peringatan
Singapore Airlines Banner

Cari tiket Singapore Airlines murah dan promo di sini!

    • Tujuan Penerbangan
    • Waktu Penerbangan
Singapore Airlines Promo

Alamat Singapore Airlines

Reservation & Ticketing Office Singapore Airlines

8th Floor, Menara Kadin Indonesia

Jalan H.R. Rasuna Said Block X-5, kav 2 and 3

Jakarta 12950

Indonesia

Informasi penerbangan Singapore Airlines

  • rating maskapai:
    4.8 5 berdasarkan 877 review
  • bagasi
  • kabin
  • waktu check-in
  • promo tersedia
  • Service Standard: Full Service

Profil Singapore Airlines

Singapore Airlines (SQ/SIA) merupakan maskapai nasional Singapura yang berbasis di Bandara Changi, Singapura. Sebagai maskapai 5-star, Singapore Airlines dikenal sebagai maskapai yang meraih penghargaan terbanyak, juga sebagai maskapai pertama yang mengoperasikan double-deck Airbus A380.

Singapore Airlines didirikan pada tahun 1947 saat masih bergabung di bawah nama Malayan Airways Limited (MAL), sebuah joint venture antara Imperial Airways, Ocean Steamship Company of Liverpool dan the Straits Steamship of Singapore.

Singapore Airlines memiliki karakteristik branding yang unik. Berbeda dengan maskapai pada umumnya yang menonjolkan fasilitas modern dan pesawat, Singapore Airlines selalu menyampaikan pesannya melalui visualisasi Singapore Girl, yaitu pramugari Singapore Airlines yang mengenakan seragam khas Sarong Kebaya. Istilah Singapore Girl sendiri diciptakan pada tahun 1972, menekankan pada nilai keramahan dan kesempurnaan pelayanan bagi penumpang.

Lebih dari sekedar maskapai dengan rating 5-star, Singapore Airlines juga dianggap sebagai maskapai yang menjadi trendsetter, mendahului maskapai lainnya dalam hal pengenalan produk maupun fasilitas unggulan. Di tahun 70an, Singapore Airlines menjadi maskapai pertama di dunia yang menawarkan fasilitas gratis headset dan pilihan menu makanan dan minuman di kelas Ekonomi. Di tahun 1991, Singapore Airlines memperkenalkan fasilitas in-flight telephone yang berbasiskan satelit sebelum maskapai lain mulai menggunakannya. Selain itu, maskapai ini juga menjadi yang pertama dalam hal menyediakan fasilitas Audio Video On Demand (AVOD) di semua kelas penerbangan.

Singapore Airlines memiliki 3 kelas penerbangan: First Class, Business Class dan Economy Class. Pada 2006, Singapore Airlines meremajakan semua kabinnya dan menjadi yang pertama dalam memperkenalkan tempat duduk full-flat di First dan Business Class serta rangkaian tempat duduk serba baru di Economy Class. Sistem mutakhir in-flight entertainment berlabel KrisWorld juga mulai diperkenalkan. Semua fasilitas ini tersedia baik di kelas tiket reguler maupun tiket promo dengan harga tiket yang relatif lebih murah dari biasanya.

Grup Singapore Airlines memiliki lebih dari 20 anak perusahaan, beberapa di antaranya berhubungan dengan penerbangan seperti Scoot dan SilkAir. Scoot adalah maskapai low-budget yang sepenuhnya dimiliki oleh Singapore Airlines serta melayani rute medium hingga jarak jauh antara Singapura, Australasia dan China menggunakan pesawat berbadan lebar. SilkAir adalah maskapai premium yang melayani rute regional, dimiliki sepenuhnya oleh Singapore Airlines dan mengoperasikan armada pesawat berbadan sempit.

Penumpang di Economy Class mendapat fasilitas bagasi hingga 30 kg, Business Class hingga 40 kg dan First Class hingga 50 kg. Bayi juga mendapat bagasi ekstra hingga 10 kg selain daripada stroller/pushchair. Tiap penumpang juga diperbolehkan membawa bagasi kabin hingga 7 kg/1 buah (Economy Class) serta 2 buah (masing-masing 7 kg) untuk Business/First Class.

