peringatan
 
Bangkok Airways: Pengantar

Sebagai pemenang penghargaan World’s Best Regional Airline 2016 dan Best Regional Airline in Asia 2016 dari Skytrax, Bangkok Airways tergolong sebagai perusahaan penerbangan berskala regional terbesar di Thailand. Melayani penerbangan di hampir semua negara Asia Tenggara dan beberapa negara destinasi populer di Asia seperti India dan Maladewa, Bangkok Airways menawarkan penerbangan berkelas lengkap dengan program Flyer Bonus untuk penumpang setianya.


Pemesanan & E-tiket Bangkok Airways

Cari dan pesan tiket pesawat Bangkok Airways Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Bangkok Airways secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Bangkok Airways Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Bangkok Airways Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Bangkok Airways

E-tiket Bangkok Airways dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Bangkok Airways Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Bangkok Airways di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating Bangkok Airways

dari 301 review

Standar Layanan: Full Service

Kelas Penerbangan Bangkok Airways

Kelas Ekonomi

Dengan harga tiket yang terjangkau, penerbangan Kelas Ekonomi dari Bangkok Airways tetap memberikan kualitas yang memadai bagi para penumpang. Kursi yang nyaman dengan sandaran yang dapat diatur akan menambah kenyamanan selama terbang. Penumpang dewasa dan anak dapat membawa bagasi hingga 20 kg, sementara penumpang bayi dapat membawa bagasi hingga 10 kg.

Makanan di Pesawat

Dalam setiap penerbangan, Bangkok Airways menawarkan menu makanan spesial tanpa dikenakan biaya tambahan. Berdasarkan jadwal penerbangan, menu makanan bervariasi mulai dari breakfast sandwich, wraps atau mi, juga masakan berbahan dasar daging. Penumpang juga bisa memesan menu khusus mulai dari menu vegetarian hingga menu makanan bebas gluten, cukup dengan menelepon call center Bangkok Airways 24 jam sebelum keberangkatan.

Kelas Bisnis

Bangkok Airways juga menyediakan pilihan penerbangan kelas bisnis yang menjamin kenyamanan penumpang selama perjalanan. Pada baris 1 – 3, kursi tengah akan dibiarkan kosong untuk memberikan keleluasaan lebih bagi para penumpang kelas bisnis. Penumpang juga bisa menjadikan kursi tengah sebagai meja atau penopang lengan. Dengan kapasitas bagasi hingga 30 kg, penumpang dapat membawa barang bawaan lebih banyak dari biasanya.

Makanan di Pesawat

Penumpang kelas bisnis dapat memilih dari berbagai menu tradisional khas Thailand hingga berbagai menu internasional. Dibuat oleh salah satu chef ternama di Thailand, Chef McDang, menu ini menghadirkan cita rasa Asia yang sesungguhnya. Menu makanan dengan permintaan spesial pun tetap bisa dipesan oleh penumpang pada saat pemesanan tiket, atau hingga 24 jam sebelum waktu keberangkatan, dengan menghubungi call center Bangkok Airways.

Layanan Khusus Bangkok Airways

FlyerBonus

Bangkok Airways menawarkan program frequent flyer yang diberi nama FlyerBonus. Sebagai anggota FlyerBonus, penumpang berkesempatan untuk mendapatkan promosi khusus, mengumpulkan poin dari program-program FlyerBonus, hingga menukar poin tersebut untuk tiket penerbangan gratis atau voucher menginap di hotel berkelas. Setelah mendaftar, penumpang juga diberikan kapasitas bagasi tambahan hingga 10 kg. Penumpang bisa mendaftarkan diri untuk program FlyerBonus dengan mengisi formulir pendaftaran online pada situs https://www.bangkokair.com/flyerbonus. Hanya dibutuhkan waktu beberapa menit untuk bisa mendapatkan semua keuntungan yang ditawarkan oleh FlyerBonus secara gratis, tanpa biaya tersembunyi.

