0

Erika Silviana

16 Oct 2019 - 7 min read

10 Rumah Makan di Bandung dengan Panorama Super Keren

Ada banyak hal yang membuat momen liburan ke Bandung selalu seru. Tentunya karena ada beragam factory outletsuntuk belanja dengan harga terjangkau, udaranya yang sejuk, tempat wisata yang keren, hingga beragam pilihan wisata kuliner lezat. Nah, bagi yang traveling ke Bandung untuk berwisata kuliner, kamu tak hanya akan merasakan makanan yang lezat, tapi juga mendapat bonus pemandangan yang menyejukkan mata.

Ya, karena Bandung terletak di dataran tinggi maka banyak kafe dan restoran yang menyuguhkan pemandangan indah khas pegunungan dan udara sejuk. Sambil menyantap makanan, kamu pun bisa sekaligus relaksasi pikiran dengan berkunjung ke beberapa rumah makan di Bandung berikut ini:

Pinisi Resto

(Sumber:@noenoemajid)

Di Bandung, ada sebuah Pinisi yang seolah-olah terdampar di tengah-tengah perbukitan. Kapal tradisional khas Indonesia ini akhirnya digunakan sebagai sebuah tempat makan bernama Pinisi Resto. Berlokasi di Situ Patenggang, Rancabali, Ciwidey, Pinisi Resto memiliki udara sejuk, serta dikelilingi oleh danau dan perkebunan. Kamu bisa menikmati pemandangan tersebut dari atas kapal sambil berfoto-foto.

Sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, jangan lupa memesan menu BBQ yang merupakan andalan Pinisi Resto. Karena jumlah pengunjung yang cukup tinggi, sebaiknya jika ingin makan di restoran ini kamu dianjurkan untuk memesan tempat terlebih dahulu.

Dengan pemandangan yang bagus dan tempat yang unik, Pinisi Resto cocok digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, teman-teman, atau orang-orang terdekat kamu untuk quality time.

Lereng Anteng

Bagi yang mencari tempat makan di Bandung dengan fasilitas dan suasana yang cocok untuk anak-anak,maka Lereng Anteng dapat menjadi pilihan tepat. Lokasinya berada di kawasan Pageurmaneuh, Punclut, Ciumbuleuit.

Karena terletak di dataran tinggi, Lereng Anteng pun dapat memamerkan panorama pegunungan yang asri dan sejuk. Nah, agar bisa menikmati keindahan pemandangan secara maksimal, Lereng Anteng telah menyediakan areaoutdoordengan kursi berbentuk bean bag untuk pengunjung. Dari sini, kamu bisa langsung menghadap ke pemandangan Bukit Punclut.

Sementara itu, menu yang ditawarkan di Lereng Anteng cukup bervariasi yang didominasi oleh camilan dan kopi. Salah satu menu kopi paling favorit di Lereng Anteng adalah Vietnamese Drip Coffee. Cocok diminum untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

Kebon Awi Kaffe

Makan di Kebon Awi Kaffe tak hanya akan membuat kamu kenyang, tetapi juga merasa rileks. Berlokasi di Jalan Bukit Pakar Timur No 29, Dago Pakar, tempat ini menawarkan pengalaman makan di tengah hutan bambu yang rindang. Setidaknya, ada 25 spesies bambu di hutan sekitar Kebon Awi Kaffe. Di samping itu, empat makan di Bandung ini juga peduli pada kelestarian dan konservasi alam. Sudah pasti kawasan ini sangat asri.

Kamu bisa memilih untuk duduk di gubuk yang dilengkapi dengan kursi berbantal empuk dan meja. Ada berbagai ukuran gubuk di Kebon Awi Kaffee. Gubuk yang paling kecil bisa memuat 4 – 6 pengunjung, sedangkan gubuk yang paling besar bisa memuat hingga 20 orang.

Tempat makan yang buka pukul 11:00 – 23:00 WIB ini menyajikan menu utama berupa masakan Indonesia. Namun, tak hanya itu karena ada juga pilihan menuwesternsepertipanna cotta with blueberry and cherry toppings.Selain menyajikan makanan, Kebon Awi Koffee juga memiliki galeri kreasi bambu dari hasil karya pengrajin lokal. Jadi, sambil menunggu makanan datang, kamu bisa melihat-lihat karya seni tersebut.

Café D’Pakar

(Sumber:@septiaraiqra)

Café D’Pakar berada di lokasi yang bisa dibilang cukup terpencil, yakni di Desa Ciburial, Dago Pakar. Meski begitu, hal tersebut tidak lantas membuat kafe ini sepi pengunjung. Ada dua area yang disediakan oleh Café D’pakar, yakniindoordanoutdoor.Namun, kebanyakan pengunjung suka makan di areaoutdoor,bahkan sampai rela masukwaiting list.

Mereka tidak keberatan menunggu lama demi bisa menikmati pemandangan alam di sekitar Café D’Pakar. Tempat makan ini terletak di kawasan hutan lindung Dago Pakar, dengan pemandangan menakjubkan berupa hutan dan barisan pegunungan. Wajar apabila pengujung rela mengantre panjang.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang keren, Cafe D’Pakar juga selalu ramai pengunjung karena menawarkan menu makanan dan minuman dengan harga relatif terjangkau, sekitar Rp10.000 – Rp40.000. Nongkrong di Café D’Pakar pun tidak akan membuat dompet kamu kering!

Rumah Miring Bar

(SUmber:@ellesssx)

Apakah kamu pernah makan atau nongkrong di sebuah tempat bernama Cloud 9? Nah, Cloud 9 sekarang telah berubah nama menjadi Rumah Miring Bar. Kabarnya, pemberian nama “Rumah Miring Bar” terinspirasi dari letak restoran yang berada di pinggir jalan dengan kontur miring, tepatnya di kawasan Dago Giri 119.

Bangunan Rumah Miring Bar didominasi oleh ornamen kayu yang menciptakan suasana nyaman. Setiap meja ditata sedemikian rupa sehingga mau duduk di mana pun, pengunjung bisa mendapatkan pemandangan alam terbaik di sekitar Rumah Miring Bar.

Menu yang ditawarkan oleh Rumah Miring Bar juga cukup beragam, seperti aneka panggangan, piza dengan macam-macamtopping,dan minuman cokelat panas dengan kayu manis. Tertarik untuk makan di Rumah Miring Bar?

Gubug Makan Mang Engking

(Sumber;:@yellipontolaeng)

Bandung merupakan salah satu destinasi terbaik di Indonesia untuk berbelanja karena banyaknya toko fashion yang tersedia. Nah, jika sudah lelah berbelanja berbagai factory outlets,kamu bisa istirahat sejenak di Gubug Makan Mang Engking yang berlokasi di Jalan Kopo Bihbul No 5, Kopo Square.

Gubug Makan Mang Engking memiliki konsep ruangan yang cukup unik. Alih-alih meja dan kursi biasa, tempat makan di Bandung ini menyediakan banyak saung yang berjejer di atas danau. Gubug Makan Mang Engking juga dikelilingi oleh tanaman hijau yang asri, sehingga menciptakan suasana sejuk. Tentunya, pemandangan alamnya juga akan membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Adanya area khusus seperti kolam ikan dan tempat bermain anak-anak, menjadikan Gubug Makan Mang Engking cocok untuk anak-anak.Sementara itu, menu yang ditawarkan merupakan masakan Indonesia. Salah satu menu andalan yang wajib kamu coba di sini adalah udang bakar madu.

Cocorico Café

(Sumber:@cocoricocaferesto)

Apabila ingin menikmati lanskap Kota Bandung dari ketinggian, Cocorico Café adalah salah satu tempat terbaik yang bisa kamu tuju. Lokasinya berada di Jalan Bukit Pakar Timur No 19, Ciburial, Cimenyan.

Sebenarnya, Cocorico Café adalah sebuah kafe kebun. Di lantai pertama, kamu bisa melihat kebun bunga yang cantik. Selain itu, ada juga area makanindoordi lantai dua dengan dekorasi ruangan yang modern dengan kaca-kaca besar. Jika ingin menikmati pemandangan di areaoutdoor,kamu bisa langsung menuju ke lantai tiga.

