peringatan

Hotel di Malang

Jawa Timur, Indonesia · 599 hotel tersedia

Cari & booking hotel murah online dengan harga promo di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Malang

The Balava Hotel

Jl. Kolonel Sugiono No. 6, Malang, Indonesia, 65318

8.4 / 10

Sangat Baik

Everyday Smart Hotel Malang

Jl. Soekarno Hatta No. 2 Malang, Malang, Indonesia, 65141

7.9 / 10

Baik

MaxOneHotels at Malang

Jl. Jaksa Agung Suprapto 75A Malang, Malang, Indonesia, 65111

8.4 / 10

Sangat Baik

Swiss Belinn Malang

Jalan Veteran No. 8A Malang, Malang, Indonesia, 65113

8.6 / 10

Sangat Baik

Amaris Hotel Malang

Jl. Letjend Sutoyo No.39, Malang, Indonesia, 65141

8.4 / 10

Sangat Baik

Same Hotel Malang

Jalan Pattimura 19, Malang, Indonesia, 65111

8.7 / 10

Sangat Baik

Aria Gajayana Hotel

Komplek MOG Jl. Kawi No 24, Malang, Indonesia, 65166

8.6 / 10

Sangat Baik

Solaris Hotel Malang

Jalan Raya Karanglo 69, Singosari, Malang, Indonesia, 65153

8.5 / 10

Sangat Baik

Grand Citihub Hotel @Kajoetangan - Malang

Jalan Basuki Rahmat 56, Malang, Indonesia

8.7 / 10

Sangat Baik

Gets Hotel Malang

Jalan Brigjen Slamet Riyadi No.38, Malang, Indonesia, 65119

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Kartika Graha

Jalan Jaksa Agung Suprapto No.17, Malang, Indonesia, 65112

8.0 / 10

Sangat Baik

Amartahills Hotel and Resort Batu

Komplek Amarta Hills,Jl. Abdul Gani Atas,Kec. Batu,J, Malang, Indonesia, 65311

8.7 / 10

Sangat Baik

Atria Hotel Malang

Jl. Letjen S. Parman No. 87 - 89 Malang, Malang, Indonesia, 65122

8.6 / 10

Sangat Baik

Alimar Hotel

Jalan Pasar Besar No. 58, Malang, Indonesia, 65118

8.3 / 10

Sangat Baik

HARRIS Hotel & Convention Malang

Jalan Jend. A Yani Utara, Riverside C1 , Malang, Indonesia, 65126

8.6 / 10

Sangat Baik

Grand Pujon View Hotel & Resort

Jalan Rajekwesi, Desa Pandesari, Pujon, Malang, Indonesia, 65115

7.6 / 10

Baik

Ijen Suites Resort & Convention

Jalan Ijen Nirwana Raya Blok A No. 16, Malang, Indonesia, 65116

8.7 / 10

Sangat Baik

Hotel Morina Malang

Jalan Dr. Cipto No. 5 , Malang, Indonesia, 65111

8.1 / 10

Sangat Baik

Surya Indah Hotel and Restaurant

JL. Oro Oro Ombo No. 202, Malang, Indonesia, 65316

7.2 / 10

Baik

The Singhasari Resort Batu

Jalan IR Soekarno No 120, Malang, Indonesia, 65326

9.0 / 10

Istimewa

hotel lainnya

Tentang

Keindahan dan kesejukan adalah dua kata yang menggambarkan Malang. Kota yang terletak 667 meter di atas permukaan laut ini adalah kota kedua terbesar di Jawa Timur sesudah Surabaya. Penyandang julukan Kota Apel ini terletak di dataran tinggi, sehingga udaranya sejuk dan menjadi tempat yang pas untuk berwisata. Itu sebabnya ada banyak hotel di Malang untuk menyediakan kebutuhan akomodasi para wisatawan.

Kota yang berlokasi 90 km sebelah selatan Surabaya ini juga masih memperlihatkan beberapa peninggalan sejarah, seperti di Jalan Ijen, di mana masih banyak terdapat gedung-gedung tua peninggalan Belanda. Bangunan-bangunan tersebut, di antaranya Masjid Agung, Gereja Katolik Hati Kudus Yesus, dan Gereja Katolik Ijen.

Penduduk Kota Malang didominasi oleh suku Jawa dan diikuti suku-suku yang lain, yaitu Tionghoa, Madura dan Arab. Mayoritas penduduk Kota Malang menganut agama Islam dan sisanya menganut agama Kristen, Hindu, Budha dan Kong Hu Cu.

 

Sejarah Malang

Nama 'Malang' masih menjadi misteri yang diteliti oleh para ahli sejarah. Menurut satu hipotesis, Malangkusheswara yang tertulis di lambang Kota Malang adalah nama bangunan suci. Nama bangunan suci itu ditemukan di antara Surabaya dan Malang.

Pendapat lain menyatakan bahwa nama 'Malang' berasal dari kata 'membantah' atau 'menghalang-halangi' yang dalam Bahasa Jawa berarti 'Malang'. Pada zaman dahulu, Sunan Mataram ingin memperluas wilayahnya ke Jawa Timur, tetapi penduduk di daerah itu melakukan perlawanan. Sejak saat itu, daerah tersebut bernama Malang.

Kota Malang sendiri tumbuh dan berkembang setelah hadirnya kolonial Belanda. Fasilitas umum dibangun untuk memenuhi kebutuhan Keluarga Belanda. Daerah sekitar Ijen Boulevard adalah wilayah yang hanya bisa dinikmati oleh keluarga Belanda dan Eropa, sedangkan penduduk pribumi harus puas tinggal di pinggiran kota.

Pada 1879, kereta api mulai beroperasi di Kota Malang. Setelat masa itu, Malang berkembang dengan pesat. Meningkatnya kebutuhan perumahan menyebabkan tata guna tanah berubah dari daerah pertanian menjadi daerah industri dan perumahan.

 

Cara Ke Malang

Beberapa moda transportasi yang dapat mengantar Anda ke Malang adalah sebagai berikut:

Transportasi Udara

Pesawat yang menuju ke Malang akan mendarat di Bandara Abdul Rahman Saleh (MLG). Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Jakarta ke Malang sekitar 1 jam 30 menit. Dari bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke pusat kota Malang dengan angkutan kota (angkot) atau kendaraan sewa dalam waktu tempuh sekitar 30 menit.

Transportasi Darat

Kereta Api

Kota Malang bisa dicapai melalui darat dengan menggunakan kereta api. Anda bisa memilih kereta kelas Ekonomi atau Eksekutif dari stasiun Senen dan Gambir, Jakarta.

Kereta kelas Ekonomi Matarmaja berangkat dari Stasiun Senen dengan tarif sekitar Rp65.000 per orang. Pilihan lain adalah Kereta Eksekutif Gajayana dan Bima yang berangkat dari Stasiun Gambir dengan tarif Rp560.000.

Jika Anda berangkat dari Surabaya, Anda bisa menaiki KA Bima II dengan waktu tempuh 2,5 jam. Rute kereta ini adalah Stasiun Gubeng‒Stasiun Malang. Harga tiket KA Bima II adalah Rp 30.000 per orang.

Bus

Jika Anda memiliki banyak waktu luang, Anda bisa memilih moda transportasi bus. Beberapa bus yang melayani rute Jakarta–Malang adalah Pahala Kencana, Safari Dharma Raya, Lorena, dan Kramat Djati. Lama perjalanan yang ditempuh adalah sekitar 19 jam. Harga tiket bus Eksekutif berkisar antara Rp210.000 hingga Rp 250.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk makan prasmanan dan snack.

Jika Anda berangkat dari Surabaya, Anda bisa melakukan perjalanan ke Malang dengan bus kelas Ekonomi atau Patas AC. Bus-bus yang melayani rute Surabaya‒Malang, antara lain: Bus Kalisari, Medali Mas, dan Laksana Anda. Waktu tempuh bus Surabaya‒Malang adalah 1,5 jam. Harga tiket bus Ekonomi dari Surabaya sekitar Rp11.500 per orang, sedangkan harga tiket bus Patas AC sekitar Rp20.000 per orang.

(Harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah)

 

Transportasi di Malang

Beberapa moda transportasi yang dapat mengantar Anda berkeliling di Malang, di antaranya adalah:

Angkutan Kota (Angkot)

Mikrolet adalah angkot khusus untuk rute dalam kota. Terdapat 25 rute mikrolet yang akan mengantar Anda ke berbagai tujuan di Kota Malang. Angkot-angkot di Kota Malang umumnya beroperasi hingga jam 21.00 WIB.

Tiap mikrolet memiliki rute-rute tersendiri. Biasanya, tiap mikrolet memasang huruf awal dari rute masing-masing seperti AT: Arjosari–Tidar, AL: Arjosari–Landungsari, atau MT: Madyopuro–Telogowaru.  

Taksi

Bagi Anda yang menginginkan kenyamanan dalam perjalanan Anda, Anda dapat memilih moda transportasi taksi. Terdapat 4 perusahaan taksi yang beroperasi di Malang yaitu:

  • Citra Ken Dedes. No. telp: (0341) 490555

  • Argo. No. telp: (0341) 490444

  • Mandala. No. telp: (0341) 474747

  • Bima. No. telp: (0341) 717171

 

Bahasa Daerah di Malang

Warga Malang memiliki bahasa slang khas Malang atau sering disebut Boso Malangan. Pada awalnya, Boso Malangan digunakan para pejuang kemerdekaan untuk membedakan antara pejuang dan mata-mata musuh. Bahasa ini hanya mengenal satu cara pengucapan dan penulisan yang dibaca secara terbalik dari belakang ke depan, sehingga sering juga disebut Boso Walikan.

Berikut ini adalah beberapa kata khas Malang yang sering digunakan:

  • Saya = Ayas
  • Kamu = Umak
  • Bapak = Ebes Nganal
  • Ibu = Ebes Kodew
  • Oyi = Iyo = Oke
  • Ipok = Kopi
  • Ojir = Uang
  • Oker = Rokok

 

Hotel di Malang

Malang merupakan salah satu kota destinasi pariwisata menarik di Jawa Timur. Paket wisata yang ada di Malang terhitung lengkap mulai dari wisata alam pegunungan, hingga wisata pantai yang dapat dinikmati sendiri maupun bersama anggota keluarga, kerabat, atau pasangan. Begitu juga fasilitas akomodasi yang ada di sana, banyak pilihan hotel di Malang yang sesuai dengan kebutuhan seperti berikut ini:

Hotel Bintang 1 di Malang

Bagi Anda yang ingin menginap di hotel bujet saat berwisata di Malang, penginapan bintang 1 ini bisa menjadi pilihan:

Butik Capsule Hostel

Hotel kapsul merupakan sebuah bangunan dengan kamar-kamar berukuran kecil untuk kapasitas satu orang. Jenis kamar ini biasa digunakan oleh para backpacker untuk beristirahat. Akomodasi model ini pertama kali dikembangkan di Jepang untuk menyediakan akomodasi murah untuk para pelancong.

Butik Capsule Hostel ini merupakan hotel kapsul pertama yang berdiri di Malang dan terletak di Jl. WR Supratman 2L. Hostel ini dekat dengan fasilitas publik, seperti UniversitasMuhamadiyah Malang, Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar, serta kedai bakso Cak Man yang melegenda.

Bagi Anda yang berencana ingin backpacker-an di Malang, tempat ini dapat menjadi akomodasi alternatif dengan harga hemat. Harga sewa di hotel ini mulai dari Rp118.000 saja per malam.

Malang Dorm Hostel (MADOR)

Masih seputar penginapan khas backpacker, terdapat juga Malang Dorm Hostel atau disingkat MADOR yang menjadi tempat menginap favorit bagi para wisatawan dengan bujet terbatas. Harga sewa yang ditawarkan di tempat ini sangatlah murah, mulai dari Rp75.000 saja per malam.

Letaknya yang strategis di Jl. Laksamana Martadinata No. 32, Kota Lama, Kedung Kandang, Malang membuat hostel ini mudah untuk dijangkau. Meskipun harga sewa yang ditawarkan sangat murah, kebersihan dan kenyamanan hostel tidak perlu diragukan lagi. Hal istimewa dari MADOR adalah tersedianya paket menginap plus wisata ke Bromo dengan harga yang terjangkau.

Hotel Bintang 2 di Malang

Untuk para wisatawan yang ingin bermalam di kamar cukup luas dengan bujet yang masih terjangkau, beberapa hotel bintang 2 yang ada di Malang bisa menjadi pilihan. Berikut daftarnya:

Amaris Hotel Malang

Penginapan bintang 2 ini berlokasi di Jl. Letjend Sutoyo No. 39 Malang. Masih berada di pusat kota, hotel dengan tarif mulai dari Rp344.743 per malam ini memiliki akses yang mudah ke berbagai fasilitas publik dan tempat wisata kuliner yang populer di Malang.

Bagi wisatawan yang membawa anak-anak, Amaris Malang menyediakan kolam renang anak yang dapat digunakan sebagai sarana rekreasi. Kamar yang tersedia di hotel ini juga sangat mudah diakses bagi para penyandang disabilitas yang sedang menginap.

Berada di kawasan bisnis Klojen, penginapan ini juga menyediakan fasilitas bisnis, seperti ruang rapat dan proyektor yang dapat digunakan sebagai sarana pertemuan atau rapat dengan rekan-rekan bisnis. Resepsionis dan keamanan yang selalu siap sedia selama 24 jam memberikan kenyamanan para tamu hotel di Malang ini.

Hotel Morina Malang

Merupakan akomodasi yang ada di pusat Kota Malang, Hotel Moriana juga memiliki akses yang mudah ke berbagai tempat favorit yang berada di tengah kota. Penginapan dengan furnitur berwarna-warni ini juga memberikan kesan modern.

Tidak perlu takut karena datang terlalu larut karena hotel di Malang ini memiliki layanan resepsionis selama 24 jam yang siap membantu tamu untuk check in kapan saja. Dengan adanya keamanan yang juga berjaga selama 24 jam, Anda tak perlu khawatir dengan faktor keamanan.

Tersedianya kafe dan restoran dapat Anda gunakan untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Untuk fasilitas kamar, ada jubah mandi, pancuran, dan TV di dalam setiap kamar yang ada. Fasilitas parkir yang ramah bagi penyandang disabilitas juga menjadi salah satu keunggulan dari hotel yang memasang tarif kamar sekitar Rp288.000 per malam ini.

Hotel Bintang 3 di Malang

Hotel di Malang tidak hanya terdiri dari bintang 1 dan 2 saja, bintang 3 juga tersedia di markas Aremania ini. Dua dari beberapa penginapan bintang 3 yang ada di Malang di antaranya adalah:

Swiss-Belinn Malang

Masih berada di bawah manajemen Swiss-Belhotel International, akomodasi ini tentu memiliki standar kualitas internasional yang terbaik di kelasnya. Swiss-Belinn Malang memiliki akses yang cukup mudah untuk menjangkau berbagai kawasan bisnis yang ada di Malang. Hal ini karena lokasinya yang masih berada di kawasan strategis, yaitu di Jl. Veteran No. 8A.

Hotel dengan desain modern ini memiliki 203 kamar yang terdiri dari 148 kamar Deluxe, 39 kamar Superior Deluxe, 12 kamar Grand Deluxe, dan 4 kamar Suite. Dengan berbagai pilihan kamar yang ada, pengunjung diharapkan dapat tinggal dengan nyaman selama menginap. Tarif menginap di penginapan ini mulai dari Rp430.000 per malam.

Fasilitas yang ditawarkan hotel di Malang ini mencakup jasa cuci, akses Wi-Fi gratis, fasilitas bisnis, dan layanan parkir. Selain itu, keamanan juga menjadi perhatian utama. Adanya keamanan yang berjaga selama 24 jam dan CCTV menambah kenyamanan para tamu yang berkunjung. Fasilitas bagi penyandang disabilitas juga sangat diperhatikan di tempat ini. Tersedianya peralatan pendukung dan toilet khusus merupakan bukti perhatian pengelola akomodasi ini kepada para penyandang disabilitas.

Same Hotel Malang

Bagi Anda yang membutuhkan tempat untuk acara bisnis atau rapat bersama dengan para kolega, Same Malang bisa menjadi pilihan tepat. Memiliki fasilitas berupa ruang rapat yang cukup luas dan dilengkapi dengan proyektor, hotel yang berada di Alamat: Pattimura 19, Malang dapat mendukung kegiatan bisnis yang Anda adakan.

Desain penginapan yang elegan memikat banyak wisatawan untuk datang dan menginap di tempat ini. Bukan hanya itu, lokasi yang dekat dengan tempat rekreasi dan wisata kuliner khas Malang juga yang membuat hotel ini semakin tersohor di kalangan wisatawan.

Dengan tarif bermalam mulai dari Rp345.000, Anda dapat memiliki fasilitas berupa Wi-Fi, AC, TV, brankas, pembuat kopi atau teh, dan kamar mandi di setiap kamar. Anda pun dapat memanfaatkan fasilitas penunjang, seperti restoran, area parkir, lift, dan layanan hotel 24 jam.

Hotel Bintang 4 di Malang

Untuk menikmati kenyamanan hotel yang lebih berkelas, Anda dapat bermalam di hotel bintang 4. Berikut adalah beberapa hotel mewah berbintang 4 yang ada di Malang:

Ijen Suites Resort & Convention

Perpaduan desain tradisional dan modern hotel yang berada di Alamat: Jl. Ijen Nirwana Raya Blok A No. 16, Malang ini selalu memanjakan banyak tamu yang datang. Tidak hanya itu, Ijen Suites Resort & Convention juga memiliki fasilitas premium yang dapat dinikmati dengan mudah oleh Anda.

Fasilitas utama yang ditawarkan oleh hotel ini di antaranya adalah Ijen Suites Grand Ballroom yang dapat menampung lebih dari 2.000 tamu, Landbouw Restaurant yang menyajikan hidangan khas Indonesia dan Barat, Fitness Revolution sebagai pusat kebugaran, serta Cantonese Restaurant KDS yang menyediakan masakan khas Tiongkok.

Bagi Anda yang ingin menginap sambil berekreasi, hotel di Malang ini juga menjadi pilihan yang tepat. Dengan adanya kolam renang outdoor, spa, sauna, jacuzzi, kolam renang anak, taman, kolam air panas, dan sarana barbeku membuat liburan di Malang menjadi lebih menyenangkan. Untuk menikmati semua fasilitas hotel bintang 4 ini, Anda hanya perlu mengeluarkan bujet mulai dari Rp732.500 per malam.

Aria Gajayana Hotel

Menjadi salah satu hotel yang sangat memuaskan di Malang, Aria Gajayana menawarkan pengalaman menginap yang tidak terlupakan bagi para pengunjung. Akomodasi yang berlokasi di Komplek MOG, JL. Kawi No. 24, Malang ini memasang tarif yang cukup murah untuk sekelas bintang 4, yakni Rp560.000 per malam.

Ada  lima jenis kamar yang dapat Anda pilih, yaitu Deluxe, Super Deluxe, Family, Executive, Suite, dan President Suite. Sementara itu, fasilitas umum yang ditawarkan adalah ruangan multifungsi dan restoran dengan hidangan berkualitas. Selain itu, terdapat juga fasilitas spa, layanan pijat, dan kolam renang outdoor yang bisa anda nikmati.

Hotel ini hanya berjarak sekita 0,20 km saja dari Stadion Gajayana. Dari penginapan bintang 4 ini, Mal Olympic Garden juga dapat dijangkau dengan hanya berjalan kaki.

Hotel Bintang 5 di Malang

Bagi pengunjung yang mengutamakan kemewahan saat bermalam di Malang, hotel bintang 5 berikut ini akan memenuhi kebutuhan Anda dengan fasilitas unggul yang tersedia:

The Singhasari Resort Batu

Mengusung konsep keindahan tradisional, hotel yang berlokasi di Jl. Ir. Soekarno No. 120, Malang ini memberikan fasilitas dan pelayanan premium bagi para tamu. Banyak aktivitas dan atraksi favorit keluarga yang bisa Anda lakukan saat menginap di penginapan bintang 5 ini.

Kegiatan-kegiatan menarik yang dapat dilakukan di tempat ini adalah flying fox, sauna, basket, tennis, mini golf, jacuzzi, dan kolam renang. Selain itu, tersedia pula pusat kebugaran dan arena bermain anak yang membuat Anda sekeluarga betah berlama-lama tinggal di hotel ini.

Selain beragam fasilitas seperti di atas, ada juga fasilitas pernikahan dengan berbagai pilihan paket lengkap. The Agastya Wedding Chapel merupakan tempat ideal bagi sepasang pengantin untuk mengucapkan janji suci. Pemandangan Gunung Semeru yang megah, membuat suasana semakin romantis.

Dengan kelengkapan fasilitas dan pelayanan yang prima dari hotel di Malang ini, tidak heran jika The Singhasari Resort Batu memberikan kepuasan maksimal bagi para pengunjung. Tarif menginap di penginapan ini mulai dari Rp1.325.000 per malam.

The Shalimar Boutique Hotel

Meskipun berada di tengah kota, keasrian dan kesejukan tetap dapat dirasakan dalam hotel yang berad di Jl. Cerme 16, Malangv ini. Desain interior yang mengusung tema vintage mengajak pengunjung bernostalgia ke masa lalu. Berada di wilayah Klojen, penginapan ini juga memiliki jarak yang dekat dengan berbagai fasilitas publik utama yang ada di Kota Malang.

Sebagai akomodasi bintang 5, The Shalimar Boutique Hotel tentu memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Salah satu fasilitas langka yang jarang ditemukan di penginapan lain adalah adanya menu diet yang dapat dipesan di restoran. Selain menu diet, terdapat pula berbagai macam pilihan menu lezat yang sangat menggoda selera.

Jika Anda hobi membaca, tersedia juga perpustakaan yang dapat diakses dengan leluasa. Para tamu juga dapat memanjakan diri lewat fasilitas spa, pusat kebugaran, dan kolam renang outdoor yang telah disediakan. Untuk menikmati semua fasilitas di hotel mewah ini, Anda harus mengeluarkan tarif bermalam mulai dari Rp1.600.000.

 

Objek Wisata di Malang

Saat berwisata di Malang, beberapa tempat wisata ini wajib Anda kunjungi:

Pulau Sempu

Pulau Sempu terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Pulau ini berjarak 80 km dari Kota Malang dan 180 km dari Kota Surabaya. Pulau ini termasuk cagar budaya alam yang dikelola oleh Balai Konsenrvasi Sumber Daya Alam Jawa Timur dan Departemen Kehutanan. Pengunjung diharapkan ikut menjaga kelestarian dan kebersihan tempat wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Daya Tarik utama tempat ini adalah Laguna Segara Anakan yang terletak 2,5 km sebelah selatan Pulau Sempu. Laguna yang luasnya 4 hektar tersebut adalah tempat yang sangat indah karena memiliki pantai berpasir putih dan airnya yang berwarna biru.

Untuk mencapai Pulau Sempu, Anda harus menuju ke Pantai Sendang Biru yang merupakan titik terdekat ke Pulau Sempu. Dari kota Malang dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam berkendara untuk mencapai Pantai Sendang Biru. Kemudian, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu dengan membayar tarif sewa perahu Rp100.000. Daya tampung perahu adalah 10 orang.

Jatim Park

Objek Wisata Jatim Park terletak di Kota Batu, sekitar 20 km dari kota Malang. Objek Wisata ini adalah tempat rekreasi dan taman belajar yang memiliki 36 wahana. Beberapa wahana di antaranya adalah kolam renang raksasa, drop zone, dan spinning coaster. Jatim Park berada di ketinggian 850 meter di atas permukaan laut, sehingga suhu udara di lokasi ini sejuk dan nyaman. Untuk mencapai tempat ini, Anda harus berkendara sekitar 30 menit dari pusat Kota Malang.

  • Harga: Rp50.000 (Senin-Kamis) dan Rp65.000 (Jumat-Minggu dan libur nasional)
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.30-16.30 WIB

Gunung Bromo

Gunung Bromo terletak di Taman Nasional Bromo, Tengger Semeru. Objek wisata alam terpopuler di Malang ini terkenal dengan pasir laut yang luas dan keindahannya ketika matahari terbit dan terbenam. Gunung ini merupakan ikon dari Provinsi Jawa Timur.

Untuk mencapai Gunung Bromo, Anda bisa terbang dari Jakarta ke Malang dan mendarat di Bandara Abdul Rahman Saleh (MLG). Dari sana, Anda bisa berkendara selama 2  jam dengan rute Malang–Tumpang–Gubuk Klakah–Bromo.

Harga tiket masuk kawasan Gunung Bromo sekitar Rp37.500 pada hari kerja, sedangkan saat hari libur menjadi Rp67.500. Wisatawan mancanegara harus membayar tiket Rp267.500 pada hari kerja dan Rp640.000 pada akhir pekan atau hari libur.

Balai Kota Malang

Gedung Balai Kota Malang adalah salah satu gedung bersejarah peninggalan Belanda di Kota Malang. Gedung ini terletak di lingkaran Jalan Tugu Malang, tepat di jantung Kota Malang. Bangunan yang menyerupai Gedung Sate di Bandung ini adalah ikon Kota Malang.

Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Kota adalah kawasan taman yang berada di Kota Malang. Taman ini dikelilingi oleh bangunan kuno, seperti Masjid Jami, Gereja Hati Kudus Yesus, dan pusat perbelanjaan. Taman yang sudah dilengkapi dengan jaringan internet nirkabel ini adalah tempat berkumpulnya warga Malang untuk bersantai sambil mengobrol.

Taman Rekreasi Kota

Taman Rekreasi Kota atau Tareko terletak di Jl. Majapahit, persis di belakang Gedung Balaikota Malang. Tareko adalah tempat bermain atau sarana rekreasi untuk anak-anak. Fasilitas yang tersedia di tempat ini, antara lain: jogging track, kolam renang, taman mini satwa, gerai produk unggulan, dan sarana bermain anak-anak.

 

Kebudayaan di Malang

Kota Malang memiliki aneka kegiatan ragam budaya menarik yang diadakan secara teratur seperti berikut ini:

Taman Krida Budaya Jawa Timur

Taman Krida Budaya Jawa Timur terletak di Jl. Soekarno Hatta, Malang. Aneka budaya khas Jawa Timur sering ditampilkan di tempat ini, seperti ketoprak, ludruk, wayang orang, dan kuda lumping. Tiket masuk ke tempat ini adalah Rp3.000 per orang.

Festival Malang Kembali

Festival Malang Kembali adalah acara tahunan di Malang yang menampilkan unsur-unsur budaya Malang tempo dulu. Semua yang ada di acara ini bernuansa tempo dulu, seperti kostum pengunjung, pengaturan lokasi, dan dekorasi panggung.  

Festival ini diadakan di berbagai lokasi di Malang, seperti di depan gedung Telkom Jl. Basuki Rahmat, dekat pos polisi Alun-Alun Merdeka, dan area parkir Malang Plaza. Acara ini biasanya dilaksanakan dari pagi hingga malam hari.

 

Hiburan Malam di Malang

Tiga tempat hiburan malam yang populer di Kota Malang adalah sebagai berikut:

Hugo’s Café Malang

Hugo’s Café Malang terletak di Jl. Raya Langsep 2A, Malang. Tempat ini terkenal unik karena ucapan “Selamat Pagi” ketika Anda memasuki kafe. Tempat ini menawarkan program yang menarik setiap minggunya, seperti University Party, Cocktail Heaven, dan Party Zone.

My Place Club Malang

My Place Club Malang terletak di Jl. Jaksa Agung Suprapto 17, Malang. My Place Club Malang memiliki 9 ruang Deluxe dan 2 ruang Suite karaoke. Tiap ruangan dilengkapi dengan sistem audio karaoke yang terbaru, LCD 42 inci, dekorasi interior yang menarik, sistem pencahayaan, dan pengaturan suhu. Selain itu, terdapat juga 50.000 lebih koleksi musik dan akan terus di-update setiap bulan

Smooth Café

Smooth Café berlokasi di Jl. Terusan Dieng No. 36, Sukun, Malang, persis di depan Dieng Plaza. Tempat ini adalah juga salah satu tempat favorit hangout anak-anak muda di Malang. Di sini, terdapat 7 meja biliar yang beroperasi pukul 10.00-03.00 WIB. Tempat ini juga menyediakan 7 ruang karaoke dengan fasilitas audio dan big screen.

 

Wisata Kuliner di Malang

Bagi pencinta kuliner, Anda yang sedang berada di Malang wajib mengunjungi beberapa tempat makanan di bawah ini:

Ayam Goreng Tenes

Menu andalan Rumah Makan Ayam Goreng Tenes adalah ayam goreng dan sambal pencit. Ayam yang digoreng adalah ayam kampung, namun tidak alot dan rasanya gurih.

Rumah Makan Ayam Goreng Tenes berlokasi di Jl. Tenes No. 12, Malang. Rumah makan ini buka pukul 10.00-14.00 dan 17.00-22.00 WIB. Harga ayam goreng di tempat ini adalah Rp9.000 per potong dan Rp41.000 per ekor.

Ayam Panggang Pak No (Sawahan)

Rumah makan ini lebih dikenal dengan nama Depot Ayam Panggang Pak No. Menu andalan Ayam Panggang Pak No adalah ayam panggang dan sambalnya yang ditambah kecap dan taburan bawang goreng. Selain ayam panggang, tempat ini juga menyediakan nasi goreng Jawa, cah atau tumis sawi dan kol, serta lalapan pete.

Depot Ayam Panggang Pak No terletak di Jl. Yulius Usman No. 27, Malang. Rumah makan ini buka pukul 09.30-22.00 WIB. Harga ayam panggang dan nasi adalah Rp14.000.

Tahu Petis RM Sari Rasa

Tahu petis adalah salah satu menu andalan Rumah Makan Sari Rasa. Tahu yang disajikan berukuran besar ditambah petis dan cabai rawit. Menu andalan lain rumah makan ini adalah sop buntut dan semur lidah.

RM Sari Rasa berlokasi di Jl. Dr. Wahidin No. 61, Malang. Rumah Makan Sari Rasa buka pukul 07.30-19.30. Harga tahu petis adalah Rp5.000 per buah.

 

Tips Wisata di Malang

Tips berikut ini wajib Anda simak agar berwisata ke Kota Apel terasa menyenangkan:

  1. Suhu udara di Malang cukup dingin. Anda sebaiknya membawa jaket, sarung tangan atau topi agar tetap hangat.

  2. Sempatkan mencicipi aneka es krim. seperti Tutty Fruity dan Sparkling Delight di Toko Oen, tempat makan legendaris di Kota Malang.

  3. Kota Malang terkenal dengan buah apel. Anda dapat melakukan wisata petik buah apel di sejumlah perkebunan apel di Batu.

  4. Untuk pencinta kuliner khususnya ayam goreng, mampirlah ke Ayam Goreng Tenes karena tempat tersebut menyediakan sambal yang rasanya khas dengan potongan mangga muda. Nama sambal ini adalah sambal pencit.

 

Hotel di Malang Lainnya