peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Telkom - Info Lengkap, Cek Tagihan, & Pembayaran di Traveloka

Nikmati kemudahan membayar tagihan Telkom/Telepon Rumah dengan menjadi member Traveloka

Selamat datang, !

Temukan harga terbaik untuk setiap produk Traveloka yang Anda butuhkan.

Khusus untuk member Traveloka

Kemudahan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda
Masuk atau daftar untuk nikmati beragam keuntungan ini

Telkom

Profil singkat Telkom

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. atau yang lebih dikenal dengan nama “Telkom”, merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang secara khusus memberikan pelayanan jasa teknologi informasi dan komunikasi (TIK), termasuk jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru tanah air.

Menilik sejarahnya, Telkom berawal dari inisiasi Pemerintah Indonesia mendirikan Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel) pada tahun 1961. Merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1965 yang terbit pada 6 Juli 1965, pemerintah akhirnya memisahkan industri pos dengan telekomunikasi. Sejak saat itulah muncul dua perusahaan terpisah, yaitu PN Pos dan Giro serta PN Telekomunikasi. Sejak tahun 2016 lalu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. menetapkan tanggal penerbitan PP Nomor 30 Tahun 1965 tersebut sebagai hari jadi perusahaannya.

telkom

Sebagai sebuah badan usaha negara, Telkom merupakan sebuah kelompok korporat di bawah nama Telkom Group. Saat ini, Telkom Group tercatat mengelola hingga enam portofolio produk yang secara khusus melayani empat lapisan konsumen, yakni korporat, perumahan, perorangan, dan segmen konsumen lainnya.

Keenam portofolio tersebut terdiri dari produk mobile (melalui merek Telkomsel dengan varian produk Kartu Halo (pascabayar), simPATI, Kartu As, dan Loop (prabayar), fixed service (melalui merek IndiHome), wholesale dan international, infrastruktur jaringan, enterprise digital, dan consumer digital.

Saat ini, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. beroperasi resmi dengan jangkauan nasional. Telkom merupakan satu-satunya BUMN bidang telekomunikasi yang menyelenggarakan layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di tanah air. Kantor pusatnya berada di Telkom Landmark Tower, Lantai 32, tepatnya di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 52, Jakarta Selatan.

Produk-produk Telkom

Saat ini, Telkom Indonesia menyediakan produk telekomunikasi dalam naungan IndiHome. Dalam satu paket layanan IndiHome, Telkom menawarkan tiga produk utama sebagai berikut:

Telepon rumah

Sebagai BUMN satu-satunya yang berkecimpung di ranah telekomunikasi, Telkom Indonesia adalah penyedia utama layanan telepon rumah di tanah air. Saat ini, layanan penyediaan telepon rumah dari Telkom dilakukan melalui Plasa Telkom dan masuk di paket layanan IndiHome.

Telepon rumah dari Telkom Indonesia merupakan layanan komunikasi telepon yang memiliki keunggulan berupa kualitas sambungan yang stabil dan jernih dengan biaya murah. Adapun paket telepon rumah dari Telkom saat ini ditawarkan melalui IndiHome dengan promo gratis telepon selama 1.000 menit untuk sambungan lokal atau interlokal (setara 17 jam).

Pelanggan bisa melakukan pengajuan pemasangan telepon rumah dengan menghubungi layanan contact center Telkom di nomor 147 atau mendatangi Plasa Telkom terdekat. Agar lebih mudah dan lengkap, Telkom mengarahkan masyarakat untuk melakukan registrasi telepon rumah melalui IndiHome sehingga bisa mendapatkan paket lengkap beserta internet dan TV interaktif.

Dalam penggunaan telepon rumah dari Telkom, tentunya terdapat biaya yang harus dibayar oleh pengguna setiap bulannya. Besarnya tagihan dihitung sesuai pemakaian dan merupakan akumulasi dari biaya abonemen, panggilan lokal – SLJJ, panggilan internasional, maupun panggilan seluler. Besaran tarif telepon rumah ini juga dihitung sesuai jarak tempat dan waktu panggilan. Kisaran tarif telepon yang saat ini berlaku adalah Rp225.000 – Rp288.000 per pulsa untuk panggilan lokal dan Rp75 – Rp2.415 per menit untuk panggilan interlokal.

Internet fiber

Melalui IndiHome, Telkom menawarkan layanan koneksi internet mengandalkan teknologi fiber optik. Teknologi canggih ini memungkinkan Telkom untuk menyediakan koneksi internet dengan kecepatan sangat tinggi dan stabil kepada masyarakat.