Sementara itu, untuk menu makanan Cocorico Café menawarkan menu western seperti steak, pasta, dan pizza. Namun bagi penggemar masakan Indonesia, Cocorico Café juga menyediakan menu khusus seperti bebek sambal matah, sop buntut, dan iga bakar. Ada pula paket buffet yang bisa kamu pesan dengan booking minimal 30 orang.

The Peak

(Sumber:@thepeakresortdining)

Berdiri 1.210 meter di atas permukaan laut, The Peak memungkinkan kamu untuk menyaksikan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu. Tenang, kamu tak perlu khawatir akan kedinginan karena hanya ada tempatindoordi sini. Bangunannya dikelilingi oleh kaca, sehingga kamu masih bisa menikmati pemandangan alam di sekitar dengan sangat jelas.

Menu makanan yang ditawarkan The Peak cukup beragam, yakni masakan lokal danwestern.Jika ingin menyantap makanan Indonesia, kamu bisa memesan sop buntut. Namun, apabila sedang ingin menyantap makananwestern, Australian steakatau USbeef steakdapat menjadi pilihan yang tepat. Setiap makanan di tempat ini diolah dari bahan baku yang segar tanpa menggunakan penyedap rasa.

Kalau tertarik untuk makan sambil nongkrong di The Peak, kamu bisa langsung datang ke Jalan Desa Karyawangi Ciwaruga KM 6,8 No 388, Parongpong, Lembang, Saksikan keindahan Gunung Tangkuban Perahu sambil menyantap hidangan lezat di sini!

The Valley Café

(Sumber:@rickykaka33)

The Valley Café merupakan salah satu rumah makan di Bandung yang paling terkenal, terutama di kalangan wisatawan. Restoran ini adalah bagian dari sebuah resort, jadi kamu bisa sekaligus menginap di sini. Lokasinya berada di Jalan Lembah Pakar Timur No 28, Dago Pakar.

Menu makanan yang ditawarkan The Valley Café cukup beragam, mulai dari hidangan ala Oriental, Japanese, hingga European. Biasanya, pengunjung memilih hidangan steak yang menjadi andalan The Valley Café. Kamu bisa memesan steak daging atau ikan dengan pilihan rasa. Selain itu, restoran ini juga menyediakan menu olahan seafood seperti lobster dan udang.

Berlokasi di dataran tinggi Dago, kamu bisa menikmati pemandangan Kota Bandung yang indah, baik saat siang maupun malam hari di The Valley Café. Untuk mendapatkan suasana romantis, kamu bisa datang ke tempat makan ini pada malam hari. Biasanya, pihak rumah makan akan menyalakan lilin di setiap meja dan lampu-lampu cantik di area outdoor. Berencana ajak pasangan ke sini?

The 18 Restaurant and Lounge

(Sumber:@the18th_tlh)

Bagi yang menginap di The Trans Luxury Hotel Bandung, kamu wajib meluangkan waktu untuk makan atau nongkrong di restorannya, The 18 Restaurant and Lounge. Tempat makan ini berada di lantai 18 The Trans Luxury Hotel Bandung. Ada dua area yang disediakan, yakni indoor dan outdoor. Jika ingin menikmati pemandangan Kota Bandung secara maksimal, kamu bisa memilih untuk duduk di areaoutdoor.

The 18 Restaurant and Lounge memiliki desain interior yang mewah. Selain itu, suasana yang sangat nyaman di tempat ini akan membuat kamu betah bersantai. Tidak ketinggalan, kamu juga bisa mencicipi berbagai menu makanan dan minuman ala western.

Menariknya, dalam menyajikan menu The 18 Restauran and Lounge membaginya menjadi dua jenis utama, yakni menu untuk brunch dan makan malam. Masing-masing waktu penyajian memiliki menu berbeda yang sama lezat karena dimasak oleh chef profesional.

***

Apabila punya rencana untuk traveling ke Kota Kembang, pastikan kamu mengunjungi rumah makan di Bandung tersebut, ya. Tak hanya perut yang kenyang, sepulang dari tempat makan pun pikiran kamu juga akan lebih rileks karena sudah menikmati pemandangan alam yang cantik.

Jadi, rumah makan di Bandung mana yang menarik untuk kamu kunjungi?

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan