peringatan

Pesan tiket kereta api kapan saja, dari mana saja

Mulai dari mencari jadwal, memesan tiket kereta api sampai melakukan pembayaran ― sekarang semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah melalui Traveloka.


Tersedia juga di Traveloka App

Mengapa beli tiket kereta api di Traveloka?

pesan tiket terpercaya

Sistem Booking Terpercaya

Sistem kami dirancang khusus agar dapat terhubung langsung dengan PT KAI. Karena itu, bisa dipastikan e-tiket Anda akan terbit dan kursi Anda pun terjamin pada jadwal kereta api yang Anda pilih.

kemudahan check in di stasiun

Kemudahan Check-in

Cukup scan barcode pada e-tiket Anda menggunakan mesin cetak mandiri yang ada di stasiun untuk check in dan mendapatkan boarding pass resmi dari PT KAI.

harga tiket kereta api terbaik

Harga Terbaik

Dapatkan harga tiket Kereta Api Indonesia yang murah dan kompetitif, dengan promo khusus untuk pelanggan newsletter dan member Traveloka.

berbagai pilihan pembayaran tiket

Berbagai Pilihan Pembayaran

Reservasi tiket kereta api online dengan Traveloka jadi lebih mudah dengan berbagai pilihan pembayaran, dari Transfer ATM, Kartu Kredit, hingga Internet Banking.

hasil pencarian kereta api terlengkap

Hasil Pencarian Terlengkap

Pesan tiket KAI yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Di sini Anda dapat melihat semua jadwal kereta api hingga 90 hari ke depan, mulai dari kelas Ekonomi, Bisnis, hingga Eksekutif.

jaminan keamanan transaksi pemesanan

Jaminan Aman Transaksi Online

Teknologi SSL dari RapidSSL dengan Sertifikat yang terotentikasi menjamin privasi dan keamanan transaksi online Anda. Konfirmasi instan dan e-tiket dikirim langsung ke email Anda.

Tips Membeli Tiket Kereta Api

Sebagai salah satu alat transportasi massal andalan masyarakat Indonesia, kereta api umumnya digunakan untuk memfasilitasi perjalanan wisata dan pulang kampung. Hal ini pun membuat jumlah penggunanya di Indonesia kian bertambah. Saat ini, tiket Kereta Api Indonesia (KAI) sudah semakin mudah diperoleh. Namun, penumpang tetap harus berhati-hati pada saat pembelian. Berikut adalah beberapa tips untuk membeli tiket kereta api dengan aman dan mudah, sehingga perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

1. Beli tiket kereta api secara online

Saat ini, pembelian tiket kereta api di loket stasiun hanya dapat dilakukan dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 setiap harinya. Selain itu, ketersediaan tiket di loket juga tidak bisa Anda ketahui sebelum tiba di stasiun. Jika hal ini terjadi, Anda hanya akan membuang waktu dan tenaga untuk pergi ke stasiun atau agen travel tanpa mendapatkan tiket KAI yang Anda inginkan. Karena itu, membeli tiket kereta secara online dapat menjadi solusi yang tepat. Dengan akses mudah melalui laptop atau handphone, Anda bisa beli tiket kapan saja dan di mana saja, dengan lebih terjamin.

2. Cari tiket KAI harga promo di Traveloka

Tiket KAI dengan harga promo lebih mudah ditemukan secara online. Traveloka yang saat ini sudah menjadi partner resmi PT KAI untuk penjualan tiket kereta api online, misalnya, menawarkan kemudahan booking online melalui proses yang cepat dan aman, dengan metode pembayaran beragam, dan bisa diakses setiap waktu. Selain itu, Traveloka juga memudahkan Anda untuk mendapatkan harga tiket PT KAI yang paling murah. Karena itu, jangan lupa untuk selalu mengecek promo spesial sebelum membeli tiket.

3. Pesan tiket kereta api jauh hari sebelum keberangkatan

Pesanlah tiket PT KAI setidaknya satu minggu sebelum keberangkatan. Selain untuk menghindari kehabisan tiket, memesan dari jauh hari juga akan memberikan Anda keleluasaan dalam memilih jadwal kereta api yang sesuai, karena stok masih tersedia banyak dan pilihan kelas serta kursi juga masih beragam. Hal ini tentu juga akan memungkinkan Anda untuk mengubah jadwal kereta api tanpa tergesa-gesa jika sewaktu-waktu Anda harus mengubahnya. Adapun tiket Kereta Api Indonesia sudah dapat dipesan sejak 90 hari sebelum tanggal keberangkatan.

4. Pilih kelas penumpang yang sesuai dengan Anda

Tiket KAI dengan harga promo lebih mudah ditemukan secara online. Traveloka yang saat ini sudah menjadi partner resmi PT KAI untuk penjualan tiket kereta api online, misalnya, menawarkan kemudahan booking online melalui proses yang cepat dan aman, dengan metode pembayaran beragam, dan bisa diakses setiap waktu. Selain itu, Traveloka juga memudahkan Anda untuk mendapatkan harga tiket PT KAI yang paling murah. Karena itu, jangan lupa untuk selalu mengecek promo spesial sebelum membeli tiket.

5. Pilih tempat duduk yang paling nyaman dan sesuai kebutuhan

Saat membeli tiket kereta api, Anda dapat memilih tempat duduk sesuai keinginan Anda. Berdasarkan pengalaman penumpang, tempat duduk paling nyaman di kereta adalah di bagian tengah gerbong. Tempat duduk tersebut paling stabil dan tenang karena jauh dari bordes, atau sambungan antar gerbong. Pastikan Anda juga memilih tempat duduk di samping jendela agar perjalanan tidak terasa membosankan. Untuk penumpang kereta pagi dan siang, ketahuilah arah matahari saat naik kereta. Pilih tempat duduk yang berseberangan dengan arah matahari untuk menghindari silau dan panas matahari sepanjang perjalanan.

6. Pertimbangkan rute alternatif

Hemat biaya tiket kereta api dan dapatkan kenyamanan lebih dengan mencari tahu tentang rute-rute alternatif dalam perjalanan Anda. Misalnya, untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya, terdapat rute alternatif Stasiun Gambir (GMR) - Stasiun Pasar Turi (SBI), Gambir (GMR) - Surabaya Gubeng (SGU), Pasar Senen (PSE) - Surabaya Pasar Turi (SBI), Pasar Senen (PSE) - Surabaya Gubeng (SGU), dan Pasar Senen (PSE) - Wonokromo (W). Rute dari Stasiun Gambir biasanya lebih sepi dan tertata daripada rute dari Stasiun Pasar Senen. Sementara dalam memilih stasiun tujuan, Anda bisa mempertimbangkan tiket kereta api yang stasiun tujuannya yang lebih dekat dengan pusat aktivitas Anda selama berada di kota tersebut.