peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Indonesia

18513 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Daftar Hotel di Indonesia

YELLO Hotel Harmoni

Jalan Hayam Wuruk No. 6, Jakarta Pusat, Indonesia, 10120

9.1 / 10

Istimewa

Amaris Hotel Margorejo Surabaya

Jl. Margorejo Indah No 114 - 115, Surabaya, Indonesia, 60238

8.7 / 10

Sangat Baik

Hotel Kaisar Jakarta

Jalan PLN No. 1 Duren Tiga, Jakarta Selatan, Indonesia, 12780

8.2 / 10

Sangat Baik

Swift Inn Aeropolis Airport

Jalan Raya Marsekal Surya Dharma Blok A No. 01 Neglasari , Tangerang, Indonesia, 15129

7.9 / 10

Baik

Zest Hotel Airport Jakarta

Jalan Husein Sastra Negara Kav. 1 Lingkar Benda, Jakarta Barat, Indonesia, 15125

8.5 / 10

Sangat Baik

Brothers Inn

Jl. Raya Dlopo Blok GP 73 Solo Baru, Solo, Indonesia, 57552

8.5 / 10

Sangat Baik

MG Suites Hotel Semarang

Jalan Petempen No. 294 Gajah Mada, Semarang, Indonesia, 50133

8.5 / 10

Sangat Baik

Whiz Prime Hotel Balikpapan

Jl. Jend. Sudirman No. 321, Balikpapan, Indonesia, 76114

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Gunawangsa MERR

Jalan Kedung Baruk No.96, Surabaya, Indonesia, 60298

8.6 / 10

Sangat Baik

The BnB Hotel Kelapa Gading

Boulevard Bukit Gading Raya Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Indonesia, 14240

8.1 / 10

Sangat Baik

Big Hotel Jakarta

Jl. Kartini Raya 64 No.2, Jakarta Barat, Indonesia, 10750

8.2 / 10

Sangat Baik

POP! Hotel Airport Jakarta

Jl. Raya Bandara no.106,Rawa Bokor, Benda - Tangerang, Jakarta Barat, Indonesia, 15125

7.8 / 10

Baik

Whiz Hotel Sudirman Pekanbaru

Jalan Jendral Sudirman No. 345, Pekanbaru, Indonesia, 28111

8.4 / 10

Sangat Baik

favehotel Adi Sucipto Solo

Adi Sucipto Street No 60, Banjarsari, Solo, Indonesia, 57139

8.2 / 10

Sangat Baik

Merlynn Park Hotel

Jl. K.H.Hasyim Ashari 29-31, Jakarta Pusat, Indonesia, 10130

8.5 / 10

Sangat Baik

POP! Hotel Kelapa Gading

Sentra Kelapa Gading,Jl. Bulevard Raya Blok M Sentra Kelapa Gading, Jakarta Utara, Indonesia, 14240

8.3 / 10

Sangat Baik

Best Western Premier The Hive

Jl. DI Panjaitan Kav. 3 - 4, Jakarta Timur, Indonesia, 13340

8.5 / 10

Sangat Baik

Star Hotel Semarang

Jl. MT. Haryono No. 972, Semarang, Indonesia, 50242

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Neo+ Balikpapan

Jl. Mayjend Sutoyo No. 67 , Balikpapan, Indonesia, 76122

8.7 / 10

Sangat Baik

Hotel Maharani Jakarta

Jalan Mampang Prapatan No. 8, Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, Indonesia, 12790

8.1 / 10

Sangat Baik

Tentang

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada di kawasan Asia Tenggara. Negara ini berada di antara dua samudera yaitu Hindia dan Pasifik. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki lebih dari 13.000 pulau baik yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Jumlah pulau ini diperkirakan akan bertambah karena survei dan penghitungan yang terus dilakukan.

Ibukota negara ini adalah Jakarta yang berada di Pulau Jawa. Sebagai pusat pemerintahan, Jakarta menjadi kota dengan penduduk terpadat di Indonesia. Jakarta adalah kota terbesar dengan berbagai gedung pencakar langit dan kehidupan urban modern.

