peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Ubud

Gianyar, Indonesia · 936 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Ubud

MaxOneHotels at Ubud

Jl. Raya Pengosekan Ubud Kabupaten Gianyar Bali , Gianyar, Indonesia, 80571

8.8 / 10

Sangat Baik

Abirama Ubud Villa

Kenderan, Tegallalang, Ubud, Gianyar, Indonesia, 80571

9.1 / 10

Istimewa

Alam Sembuwuk Resort

Jalan Raya Pejeng Kawan No. 45, Ubud., Gianyar, Indonesia, 80571

8.9 / 10

Sangat Baik

The Evitel Resort Ubud

Jalan Monkey Forest, Ubud, Gianyar, Indonesia, 80571

8.8 / 10

Sangat Baik

Villa Mandi Ubud

Jl Katik Lantang, Penestanan, Gianyar, Indonesia, 80571

8.4 / 10

Sangat Baik

Ubud Raya Hotel

Banjar Sindu, Jalan Raya Sayan - Ubud, Bali, Gianyar, Indonesia, 80571

8.6 / 10

Sangat Baik

Putri Ayu Cottages

Jalan Bisma Ubud, Gianyar, Indonesia, 80571

8.1 / 10

Sangat Baik

Padma Resort Ubud

Banjar Carik, Desa Puhu Payangan, Gianyar, Indonesia, 80572

9.3 / 10

Istimewa

Pertiwi Resorts

Jalan Monkey Forest, Ubud - Gianyar, Gianyar, Indonesia

8.6 / 10

Sangat Baik

The Kampung Ubud Villa

Jalan Raya Sayan, Br Sindhu Ubud, Gianyar, Indonesia, 80751

8.8 / 10

Sangat Baik

Sapulidi Resort & Spa

Jl.Raya Penggosekan,Mas, Ubud, Gianyar, Bali, Gianyar, Indonesia, 80511

8.4 / 10

Sangat Baik

Green View Private Villas

Jl Raya Bresela Payangan, Gianyar, Indonesia, 80572

7.7 / 10

Baik

Umae Villa

Jalan Raya Pengosekan Ubud, Gianyar, Indonesia, 80571

8.6 / 10

Sangat Baik

Ubud Tropical

Jalan Raya Andong, Gianyar, Indonesia, 80571

9.0 / 10

Istimewa

The Grand Sunti Ubud

Jalan Pengosekan Ubud, Gianyar, Indonesia, 80571

8.4 / 10

Sangat Baik

Uma Mandi Ubud

Banjar Katik Lantang Desa Singekerta Ubud, Gianyar, Indonesia, 80571

8.5 / 10

Sangat Baik

Kamandhani Cottage

Jalan Premasanthi 17 Pengosekan Ubud, Gianyar, Indonesia, 80571

7.9 / 10

Baik

Wijaya Guest House Ubud

Desa Laplapan, Ubud, Bali, Indonesia, Gianyar, Indonesia, 80571

9.1 / 10

Istimewa

The Sunset House

Br. Kelabang Moding Tegallalang, 80561 Ubud, Indonesia, Gianyar, Indonesia, 80571

8.9 / 10

Sangat Baik

Anahata Resort

Br.Umah Anyar,Pejeng Kaja Tampaksiring Bali, Gianyar, Indonesia, 1011

8.7 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Ubud terletak di Bali bagian utara, tepatnya di Kabupaten Gianyar. Berbeda dengan Kuta yang terkenal dengan pantainya, Ubud menawarkan pemandangan pegunungan dan bukit yang hijau. Keindahan pemandangan alam tersebut mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung, bahkan mencari hotel di Ubud untuk tempat bermalam agar dapat menghabiskan waktu lebih lama lagi di daerah itu.

Ubud juga merupakan pusat kebudayaan Bali. Sebagian besar warga Ubud adalah petani dan seniman yang terus memelihara kebudayaan Bali. Di Ubud, terdapat banyak galeri seni dan pertunjukan musik juga tari yang digelar setiap malam. Di Ubud, Anda juga bisa belajar kesenian Bali. Ada banyak sanggar tari dan lukis yang bisa Anda ikuti di Ubud.

Tak hanya berseni, Ubud juga religius. Di Ubud, jumlah hiburan malam seperti pub dan bar dibatasi jumlahnya oleh kepala adat. Suasana tenang dan damai bisa Anda dapatkan di sini. Pura yang didatangi umat Hindu dengan sesajennya untuk beribadah menjadi pemandangan biasa di sini. Ubud merupkan tempat yang tepat untuk Anda yang ingin istirahat dari rutinitas kerja dan keluar dari keramaian kota.