Jaringan serat optik memastikan koneksi internet bisa memindahkan data dengan kecepatan mencapai 100 Mbps, jauh lebih cepat dibanding teknologi kabel tembaga yang merupakan pendahulunya. Keunggulan lainnya, kabel serat optik ini juga terkenal tahan dalam kondisi cuaca ekstrem. Dengan memakai IndiHome Fiber, pelanggan tak lagi khawatir internetnya mengalami gangguan ketika cuaca buruk.

Telkom Indonesia menawarkan produk internetnya dalam paket Triple Play atau Dual Play. Paket ini memungkinkan pelanggan dapat menggunakan internet, sekaligus dengan TV dan/atau telepon rumah. Harga paket ditawarkan sesuai kecepatan internetnya, yakni Rp285.000 – Rp1.750.000 per bulan.

Selain paket Triple atau Dual Play, produk internet fiber dari Telkom juga hadir dalam pilihan satuan. Pilihan paket IndiHome Fiber tersedia dalam pilihan kecepatan 10 – 40 Mbps dengan tarif berlangganan Rp250.000 – Rp610.000 per bulannya. Untuk pemasangan baru, Telkom Indonesia memberlakukan biaya pasang sebesar Rp125.000 yang harus pelanggan bayarkan pada bulan pertama berlangganan.

UseeTV

Melengkapi hiburan di rumah, Telkom menghadirkan produk TV interaktifnya bernama UseeTV. Telkom mengklaim produk ini sebagai layanan TV interaktif pertama di tanah air. Keunggulan TV berlangganan ini tak hanya terlihat pada kualitas tayangannya. UseeTV juga menyediakan beberapa fitur menarik yang mungkin tidak ada di TV berlanggan lain.

Fitur menarik tersebut antara lain fitur Pause and Rewind, Video on Demand, dan Video Recording. Dengan fitur tersebut, pelanggan bisa menyesuaikan sendiri apa yang ingin ditonton dan kapan ingin menontonnya. Tontonan favorit pun dapat diputar ulang selama tujuh hari. Sebagai pelengkap, fitur musik dan karaoke juga tersedia dalam produk ini untuk memastikan setiap pelanggan mendapat hiburan lengkap tanpa harus keluar rumah.

Dari segi pilihan channel, UseeTV memiliki 131 channel utama dengan 31 di antaranya berkualitas HD. Channel tersebut terdiri dari channel lokal dan nasional populer di tanah air, serta puluhan channel mancanegara yang meliputi hiburan, berita, religi, film, musik, pengetahuan, gaya hidup, serial, olahraga, dan channel khusus anak-anak.

Inovasi yang baru ini hadir di USeeTV adalah Hybrid Box. Hybrid Box IndiHome adalah perangkat Set-Top-Box (STB) yang fungsinya memberikan dua jenis layanan dalam satu alat. Perangkat kecil namun canggih ini memungkinkan pelanggan bisa mengakses beragam tayangan UseeTV maupun menikmati layanan video streaming dan bermain internet langsung di layar TV.

Cek tagihan Telkom di Traveloka

Tagihan penggunaan telepon rumah dari Telkom akan terbit setiap satu bulan sekali. Besaran tagihan tersebut dihitung dari akumulasi abonemen dan pemakaian yang meliputi panggilan lokal, interlokal, internasional, dan seluler.

Untuk mengetahui tagihan telepon Anda, saat ini Traveloka sudah menyediakan fitur baru berupa pembayaran tagihan melalui situs web versi desktop maupun di aplikasi ponselnya (Traveloka App versi 2.19 ke atas). Cara mengecek tagihan Telkom di Traveloka adalah sebagai berikut:

1. Akses situs web Traveloka.com dari komputer/laptop Anda. Khusus pengguna ponsel pintar, Anda bisa langsung menggunakan Traveloka App versi terbaru (versi 2.19) yang tersedia gratis di App Store dan Play Store.

2. Pastikan Anda sudah terdaftar sebagai member Traveloka sebelum menggunakan layanan ini. Apabila sudah memiliki akun Traveloka, masuklah ke akun Anda terlebih dahulu.

3. Setelah masuk ke akun Anda, pilih menu “Bill Payment” atau “Bayar Tagihan” dan klik “Telkom” (untuk versi desktop) atau langsung pilih menu “Telkom” (untuk versi Traveloka App). Menu ini terdapat di bawah nama akun Traveloka Anda.

4. Pada menu kotak tersedia, masukkan nomor telepon Anda. Masukkan nomor dengan benar, lalu klik “Buy Now” atau “Beli Sekarang”.

Menu pop-up akan muncul dan menampilkan perincian informasi pelanggan beserta jumlah tagihannya. Periksa kembali informasi tersebut, pastikan nomor dan nama pelanggan yang tertera sudah sesuai dengan data Anda.