Dari Sabang (wilayah paling barat) sampai Merauke (wilayah paling timur), Indonesia terdiri dari beragam suku, bahasa dan agama. Indonesia memiliki 34 provinsi dengan budaya khas di tiap daerah. Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika (berbeda ragam budaya namuntetap satu).

Wilayah-wilayah utama di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau. Di antara pulau-pulau tersebut, ada lima pulau besar dan beberapa pulau kecil yang populer dari sisi pariwisata.

Pulau Sumatera

Pulau Sumatera merupakan pulau besar di bagian barat Indonesia. Pulau ini dibagi menjadi 10 provinsi dengan beberapa kota populer, di antaranya:

Banda Aceh, Aceh

Banda Aceh merupakan kota di ujung barat Indonesia yang memiliki keindahan alam luar biasa. Ada banyak pantai cantik seperti Pantai Lhok Nga dan Pantai Ujung Batee. Selain itu, di kota ini juga berdiri Masjid Baiturrahman yang merupakan peninggalan kerajaan Islam di Aceh dan juga salah satu gedung yang tetap kokoh berdiri setelah bencana tsunami tahun 2004.

Medan, Sumatera Utara

Suku asli di kota ini adalah Batak, namun banyak pendatang yang berasal dari berbagai daerah dan menambah keragaman budaya di Medan. Yang populer dari Medan adalah kain Ulos, Istana Maimun, durian dan masih banyak lagi. Objek wisata yang populer di Sumatera Utara adalah Danau Toba. Danau vulkanik ini identik dengan sebuah pulau di tengahnya yaitu Pulau Samosir.

Padang, Sumatera Barat

Selain kulinernya yang banyak digemari seperti rendang, Padang juga dikenal dengan budaya Minangnya. Yang menarik dari budaya ini adalah bentuk bangunan rumah yang khas dengan atap berbentuk kepala kerbau.

Palembang,Sumatera Selatan

Palembang merupakan salah satu kota di Indonesia yang dilalui oleh sungai di tengah kotanya. Sungai Musi dan Jembatan Ampera menjadi ciri khas dari kota ini. Palembang terkenal dengan kuliner khasnya yaitu pempek.

Pulau Jawa

Pulau Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia dengan enam provinsi di dalamnya.

Berikut beberapa kota besar di Pulau Jawa:

Jakarta, DKI Jakarta

Sebagai ibukota, Jakarta memiliki infrastruktur yang memadai dengan banyak gedung tinggi dan pusat perbelanjaan besar. Jakarta menjadi kota tempat berkumpulnya berbagai budaya di Indonesia, hal ini juga membuat kuliner di Jakarta menjadi beragam. Kuliner khas dari berbagai daerah dapat ditemukan dengan mudah di Jakarta.

Surabaya, Jawa Timur

Mirip seperti Jakarta, Surabaya juga identik dengan pusat perbelanjaan dan gedung perkantoran. Surabaya dikenal sebagai ‘Kota Pahlawan’, Anda bisa menemukan monumen dan patung di banyak titik kota. Kuliner khas Surabaya yang populer adalah rujak cingur, tahu campur dan pecel Semanggi.

Bandung, Jawa Barat

Kota ini disebut juga dengan Paris van Java atau Paris-nya Jawa. Julukan ini pertama kali diberikan oleh pemerintahan Hindia Belanda karena suasana Bandung yang indah sehingga mirip dengan Paris. Ada banyak Factory Outlet (FO) yang tersebar di Bandung. Selain itu, kota ini juga memiliki objek wisata alam yang cantik seperti Kawah Putih Ciwidey dan Gunung Tangkuban Perahu.