Boutique Lounge

Setiap penumpang Bangkok Airways juga berkesempatan untuk menikmati suasana bandara dengan mengunjungi fasilitas airport lounge milik maskapai. Airport lounge milik Bangkok Airways tersebar di hampir setiap bandara, mulai dari Bangkok hingga Dhaka. Di lounge tersebut, beragam fasilitas bisa dinikmati oleh penumpang untuk mengisi waktu luang sambil menunggu keberangkatan, mulai dari WiFi gratis, komputer, kursi nyaman, snack dan minuman, hingga koran dan majalah.

Blue Ribbon Club

Blue Ribbon Club memungkinkan penumpang untuk mendapatkan keistimewaan di berbagai aspek penerbangan, mulai dari antrean check-in eksklusif, layanan pemeriksaan paspor eksklusif, serta ruang tunggu bandara yang nyaman. Anggota Blue Ribbon Club juga dimanjakan dengan kursi penumpang yang lebih luas, pilihan menu makanan khusus, serta anggur dan sampanye gratis selama penerbangan.

Armada Bangkok Airways

Airbus A319
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 3-3 (Ekonomi)
  • 2-2 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Ekonomi)
  • 47 inci (Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak:

Tidak Tersedia

Airbus A320
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 3-3 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak:

Tidak Tersedia

ATR 72-500
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 2-2 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak:

Tidak Tersedia

Kru Pesawat Bangkok Airways

Seragam Pramugari Bangkok Airways

Seragam pramugari dan pramugara Bangkok Airways didominasi oleh nuansa biru langit. Dirancang oleh Polpat Asavaprapha, atasan berwarna dasar putih seakan menciptakan kesan awan dan langit yang menyatu untuk melayani setiap penumpang Bangkok Airways. Seragam semakin menarik dengan gradasi biru yang terinspirasi dari logo perusahaan. Bahan poliester sutra juga dipilih untuk memberikan perasaan ringan dan nyaman bagi siapapun yang mengenakannya. Seragam awak pesawat Bangkok Airways sempat masuk dalam daftar tujuh seragam maskapai terbaik di dunia versi majalah Conde Nast Traveler. Hal ini pun semakin membuat Bangkok Airways percaya diri dengan slogan mereka “Asia’s Boutique Airline”.


Kebijakan Bagasi Bangkok Airways

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Semua rute

Kelas Ekonomi

Maks. 5 kg (Dimensi: 50 x 36 x 23 cm)