Airline Fleet Singapore Airlines

Singapore Airlines Boeing-777-300Boeing 777 300
7 units
Singapore Airlines Airbus-A330-300Airbus A330 300
26 units
Singapore Airlines Airbus-A380Airbus A380
19 units
Singapore Airlines Boeing-777-200Boeing 777 200
29 units
Singapore Airlines Boeing-777-200ERBoeing 777 200ER
9 units
Singapore Airlines Boeing-777-300ERBoeing 777 300ER
21 units

Kota Tujuan Singapore Airlines

Maladewa
Prancis
Inggris
Malaysia
Jerman
Hong Kong
Belanda
Sri Lanka
Selandia Baru
Filipina
Myanmar
Singapore
Sulawesi
Korea Selatan
Bali & Nusa Teng.
Taiwan
Thailand
Arab Saudi
Kalimantan
Internasional
Bangladesh

Cara Pemesanan Tiket Singapore Airlines

Anda dapat melakukan reservasi dengan langkah-langkah berikut:
  1. Cari rute Singapore Airlines yang diinginkan di search box di atas (lihat Cara Pakai untuk bantuan)
  2. Lakukan booking dengan cara mengisi data penumpang.
  3. Pilih cara pembayaran.
  4. Bayar dan tiket Singapore akan dikirimkan ke alamat email Anda.

E-tiket Singapore Airlines

E-tiket Singapore Airlines adalah bukti pemesanan tiket Singapore Airlines promo maupun reguler secara online, dan dapat digunakan secara langsung untuk terbang. Jika Anda telah mendapatkan e-ticket melalui email, e-ticket tersebut dapat di-print untuk dibawa pada saat check-in.

Kebijakan Perubahan/Pembatalan/Refund Singapore Airlines

Prosedur Refund

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan baca halaman FAQ ketentuan dan prosedur refund.

Pengubahan Detail Penerbangan

Pengubahan detail penerbangan Singapore Airlines hanya dapat dilakukan melalui Traveloka. Untuk mengetahui estimasi biaya perubahan jadwal penerbangan atau pembatalan tiket, silakan menghubungi Customer Service kami melalui email cs@traveloka.com atau menelepon ke nomor berikut:

  • Indonesia: 0804-1500-308
  • Singapura: +65-3157-1471
  • Malaysia: +60-15-4840-9469
  • Thailand: +66-2-118-5400
  • Vietnam: 1900-6978

Lainnya

Pihak Singapore Airlines berhak melakukan pengubahan jadwal penerbangan atau membatalkan penerbangan jika dianggap perlu demi alasan keselamatan, komersil, maupun teknis.

Pihak Singapore Airlines akan mengusahakan secepat mungkin untuk menyediakan peralihan dan armada pengganti. Hal ini akan diumumkan kepada para penumpang melalui pengumuman di bandara ataupun via telepon dan dilakukan oleh pihak Singapore Airlines secara langsung.

Maskapai dapat mengubah ketentuan kapan pun tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sejarah Singapore Airlines

Sejarah Singapore Airlines berawal dari tahun 1947 di British Malaya (koloni Singapura dan Malaysia), beroperasi di bawah nama Malayan Airways Limited (MAL). MAL adalah joint venture antara Imperial Airways, Ocean Steamship Company of Liverpool dan Straits Steamship of Singapore.

Sejak awal mula berdirinya, maskapai ini sudah menekankan citra penyajian hidangan oleh seorang pramugari. Hal inilah yang menjadi cikal bakal dari citra branding Singapore Airlines yang dikenal dengan Singapore Girl.

