peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Tarakan

Kalimantan Utara, Indonesia · 26 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Tarakan

Grand Citra Hotel

Jalan Mulawarman RT. 26 , Tarakan, Indonesia, 77111

8.5 / 10

Sangat Baik

Dynasty Hotel

Jalan Kusuma Bangsa Rt.5 / Rw.3 No.96, Tarakan, Indonesia, 77126

8.4 / 10

Sangat Baik

Milia Hotel

Jl Yos Sudarso No.3 RT 6, Tarakan, Indonesia, 77112

8.5 / 10

Sangat Baik

Padmaloka Hotel

Jalan Yos Sudarso No.6 RT.11, Tarakan, Indonesia, 77111

8.3 / 10

Sangat Baik

Grand Taufiq Hotel

Jalan Yos Sudarso No.7 , Tarakan, Indonesia, 77126

8.2 / 10

Sangat Baik

Swiss-Belhotel Tarakan

Jalan Mulawarman No. 15, Tarakan, Indonesia, 77111

8.0 / 10

Sangat Baik

Hotel Makmur

Jl. Jendral Sudirman No.18, Tarakan, Indonesia, 77112

8.0 / 10

Sangat Baik

Royal Tarakan Hotel

Jalan Mulawarman No 18, Tarakan, Indonesia, 77111

8.7 / 10

Sangat Baik

Paradise Hotel Tarakan

Jln. Mulawarman No. 21, Kel. Karang Anyar Pantai, Tarakan, Indonesia, 77111

7.1 / 10

Baik

Tranzit Hotel

Jalan Yos Sudarso RT 11 No.11, Tarakan, Indonesia

8.0 / 10

Sangat Baik

Galaxy Hotel

Jl. Yos Sudarso 9, Tarakan, Indonesia, 77111

7.7 / 10

Baik

Hotel Harmonis Classic

Jalan Diponegoro 5, Tarakan, Indonesia, 77123

7.9 / 10

Baik

Segiri Hotel Tarakan

Jalan Gajahmada No. 24, Tarakan, Indonesia

7.8 / 10

Baik

Hotel Sakura

Jalan Jendral Sudirman No. 17, Tarakan, Indonesia, 77111

7.5 / 10

Baik

Hotel Atia New

Jalan Yos Sudarso RT.13, Tarakan, Indonesia, 77113

8.0 / 10

Sangat Baik

Hotel Tarakan Plaza

Jalan Yos Sudarso No.77, Tarakan, Indonesia

8.2 / 10

Sangat Baik

Airy Grand Tarakan Mulawarman 21

Jl. Mulawarman, No. 21, Karang Anyar Pantai, Tarakan, Indonesia, 77111

7.7 / 10

Baik

Hotel Bahtera Tarakan

Jalan Sulawesi No 1 , Tarakan, Indonesia

8.3 / 10

Sangat Baik

Homestay Cempaka

Jl.Imam Bonjol RT.22 Kelurahan Pamusian, Tarakan, Indonesia, 77131

6.7 / 10

Lumayan

Lembasung Boutique Hotel Syariah

Jl.Pulau Irian No.11, Tarakan, Indonesia, 77122

8.0 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Tarakan adalah sebuah kota di Kalimantan Utara dengan luas sekitar 250,80 km dan jumlah penduduk 239.787 jiwa. Kota yang mendapat julukan “Bumi Paguntaka” ini terdiri dari dua pulau yaitu : Pulau Tarakan dan Pulau Sadau. Suhu udara di Tarakan cukup hangat berkisar antara 24 – 31 derajat Celcius.

Tarakan adalah kota yang kaya migas dan sarat peninggalan sejarah perang. Kota ini dahulu adalah wilayah yang diperebutkan oleh Jepang dan Australia. Monumen Australia yaitu bunker dan beberapa makam yang tersebar menjadi saksi bisu sejarah Kota Tarakan.

Semboyan dari kota terbesar yang berada di Provinsi Kalimantan Utara yang juga menjadi kota terkaya ke 17 di Indonesia adalah BAIS yang merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Indah, Sehat, dan Sejahtera.

Sejarah

Asal usul nama Tarakan berdasarkan cerita rakyat yang berbahasa Tidung, berasal dari penduduk suku asli Kalimantan yang  menetap di Pulau Tarakan dan pulau-pulau sekitarnya. Tarak artinya bertemu dan Ngakan artinya makan yang secara bahasa adalah tempat beristirahatnya para nelayan untuk melakukan transaksi perturakaran atau barter dengan tangkapan nelayan lain.

Pada tahun 1896, Belanda menjajah Tarakan di karenakan terdapat  sumber minyak di tempat ini. Belanda membangun perusahaannya yang bernama BMP atau Bataavishe Petroleum Maatchapij. Pada masa setelah kemerdekaan, pemerintahan Indonesia memberikan perubahan status Tarakan dari kewedanan menjadi Kecamatan Tarakan berlandaskan dengan Keppress RI No. 22 Tahun 1963.

