peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Cek BPJS Kesehatan - Cara cek dan bayar tagihan BPJS Kesehatan

Nikmati kemudahan cek dan bayar tagihan BPJS Kesehatan dengan menjadi member Traveloka

Selamat datang, !

Temukan harga terbaik untuk setiap produk Traveloka yang Anda butuhkan.

Khusus untuk member Traveloka

Kemudahan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda
Masuk atau daftar untuk nikmati beragam keuntungan ini

Cek BPJS Kesehatan Online: Cara Cek & Bayar Tagihan BPJS

Cek tagihan BPJS Kesehatan Online

Pada zaman modern seperti ini, Anda tidak perlu lagi mengunjungi satu tempat tertentu untuk cek tagihan apa pun itu. Begitu pula halnya dengan BPJS Kesehatan. Saat ini, tersedia media online yang membuat Anda tak perlu lagi repot ke kantor BPJS atau ke bank hanya untuk mengetahui besarnya tagihan iuran jaminan kesehatan. Untuk cek BPJS Kesehatan Anda, Anda cukup kunjungi situs-situs berikut melalui gadget:

1. Situs resmi BPJS

BPJS menyediakan kanal resmi bagi peserta yang ingin cek tagihan kepesertaan. Silakan kunjungi situs resmi BPJS lalu pilih menu “Cek Iuran”. Pada menu tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi data seperti nomor kartu, tanggal lahir, dan nomor validasi (captcha). Usai melengkapi data, klik “Cek”. Seketika, perincian besaran tagihan Anda akan tampil di layar, lengkap dengan pembayaran yang sudah dilakukan. Tambahan informasi, jika Anda belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, anda bisa mendaftarnya di situs ini. Langkah-langkah pendaftarannya dapat Anda lihat di halaman Persyaratan dan Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan.


cek bpjs kesehatan

2. Aplikasi Mobile JKN

BPJS Kesehatan memiliki aplikasi khusus untuk ponsel pintar. Aplikasi ini tersedia gratis untuk Anda unduh di Play Store atau App Store. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengakses informasi kepesertaan BPJS Kesehatan dalam satu tempat saja, termasuk cek tagihan. Sebelum menggunakan fitur “Cek Tagihan”, pastikan Anda sudah terdaftar sebagai pengguna mobile, lalu masuklah ke akun Anda. Setelah masuk akun, pilih menu “Premi” yang akan langsung memperlihatkan jumlah tagihan BPJS Kesehatan Anda.

3. Situs Penyedia Pembayaran Tagihan

Saat ini, banyak situs di internet yang menyediakan layanan pembayaran tagihan BPJS. Anda hanya perlu kunjungi situs terpercaya, pilih menu yang tersedia, lalu masukan data yang diminta untuk melakukan pengecekan tagihan. Data utama yang diminta biasanya adalah nomor VA dan total bulan yang ingin dibayar. Salah satu situs penyedia pembayaran BPJS Kesehatan yang menawarkan biaya administrasi termurah adalah Traveloka.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan online di Traveloka

Traveloka belum lama ini menambahkan layanan baru yang semakin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi online. Saat ini, Anda dapat cek BPJS Kesehatan Anda melalui situs web maupun aplikasi Traveloka di ponsel. Sebelum membayar, Anda dapat dengan mudah cek tagihan BPJS Kesehatan secara online dengan cara sebagai berikut:

1. Kunjungi situs web Traveloka melalui gadget atau buka Traveloka App di ponsel Anda. Khusus pengguna Traveloka App, pastikan Anda sudah memperbarui aplikasi ke versi terbaru 2.19 untuk dapat menikmati layanan ini.

2. Untuk dapat melakukan pengecekan tagihan, Anda harus memiliki akun Traveloka dan masuk ke akun tersebut, atau bisa mendaftar secara gratis. Setelahnya, pilih menu “Bill Payment” atau “Bayar Tagihan”, lalu klik “BPJS Kesehatan”. Menu ini tersedia di bagian kanan atas untuk versi desktop dan di bawah info akun TravelokaPay pada laman utama Traveloka App.

Masukan nomor VA dan jumlah bulan yang ingin Anda cek. Jika nomor VA benar dan tagihan tersedia, maka menu pop-up akan muncul menampilkan informasi yang Anda butuhkan.

Bayar tagihan BPJS Kesehatan di Traveloka

Setelah cek tagihan, Anda juga bisa langsung memproses pembayaran BPJS Kesehatan di Traveloka. Cara membayar tagihan BPJS Kesehatan melalui Traveloka sangat mudah. Langkah-langkah pembayarannya sebagai berikut:

1. Kunjungi Traveloka versi desktop atau aplikasi versi mobile. Sebelumnya, pastikan Anda sudah memiliki akun Traveloka dan masuk ke akun tersebut.

2. Pilih menu “Bill Payment” atau ”Bayar Tagihan”, lalu klik BPJS Kesehatan.

3. Isi nomor virtual account BPJS Kesehatan Anda pada kotak yang tersedia dan pilih jumlah bulan yang ingin dibayarkan. Anda bisa membayar hingga total lima bulan ke depan. Terdapat biaya admin sebesar Rp1.500 untuk satu kali transaksi. Klik tombol “Buy Now” atau ”Beli Sekarang”.

4. Menu pop-up akan muncul dan menunjukkan perincian tagihan apabila nomor VA Anda sudah benar dan tagihan tersedia. Periksa detail informasi yang tertera—nama dan jumlah tagihan sudah benar. Klik “Continue” atau ”Lanjutkan”.

5. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Saat ini, pembayaran tagihan BPJS Kesehatan melalui Traveloka tersedia dalam delapan metode, yaitu UANGKU, transfer, kartu kredit, ATM, BCA KlikPay, dan Alfamart. Lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang diberikan.

6. Setelah pembayaran diterima, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil.

7. Pembayaran tidak tersedia dalam periode jam 23:00 – 00:59.

Kelebihan cek tagihan BPJS Kesehatan di Traveloka

Tersedia banyak cara untuk melakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan. Salah satu cara cek BPJS Kesehatan terbaik dihadirkan Traveloka dengan berbagai kelebihan tersendiri sebagai berikut:

1. Lengkap dan cepat

Dengan menjadi member Traveloka, kini Anda bisa menikmati layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan dalam genggaman. Di sini, Anda bisa cek tagihan sekaligus melakukan pembayaran dalam waktu singkat dan dengan cara yang mudah. Cukup pilih menu yang tersedia, masukkan data yang diminta, lalu lakukan pembayaran. Semuanya berlangsung dalam hitungan menit.

2. Bayar tagihan tepat waktu

Dengan adanya Traveloka dalam genggaman, Anda dapat cek tagihan BPJS Kesehatan di Traveloka lalu langsung lanjut proses pembayaran. Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Bahkan, saat sedang bepergian sekalipun Anda tidak perlu khawatir telat membayar tagihan BPJS Kesehatan. Cukup buka ponsel pintar Anda, masuk ke Traveloka Apps, lalu lunasi tagihan BPJS Kesehatan Anda hanya dalam hitungan menit. Sama sekali tidak akan mengganggu perjalanan dan aktivitas Anda saat itu!

3. Pilihan pembayaran beragam

Traveloka menyediakan metode pembayaran yang lengkap untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan. Anda bisa memilih metode pembayaran yang tersedia, seperti UANGKU, transfer, kartu kredit, ATM, BCA Klikpay, dan melalui Alfamart.

?
Perlu Bantuan?