Maks. 20 kg

Kelas Bisnis

Maks. 30 kg

Kebijakan Penumpang Bangkok Airways

Kebijakan Penumpang Bayi
  • Setiap penumpang bayi wajib didampingi oleh penumpang dewasa.
  • Bayi berusia di bawah 2 tahun tidak diberikan kursi sendiri di pesawat.
  • Harga tiket untuk penumpang bayi adalah 25% dari harga tiket penumpang dewasa.
Kebijakan Penumpang Anak
  • Bangkok Airways memfasilitasi penumpang anak yang ingin melakukan perjalanan sendiri. Penumpang anak berusia 6 – 12 tahun diperbolehkan untuk melakukan perjalanan sendiri dengan pendampingan dari pihak maskapai, sementara penumpang anak berusia 12 – 16 tahun tidak diwajibkan untuk mendapatkan pendampingan, namun bisa diberikan bila diminta.
  • Penumpang anak-anak yang membutuhkan pendampingan harus mencantumkan data-data sebagai berikut:
    • Detail paspor dan tanggal lahir.
    • Nama, alamat dan nomor telepon orang yang mengantarkan anak ke bandara, serta hubungannya dengan anak tersebut.
    • Nama, alamat dan nomor telepon orang yang menjemput anak dari bandara, serta hubungannya dengan anak tersebut.
  • Penumpang anak-anak yang butuh pendampingan akan dikenakan biaya tiket sama dengan penumpang dewasa.
  • Penumpang harus menghubungi Bangkok Airways setidaknya 24 jam sebelum jam keberangkatan untuk melakukan konfirmasi keberangkatan penumpang anak-anak yang membutuhkan pendampingan.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang hamil disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan pemesanan guna menjamin keselamatan penumpang itu sendiri serta mencegah terjadinya penundaan yang tidak diinginkan saat check in.
  • Penumpang dengan usia kandungan di bawah 28 minggu tidak diwajibkan menyertakan dokumen tambahan apapun.
  • Penumpang dengan usia kandungan 29 sampai 32 minggu wajib menyertakan formulir pernyataan yang bisa didapatkan di konter check-in.
  • Penumpang dengan usia kandungan 33 minggu atau lebih wajib menyertakan formulir pernyataan serta surat rekomendasi dari dokter.
  • Surat rekomendasi dari dokter harus ditulis dengan bahasa Inggris dengan mencantumkan informasi sebagai berikut:
    • Nama penumpang dan tanggal lahir
    • Perkiraan waktu kelahiran
    • Tanggal perjalanan
    • Pernyataan kehamilan tunggal/tak bermasalah atau kehamilan ganda/bermasalah
    • Pernyataan bahwa penumpang benar-benar sehat untuk melakukan perjalanan
    • Tanggal, stempel, dan rincian kontak dari dokter terkait
    • Berlaku tiga minggu sejak tanggal terbit
  • Pada tanggal keberangkatan, pihak maskapai berhak untuk membatalkan penumpang hamil yang kondisi kesehatannya dinilai tidak memadai untuk melakukan penerbangan. Keputusan ini diambil berdasarkan pertimbangan pilot yang sedang bertugas, terlepas dari surat kesehatan yang telah disertakan.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Penumpang yang membutuhkan kursi roda wajib menginformasikan maskapai saat pemesanan tiket atau setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Bangkok Airways akan menyediakan kursi roda tanpa biaya tambahan. Meski demikian, mohon diingat bahwa penumpang harus bisa menjaga diri sendiri selama penerbangan berlangsung. Bila penumpang tidak bisa mengurus keperluan sendiri, penumpang wajib ditemani oleh orang lain saat penerbangan berlangsung.
  • Bangkok Airways akan membantu penumpang dengan disabilitas mulai dari konter check-in hingga masuk ke pintu pesawat atau kursi penumpang, begitu juga bila penumpang hendak menggunakan toilet.
  • Setibanya di bandara tujuan, staf penerbangan juga akan membantu penumpang mengangkut barang bawaan menuju ke area kedatangan.
  • Bila membawa kursi roda sendiri, penumpang harus memberitahukan ukuran dan jenis kursi roda tersebut kepada maskapai selambat-lambatnya 48 jam sebelum keberangkatan. Bangkok Airways berhak menolak untuk mengangkut kursi roda yang ukuran, berat dan tipenya tidak sesuai dengan kemampuan angkut pesawat.

Kebijakan Check-in Bangkok Airways

Waktu Check-in Bangkok Airways

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Bangkok Airways dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Bangkok Airways. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

1 jam 30 menit sebelum keberangkatan

40 menit sebelum keberangkatan

Internasional

2 jam sebelum keberangkatan

50 menit sebelum keberangkatan

Check-in Bangkok Airways Online

Check-in online untuk penerbangan Bangkok Airways dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Bangkok Airways
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Bangkok Airways

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Bangkok Airways untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Bangkok Airways

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Bangkok Airways untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Bangkok Airways.


 

