarang, kamu tak perlu khawatir akan merasa bosan sesampainya di sana. Pasalnya, Kota Lumpia ini memiliki cukup banyak tempat nongkrong dengan suasana asyik dan nyaman. Untuk mempermudah, Traveloka telah merangkum 14 tempat nongkrong di Semarang yang bisa kamu kunjungi. Yuk, simak ulasannya berikut!

Valle Pizza E Resto

Pemandangan Sarapan di Valley Pizza e Resto

(Sumber: @zulregal)

Bagi yang ingin nongkrong sambil menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian, Valle Pizza E Resto merupakan opsi yang tepat. Berada di kawasan dataran tinggi, tepatnya di Jalan Diponegoro No 22A, Siranda, Valle Pizza E Resto menyuguhkan suasana nongkrong dengan pemandangan langsung Kota Semarang. Setiap harinya, Valle Pizza E Resto buka pukul 11:00 – 24:00.

Sambil menikmati suasana, kamu bisa memesan berbagai makanan lezat yang ada di sini. Valle Pizza E Resto menawarkan menu yang didominasi oleh makanan khas Italia seperti pizza, spaghetti, dan aneka pasta lainnya. Untuk menikmatinya, kamu bisa siapkan bujet sekitar Rp100.000 per orang.

Mr. K Café and Beer Garden

Interior Design Cafe

(Sumber: @mrk_cafe)

Sesuai namanya, Mr. K Café and Beer Garden mengusung konsep taman terbuka dengan beragam tanaman yang mengelilingi area utama. Dilengkapi kursi dan meja serba kayu, suasana taman semakin terasa dan membuat kamu semakin betah berlama-lama nongkrong di kafe yang berada di Jalan Diponegoro No 24 ini.

Di Mr. K Café and Beer Garden, kamu bisa memesan menu makanan seperti nasi goreng, tortilla, dan kentang goreng. Sebagai pelengkap, kamu juga bisa memesan aneka minuman, baik yang mengandung alkohol maupun tidak. Untuk berkunjung ke sini, kamu bisa datang pukul 12:00 – 24:00 setiap harinya.

Lot 28

(Sumber: @lotduadelapan)

Mengusung konsep desain minimalis, Lot 28 menampilkannya dalam dinding bangunan batu bata warna hitam di bagian luar. Saat memasuki kafe, suasana elegan dan nyaman pun bisa langsung kamu rasakan. Dengan jendela-jendela besar yang menjadi dekorasi eksteriornya, pencahayaan di kafe ini tampak terang sehingga pas sebagai pendukung sesi foto kamu.

Menu makanan yang disajikan tak kalah menggiurkan, kamu bisa memesan Spaghetti Ayam Rica Sambal Matah, BBQ Burger Chesee, ataupun Chicken Teriyaki Don sebagai teman nongkrong. Harganya pun tak terlalu mahal, kamu cukup siapkan bujet sekitar Rp50.000 – Rp100.000 per orang saat berkunjung. Tertarik nongkrong di Lot 28? Langsung saja datang ke Jalan Singosari Raya No 28, Pleburan, pukul 08:00 – 24:00.

Toasty Eatery

(Sumber: @toastypadma)

Di Toasty Eatery, kamu bisa nongkrong sambil menikmati aneka olahan roti bakar. Salah satu menu favoritnya adalah Toasty Club, sandwich dengan isian telur mata sapi setengah matang, daging asap, dan selada. Ada pula roti bakar bercita rasa manis, seperti Smore with White Bread yang disajikan dengan es krim vanila, remahan biskuit, dan marshmallow.

Menariknya, seluruh roti yang digunakan merupakan buatan sendiri sehingga terjamin kualitasnya. Harganya pun cukup ramah di kantong, kamu hanya perlu membawa bujet sekitar Rp50.000 per orangnya saat berkunjung.

Berada di Jalan Melati Selatan No 8A, Toasty Eatery buka setiap Senin – Jumat pukul 09:00 – 22:00, Sabtu pukul 09:00 – 23:00, dan Minggu pukul 08:00 – 22:00. Yuk, ajak teman-teman ataupun keluarga kamu nongkrong sambil menikmati aneka roti di sini!

Seven Degrees Café and Bistro

(Sumber: @seven.bistro)

Jika dilihat dari depan, Seven Degrees Café and Bistro memang terlihat kecil. Namun, sebetulnya kafe yang terletak di Jalan Diponegoro No 38B ini cukup luas dan terbagi menjadi beberapa ruangan khusus. Di bagian depan café, terdapat coffee bar serta lorong yang dihiasi kotak telepon umum. Ada pula area outdoor yang terletak di bagian belakang kafe.

Setiap sudut kafe unik ini tentu bisa kamu jadikan untuk spot foto menarik. Untuk melengkapi suasana asyik tersebut, kamu bisa memesan menu western yang lezat seperti Striploin Steak, Crispy Tofu, dan Teriyaki Chicken. Jika tertarik berkunjung ke Seven Degrees Café and Bistro, kamu bisa datang pukul 08:00 – 23:00 setiap harinya.

Eat Boss

(Sumber: @aisya_karima)

Dengan dominasi aksen kayu dan metal, desain Eat Boss kental nuansa arsitektur minimalis. Di setiap sudut, terdapat pot-pot berisi tanaman hijau yang menciptakan atmosfer sejuk kafe. Suasana nyaman ini bisa kamu lengkapi dengan berbagai menu Eat Boss yang menggugah selera. Mulai dari Pizza Margherita, Crispy Chicken Skin & Chips, dan Ramen Curry bisa kamu pesan di sini.

Tak perlu khawatir akan harga, kamu cukup menyiapkan bujet sekitar Rp50.000 untuk datang ke Eat Boss. Agar lebih asyik, ajak teman-teman ataupun keluarga kamu untuk menikmati berbagai menu lezat di kafe yang berlokasi di Jalan Mentri Supeno No 15 ini.

Steam & Brew.co

Bagi penikmat kopi, Steam & Brew.co tak boleh kamu lewatkan saat berada di Semarang. Terletak di Jalan Depok No 36A, kafe ini menyediakan racikan kopi latte, cappuccino, dan macchiato.Ada pula menu unik bernama Coffee Mix Root Beer, yakni perpaduan kopi hitam dan minuman soda root beer yang menghasilkan rasa amat segar.

Steam & Brew.co sendiri memiliki konsep minimalis pada interiornya. Tempatnya memang tidak terlalu besar, tetapi tata letak yang disusun rapi kafe ini menjadikan suasana nongkrong di Steam & Brew.co terasa sangat nyaman untuk menghabisakan waktu.

Eastman Coffee House

Meskipun baru buka pada awal tahun 2017, Eastman Coffee House sudah berhasil mendapatkan tempat di hati warga Semarang. Pasalnya, tempat nongkrong ini cukup unik dengan mengusung perpaduan interior modern dan furnitur lawas. Keunikan tersebut pun menjadikan kafe yang terletak di Jalan Ahmad Yani No 140 ini menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya itu, Eastman Coffee House juga menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang menggugah selera. Beberapa menu yang wajib kamu coba adalah Affogato Salted Caramel, Phili Steak Sandwich, Balinese Ayam Betutu, dan Lousiana Crispy Chicken. Ingin mencicipinya? Kamu bisa datang ke Eastman Coffee House pukul 10:00 – 22:00 setiap harinya.

Kedai Amarta

(Sumber: @kedaiamarta)

Pertama kali berdiri di kawasan Jalan Amarta, tempat makan ini dinamakan dengan nama yang sama, yaitu Kedai Amarta. Namun, lokasinya kini pindah ke Jalan Pleburan Barat No 32. Setiap harinya, Kedai Amarta buka pukul 10:00 – 22:00. Menariknya, mereka memiliki program Happy Hours setiap pukul 10:00 – 13:00 dan 15:00 – 19:00, di mana kamu bisa memesan menu-menu tertentu dengan harga spesial.

Menu yang disajikan Kedai Amarta bermacam-macam, mulai dari sajian steik seperti Chicken Steak, Mini Beef Steak, Wagyu Steak ataupun menu lain berupa aneka mi, Ayam Betutu dan Nasi Goreng Amarta. Jika ingin nongkrong di sini, sebaiknya kamu siapkan bujet sekitar Rp50.000 – Rp150.000 per orang ya!

Goodfellas Resto

Goodfellas Resto yang berlokasi di Jalan Gajah Mungkur Selatan No 11, menempati bangunan cagar budaya karya arsitek ternama Thomas Karsten. Hal ini menjadikan suasana kafe kental nuansa vintage khas Belanda. Terdapat pula area semi outdoor dengan deretan jendela yang menjadikan pencahayaan di dalam kafe ini pas untuk penyuka fotografi dan swafoto.

Suasana vintage akan semakin lengkap dengan hidangan ala Eropa pada menu Goodfellas Resto. Di sini, kamu bisa memesan aneka pasta, steak, hingga dessert menggiurkan sebagai santapan. Kamu bisa datang setiap pukul 10:00 – 22:00 ke kafe ini dan siapkan bujet sekitar Rp100.000 – Rp200.000 per orang untuk mencoba aneka menu yang tersedia.

Lind’s Ice Cream Café and Resto

(Sumber: @linds_icecream)

Ingin nongkrong sambil menikmati es krim? Langsung saja datang ke Lind’s Ice Cream Café and Resto di Jalan Papandayan No 99, Gajahmungkur. Berbagai menu es krim seperti Tropical Sundae, Espresso Ice Cream, hingga Macedonia bisa kamu coba di sini. Tak hanya es krim, kafe yang buka pukul 11:00 – 23:30 ini juga menyediakan menu lain seperti sandwich, pasta, steak untuk kamu coba.

Ragam menu tersebut dilengkapi dengan suasana resto yang begitu nyaman. Terdiri dari tiga lantai, ruangan di Lin’s Ice Cream Café and Resto dihiasi dengan aneka pohon buatan yang dilengkapi lampu-lampu kecil sehingga atmosfernya terasa begitu romantis.

Joko Kopi

(Sumber: @hugo_reza)

Tempat nongkrong di Semarang satu ini sangat cocok bagi kamu yang gemar minum kopi. Joko Kopi menyediakan berbagai kopi lokal yang berasal dari Jawa, Aceh, hingga Flores. Ada pula menu minuman lain, seperti cokelat, teh, aneka camilan, serta makanan berat untuk menemani waktu nongkrong kamu.

Berlokasi di Jalan Gedong Songo No 9, Ungaran, Joko Kopi menyuguhkan pemandangan hamparan sawah hijau yang cukup luas. Sangat pas bagi kamu yang ingin bersantai sambil menikmati suasana hijau persawahan, bukan?

Mary Anne’s Ice Cream

(Sumber:@edoasmarapd)

Satu lagi tempat nongkrong di Semarang yang juga menyediakan spesialisasi menu es krim, yaitu Mary Anne’s Ice Cream. Setidaknya, ada 30 varian rasa es krim yang bisa kamu pesan di sini, beberapa di antaranya cokelat, vanila, stroberi, dan mint mango.

Selain es krim, ada pula menu makanan lain yang tak kalah menggugah selera seperti sup, sandwich, salad, aneka pasta, hingga olahan grill. Hal menarik lain yang menjadi keunggulan resto di Jalan Rinjani No 10 A, Bendungan, ini adalah konsepnya yang mengusung rooftop bar. Jadi, sambil nongkrong kamu bisa sekaligus menikmati pemandangan Kota Semarang dari atas kafe.

Loffle Pop Up Dessert

(Sumber: @loffle.id)

Menikmati aneka dessert murah sambil foto-foto ceria untuk mengisi feedInstagram kamu tentu menjadi hal menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan di Semarang. Berlokasi di Jalan Tirto Agung No 50, kafe bernama Loffle Pop Up Dessert ini mengusung konsep kontainer dengan dominasi warna kuning dan putih cerah yang cocok untuk dijadikan latar foto.

Selain itu, kafe ini juga selalu menyediakan menu terbaru yang menyesuaikan tren. Salah satunya, kamu bisa memesan Japanese Cheese tart, Honey Toast, ataupun Oriental Dessert dengan harga sekitar Rp10.000 – Rp25.000 saja. Jika tertarik berkunjung, kamu bisa datang pukul 11:00 – 21:30 setiap harinya.

***

Itulah 14 tempat nongkrong di Semarang yang tak boleh kamu lewatkan. Selain menawarkan suasana yang asyik, menu makanan di berbagai tempat tersebut juga lezat dinikmati. Saat berkunjung, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen kebersamaan kamu bersama teman-teman ataupun keluarga di sana ya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan