peringatan

Hotel di Pangandaran

Jawa Barat, Indonesia · 155 hotel tersedia

Cari hotel murah & promo dengan cepat dan mudah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Pangandaran

Horison Palma Pangandaran

Jalan Pantai Barat No 91, Kawasan Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46596

8.7 / 10

Sangat Baik

d'BILZ Hotel

Jalan Kidang Pananjung No. 198, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.1 / 10

Sangat Baik

Surya Kencana Seaside Hotel

Pantai Barat Pananjung, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.2 / 10

Sangat Baik

Laut Biru Resort Hotel

Jalan E. Jaga Lautan No. 17-18, Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.5 / 10

Sangat Baik

Menara Laut Hotel

Jalan Bulak Laut Pantai Barat, Pamugaran,Pananjung,, Pangandaran, Indonesia, 56396

8.8 / 10

Sangat Baik

Sunrise Beach Pangandaran

Jalan Kidang Pananjung 185 Pangandaran, Pangandaran, Indonesia

8.3 / 10

Sangat Baik

The Arnawa Hotel

Jl. Bulak Laut No. 12, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.5 / 10

Sangat Baik

Rose Inn Pangandaran

Jl. Kidang Pananjung No. 119, Pantai Timur, Pangandaran, Indonesia 46396, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Malabar

Jalan Pamugaran 128, Pantai Barat , Pangandaran, Indonesia, 46396

6.9 / 10

Lumayan

Nyiur Indah Beach Hotel

Jalan Pantai Barat No. 46, Pangandaran, Indonesia, 46936

9.4 / 10

Istimewa

Nyiur Resort Hotel Pangandaran

Jalan Bulak Laut No. 49, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.6 / 10

Sangat Baik

Pantai Indah Resort Hotel Timur Pangandaran

Jalan Kidang Pananjung No. 151, Pangandaran, Pangandaran, Indonesia

8.3 / 10

Sangat Baik

Krisna Beach Hotel 1

Jalan Pantai Barat No. 21, Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.6 / 10

Sangat Baik

Pondok Wulan Guest House

Jalan Pamugaran - Bulak Laut Pantai Barat Pangandaran 46396 Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.7 / 10

Sangat Baik

Amazon Bungalow & Cottages

Jalan Sanghyangkalang, Kec. Cijulang, Batu Karas, Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46394

8.8 / 10

Sangat Baik

Pantai Indah Resort Hotel Barat Pangandaran

Jalan Kidang Pananjung No. 192, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.5 / 10

Sangat Baik

Hotel Paluvi Pangandaran

Jalan Bulak Laut No. 86, Pangandaran, Indonesia

7.8 / 10

Baik

AHLEN Pangandaran, Wisma/Guest House Resto

Jalan Prapat 503, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.5 / 10

Sangat Baik

Sun In Pangandaran Hotel

Jl. Kidang Pananjung No. 199 , Pangandaran, Indonesia, 46396

8.7 / 10

Sangat Baik

Hotel Tirta Bahari

Jalan Objek Wisata Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 49364

hotel lainnya

Tentang

Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat dengan Ibu Kota Parigi. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis yang memiliki 10 kecamatan. Berada di semenanjung Pantai Selatan, menjadikan Pangandaran memiliki sumber daya laut yang melimpah.

Nama kabupaten ini berasal dari dua kata, yaitu 'Pangan' berarti makanan dan 'Daran' yang bermakna pendatang. Pangandaran menjadi salah satu daerah paling subur di Jawa Barat dan merupakan daerah penghasil makanan bagi para pendatang. Seiring perkembangan pariwisatanya, banyak hotel di Pangandaran yang menawarkan akomodasi dengan harga terjangkau.

Sejarah Pangandaran

Pangandaran bermula dari sebuah desa nelayan kecil milik masyarakat Sunda. Di dalam desa nelayan tersebut, terdapat tanjung benteng untuk penahan gelombang besar. Tanjung tersebut dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan perahu yang disebut andar dalam bahasa Sunda. Lambat laun, tanjung ini semakin ramai oleh nelayan. Para nelayan memutuskan untuk menetap dan membuat kampung nelayan bernama Pangandaran.

Budaya di Pangandaran

Sebagian kesenian tradisional Sunda pada acara-acara adat tertentu sudah berbaur dengan beberapa kebudayaan pendatang, sehingga menjadi lebih unik dan sangat menarik. Beberapa kesenian tradisional Sunda yang ada di Pangandaran adalah ronggeng gunung, wayang golek, wayang kulit, kuda lumping, dan sintren.

Cara ke Pangandaran

Beberapa alternatif moda transportasi yang dapat mengantar Anda ke Pangandaran adalah:

Transportasi Udara

Jika Anda berasal dari daerah yang jauh dari Pangandaran atau berada di luar Pulau Jawa, pesawat terbang bisa menjadi moda trasportasi yang memudahkan perjalanan ke Pangandaran. Anda dapat mendarat di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Lalu, perjalanan ke Pangandaran dilanjutkan dengan bus tujuan Pangandaran atau mobil sewa.

Namun, jika ingin melalui udara untuk tiba di Pangandaran langsung, Anda dapat menggunakan pesawat Susi Air. Maskapai penerbangan ini melayani rute langsung ke Bandara Nusawiru, satu-satunya bandara di Pangandaran. Bandara ini berjarak 20 km dari  pusat kota. Menggunakan pesawat Cessna berkapasitas 12 penumpang, rute ini bisa dicapai dari dua kota di Pulau Jawa, yaitu Jakarta dan Bandung.

Transportasi Darat

Beberapa moda transportasi yang dapat Anda gunakan untuk menuju Pangandaran via darat:

Bus

Titik keberangkatan jalur darat dengan bus, umumnya berpusat di 3 kota besar berikut:

  • Jakarta

Anda bisa menggunakan minibus Perkasa Jaya dari Terminal Kampung Rambutan menuju Terminal Pangandaran. Tarif bus sekitar Rp25.000 (non-AC) dan Rp150.000 (AC). Perjalanan ke Pangandaran akan menempuh waktu kurang lebih 9 jam dengan jarak sekitar 350 km. Terdapat dua pilihan pemberhentian akhir: langsung turun Terminal Pangandaran atau transit di Kabupaten Banjar dan menyambung perjalanan dengan mikrobus.

  • Bandung

Anda bisa mencapai Pangandaran menggunakan bus Budiman dari Terminal Cicaheum. Tiket bus sekitar Rp53.000 (non-AC) dan Rp65.000 (AC). Jarak perjalanan sekitar 236 km dengan waktu tempuh 6-7 jam. Alternatif lain, tersedia layanan angkutan travel menggunakan minibus Sari Harum dengan tarif Rp100.000 per orang.

  • Yogyakarta

Terdapat layanan angkutan travel minibus dengan lama perjalanan 8 jam. Tarif tiket travel yang ditawarkan sebesar Rp110.000 hingga 160.000 per orang.

Kereta Api

Titik keberangkatan terbaik ke Pangadaran dengan kereta api berasal dari Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta. Ambil kereta api tujuan Jawa Tengah yang berhenti di Stasiun Banjar. Dari Stasiun Banjar, perjalanan Anda bisa disambung dengan bus kecil atau mobil Elf ke Pangandaran. Waktu perjalanan dari Stasiun Banjar ke Pangandaran sekitar 1 jam.

(Harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah)

Hotel di Pangandaran

Untuk menunjang bidang pariwisatanya, Pangandaran memiliki sejumlah hotel terbaik yang ditawarkan untuk para wisatawan. Berikut hotel 1 hingga 4 yang ada di Pangandaran:

Hotel Bintang 1 di Pangandaran

Sebagai referensi jika Anda hendak berkunjung ke Pangandaran, berikut adalah beberapa penginapan bintang 1 di Pangandaran yang bisa dijadikan pilihan:

Rose Inn Pangandaran

Hotel yang berlokasi di Jalan Kidang Pananjung No. 119, Pantai Timur, Pangandaran ini menawarkan tarif bermalam yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp147.000 hingga Rp180.000 untuk tipe kamar Standard yang berkapasitas dua orang tamu. 

Bagi Anda datang bersama rombongan, Rose Inn Pangandaran juga menyediakan tipe kamar Family yang dapat diisi empat hingga enam orang tamu. Adapun harga yang ditawarkan untuk tipe kamar ini mulai dari Rp236.000 hingga Rp420.000 per malam.

Fasilitas di hotel bintang 1 ini cukup standar, hanya ada AC dan TV di setiap kamarnya. Namun, hotel di Pangandaran ini memiliki kelebihan lain dari lokasinya yang strategis. Dari Rose Inn Pangandaran, Anda cukup berjalan kaki sekitar 7 menit untuk mencapai Pantai Timur Pangandaran.

Allamanda Beach Hotel & Bungalow

Allamanda Beach Hotel & Bungalow menempati lokasi yang strategis di dekat Pantai Pangandaran, tepatnya di Jalan Raya Pangandaran (Ujung Tol Gate). Jika ingin menikmati keindahan Pantai Pangandaran, Anda hanya perlu berjalan kaki sejauh 900 meter dari hotel.

Tarif yang ditawarkan hotel di Pangandaran ini juga cukup ramah di kantong. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp255.000, Anda sudah bisa menempati tipe kamar Standard berkapasitas dua orang tamu yang dilengkapi dengan AC, TV, W-Fi, kamar mandi dengan pancuran, hingga balkon pribadi untuk satu malam.

The Erjamas Pavilion Batu Karas

Penginapan ini menempati bangunan bergaya kolonial dan tradisional Jawa di daerah Sanghiangkalang, Batu Karas, Pangandaran. Interiornya didesain sedemikian rupa dengan perabotan antik, sehingga menciptakan suasana zaman dahulu yang begitu kental.

Jika ingin menginap di hotel bintang 1 ini, Anda bisa memilih beberapa tipe kamar dengan konsep yang berbeda. Di antaranya ada tipe Balcony Room, Jineman House, Java Old House, Blue House, Kebo House, Terrace Suites, Courtyard View Suites, serta Verandah Suites. 

Masing-masing kamar tersebut dapat menampung dua hingga tiga orang tamu yang ditawarkan mulai dari Rp335.000 hingga Rp750.000 per malam. Meskipun memiliki nuansa kuno yang begitu terasa, kamar-kamar hotel di Pangandaran ini sudah disediakan TV Layar datar, AC, hingga kamar mandi dengan shower dan bathtub.

Selain itu, lokasi hotel yang cukup dekat dengan pantai juga menjadi kelebihan tambahan dari The Erjamas Pavilion. Dari hotel, Anda bisa dengan mudah menjangkau Pantai Batu Karas yang berjarak hanya sekitar 800 meter.

Hotel Bintang 2 di Pangandaran

Berikut beberapa penginapan di Pangandaran dengan tarif murah yang menyediakan fasilitas cukup lengkap:

Grand Mutiara Hotel Pangandaran

Grand Mutiara Hotel Pangandaran berlokasi di Jalan Pamugaran No. 145. Lokasinya tepat sekitar 900 meter dari Pantai Pangandaran.

Hotel di Pangandaran ini memiliki sejumlah pilihan kamar yang ditawarkan mulai dari Rp565.000 hingga Rp695.000 per malam. Adapun fasilitas yang termasuk di dalamnya meliputi AC, LED TV, perlengkapan mandi, kamar mandi dengan pancuran, serta perlengkapan kamar lainnya. 

Untuk tipe kamar tertentu, juga tersedia kamar mandi yang dilengkapi bathtub serta pancuran air panas dan air dingin. Sementara itu, untuk fasilitas di luar kamar, Anda juga bisa menikmati kolam renang di luar ruangan, restoran, akses Wi-Fi gratis, hingga ruang karaoke.

Hotel Pondok Rivana Batukaras

Hotel Pondok Rivana Batukaras merupakan salah satu akomodasi terbaik bagi Anda yang mencari hotel di Pangandaran untuk berlibur bersama keluarga. 

Hotel ini berada di Jalan Batukaras Blok Jumleng, Pangandaran atau sekitar 450 meter dari lokasi utama Pantai Batukaras. Dari hotel, Anda hanya perlu berjalan kaki tak lebih dari 5 menit jika ingin menikmati keindahan matahari terbit di pinggir pantai.

Adapun tarif menginap yang ditawarkan untuk satu kamarnya mulai dari Rp600.000 per malam. Tarif tersebut tentunya sebanding dengan kebersihan, fasilitas, serta kenyamanan yang dihadirkan di dalamnya. 

Hotel Bintang 3 di Pangandaran

Bagi Anda yang mencari penginapan kelas menengah, berikut adalah daftar akomodasi bintang 3 di Pangandaran yang bisa dipertimbangkan:

Surya Kencana Seaside Hotel

Hotel bintang 3 yang satu ini menempati lokasi yang strategis di dekat Pantai Barat Pangandaran, tepatnya di Jalan Pamugaran Bulak Laut, Pangandaran, Jawa Barat. Anda bisa menuju lokasi pantai dengan berjalan kaki karena lokasinya hanya berjarak sekitar 250 meter dari hotel. Untuk ke Cagar Alam Pangandaran, Anda berkendara dengan mobil dalam waktu tempuh sekitar 6 menit dari hotel.

Harga yang ditawarkan untuk tipe kamar yang berkapasitas dua hingga empat orang mulai dari Rp400.000 hingga Rp600.000 per malam. Sementara itu, untuk tipe kamar Family yang dapat menampung hingga enam orang, tarif per malamnya mulai dari Rp1.500.000.

Tiap-tiap kamar hotel di Pangandaran ini menghadirkan kebersihan, kenyamanan, serta fasilitas terbaik yang akan membuat pengalaman liburan Anda di Pangandaran semakin berkesan. Di luar ruangan, juga terdapat fasilitas tambahan berupa restoran, kolam renang, serta fasilitas rapat.

Bulak Laut Hotel and Resort

Bulak Laut Hotel and Resort menawarkan akomodasi yang nyaman dengan suasana pantai yang indah. Hotel ini berada di Jalan Bulak Laut, Pangandaran, Pananjung, Pangandaran atau sekitar 800 meter dari Pantai Barat Pangandaran.

Bagi Anda yang memiliki bujet terbatas, menyewa kamar tipe Dormitori dengan sistem sewa per kasur bisa menjadi pilihan yang tepat. Harga yang ditawarkan untuk tipe kamar ini mulai dari Rp200.000 per malam. Sementara itu, jika Anda ingin menyewa ruang kamar yang lebih pribadi, terdapat tipe Standard, Deluxe, serta Family yang ditawarkan mulai dari Rp435.000 hingga Rp785.000 per malam.

Adapun fasilitas di dalam kamarnya meliputi TV layar datar, AC, Wi-Fi, hingga kamar mandi dengan pancuran. Selain itu, beberapa kamar juga menawarkan pemandangan laut ataupun kolam renang.

Emerald Hotel

Emerald Hotel menawarkan perpaduan yang sempurna antara lokasi yang strategis dan tempat menginap yang nyaman.Hotel ini berada di Jalan Kalen Buaya, No. 16, Pantai Barat Pangandaran, Pangandaran.

Dengan menginap di hotel bintang 3 yang satu ini, Anda bisa menjangkau objek wisata Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran dengan mudah. Jarak masing-masing pantai hanya sekitar 650 meter dan 550 meter dari lokasi hotel.

Adapun tarif menginap untuk satu kamarnya mulai dari Rp550.000 hingga Rp798.000 per malam. Di dalamnya, tersedia tempat tidur yang nyaman, AC, TV layar datar, koneksi Wi-Fi, serta kamar mandi yang dilengkapi dengan shower.

Sementara itu, untuk fasilitas tambahan lainnya, hotel di Pangandaran ini juga menyediakan restoran, kolam renang di luar ruangan, hingga layanan kamar dan resepsionis selama 24 jam penuh.

Nyiur Indah Beach Hotel

Nyiur Indah Beach Hotel bisa menjadi salah satu pilihan hotel terbaik untuk menginap bersama keluarga. Hotel ini berada tepat di depan Pantai Barat Pangandaran, yakni di Jalan Pantai Barat No. 46, Pangandaran, Jawa Barat.

Setiap kamar di Nyiur Indah Beach Hotel didesain dengan nuansa tropis yang ditawarkan mulai dari Rp458.000 hingga Rp726.000 per malam. Adapun fasilitas yang disediakan di dalamnya sudah termasuk TV kabel, AC, lemari es, pembuat kopi dan teh, hingga kamar mandi dengan shower. 

Sementara itu, untuk fasilitas penunjang lainnya, Nyiur Indah Beach Hotel juga menyediakan restoran, jasa penatu, jasa tur, serta kolam renang di luar ruangan. Dengan fasilitas dan pelayanan terbaik yang dihadirkan oleh staf hotel, menginap di hotel ini dijamin memberikan pengalaman menginap terbaik selama Anda berlibur di Pangandaran. 

Horison Palma Pangandaran

Hotel yang berlokasi di Jalan Pantai Barat No. 91, Kawasan Pangandaran ini sangat cocok untuk menunjang perjalanan bisnis maupun liburan Anda di Pangandaran. Dengan tarif mulai dari Rp395.000 hingga Rp990.000 per malam, Horison Palma Pangandaran menghadirkan fasilitas dan layanan terbaik yang siap memberi kenyamanan bagi Anda.

Setiap kamarnya didesain dengan gaya minimalis dan dilengkapi dengan TV layar datar, AC, Wi-Fi, brankas pribadi, perlengkapan mandi, serta kamar mandi dengan pancuran. Sementara itu, fasilitas unggulan lainnya yang disediakan di luar kamar juga meliputi kolam renang outdoor, pusat kebugaran, fasilitas rapat, restoran, hingga penyewaan mobil dan sepeda.

Hotel Bintang 4 di Pangandaran

Untuk hotel dengan fasilitas unggulan dan mewah, beberapa penginapan bintang 4 di Pangandaran ini bisa Anda coba:

Menara Laut Hotel

Hotel bintang 4 yang satu ini berlokasi di Jalan Bulak Laut Pantai Barat, Pamugaran, Pananjung, Pangandaran. Letaknya hanya sekitar 750 meter dari Pantai Barat Pangandaran.

Dengan tarif menginap yang dipatok mulai dari Rp550.000 hingga Rp950.000,00 per malam, Menara Laut Hotel menawarkan kamar tipe Deluxe berkapasitas dua orang tamu dan Family berkapasitas empat orang tamu. Tiap-tiap kamar tersebut didesain dengan konsep elegan dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas unggulan.

Selain itu, fasilitas penunjang berupa layanan kamar 24 jam, pusat kebugaran, kolam renang di luar ruangan, hingga fasilitas rapat pun juga turut dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para tamu. Hotel di Pangandaran ini pastinya menjamin kenyamanan Anda saat menginap.

The Arnawa Hotel

The Arnawa Hotel bisa menjadi tempat menginap yang sempurna untuk perjalanan bisnis ataupun liburan di Pangandaran. Hotel ini berlokasi di Jalan Bulak Laut No. 12, Pangandaran. Letaknya sekitar 450 meter dari objek wisata Pantai Barat Pangandaran.

Berbagai fasilitas terbaik yang dihadirkan The Arnawa Hotel siap memberikan pengalaman menginap yang terbaik bagi Anda. Setiap kamarnya yang ditawarkan mulai dari Rp450.000 Rp920.000 per malam. Setiap kamar didesain dengan mewah dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas terbaik kelas hotel berbintang 4.

Sementara itu, untuk fasilitas penunjang di luar kamar, The Arnawa Hotel juga menyediakan kolam renang, restoran, hingga fasilitas rapat. Pengalaman bermalam dengan mewah dapat Anda miliki di The Arnawa Hotel.

Objek Wisata di Pangandaran

Berikut adalah tempat-tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi saat berada di Pangandaran:

Pantai Wisata Pangandaran

Objek wisata alam yang paling populer dan identik menggambarkan Pangandaran adalah pantai. Pantai wisata Pangandaran terbagi menjadi dua bagian besar:

  • Pantai Pananjung

Pantai yang berada di semenanjung barat Pangandaran ini cocok untuk liburan keluarga. Selain berenang, Anda bisa menumpang kapal menuju taman laut untuk menikmati snorkeling dan memancing. Pantai ini juga dikelilingi cagar alam yang menjadi habitat satwa lokal, seperti monyet, rusa, kebo, dan banteng. Curug Pananjung, bunga Rafflesia Arnoldi, dan lapangan banteng adalah spot paling menarik di cagar alam ini.

  • Pantai Timur

Pantai ini merupakan tujuan terbaik untuk olahraga air yang lebih ekstrem, seperti jet ski dan banana boat. Selain pesona laut, Pantai Timur juga memiliki pusat seafood dan pasar ikan segar terbaik di Pangandaran.

Sebagai primadona objek wisata di Jawa Barat ini, Pantai Timur tentu memiliki keistimewaan yang membuat para wisatawan sering berkunjung, seperti adanya pantai dengan hamparan pasir putih, pantai landai dengan air laut jernih, spot melihat matahari terbenam dan terbit di satu pantai yang sama, tim penyelamat di pantai, taman laut dengan ikan-ikan, dan keindahan kehidupan laut yang mempeson. Keistimewaan itu juga didukung dengan akses ke tempat wisata yang mulus karena sudah di aspal.

Di pantai ini, banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan, seperti berenang, memancing, berkeliling dengan sepeda, berperahu, bermain jet ski, dan mencoba parasailing.

Green Canyon atau Cukang Taneuh

Terletak di Desa Kertayasa, Cijulang atau 31 km dari Pangandaran, Green Canyon mengajak Anda untuk menyusuri celah antara dua tebing batu dengan perahu berkapasitas enam orang. Perahu tersebut akan berjalan di atas sungai yang mengalir menuju gua. Pemandangan bak surga berwarna serba hijau berkilau siap menemani Anda selama penyusuran ini. Tarif satu perahu berkapasitas lima orang adalah Rp150.000. Tempat wisata ini buka setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB.

Pantai Batu Karas

Pantai ini berada di Desa Batu Karas, Cijulang atau 30 kilometer dari Pangandaran. Biasanya, Pantai Batu Karas dikunjungi wisatawan yang sedang menunggu objek wisata Grand Canyon dibuka. Pantai ini memiliki kontur landai dengan arus yang beragam. Selain cocok untuk berenang, pantai ini juga memiliki spot bagus untuk selancar. Beberapa orang percaya bahwa ombak pantai ini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit.

Curug Bojong

Nama Curug Bojong diambil dari air sungai yang mengalir dari Kampung Bojong. Terdapat tiga buah curug atau air terjun di kawasan ini.

Untuk menuju Curug Bojong, Anda bisa berjalan kaki, bersepeda, hiking, atau menggunakan kendaraan bermotor. Sepanjang jalan menuju Curug Bojong, para wisatawan disajikan pemandangan pedesaan dengan hamparan sawah, serta hutan jati dan mahoni. Para wisatawan juga dapat mendaki bebatuan yang terletak di samping air terjun, kemudian melompat dari ketinggian 7 m ke kolam alami yang terbentuk dari curahan air terjun.

Pantai Karapyak

Pantai ini berada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang atau sekitar 20 km dari Pantai Pangandaran. Meskipun jalan menuju pantai sudah cukup layak, namun belum ada angkutan umum ataupun ojek yang tersedia.

Gua Sumur Mudal

Ada beberapa gua alam yang terdapat di Sepurana Pangandaran, salah satunya adalah Gua Sumur Mudal. Pada zaman dahulu, terdapat mata air yang bentuknya menyerupai sumur dengan air yang mendidih atau muda di dalam gua.

Pantai Keusik Luhur

Ciri pantai ini adalah perpaduan antara hijaunya pegunungan dengan birunya air laut di pantai. Dari atas bukit, Anda akan melihat pemandangan saat ombak menghantam karang. Gelombang laut yang besar membuat pasir terangkat tinggi hingga mencapai batu karang. Karena fenomena tersebut, pantai ini diberinama Keusik Luhur yang berarti 'Pasir yang Tinggi'.

Santirah River Tubing

Anda dapat melakukan aktivitas ekstrem berupa arung jeram di tempat wisata ini. Anda akan menggunakan ban besar dan mengarungi sungai dengan sensasi menengangkan karena akan ada banyak guncangan di antara arus dan bebatuan.

Saung Muara

Di pantai ini, Anda bisa menikmati pemandangan para nelayan yang sedang sibuk mencari ikan. Objek wisata ini juga dapat dijadikan sebagai area berkemah bersama keluarga atau teman.

Pangandaran Waterpark

Waterpark Pangandaran terletak tepat di tepi Pantai Lembah Putri. Tiket masuknya terbilang murah, yakni hanya Rp15.000 hingga Rp25.000 per orang.

(Harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah)

Tips Wisata di Pangandaran

Beberapa tips wisata yang dapat Anda simak jika ingin berkunjung ke Pangandaran:

  • Perhatikan rambu-rambu di Pantai Pangandaran. Tidak semua area pantai cocok untuk berenang.
  • Bila ingin berlibur ke Pangandaran, sebaiknya pada acara tertentu agar Anda bisa melihat acara ritual khas Pangandaran, seperti festival layang-layang bertaraf internasional dan hajat laut.
  • Bila ingin ingin menelusuri sungai di Green Canyon, jangan datang pada musim hujan karena air yang aslinya berwarna biru kehijauan akan berubah menjadi cokelat.