Tentang Bangkok Airways

Bangkok Airways (kode IATA: PG) merupakan maskapai penerbangan yang didirikan pada 1968 dengan nama asli Sahakol Air. Maskapai berubah nama menjadi seperti sekarang pada 1986. Bangkok Airways adalah maskapai penerbangan swasta pertama di Thailand. Bermarkas di Bangkok, Thailand, dengan armada sebesar 35 pesawat, Bangkok Airways melayani 12 rute penerbangan domestik serta 15 rute penerbangan internasional. Bangkok Airways telah mendapatkan penghargaan dari Skytrax secara konsisten. Penghargaan terakhir diterimanya pada 2016. Kebijakan langit terbuka Pemerintah Thailand memberi peluang bagi banyak maskapai penerbangan baru untuk beroperasi. Oleh karena itu, pada tahun 2004, Bangkok Airways merayakan hari jadinya yang ke 36 dengan meluncurkan slogan baru “Asia’s Boutique Airline: Exclusive Service to Exotic Gems”. Kampanye “butik” ini bertujuan untuk memantapkan posisi Bangkok Airways sebagai maskapai yang dapat dipercaya, dengan tetap mempertahankan karakter modern dan trendi layaknya sebuah butik. Kampanye bertemakan butik ini menjadi salah satu cara agar Bangkok Airways tetap bisa bertahan sebagai pelopor maskapai penerbangan swasta di Thailand, terutama di tengah kondisi industri penerbangan yang selalu berubah-ubah. Dengan menerapkan filosofi ini, Bangkok Airways mengambil posisi sebagai maskapai penerbangan yang menawarkan layanan terbaik kepada setiap penumpang, seraya mempromosikan tujuan wisata yang eksotis dan berbudaya. Hal ini dapat dilihat dari desain interior setiap pesawat Bangkok Airways yang modern dan mudah dikenal. Setiap badan pesawat Bangkok Airways dihias dengan warna-warna cerah yang terinsipirasi dari berbagai tujuan wisata eksotis dan kaya budaya. Bangkok Airways memiliki tiga bandara pribadi berkualitas butik di tiga provinsi, yaitu di Samui, Sukhothai dan Trat. Setiap bandara memiliki arsitektur yang unik dan desain yang menyatu dengan alam dan budaya sekitar. Bandara Samui terletak di tengah-tengah perkebunan tropis di Koh Samui. Bandara Sukhothai yang membawa arsitektur tradisional Thailand dikelilingi persawahan yang tenang, sementara Bandara Trat menonjolkan lingkungan yang alami di sekitar lokasi. Keunikan masing-masing bandara dibuat berdasarkan karakter butik yang diangkat oleh Bangkok Airways. Dengan menawarkan beragam layanan di segala kategori, mulai dari ruang tunggu butik, bandara butik, menu makanan yang menarik, armada pesawat baru, serta layanan ramah penumpang, Bangkok Airways telah membedakan dirinya dari para pesaing. Bangkok Airways memiliki empat nilai penting yang dikenal sebagai 4C, yaitu Communication (Komunikasi), Coordination (Koordinasi), Cooperation (Kerjasama) dan Contribution (Kontribusi). Komunikasi berarti Bangkok Airways berkomitmen untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan, serta memberikan pemahaman terbaik kepada mereka melalui pertukaran informasi dan ide. Koordinasi membawa Bangkok Airways berkomitmen untuk bekerja sama demi membentuk sistem yang efisien. Kooperasi adalah komitmen untuk mendukung satu sama lain dalam mencapai target. Sementara Kontribusi menegaskan komitmen Bangkok Airways untuk mengerahkan semua waktu dan tenaganya untuk lebih mengutamakan tugas dan kewajiban demi memberikan keuntungan bagi perusahaan dan masing-masing karyawan. Keamanan juga merupakan salah satu prioritas utama Bangkok Airways yang dibuktikan melalui perawatan berkala untuk semua armadanya. Sebagai hasilnya, Bangkok Airways berhasil menerima Air Operation Certificate (AOC) dari Direktur Jenderal Otoritas Penerbangan Sipil Thailand pada Februari 2017 lalu. Sertifikat ini dikeluarkan atas komitmen Bangkok Airways dalam menjamin keamanan dan keselamatan penumpang, partner industri, serta para karyawan. Untuk mendapatkan sertifikat ini, Bangkok Airways terlebih dulu ditinjau dan diperiksa oleh Otoritas Penerbangan Sipil Thailand dan lolos lima tahapan inspeksi. Atas keberhasilan