Bayar tagihan Telkom di Traveloka

Selain mengecek tagihan, Traveloka juga menyediakan fitur pembayaran tagihan Telkom. Dengan fitur ini, pengguna tidak lagi sekadar melihat besaran tagihan teleponnya lalu repot berpindah situs atau tempat apabila akan lanjut melakukan pembayaran. Hanya melakukan beberapa klik, pengguna bisa menyelesaikan pembayaran tagihan telepon dalam satu tempat. Dengan begitu, pengguna juga tak perlu lagi khawatir terlambat membayar tagihan Telkom.

Setelah sampai di tahap mendapat perincian tagihan, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan jika ingin membayar tagihan Telkom di Traveloka adalah:

1. Periksa kembali dengan saksama, perincian data pelanggan dan besaran tagihan yang muncul di layar Anda. Jika sudah benar, langsung klik “Continue” atau “Lanjutkan”.

2. Selanjutnya, Traveloka akan mengarahkan Anda ke laman pembayaran. Pada laman tersebut, terdapat informasi perincian tagihan Anda beserta berbagai pilihan metode pembayaran. Saat ini, Traveloka menyediakan berbagai metode pembayaran yaitu UANGKU, transfer, kartu kredit, ATM, BCA Klikpay, atau melalui gerai Alfamart.

3. Pilih metode pembayaran yang paling memudahkan Anda. Setelah itu, langsung proses pembayaran dalam rentang waktu yang tersedia. Apabila belum membayar tagihan sampai waktu habis, maka Anda harus mengulangi proses pembayaran ini dari awal.

4. Setelah pembayaran berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi langsung ke akun Traveloka Anda.

5. Nomor telepon yang dimasukkan akan otomatis tersimpan dalam sistem setelah Anda menyelesaikan pembayaran. Dengan demikian, Anda tidak perlu memasukkan nomor yang sama lagi apabila hendak melakukan pengecekan atau pembayaran tagihan Telkom di bulan berikutnya.

6. Terdapat biaya admin untuk pembayaran tagihan melalui Traveloka. Besar biaya admin adalah Rp2.500 per transaksi. Namun, saat ini sedang berlaku promo diskon menjadi hanya Rp1.500 per transaksi.

Tips hemat penggunaan telepon rumah

Telepon rumah hingga saat ini masih menjadi salah satu alat komunikasi masyarakat, di samping telepon genggam atau ponsel pintar. Biasanya, pengguna berkomunikasi dari telepon rumah untuk durasi bicara yang cukup lama. Agar tagihan telepon rumah tidak membengkak, beberapa hal di bawah ini dapat menjadi informasi bermanfaat:

1. Tentukan anggaran telepon bulanan Anda. Anggaran ini akan menjadi pengendali dalam menggunakan telepon rumah, sehingga Anda dan orang rumah terbiasa untuk menggunakan telepon secara efektif.

2. Gunakan telepon seperlunya saja. Tidak semua komunikasi harus melalui telepon rumah. Apabila pesan yang ingin Anda sampaikan masih singkat dan bisa disampaikan secara tertulis, sebaiknya gunakan cara chatting dari ponsel atau komputer Anda. Begitu pula apabila Anda ingin mengirim pesan yang panjang dan harus diingat.

3. Gunakan pembatas waktu telepon untuk menekan kebiasaan bertelepon terlalu lama. Pembatas waktu ini bisa melalui pesawat telepon atau dengan menyetel penghitung waktu dari gadget Anda sendiri. Apabila batas waktu yang ditentukan sudah lewat, segera akhiri percakapan Anda.

4. Periksa perincian tagihan telepon untuk mengetahui beban pemakaian. Cari tahu tujuan, waktu, dan durasi telepon Anda yang paling mahal dan mulailah menghemat penggunaan Anda ke nomor-nomor dan waktu-waktu tersebut.

5. Apabila pengguna telepon di rumah terbilang cukup banyak, Anda bisa mengendalikan penggunaan telepon dengan memasang kunci pada pesawat telepon. Dengan demikian, siapa pun yang ingin menggunakan telepon harus berdasarkan izin Anda.

6. Anda bisa menggunakan telepon rumah dengan paket IndiHome. Paket dari IndiHome Telkom menawarkan layanan internet, TV interaktif, dan telepon rumah. Dengan menggunakan IndiHome, Anda mendapatkan gratis menelepon hingga 1.000 menit ke nomor lokal dan interlokal. Dengan demikian, Anda sudah menghemat biaya telepon rumah hingga 17 jam.

7. Apabila perlu menelepon ke nomor ponsel, sebaiknya gunakan ponsel dengan nomor dari provider yang sama. Menelepon nomor ponsel dari telepon rumah merupakan salah satu penyebab pembengkakan biaya telepon rumah karena tarif per menitnya sangat besar.

Perlu Bantuan?