warning
Promos Partner with UsSavedMy Booking
IDR
Pay
Payment

Login to your account

No account yet?
Register
Or log in with:
1
2

Log in to your account

No account yet?
Register
Or log in with:
1
2

PANDUAN: Cara Pasang Sambungan Baru PLN

Pelajari lebih lanjut tentang cara pasang baru PLN terbaru!

Hello !

Find the best deals on every Traveloka product you need!

Available Payment Methods

Convenience tailored to your needs
Login or Register to enjoy these benefits


Pengantar

Pernahkah kamu ingat ketika kamu menggunakan listrik dengan sistem pembayaran pascabayar? Sistem pascabayar adalah sistem pembayaran yang mengharuskan kalian untuk menggunakan energi listrik selama sebulan terlebih dahulu, kemudian membayar belakangan pada bulan berikutnya.

Untungnya, sekarang PT PLN (Persero) telah mengeluarkan inovasi listrik pintar yang memudahkan kita sebagai pengguna. Inovasi tersebut diistilahkan sebagai listrik token atau sistem prabayar. Sistem ini membuat pengguna harus membeli token terlebih dahulu untuk menggunakan listrik yang akan dipakai. Mekanismenya mirip ketika kamu membeli pulsa atau data internet. Untuk kamu yang ingin beralih dari sistem pascabayar ke prabayar, tentu harus melakukan peralihan dengan pasang baru PLN / Sambungan Baru.

Kemudian, kamu juga bisa cek informasi lebih lengkap tentang listrik PLN di Traveloka. Kami memiliki informasi terbaru untuk daftar biaya, cek tagihan listrik, beli pulsa token, bayar tagihan PLN, serta yang berkaitan dengan tambah daya PLN / migrasi daya listrik hingga info cara pasang sambungan baru PLN. Agar informasi yang kami buat tetap relevan, informasi ini akan kami update secara berkala.

Alur Permohonan Sambungan Baru PLN

Berikut adalah proses atau alur permohonan untuk pemasangan PLN sambungan baru. Alur permohonan ini adalah sebagian prosedur dalam upaya pemasangan listrik baru yang telah ditentukan. Berikut alur yang harus kamu lewati:

  1. Mengajukan permohonan PLN pasang baru melalui online. (catatan: untuk cara pendaftaran pemasangan listrik baru online akan dijelaskan di bawah)
  2. Akan menerima email konfirmasi yang berisi kode 
  3. Menginput kode konfirmasi pada situs resmi PLN
  4. Setelah itu, akan dilakukan pengecekan validitas kode konfirmasi tersebut.
  5. Jika kode tersebut dinyatakan tidak valid, pelanggan harus kembali melakukan input dengan kode yang benar sesuai dengan prosedur pemasangan listrik baru. 
  6. Jika kode tersebut valid, pelanggan akan menerima email berupa Surat Izin Pemasangan (SIP) yang berisi Nomor Agenda dan Nomor Registrasi.
  7. Nomor Registrasi akan digunakan untuk pembayaran di Bank/ATM/Loket
  8. Setelah pembayaran berhasil, pelanggan akan diminta tanda tangan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL). Jika pembayaran belum berhasil, pelanggan diharuskan menghubungi call center PLN di 123.
  9. Setelah menerima PK dan BA, petugas akan datang untuk pemasangan meteran sesuai dengan surat permohonan pelanggan
  10. Setelah selesai, petugas akan mengkonfirmasi melalui data bahwa pemasangan telah selesai. 

Cara Pasang Baru PLN

Adapun dua cara pasang baru PLN yang bisa kamu lakukan yaitu langsung datang ke kantor PLN atau melalui online. Berikut panduan lengkap cara pasang baru PLN:

1. Pasang sambungan baru dengan langsung ke kantor PLN

  • Sebelum datang, sebaiknya kamu hubungi kantor unit PLN terdekat ke bagian pelayanan pelanggan via telepon / Call Center PLN di (021) 123.
  • Setelah itu, membawa dokumen yang dibutuhkan untuk pasang baru PLN ke kantor PLN:
  • Fotokopi KTP atau SIM pemohon 
  • Lembar denah lokasi bangunan/rumah
  • Surat kuasa jika diwakilkan
  • Menunggu pihak PLN melakukan survei lapangan untuk mengukur jarang tiang listrik dan hal teknis lainnya.
  • Setelah semuanya sudah sesuai, lakukan pembayaran administrasi di loket Unit PLN terdekat dengan mengantisipasi biaya-biaya lainnya yang akan dijelaskan lebih lanjut.

2. Pasang baru PLN online 

  • Buka situs PLN (www.pln.co.id) dan klik pada bagian sambungan baru
  • Baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan PLN pasang sambungan baru online. Jika sudah, klik setuju.
  • Isi formulir pendaftaran dengan benar sesuai dengan kartu identitas kamu.
  • Mengisi sheet data pemohon dan centang di bagian copy berdasarkan data pelanggan agar proses lebih cepat.
  • Isi pada bagian jumlah tarik atau daya baru sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Klik menu Hitung Biaya untuk mengetahui berapa jumlah biaya yang harus kamu keluarkan.
  • Pastikan data terisi dengan benar, karena jika salah maka akan ada notifikasi untuk dikoreksi dan mengulang lagi.
  • Setelah semua selesai, kamu akan mendapat email dari PLN berisi permohonan pasang listrik baru yang telah dilakukan dan diminta melakukan konfirmasi dengan meng-klik link yang diberikan.
  • Secara langsung kamu akan dibawa kembali ke situs PLN dan diberikan kode beserta jumlah yang harus dibayar. Tenang saja, kode tersebut juga akan dikirimkan ke email kamu.
  • Kamu bisa melakukan pembayaran di tempat yang didukung oleh PLN seperti Bank tertentu, Kios PPOB, atau Kantor Pos Indonesia. (catatan: siapkan kode bayar ketika ingin membayar)
  • Setelah pembayaran berhasil, kamu hanya perlu menunggu petugas PLN datang untuk memasang meteran. 

Simulasi dan Biaya Pasang Sambungan Baru PLN

Sama halnya dengan melakukan perubahan daya PLN, ada juga biaya sambung listrik baru yang harus kamu bayar. Dari laman resmi PLN, ada 12 golongan tarif baru yang telah diberlakukan, yaitu tarif adjustment. Hal itu merujuk pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 31 dan 33 Tahun 2014.Selain itu, ditetapkan pula biaya lain-lain, seperti:

  1. Biaya Guna Penyambungan (BP)
  2. Uang Jaminan sebagai Langganan (UJL)
  3. Biaya Materai
  4. Pajak
  5. Membeli token listrik atau stroom perdana minimal Rp5.000

PLN hanya menyediakan daya mulai dari 1.300 VA. Dengan demikian, total biaya penyambungan adalah Rp 1.218.000 nett. Jika disimulasikan, misalnya kamu ingin pasang sambungan baru PLN rumah tangga dengan daya 1300 watt di daerah Jakarta Utara.

Kamu ingin mengganti sistem pembayaran menjadi prabayar dan membeli token listrik Rp50.000. Berapa biaya yang harus kamu keluarkan?

Berdasarkan informasi dari situs resmi PLN, total biaya sambungan baru PLN yang dibutuhkan adalah Rp1.274.000. Berikut rincian perhitungannya:


PeruntukanRUMAH TANGGA
Daya1,300
Detail Biaya
a. Rupiah Biaya PenyambunganRp 1,218,000
b. Rupiah Beli Token PerdanaRp 50,000
b1. Pajak Penerangan Jalan (3% x b3)Rp 1,456
b2. PPn (0% x b3)0
b3. Rupiah Token Dikonversi ke kWh (Token Perdana / (1+%ppj+%ppn))Rp 48,544
c. MateraiRp 6,000
Estimasi total biaya yang harus dibayarRp 1,274,000

*Hasil perhitungan mengacu pada ketentuan tarif tenaga listrik dan peraturan perpajakan yang berlaku hari ini (11/12/2019)

Yang perlu diketahui juga adalah besaran biaya ini hanya berlaku untuk urusan pekerjaan dari tiang sampai Meter Prabayar (MPB). Sedangkan untuk biaya lainnya seperti bagian instalasi atau pemasangan akan diserahkan sepenuhnya kepada pihak PT Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN). Berikut daftar tambahan biaya instalasinya:

DayaPer VABiaya Instalasi
450Rp 40,000
900Rp 60,000
1300Rp 95,000
2200Rp 110,000
3500Rp 105,000
4400Rp 30Rp 132,000
5500Rp 30Rp 165,000
6600Rp 30Rp 198,000
7700Rp 30Rp 231,000

Jika dulu petugas PLN harus berkeliling dari satu rumah ke rumah lain untuk mencatat angka yang tertera pada meteran rumah untuk dihitung jumlah tagihannya. Sekarang kamu sudah tidak perlu berurusan dengan petugas PLN jika telat bayar. Karena dengan sudah beralih ke listrik pintar, kamu bisa beli token listrik dan bayar tagihan listrik dengan mudah melalui Traveloka App atau Website.

Selain itu, Traveloka juga menyediakan fitur cek tagihan listrik online serta fitur pengingat untuk mencegah tagihan listrik yang terlambat dibayar. Jadi nggak ada lagi cerita listrik diputus oleh petugas karena telat bayar tagihan!

Contoh Surat Permohonan Pasang Baru PLN

Sehubungan dengan peralihan menjadi listrik pintar, permohonan pemasangan listrik baru dibutuhkan adanya surat permohonan pemasangan listrik. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pemasangannya oleh pihak PLN. Berikut contoh surat permohonan pemasangan listrik baru untuk sekolah atau organisasi:

Contoh Surat Permohonan Pasang Baru PLN

Cek status permohonan PLN

PLN online juga memberikan fitur untuk memudahkan para pelanggan dalam proses pemasangan sambungan baru PLN salah satunya yaitu fitur Status Permohonan PLN Pelanggan. Fitur ini dapat kamu gunakan untuk mengetahui status pasang baru PLN yang sudah dilakukan melalui PLN Online. Kamu bisa cek status permohonan PLN-nya pada halaman Resmi PLN dengan mengisi data-data permohonan kamu terlebih dahulu di kolom yang tersedia. 

Layanan PLN Online Lainnya

PLN memberikan layanan PLN online untuk memudahkan para pengguna untuk pasang listrik baru. Layanan PLN Online ini tersedia dalam bentuk website dan aplikasi. Kamu hanya perlu membuka situs resmi layanan PLN atau download aplikasi PLN Mobile secara gratis di Play Store maupun App Store. Dalam layanan PLN online ini, pengguna dapat melakukan transaksi listrik, seperti:

  1. Pasang Sambungan baru
  2. Perubahan daya listrik atau migrasi
  3. Pasang Sambungan sementara
  4. Pascabayar 
  5. Cek Status Permohonan Pelanggan
  6. Entri Kode Konfirmasi
  7. Info Bank

Jika dulu petugas PLN harus berkeliling dari satu rumah ke rumah lain untuk mencatat angka yang tertera pada meteran rumah untuk dihitung jumlah tagihannya. Sekarang kamu sudah tidak perlu berurusan dengan petugas PLN jika telat bayar. Karena dengan sudah beralih ke listrik pintar, kamu bisa beli token listrik dan bayar tagihan listrik dengan mudah melalui Traveloka App atau Website. Selain itu, Traveloka juga menyediakan fitur cek tagihan listrik online serta fitur pengingat untuk mencegah tagihan listrik yang terlambat dibayar. Jadi nggak ada lagi cerita listrik diputus oleh petugas karena telat bayar tagihan! 

Track, Check, Pay Various Bills & Top-Up

BILL PAYMENT

Product:

Our Partner

Cable TV

MCN,TRANS

Credit Card

BRI,ANZ,..

Game Voucher

Garena,Lyto,..

Mobile Postpaid

Telkomsel,XL,..

Multifinance

BF,MAF,MCF,..

DATA PACKAGE

Operator:

Starting from:

MOBILE PREPAID

Operator:

Starting from