ini, Bangkok Airways sukses menjadi maskapai penerbangan Thailand pertama yang menerima sertifikat baru untuk layanan transportasi udara. Diterimanya sertifikat ini membuktikan bahwa sistem manajemen dan kontrol operasional Bangkok Airways benar-benar berada di standar tertinggi. Hal ini juga selaras dengan misi keamanan yang secara terus menerus dijaga dan dipertahankan dengan mengacu pada standar keselamatan internasional. Selain itu, Bangkok Airways menawarkan program frequent flyer yang diberi nama FlyerBonus. Program ini memungkinkan penumpang Bangkok Airways untuk mendapatkan promosi khusus serta poin-poin penerbangan yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan tiket penerbangan gratis atau voucher menginap di hotel. Pendaftaran untuk program FlyerBonus ini dapat dilakukan secara online melalui situs resmi Bangkok Airways. Setelah mendaftar, penumpang akan secara otomatis mendapatkan tambahan jatah bagasi sebesar 10 kg dan sejumlah poin yang bisa ditukarkan. Keuntungan lain yang jadi andalan Bangkok Airways adalah Blue Ribbon Club. Sebagai anggota Blue Ribbon Club, penumpang dapat menikmati berbagai fasilitas seperti akses eksklusif ke konter check-in Blue Ribbon, menu makanan spesial, hingga kapasitas ekstra untuk bagasi gratis sebesar 10 kg. Anggota Blue Ribbon Club juga dapat bersantai di Blue Ribbon Club Lounge yang dilengkapi dengan berbagai makanan serta minuman gratis, koneksi internet, serta sofa yang nyaman. Selama perjalanan, penumpang Blue Ribbon Club juga akan dimanjakan dengan kursi yang luas dan nyaman dengan ruang kaki yang lebih luas. Menu makanan yang ditawarkan pun lebih beragam, mulai dari makanan khas Thailand, menu Asia, hingga makanan bergaya Barat. Anggur dan sampanye gratis pun tersedia bagi penumpang Blue Ribbon Club. Bangkok Airways menawarkan kelas ekonomi dan bisnis, masing-masing dengan keuntungan berbeda. Dengan harga tiket yang terjangkau, penerbangan kelas ekonomi menawarkan kualitas yang memadai, seperti kursi yang nyaman dan dapat diatur. Sedangkan pada kelas bisnis, kursi tengah dibiarkan kosong untuk memberikan keleluasaan lebih bagi para penumpang. Kursi tengah yang kosong ini pun dapat dimanfaatkan sebagai meja atau penopang lengan. Penumpang anak dan dewasa yang duduk di kelas ekonomi dapat mendapat jatah bagasi gratis hingga 20 kg, sementara penumpang bayi dapat membawa bagasi hingga 10 kg. Penumpang anak dan dewasa yang duduk di kelas bisnis mendapatkan jatah bagasi gratis hingga 30 kg, sementara penumpang bayi dapat membawa bagasi hingga 10 kg. Jika berat bagasi penumpang melebihi kapasitas yang diberikan, maka penumpang harus membayar biaya tambahan yang besarannya tergantung pada rute penerbangan. Bangkok Airways juga memperbolehkan penumpang membawa barang bawaan khusus, mulai dari peralatan olahraga hingga papan selancar, asalkan tetap mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku. Penumpang yang berencana untuk membawa barang-barang tersebut sangat disarankan untuk mempelajari peraturan-peraturan khusus yang bisa ditemukan pada situs resmi Bangkok Airways agar tidak mengalami masalah saat akan melakukan penerbangan. Penumpang dengan tujuan penerbangan domestik disarankan untuk melakukan check-in setidaknya 90 menit sebelum waktu keberangkatan, sedangkan penumpang dengan tujuan penerbangan internasional disarankan untuk check-in setidaknya 120 menit sebelum keberangkatan. Batas waktu check-in untuk penerbangan domestik adalah 40 menit sebelum waktu keberangkatan, dan 50 menit sebelum waktu keberangkatan penerbangan internasional. Bangkok Airways juga menyediakan layanan check-in online yang bisa dilakukan sejak 24 jam hingga satu jam sebelum waktu keberangkatan. Namun, penumpang tetap disarankan untuk datang ke konter check-in setidaknya 90 menit sebelum waktu keberangkatan untuk mendapatkan boarding pass dan memverifikasi dokumen perjalanan sebagai persyaratan dari pihak imigrasi dan keamanan.

Sejarah Bangkok Airways

Bangkok Airways memulai debutnya sebagai penyedia layanan transportasi udara pada 1968. Pada saat itu, Bangkok Airways masih bernama Sahakol Air, yang merupakan maskapai penerbangan swasta pertama di Thailand. Mulanya, Sahakol Air hanya memberikan layanan carter dengan Trade Wind, pesawat dua mesin dengan kapasitas sembilan kursi penumpang. Carter reguler pertama datang dari perusahaan Amerika Serikat bernama OICC, USOM (United States Operation Mission), dan beberapa perusahaan lainnya yang bergerak di bidang eksplorasi minyak dan gas bumi di daerah Semenanjung Thailand. Dikarenakan perkembangan pariwisata serta investasi bisnis yang sangat cepat di Thailand, transportasi udara menjadi aspek penting yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Thailand. Hal ini juga berpengaruh pada pembangunan infrastruktur untuk mendukung misi negara Thailand menjadi tujuan wisata utama yang bisa menarik jutaan wisatawan asing tiap tahunnya. Untuk memenuhi kebutuhan layanan transportasi udara tersebut, Bangkok Airways secara resmi beroperasi pada 1986 dan menjadi maskapai penerbangan domestik pertama yang dimiliki oleh pihak swasta. Mulanya, Bangkok Airways hanya melayani penerbangan dari Bangkok menuju Krabi, Korat, dan Surin. Namun saat ini, Bangkok Airways sudah memiliki izin untuk mengoperasikan lebih dari 20 rute penerbangan yang mencakup hampir seluruh tujuan wisata utama di Thailand. Selain itu, Bangkok Airways juga telah memiliki izin untuk melayani penerbangan internasional ke Myanmar, Laos, Kamboja, Malaysia, Singapura, India, Bangladesh, dan Maladewa. Pada April 1989, Bangkok Airways mendirikan bandara pribadinya di Koh Samui. Bandara ini memungkinkan Bangkok Airways untuk melakukan penerbangan langsung dari Koh Samui ke Chiang Mai, Hong Kong, Krabi, Pattaya, Phuket, dan Singapura. Bangkok Airways kemudian membuka bandara kedua mereka di Provinsi Sukhothai pada 1996, sementara bandara ketiga dibuka di Provinsi Trat pada Maret 2003 untuk melayani wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Koh Chang. Pada awal Maret 2017, Bandara Trat menerima penghargaan EIA Monitoring Awards 2016 sebagai organisasi transportasi udara yang telah mengikuti peraturan ramah lingkungan selama empat tahun berturut-turut. Penghargaan ini diberikan oleh Jenderal Surasak Kanjanarat, Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan, dan diterima langsung oleh Wakil Direktur Utama Bangkok Airways Narongchai Tanadchangsaeng. Bangkok Airways memulai terobosan dengan menambahkan Boeing 717 ke dalam armada pesawat mereka pada 2000. Sebelumnya, Bangkok Airways mengandalkan pesawat yang digerakkan dengan mesin baling-baling, utamanya tipe ATR-72. Bangkok Airways juga pernah mengoperasikan pesawat jenis De Havilland Canada Dash 8, serta Shorts 330. Bahkan, Fokker 100 juga pernah digunakan sebagai salah satu armada Bangkok Airways. Pada 2004, Bangkok Airways menambahkan pesawat bermesin jet lainnya, Airbus A320, sebagai salah satu pesawat andalan mereka. Pada 2006, Bangkok Airways mengumumkan keinginannya untuk menambah pesawat bermesin jet dengan badan lebar (wide-body aircraft) untuk memperluas jangkauan mereka, dengan melayani penerbangan ke London, India dan Jepang. Saat ini armada Bangkok Airways terdiri dari sembilan pesawat Airbus 320, 12 pesawat Airbus 319, lima pesawat ATR 72-500, dan delapan pesawat ATR 72-600.

Kontak Bangkok Airways

+6221 837 96 191

Alamat Bangkok Airways

Bangkok Airways
Aerowisata Park Jl. Prof. DR.Soepomo No.45, Tebet, Jakarta Selatan 12810 - Indonesia

evtbvsrwfq