Wilayah Utama di Ubud

Ubud merupakan sebuah kecamatan di Gianyar, Bali. Ubud dibagi menjadi delapan desa dan di antara delapan desa tersebut, terdapat empat desa yang memiliki daya tarik utama di Ubud, antara lain:

Desa Ubud

Desa Ubud menawarkan banyak galeri seni, kursus tari dan lukis, serta rafting.

Desa Kedewatan

Desa Kedewatan hanya terletak 10 menit dari pusat Ubud. Di desa ini, Anda dapat mencicipi nasi ayam Bu Mangku yang populer.

Desa Lodtunduh

Desa Lodtunduh identik dengan toko kesenian, seperti lukisan, kerajinan tangan, dan patung.

Desa Mas (Pakraman Mas)

Desa Mas terkenal dengan kerajinan patungnya. Anda juga bisa melihat proses pembuatan kerajinan di kediaman seniman.

Sejarah Ubud

Sejarah Bali bermula dari sejarah Ubud. Agama Hindu masuk ke Bali pertama kali melalui Ubud dan budayanya terus bertahan hingga sekarang.

Ubud dikenal sejak abad ke-8. Pendeta Hindu dari Jawa, Rsi Markandya datang ke Bali untuk melakukan meditasi. Lokasi yang menjadi tempatnya bermeditasi saat itu adalah bukit Campuhan yang berada tak jauh dari pusat Ubud saat ini.

Nama Ubud berasal dari bahasa Bali kuno "Ubad" yang berarti pengobatan. Hal ini dikarenakan pada saat itu, Campuhan merupakan pusat pengobatan alami. Kata Ubad kemudian perlahan berubah menjadi Ubud hingga sekarang.

Pada 1900, warga Ubud meminta keleluasaan pada Belanda untuk menjalankan segala aktivitas seni. Pada 1930, menjadi awal berkembangnya kesenian di Ubud. Dengan dukungan dari kerajaan, seniman Ubud menggelar pertunjukan seni di kota dan dari sinilah, kesenian Bali kemudian dikenal sampai ke mancanegara.

Cara ke Ubud

Berikut ini adalah beberapa moda transportasi yang dapat mengantar Anda ke Ubud:

Transportasi Udara

Anda dapat menaiki pesawat terbang dengan tujuan pendaratan di Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Dari bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Ubud dengan taksi yang memasang tarif sekitar Rp250.000. Jarak tempuh dari bandara ke Ubud sekitar 37 km.

Untuk transportasi dengan tarif lebih ramah di kantong, Anda dapat memilih bus Perama atau taksi antar-jemput. Kedua moda transportasi lanjutan ini memiliki tarif di bawah Rp200.000

Transportasi Laut

Anda bisa ke Ubud dari beberapa kota di Pulau Jawa dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus. Saat berkendaraan dengan kendaraan pribadi atau bus, Anda juga diharuskan menyeberang ke Bali melalui pelabuhan feri di Banyuwangi.

Transportasi Darat

Bus antar provinsi ini hanya akan mengantar Anda sampai Terminal Ubung, Denpasar. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan taksi atau sewa mobil untuk menuju Ubud.

Tarif ini sudah termasuk penyeberangan dengan menggunakan kapal feri:

  • Tarif bus Jakarta–Denpasar sekitar Rp 400.000
  • Tarif bus Surabaya–Denpasar sekitar Rp 150.000

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi di Ubud

Untuk berkeliling di Ubud, Anda dapat memanfaatkan jasa kendaraan umum berikut ini:

Taksi

Anda bisa menemukan banyak taksi di sepanjang jalan Ubud. Taksi di Ubud tidak menggunakan argometer. Tarif yang dikenakan untuk menuju satu lokasi di Ubud mulai dari Rp 25.000.

Mobil Sewa

Sewa mobil merupakan cara terbaik untuk berkeliling Ubud dengan keluarga atau rombongan. Anda bisa menyewa mobil beserta sopirmya. Mobil ini banyak ditemui di jalanan Ubud dan bisa mengantar Anda ke satu tujuan saja atau ke beberapa tujuan. Mobil memiliki logo bundar berwarna kuning dengan huruf E di kaca depannya sebagai tanda bahwa mobil merupakan anggota dari Asosiasi Transportasi Ubud. Tarif yang dikenakan bukan berdasarkan jam. Untuk jarak dekat, dikenakan tarif mulai dari Rp30.000.

Motor Sewa

Ada banyak tempat penyewaan sepeda motor di Ubud. Jika kesulitan mencari sendiri, pihak hotel di Ubud biasanya menawarkan bantuan untuk mencarikan sepeda motor sewaan. Tarif sewa sepeda motor adalah sekitar Rp50.000 per hari.

Sepeda Sewa

Selain sepeda motor, Anda juga bisa menyewa sepeda kayuh di Ubud. Tempat sewa sepeda banyak ditemukan di Jalan Monkey Forest. Tarif sewa sepeda berkisar antara Rp20.000 hingga Rp30.000 per hari.

Mobil Hotel

Banyak hotel yang menyediakan jasa antar-jemput ke lokasi wisata di Ubud. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif, Anda bisa tanyakan ke pihak hotel tempat Anda menginap.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Iklim di Ubud

Ubud merupakan daerah perbukitan dengan ketinggian 300-600 meter di atas permukaan laut, sehingga suhu udara di Ubud relatif lebih rendah dari daerah lain di Bali seperti Kuta. Suhu udara di Ubud berkisar antara 23-27 derajat Celsius.

Seperti daerah lain di Indonesia, Ubud memiliki iklim tropis. Musim kemarau biasa berlangsung dari bulan April sampai Oktober, sedangkan musim hujan berlangsung dari bulan November sampai Maret.

Bahasa Daerah di Ubud

Ubud menggunakan bahasa Bali sebagai bahasa daerah yang digunakan sehari-hari. Bahasa Bali sendiri terdiri dari tiga tingkatan, antara lain:

Bali Alus

Bahasa ini digunakan dalam acara adat seperti pernikahan. Selain itu, digunakan juga untuk berbicara dengan orang yang memiliki kasta lebih tinggi.

Bali Madya

Bahasa ini disebut juga bahasa menengah. Biasanya, bahasa Madya digunakan untuk berbicara dengan orang yang kastanya sama.

Bali Kasar

Bali kasar ini biasa digunakan oleh sesama kasta Sudra, kelas terendah di Bali. Selain itu, bahasa ini, digunakan juga oleh kaum bangsawan yang berbicara dengan abdi dalem atau pelayannya.

Objek Wisata di Ubud

Beberapa tempat menarik yang wajib Anda kunjungi saat berada di Ubud adalah:

Pasar Ubud

pasar ubud

Pasar ini merupakan pasar tradisonal yang sangat ramai di Ubud. Anda bisa menemukan bermacam suvenir khas Bali, seperti kain Bali, ukiran, gantungan kunci, dan tas anyaman. Pasar Ubud dibagi menjadi dua bagian, yaitu pasar bagian barat dan pasar bagian timur. Pasar bagian barat digunakan untuk menjual barang seni tradisional, sedangkan pasar bagian timur digunakan untuk menjual barang kebutuhan sehari-hari seperti sayuran.

Jam buka:

  • Pasar bagian barat: 08.00-18.00 WITA
  • Pasar bagian timur: 04.00-11.00 WITA

Bali Rafting (Sungai Ayung)

Jika ingin menguji nyali, Anda bisa melakukan rafting atau arung jeram di Sungai Ayung. Selama kurang lebih dua jam, Anda akan menyusuri sungai dengan arus derasnya. Yang menarik adalah pahatan cerita Ramayana sepanjang satu kilometer di dinding sungai yang bisa Anda nikmati selama rafting. Jika tak ingin menyewa mobil, Anda bisa menggunakan jasa travel antar-jemput ke hotel dan lokasi rafting. Harga untuk melakukan rafting adalah Rp275.000 per orang (dewasa) dan Rp225.000 per orang (anak-anak).

Monkey Forest

monkey forest

Monkey Forest merupakan cagar alam yang dijadikan satu dengan kompleks candi. Di sini, ada lebih dari 400 ekor monyet yang lebih dikenal dengan kera ekor panjang. Monyet-monyet ini akan menyapa Anda di gerbang masuk dan semakin masuk ke dalam, semakin banyak monyet yang bisa Anda ditemui. Warga setempat yakin bahwa monyet-monyet ini bertugas untuk menjaga kesucian candi dan patung yang terdapat di kompleks ini.

  • Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00-18.00 WITA
  • Harga: Rp25.000 per orang

Museum Neka

Museum ini terletak di Jalan Campuhan, Kedewatan, Ubud. Nama museum ini diambil dari nama seorang kolektor lukisan, Suteja Neka. Ada lebih dari 300 buah lukisan hasil karya seniman nasional maupun internasional di museum ini. Koleksi di museum ini sangat terawat dan tersimpan dengan baik.

  • Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WITA (hari libur nasional tutup)
  • Harga: Rp50.000 per orang (di atas usia 12 tahun)

Museum Agung Rai (ARMA)

ARMA memiliki banyak koleksi lukisan dari seniman nasional maupun internasional dan juga patung khas Bali. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan tarian Bali, seperti Legong dan Barong yang dipentaskan di sini. Di depan museum, terdapat taman dan kafe dengan nuansa Bali. Setelah puas melihat koleksi museum, Anda bisa berkeliling taman atau beristirahat di kafe.

  • Alamat: Jalan Pengosekan, Ubud
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00-18.00 WITA
  • Harga: Rp50.000 per orang

Puri Agung Krisnakusuma

pura di ubud

Puri ini merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Ubud pada zaman dahulu. Sekarang, puri ini digunakan sebagai lokasi pertunjukan seni dan budaya di Ubud. Di halaman depan, ada area yang disebut Ancak Saji, di mana pertunjukan tari digelar setiap minggunya. Selain itu, terdapat latihan gamelan dari beberapa kelompok seni yang digelar setiap hari.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Hiburan Malam (Nightlife) di Ubud

Jika ingin mengekslor Ubud pada malam hari, berikut adalah beberapa tempat menarik yang dapat Anda kunjungi:

Pertunjukan Tari Kecak

Pertunjukan tari kecak diadakan secara bergiliran di tiap desa. Pertunjukan ini berlangsung tiap malam. Umumnya, harga tiket menonton tari kecak adalah Rp75.000 per orang.

Jazz Café Ubud

Di kafe ini, Anda bisa menikmati permainan musik jazz secara langsung. Kafe ini juga menyediakan minuman dan hidangan khas Asia seperti Jepang. Jazz Café Ubud terletak di Jalan Sukma 2, Ubud.

Luna Bar

Luna Bar menyediakan makanan khas Indonesia dan berbagai minuman. Bar ini memiliki agenda bedah buku dan temu penulis pada hari-hari tertentu. Selain itu, bar ini juga menjadi lokasi acara tahunan Ubud Writers and Readers Festival (UWRF). Luna Bar terletak di Jalan Goutama, Ubud.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Wisata Kuliner di Ubud

Bagi pencinta kuliner, Anda jangan sampai melewatkan kunjungan ke tempat makan yang menyajikan hidangan khas Ubud berikut ini:

  • Bebek Bengil Restaurant di Jalan Hanoman
  • Gurihan Barbeque di Jalan Raya Mas
  • Kafe Batan Waru di Jalan Dewi Sita
  • Mozaic di Jalan Sanggingan
  • Nasi ayam Kadewetan Bu Mangku di Jalan Raya Kadewetan

Tips Wisata di Ubud

Simak beberapa tips berikut jika Anda ingin atau sedang berada di Ubud:

  • Anda bisa berkeliling Ubud dengan berjalan kaki (trekking) atau dengan bersepeda. Ada jasa tur keliling Ubud dengan seorang pemandu dan Anda bisa berinteraksi langsung dengan penduduk saat masuk ke desa-desa di Ubud.
  • Bagi penggemar olahan bebek, Anda bisa mencicipi aneka olahan bebek di Bebek Tepi Sawah Restaurant & Gallery. Di sini, Anda bisa menikmati hidangan bebek atau ayam dengan pemandangan sawah yang hijau dan sejuk khas pedesaan. Menu favorit di sini adalah Crispy Duck, yaitu bebek goreng yang disajikan dengan nasi dan tiga jenis sambal Bali. Resto ini berada di Jalan Raya Goa Gajah, Ubud.
  • Pilihlah mobil sewa yang memiliki logo ‘E’ di kaca depannya. Mobil berlogo ‘E’ adalah anggota dari Asosiasi Transportasi Ubud, sehingga tarif yang dikenakan sudah mengikuti aturan setempat.
  • Jangan memberi makan monyet tanpa sepengetahuan pemandu di Monkey Forest. Memberi makan sembarangan dapat berakibat buruk bagi monyet di sana seperti gangguan perncernaan pada monyet.
  • Jaga barang bawaan Anda dan hindari memakai kacamata saat berkunjung ke Monkey Forest karena monyet-monyet di sini suka mengambil kacamata.
  • Ada banyak hotel murah dan mewah di Ubud, Anda harus menyesuaikan bujet agar anggaran tidak membengkak.