peringatan

Hotel di Batu

Malang, Indonesia · 356 hotel tersedia

Cari hotel murah & promo dengan cepat dan mudah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Batu

Amartahills Hotel and Resort Batu

Komplek Amarta Hills,Jl. Abdul Gani Atas,Kec. Batu,J, Malang, Indonesia, 65311

8.7 / 10

Sangat Baik

Grand Pujon View Hotel & Resort

Jalan Rajekwesi, Desa Pandesari, Pujon, Malang, Indonesia, 65115

7.6 / 10

Baik

Surya Indah Hotel and Restaurant

JL. Oro Oro Ombo No. 202, Malang, Indonesia, 65316

7.1 / 10

Baik

The Singhasari Resort Batu

Jalan IR Soekarno No 120, Malang, Indonesia, 65326

9.0 / 10

Istimewa

Pondok Jatim Park Hotel & Cafe'

Jalan Kartika No. 3, Malang, Indonesia, 65315

8.0 / 10

Sangat Baik

Kusuma Agrowisata Resort and Convention Hotel

Jalan Abdul Gani Atas PO Box 36, Malang, Indonesia, 3611

8.3 / 10

Sangat Baik

Apple Green Hotel

Jln. DIponegoto No. 8/11, Malang, Indonesia, 65314

8.5 / 10

Sangat Baik

Zamzam Hotel & Resort

Jln. Abdul Gani Atas No. 9, Malang, Indonesia, 65311

8.3 / 10

Sangat Baik

Sahabat Backpacker

Jalan Abdul Gani 2 no.57 Kelurahan Ngaglik Kota Batu, Malang, Indonesia, 65311

8.5 / 10

Sangat Baik

Royal Orchids Garden Hotel & Condominium

Jalan Indragiri 4 Batu , Batu, Malang, Indonesia, 65313

8.2 / 10

Sangat Baik

Kartika Wijaya

Jl. Panglima Sudirman No. 127 Batu Malang, Malang, Indonesia, 65313

8.4 / 10

Sangat Baik

Hotel Nirwana

Jalan Arum Dalu No. 5, Malang, Indonesia, 65314

7.1 / 10

Baik

De Wahyu Hotel & Convention

Jalan Panglima Sudirman No.85 Kota Wisata, Malang, Indonesia, 65311

7.3 / 10

Baik

Ciptaningati Hotel

Jalan Argopuro 154, Malang, Indonesia, 65315

8.0 / 10

Sangat Baik

Arjuna Hotel Batu City

Jalan Panglima Sudirman No. 37, Malang, Indonesia, 65311

8.5 / 10

Sangat Baik

Family Hotel Gradia 2

Jl. Ikhwan Hadi 47, Malang, Indonesia, 65311

8.4 / 10

Sangat Baik

Batu Permai Hotel

Jalan Melati No 1 Pesanggrahan, Malang, Indonesia, 65313

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Filadelfia Gallery Resort

Jalan Bukit Berbunga No. 4 - 6, Malang, Indonesia, 65317

8.2 / 10

Sangat Baik

Seulawah Grand View

Jl.Flamboyan No 9, Malang, Indonesia, 65312

8.2 / 10

Sangat Baik

Riverstone Hotel & Cottage

Jln. KH. Agus Salim No.97, Malang, Indonesia, 65316

8.6 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Kecamatan Batu merupakan salah satu dari kecamatan yang ada di Kota Batu, namun yang membuatnya istimewa dari kecamatan yang lainnya adalah karena di sana tempat pusat pemerintahan Kota Batu. Di Kecamatan ini  terdapat kantor pemerintahan Kota Batu dan kantor alikota Batu.

Kota Batu berada tidak jauh dari Kota Malang hanya berjarak 15 km di sebelah barat dan berada di jalur Malang – Kediri dan Malang – Jombang. Wilayah yang berbatasan langsung dengan kota ini adalah Kabupaten Mojokerto dan Pasuruan di sebelah utara dan Kabupaten Malang di sebelah barat, timur dan selatan.

Saat memasuki Batu, Anda akan melihat  hotel dan homestay yang disewakan harian dengan harga yang terjangkau di seluruh daerah objek wisata yang ada. Sehingga para wisatawan yang berkunjung ke sini dapat memilih hotel maupun homestay sesuai kebutuhannya.

 

Sejarah

Sebutan Kota Batu berasal dari nama Abu Ghonim atau disebut juga Kyai Gabung Anging yang merupakan seorang ulama pengikut Pangeran Diponegoro yang melakukan babat alas di daerah yang menjadi wilayah Batu.   Abu Ghonim sebagai pemuka masyarakat mempunyai sebutan lain yaitu Mbah Wastu. Dan karena kebiasaan orang Jawa lambat laun sebutan Mbah Wastu menjadi Mbatu atau Batu sebutan yang digunakan untuk kota yang berada di ketinggian 700 – 1100 mdpl ini.

