peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel dekat Pantai Kuta Lombok

Lombok, Indonesia · 109 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel-hotel Populer Dekat Pantai Kuta Lombok

Mascott Inn Bungalows

Jalan Raya Pariwisata Pantai Kuta Lombok, Lombok, Indonesia, 83573

Segare Anak Hotel

Jalan Raya Pantai Kuta Lombok, Lombok, Indonesia, 83573

7.9 / 10

Baik

New Surfers Inn Hotel

Jalan Raya Pariwisata Kuta, Lombok, Indonesia, 83573

Ketapang Cafe & Homestay

jalan pantai kuta , kuta kecamatan pujut , kabupaten lombok tengah. NTB, Lombok, Indonesia, 83573

Mandalika Homestay

Jl Pariwisata Kuta Lombok , Lombok, Indonesia, 83573

8.1 / 10

Sangat Baik

Honey Bee Homestay

Jalan Pariwisata, Lombok, Indonesia, 83573

KEMANGI BED AND BREAKFAST

Jalan Pariwisata Pantai Kuta,Kuta Lombok Tengah, Lombok, Indonesia, 83573

Family Beach Hotel

Jln. Pariwisata Pantai Kuta-Kuta-Lombok Tengah-NTB-Indonesia, Lombok, Indonesia, 83573

7.9 / 10

Baik

Shorebar Hotel, Cafe & Restaurant

Jln. Pariwisata Pantai Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Lombok, Indonesia, 83573

Kuta Lombok Beach House

Jl. Raya Pantai Kuta, Pujut, Lombok, Indonesia, 83573

Kuta Cove Hotel

Jalan Pariwisata Pantai Kuta , Lombok, Indonesia, 83573

Casa D'Rico Premium Guesthouse

Jalan Pariwisata Pantai Kuta Lombok, Lombok, Indonesia

Yuliandra I

Jalan Pariwisata Pantai Kuta Lombok, Lombok, Indonesia

7.8 / 10

Baik

Pandu Homestay

Jalan Pariwisata, Kuta, Lombok, Indonesia, 83573

Ramana Beach Cottage

1 Jalan Raya Pariwasata Pantai Kuta, Kuta, Lombok, West Nusa Tenggara Barat, Lombok, Indonesia, 83573

Airy Raya Pariwisata Kuta Lombok

Jl. Raya Pariwisata, Pujut, Kuta Lombok, Lombok, Indonesia, 83573

Comfort AC Room Near Kuta Beach Praya

Jl. Pariwisata, Kuta Lombok, Lombok, Indonesia, 83573

JM Hotel Kuta Lombok

Jalan Pariwisata Kuta, Lombok, Indonesia, 83573

7.6 / 10

Baik

Together Homestay

Jl. Pariwisata, Kuta Lombok, Lombok, Indonesia, 83573

Kutamara Hotel

Jalan Pariwisata Pantai Kuta, Lombok, Indonesia

8.2 / 10

Sangat Baik

Tentang

Sebagian dari kita mungkin mengira Pantai Kuta hanya terletak di Bali. Namun tahukah anda ? Lombok, Nusa Tenggara Barat juga mempunyai Pantai Kuta yang tidak kalah indah dan  exotic dari Pantai Kuta, Bali. Pantai Kuta ini terletak di Kabupaten  Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat tepatnya di Desa Kuta. Ciri khas pantai ini adalah butiran pasirnya yang putih dan besar seperti merica. Jika Anda berjalan menyusuri pinggir pantai tanpa alas kaki maka Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dan nyaman ketika menginjak pasir pantai ini. Air laut yang masih jernih serta bibir pantai yang memiliki bentuk setengah lingkaran yang sangat luas, membuat Anda merasa nyaman berada disini.

Selain itu, adanya barisan bukit di sekitar pantai menambah indah pemandangannya. Ombak yang besar membuat tempat ini menjadi surga para peselancar. Tak sedikit para wisatawan mancanegara yang datang ke tempat ini untuk sekedar meliuk-liuk di tengah besarnya ombak. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung ke pantai ini.

Bagi Anda yang ingin menginap, Anda bisa memesan hotel yang berada di sekitar Pantai Kuta Lombok atau Lombok bagian selatan untuk menjadi tempat peristirahatan Anda. Hotel tersebut menawarkan fasilitas dengan harga yang beragam.

 

Sejarah dan Budaya

Selain menawarkan keindahan alam, pantai ini juga memiliki keanekaragaman budaya yang dapat menjadi tambahan wawasan bagi Anda. Setiap tahun sekali terdapat upacara Sasak atau masyarakat sekitar menyebutnya upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini pelaut mencari cacing nyale di laut.

Menurut legenda, zaman dahulu ada seorang putri bernama Mandalika yang sangat cantik, banyak  pemuda yang jatuh cinta dan ingin menikah dengannya. Putri Mandalika tidak dapat mengambil keputusan karena takut akan terjadi peperangan, maka ia terjun ke laut dan berjanji akan kembali sekali dalam setahun. Rambut panjangnya itulah yang konon menjadi cacing nyale. Untuk memperingati meninggalnya putri Mandalika yang rela mengorbankan dirinya terjun ke laut, di bagian Pantai Kuta dibuat patung /monumen Putri Mandalika yang sedang terjun ke lautan.

Saat ini nama Mandalika dijadikan sebagai nama sebuah resort terkenal. Pantai Kuta Lombok yang dikenal dengan sebutan Mandalika Resort ini memiliki garis pantai yang didominasi pasir putih. Beberapa spot terbaik di Pantai Kuta Lombok antara lain Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Gerupuk dan pusat Pantai Kuta.

 

Iklim

Cuaca di Pantai Kuta Lombok cukup panas, suhu disana berada di kisaran 24 derajat Celcius pada malam hari dan 33 derajat Celcius pada siang hari

Batas wilayah utama

Pantai Kuta Lombok dibatasi oleh beberapa pantai di sekitar wilayah utamanya. Di sebelah utara dibatasi oleh wilayah Rimbitan, di sebelah selatan dibatasi oleh wilayah Pantai Tanjung Aan. Sementara itu di wilayah barat di batasi oleh wilayah Selon Belanak dan disebelah timur dibatasi oleh wilayah Ekas Bay.

 

Transportasi ke Pantai Kuta Lombok

Via Udara

Untuk jalur transportasi udara bandara yang harus Anda tuju adalah Bandara International Lombok. Setelah sampai di bandara, Anda bisa langsung menggunakan alternatif taksi dengan kisaran biaya Rp100 ribu untuk menuju Pantai Kuta Lombok

(Harga sewaktu waktu dapat berubah)

Selain taksi dari bandara anda juga bisa menggunakan bus DAMRI untuk menuju Mataram. Selanjutnya Anda bisa sewa mobil atau sepeda motor dengan biaya perharinya Rp50 ribu tanpa bensin.

(Harga sewaktu-waktu dapat berubah)

Via Darat

Untuk jalur darat, jika anda dari Jakarta bisa menggunakan bus Jakarta-Lombok yang ditempuh selama dua hari dua malam. Dengan kisaran biaya Rp400 ribu. Dari Lombok Anda bisa langsung sewa mobil atau sepeda motor untuk sampai ke Pantai Kuta Lombok.

(Harga sewaktu-waktu dapat berubah)

Jika Anda ingin menikmati perjalanan jalur darat, ada beberapa alternatif pilihan. Anda bisa menggunakan rute ini dari Jakarta:

  1. Naik kereta api dari Stasiun Pasar Senen menuju rute Gubeng, Surabaya dengan kisaran harga Rp65.000,-

(harga sewaktu waktu dapat berubah)

  1. Setelah itu melanjutkan perjalanan kereta menuju Stasiun Banyuwangi dengan kisaran harga Rp50.000,-

(Harga dapat berubah sewaktu-waktu)

  1. Dari Banyuwangi Anda berjalan kaki menuju Pelabuhan Ketapang sekitar 15 menit perjalanan
  2. Dari pelabuhan Ketapang Anda harus naik ferry menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Kisaran harga Rp10.000,- sampai Rp35.000,-

(Harga sewaktu waktu dapat berubah)

  1. Dari Pelabuhan Gilimanuk Anda bisa menggunakan bus untuk menuju Pelabuhan Padang Bai
  2. Dari Padang Bai Anda melanjutkan ke Pelabuhan Lembar di Lombok.
  3. Dari Pelabuhan Lembar menuju Mataram Anda bisa menggunakan shuttle transport.
  4. Dari Mataram Anda bisa menggunakan transportasi seperti sewa mobil atau sepeda motor untuk sampai ke Pantai Kuta Lombok

 

Obyek Wisata di Pantai Kuta Lombok

Wisata Pantai Kuta Lombok sangat menarik dikunjungi ketika Anda berada di Desa Kuta Lombok. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 km dan disebelah baratnya Anda bisa menikmati pemandangan Bukit Mandalika.

Setelah sampai di Pantai Kuta Anda bisa melakukan berbagai macam aktifitas seperti snorkeling, berselancar atau sekedar bermain air sambil menunggu sunset.

Selain wisata pantai, Anda juga bisa berkunjung ke Desa Sade yaitu desa suku Sasak asli. Disana Anda bisa melihat wisata budaya tenun tradisional dari masyarakat suku Sasak.

Untuk wisata kuliner jika Anda berkunjung ke Pantai Kuta Lombok jangan lupa mencicipi sate ikan tuna jumbo yang menggugah selera. Sate ikan tuna merupakan kuliner khas di Desa Kuta, Lombok. Makan satu tusuk sate ikan tuna jumbo cukup untuk mengenyangkan perut anda.

Untuk belanja jangan sampai anda lewatkan membeli kain tenun khas Kuta Lombok. Kain tenun ini dibuat oleh pengrajin di Desa Sade dan untuk harga relatif lebih murah.

 

Tips Berwisata di Pantai Kuta Lombok

Untuk berwisata ke Pantai Kuta Lombok sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Kunjungilah Pantai Kuta terlebih dahulu sebelum berkunjung ke pantai-pantai di sekitarnya. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya berkunjung terlebih dahulu ke Desa Sade untuk melihat proses pembuatan kain tenun tradisional
  2. Jika Anda berkunjung ke Pantai Kuta, Lombok dengan mobil sewaan sangat disarankan anda untuk beranjak pulang sebelum jam 6 sore mengingat jalur perjalanan menuju pantai yang sepi.
  3. Jika Anda hendak melakukan snorkeling dan berselancar, usahakan anda menawar tarif harga yang diberikan. Berikan penawaran 30% dari harga yang ditawarkan
  4. Saat musim kemarau cuaca di Pantai Kuta Lombok cukup terik, pastikan Anda membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti sunblock dan kacamata hitam
  5. Jika Anda ingin berselancar di Pantai Kuta Lombok, berkunjunglah di kisaran bulan Juli-Agustus karena gelombang laut sangat ideal pada saat itu
  6. Untuk menghemat waktu berkunjung ke pantai disekitar pantai Lombok Anda bisa menggunakan rute Pantai Selong belanak – Pantai Mawun – dan Gua Aan.
evtbvsrwfq