peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Cek Tagihan Listrik PLN - Cek Rekening Listrik Online di Traveloka

Nikmati kemudahan cek dan bayar tagihan listrik PLN dengan menjadi member Traveloka

Hello !

Find the best deals on every Traveloka product you need!

Khusus untuk member Traveloka

Kemudahan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda
Masuk atau daftar untuk nikmati beragam keuntungan ini

Cek Tagihan Listrik - Cek Rekening Listrik PLN Online

Cek tagihan listrik secara online

Layanan Listrik PLN utamanya tersedia dalam sistem listrik pascabayar. Sistem ini memberlakukan penggunaan listrik di muka selama kurun waktu tertentu (biasanya satu bulan) dan penagihan beban sesuai penggunaan tersebut pada bulan berikutnya. Dulu, penagihan listrik PLN ini dilakukan dengan pencatatan dari rumah ke rumah atau pelanggan mendatangi kantor cabang PLN terdekat untuk mengecek tagihannya.

cek tagihan listrik pln

Saat ini, pengecekan tagihan listrik PLN sudah tersedia dengan cara yang lebih praktis, yakni melalui online. Pelanggan listrik kini tak lagi repot dengan urusan cek tagihan listrik karena semuanya sudah bisa dilakukan langsung melalui gadget, bahkan tanpa harus berpindah tempat.

Penyedia layanan cek tagihan listrik PLN secara online pun tersedia dalam berbagai bentuk. Layanan utama dapat Anda akses melalui aplikasi ponsel PLN Mobile. Aplikasi ponsel ini merupakan inovasi layanan situs web, contactcenter, dan media sosial resmi PLN. Keberadaan aplikasi online ini memudahkan pelanggan dan calon pelanggan untuk mendapatkan informasi layanan PLN, termasuk mengecek tagihan listrik dan riwayat pembelian token.

Cara lain untuk mengecek tagihan listrik secara online juga bisa dilakukan melalui pihak ketiga, yaitu situs-situs web penyedia layanan pembayaran listrik. Salah satunya adalah Traveloka.

Cek tagihan listrik PLN di Traveloka

Traveloka sebagai salah satu agen travel online terbesar di Indonesia saat ini terus menambah jenis layanannya. Guna memastikan pengguna dapat memenuhi kebutuhan bertransaksi online dalam satu tempat dan satu waktu, Traveloka kini menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik.

Fitur pembayaran tagihan listrik ini tentunya juga bisa menjadi sarana cek tagihan listrik pengguna. Cara menggunakannya juga sangat mudah, yakni sebagai berikut:

1. Buka situs web Traveloka.com melalui desktop atau akses Traveloka App di ponsel Anda. Pastikan aplikasi Traveloka di ponsel Anda sudah versi terbaru (versi 2.19).

2. Masuk terlebih dahulu ke akun Anda. Setelahnya, pilih menu “Bill Payment” atau ”Bayar Tagihan” yang berada pada sisi kanan di bawah nama Akun Traveloka Anda (pada versi desktop) atau pilih menu “PLN Electricity” atau ”Listrik PLN” yang berada di sisi kiri tepat di bawah Akun TravelokaPay Anda (pada versi Traveloka App).

3. Masukan nomor meteran atau nomor pelanggan Anda pada kotak menu yang tersedia, lalu klik tombol berwarna oranye (“Buy Now” atau ”Beli Sekarang”).

4. Menu pop-up akan muncul apabila nomor yang Anda masukan benar dan tagihan tersedia. Pop-up menampilkan detail data pelanggan, seperti nama pelanggan, nomor pelanggan, periode tagihan, besaran kWh yang digunakan, biaya denda, dan total tagihan.

5. Apabila Anda ingin langsung memproses pembayaran tagihan, maka periksalah data tersebut dan klik “Continue” atau “Lanjutkan” jika sudah benar.

6. Selanjutnya, Anda akan masuk ke proses pembayaran. Pilihlah metode pembayaran yang tersedia, seperti UANGKU, transfer, kartu kredit, BCA Klikpay, ATM, atau melalui Alfamart. Periksa kembali detail pembelian dan pembayaran Anda. Jika sudah benar, segera proses pembayaran dalam kurun waktu yang sudah disediakan.

7. Notifikasi akan dikirimkan ke menu “Daftar Pembelian” di akun Anda apabila pembayaran sudah berhasil dilakukan.

Kelebihan cek tagihan listrik di Traveloka

Layanan pengecekan dan pembayaran tagihan listrik di Traveloka saat ini tersedia untuk para member Traveloka. Layanan ini menawarkan berbagai keuntungan yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Dengan memilih Traveloka sebagai tempat mengecek dan membayar tagihan listrik, berikut kelebihan yang akan Anda nikmati:

1. Nyaman dan terpercaya

Traveloka menggunakan teknologi canggih, sehingga pengguna dapat melakukan transaksi online dari mana pun dan kapan pun tanpa hambatan. Anda bisa cek tagihan listrik PLN dan membayarnya dengan hanya membuka gadget dan mengakses Traveloka. Dengan pengalaman sebagai agen travel online terpercaya di tanah air selama lebih dari 5 tahun, tentunya pelanggan bisa tenang dengan keamanan dan kenyamanan bertransaksi online bersama Traveloka.

2. Praktis, solusi lengkap dalam satu tempat

Dengan Traveloka, Anda kini tak hanya bisa melancarkan urusan perjalanan dan rekreasi. Selagi mengatur perjalanan, Anda bisa sekaligus membayar kebutuhan sehari-hari seperti tagihan listrik. Selain itu, data masukan pelanggan listrik PLN Anda juga akan tersimpan di Traveloka. Jadi, Anda tak lagi perlu memasukkan nomor pelanggan/nomor meteran saat akan membayar tagihan atau membeli token listrik untuk periode selanjutnya.

3. Mudah melihat semua transaksi

Semua transaksi pembelian online Anda di Traveloka akan terekam dan tersimpan. Anda dapat mengecek riwayat transaksi lama dengan mudah sehingga nantinya bisa melakukan pengendalian pengeluaran tanpa repot. Semua perincian pesanan tersebut tersimpan rapi dalam aplikasi maupun berbentuk bukti pembayaran.

Tips menghemat listrik

Saat ini, masyarakat semakin membutuhkan listrik apalagi dengan semakin banyaknya peralatan sehari-hari yang menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak utamanya. Dengan demikian, konsumsi listrik Anda setiap waktu cenderung meningkat dan saat melihat cek tagihan listrik PLN anda, biayanya ikut membengkak.

Meski demikian, melakukan penghematan listrik ternyata masih sangat memungkinkan di zaman sekarang. Beberapa caranya adalah:

1. Gunakan produk elektronik yang hemat energi

Saat ini, banyak produk elektronik yang dibuat dengan teknologi hemat energi. Mulailah untuk mengganti semua lampu di rumah dengan lampu LED (light-emitting diode). Gantilah juga TV tabung atau TV LCD Anda dengan TV LED. Saat ini, beberapa merek besar sudah mulai mengeluarkan TV yang memiliki fitur hemat energi.

Untuk Anda yang menggunakan AC di rumah, pilihlah AC dengan teknologi inverter dan gunakan daya sesuai kebutuhan. Sebagaimana AC, setrika listrik juga ada yang bisa mengonversi energi dan mengatur suhu secara otomatis sehingga lebih hemat listrik.

2. Minimalkan penggunaan pengering mesin cuci saat musim panas

Mesin cuci termasuk alat elektronik yang memakan daya listrik cukup besar. Untuk itu, hematlah penggunaan listrik Anda dengan tidak memakai pengering saat musim panas. Pada musim tersebut, panas matahari sudah lebih dari cukup untuk mengeringkan baju yang sangat basah sekalipun.

3. Cabut sambungan listrik apabila tidak digunakan

Cara ini adalah cara paling sederhana, namun paling sering diabaikan. Mulailah membiasakan diri mencabut charger ponsel apabila sudah selesai digunakan. Lakukan kebiasaan yang sama untuk colokan printer, charger laptop, dan colokan lampu baca Anda.

4. Matikan lampu di siang hari dan saat tidur malam

Saat hari masih terang, hindari penggunaan lampu yang kurang penting. Sebagai alternatif, buka pintu dan tirai jendela agar mendapat penerangan dari cahaya matahari. Selain lebih hemat energi, cahaya matahari yang masuk ke rumah juga baik untuk kesehatan dan kesegaran ruangan.

Selain itu, gunakan lampu hanya pada saat diperlukan saja apalagi pada malam hari. Ketika akan tidur malam, matikan lampu yang tidak terpakai. Sisakan hanya satu atau dua lampu untuk penerangan utama (misalnya lampu dapur dan lampu teras).

5. Ganti listrik pascabayar dengan listrik prabayar

Dengan menggunakan listrik prabayar, Anda bisa mengoptimalkan penggunaan listrik. Anda tidak perlu cek tagihan listrik Anda, tapi anda tinggal mengatur sendiri akan memberi jatah berapa rupiah untuk listrik per bulannya. Anda pun bisa memantau pergerakan konsumsi listrik, sehingga bisa lebih mengontrol diri dalam menggunakannya.

?
Perlu Bantuan?