 

Budaya

Kota Malang, merupakan pertemuan tiga kebudayaan yaitu Jawa Tengahan, Madura, dan Tengger. Karena Malang memiliki tiga sub-kultur yaitu budaya  Jawa tengah yang hidup di lereng gunung Kawi, budaya Madura yang hidup di lereng Gunung Arjuna, dan budaya Tengger yang merupakan sisa budaya Majapahit yang kini hidup di lereng Gunung semeru.

 

Iklim

Suhu di kota Batu cukup dingin dengan suhu minimum 18°   hingga 24° Celcius dan dengan suhu maksimum 28°  hingga 32° Celcius.

 

Wilayah Utama

Dengan luas sekitar 46,38 km² Kecamatan Batu dibagi menjadi 4 kelurahan dan 4 desa, yaitu: Desa Oro-oro Ombo, Desa Pesanggrahan, Desa Sidomulyo, Desa Sumberejo, Kelurahan Ngaglik, Kelurahan Sisir, Kelurahan Songgokerto, Kelurahan Temas.

 

Cara Menuju ke Kota Batu

Dari Jakarta menuju ke Malang

Via Udara

Dari Jakarta penerbangan akan mendarat di  Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang sebagai bandara terdekat.

 

Dari Bandara menuju kota Batu

Taksi Bandara

Bisa menggunakan taksi argo, dengan tarif bervariasi disesuaikan dengan tempat tujuan dan jarak tempuh.  Pilihan lainnya Anda bisa menggunakan taksi non bandara dengan tarif lebih murah yang baru datang dari luar bandara. Namun hal ini harus dilakukan jauh dari tempat mangkal taksi bandara karena bandara telah menjadi wilayah taksi bandara.

Perum Damri, bisa juga menggunakan Damri bisa ditemukan di Bandara.

Angkutan Kota (Angkot),

Pilihan lain adalah dengan naik angkot, namun harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk keluar dari area  bandara. Hal ini karena Bandara Abdul Rahman Saleh terletak di komplek militer TNI Angkatan Udara, sehingga tidak ada Angkot yang diperbolehkan  masuk ke lokasi ini

(Harga tertera di atas sewaktu-waktu dapat berubah)*

 

Via Darat

Bila sudah berada di kota Malang maka Anda bisa mengunakan angkutan kota yang tersedia di Terminal Landungsari  maupun Terminal Batu.

Anda juga bisa menggunakan stasiun sebagai sarana transportasi yang mudah. Dari berbagai stasiun di Pulau Jawa tersedia kereta yang menuju stasiun Malang dengan rute selatan.

 

Objek Wisata di Kota Batu

Wisata Pacuan Kuda di Oro-oro Ombo.

Untuk mengembangkan objek wisata di Kota Batu maka diadakan program Wisata Pacuan Kuda yang disatukan dengan Peternakan Kuda.

Jatim Park 1.

Jatim Park 1 sering juga disebut Dufan mini dikarenakan wahana permainannya banyak yang mirip wahana permainan di Dufan.

Kusuma Argo Wisata.

Kusuma Agrowisata memiliki lima paket wisata apel dengan harga dan fasilitas yang berbeda-beda.

Mulai dengan harga Rp.32.000,00 -  Rp.54.000,00.

Yang termasuk paket wisata tersebut adalah tiket untuk masuk kebun dan memetik apel. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.10.000,00 per orang bila ingin berkeliling menggunakan mobil wisata untuk menikmati suasana perkebunan yang asri.

(Harga tertera di atas sewaktu-waktu dapat berubah)*

Museum Angkut.

Dengan menghadirkan perpaduan tempat wisata yang unik yang berisi sejarah dan perkembangan dunia angkutan, yang dipadu dengan legenda  bintang film di zamannya dan dengan latar belakang kota-kota dan bangunan eksotis yang ada di Batavia, Eropa, dan Amerika.

Di dalam museum angkot kita bisa menikmati beberapa wahana seperti misalnya : Zona Perancis, Zona Itally, Zona Edukasi, Zona Batavia, Zona Jerman, Zona Gangster & Broadway, Zona Inggris, Zona Hollywood, Zona Las Vegas, dan Pasar Apung Nusantara.

Harga tiket masuk museum angkot mulai dari Rp.60.000,00 hingga Rp.90.000,00

Untuk kamera (semua jenis kamera), kecuali handphone dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.30.000,00.

 (Harga tertera di atas sewaktu-waktu dapat berubah)*

Museum D’topeng Kingdom.

Museum D’Topeng Kingdom yang terdapat di lokasi yang sama dengan Museum Angkut ini menyajikan berbagai koleksi topeng yang unik-unik dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia Selain menikmati berbagai koleksi topeng, Anda juga bisa menikmati masakan tradisional khas Indonesia di restauran D’topeng Kingdom.

Eco Green Park.

Eco Green Park menyediakan berbagai ragam fasilitas khusus kepada pengunjung dengan tetap berpedoman pada edukasi yang atraktif dan interaktif, serta didukung dengan bangunan berinterior unik dan cantik dalam balutan keindahan alam pegunungan

Alun-Alun Kota Batu.

Yang unik dari alun-alun ini adalah adanya dua ikon besar berbentuk buah apel dan strawberry. Pada ikon strawberry Anda akan  mendapatkan informasi seputar kegiatan wisata di Kota Batu sedangkan ikon apel merupakan toilet umum yang disediakan untuk pengunjung alun-alun.

Kaliwatu Rafting.

Kaliwatu Rafting yang terletak sekitar 4,5 km dari Jatim Park 1 merupakan wisata alam yang menantang bagi yang hobi dengan wisata alam. Adanya bebatuan dan arus sungai yang cukup deras dapat memberikan kesan tersendiri bagi perjalanan wisata Anda selama berarung jeram di sini.

Taman Bunga Selecta.

Objek wisata Selecta merupakan tempat wisata yang menyajikan konsep pegunungan yang sejuk dan alami dan merupakan  tempat yang cocok untuk dijadikan  tujuan wisata keluarga Anda  di Kota Batu..

Paralayang & Rumah Pohon.

Di tempat ini terdapat  penginapan yang dibangun seperti rumah pohon yang memnberikan  pengalaman unik menginap di rumah pohon dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Selain itu di kawasan ini biasa diadakan  kegiatan olah raga paralayang.

Air Terjun Coban Rondo.

Asal kata nama air terjun ini adalah coban yang artinya adalah air terjun dan rondo yang artinya janda. Banyak wisatawan yang datang karena ingin mengetahui asal muasal pemberian nama air terjun tersebut.

Pura Giri Arjuno.

Di Dusun Junggo terdapat pura yang disebut  Pura Giri Arjuna yang merupakan tempat ibadah umat Hindu terbesar di Jawa Timur. Dengan berlatar belakang Gunung Arjuno menjadikan tempat ini semakin menarik dan sejuk serta  di sekitar Pura terdapat perkebunan apel dan sayuran.

Wisata Kuliner Payung.

Tempat yang terkenal dengan sebutan Payung ini adalah tempat nongkrong yang memang patut diperhitungkan untuk menghabiskan waktu makan malam bersama orang yang terdekat sambil menikmati indahnya kemerlip lampu Kota Batu.

Jatim Park 2.

Wahana wisata modern yang dikemas menarik, menghibur dan tidak membosankan dengan konsep bermain yang dilengkapi dengan taman edukasi untuk menambah pengetahuan.

Wahana yang tersedia di area Jatim Park 1,  seperti :

1. Museum Satwa

Museum Satwa adalah wahana edukasi. Pengunjung bisa menikmati diorama-diorama berbagai hewan yang berasal dari berbagai tempat di dunia.

2. Secret Zoo

Selain Museum Satwa, Kota Batu memiliki sebuah kebun binatang baru yang diberi nama Secret Zoo dengan arsitektur  berskala internasional. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di dalam Secret Zoo adalah memberi makan burung parkit,

 

Wisata Tirta Nirwana.

Di kawasan Songgoroti ini terdapat pemandian air panas yaitu Tirta Nirwana Songgoroti yang bersumber dari bawah Candi Songgoriti yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Daerah Songgoriti memiliki area yang benar-benar khas Batu yang dikelilingi oleh Gunung Bale, Gunung Banyak dan Gunung Rajekwesi sehingga udara di tempat ini sangat sejuk.

Di Taman Wisata Tirta Nirwana ini juga terdapat sejumlah area wisata yang antara lain danau, kolam renang, tempat bermain anak-anak, flying fox, dan tidak jauh dari pasar khas oleh-oleh Batu, pasar sayur, pasar buah dan juga pasar kelinci.

Batu Night Spektakuler.

Batu Night Spectakuler atau yang disering disingkat dengan BNS ini merupakan wisata malam yang dimiliki Kota Batu.

Bila ingin mencoba atau masuk ke masing-masing wahana yang anda inginkan maka akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan tarif masing-masing wahana.

 

Beberapa wahana yang terdapat di BNS antara lain :

Taman Lampion,

Di dalam taman lampion ini tredapat berbagai macam lampion yang menyerupai bentuk berbagai binatang,  istana lampion, dan danau buatan yang  dipenuhi lampion yang indah untuk  berfoto.

Gokart

Lapangan gokart di BNS memiliki standar keamanan internasional dan dikelilingi oleh ban sebagai pengaman.

Sepeda udara

Dengan naik wahana sepeda udara, maka Anda bisa melihat wahana lain yang ada di BNS karena letaknya tinggi dan mengelilingi seluruh area BNS.

Rumah hantu

Pengunjung dapat memasuki rumah hantu dengan cara berjalan kaki ataupun dengan menggunakan kereta yang tersedia dan menggunakan lorong-lorong yang seram yang memunculkan suasana mengerikan bagi pengunjung.

 

Tips Aman Berwisata di Kota Batu

Saat hendak mengunjungi Kota Batu, maka persiapkan jaket dan syal, karena udara di Batu sangat dingin.

Sebelum masuk ke Museum Angkut Batu, ada baiknya mengisi perut dengan makan dan minuman karena kawasan ini begitu luas dan  dilarang membawa makanan dan minuman dari luar.

Hotel di Batu Malang Lainnya