Pada tahun 1965, Singapura berpisah dari Federasi Malaysia dan memperoleh kemerdekaannya, menjadikan MAL sebagai maskapai nasional bagi kedua negara Singapura dan Malaysia. Setahun kemudian, nama maskapai berubah menjadi Malaysia-Singapore Airlines (MSA). Malaysia-Singapore Airlines kemudian memperkenalkan logo baru dan mulai melayani penerbangan ke Taipei, Perth dan beberapa kota di Eropa seperti London dan Roma menggunakan armada De Havilland Comet, Boeing 707 dan Boeing 737-100, sementara armada tua MAL bertenaga piston Douglas DC-3 dan DC-4s dihentikan operasinya.

Pada tahun 1972, MSA dipisah menjadi dua maskapai: Malaysia Airline System dan Singapore Airlines. Singapore Airlines mengambil alih rute internasional serta armada airline terdahulu. Maskapai ini kemudian berfokus pada penambahan armada dengan menambah Boeing 707s dan Boeing 737-100 milik MSA, serta Boeing 747-200, Boeing 727-200 dan McDonnell Douglas DC-10 bermesin tiga.

Serangkaian kejadian penting mewarnai sejarah maskapai di tahun 80an. Markas Singapore Airlines pindah dari bandara Paya Lebar ke Bandara Changi yang baru pada tahun 1981. Delapan tahun kemudian, Singapore Airlines menjadi maskapai pertama yang mengoperasikan Boeing 747-400 melintasi Pasifik. Di tahun yang sama, SilkAir (sebelumnya: Tradewinds) didirikan sebagai maskapai kedua Singapura dan anak maskapai Singapore Airlines yang melayani penerbangan regional.

KrisFlyer, program frequent flyer lahir pada tahun 1999. Dengan KrisFlyer, baik penumpang First, Business maupun Economy Class Singapore Airlines dapat mengumpulkan kredit mileage.

Pada tahun 2004, Singapore Airlines kembali mencetak rekor dunia dengan melayani penerbangan terpanjang non-stop dari Singapura ke Los Angeles, yang kemudian diikuti oleh rute Singapura ke Newark, New Jersey beberapa bulan kemudian. Penerbangan yang dikenal dengan istilah SQ 21 ini menggunakan armada Airbus A340-500 (yang biasanya berkapasitas 313 penumpang) hanya mengangkut 100 penumpang dan hanya berkonfigurasi Business Class. Penerbangan terpanjang di dunia ini kemudian dihentikan pada September 2013. Di tahun 2007, Singapore Airlines menjadi maskapai pertama yang mengoperasikan armada canggih double-decker Airbus A380.

Seragam Pramugari Singapore Airlines

gambar pramugari Singapore Airlines Pramugari Singapore Airlines mengenakan seragam khas bercorak Sarong Kebaya Melayu. Seragam ini pertama kali diperkenalkan saat Singapore Airlines masih tergabung dalam Malaysia-Singapore Airlines. Seragam kemudian dirancang ulang oleh perancang busana Perancis bernama Pierre Balmain.

Makanan di Pesawat Singapore Airlines

makanan kelas ekonomi Singapore AirlinesHot meal in Economy Class (short/long-haul)

Penumpang Singapore Airlines dapat memilih berbagai menu makanan Asia maupun internasional. Makanan ringan berkualitas tinggi juga tersedia di antara hidangan utama pada penerbangan berjarak jauh. Selain itu, penumpang dapat memilih sajian minuman anggur pilihan yang lulus seleksi konsultan anggur terkemuka kelas dunia.

Kebijakan Penumpang Anak-Anak dan Bayi Singapore Airlines

  • Hanya bayi di atas usia 7 hari yang direkomendasikan untuk ikut dalam penerbangan, sementara bayi hingga usia 2 hari tidak diijinkan ikut dalam penerbangan.
  • Satu orang penumpang dewasa hanya diijinkan memangku satu orang bayi, dan bayi dikenakan tarif khusus plus pajak tergantung dari rute.
  • Anak-anak di atas usia 2 tahun (24 bulan) diwajibkan membeli tiket, berlaku untuk semua jenis penerbangan.
  • Keranjang bayi tersedia menurut permintaan, tergantung persediaan.

Traveloka does not posses or claim to have ownership of any of the airline pictures or other copyrighted materials on this site. They belong to their respected owners.