peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Bayar tagihan PDAM dengan cepat dan mudah di Traveloka!

Nikmati kemudahan membayar tagihan PDAM dengan menjadi member Traveloka

Selamat datang, !

Temukan harga terbaik untuk setiap produk Traveloka yang Anda butuhkan.

Khusus untuk member Traveloka

Kemudahan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda
Masuk atau daftar untuk nikmati beragam keuntungan ini

PDAM

Sekilas tentang PDAM

PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) adalah perusahaan negara yang secara khusus menjadi unit usaha milik daerah yang bertugas menjalankan distribusi air bersih bagi masyarakat. Sebagai unit usaha daerah, PDAM beroperasi pada setiap provinsi, kabupaten, dan kota madya di Indonesia. Dalam operasinya, PDAM secara penuh dimonitor oleh aparat eksekutif dan legislatif daerahnya.

Menilik sejarahnya, perusahaan negara penyedia air minum di Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1920 dengan nama Gementeestaat-waterleidengen van Batavia. Pendirian perusahaan air minum ini berlatar belakang pada penemuan sumber mata air Ciburial di kawasan Ciomas, Kota Bogor. Memasuki 23 Desember 1922, air dari Ciburial mulai dialihkan ke Kota Batavia (Jakarta). Kemudian, tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Jadi PAM Jaya.

pdam cek tagihan

Dalam melaksanakan tugasnya, PDAM memiliki tiga tujuan utama, yaitu mewujudkan pelayanan air minum berkualitas dengan harga terjangkau, mencapai keseimbangan kepentingan pelanggan dengan PDAM, dan mencapai peningkatan efisiensi dan cakupan pelayanan air minum di seluruh daerah di tanah air.

Saat ini, Indonesia tercatat memiliki 391 PDAM yang beroperasi di 33 provinsi. Pemerintah telah membuat target untuk mencapai PDAM yang sehat hingga 100% pada tahun 2019. Adapun kinerja terbaik PDAM berdasarkan penilaian tahun 2017, yaitu di PDAM Kabupaten Buleleng, Bali. PDAM seluruh Indonesia berpusat di PAM Jaya yang beroperasi di Jalan Penjernihan II – Pejompongan, Jakarta Pusat.

Cek tagihan PDAM di Traveloka

Besaran tarif penggunaan air minum di kalangan masyarakat pada dasarnya disesuaikan pada golongan pelanggan. PDAM memberlakukan 55 golongan pelanggan untuk menentukan tarif pemakaian air. Tarif pemakaian air ini bersifat progresif yang artinya bertambah mengikuti jumlah penggunaan (dalam satuan meter kubik). Besaran tarif air minum saat ini berada dalam kisaran Rp1.050 – Rp14.650 per meter kubik.

Saat ini, pelanggan sudah bisa menggunakan Traveloka untuk mengetahui besar tagihan pemakaian layanan PDAM. Cara cek tagihan PDAM di Traveloka adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi situs Traveloka.com dan langsung arahkan kursor ke menu “Bill Payment” atau “Bayar Tagihan” yang terletak di bagian kanan atas, tepat di bawah nama akun Traveloka Anda. Sebelum menggunakan layanan ini, pastikan Anda sudah menjadi member Traveloka dan sudah masuk ke akun Anda.

2. Masukkan nomor pelanggan PDAM Anda pada kotak yang tersedia. Pilih juga penyedia layanan air bersih sesuai dengan pilihan pada menu yang muncul.

3. Setelah memasukkan nomor pelanggan dan memilih perusahaan penyedia, klik “Buy Now” atau “Beli Sekarang”. Layar komputer kemudian akan menampilkan detail tagihan air minum Anda. Periksa nama pelanggan, nomor pelanggan, dan besaran tagihan.

Fitur ini juga bisa Anda gunakan di Traveloka App versi terbaru. Cara penggunaannya pun sama dengan versi desktop. Menu pilihan pembayaran tagihan PDAM versi Traveloka App ada di bagian bawah nama akun TravelokaPay Anda.

Bayar tagihan PDAM di Traveloka

Setelah mengetahui besaran tagihan air minum, Anda juga bisa langsung memproses pembayaran tersebut melalui situs web Traveloka atau Traveloka App. Dari laman konfirmasi perincian tagihan, Anda bisa langsung mengklik “Continue” atau “Lanjutkan” apabila ingin melakukan pembayaran atas tagihan tersebut.

Setelah klik “Continue” atau “Lanjutkan”, situs web Traveloka atau Traveloka App akan mengarahkan Anda ke laman pembayaran. Saat ini, Traveloka menyediakan delapan cara pembayaran tagihan PDAM. Berikut daftarnya:

1. Via UANGKU

2. Via Transfer Bank

3. Via ATM

4. Via BCA KlikPay

5. Via kartu kredit

6. Via Alfamart

Pilih metode pembayaran yang memudahkan Anda, dan langsung proses pembayaran dalam kurun waktu yang telah ditentukan Traveloka. Jika pembayaran sudah selesai, silakan tunggu sampai Traveloka memverifikasi pembayaran dan mengirimkan notifikasi transaksi berhasil ke akun Traveloka Anda.

Saat ini, pembayaran tagihan PDAM melalui Traveloka akan dikenakan biaya admin sebesar Rp1.500 per transaksi. Pembayaran ini tidak tersedia pada periode jam 23:00 – 00:59.


Tips hemat menggunakan air PDAM

Air adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Ketersediaan air bersih saat ini terbilang terbatas, sehingga masyarakat membutuhkan penyedia khusus untuk memastikan pasokannya cukup. Pengadaan air minum di daerah-daerah saat ini dikelola oleh negara melalui PDAM dan masyarakat dikenakan biaya tertentu untuk sekian banyak air yang digunakan dalam satu bulan.

Mengingat penggunaan air juga bisa membutuhkan banyak biaya, maka kita perlu melakukan penghematan. Beberapa tips penghematan air PDAM berikut mungkin berguna untuk Anda:

1. Untuk menghemat air cucian (cuci baju, motor, perabotan dapur, cuci peralatan makan, dan lainnya), gunakan ember sebagai wadah dibanding menggunakan penyemprot seperti selang.

2. Gunakan pancuran alih-alih gayung saat mandi dan buka air kecil saja. Pancuran untuk mandi lebih bisa menjangkau seluruh tubuh Anda dan Anda pun bisa mandi dengan bersih lebih cepat. Menurut penelitian, mandi dengan gayung bisa membuang hingga 15 liter air, sementara dengan pancuran hanya membuang sekitar 9 liter air sekali mandi.

3. Ganti semua keran di rumah dengan keran berbentuk bunga yang kini diproduksi khusus untuk menghemat keluaran air. Keran berbentuk khusus ini kabarnya bisa mengurangi konsumsi air sebesar 30 – 50%.

4. Biasakan untuk menggunakan satu gelas air minum dalam satu hari. Cara sederhana ini bisa menghemat air cuci gelas karena Anda tidak perlu mencuci gelas setiap kali selesai dipakai.

5. Jangan biarkan air keran mengucur saat Anda sedang melakukan aktivitas lain. Matikan air keran saat Anda sedang menyabuni tubuh, keramas, atau menyikat gigi. Cukup nyalakan keran saat Anda akan membilas saja. Hal ini juga berlaku saat Anda mencuci perabotan dapur dan makanan.

6. Jika Anda menggunakan mesin cuci, ganti mesin cuci dengan yang memiliki teknologi hemat air. Selain itu, biasakan juga untuk mencuci sekaligus saat baju sudah cukup banyak daripada sering mencuci baju saat jumlahnya masih sedikit.

7. Pada musim hujan, manfaatkan air hujan sebagai cadangan utama. Tampung air hujan pada wadah besar yang Anda miliki. Gunakan air tersebut untuk menyiram tanaman atau mencuci baju. Jadi, Anda tak perlu lagi membuka keran untuk menggunakan air PAM.

8. Jika Anda memiliki anak kecil, sebaiknya tambahkan keran air dengan kunci atau tuas yang agak keras sehingga anak kecil tidak mudah membuka keran air. Selain itu, pilih juga mainan anak yang tidak banyak memerlukan air untuk dipakai.

9. Sering memeriksa kondisi pipa air di rumah. Segera lakukan perbaikan apabila menemukan pipa bocor. Kebocoran pipa air yang tidak ketahuan sangat berpengaruh dalam besar tagihan air bulanan.

Perlu Bantuan?