Berdasarkan letak yang strategis dan peningkatan signifikan,Kecamatan Tarakan dijadikan sebagai sebuah pusat industri di Provinsi Kalimantan Timur, sehingga statusnya meningkat menjadi Kota Administratif. Peresmian perubahan status Kota Administratif Tarakan di resmikan oleh Menteri dalam Negeri pada tanggal 15 Desember 1997. Tanggal tersebut akhirnya dijadikan sebagai hari jadi Kota Tarakan.

 

Budaya

Masyarakat yang tinggal di Tarakan terdiri dari berbagai etnis seperti Tidung (suku asli Tarakan),  Dayak, Banjar, Bugis, Jawa dan lain-lain. Mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, sedangkan sisanya memeluk agama Kristen, Hindu dan Budha. Dalam bidang tentang seni dan budaya Kota Tarakan ini terkenal akan tari Jepen yang tak lain adalah tari asli daerah ini, selain itu terdapat tari Hadrah yang menjadi hasil kebudayaan yang berasal dari kreatifitas penduduknya.

Tidak hanya tari dan musik, di Tarakan terdapat sebuah pesta rakyat bernama pesta Iraw Tengkayu yang berkembang dari masyarakat Tidung sebagai bentuk interaksi dengan sekitarnya. Resistensi budaya yang ada di kota ini cukup membuktikan potensi Tarakan dapat menjadi destinasi wisata yang menarik. Kini, pesta ini pun telah masuk dalam event  departemen kebudayaan.

 

Iklim

Tarakan memiliki iklim tropis. Kota ini memiliki curah hujan yang konsisten kering di sepanjang bulan. Rata-rata suhu di kota ini yakni 26.6 °C dengan jumlah presipitasi yang jatuh setiap tahunnya yaitu  3271 mm.

Bulan Februari merupakan bulan terkering sepanjang tahun dengan presipitasi 229 mm. Di bulan ini juga bisa menjadi bulan paling dingin setahun dengan presipitasi yang bervariasi yaitu 91mm sehingga bisa saja menjadi bulan terkering atau terdingin dengan rata-rata suhu sepanjang tahun 0,8°C.

Presipitasi mencapai pada puncaknya dengan memiliki rata-rata 320 mm yakni di bulan November dan suhu rata-rata yang di miliki adalah 26.9 °C. Mei merupakan bulan  yang hangat dengan 26.1 °C.

 

Wilayah Utama

Di bagian utara Kota Tarakan yaitu Kecamatan Pulau Banyu, kemudian di sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulawesi, di bagian selatan Kecamatan Tanjung Palas, dan sebelah barat merupakan Kecamatan Sesayap dan Sekatak.

 

Cara Menuju Kota Tarakan

Untuk menuju Kota Tarakan, Anda bisa memilih berbagai metode transportasi udara atau laut.

 

Via Udara

Penerbangan ke Tarakan akan mendarat di Bandara Internasional Juwata (TRK) yang terletak di Tarakan, Kalimantan Utara. Bandara ini berjarak sekitar 3 km dari Tarakan atau sekitar 15 menit berkendara menuju Tarakan. Tarif Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax: Rp20.000 - Rp40.000,00. Harga tiket pesawat bervariasi tergantung maskapai penerbangan dan kelas di pesawat.

Transportasi dari dan ke bandara

Taksi Bandara

Taksi bandara tersedia di Bandara Juwata (TRK). Tarif taksi bandara bervariasi dan dibagi dalam 3 ring yaitu:

Ring I:

Rute Bandara Juwata – Yonif 613 : Rp65.000,00

Ring II:

Rute Bandara Juwata – Kampung Satu, Kampung Empat dan Mamburungan Luar dan

Rute  Bandara Juwata – Juata Kerikil : Rp90.000,00

Ring III:

Rute Bandara Juwata – Mamburungan Dalam dan Pantai Amal dan Rute Bandara Juwata – Juata Laut : Rp130.000,00

(Tarif taksi bisa berubah sewaktu-waktu)*

 

Angkutan kota (Angkot)

Angkutan kota (Angkot) tersedia di Bandara Juwata. Rute angkot adalah Bandara Juwata – pusat kota Tarakan dengan tarif

 Rp5.000,00

Mini Bus

Jika Anda ingin transportasi yang lebih ekonomis Anda bisa menggunakan jasa minibus namun harus berjalan terlebih dahulu sejauh 200 meter untuk keluar dari bandara ke Jalan Yos Sudarso dan naik mini bus tersebut dengan tarif sekitar Rp3000,00.