Yogyakarta, DI Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota yang masih menjaga budaya dan tradisi Jawa di tengah zaman yang semakin modern. Jika datang di saat yang tepat, Anda bisa melihat berbagai ritual budaya yang rutin dilakukan pada saat-saat tertentu. Objek wisata populer di Yogyakarta tentu saja kompleks Keraton Sri Sultan, sedangkan untuk kuliner, kota ini terkenal dengan gudegnya.

Pulau Kalimantan

Pulau ini dimiliki oleh tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Kalimantan yang dikenal juga dengan nama Borneo ini menjadi kawasan hutan terluas di Indonesia. Beberapa kota populer di Kalimantan antara lain:

Balikpapan, Kalimantan Timur

Balikpapan bukanlah ibukota sebuah provinsi, namun kota ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Kota Balikpapan dikenal sebagai ‘Kota Minyak’ karena sumber daya minyaknya yang melimpah. Kota ini juga menjadi gerbang masuk ke Kalimantan Timur.

Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Banjarmasin identik dengan pasar apung di atas sungai dengan proses jual-beli yang dilakukan dari atas perahu. Untuk makanan khas, kota ini terkenal dengan olahan ikan haruan atau ikan gabusnya.

Pulau Sulawesi

Pulau ini merupakan pulau terbesar keempat di Indonesia. Bentuk Pulau Sulawesi unik karena menyerupai huruf K. Beberapa kota utama di Sulawesi adalah:

Makassar, Sulawesi Selatan

Letak Makassar yang berada di pesisir Sulawesi membuat kota ini memiliki pantai-pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Losari. Pantai Losari menjadi objek wisata andalan kota yang juga dikenal dengan nama Ujungpandang ini. Untuk kuliner, pisang epe menjadi sajian wajib jika Anda berkunjung ke Makassar.

Manado, Sulawesi Utara

Ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini terkenal dengan potensi wisata bahari. Taman Laut Bunaken disebut sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di Indonesia bahkan dunia.

Pulau Papua

Papua merupakan pulau besar paling timur di Indonesia. Dibagi menjadi dua provinsi yaitu Papua dan Papua Barat, pulau ini kaya dengan potensi wisata alamnya. Berikut beberapa kota atau wilayah populer di Papua:

Jayapura, Papua

Jayapura merupakan ibukota Provinsi Papua. Jayapura memiliki banyak potensi wisata alam, salah satu yang terkenal adalah Danau Sentani dan Puncak Jayawijaya.

Raja Ampat, Papua Barat

Di Provinsi Papua Barat, Kepulauan Raja Ampat sekarang ini sedang mendapat banyak perhatian. Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten yang berbentuk kepulauan.

Selain lima pulau besar di Indonesia tersebut, masih ada pulau-pulau lainnya yang memiliki kota atau wilayah utama yang menarik untuk dikunjungi, antara lain:

Pulau Bali

Pulau Bali merupakan sebuah provinsi yang kaya dengan pariwisatanya. Pulau ini memiliki wisata alam yang sangat cantik mulai dari pantai sampai daerah pegunungannya seperti Pantai Kuta dan daerah pedesaan Ubud. Selain itu, tradisi dan budaya Hindu sangat terasa di sini, ditandai dengan banyaknya pura yang tersebar di Bali.

Kepulauan Nusa Tenggara

Kepulauan Nusa Tenggara meliputi Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Dikarenakan bentuknya yang berupa kepulauan, maka banyak objek wisata alam bahari yang populer, di antaranya:

Lombok

Lombok berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan menjadi salah satu tujuan wisata bahari favorit. Kepulauan ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Selain itu, ada kuliner khasnya yang populer yaitu ayam taliwang.

Pulau Komodo

Selain menjadi habitat komodo, pulau ini juga terkenal dengan keindahan alamnya. Perairan Pulau Komodo disebut sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

Sejarah Indonesia

Sebagai negara kepulauan dengan sumber daya alam yang melimpah, Indonesia menjadi incaran banyak negara penjajah dari Asia dan Eropa. Mulai dari bangsa Portugis, Spanyol, Belanda, Perancis, Inggris sampai Jepang bergiliran menguasai Indonesia dan mengambil hasil bumi yang umumnya berupa rempah-rempah.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta membacakan teks proklamasi untuk menyatakan kemerdekaan Indonesia. Keduanya kemudian menjabat sebagai presiden dan wakil presiden pertama negara Republik Indonesia.

Cara ke Indonesia

Melalui udara

Ada lebih dari 27 bandara internasional yang tersebar di Indonesia.

Beberapa bandara internasional utama di Indonesia adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), Bandara Internasional Juanda (SUB) dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG).

Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax

Penerbangan internasional: antara Rp 75.000 – Rp 200.000.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Melalui laut

Menuju ke Indonesia melalui laut dapat dilakukan dengan kapal ferry dari beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Gambaran tarif kapal ferry Singapura – Batam

  • Penumpang dewasa: $ 23.00
  • Penumpang anak-anak: $ 19.00

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Melalui darat

Perjalanan melalui darat menuju ke Indonesia bisa dilakukan dari negara yang berbatasan daratan langsung dengan Indonesia seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Papua New Guinea.

Visa ke Indonesia

Indonesia memberlakukan bebas visa bagi negara-negara anggota ASEAN dan beberapa negara lain seperti Peru, Equador, Chile, Morocco, Macau SAR dan Hong Kong SAR. Warga dari negara tersebut bisa masuk dan tinggal di Indonesia dalam waktu maksimal 30 hari.

Selain itu, ada Visa on Arrival (VoA) yang bisa diajukan oleh WNA di bandara dan pelabuhan yang telah ditentukan. Visa jenis ini berlaku untuk perjalanan bisnis, seminar internasional, dinas pemerintahan, transit untuk menuju ke negara lain, pariwisata dan beberapa alasan kunjungan singkat lainnya.

VoA berlaku untuk 64 negara di luar negara yang telah disebutkan di atas. Berikut persyaratan untuk pengajuan VoA:

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan
  • Tiket pulang ke negara asal

Voa berlaku untuk 30 hari dan dapat diperpanjang untuk 30 hari berikutnya. Bandara dan pelabuhan di Indonesia yang memiliki fasilitas VoA antara lain:

Bandara

  • Adi Sumarmo di Solo, Jawa Tengah.
  • Adisutjipto di Yogjakarta, DI Yogyakarta.
  • Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah.
  • Bandara Internasional Lombok di Lombok Tengah, NTB.
  • El Tari di Kupang, NTT.
  • Halim Perdana Kusuma di Jakarta, DKI Jakarta.
  • Hang Nadim di Batam, Kepulauan Riau.
  • Hassanudin di Makasar, Sulawesi Selatan.
  • Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat.
  • Juanda di Surabaya, Jawa Timur.
  • Minang Kabau di Padang, Sumatera Barat.
  • Ngurah Rai di Denpasar, Bali.
  • Polonia di Medan, Sumatera Utara.
  • Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara.
  • Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur.
  • Soekarno Hatta di Jakarta, DKI Jakarta.
  • Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam.
  • Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Sumatera Selatan.
  • Sultan Syarif Kasim II di Pekan Baru, Riau.
  • Supadio di Pontianak, Kalimantan Barat.

Pelabuhan

  • Bandar Bintan Telani Lagoi di Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau.
  • Bandar Seri Udana Lobam di Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau.
  • Batu Ampar di Batam, Kepulauan Riau.
  • Belawan di Medan, Sumatera Utara.
  • Benoa, Bali.
  • Bitung di Bitung, Sulawesi Utara.
  • Jayapura di Jayapura, Papua.
  • Marina Teluk Senimba di Batam, Kepulauan Riau.
  • Maumere di Flores, NTT.
  • Nongsa di Batam, Kepulauan Riau.
  • Padang Bai, Bali.
  • Pare-pare di Pare-pare, Sulawesi Selatan.
  • Sekupang di Batam, Kepulauan Riau.
  • Sibolga di Sibolga, Sumatera Utara.
  • Soekarno-Hatta di Makasar, Sulawesi Selatan.
  • Sri Bintang Pura di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.
  • Tanjung Balai Karimun di Karimun, Kepulauan Riau.
  • Tanjung Mas di Semarang, Jawa Tengah.
  • Tanjung Priok di Surabaya, Jawa Timur.
  • Teluk Bayur di Padang, Sumatera Barat.
  • Batam Center di Batam, Kepulauam Riau.
  • Tenau di Kupang, NTT.
  • Yos Sudarso di Dumai, Riau.

Biaya pengajuan VoA: 35 USD

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi di Indonesia

Di Indonesia, ada beragam jenis transportasi baik darat, laut dan udara. Beberapa daerah bahkan memiliki jenis transportasi yang khas dan tidak ditemukan di tempat lain.

Pesawat

Dengan menggunakan pesawat, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan tenaga terutama untuk bepergian antar pulau.

Kapal laut

Sebagai negara kepulauan, wilayah Indonesia dipisahkan oleh lautan. Untuk menuju suatu pulau, Anda bisa menggunakan kapal laut. Transportasi laut di Indonesia dikelola oleh PT. PELNI (Persero).

Bus

Bus menjadi jenis transportasi darat yang umum di Indonesia. Hampir di seluruh wilayah Indonesia terdapat bus yang dapat digunakan untuk berpindah dari satu kota ke kota lain. Bus sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

Bus DAMRI

Bus DAMRI banyak ditemukan di beberapa kota besar di Indonesia. Bus ini biasanya menghubungkan antara bandara ke terminal atau stasiun.

Bus antar provinsi

Bus antar provinsi banyak ditemui di Indonesia. Bukan hanya menghubungkan antar provinsi dalam satu pulau seperti Jakarta – Surabaya, namun juga ada yang melayani antar provinsi yang juga berbeda pulau seperti Jakarta – Padang.

Bus antar kota

Bus antar kota memiliki jarak tempuh yang relatif lebih pendek dibanding antar provinsi. Contohnya adalah bus Bandung – Cimahi atau bus Surabaya – Malang.

Bus Rapid Transit

Bus Rapid Transit (BRT) adalah jenis transportasi alternatif yang menjadi pilihan bagi sebagian warga perkotaan. Bus ini akan berangkat sesuai jadwal dan berhenti di setiap halte yang telah ditentukan. Pembelian tiket hanya sekali dan Anda tak perlu membayar lagi selama tidak keluar dari koridor. Beberapa kota yang sudah memiliki BRT ini adalah Jakarta, Bali, Yogyakarta, Palembang, Bogor, Solo dan Semarang.

Kereta api

Kereta api menjadi pilihan transportasi yang bebas macet dan praktis. Kereta api di Indonesia hanya bisa ditemui di dua pulau yaitu Jawa dan Sumatera. Hal ini dikarenakan hanya kedua pulau tersebut yang memiliki kondisi dataran yang cocok untuk kereta api.

Angkutan kota (angkot)

Angkot di Indonesia merupakan jenis transportasi yang banyak ditemui hampir di semua daerah. Di beberapa kota atau daerah, angkot memiliki nama lain misalnya bemo, mikrolet, taksi, pete-pete dan lain-lain. Di Padang khususnya, angkot dihias dengan berbagai tambahan seperti perangkat sound system untuk menarik perhatian calon penumpang.

Taksi

Taksi banyak ditemui di Indonesia baik yang menggunakan argo meter maupun yang tidak. Ada banyak perusahaan taksi di Indonesia hampir di setiap kota.

Ojek sepeda motor

Ojek sepeda motor menjadi alternatif transportasi terutama saat sedang terjadi kemacetan.

Andong

Andong merupakan alat transportasi yang berupa kereta kayu dan ditarik oleh kuda. Sama seperti angkot, andong juga memiliki nama lain di beberapa daerah seperti delman, cikar, dokar dan bendi.

Becak kayuh

Becak kayuh tidak menggunakan bahan bakar. Becak memiliki tiga roda dan dikayuh oleh tukang becak. Umumnya penumpang berada di depan namun di Medan, kereta penumpang berada di samping.

Becak motor

Becak motor menggunakan bahan bakar minyak sebagai sumber tenaganya. Sama seperti becak kayuh, becak motor juga memiliki tiga roda.

Iklim di Indonesia

Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau umumnya berlangsung dari bulan April sampai bulan September, sedangkan musim hujan berlangsung dari bulan Oktober sampai bulan Maret.

Bahasa dan istilah lokal populer di Indonesia

Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Indonesia. Namun, dengan beragamnya suku dan budaya di Indonesia, ada sekitar 721 bahasa daerah di negara ini. Hampir setiap suku atau daerah memiliki bahasa masing-masing. Berikut beberapa bahasa dan istilah lokal populer di Indonesia:

Istilah ‘Apa Kabar?’ dalam beberapa bahasa daerah di Indonesia:

Bahasa Jawa: ‘Piye Kabare?’

Bahasa Sunda: ‘Kumaha Damang?’

Bahasa Makassar: ‘Apa kareba?’

Istilah ‘Terima kasih’ dalam beberapa bahasa daerah di Indonesia:

Bahasa Bali: ‘Suksema’

Bahasa Toraja: ‘Kurrusumanga’

Bahasa Aceh: ‘Teurimong Gaseh Beh’

Objek wisata di Indonesia

Alam Indonesia sangat kaya, mulai dari Sabang sampai Merauke, ada banyak potensi pariwisata yang dimiliki negara ini. Berikut delapan area atau objek wisata di Indonesia yang banyak mendapat perhatian dunia:

Pulau Komodo

Pulau Komodo masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama beberapa pulau lainnya. Pada tahun 1986, Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Tahun 2011, pulau ini meraih penghargaan internasional sebagai New Seven Wonders of Nature yang merupakan penghargaan untuk tujuh objek wisata alam terbaik di dunia.

Selain melihat komodo di habitat aslinya, Anda juga bisa menikmati wisata alam lainnya seperti menyelam dan snorkeling. Pulau Komodo memiliki keindahan yang luar biasa baik daratan maupun alam bawah lautnya. Di pulau ini juga terdapat Pink Beach pantai dengan pasir berwarna merah muda. Hanya ada tujuh pantai semacam ini di dunia dan salah satunya ada di Pulau Komodo.

Lombok

Lombok menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Indonesia untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini terkenal dengan Trio Gili yang dimilikinya. Trio Gili merupakan tiga pulau cantik yang berada di sini yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Selain Trio Gili, ada pula Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Di puncak gunung ini, Anda akan merasa berada di atas permadani yang terbuat dari awan.

Bali

Hampir semua sudut Bali merupakan keindahan yang patut dikunjungi. Bali disebut sebagai ‘surga dunia’ karena keindahan alamnya mulai dari alam bawah laut, pantai sampai pegunungan dan bukitnya. Tak hanya menawarkan keindahan alamnya, Bali juga menjadi objek wisata religius di dunia. Pengaruh agama Hindu sangat kuat di sini. Ada banyak pura berdiri dan upacara keagamaan yang dilakukan hampir.

Seni tari juga menjadi daya tarik Bali. Hampir setiap hari diadakan pertunjukan seni di berbagai desa mulai dari Tari Kecak, Tari Legong, Tari Pendet dan masih banyak lagi.

Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya atau yang dikenal juga dengan Puncak Carstensz merupakan satu-satunya puncak yang memiliki salju abadi di Indonesia. Gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut ini juga masuk dalam Tujuh Gunung dengan Puncak Tertinggi di Dunia atau Seven Summits.

Taman Laut Bunaken

Sebagai negara yang sebagian besar wilayahnya adalah perairan, Indonesia memiliki banyak sekali wisata alam bawah laut yang indah. Salah satu yang menjadi wisata bawah laut yang luar biasa adalah Taman Laut Bunaken.

Taman Laut Bunaken disebut sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Menyelam di sini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan luar biasa, berbagai jenis terumbu karang dan biota laut lainnya seperti ikan dan rumput laut yang berwarna-warni.

Raja Ampat

Raja Ampat merupakan gugusan empat pulau besar di ujung kepala Pulau Papua. Pulau ini terkenal dengan keindahan pantai dan alam bawah lautnya. Banyak hal yang bisa dilakukan di sini seperti berlayar antar pulau, belajar membuat patung bersama pengrajin dari suku Asmat, memancing, snorkeling dan tentu saja menyelam.

Tana Toraja

Tana Toraja memiliki keindahan alam yang luar biasa, deretan gunung dan bukit hijaunya mampu memanjakan mata. Selain pemandangan alamnya, Tana Toraja dikenal dengan ritual dan tradisinya.

Ada banyak upacara adat di sini, namun yang paling dikenal adalah upacara pemakaman yang disebut Rambu Solo’. Upacara ini dilakukan berhari-hari dan memakan biaya yang tidak sedikit. Di upacara ini juga diadakan penyembelihan kerbau. Semakin kaya atau tinggi kasta keluarga yang meninggal maka semakin banyak kerbau yang disembelih.

Jika memiliki nyali yang cukup besar, Anda bisa mengunjungi Londa yang merupakan makam gantung suku Toraja. Suku Toraja memiliki cara pemakaman yang unik, setelah upacara Rambu Solo’, peti mati digantung di gua dalam tebing.

Candi Borobudur

Candi yang berada di Jawa Tengah ini merupakan warisan budaya yang diakui dunia. UNESCO menyebut candi ini sebagai salah satu kompleks candi terbesar dan termegah di dunia. Ada lebih dari 500 buah arca Buddha di kompleks candi ini. candi Borobudur sempat terkubur abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi, sampai pada 1814, Sir Thomas Stamford Raffles menemukan situs bersejarah ini.

Setiap tahun saat Waisak, penganut Buddha dari berbagai negara lain seperti Kamboja, Tibet, India dan Cina, berkumpul di Candi Borobudur. Pada saat itu juga candi ini akan dipenuhi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Yang menarik dari ritual ini adalah pelepasan lampion ke udara.

Kuliner di Indonesia

Indonesia terdiri dari ratusan suku budaya dan adat yang juga mempengaruhi cita rasa kuliner di negara ini. Setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing dan hal ini yang membuat kuliner di Indonesia semakin kaya. Berikut beberapa kuliner populer dari daerah di Indonesia:

  • Aceh, terkenal dengan mie Aceh.
  • Bali, terkenal dengan ayam betutu.
  • Bandung, terkenal dengan surabi.
  • Gorontalo, terkenal dengan binte biluhuta.
  • Jakarta, terkenal dengan kerak telor.
  • Makassar, terkenal dengan pisang epe.
  • Medan, terkenal dengan bika ambon.
  • Padang, terkenal dengan rendang.
  • Palembang, terkenal dengan pempek.
  • Semarang. terkanal dengan lumpia.
  • Surabaya, terkenal dengan rujak cingur.
  • Yogyakarta, terkenal dengan gudeg.

Tips wisata di Indonesia

  • Jika Anda wanita, sebaiknya hindari berkunjung ke Pulau Komodo pada saat datang bulan (menstruasi), karena komodo sangat peka pada bau darah.
  • Bawalah permen untuk diberikan kepada warga setempat saat Anda ke Raja Ampat. Warga lokal menganggap permen dari orang asing sebagai hadiah dan tanda persahabatan.
  • Gunakan tangan kanan untuk makan dan saat memberi atau menerima sesuatu dari orang. Di Indonesia, menggunakan tangan kiri dianggap tidak sopan.
evtbvsrwfq