 

Via Laut

Untuk menuju Tarakan Anda juga bisa menggunakan jalur laut. Pelabuhan di Tarakan ini juga melayani kapal yang datang dari wilayah lain seperti Tawau, Sabah dan Malaysia selain itu kapal dari Jawa dan Sulawesi pun berlabuh disini. Pelabuhan Malundung akan menjadi pelabuhan tempat kapal Anda akan berlabuh yang jaraknya sekitar 1,5 kilometer dari pusat kota sementara pelabuhan Tengkayu I dipakai untuk pelabuhan speed boat yang akan menuju ke wilayah lain di Kalimantan Utara. Dari pelabuhan ini Anda bisa menggunakan angkutan kota, ojek atau taksi untuk menuju pusat kota.

Tarakan memiliki 4 pelabuhan laut utama yaitu: Pelabuhan Tengkayu I,Pelabuhan Tengkayu II, Pelabuhan Malundung, Pelabuhan Juwata Laut. Dari 4 pelabuhan utama tersebut, hanya Pelabuhan Malundung yang digunakan sebagai pelabuhan kapal besar dari dan ke Pulau Jawa. Kapal laut yang melayani rute Jakarta – Tarakan adalah KM Kerinci (Dumai – Jakarta – Nunukan). Harga tiket Rp130.000 – Rp1.800.000,00 tergantung kelas

(Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu).*

 

Objek Wisata Kota Tarakan

Mungkin bagi Anda kota ini masih belum terlalu populer untuk dijadikan destinasi wisata namun ternyata ada banyak potensi wisata yang tersimpan di kota ini seperti Hutan Mangrove, Taman Ival Ladang serta Pantai Amal yang bisa Anda kunjungi. Beberapa objek wisata lain di Tarakan yang dapat Anda kunjungi beserta keluarga sebagai berikut:

Air Terjun Karungan

Air Terjun Karungan adalah satu-satunya air terjun yang terdapat di Tarakan. Air terjun ini terletak di Karungan, Kelurahan Mambarungan, Tarakan Timur. Lokasi objek wisata ini bisa ditempuh dalam waktu 10 menit berkendara dari pusat Kota Tarakan.

Masyarakat Kota Tarakan datang ke tempat ini untuk menikmati kesejukan Air Terjun Karungan. Selain itu, mereka juga bisa melakukan agrowisata ke kebun salak dan kebun nanas yang ada di sekitar air terjun.

Fasilitas yang dapat Anda gunakan selama berwisata di Air Terjun Karungan yakni fasilitas kamar mandi untuk mengganti pakaian dan kamar bilas untuk mandi seusai berenang. Pengunjung mendatangi tempat ini setiap sabtu, minggu dan hari libur nasional.

Pantai Amal

Pantai Amal terletak di Kelurahan Amal, Tarakan Timur. Pantai ini berjarak sekitar 11 km dari pusat Kota Tarakan dan dapat dicapai dalam waktu 20 menit berkendara.

Pantai Amal memiliki pemandangan yang indah karena air lautnya biru jernih dan terdapat banyak pohon kelapa. Ombak yang relatif tenang diselingi semilir angin yang berhembus membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai ini. Harga tiket masuk Rp5.000,00

(Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu)*

Penangkaran Buaya Juwata

Penangkaran Buaya Juwata terletak di Jl. Raya Juwata Laut, Kelurahan Karang Harapan, Tarakan Barat. Dengan luas 5 hektar, Penangkaran Buaya Juwata adalah tempat pengembangbiakan buaya untuk tujuan komersil yang dibangun pada tahun 1991 dengan tujuan memperoleh produk dari buaya seperti kulit, daging dan gigi buaya.

Jenis buaya yang dikembangbiakkan di tempat ini adalah buaya muara, buaya supit dan buaya air tawar. Ketiga jenis buaya ini adalah jenis buaya yang dilindungi dan terancam mengalami kepunahan.

Jumlah buaya yang mencapai ribuan menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Anda bisa melihat ribuan buaya yang ditangkar mulai dari yang masih kecil hingga yang siap diambil kulitnya untuk dijadikan bahan tas, dompet dan ikat pinggang.Penangkaran Buaya Juwata dibuka setiap hari dari pagi hingga sore.

 

Tips Berwisata di Kota Tarakan

Luangkan waktu mencicipi kuliner khas Tarakan yang tersedia di Pantai Amal seperti Udang Sambal Jeruk dan Kapah (kerang khas Tarakan).

Jika Anda berkunjung ke Penangkaran Buaya Juwata, sempatkan berbelanja oleh-oleh produk kerajinan dari kulit buaya seperti dompet, tas, ikat pinggang atau produk makanan seperti abon dan kerupuk dari daging buaya.

Jika Anda berkunjung ke Penangkaran Buaya Juwata datanglah pada pukul 10:00 saat buaya tersebut di beri makan oleh pengurus penangkaran.

?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq